It is currently Sun Oct 22, 2017 4:09 am

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 7 posts ] 
Author Message
 Post subject: Spare air, recommended?
PostPosted: Sat Apr 09, 2016 4:56 pm 
Offline

Joined: Thu Sep 18, 2014 12:47 pm
Posts: 27
Halo divers,

Jd ceritanya, krn selama ini blm ketemu buddy yg bener2 safe, yg bener2 pre-dive check, maintain communication dan ga asik jalan2 sendiri. Sy tertarik beli Spare air.

Sy khawatir, skenario out of air, dan ternyata buddy ga dalam jangkauan.

Pernah mencoba, Pura2 kehabisan air, samperin diver terdekat minta octopus, dia malah bingung "knp lu?"...
Sedangkan DM/guide biasanya posisi jauh di depan atau menemani yg skill nya plg minim.. Sdh pasti ga bs di jangkau..

Sy soalnya Dive dgn org2 berbeda, jd buddy jg beda2 terus. Ada yg ngajakin langsung ayo.. Hehehe.. Log jg masih 90an..

Kejadian yg bener2 out of air sih blm pernah, selama ini cuma 1x ascent dengan sisa udara 10bar. Selain itu selalu diatas 30bar.

Sepertinya Spare air solusi buat masalah ini?
Ada masukan lain?

Penasaran jg, Apa ada Divers yg selalu Dive dgn Spare air? Soalnya blm pernah lihat Divers bawa Spare air..

Thanks sblmnya


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Spare air, recommended?
PostPosted: Sun Apr 10, 2016 2:27 am 
Offline

Joined: Thu Jul 29, 2010 9:02 am
Posts: 264
Location: Jakarta, Indonesia
Buat backup sih okok aja, meskipum jg gakterlalu berpengaruh.
Yg penting adlh selalu control spg at least every 5 minute recommended.

Just follow diving safety procedure

_________________
Safe Dive


E . H
NAUI # 50558


Whale Dive Centre
http://www.whaledivecentre.com
[email protected]
[email protected]


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Spare air, recommended?
PostPosted: Tue Apr 12, 2016 9:48 am 
Offline

Joined: Thu Aug 06, 2009 3:03 am
Posts: 1022
Location: Gili Trawangan
spare air mah gak ada gunanya mas kalo kita rajin cek udara, kaya mas ebram tiap 5 menit. tapi kl mas bilang log 90 harusnya sih konsumsi udara dah bagus lah mas. kalo saya lbh mending taro alarm di divecomp 45 mnt jd dia bunyi dan kita cek spg krn biasanya 1 dive kan 45-60 mnt laah, kalo gak yah pasti salah satu dr grup udah ada yg 50 bar dan siap2 naik....


kesalahan umum adalah diver MISKIN OGAH rugi dimana kalo udah 50 bar yah kita mulai naik untuk safety stop tapi mangkanya saya bilang diver miskin ogah rugi karena pengennya kalo udah 20 bar br naik jd diatas sisa 0 bar dah tuh abis safety stop dll nya.... spare air hanya bantuan nambah udara sedikit dan mungkin kl dr 30m dengan kapasitasnya yah cuma ada 10 napas jg dia dah kosong mas jd gak bantu banyak tapi banyak jg kekurangannya

- nambahin berat
- hrs diisi dulu sebelum diving
- mahal
- hrs buka valve kalo naik pesawat terbang
- nambah 1 barang yg ganggu buoyansi
- isinya jg gak banyak

jd ketimbang semua kekurangan spare air, menurut saya yah diving jgn pernah salahin buddy, salahin diri kita sendirilah semuanya, kalo sampe kejadian out of air menurut saya itu diver goblok aja krn selalu diingatkan 50 bar kita naik.... jgn salahin guide atau operator, jgn salahin buddy atau siapapun, karena giliran kecelakaan maka kita pribadi yg paling dirugikan kan...sayang nyawa deh mas...
lain cerita kalo sampe regulator rusak atau selang putus yah mau diapain, tp itu jg bs dicegah dengan maintenance rutin dan pake barang bagus, bukan berarti mahal yah.... semua yg ngegampangin itulah yg bikin celaka mas.

belajar cara penggunaan kompas atau navigasi bawah air. diver yg hilang bukan level DM or inst tp biasanya justru open water mangkanya kita WAJIB mempersiapkan diri sendiri dan sadar akan semua konsekwensinya tanpa nyalahin orang lain, mangkanya sebelum diving kita tanda tangan Liability Release. pernah dibaca gak tuh isinya apaan??????

_________________
don't dream your live, but live your dream.......


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Spare air, recommended?
PostPosted: Tue Apr 12, 2016 10:55 am 
Offline
User avatar

Joined: Mon Apr 15, 2013 3:16 pm
Posts: 429
Location: Jakarta, Indonesia
ditajong wrote:
spare air mah gak ada gunanya mas kalo kita rajin cek udara, kaya mas ebram tiap 5 menit. tapi kl mas bilang log 90 harusnya sih konsumsi udara dah bagus lah mas. kalo saya lbh mending taro alarm di divecomp 45 mnt jd dia bunyi dan kita cek spg krn biasanya 1 dive kan 45-60 mnt laah, kalo gak yah pasti salah satu dr grup udah ada yg 50 bar dan siap2 naik....


kesalahan umum adalah diver MISKIN OGAH rugi dimana kalo udah 50 bar yah kita mulai naik untuk safety stop tapi mangkanya saya bilang diver miskin ogah rugi karena pengennya kalo udah 20 bar br naik jd diatas sisa 0 bar dah tuh abis safety stop dll nya.... spare air hanya bantuan nambah udara sedikit dan mungkin kl dr 30m dengan kapasitasnya yah cuma ada 10 napas jg dia dah kosong mas jd gak bantu banyak tapi banyak jg kekurangannya

- nambahin berat
- hrs diisi dulu sebelum diving
- mahal
- hrs buka valve kalo naik pesawat terbang
- nambah 1 barang yg ganggu buoyansi
- isinya jg gak banyak

jd ketimbang semua kekurangan spare air, menurut saya yah diving jgn pernah salahin buddy, salahin diri kita sendirilah semuanya, kalo sampe kejadian out of air menurut saya itu diver goblok aja krn selalu diingatkan 50 bar kita naik.... jgn salahin guide atau operator, jgn salahin buddy atau siapapun, karena giliran kecelakaan maka kita pribadi yg paling dirugikan kan...sayang nyawa deh mas...
lain cerita kalo sampe regulator rusak atau selang putus yah mau diapain, tp itu jg bs dicegah dengan maintenance rutin dan pake barang bagus, bukan berarti mahal yah.... semua yg ngegampangin itulah yg bikin celaka mas.

belajar cara penggunaan kompas atau navigasi bawah air. diver yg hilang bukan level DM or inst tp biasanya justru open water mangkanya kita WAJIB mempersiapkan diri sendiri dan sadar akan semua konsekwensinya tanpa nyalahin orang lain, mangkanya sebelum diving kita tanda tangan Liability Release. pernah dibaca gak tuh isinya apaan??????


totally agree with Om Dita on this issue. safety comes from ourselves first, always be conservative with rules, be prepare with every possibility. Diving is a sport that lets you to learn about yourself better.

kalo efisiensi gas consumption mau lebih ditingkatkan, then buoyancy and propulsion and trimming is your answer. bukan spare air.

manusia itu sungguh aneh, jiwa dan hidup nya tanpa sadar terkadang dihargai senilai 1-2x dive, karena sifat ga mau rugi tadi.

Masalah buddy, bisa dipahami mungkin karakter orang2 bisa beda2, tapi menurut gw bisa saja kalo misalnya setelah dive pertama, kalo memang ada yg perlu didiskusikan dengan buddy nya, ya silahkan debriefing setelah dive 1 tadi. Dalam kasus mas, kalo memang ada buddy yg tidak ngerti standard hand signal, berbahaya juga ya? Gw rasa ngga menyalahi peraturan kalo mas menyampaikan dan diskusi dengan dia sekaligus refresh standard hand signal bawah air.

Saya juga termasuk orang yg pergi dive trip bisa dengan buddy beda beda dan quote and quote, "geng" yang berbeda, tapi saya selalu memegang teguh basic principles di diving, alhamdulillah saya ga pernah out of air, dan selalu melakukan gradual ascent pada saat sisa udara di tangki mendekati 50 bar (biasanya saya sudah mulai akan naik perlahan sewaktu jarum SPG di sekitar 100-90 bar (give or take). tergantung kondisi jika berarus dan harus extra effort, di atas 100 bar saya sudah gradual ascent biasanya, atau mungkin lebih karena saya tau diri saya yg berbobot hampir 100 kg ini belum efisien dalam gas consumption.). Even if di udara segitu saya sedang melihat sesuatu yg exciting, ya saya akan naik.

a single dive does not worth a life of a diver, it's worth a lifetime dive trip around the world till you can barely stand on your feet. masih banyak keajaiban yg akan laut kasi lihat ke kita kalo kita sabar. At any case buat gw, the moment you descent and up until the moment you surfaced, pasti banyak yg bisa dilihat di bawah laut, so long as you embrace the ocean. Penyakit yg suka saya kesalkan kadang2 kebanyakan sekarang orang pergi trip dengan iming2 dijanjikan guaranteed lihat ina inu. People, you can't control what the ocean will present you. Ini bukan sirkus.

Buat gw 200 bar yg gw punya di tangki itu, adalah kunci gw ke dunia magis bawah laut terhitung sejak gw deflate BCD di surface, sampe balik full inflate di setiap akhir diving. Nothing I regret so far by doing that. Even di case yg dive plan nya serabutan pun, jika kemudian bisa di manage dengan baik, will have its own story.

maap jadi curhat.

As always, just my 2 cents.

Best,

_________________
Hafidz Nasution
#IndonesiaFromBelow
IG: @iulabs / @gelembungsamudera (admin)
http://www.gelembungsamudera.com
Safe Dive = Fun Dive


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Spare air, recommended?
PostPosted: Tue Apr 12, 2016 11:48 am 
Offline

Joined: Thu Sep 18, 2014 12:47 pm
Posts: 27
Thank buat penjelasannya om Ebram, om Dita, dan om Hafidz

Saya setuju sama penjelasan om Dita dan om Hafidz, OOA krn "lupa" cek SPG obatnya bukan Spare Air, tapi disiplin.

Setuju jg sama om Ebram, Spare Air harusnya buat backup, in case regulator/tank malfunction.

Kl baca2 accident reports di internet, malfunction alat ada aja ya. Juga dari share pengalaman bbrp diver senior.
Jadi, Spare air ini seharusnya mmg lebih ke backup alat kl malfunction.

Tapii.. setelah baca2 keliling2 ke scubaboard dll. Setuju bgt sama penjelasan om Dita, Spare air nambahin berat, mahal, pengaruh ke bouyancy, trimming +etc etc intinya ribet lah spare air..
di scubaboard lebih sarankan mending sekalian bawa ponny bottle... :-?

Jadinya saya ga jadi beli spare air :D
thanks buat semua saran dan masukannya :-bd


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Spare air, recommended?
PostPosted: Tue Apr 19, 2016 4:49 pm 
Offline

Joined: Tue Mar 20, 2007 5:58 pm
Posts: 1052
nambahin sedikit lagi:

1. betul itu yang ditulis sama ebram, dita & hafidz. jadi saya ndak perlu nulis apa2 lagi dong ya hahaha.. *glepok*

ulang deh kalo gitu..

1. spare air itu 2 alat dijadikan satu dan dibuat menjadi amat kecil. bayangkan tangki scuba & regulator + pressure gauge digabung jadi satu dan diperkecil sekitar 1/10 dari aslinya (mungkin lebih). artinya semua komponen juga dibuat jadi kecil. satu problem utama jika komponen diperkecil berarti daya tahan barang (material) harus amat sangat bagus --> yang kalau dilakukan harga spare air bisa jadi sangat lebih mahal dari yang dijual sekarang.

inget, pressure 200bar/3000 psi itu tekanan yang amat besar. ban mobil yang cuma 30psi aja kalo meledug bisa bikin jantung copot. apalagi 3000psi. force yang bekerja disitu jadi amat besar jika dibagi per square/mm terhadap komponen yang bekerja. jadilah spare air itu alat yang mudah rusak dan amat rentan. saya sendiri punya 2-3 spare air & akhirnya cuma jadi botol air minum doang. nanti biar mbah surya yang nambahin penjelasan dah.. owe bego urusan begini.

2. out of air umumnya terjadi karena diver tidak rutin memantau SPG nya. jadikan ini 'kebiasaan' atau 'naluri' sebagai seorang diver. gak perlu setiap saat ngeliat SPG terus-terusan. lama2 ada whale shark lewat nanti malah ndak lihat.. cukup lirik sedikit. jangan berlebihan. kata ibu saya semua yang berlebihan itu ndak baik.

lama-lama kita hafal kok kalau kita diving dengan profile begini (misalnya di area dangkal 10-15m) akan habis segini di menit segini. kalo main agak dalem di 20-30m akan habis segini di menit segini. kalo kena arus kayak gini, akan habis segini. tapi tetap biasakan ngintip SPG secara berkala. karena SPG biasanya memang kinclong.

nah, kalau sudah jadi 'naluri', kita juga dengan mudah tau kalau ada failure di equipment. misalnya 1st stage bocor halus, octopus freeflow kecil, selang bocor kecil dll karena hapal dengan air consumption kita. begitu udara habis lebih cepat dari biasanya, berarti ada sesuatu yang ndak bener.

3. coba bikin aturan baru. jangan tunggu sampe 50 bar. mulai sekarang kalo tangki sudah 100 bar, berarti itu patokan untuk siap2 mengarah ke depth yang lebih dangkal. inget, harga isi tangki lebih murah daripada nyawa tetangga. toh masih banyak kok yang bisa di explore di area yang lebih dangkal & itu akan membuat diving kita jadi lebih lama. kan keren loh kalo dive time nya bisa lebih dari 50 menit. jadi ndak kayak orang-orang pada umumnya yang cuma diving 30-40 menit.

4. dengan sisa udara di tangki yang masih cukup, artinya buoyancy kita pas di akhir diving juga masih bagus. ini nambah point keren anda loh.. ndak mental-mental naik kayak orang-orang kebanyakan hahaha..

5. maap sudah kehabisan bahan cerita. ilmu saya memang cuma segini..

salam manis,
kak hantulaut

_________________
BanyuBiru Explorer Indonesia - Center for Diving Excellence | GUE Affiliate | Dive Training & EFR Training | Halcyon Dive Systems Dealer | DAN Asia Pacific Supporter | W: www.banyubiru.org | F: Banyu Biru Explorers | T: @banyubiru_xplor


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Spare air, recommended?
PostPosted: Fri Jun 30, 2017 12:00 pm 
Offline
User avatar

Joined: Sun Oct 02, 2016 3:53 am
Posts: 67
Location: Malang - Manado
Menindak lanjuti diskusi mengenai checking SPG secara rutin...
Saya pernah ngalami bener2 habis (walaupun Gauge masih nunjukkan angka 150 an) x_x x_x
karena saya breath kok makin lama makin berat?? cek SPG masih di atas 150
Nyadar pasti ada masalah dengan regu nih..
Langsung ngebut deket ke dive master sambil kode2 (pukul2 tank)
Syukurlah, DM ngeh dan langsung ngasih secondary nya.
Pas sdh naik dan review kejadian ternyata ada masalah sama gauge nya (kemasukan pasir) :-o :-o
Lesson Learnt :
1. Musti bener2 pas predive briefing mengenai emergency scenario
2. Jgn lupa bawa pointer atau logam (karena kita ndak bisa teriak2 di dalam air) :D
3. Jgn jauh2 ama DM apalagi ngeluyur sendirian.. (Cuman di film rambo aja jagoannya sendirian ndak mati2..)
4. Pre check equipment apalagi pressure gauge.. (pas check dan masang regu di lihat indikator ada masalah ndak)
5. seperti disampaikan di atas jgn lupa check SPG rutin (kehabisan kaya saya ruwet.. karena kita bukan deni manusia ikan)
6. Better you have your own equipment.. (lagi nabung) dan maintain it properly...

Udah ah kebanyakan... mau cari mangsa di kantor yang bisa diracuni virus diving lagi...
hahahahahaha :D :D :D


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 7 posts ] 

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 2 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
cron