It is currently Sat Oct 21, 2017 1:08 am

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 2 posts ] 
Author Message
 Post subject: Ternate - underwater dan top site sama-sama cantik
PostPosted: Tue May 10, 2016 1:34 am 
Offline
User avatar

Joined: Tue Sep 15, 2009 3:15 am
Posts: 1396
Location: Katameya Heights
Laporan yg ditulis oleh mas Aria dan dr. Arief di forum ini juga serta ngobrol-2 dengan temen2 dari Big O Diver (BOD) saat kita mampir di Ternate setelah berkunjung ke Weda pada awal Januari kemarin benar-benar membuat kita tergoda untuk menikmati ke indahan bawah laut Ternate. Akhirnya, akhir April 2016 kita berkesempatan mengunjungi Ternate.

How to get there.

Ternyata nggak susah kok untuk mencapai Ternate. Dari Jakarta terdapat beberapa penerbangan langsung maupun tidak langsung ke Ternate yang dilayani oleh Garuda, Lion Air, dan Sriwijaya air. Paling tidak ada 5 daily flights.
Pilihan kami jatuh ke Garuda yang terbang langsung dari Jakarta dan sampai di Ternate pkl. 07:30 pagi. Namun untuk penerbangan kembali ke Jakarta kita menggunakan Sriwijaya air sore hari yang pindah pesawat di Makasar.

Akomodasi / Dive Center

Sampai saat ini belum ada dive resort yang beroperasi di Ternate. Untuk akomodasi kita bisa menginap di sejumah hotel di kota Ternate.
Bulan January kemarin kita menginap di hotel Batik – hotel yang cukup baru, lokasi cukup bagus di pusat kota, sayang kamarnya sempit, tidak memiliki jendela dan bau rokok sangat menyengat.
Oleh karenanya kita minta tolong pak Rudi Theys dari BOD agar di carikan hotel lain, dan pilihannya jatuh ke hotel Muara. Hotel cukup bersih, nyaman, dengan kamar yang cukup besar serta memiliki meja dan tempat penyimpanan yang cukup memadai untuk menaruh peralatan underwater photography. Lokasi hotel ini juga cukup bagus, jadi satu dengan pusat perbelanjaan yang cukup komplit; dan dekat dengan sejumlah restaurant dan warung makan.
Sayang di koridor tidak be AC dan AC di ruang makan kurang memadai (atau bahkan tidak dihidupkan) sehingga agak panas dan pengap. Disamping itu tidak sedikit tamu-2 yang merokok di lobby dan ruang makan yang tertutup tersebut. Untungnya bau asap rokok tidak separah di hotel Batik.

Untuk diving, kita menggunakan dive center Nasi Jaha, sekitar 5 menit dengan mobil dari hotel. Pelayananan sangat bagus dan cukup professional. Sayang di dive center tersebut sulit mendapatkan tempat yang bebas asap rokok.

Dive Site

Ternyata cukup banyak dive site di pulau Ternate dan pulau2 yang berdekatan (Tidore, Hiri dan Maitara). Silahkan cek tulisannya dr. Arief untuk lokasi-2 penyelaman di Ternate:
http://www.forumselam.com/viewtopic.php?f=5&t=6203&p=41041&hilit=ternate#p41041
Karena waktu yang cuma 3 hari, kita hanya diving 10 kali, sebagai berikut.

1. Belakang Mall. Shore diving, sesuai namanya terleetak di belakang mall Jatiland. Easy diving, sama sekali tidak ada arus. Terumbu karang cukup sehat, visibility cukup bagus tapi kurang “ramai”. Lumayan untuk pemanasan atau check dive. Setelah diving bisa mampir makan di KFC atau di warung-2 pinggir jalan. Untuk UWP bisa WA maupun coral macro.

2. Taman Nukila / KM Pari Wreck. Shore diving. Tidak jauh dari lokasi diving pertama. Jalan kaki sekitar 3 menit dari dive site Belakang Mall. Di lokasi ini terdapat wreck kecil, yaitu KM Pari yang tenggelam beberapa tahun yang lalu. Terus terang, buat saya kurang menarik. Selepas wreck terdapat terumbu karang yang cukup sehat – tapi lagi2 kurang ramai. Easy diving, sama sekali tidak ada arus.

3. Night diving di Ternate Port – muck diving dibawah jetty pelabuhan Ternate. Sangat menarik, cukup banyak “barang” terutama nudibranchs. Hampir 2 jam kita diving disini dan masih belum sempat explore tang-2 jetty. UWP, macro baik muck diving maupun coral.

4. Florida walls. Boat diving. Sangat menarik, breathtaking scenery, kombinasi antara steep wall dan pinnacles. Begitu entry kita bisa masuk terowongan pendek dikedalaman sekitar 30 meter. Kepadatan ikan-ikan lumayan, dan sekali-2 melintas ikan cukup besar seperti giant trevally dan tuna. Relatif ngga ada arus, cukup buat nge-drift. Cocok buat WA.

5. Tj. Rum. Boat diving. Cukup menarik dengan gugusan table coral berukuran besar serta cakupan wilayah yang sangat luas; kombinasi dengan mini wall. Lagi-2 easy diving, hampir ngga ada arus. Cocok buat WA.

6. I love Ternate. Lokasinya di pinggir pantai tempat masyarakat setempat nongkrong2 sore dan malam hari. Shore diving – super shallow, kedalaman 1.5 m – 2 meter; main objective; walking shark dan Spanish dancer. Ketemu 2 ekor walking shark, sayang ngumpet terus di dalam lubang. Juga ketemu 2 ekor Spanish dancer berukuran sedang. Diving disini musti hati2 karena banyak sekali ranjau bulu babi.

7. Kalumata Point, katanya cocok untuk macro coral. Namun begitu kita turun, arusnya lumayan kuat dan terus bertambah kuat, tidak mungkin mengambil foro macro pada kondisi tersebut. Akhirnya kita lepas saja, ngikutin arus yang sangat kuat melewati gugusan terumbu karang kombinasi hard coral dan soft coral. Cukup banyak sponges dan gorgonian berukuran besar – jadi lokasi ini mestinya juga bagus untuk WA. Sekitar 30 menit akhirnya kita membatalkan diving; arus semakin kuat dan visibility drop.

8. Big O Point 1. Ini dive site memang bener2 cakep, Cuma kita mesti turun ke 30 – 35 meter; jadi ngga bisa lama2. Untuk detailnya lihat reportnya dr. Arief.

9. Big O point 2. Sama cakep banget. Bagusnya sih di 30 – 35 meter tapi karena dive ke 2, mesti kompromi dan main di kedalaman 25 – 30 aja. Untuk detailnya lihat reportnya dr. Arief.

10. Jiku Malamo. Ini dive site unik banget, karena berbentuk mangkuk dengan diameter 40 meteran, dengan kedalaman sampai 10 meteran. Sama sekali tidak ada arus. Visibility bagus banget. Terumbu karang yang didominasi oleh hard coral cukup sehat tapi sayangnya minim ikan. Spot yang menarik, disebelah kiri luar mangkuk terdapat beberapa gundukan yang cukup menarik untuk WA.

ImageNudibranch Ternate by Wisnu Purwanto, on Flickr

ImageP4300398.jpg by Wisnu Purwanto, on Flickr

ImageP5010508.jpg by Wisnu Purwanto, on Flickr

ImageP5010433.jpg by Wisnu Purwanto, on Flickr

ImageP5010408-Edit.jpg by Wisnu Purwanto, on Flickr


Top site attraction.

Tidak kalah menarik, Ternate juga kaya dengan topsite attraction baik peninggalan sejarah maupun pemandangan yang sangat indah.

ImageSulamanada Beach by Wisnu Purwanto, on Flickr

ImageNgade lake by Wisnu Purwanto, on Flickr

_________________
https://www.flickr.com/photos/wisnupurwanto/


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Ternate - underwater dan top site sama-sama cantik
PostPosted: Thu May 12, 2016 8:46 am 
Offline
User avatar

Joined: Mon Apr 15, 2013 3:16 pm
Posts: 429
Location: Jakarta, Indonesia
Mantap as always Pak Wisnu !! Jadi kepengen belajar motret .. :D :D

Ternate masih dalam bucket list, cuma kalo kesana emang pengennya sekalian babat sampe Morotai .. :mrgreen: :mrgreen:

Nice post pak!!

Salam,

_________________
Hafidz Nasution
#IndonesiaFromBelow
IG: @iulabs / @gelembungsamudera (admin)
http://www.gelembungsamudera.com
Safe Dive = Fun Dive


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 2 posts ] 

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 0 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to: