It is currently Sun Oct 22, 2017 7:40 am

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 6 posts ] 
Author Message
 Post subject: Diving Padang
PostPosted: Wed Mar 30, 2016 9:44 am 
Offline
User avatar

Joined: Mon Jun 14, 2010 9:24 am
Posts: 516
Location: jakarta
Sudah lama gak buka Forum Selam nih,
ceritanya Agustus ini akan ada acara gathering dan temu kangen serta ulang tahun ke 10 Forum Selam, jadi pingin bikin rame sedikit,
Jangan lupa yaaa pada daftar dan ikutan... http://www.forumselam.com/viewtopic.php?f=3&t=6538

Kali ini kami ingin cerita sedikit mengenai dive destination yang "tidak biasa"....
kenapa tidak biasa..? karena yaa memang jarang yang diving ke sini dan bicara mengenai diving di Padang..
Biasanya kita diving ke Indonesia Timur.... kalau Sumatera plaing ke Weh...

Aslinya penasaran dan pengen tahu serta ingin survey dan mencari lokasi diving lain , selain yang sudah sering di promosikan..
Beberapa tahun lalu sih pernah membuka komunikasi dengan salah satu resort diving di Sumatera Barat , namun sayang responsenya waktu itu untuk kami kurang menyenangkan, sehingga diurungkan niat kesana dan kayaknya niat gak bakal ke sumatera barat deh ... untuk diving.

Setelah sebelumnya masih belum jadi diving ke Lampung (Sumatera),
Beberapa bulan lalu, tiba-tiba melihat iklan diving di Padang, tepatnya di Renaza Resort di Bob's Island .. Padang
Agak penasaran kami melakukan kontak dan akhirnya deal.. kami berangkat Tanggal 24 - 27 Maret 2016, sekaligus memanfaatkan long weekend.

Ternyata Renaza Resort dan Ocean Star Dive Center ini dikelola sepenuhnya oleh Orang Indonesia.
Trus kenapa baru kedengaran sekarang..? Apakah memang resort ini baru dan baru buka..?
Ternyata setelah sampai Padang dan ketemu langsung dengan pengelolanya, yaitu om Bob Effendi, diketahui bahwa resort ini sudah 3 tahun beroperasi.
Kalau om Bob sendiri ceritanya sudah belasan tahun jadi instruktur diving di Padang, dan memang tinggal di Padang dari lahir...
Cerita punya cerita ternyata resort yang sudah berjalan selama 3 tahun ini sebelumnya hanya baru melayani diver dari Malaysia dan Singapore saja.
Bisa dikatakan pada waktu weekend tidak pernah kosong dari tamu diver dari kedua negara tersebut.
Untuk pasar Indonesia memang baru mulai dipromosikan bulan-bulan ini saja.

Perjalanan ke Bob's Island relatif (sangat) mudah. Kita terbang ke Minangkabau Airport di Padang selama 1,5 jam dari Jakarta.
Dari Sana kita sudah dijemput di airport dan bermobil sekitar setengah jam ke kota Padang dan pelabuhan speed boat... deket2 jembatan siti nurbaya katanya.
Dari dermaga ini, dengan fiberglass speed boat berkapasitas 10an orang yang berkekuatan twin engine @100PK kami melaju kurang lebih 45 menit untuk mencapai Bob's Island.

Bob's Island sendiri memiliki nama asli yang diketahui masyarakat sebagai Pulau Sinyaru . Pulaunya kecil saja, 40 menit kurang lebih dibutuhkan untuk berjalan mengelilingi pantainya.
Di Pulau tidak berpenghuni hanya ada resor renaza, syukurnya di Pulau tersebut ada air tawar agak payaw. Untuk penerangan pengelola renaza resort mengandalkan genset yang dalam 24 jam selama kami disana mati sekitar hanya 3-4 jam saja dan ketika kita off island to dive. Resort nya sendiri, selain bangunan besar untuk resto dan lokasi berkumpul, ada
bangunan tunggal untuk kamar-kamar penginapan. Hanya ada total 4 kamar untuk tamu dengan jumlah total tempat tidur untuk 14 0rang saja, kombinasi king size bed dan bunkbed. Untuk kamar penginapan dilengkapi AC yang mantab dan kamar mandi berair panas (solar sun power) yang cukup luas. Pelataran ruang kamar ada space yang cukup luas yang dipakai untuk kongkow, rebahan dan bongkar-bongkat alat.

Oke Dives sites.....
Diving pertama , checked dive diving di house reef Bob's Island, yang mereka sebut spot Check Out Dive 1. Turun dari jetty kayu dan topografinya sandy slope cenderung muddy. Tidak banyak karang disini, hanya ada beberapa spot terumbu dan Bob menyiapkan atraksi berupa 'wreck' komputer dan sepeda di kedalaman sekitar 15 meteran. Walaupun karang tidak banyak berkembang, tapi ikan cukup banyak bersliweran. Tepat di dermaga ada resident Schooling fish ikan 'teri' dan schooling baronang. Sekali-sekali lewat sekitar dermaga ikan GT dan sejenisnya. Kondisinya dapat dikatakan semi muck diving dan mungkin cukup ideal sebagai lokasi untk "belajar diving". Sayang, kami tidak cukup banyak waktu untuk mengexplore small creatures yang ada. Ada sedikit arus, karena kami turun pas ketika pasang naik terjadi, bukan di waktu slack pasang-surut.

Hari kedua, 3 kali dives.. 2 dives pertama turun di lokasi Manta (no) Point 1 dan Manta (no) point 2. Kedua lokasi ini bersebelahan dan bersambungan berada pada slope suatu lagoonal coral reef yang muncul di permukaan laut. Coral Lagoon ini tidak kelihatan dari Bob Island, karena kami ber-boat sekitar 20an menit. Pulau karangnya sendiri tidak terlalu besar dan tidak ada apa-apa selain onggokan pecahan koral. Sayang sekali di lokasi ini, banyak karang yang baru tumbuh saja, kelihatan sebelumnya lokasi ini pernah habis-habisan di bom ikan. Yang menyenangkan disini, ikan cukup banyak dan visibilitynya cukup baik.. sehingga teman-teman terlihat banyak terlena dan diving cukup terlalu dalam. Moray eel cukup banyak ditemui di sela-sela rongga karang .
Site ketiga hari ini Diving dilakukan di mini wall bob's island, naik boat tidak sampai lima menit dan masih di sekitar lokasi pulau Bob. Dive center menyebutnya Check Out 2 Point. Di Mini Walls ini yang dasarnya sekitar 20-an meter karang terlihat cukup bagus berkembang dan lebih banyak warna yang bisa dilihat. Sempat bertemu lobster yang sangat besar... tidak tahu ini bisa bertahan berapa lama, karena masih saja ada penyelam kompresor yang suka mengambil lobster disini.

Hari ketiga, 3 kali dives dan 2 dives pertama cukup menguras adrenalin, dan hemat saya, lokasi ini untuk diselami penyelam dengan kualifikasi Advance. Lokasinya antah berantah di tengah lautan, dan kapten hanya mengandalkan GPS....
Lokasi pertama di underwater coral platform/ pinacle yang top coralnya berada di 18m dibawah muka laut. Sitenya bernama Carpets. Disebut Carpets karena di kedalaman 18 m pada puncak platform ini ada softcoral berwarna kehijauan yang menutupi hamparan luas.. menyerupai karpet. Ikan sangat banyak dan di dasar coral juga cukup banyak hewan benthos yang dapat dilihat, ada octopus dan banyak moray eel. Mestinya di slope dari platform ini lebih bagus lagi, sayang karena sudah terlalu dalam , kami tidak mengeksplorasi lebih jauh. Sekali lagi karena waktu diving yang kurang ideal compare to pasang-surut.. di 10 m pertama dari permukaan arus cukup kuat, sehingga turun harus mengikuti Anchor Lines dan Safety Stop dilakukan di deep blue. Saya termasuk yang tidak suka safety Stop di Deep Blue, tapi saya cukup tenang karena kapten boat orang yang sangat berpengalaman dan sangat jeli serta sudah lama membawa diver diving di lokasi ini. Acungan jempot untuk kapten boat dive.
Site Dua hari ini adalah Aquarium, karakternya sama persis dengan Carpets, hanya saja top dari underwater coral platformnya sekitar 10-an meter saja. Disebut Aquarium karena memang ikannya banyaaaaak sekali... seliweran membentuk schooling , berkeliling mengitari underwater platform ini.. Jenis nya tidak terlalu banyak, tapi jumlanya cukup membuat hati senang. Seperti site sebelumnya, safety stop di deep blue karena terbawa arus..
Site Ketiga, sekaligus terakhir adalah di Sagau, karakternya mirip 2 sites sebelumnya, namun lebih dangkal, yaitu hanya 5 meter saja. Walaupun, di permukaan laut yaaa tetap tidak terlhat apa-apa. Karakter sagau ini karena underwater coral tablenya cukup dangkal, kita bisa mengekplorasi dinding-dnding koralnya di tepi platformnya. Banyak cerukan dan gue-gue walaupun tidak sebesar yang ada di gorontalo, tapi lumayan perlu bantuan senter untuk melihat kedalamnya. Kedalaman coralnya paling sampai 15 meteran saja dan dilanjut sand-muddy slope. Bisa dibayangkan kalau kebanyakan kicking maka partikel langsung naik ke atas menghalangi pandangan.

Selesai short trip diving kami ke Padang. Yaaa sebagai alternatif lokasi diving bolehlah.....
Nilai plus adalah resort nya nyaman dan pulau bob sangat exotics. Oya,, makanannya... standar restro nasi kapau friends... undes surendes uenaaak bener.. pasti pengen nambah.. two tumbs untuk ibu yang masak. Boat dives fiber dengan twin engine cukup handal, hanya sayang maksimum diver mungkin 10 -12 orang saja. Kualitas udara dalam tangki bagus dan pengalaman crew boat terutama kapten dapat diandalkan.

Untuk sites diving secara umum tidak ada yang istimewa. Sayang juga kami diving diwaktu masih ada badai, sehingga permukaan laut cukup choppy dan visibility tidak optimal.
Walaupun dikenal sebagai lintasan whale shark, pilot whale dan bahkan humpback whale, kami tidak cukup beruntung bertemu dengan hewan-hewan raksana tersebut. Karang tidak se abundant seperti di bunaken atau biak atau parigi, tapi ikan cukup banyak masih..

boleh lah untuk lokasi yang satu setengah jam terbang saja dari Jakarta.
Kesana lagi..? why not,, asiknya bawa grup saru kesini.. eh seruuu maksdnya..

demikian short reportnya...
maap yaa om Bob and om Kent (pemandu kami) kalau kurang berkenan....

Salam safe dives

oya foto-foto maap liat di link fb aja yaah :
https://www.facebook.com/aria.anugraha/ ... nref=story

_________________
-------------
aria anugraha m.
0818796937
https://www.facebook.com/aria.anugraha
--------------


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Diving Padang
PostPosted: Wed Mar 30, 2016 4:29 pm 
Offline
User avatar

Joined: Tue Sep 15, 2009 3:15 am
Posts: 1396
Location: Katameya Heights
Mas Aria,
Thanks atas field reportnya yang sangat detail,
sebetulnya lokasi ini pernah dibahas juga disini beberapa waktu yang
saya pernah mau kesana juga, tapi belum pas aja waktunya.
kira2 untuk UWP okay nggak?
soalnya saya nggak punya account FB,
ada flickr atau semacamnya yang bias diakses semua orang tanpa punya account.

_________________
https://www.flickr.com/photos/wisnupurwanto/


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Diving Padang
PostPosted: Wed Mar 30, 2016 5:17 pm 
Offline

Joined: Thu Dec 12, 2013 6:19 pm
Posts: 21
Location: Jakarta Barat
Mas Aria,

bisa tolong set album dive trip nya ke public? Krn sepertinya kalo belum temenan di FB, ga bisa lihat foto2 nya :D
Atau seperti saran Om Wisnu untuk ditaruh di flickr / web sejenisnya.

Dive trip nya detail dan menarik :D


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Diving Padang
PostPosted: Thu Mar 31, 2016 7:52 am 
Offline
User avatar

Joined: Mon Jun 14, 2010 9:24 am
Posts: 516
Location: jakarta
iya sudah di public kan...
masih bakal diupdate album fotonya (kalau sempat.. hehehe)

ke flicker ... cari waktu dulu buat uploadnya.... :) :)

_________________
-------------
aria anugraha m.
0818796937
https://www.facebook.com/aria.anugraha
--------------


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Diving Padang
PostPosted: Thu Mar 31, 2016 8:06 am 
Offline
User avatar

Joined: Mon Jun 14, 2010 9:24 am
Posts: 516
Location: jakarta
wisnu wrote:
Mas Aria,
Thanks atas field reportnya yang sangat detail,
sebetulnya lokasi ini pernah dibahas juga disini beberapa waktu yang
saya pernah mau kesana juga, tapi belum pas aja waktunya.
kira2 untuk UWP okay nggak?
soalnya saya nggak punya account FB,
ada flickr atau semacamnya yang bias diakses semua orang tanpa punya account.


Thank you mas Wisnu sudah mampir..
lagi di Jakarta gak nih,,,,
Agusus mas,, jangan lupa kalau bisa di schedule ke Tulamben

Untuk UWP, kayaknya masih lumayan ok lah pendapat saya
hanya saja mungkin perlu cari object sendiri atau aware sendiri mas..
Sama dari trip kemarin karena visibility tidak perfect condition

Hampir disemua site relatif pengrusakan karangnya cukup significant,
tapi lapisan karangnya, berupa brachia coral dan hard coral lainnya sudah cukup tebal sehingga banyak sela-sela
coral yang didiami... banyak lubang-lubang
beberapa lokasi mini walls, masih cukup worthed untuk dieksplorasi lebih jauh.
Tapi tentunya kelasnya masih belum sekelas Bunaken, Tulamben apalagi Indonesia Timur lainnya.

_________________
-------------
aria anugraha m.
0818796937
https://www.facebook.com/aria.anugraha
--------------


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Diving Padang
PostPosted: Thu Mar 31, 2016 10:58 am 
Offline
User avatar

Joined: Tue Sep 15, 2009 3:15 am
Posts: 1396
Location: Katameya Heights
Terima kasih mas Aria,
mudah2an suatu saat bisa mampir ke sana. Saya juga belum pernah ke padang, padahal makanan favorit saya sepanjang waktu adalah masakan padang.
akhir bulan ini ada rencana ke Jakarta dan juga diving di ternate tgl. 28 April - 2 May. Ikutan ? dijanjiin ketemu walking shark saat night dive oleh temen2 BOD.
Ada kemungkinan ke Bali sebentar.

Bulan agustus rasanya kita nggak bisa pulang; mesti jaga warung soalnya bulan july juga ambil libur panjang tapi ngga pulang; mau nengok anak yang akan di wisuda.

_________________
https://www.flickr.com/photos/wisnupurwanto/


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 6 posts ] 

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 2 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to: