It is currently Thu Oct 19, 2017 11:33 pm

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 30 posts ]  Go to page Previous  1, 2
Author Message
 Post subject:
PostPosted: Mon Jul 26, 2010 10:38 am 
Offline
User avatar

Joined: Sat Sep 27, 2008 3:17 pm
Posts: 618
Location: sanur - bali
Trims buat info dan kontak personnya, Karimun Jawa definitely one of my next diving trip target :)


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Thu Jul 07, 2011 7:12 pm 
Offline

Joined: Wed Jun 29, 2011 9:50 pm
Posts: 28
unk_damnation wrote:
Saya pernah di sana seminggu hopping island + snorkeling. Sayangnya ga dive karena dulu belum bisa :oops:

Kalo dari yang saya liat pas snorkeling sih, sama pulau seribu lebih bagus (in my opinion) soalnya warna-warni dan koralnya padat banget.. Di pulau sebrang karimunjawa mainland-nya ada pulau menjangan (koq sama ya namanya sama yang di bali?) kecil dan menjangan besar. Di antara 2 pulau itu ada formasi wall-nya, dari kedalaman 1 meter sampai 5-8meteran. Dasarnya pasir. Itu yang saya liat pas snorkel sih.

Pulau2 lainnya.. tiap pulau saya liat jenis formasi koralnya beda2. Di pulau kumbang saya snorkel di permukaan, ada spot yang koralnya branching dari dasar sekitar 2-3meter, sampai ujung2 koralnya cuma berjarak setengah meter dari dada saya.. Hasilnya kicking pelaaan banget takut finnya kena koral :lol:

Di pulau lainnya ada koral2 yang ngebentuk formasi tower-tower menjulang sekitar 3-5meteran (kalo ga salah sekitar pulau krakal - sayangnya udah banyak yang mati koralnya). Trus pulau cilik - my favorite. Koralnya jenis massive dan tabletop, diameternya gede-gede rata-rata diameter 2-3 meter kali ya.. Membentang jauuuh banget, sloping dari setengah meter sampai >10meter..

Dari 27 pulau, selama 3 hari 3 malam saya hopping island ke 18 pulau, snorkeling di sekitar 10 tempat (sehari 3-4 snorkel, rata2 lamanya 1-2jam), beda-beda pulau. Waktu itu cuma pake perahu nelayan yang kecil dan pelaaan banget.. Tapi puaslah.

Hik, jadi pengen ke sana lagi, but with scuba gear.. Tapi harus nunggu sampe punya gear sendiri nih :( Nah, dive spotnya di mana aja ya?


saya rencananya ntar juga mau hoping pake perahu om.. ente dulu perahu pake dayung kan? :p


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Sat Jul 16, 2011 10:02 pm 
Offline

Joined: Wed Jun 29, 2011 9:50 pm
Posts: 28
kebetulan saya baru balik dari karjaw, meskipun cuma freeediving.
lumayan banyak spot menarik di sana. beberapa di antaranya perairan pulau menjangan kecil, cemara kecil, dan barrier reef di barat cemara besar. visibilitasnya fair-lah kalo menurut saya.

soft coralnya nggak terlalu variatif namun hardcoral spt table dan flower coral melimpah, juga beberapa sea fan.

dan banyak banget clownfish di sini. mereka ada mulai di pantai sampai di kedalaman 7-8 m.

di sana juga banyak wreck; di perairan sebelah barat dekat pulau karimunjawa dan jauh di ujung barat gugusan karjaw juga ada yang namanya karang kapal (saking banyaknya kapal yang karam di sana).

DC paling cuma ada di kura-kura resort, pulau menyakan. :) keknya sih ada websitenya.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Sun Jul 17, 2011 1:24 pm 
Offline

Joined: Wed May 11, 2011 9:54 am
Posts: 7
Location: jakarta
pertengahan mei saya saya ke karimunjawa meskipun cuma snorkling

tempat yang sangat bagus dan murah meriah, cuma transportasi ke karimunjawa agak susah karena harus menumpang ferry selama 6 jam (dari jepara) dan cuma satu trip tiap hari


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Sun Jul 17, 2011 1:51 pm 
Offline

Joined: Wed May 11, 2011 9:54 am
Posts: 7
Location: jakarta
maaf kalo fotonya kurang bagus


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: how about P. Karimun Jawa?
PostPosted: Tue Mar 08, 2016 2:49 pm 
Offline
User avatar

Joined: Mon Jun 14, 2010 9:24 am
Posts: 516
Location: jakarta
ada update info diving di karimunjawa yaah..? setelah sekian tahun apakah ada dive center yang welloperated, specialized dan rutin untuk diving selain kura2 resort tentunya..?

_________________
-------------
aria anugraha m.
0818796937
https://www.facebook.com/aria.anugraha
--------------


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: how about P. Karimun Jawa?
PostPosted: Thu Mar 17, 2016 6:23 pm 
Offline

Joined: Mon Mar 14, 2016 2:08 am
Posts: 1
aria4m wrote:
ada update info diving di karimunjawa yaah..? setelah sekian tahun apakah ada dive center yang welloperated, specialized dan rutin untuk diving selain kura2 resort tentunya..?


Hubungi Pak Nurul (Pak RT) SALMA DIVE SHOP +6285225333677. Beliau juga udah B1 Instructor POSSI CMAS


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: how about P. Karimun Jawa?
PostPosted: Thu Aug 11, 2016 11:15 am 
Offline

Joined: Tue May 24, 2016 10:58 am
Posts: 6
Saya jadi ingat, setelah selesai PKL di perusahaan pengolahan air limbah bareng temen2 kampus berlibur disana.. Karena mahasiswa, jadi backpacker ke Karimun Jawa nya

_________________
Amrita Enviromental: Solusi pengolahan air bersih dan air limbah indonesia untuk lingkungan yang lebih baik.


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: how about P. Karimun Jawa?
PostPosted: Tue Aug 08, 2017 4:43 pm 
Offline
User avatar

Joined: Mon Jun 14, 2010 9:24 am
Posts: 516
Location: jakarta
Dengan informasi mengenai Dive Center di Karimunjawa yang dalam hal ini Pak Nurul, akhirnya kami diving di karimunjawa.

Ketika baca posting informasi diatas, langsung saya kontak pak Nurul dan langsung dui response Via Whatsapp.
Langsung informasi biaya. Artinya ini DC yang operatored daily.. sempet lihat foto2 DC nya juga di Internet dan mantablah kami berangkat,.

Yang cukup tricky adalah merencanakan menyebrang ke Karimunjawa, karena jadwal kapal cepat, kapal ferry dan kapal setengah cepat tidak setiap hari, baik berangkat maupun pulang. Awalnya kami merencanakan berangkat dari Kendal, karena dari internet informasi terbaru ada kapal cepat dari Kendal dan waktu berangkat dan kembali nya pas dengan jadwal kami. Hari Senen dengan mampir di Cirebon kami berangkat ke Kendal, dengan harapan selasa pagi sudah bisa berangkat, agak sedikit was was karena tiket kapal belum ditangan, dan benr kejadian. Setelah 2/3 jalan kami akhirnya dapat mengontak agen kapal cepat dan mendapatkan konfirmasi bahwa apal dari Kendal tidak berangkat dengan alasan kurang quota penumpang.. Akhirnya trip lanjut ke Jepara, arena Selasa ada kapal cepat dari Jepara.

Menginap semalam di Jepara, tidak banyak kesan, hanya memang sudah banyak bule berkeliaran dan banyak homestay di dekat pelabuhan kapal cepat/ ferry. Suasana sudah mini bali lah...
Pagi hari informasi kapal berangkat jalm 0900 dan dari jam 0700 pagi sudah meninggalkan hotel untuk antree tiket.... antre nya ngeselin tapi berangkatlah ke Karimunjawa akhirnya. Kapal cepatnya nyaman, kapasitas 180 orang dengan full AC dan cepat.. mengingatkan perjalanan Banda Aceh-Sabang, hanya kali ini lebih lama sekitar 2 jam lebih lah...

Mulai dari Jepara, di kapal sampai ke karimun jawa -- karena memang bukan hari libur dan musim libur kita -- yang banyak bule dan relatif tidak ramai. Kota Karimunjawanya sendiri simple saja, kecil, cukup bersih dan banyak bule. Ada resto yang bergaya Kute laah... Sayangnya selama kami di Karimunjawa PLN sedang tidak dapat menyuplai listrik karena kerusaka Genset dan jaringan, dan bensin sedang sulit, karena tangker ketahan cuaca buruk di tiga hari terdahulu.

Kami memilih hotel yang cukup eksotis dan yang paling tinggi di Karimunjawa, sehingga mendapatkan pemadangan ke laut dari atas kota. Kalau sunset yaa oke sekali lah dengan suasana tenang, rumah kayu / rumah joglo dan athmosfir resort eco..... cuma ada beberapa pasang bule yang juga menginap disana. Hari terakhir kami pindah ke hotel yang lebih di kota dan suasannya juga masih bule semua dan cukup nyaman dan bersih.

Untung saja selama di Karimunjwa cuaca aseeek.…
Kotanya Karimunjawa kecil saja.. dari ujung ke ujung jalan kaki sekitar satu jaman paling. Kotanya bersih dan kendaraan sepeda motor banyak disewakan disini. Ada beberapa warung dan minimarket yaaa kurang lebih sebesar Tomia lah… Suasanyanya sudah banyak bule bersliweran, hotel dan homestay cukup banyak disepanjang jalan kota desanya.

Pak Nurul/ Salma Dive Shop kelihatannya satu-satunya Dive Centre, -- beliau menyebutnya Dive Shop-- yang jelas melayani kegiatan diving dan memiliki penampilan cukup mentereng dan bonafid lah. Jadi benar sudah ada dive Centre di Karimunjawa. Suasana persiapan dan divingnya campuran keadaan di Gili, Pramuka dan Wakatobi.... Kalau underwaternya yaa generally sedikit lebih baik dari Kepulauan Seribu, baik dari kondisi koral maupun ikan. Hanya saja dari beberapa diving sites yang kami kunjungi cukup menarik karena cukup unik. Kondisi gelombang sedang mild to medium dan visibility low to medium.... (10 m maksimum lah). Informasi dari Pak Nurul saat ini bukan bulan-bulan terbaik untuk visibility , nanti september - november bisa jernih sekali katanya.

Site 1. Wreck kapal genteng di Menjanagan besar
Wreck kapal cargo kayu yang membawa muatan genteng, kedalaman 20-25 meter sangat tenang hanya saja pemandangan agak monoton. Selain kapal nya yang dari kayu, sebaran genteng dan corals masih bisa dilihat di sekitarnya. Sebentar berputar-putar di wreck dan memotret beberapa Nuddy kemudian diving dilanjutkan menyusuti slope coral...

Site 2. Pulau Burung
Lokasi diving ini dalah slope corals dengan kedalaman maksimal 25an. Yang menarik di site ini adalah Sea Fan nya besar-besar dan bertumpuk tumpuk, mengingatkan diving di parigi tapi yaaa tidak sefenomenal disana, tapi disini sea fan nya hidup realtif cukup dangkal di kisaran belasan meter saja. Yang juga menarik adalah tidak ada tanda-tanda karangnya pernah di bomb, Katanya sih dari awal memang daerah karimunjawa sudah dilindungi dan tidak ada nelayan yang menggunakan bom ikan.

Site 3. Pulau Ngliyeng
Site ketiga kami selami setelah istirahat makan siang di Pulau Ngliyeng.. kalau bahasa jawa nggliyeng artinya sempoyongan… ndak tahu kenapa dinamai demikian, yang jelas pulau ini memang pulau pasir putih yang banyak didatangi wisatawan. Pemandangan di permukaan cukup indah lah, banyak yang selfie-selfie dan ada spot ayunan diatas air. Pesisir pantainya cukup dangkal dan pasir putih menjorok ke laut. Ada warung kecil penjaga dan kami bisa memesan teh hangat disini.
Di spot ini koralnya tidak sebaik spot sebelumnya tapi kelihatannya menjadi lintasan pelagic-pelagic besar. Disini kami menemui schooling baracuda dan saya sempat bertemu ikan besar berukuran 2 meteran yang tidak tahu namanya… bentuknya sepert patin tapi agak putih dan besar. Penduduk lokal menamai ikan apa gitu… hehehe lupa.. saya kira hiu tapi moncongnya seperti patin..

Keesokn harinya yang rencana kami mau melakukan tiga dive tapi kami putuskan 2 dive saja karena pengen explore surfacenya karuimunjawa., Hari ini kami ketambahan tamu bule diver satu orang. Disini rupanya banyak diver dan wisatawan yang walk in saja untuk diving.

Site 4. Wreck Indonoor
Wreck ini sekitar 1 jam diesel boating ke arah utara Pulau Karimunjawa. Diperjalanan kami berjumpa banyak tongkang batubara dan kapal petikemas bersauh menunggu laut tenang untuk melanjutkan pelayarannya ke utara.
Wrenk nya cukup fenomenal karena merupaka wreck kapal besi yang cukup buesar dan kedalam hanya maksimum 15 meter. Wreck yang sudah berusia 60an tahun lebih berada pada slope datar pinggir coral barrier. Wreck ini mengingatkan liberti wreck tulamben, hanya saja posisinya menyilang pantai. Paling dalam bagian buritan baling-baling kapal hanya 15 meter. Kami turun dari haluan yang mungkin 5 meteran karena air sedang surut. Tidak ada arus. Sayang visibility tidak membaik. Panjang kapal kami taksir 50-100 meter dan dibawah sana batubara masih berserakan dimana-mana. Di beberapa bagian ada lambung kapal yang sudah terbuka dan dapat dilakukan penetrated diving. Sayangnya tidak banyak ikan seperti di Tulamben, nuddy pun dari satu dua jenis saja tapi jumlahnya sangat banyak. Di bagian belakng dan baling-baling kapal ada sekumpulan batfish yan senang di foto-foto. Untuk pemula site ini sangat ideal.

Site 5. Gosong Coral Cemara
Kami makan siang di Pulau Cemara yang mirip dengan Pulau Nggliyeng dengan pasir lebih putihnya. Suasanan pulaunya mengingatkan dengan Pulau Semak Daun di Kep Seribu. Site Divingnya sendiri merupakan underwater coral seamonth/ pinnacle yang memiliki variasi coral cukup banyak. Kami menjumpai beberapa nuddy brunch dan ikan2 kecil. Coral cuku baik berkembang dan tidak ada tanda-tanda bekas di bomb.

Over all perjalanan survey trip diving kami ke Karimunjawa cukup menyenangkan. Underwaternya tidak terlalu istimewa namun tidak terlalu jelek dan cukup unik untuk dikunjungi. Kami pernah menemui kondisi underwater yang lebih jelek tentunya. Sayangnya visibility tidak dalam kondisi maksimalnya.

Pemandangan atas dengan mayoritas pemandangan laut juga tidak mengecewakan. Hari diving terakhir kami pergunakan sedikit memutari kota dan naik ke spot pemandangan di Love Hill. Pemandangan sunsetnya cukup fenomenal disini. Sangat asik berduaan dengna yang terkasih sambil nyeruput teh poci wasgitel ….

Keesokan harinya kami pulang dengan menumpang ferry sambil dititipi menyebrangkan mobil Pak Harsono diver dari rembang , yang mobilnya tertahan karena cuaca buruk beberapa hari sebelumnya. Perjalanan ferry cukup panjang sekitar 5-6 jam, tapi ferrynya cukup nyaman.
Kembali ke Jepara, kami berkenalan dengan Pak Harsono yang mentraktir kami makan malam. Sayang kami harus ngebut kembali ke Jakarta jadi tidak bisa berlama-lama mengobrol.

Thank you untuk Pak Nurul yang suda menservis diving kami di Karimunjawa. Wah padahal Pak Nurul ini orang penting di Karimunjawa lho, selain pak RT juga seorang pejabat pelabuhan yang semua orang di karimunjawa kenal.

Next Okt-November yang infonya visibilitas lebih baik, kami berencana kembali ke Karimunjaw. Ayaooo siapa yang mau ikut..??

Foto-foto cek di facebook yaa... sebagian besar masih di edit... hehehe banyak soalnya fotonya...

_________________
-------------
aria anugraha m.
0818796937
https://www.facebook.com/aria.anugraha
--------------


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: how about P. Karimun Jawa?
PostPosted: Tue Aug 08, 2017 8:37 pm 
Offline
User avatar

Joined: Tue Sep 15, 2009 3:15 am
Posts: 1396
Location: Katameya Heights
Thanks mas atas reportnya yang super detail.
Sayang saya ngga punya facebook jadi ngga bisa access foto2nya.
Kenapa ngga di taruh di flickr aja biar gampang di link.

Dulu saya penasaran banget dgn Karimun Jawa tapi belum kesampaian juga sampai sekarang.
Kura2 resort mahalnya minta ampun, ngga yakin kalau worth.
Kayaknya lebih sulit kesana daripada ke Bali ya?
Bagaimana pula dgn biaya diving disana ?

_________________
https://www.flickr.com/photos/wisnupurwanto/


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: how about P. Karimun Jawa?
PostPosted: Fri Aug 11, 2017 7:36 am 
Offline
User avatar

Joined: Sun Oct 02, 2016 3:53 am
Posts: 67
Location: Malang - Manado
wisnu wrote:
Thanks mas atas reportnya yang super detail.
Sayang saya ngga punya facebook jadi ngga bisa access foto2nya.
Kenapa ngga di taruh di flickr aja biar gampang di link.

Dulu saya penasaran banget dgn Karimun Jawa tapi belum kesampaian juga sampai sekarang.
Kura2 resort mahalnya minta ampun, ngga yakin kalau worth.
Kayaknya lebih sulit kesana daripada ke Bali ya?
Bagaimana pula dgn biaya diving disana ?


Om Wisnu dan Om Aria ... saya dapat info kalau ke Karimun Jawa bisa ditempuh dari Surabaya via Pesawat..
dan relatif tidak mahal karena ada subsidi pemda :D :D
(saya belum pernah coba) Tapi bisa dicheck di
http://www.airfastindonesia.com/news/airfast-updates
kalau mau berangkat kesana kabar2 i ya.. hehehehehe
#modus cari buddy


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: how about P. Karimun Jawa?
PostPosted: Fri Aug 11, 2017 11:24 am 
Offline
User avatar

Joined: Mon Jun 14, 2010 9:24 am
Posts: 516
Location: jakarta
wisnu wrote:
Thanks mas atas reportnya yang super detail.
Sayang saya ngga punya facebook jadi ngga bisa access foto2nya.
Kenapa ngga di taruh di flickr aja biar gampang di link.

Dulu saya penasaran banget dgn Karimun Jawa tapi belum kesampaian juga sampai sekarang.
Kura2 resort mahalnya minta ampun, ngga yakin kalau worth.
Kayaknya lebih sulit kesana daripada ke Bali ya?
Bagaimana pula dgn biaya diving disana ?


Diving disana harga publishnya rp. 875rb dua kali buat dive include alat. Kalau bawa alat sendiri ada discount lagi..
Setuju mas memang lebih mudah ke bali. Karena ke karimunjawa jadwal paling banyak via jepara. Dan tidak setiap hari. Betul ada pesawat tapi hanya dari surabaya.. Yg dari semarang sudah off. Tapi saya koq gak yakin jafwalnya.

Yaa mas nanti foto sy cuplikkan disini dah...

Rencana mau ke karimunjawa lagi sekitar november yg katanya aitnya lebih bagus.

_________________
-------------
aria anugraha m.
0818796937
https://www.facebook.com/aria.anugraha
--------------


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: how about P. Karimun Jawa?
PostPosted: Fri Aug 11, 2017 2:24 pm 
Offline
User avatar

Joined: Sun Oct 02, 2016 3:53 am
Posts: 67
Location: Malang - Manado
Moga2 bisa ikut Mas Aria...
Thanks for info nya


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: how about P. Karimun Jawa?
PostPosted: Sun Aug 13, 2017 7:09 pm 
Offline
User avatar

Joined: Mon Jun 14, 2010 9:24 am
Posts: 516
Location: jakarta
Attachment:
karimun2.jpg


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

_________________
-------------
aria anugraha m.
0818796937
https://www.facebook.com/aria.anugraha
--------------


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: how about P. Karimun Jawa?
PostPosted: Wed Aug 16, 2017 6:04 am 
Offline
User avatar

Joined: Sun Oct 02, 2016 3:53 am
Posts: 67
Location: Malang - Manado
Mantap euy.... cuman visibility nya kelihatannya kurang clear ya...


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 30 posts ]  Go to page Previous  1, 2

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
cron