It is currently Mon Dec 18, 2017 4:36 am

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 14 posts ] 
Author Message
 Post subject: Product Review : Epoque ES-230DS yang Mumer.
PostPosted: Mon Nov 09, 2009 10:35 pm 
Offline
User avatar

Joined: Tue Sep 15, 2009 3:15 am
Posts: 1396
Location: Katameya Heights
Pendahuluan
Penggunaan external strobe untuk UW fotografi pada dasarnya merupakan suatu keharusan mengingat karakteristik air yang akan menyerap komponen cahaya; dimana warna merah akan paling banyak diserap.
"Ada harga - ada barang" begitu kata orang yang tampaknya juga berlaku untuk UW strobe. Strobe yang baik harganya tidak murah, bahkan bisa lebih mahal dibanding harga kameranya sendiri.
Merk-merk papan atas seperti Subtronic, Hartenberger serta Seacam harganya selangit; berkisar USD 1500 - 3500. Untuk kelas menengah pilihan jatuh pada merk-merk yang cukup populer seperti Inon, Ikelite, dan Sea&Sea; tergantung model; untuk GN (Guide Number)20 keatas harganya berkisar dari USD 300 - 1000.
Untuk UW photographer pemula dan atau yang berkantung pas-pasan akan mempertimbangkan beberapa pilihan strobe yang tidak terlu populer tetapi memiliki GN memadai serta harganya terjangkau.
Salah satu pilihan yang bisa dipertimbangkan adalah Epoque ES-230DS buatan jepang. Saya sendiri memiliki strobe ini lebih dari satu tahun; sekitar 60x diving.
Selain memiliki Epoque ES-230DS saya juga memiliki Strobe Inon D-2000 type 3 serta pernah pula menggunakan strobe SeaLife SL961.
Saya menulis review ini semata-mata dari sudut pandang seorang pemakai amatir yang memiliki kemampuan fotografi pas-pasan atau bahkan kurang memadai. Oleh karenanya beberapa pendapat saya mungkin kurang ilmiah, subjectif dan tidak berbobot - mohon dimaafkan.
Faktor lain yang mendorong saya untuk menulis review ini karena saya tidak menjumpai adanya review untuk product Epoque ES-230DS baik di dalam maupun din luar negeri.
Untuk pengujian ini saya menggunakan kamera PS/prosumer kecil yang cukup berumur, yaitu Olympus SP-350 yang saya beli second hand seharga +/- Rp. 1 juta. Untuk housing saya menggunakan standard housing Olympus PT-030. kamera ini sempat populer dikalangan UW fotografer; berukuran kecil, kualitas prima, bisa RAW namun sayangnya tidak berumur panjang.

Spesifikasi
Epoque ES-230 DS memiliki spesifikasi sebagai berikut:
Guide Number: 3~21 adjustable (beberapa spec. menyebutkan GN 23)
Lighting Angle: 84 x 115
Power Supply: AA Alkaline/Ni-Cad/Ni-MH/Oxy-Alkaline batteries x 2
Number of Flash: 125 times (Alkaline) / 200 times (Ni-MH) for Full flashing
Recycle Time: 1.5 ~ 6 sec (by using Alkaline)
Syncro Type: Slave or Nikonos synchro connector type
Switch: On / Pre-Flash, Auto low / Pre-Flash, Auto High / Off
Depth Rating: 45m (150 feet)
Weight: 470g (not including batteries) -110g (under water)
Size: 100mm x 104mm x 128mm
Accessories: Diffuser, Spare O-ring set, Arm fixing bolt

Harga MSRP yang dibandrol untuk produk ini adalah USD 349; tetapi dipasaran (on-line store) dapat diperoleh cukup dengan USD 265 saja.
Bahkan salah satu on-line store di Taiwan menawarkan Paket mumer yang terdiri dari strobe, flexible arm 24 cm, stay slot tray serta fiber optic cable buatan 10 bar dengan harga USD 335.50 saja.

Kualitas Product
Meskipun tidak sekokoh Inon, secara fisik epoque cukup bagus dan tidak tampak ringkih seperti halnya strobe mumer lainnya yang pernah saya lihat. Memiliki berat negatif diair, jadi akan terapung.
Namun kombinasi strobe, standard housing olympus serta 10 bar flexible arm set akan meberikan buoyancy mendekati netral. jadi sama sekali tidak terasa berat diair.
Saya sempat meragukan mekanisme dari penutup battery yang menggunakan ulir tapi memiliki 2 bagian terpisah yang dapat berputar dengan o-ring tunggal terletak dibagian dalam.
Ketika diputar ulirnya juga kurang smooth. Yang menarik juga, di website Epoque USA saya lihat menjual penutup battery sebagai sparepart. Hal ini sempat menimbulkan kekuatiran saya dimana penutup battery merupakan titik lemah yang rentan kebocoran. Syukurlah sampai saat ini kekuatiran saya tidak terbukti.

Evaluasi Unjuk kerja.
Beberapa spesifikasi menyebutkan strobe ini memiliki GN 23 (di udara, tidak disebutkan GN di dalam air). Menurut saya klaim tersebut kurang dapat dipertanggung jawabkan. Untuk itu saya melakukan uji perbandingan dengan Inon D-2000 yang memiliki spesifikasi GN 20, Keduanya tanpa diffuser digunakan untuk mengambil gambar dinding pada jarak sekitar 6 m.
Hasilnya, Epoque ES-230DS memberikan hasil gambar yang sangat terang pada bagian tengah dan berangsur meredup di bagian luar; sedangkan Inon memberikan gambar dengan pencahayaan yang lebih merata meskpiun memiliki intensitas yang lebih rendah.
Dari sini dapat disimpulkan bahwa tanpa diffuser Epoque memliki sudut pencahayaan yang sangat kecil seperti senter; terang dibagian tengah tapi semakin jauh dari titik pusat akan semakin gelap. Untungnya diffuser merupakan accessories standard pada Epoque tidak seperti halnya inon dimana diffuser harus dibeli terpisah dengan harga yang cukup mahal, yaitu sekitar USD 16.
Penggunaan dffuser sangat membantu membuat pencahayaan lebih merata dan lebih lembut, namun konsekuesi GN nya akan menurun drastis; bahkan lebih rendah dari Inon tanpa diffuser.
Epoque strobe juga dilengkapi dengan target light berupa sinar laser berwarna merah yang berfungsi untuk menselaraskan arah pencahayaan, Namun demikian intensitas sinar laser ini kurang memadai di siang hari. Perlu dicatat disini bahwa target light berbeda dengan focus light. jadi jika kita menggunakan kamera yang memiliki auto focus lamban; sangat direkomendasikan untuk memakai focus light terpisah.
Pada awalnya fiber optic cable yang saya gunakan berfungsi cukup baik, namun entah mengapa setelah beberapa saat terjadi penurunan unjuk kerja. Kadang tidak berfungsi terutama disiang hari yang cukup cerah. Setelah saya perhatikan memang ada beberapa bagian yang tertekuk serta pada bagian ujung konektor mulai patah.
Untuk mengatasi hal tersebut, fiber optic synchronization cable saya ganti dengan Olympus Nikonos Epoque synch. cable (bukan fiber optik) yang saya beli dengan harga sekitar USD 70. Penggunakan kabel tersebut memberikan unjuk kerja yang jauh lebih bagus, bisa dikatakan tingkat sukses 100% disamping terjadi penghematan pemakaian battery pada kamera karena tidak lagi menggunakan internal flash untuk mentrigger strobe.
Strobe ini menggunakan 2 battery berukuran AA, jadi cukup ekonomis. Saya sendiri belum sempat menghitung secara pasti kapasitas penggunaan battery mengingat penggunaan power sangat bervariasi dan saya jarang menggunakan full power; disamping saya selalu mengganti battery (Eneloop) untuk setiap 3x diving terlepas jumlah pengambilan gambar yang saya lakukan.

Hasil pemotretan UW.
Untuk ukuran pemakai pemula, saya pribadi cukup puas dengan kemampuan strobe ini, terutama untuk pemotretan makro dari jarak sekitar 5 cm sampai dengan 1 m.
Mungkin karena ukuran arm yang sangat pendek, maka untuk pemotretan wide angle disamping kurang terang juga banyak backscaternya. Pemotretan saya lakukan dengan full manual mode baik kamera maupun strobenya.
Saya kurang menyukai mode automatik, dan menurut saya kamera saku dengan sensor berukuran kecil kurang sesuai untuk automatic mode. Namun demikian pada saat awal saya sempat mencoba automatic mode pada Epoque ES-230 DS; menurut saya hasilnya "lumayan" dengan tingkat akurasi +/- 1 ev; mudah diperbaiki dengan photoshop.
kamera saya set di full manual mode yang saya kelompokan enjadi mymode 1, mymode 2, mymode 3 dan mymode 4 untuk natural light. Mymode 1 adalah supermacro mode untuk mengatasi subjek kecil berjarak 3 - 20 cm, yaitu ISO 100, 1/800, f8 dan strobe diatur sesuai jarak (default 75% power pada jarak 20 cm). Mymode 2 untuk jarak 20 - 75 cm, sama seperti mymode 1 tapi kecepatan 1/500.

Kesimpulan sementara: Memang benar "Ada harga - ada barang" namun demikian untuk mereka yang memiliki kocek terbatas, Epoque ES-230 DS cukup layak dipertimbangkan.


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Mon Nov 09, 2009 11:28 pm 
Offline
User avatar

Joined: Mon Jun 19, 2006 1:52 pm
Posts: 1318
Location: Jakarta
iya nih suka bingung klo mau beli strobe dengan harga terjangkau belum belum sudah takut kalau hasilnya mengecewakan ..

bermanfaat bgt nih pak reviewnya...

_________________
Dona


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Tue Nov 10, 2009 1:40 am 
Offline
Site Admin
User avatar

Joined: Mon Jun 12, 2006 10:40 pm
Posts: 1030
Location: kingdom of undersea
Wow.. nice review... makasi ya mas...
Kalo diliat dr hasil fotonya mah, strobe ini udah mayan bagus, asal pandai2 memilih obyek aja. Atau... emang fotografernya yg kelewat jago nih.., hehehe :)

_________________
PETUALANG - Penyelam Tua Lupa Pulang


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Tue Nov 10, 2009 4:00 pm 
Offline
User avatar

Joined: Sat Sep 27, 2008 3:17 pm
Posts: 618
Location: sanur - bali
Wah mas wisnu reviewnya mantep banget deh, salut. Banyak pemakai yg jago tp blon tentu mampu jg mereview barang yg dia gunakan. Hasil fotonya juga very good. Terlepas dr kemampuan strobe ini, pada intinya adalah kita kudu mengetahui betul batasan dan kemampuan maksimal peralatan yg kita punya. Kita jg harus memiliki kemampuan utk mengoperasikannya dgn benar. Bila ini sudah dikuasai, harusnya foto yg kita hasilkan bs maksimal. Selebihnya memang adalah masalah faktor2 external spt kemampuan bouyancy, kondisi air, kejelian mata, dan sedikit luck :) Jadi, jgn takut apalagi minder bila baru mampu memiliki peralatan fotografi yg murah, tuh udah dicontohin ama mas wisnu.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Wed Nov 11, 2009 12:33 pm 
Offline
User avatar

Joined: Tue Sep 15, 2009 3:15 am
Posts: 1396
Location: Katameya Heights
Thanks mas heru, mbak Dona and mas guswid
ini sekedar nekad ngerame-ramein forum ini sekaligus mancing temen2 yang lain untuk juga share pengalaman mereka terhadap product yang dipakai.
Bahkan menurut saya review yang dilakukan oleh pemula bisa memberikan informasi yang lebih nyata dan pas.
Yang jagoan dan profesional bahkan sering kali membawa pesan sponsor - nggak salah sih!


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Wed Nov 11, 2009 11:06 pm 
Offline
User avatar

Joined: Fri Aug 25, 2006 10:33 am
Posts: 1564
belinya dimana ya?

_________________
Hernando Alkausar
--
www.hamueco.com/diving
+62-812-218-NNDO


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Thu Nov 12, 2009 5:16 am 
Offline
User avatar

Joined: Tue Sep 15, 2009 3:15 am
Posts: 1396
Location: Katameya Heights
@mas Hernando
Kalau di Indonesia saya kurang tahu,
Di Malaysia - scubasymphony jual tapi harganya sudah mahal. Saya beli di online webstore taiwan ie. http://www.divervision.com/catalog/index.php?cPath=24&sort=0a&page=2&osCsid=11lr3eao73ir30ir71202of9g7
atau ada juga di Image
Di sini ngga ada toko yang jual peralatan uw photografi, jadinya mau nggak mau ke on-line store


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Thu Nov 12, 2009 6:25 am 
Offline
User avatar

Joined: Tue Sep 15, 2009 3:15 am
Posts: 1396
Location: Katameya Heights
Ada pertanyaan dari mas/mbak Joym di topic yang lain mengenai rumus / setting pada kamera. Terus terang saya nggak punya, tapi ada bocoran setting kameranya Kathy Church yang saya lampirkan berikut ini. Meskipun disebutkan untuk Oly SP-350 tapi bisa dipakai juga untuk kamera compact lain tentunya dengan sedikit penyesuaian.
Untuk settinga strobe perlu dilatih dan dibiasakan, nggak perlu harus nyelam bisa di kolam renang, bawa berbagai object kecil yang bisa mewakili makhluk lau yang mau dipotret, coba protret dari berbagai jarak, atur setingan strobe yang pas serta buat catatan.
Dilaut tinggal di fine tune saja.

Dan hal yang paling penting, seperti kata mas Heru - buoyancy mesti diperhatikan. Kalau perlu ambil kursus PPB atau AOW sekalian buat yang belum.


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Thu Nov 12, 2009 7:05 am 
Offline
Site Admin
User avatar

Joined: Mon Jun 12, 2006 10:40 pm
Posts: 1030
Location: kingdom of undersea
Nngomong2 soal strobe murmer, kenapa ga coba bikin strobe housing sendiri? Ini saya nemu link soal DIY UW strobe housing, sayangnya dlm. bhs. perancis. Coba pake google translate deh : http://eocean.free.fr/projects/castorst ... dexstr.htm

Untuk pengguna kamera G10, ini ada modifikasi DIY yg cukup gokil : http://www.divephotoguide.com/articles/ ... e_shooters

Sangat2 kreatif.., siapa bilang foto UW harus mahal? :D:D:D

_________________
PETUALANG - Penyelam Tua Lupa Pulang


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Thu Nov 12, 2009 11:21 am 
Offline
User avatar

Joined: Sat Sep 27, 2008 3:17 pm
Posts: 618
Location: sanur - bali
Boleh jg idenya tuh, tp penampilannya jelek banget ya? heheheh......
Btw, kira2 kl wireless trigger (mis. yungnuo) bs gak ya mentriger flash kl di dlm air? Kl bs ok jg tuh, gak butuh kabel2an lagi :D


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Thu Nov 12, 2009 4:14 pm 
Offline

Joined: Fri Sep 25, 2009 3:20 pm
Posts: 115
Location: Jakarta
Pak Wisnu thanks utk attachmentnya. very useful.
sy lagi cari2 setting underwater yg ideal, ini bisa jadi guidance sy.
ngomong2 tanya lagi nih, kalo auto focus lamp logikanya kan perlu ya utk di under water yg relatif gelap? tp di camera sy, lamp tsb ketutup mask utk build in flash, krn letaknya pas dibelakangnya. atau apakah auto focus lamp ini ga terlalu berguna under water?


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Thu Nov 12, 2009 5:00 pm 
Offline
User avatar

Joined: Tue Sep 15, 2009 3:15 am
Posts: 1396
Location: Katameya Heights
@joym
Menurut saya focus lamp sangat penting untuk membantu autofocus terutama di tempat yang pencahayaannya kurang dan atau kamera yang autofocusnya lamban. Biasanya, kamera jadul autofocus lamban, Didalam air mencet tombol separuh lebih sulit sehingga sering kali belum sempat fokus sudah kepencet penuh..
lampu bantu focus built-in di kamera, kalaupun tidak terhalang, umumnya kurang terang dibawah air. Saya sendiri memakai focus light terpisah yang cukup powerfull yang saya juga gunakan sebagai senter untuk night dive. Focus light yang baik cukup terang, tetapi soft dan automatis mati sendiri selama 1 detik sesaat sebelum strobenya nyala.
Saya pakai bigblue, cukup terang, ie. 170 lumen, tapi soft, full aluminum body; harganya agak mahal.
Untuk anak saya yang pakai G9, karena G9 "relatif" cepat, saya beliin yang agak murahan yaitu Fantasea 360 LED.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Thu Nov 12, 2009 5:10 pm 
Offline
User avatar

Joined: Tue Sep 15, 2009 3:15 am
Posts: 1396
Location: Katameya Heights
@mas guswid
saya ngga familiar dengan yungnuo
bagaimana mekanisme wireless triggernya yungnuo? kalau pakai flash yang jadi masalah bagaimana masang konektor f o ke housing DIY; karena kalau langsung pasti backscatter.
Kalau bukan flash, misalnya RF - cobadeh flashnya di bungkus plastik cemplungin ke bakmandi, bisa berfungsi nggak.
Kalau bisa sih kayaknya okay2 aja.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Thu Nov 12, 2009 5:24 pm 
Offline
Site Admin
User avatar

Joined: Mon Jun 12, 2006 10:40 pm
Posts: 1030
Location: kingdom of undersea
guswid wrote:
Boleh jg idenya tuh, tp penampilannya jelek banget ya? heheheh......
Btw, kira2 kl wireless trigger (mis. yungnuo) bs gak ya mentriger flash kl di dlm air? Kl bs ok jg tuh, gak butuh kabel2an lagi :D


Wah.. kalo yungnuo ga yakin deh, di darat aja kadang suka ga nyamber, apalagi di laut? Sebetulnya ada koq remote khusus UW, merk aquatica, tp hanya utk. kamera Nikon. Tapi apa perlu ya pake remote? Secara letak strobe ga jauh2 amat dr kamera, hehehe.. Dulu saya pernah baca pembahasan topik pengunaan remote, tapi sebatas utk pemotretan di kolam renang utk. trigering studio flash di luar kolam. Kalo ga salah remotenya dikasi pelampung biar ngambang dipermukaan dan tersambung ke camera lewat kabel :)

_________________
PETUALANG - Penyelam Tua Lupa Pulang


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 14 posts ] 

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 2 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
cron