It is currently Tue Dec 19, 2017 3:24 am

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 6 posts ] 
Author Message
 Post subject: GUE Tech 1 Bali course report
PostPosted: Thu Nov 14, 2013 2:58 pm 
Offline

Joined: Wed Apr 24, 2013 2:44 pm
Posts: 9
Hallo rekan rekan divers.

Saya ingin berbagi pengalaman saya mengikuti pelatihan GUE Tech 1 pertama di Graha Cakra Bali hotel yang telah diselesaikan dengan sukses pada tanggal 4 november sampai dengan tanggal 10 november lalu.
Seperti sudah dibahas beberapa kali di forum ini juga, GUE Tech 1 adalah jenjang pertama di agency GUE untuk memasuki level technical diving. Kriteria untuk mengikuti pelatihan ini adalah lulus dari GUE Fundamentals dengan tech pass atau lulus dari GUE Rec 3.

Teammates saya di pelatihan ini adalah Maita Aque dari Philipines dan Henry Wijaya dari G tech. Instruktur kami adalah Gideon Liew, anggota training council dari GUE, dan sebagai intern Leon Boey dari Living Seas Singapore.
Pelatihan ini sudah kita rencanakan dari awal tahun ini jadi kita punya beberapa waktu untuk berlatih sebelum pelatihan mulai. Tetap saja, sebulan sebelum course dimulai saya sudah mulai nervous, karena itu kita memutuskan untuk datang 2 hari sebelum course mulai supaya kita bisa latihan dulu sebelumnya. Kita bertiga sampai di bali pada hari jumat dan berlatih pada hari sabtu di padang bai. Rasanya setelah berlatih saya merasa lebih nervous lagi karena saya merasa standard skills saya masih jauh di bawah skill level yang dikehendaki Gideon. Pada hari minggu kita semua beristirahat dan malamnya kita menyambut Gideon di hotel.

Hari senin Gideon memulai course dengan memberikan overview course yang akan kita kerjakan di 6 hari medatang. Hari pertama (senin) akan terisi hanya dengan theory dan swim test. Dan setelah itu roughly setiap hari kita akan menyelam di laut dengan kedalaman 10 metre lebih dalam dari hari sebelumnya di pagi harinya dan kembali ke theory setelahnya. Jadi hari Selasa – 10 m, Rabu-20m, Kamis-30m, Jumat-40m, dan hari sabtu-50m. Sebelum saya memulai course ini terus terang takut karena untuk Tech 1 banyak sekali kalkulasi yang harus kita kerjakan, mulai dari Minimum Gas, Gas mix (Tech 1 sudah menggunakan Trimix), deco time, etc. Sedangkan kemampuan matematika saya memang kurang memadai. Tetapi karena kesabaran dan cara mengajar Gideon yang sangat jelas, akhirnya kita semua bisa mengerti cara kalkulasinya.

Hari Selasa adalah hari pertama di laut. Saya agak kaget karena saya kira kita akan mulai dengan menunjukan Gideon kemampuan kita dari GUEF sedangkan kenyataannya Gideon langsung meminta kita turun dengan deco tank dan meminta kita untuk maintain stability dan formasi. Padahal di padang Bai waktu itu ada sedikit arus. Jadinya dari descent kita cukup berantakan, formasi bisa berbeda 1 metre atau lebih dari kedalam team mate lainnya. Saya sempat menabrak Maita pada waktu kita harus menunjukan kemampuan valve drill kita, pada waktu itu langsung saya kira, wah pasti dapat fail ini dari Gideon. Tapi pada debrifieng, Gideon menyatakan bahwa dia cukup puas dengan kemampuan Fundie yang sudah kita peragakan tapi tetap banyak sekali skills yang harus kita improve. Setelah kita kembali ke hotel dan mencuci gears, Gideon langsung meminta supaya kita mulai theory lagi sampai jam 21.00.

Hari Rabu dimulai seperti biasa dengan dive di Jepun, Padang Bai dengan kedalaman sekitar 15 metre. Di hari dive kedua ini Gideon mulai menciptakan beberapa scenario (valve failure, Out Of Gas diver, laying out lines dan ascent dengan unconscious diver. Di dive kedua ini dalam 1 dive team kita encountered 2 valve drill, 1 manifold failure dan 1 OOG diver. Lucunya setelah Henry menjadi korban OOG, saya terlalu sibuk dengan reel saya jadinya team kita yang seharusnya langsung ascent malah menunggu saya dengan santainya menggulung reel saya, padahal sebelum dive kita semua sudah memutuskan bahwa kalau ada OOG diver, tidak ada yang lebih penting daripada secepatnya menuju ke permukaan. Di darat Gideon langsung menyatakan bahwa team kita baru saja “membunuh” Henry.

Hari ketiga seperti hari kedua juga penuh dengan scenarios di wreck Padang bai dengan kedalaman sekitar 23 m. Hari Kamis ini adalah hari training terakhir kita sehingga tentunya kita semua harus memperagakan kemampuan kita dengan sempurna sebelum kita semua mulai dengan deep dive pertama pada hari Jumat.

Hari Jumat kita semua meninggalkan hotel pada pukul 7 pagi menuju ke Tulamben drop off. Pada hari ini kita akan menyelam 2 kali pada kedalam sekitar 40 m dan 45 m dengan menggunakan trimix 21/35 (21% O2 dam 35% Helium). Saya sendiri cukup tegang karena pengalaman saya untuk deepdive biasanya max 30 m dan sebelumnya saya juga tidak pernah menggunakan trimix. Pada jam 9 kita mencapai Tulamben, langsung kita setup gears dan Gideon memberi kita briefing. Entry di Tulamben seperti biasa cukup challenging apalagi dengan menggunakan twin tanks. Dive ini mulai dengan baik sampai sekitar waktu kita mulai naik, Gideon memutuskan bahwa dive ini kurang exciting sehingga menciptakan beberapa scenarios lagi. Untungnya semua scenario bisa kita atasi dengan baik (tidak ada yang “terbunuh” hari ini. Seperti biasasetelah ini kita meneruskan theory lagi. Pada hari ini juga Tulamben cukup ramai dan banyak sekali divers lain yang sempat nonton kita dan beberapa bertanya kenapa kita membawa peralatan segitu banyak. Pada hari ini diversnya adalah: Gideon, Maita, henry, Leon, saya sendiri dan 2 orang leisure tech divers dari Singapore, jadi total 7 orang. Untuk 7 orang ini kita membawa 12 twin set tanks dan 9 deco tanks. Bisa dibayangkan hebohnya logistic kita.

Hari sabtu, kita semua nervous karena pada hari dive terakhir, Gideon akan menyatakan apa kita semua akan lulus atau tidak sebelum theory exam. Max depth untuk hari ini adalah 50 m dengan trimix 18/45 dan deco selama 23 menit. Pada hari ini saya rasa Gideon sedang good mood karena tidak ada scenario yang terjadi. Kita semua sangat menikmati pengalaman deep dive ini. Setelah salah satu dari team kita mencapai minimum gas, kita semua mulai ascent. Pada dive ini Maita adalah captain, Henry adalah deco captain sedangkan seya sendi ri adalah bag man (bertanggung jawab untuk smb). Pada kedalaman 24 m saya kirim smb ke permukaan. Deco stop terakhir kita di kedalaman 6 m selama 13 menit. Lucunya setelah beberapa menit Gideon yang biasanya cukup serius mulai bosan dan karena iseng menyentil Maita dan Henry. Kita sendiri tidak menyadari bahwa Gideon hanya iseng saja, otomatis kita langsung berpikir, kesalahan apa yang kita perbuat? Kenapa Gideon menyentil saya? Hahaha. Setelah waktu deco sudah selesai Gideon menyodori saya tangannya, sedangkan saya sendiri tidak menyadari kalau dia ingin menyelamati team kita karena sudah sukses lulus di Practical partnya Tech 1. Setelah beberapa kali Gideon lagi lagi menyodori tangannya akhirnya saya mengerti juga apa maksud dia. Setelah itu Gideon juga menyalami team member saya yang lain juga. Kita semua sangat lega karena semua sudah lulus dengan baik. Waktu debriefing Gideon memutuskan kalau malam minggu itu kita deserve untuk merayakan karena itu theory ditunda sampai hari minggu.

Pada hari minggu kita semua mulai dengan theory pada jam 9 dan dilanjutkan dengan theory exam sampai dengan jam 11 dilanjutkan dengan feedback untuk theory exam. Hampir tepat jam 12 Gideon sekali lagi, kali ini official, menyalami kita sebagai newly certified tech divers dengan pesan kita terus mengasah skils kita dengan sering menyelam. Karena beberapa orang harus terbang ke Singapore lagi, kita tidak ada waktu lagi untuk merayakan kelulusan kita lagi.

Latihan GUE T1 adalah salah satu course paling sulit yang pernah saya ikuti dikarenakan dengan sangat tingginya GUE standard. Setiap hari selama 6 hari ini kita selalu mulai dari jam 6 untuk sarapan dan akhir hari adalah jam 22 setelah theory dan makan malam. Alasan saya mengikuti course ini adalah karena banyaknya wrecks di dunia yang kedalamannya lebih dalam dari batas recreational biasa. Dengan tingginya standard tersebut saya merasa sangat confident untuk menyelam tech lagi.
Bila ada rekan rekan yang tertarik untuk mendalami GUE style of diving bisa menghubungi saya, siapa tahu kita bisa dive bareng bareng. Yang tertarik untuk mengikuti GUE fundamental bisa mengubungi saya sendiri atau Leon (resume Leon dan alamat email bisa ditemu di website GUE dot com). Dengan ini saya mengucapkan terima kasih kepada rekan rekan yang sudah membaca post saya yang super panjang ini, semoga rekan rekan juga menikmati repot saya.
Untuk yang tertarik saya akan mengupdate thread ini setelah kita pasang foto-foto dan video di facebook.

Thanks!
Chris


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: GUE Tech 1 Bali course report
PostPosted: Thu Nov 21, 2013 8:27 am 
Offline

Joined: Thu Apr 25, 2013 2:48 pm
Posts: 28
om Chris, saya sangat tertarik dengan GUE fundamental course, kira2 kapan lagi akan diadakan?


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: GUE Tech 1 Bali course report
PostPosted: Thu Nov 21, 2013 8:52 am 
Offline
User avatar

Joined: Thu Aug 01, 2013 12:55 pm
Posts: 189
Location: Bogor
Reeds54 wrote:
om Chris, saya sangat tertarik dengan GUE fundamental course, kira2 kapan lagi akan diadakan?


Manstab, Wan... Lanjutt...

_________________
tabik,
arievz!
learn to dive, dive to learn


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: GUE Tech 1 Bali course report
PostPosted: Thu Nov 21, 2013 9:41 am 
Offline

Joined: Wed Apr 24, 2013 2:44 pm
Posts: 9
Reeds54 wrote:
om Chris, saya sangat tertarik dengan GUE fundamental course, kira2 kapan lagi akan diadakan?


Salam kenal pak Reeds54. Panggil Chris aja pak, saya masih muda kok, hahaha.
Kalau GUEF kita hampir setiap bulan ada kelas di Bali hanya saja tempatnya agak terbatas karena maximum murid dalam satu kelas GUEF adalah 4. kalau bapak tertarik untuk bergabung pilihannya ada 2:
1. bapak cari teammates minimum 1 lagi supaya kelas bisa diadakan sesuai schedule bapak;
2. atau tolong saya di PM/email waktu senggang bapak kapan supaya bisa mengikuti coursenya. Nanti akan kita carikan kelas yang muridnya masih belum penuh.
Saya harap bapak bisa ikut GUEF, supaya komunitas kita di indonesia lebih banyak pak :)

Kita di Bali peralatan cukup lengkap jadi kalau Bapak tidak punya GUE gear yang lengkap (backplate, double tank, cannister light, etc) bisa sewa dari kita juga pak.


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: GUE Tech 1 Bali course report
PostPosted: Thu Nov 21, 2013 4:45 pm 
Offline

Joined: Thu Apr 25, 2013 2:48 pm
Posts: 28
ok deh salam kenal juga Chris, saya juga masih muda ko, jauh beda sama opa arievz yang diatas udah uzur tapi suka lupa diri hehe.. btw saya udah kirim email, tolong dijawab ya, tapi klo dalam waktu dekat si kayanya belom bisa, klo yang menyatakan diri tertarik sih udah ada 2 korbannya :D


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: GUE Tech 1 Bali course report
PostPosted: Fri Nov 22, 2013 2:21 pm 
Offline

Joined: Wed Apr 24, 2013 2:44 pm
Posts: 9
Reeds54 wrote:
ok deh salam kenal juga Chris, saya juga masih muda ko, jauh beda sama opa arievz yang diatas udah uzur tapi suka lupa diri hehe.. btw saya udah kirim email, tolong dijawab ya, tapi klo dalam waktu dekat si kayanya belom bisa, klo yang menyatakan diri tertarik sih udah ada 2 korbannya :D



Sudah saya email persyaratan dan harga Kursus. Tolng dicheck pak.

Chris


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 6 posts ] 

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 0 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
cron