It is currently Sun Oct 22, 2017 12:34 am

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 6 posts ] 
Author Message
 Post subject: mohon masukan dan saran
PostPosted: Tue Apr 08, 2014 12:49 pm 
Offline

Joined: Tue Apr 08, 2014 11:58 am
Posts: 9
Location: Palu sulawesi tengah
Sy ad pertanyaan dan mohon pencerahan atau saran dari senior sekalian. Kmrin waktu nyelam pas tabung nya di turunin ke laut sambungan antara reg dgn tabung sempat ngeluarin preeet di sertai udara kemudian ilang, sy uda sempat kuatir jgn2 oring di tabung gk beres tapi begitu tmn yg di kapal ngomong aman sy turun ampe kedalaman 29 M sekitar 4 menit tiba2 bunyi lagi preeet dii sertai udara bocor sy liat pressure tabungng nurun terus tapi nurun pelan. Kemudian sy naik dan sampai di permukaan bunyi nya keras. Mungkin senior2 sekalian pernah ngalamin juga? Sy mau tanyain apa yg harus di lakukankan klo keadaan nya kyk gitu? Dan kira2 penyebab nya apa y? Soal nya oring di tabung masi nempel..... Makasih.


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: mohon masukan dan saran
PostPosted: Tue Apr 08, 2014 1:19 pm 
Offline
User avatar

Joined: Fri Aug 25, 2006 10:33 am
Posts: 1564
kalo ga yakin o-ring dalam kondisi baik, sebaiknya dipastikan lagi sendiri, jangan terbiasa mutlak mengandalkan orang lain untuk urusan personal safety

check & double check, sekiranya O-ring perlu diganti (karena cacat/rusak) ga usah ragu untuk ganti, soalnya yang pake itu alat kan anda, bukan teman anda yang di kapal

_________________
Hernando Alkausar
--
www.hamueco.com/diving
+62-812-218-NNDO


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: mohon masukan dan saran
PostPosted: Tue Apr 08, 2014 2:13 pm 
Offline
User avatar

Joined: Thu Jul 09, 2009 5:51 pm
Posts: 1571
Location: Jakarta
On the safe side, jika mengalami kebocoran seperti itu, jangan dilanjutkan dipakai diving. Buka lagi, periksa kondisi o-ringnya, pasang lagi, test lagi.

Bisa saja bunyi keluar bukan dari sambungan valve dengan regulator, tapi di antara selang regulator dengan first stage. Kamu beruntung penurunan volume kecil, yang artinya kemungkinan bocor berkaitan dengan High Pressure port. Kalau Low Pressure port yang bocor, bocornya akan besar dan isi tabung akan cepat habis.

Check and double check, triple check jika perlu. Perawatan peralatan harus diperhatikan betul. O-ring nempel di valve bukan jaminan. O-ring cacat dikit, pastinya akan bocor. Tapi kalau bunyi pret terus hilang, terus bunyi lagi, saya sih yakin problemnya ada di regulator. Coba cek sambungan2 selang. Bisa aja karena selang goyang dia jadi gak bocor, tapi dalam kesempatan lain dia bocor. Ini sangat berbahaya.

Dive safely!
rendra

_________________
BBeXplorers - Indonesia's Center for Diving Excellence | GUE Affiliate | We provide: Diver Training, EFR Training, Halcyon Dive Systems | Need info on joining DAN? E-mail me: rendra [at] banyubiru.org | Join our group on facebook: Banyu Biru Explorers


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: mohon masukan dan saran
PostPosted: Tue Apr 08, 2014 5:08 pm 
Offline

Joined: Tue Apr 08, 2014 11:58 am
Posts: 9
Location: Palu sulawesi tengah
Makasi mas rendra dan mas oceanographer atas masukan nya.... Next dive mesti sendiri nurunin tabung ke laut biar aman :) hehehehe curiga nya waktu teman nurunin tabung tmn nya asal ngangkat aja.... Hehehehe


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: mohon masukan dan saran
PostPosted: Tue Apr 08, 2014 11:30 pm 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
Kemungkinan besar kamu punya yoke insert kendor.

Item no 3
Image

Ini bagian yg cium "o-ring".

Buruan periksa di authorized service center, ntar jadi jet projectile itu item 1,2 & 3 kalo kendor berlebihan....:mrgreen: suwer !!!

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: mohon masukan dan saran
PostPosted: Sat Apr 12, 2014 7:21 am 
Offline

Joined: Tue Apr 08, 2014 11:58 am
Posts: 9
Location: Palu sulawesi tengah
Makasih atas masukan nya mas surya. Uda nanya tmn yg turunin tabung ternyata tmn yg salah megang waktu turunin tabung..... gambat no 2 yg dia angkat maka nya agk ke gser posisi oring nya..... hehehehehehehe


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 6 posts ] 

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to: