It is currently Fri Dec 15, 2017 5:58 am

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 38 posts ]  Go to page Previous  1, 2, 3  Next
Author Message
 Post subject: Re: Wrecks di Kepulauan Seribu - Pesona Tersembunyi
PostPosted: Thu May 02, 2013 1:11 pm 
Offline
User avatar

Joined: Thu Jul 09, 2009 5:51 pm
Posts: 1571
Location: Jakarta
etantohw wrote:
Iya om, kalo kapal beras namanya 'Shinta', sempet main ke 32 meter di sekitarnya sebentar waktu trip k p pari.. Ujungnya yg onshore memang ada villa2 baru dan bagus ...
Kalo explorasi itu kudu tec diver ya om..?? Pengin ikut, cuman ane kalah kelas sama om2 semua.... :sad:
Tapi tetep tertarik .....


Wah untung saya nggak ketemu neng Shinta yah waktu ke wreck itu :D

Untuk ikut trip eksplorasi nggak mutlak harus tec diver. Selama wrecknya dalam limit rec diver, maka non-tec dipersilahkan join kok :)

Yuuuk...

_________________
BBeXplorers - Indonesia's Center for Diving Excellence | GUE Affiliate | We provide: Diver Training, EFR Training, Halcyon Dive Systems | Need info on joining DAN? E-mail me: rendra [at] banyubiru.org | Join our group on facebook: Banyu Biru Explorers


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Wrecks di Kepulauan Seribu - Pesona Tersembunyi
PostPosted: Thu May 02, 2013 5:03 pm 
Offline

Joined: Sun Apr 29, 2012 12:56 pm
Posts: 49
pingin bgt ikut om... :( kpn next nya lg

btw body 'Shinta'-nya bohay nggak ?? =))

_________________
Hardy
085266344428
322305f9


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Wrecks di Kepulauan Seribu - Pesona Tersembunyi
PostPosted: Mon May 06, 2013 6:48 pm 
Offline

Joined: Thu Nov 03, 2011 3:23 pm
Posts: 32
kmrn abis dr ngunjungin neng shinta..., arusnya lg gak berkenan..alhasil ga bisa main2 deh ama si neng..hehe


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Wrecks di Kepulauan Seribu - Pesona Tersembunyi
PostPosted: Fri May 17, 2013 8:48 pm 
Offline

Joined: Mon Apr 22, 2013 8:50 am
Posts: 6
Mupeng nih om rendraaa...
Siap2 menikmati foto dan report tripnyaa


Salam
Hendra
@ghuppy
FB : [email protected]
www.fun-diventure.com


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Wrecks di Kepulauan Seribu - Pesona Tersembunyi
PostPosted: Sat May 25, 2013 11:41 am 
Offline
User avatar

Joined: Fri May 17, 2013 10:49 am
Posts: 76
Location: Jakarta
J-2 blm ada fotonya om? :D


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Wrecks di Kepulauan Seribu - Pesona Tersembunyi
PostPosted: Wed Jul 03, 2013 12:57 pm 
Offline

Joined: Wed Feb 13, 2013 9:29 pm
Posts: 54
Ikut nyumbang dokumentasi wreck kepulauan seribu ya om Rendra

https://www.youtube.com/watch?v=TZY39Qh ... ata_player

Enjoy Regard

_________________
Aji Patriajati
http://www.pufferdives.com
0821-250-80700 / 0812-9744-0223
BB : 74E675DC
Image


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Wrecks di Kepulauan Seribu - Pesona Tersembunyi
PostPosted: Wed Jul 03, 2013 3:38 pm 
Offline
User avatar

Joined: Thu Jul 09, 2009 5:51 pm
Posts: 1571
Location: Jakarta
Thanks video linknya om Aji... cakep!

Ayo, yang lainnya, silahkan posting image documentation dari wrecks di Kepulauan Seribu! :D

_________________
BBeXplorers - Indonesia's Center for Diving Excellence | GUE Affiliate | We provide: Diver Training, EFR Training, Halcyon Dive Systems | Need info on joining DAN? E-mail me: rendra [at] banyubiru.org | Join our group on facebook: Banyu Biru Explorers


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Wrecks di Kepulauan Seribu - Pesona Tersembunyi
PostPosted: Thu Jul 04, 2013 1:22 am 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
HMAS PERTH

Sorry sumber image adalah video capture dan bukan photo. Lalu di tempelkan nya low bit rate banget tuh photo.
http://www.perthone.com/pwre.html

Image paling banyak video HMAS Perth kayaknya Oddy Dive deh.

Posisi HMAS Perth
Bow , 20% mundur dari bow S05* 51.574 , E106* 07.531
Stern, munddur 20% dari stren S05* 51.579 , E106* 07.488

Bow ke arah timur.
Arus lokasi ini lebih sering dari Timur ke arah Barat.
Terdangkal 60 feet, struktur bottom out 120-140 feet ( 3.3 feet = 1 meter )
Sorry diving kalo dulu, eken pake nya feet.
Lihat link di atas untuk ukuran kapal dan rebah nya ( port side ).
Arus terkuat saya pernah ukur dan selamkan 2.7 knot.
2.7 knot adalah kira kira drigen 20 liter, dengan tali 4mm, tenggelam 90%.

Lokasi ini tanpa depth sounder PASTI BISA DAPAT !!! Di jamin 1000%, asal ikut cara beta.

Siapkan pemberat yang rela di hilangkan. Minimal 10kg.
Siapkan drigen 20 liter, atau 150% dari nilai pemberat. Anggap 1 liter = 1kg
Beli tali 4mm nylon murah, di toko bangunan banyak.
Tali warna kuning, biar high visibility.
Pemberat ke pelampung hanya boleh 160 feet , jangan kurang, jangan lebih.
Di drigen di ikat "tali trailing" 10 meter panjangnya.
Ini disebut plontang atau markey buoy.

Masukan cordinate di Google Earth dan lihat garis hijau yang saya buat, itu harus -100 meter dari kapal extended keluar dari mid center kapal.

Image

Titik -100 meter adalah dimana, kapal jalan pelan sekali pada 1 knot ( supaya kemudi masih ada response ), buang pemberat ke dasar laut..........pas sampai, kapal masuk gigi saja jangan di gas, 3 knot cocok lah....tahan tali supaya menyapu dasar laut. Jangan jalan cepat tuh kapal, sebab 10kg pemberat akan melayang nanti.
Saat dimana pemberat tabrak kapal, dan terasa di tangan resistance naik drastis, lepas kan drigen..jadi deh marker. Arah kapal menyapu ikuti arus yah. Jika tak tersangkut ke kapal, pemberat 10kg dengan drigen 20 liter akan ke seret terus saat arus 2+ knot.


CARA TURUN PADA ARUS 2+ KNOT.
* Siap siap habis 70 BAR demi hanya touch down di 60 feet, atau deck miring.

Tali 4mm dan timah 10kg akan tertarik oleh diver yang bebankan tali se-enak jidat. kecuali pemberat tersangkut abadi. Maka tali ini bukan jadi jangkar diver, tapi guideline.

Kicking speed diver pengalaman, full power sekitar 2 knot. Tapi cepat hijau tuh muka dan jantung bisa kayak mau copot kalo sustain 3 menit ajah. :ymsick:

Jangan turun pakai tali plontang ini dengan gaya merayap pada arus keras.
Gaya bendera berkibar harus di pakai. Artinya hanya kepala kita dan tabung yang frontal dengan arus, supaya foot print dan drag kecil. Jika kepala 30 derajat turun dan fin 30 derajat naik, akan berat drag pada 2+ knot sebab banyak bagian dari badan kita jadi drag.

Gaya bendera berkibar harus di ikuti dengan fin kicking sekuat kuat nya arus, supaya tangan kita tidak bebankan tali. Turun ke dasar bukan pakai fin, tetapi tangan yang main. Anggap naik tebing pakai tali, tapi ini terbalik arah ke bawah. Octopus pastikan secured baik, sebab pasti freeflow.

Yang susah adalah jumping masuk ke air nya kalo arus kencang.
Biasanya -50 meter upstream diver sudah lompat , BCD sudah harus kosong total dari mulai di dive boat sebab tak ada waktu untuk setal setel buoyancy segala...regulator di mulut sudah....cemplung langsung minus 2-3kg. Balik badan dan lawan arus, supaya hanyut ke plontang bisa terkontrol. Ini gaya tug boat kalo "tarik" tongkang lewat bawah jembatan sempit...he he he, masuk nya mundur tuh tug boat.
-5 meter sebelum bisa sentuh drigen, posisikan diri 2 meter di bawah air, jadi bisa dapat tali plontang atau minimal dapat trailing line 10 meter tersebut.

Jika pada arus kencang, HMAS Perth tetap bisa diselamkan sebab sisi terlindung nya, benar benar teduh. Ini wreck gede banget man, 565 feet loh.
Jika arus dari timur, daerah teduh adalah canon nya dan ini yang indah.

Jangan terlalu berani main di bawah kapal ini ( overhead environment ), besi nya sudah sangat rapuh. Besi padat diameter 8cm ajah bisa patah di kepret fin.

Saat air butek, bow depan yang pecah, itu pecahan sekitar 10 meter, bisa tak nampak bahwa di depan lagi masih ada bow paling ujung.

Viz di sana rata2 4 meter sebagai makanan hari2.
Jika dapat 15+ meter, silahkan bakar menyan.
Saya dive disana sudah lebih dari 100 dive dan termasuk 1x night dive, viz 20 meter pernah dapat, cuma paling 3x doank.


Akan bersambung ke wreck :

01. USS Houston , 500+ feet panjang nya
02. JEPUN , 500+ feet panjangnya
03. Phinisi, saya belum turunin tapi teman sudah
04. Kapal besi, sekitar 80 meter doank panjangnya

Semua 01-04 , radius terjauh dari HMAS Perth adalah Houston doank, sekitar 5km.
Yang lain radius 1-3 km lah.

Saat tarik pemberat untuk di ambil, selalu arah nya up-current, biasanya ke 150 derajat atau 330 derajat, jadi semoga pemberat bisa ke ambil. Dengan harga timah hari ini per kg Rp45K, 10kg kan doku coy.

Wreck lain kudu pake depth sounder dah. Sebab saya jarang turunin, jadi tidak di petakan posisi bow dan stern di mana, untuk seret plontang. Kalo HMAS Perth di petakan dengan baik, sebab kalo turun kita sering milih2 mau di bow atau di stern. Jika mau lihat HMAS dengan lebih luas, turun di bow, drift sepanjang deck miring ( lambung kanan nih, starboard sebenarnya ), pas sampai stern, masuk ke wilayah teduh dan silahkan kicking ke bow lagi. 165 meter cukup jauh di underwater yah.

SAFETY CONSIDERATION
Lokasi HMAS Perth dekat dengan Suralaya dan pelabuhan Bojonegoro, dimana kapal besar dengan draft lebih dari 10 meter...BANYAK lalu lalang.

Image


01. Surface sausage, harus ada tali 20 meter.
Jika arus kencang, drift ascend mau tak mau, supaya plontang tidak lepas.
Naikan sosis -10 meter di bawah air. Dengarkan dengan baik suara baling2 kapal besar.
Suara nya beda dengan suara mesin tempel. Propeller kapal besar berputar hanya sekitar 50 RPM, jadi suara nya blob-blob-blob. Mesin tempel baling2 suara nya nging---nging--nging, sebab di atas 1,500 RPM. Kapal kecil selalu harus ikuti sosis diver, supaya secara visual kapal besar akan lihat tuh dive boat, sebab sosis tak akan nampak ama kapal besar. Ini mencegah kena giles ama kapal besar.

02. Jika suara baling2 kapal besar kuat sekali, turun lah ke 15 meter dan ber-doa :mrgreen:
15 meter sih cukup lah.

03. JARING NELAYAN
Saat saya di kapal JEPUN, hampir kena jaring nelayan.
Itu jaring meyeret ke dasar dan gede kali tali nya, untung ke sangkut di kapal JEPUN, wele2 serem kalee ampir kena jaring. Padahal kapten kapal saya sudah teriak2 ama nelayan untuk JANGAN turunkan jaring.........tapi tau sendiri lah, BOM ajah berani, apalagi jaring.


Dive Safe.......


.

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Wrecks di Kepulauan Seribu - Pesona Tersembunyi
PostPosted: Thu Jul 04, 2013 4:40 am 
Offline

Joined: Sat Aug 20, 2011 5:18 pm
Posts: 360
OOT dikit yg point 2 trakhir... turun ke 15 meter dan berdoa klu suara baling2 kapal besar semakin besar.. bukannya baling2 kapal gede itu nyedot kan ya?? jadi klu deket2 pas dia lg muter bisa kesedot ke baling2nya..
pernah ngalamin gak om lg diving dibwh tau2 lewat kapal besar "persis" di atas om surya??? Sensasinya itu gmn ya?? Jujur penasaran sih, tapi pasti ngeri banget ya ngeliat lambung kapal segede kapal tangker item gelap gt lewat di atas kita..

Meskipun dive boat ngikutin arah sosis diver, kapal gede gak mungkin mutar haluan kan om demi menghindari kapal imut2, yg ada jg diklakson dan dive boat kita yg mesti stater mesin dan minggir.. hehehe..


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Wrecks di Kepulauan Seribu - Pesona Tersembunyi
PostPosted: Thu Jul 04, 2013 6:10 am 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
Maka nya kudu ber-doa........ :mrgreen: :mrgreen:
Nyedot sih enggak juga, kalo kita di bawah kapal.

Kalo kapal gede yang 100+ meter, saya belum pernah di lewatin di atas kepala saya.
Kalo kapal nelayan 10 meteran mau giles saya, hampir .........walaupun air kedalaman 3 meter doank dan banyak karang nya....gelo deh. Kalo speed boat sampai 20 meter, berapa kali lewatin di atas kepala saya sih, tapi ini memang alur pelayaran tuh kapal, kita yang bandel diving di air 30an meter ini... :mrgreen:

Kapal besar sekali memang expect kita yang akan geser, tetapi posisi HMAS Perth bukan lah di alur permanen kapal besar, hanya jika kapal besar tersebut mau merapat kebeberapa pabrik di sana, mereka akan mendekati, tetapi sudah bukan pada cruising speed lagi, tetapi approach speed. Jadi masih ada alasan mereka mengalah ama kita, asal kita sudah duluan nongkrong di posisi itu.
.

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Wrecks di Kepulauan Seribu - Pesona Tersembunyi
PostPosted: Thu Jul 04, 2013 7:30 am 
Offline
User avatar

Joined: Mon Feb 04, 2013 4:19 pm
Posts: 135
Location: Manado
Surya Prihadi wrote:
Saya dive disana sudah lebih dari 100 dive dan termasuk 1x night dive, viz 20 meter pernah dapat, cuma paling 3x doank.
.

sudah lebih dari 100 dive di HMAS PERTH ! :shock: :-o \m/ ^:)^ :-bd

Surya Prihadi wrote:
Kalo kapal gede yang 100+ meter, saya belum pernah di lewatin di atas kepala saya.
.

Nah yg ini saya pernah saat nyebrang di teluk kendari. krn sempit dan ramai, baling2 mgkn sdh muter pelan jd gak kedengaran. tahunya krn tiba2 gelap (kayak magrib) dan lama. cuma krn sdh menduga jdnya udah siap. :ymdaydream:

_________________
Pulung Ariyanto
0818 946 680
0821 88 255 442
http://www.gt-dive.com


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Wrecks di Kepulauan Seribu - Pesona Tersembunyi
PostPosted: Thu Jul 04, 2013 4:19 pm 
Offline
User avatar

Joined: Thu Jul 09, 2009 5:51 pm
Posts: 1571
Location: Jakarta
Mantap sharingnya mbah Surya! Thanks!

HMAS Perth adalah kapal sekutu yang ikut bertempur di dalam Battle of Java Sea. Bersama HMAS Perth ikut tenggelam juga USS Houston dan Evertsen akibat gempuran armada Jepang di Selat Sunda. Perth dan Houston tenggelam di dekat Bojonegara, sedangkan Evertsen di pantai Pulau Sebesi. Wreck Evertsen sudah habis dibantai masyarakat, sayang banget.

Saya punya video Houston lumayan banyak, viz 3-5 meter saja.

Ini denah USS Houston yang sudah didokumentasikan oleh pemiliknya:

Attachment:
Plate09 USS Houston.jpg


Cukup banyak wreck sekutu dan Jepang akibat Perang Laut Jawa pada PD II. Beberapa wreck diketahui dan telah diselami. Kecuali Evertsen, wreck yang lain tergolong fully intact. Bahkan Exeter, Java dan de Ruyter bagaikan diawetkan dengan segala pesonanya. Mereka ini fregate dengan panjang 200-300 meter. Exeter, Java dan de Ruyter berada di dasar perairan Bawean dengan kedalaman antara 60 - 110 meter dan hanya dapat dikunjungi oleh technical diver.

Silahkan dilanjuuuuut..... :-bd


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

_________________
BBeXplorers - Indonesia's Center for Diving Excellence | GUE Affiliate | We provide: Diver Training, EFR Training, Halcyon Dive Systems | Need info on joining DAN? E-mail me: rendra [at] banyubiru.org | Join our group on facebook: Banyu Biru Explorers


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Wrecks di Kepulauan Seribu - Pesona Tersembunyi
PostPosted: Thu Jul 04, 2013 11:18 pm 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
Baca denah nya jadi inget dulu waktu mulai cari USS Houston. Thank-u denah nya bro Rendra.
Orang sana bilang nya kapal SOLAR, sebab sampai 2003 pun solar nya masih bocor dikit dikit..... :mrgreen:

USS Houston jarang saya turunin, paling 20x. Butek nya jubilah setan.
Maklum dekat sekali ama pantai.

Kapal JEPUN entah namanya apa, yang pasti ada MARU nya deh.

Ini peta Navionics yang terbaru ( versi 2009 ) cukup tepat posisikan wreck nya.

Image

.
Image

.
Saya overlay kan 5 kapal ini di marine chart.

USS Houston & HMAS Perth sejarah nya unik.
Sebab konon 600+ awaknya di tahan ama Jepun di Serang ( Banten ) dan akhirnya banyak dari POW ini yang jadi budak buat railway di Burma. Ini railway ( sebagian dari nya ) jadi bahan film terkenal,
"The_Bridge_on_the_River_Kwai"
http://en.wikipedia.org/wiki/Burma_Railway
http://en.wikipedia.org/wiki/The_Bridge ... River_Kwai

Saya agak serem kalo diving di dua kapal ini, sebab mereka di brondong kayak lalat di semprot Baygon ama Jepun, tak ada ampun. Total yang mati antara 2 kapal ini konon 1,000+. Waktu night dive pun, karena dulu senter paling terang yang saya miliki cuma UK D8 alias 200 lumens, tak berani sampai dalam2 sebab overhead environment ribet kalo senter cuma 200an lumens.

2002 - 2003 tiap minggu ke sana, sebab wreck nya gede banget dan tidak dalam kayak wreck pulau Pari.
USS Perth saya cari pake depth sounder dari marine chart yang lama dan off sekitar 500 meter.
USS Houston & Jepun saya cari pake duit. Cari pake duit lebih irit sebab mesin dive yacht kita 1,640 PK dan waktu weekend kita kan priceless. Orang lokal apalagi nelayan, umum nya tau ada wreck, tetapi tak tau wreck nya nama apa. Jadi saya kirim orang ke Bojonegoro dan sebarkan info, Rp500K per titik kapal yang masih utuh.
2003 harga solar masih murah banget pada Rp2,100 per liter dan Rp500K cukup mengilerkan bagi nelayan sebab dapat 238 liter. Sekarang non-subsidi bagi kapal pesiar kan Rp9,000 - 10,000 liter.....mencret beli solar hari ini.

Kapal Cargo dapat dari teman.
Kapal phinisi tak sengaja dapat sebab jangkar kita pernah larat kesana dan temen kudu diving nya rapihkan jangkar kita, dia bilang sih Phinisi, pokok nya kapal kayu deh. Saya pribadi belum turun ke Phinisi tersebut sebab kecil neh paling 36 meter, males ah.

Rute mingguan saat itu adalah Ancol Marina Sabtu pagi jam 7 pagi cabut ke HMAS Perth. Cuma 47 n.mile, kita lari 31 knot cuma 95an menit sampai. Jam 9 pagi sudah underwater. Tiap surface interval, cari wreck baru lagi.
Jam 3 siang setelah minimal 3 dive, tancap ke Pulau 1000 base camp kita. Cuma 32 n.mile, 1 jam 5 menit sampai.

Minggu pagi hajar ke Rig Mati dekat Pulau Dua, utara nya Pulau Matahari, cuma 17 n.mile dari Pulau Matahari.
Lanjut lagi main ke rig2 aktif di utara nya 10-15 n.mile, di sebut Arjuna Oil Rigs. Banyak sekali rig disana, cuma siap siap di uber patroli rig minyak ajah =)) , kalo kapal fiberglass di usir dari rig, kalo kapal nelayan kayu boleh mancing di rig. Cuma kapal patroli rig pelan, cuma 20an knot, kita top speed bisa 35 knot :mrgreen: .

Kalo karyawan rig mah pada baik2 dan demen liatin kita illegally diving di rig aktif. Kita kasih staff di rig majalah Popular ( majalah Playboy terlalu porno ahhh ) dan buah buahan. Kalo makanan mereka lengkap deh, kalo majalah cowok kurang ha ha ha.

Untuk per meter persegi seru liat ikan, rig tak bisa di lawan deh. Sampe susah liat kawan kalo kakap dan GT lagi rame. Tiap rig biasanya ada kerapu jawara nya, alias kerapu gede jadi boss. Cuma 30an kg sih dan bukan kelas 100kg.

Rig Mati ( tak perlu ijin ) di dekat Pulau Dua, boleh jadi tujuan tuh, menarik dan ada daya tarik tersendiri sebab dari 0 meter sampai 34 meter ada struktur nya, keren. Tak perlu depth sounder toh, 4 kaki nya naik 5 meter dari permukaan laut sih.

Hmm jadi inget those were the days of skinny dippin', drunken diving and etc etc etc.. :ymdevil:

Dive safe...........

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Wrecks di Kepulauan Seribu - Pesona Tersembunyi
PostPosted: Wed Jul 17, 2013 4:17 pm 
Offline
User avatar

Joined: Thu Jul 09, 2009 5:51 pm
Posts: 1571
Location: Jakarta
Dengar-dengar kabar, wreck kapal beras (Shinta?) aka J-1 di Pulau Pari sudah diangkat sama pedagang besi??? :ymsick: X( X( :-q :ar!

_________________
BBeXplorers - Indonesia's Center for Diving Excellence | GUE Affiliate | We provide: Diver Training, EFR Training, Halcyon Dive Systems | Need info on joining DAN? E-mail me: rendra [at] banyubiru.org | Join our group on facebook: Banyu Biru Explorers


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Wrecks di Kepulauan Seribu - Pesona Tersembunyi
PostPosted: Wed Jul 17, 2013 9:03 pm 
Offline

Joined: Wed Feb 13, 2013 9:29 pm
Posts: 54
rendra wrote:
Dengar-dengar kabar, wreck kapal beras (Shinta?) aka J-1 di Pulau Pari sudah diangkat sama pedagang besi??? :ymsick: X( X( :-q :ar!


wah iya toh om, kapal shinta yg di depan pulau kongsi tengah itu khan ya ??

_________________
Aji Patriajati
http://www.pufferdives.com
0821-250-80700 / 0812-9744-0223
BB : 74E675DC
Image


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 38 posts ]  Go to page Previous  1, 2, 3  Next

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 5 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
cron