It is currently Tue Oct 17, 2017 11:40 pm

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 74 posts ]  Go to page 1, 2, 3, 4, 5  Next
Author Message
 Post subject: accident at nusa lembongan
PostPosted: Fri Jul 06, 2012 1:13 am 
Offline

Joined: Thu Feb 16, 2012 1:10 pm
Posts: 68
http://m.detik.com/read/2012/07/05/2303 ... am-di-bali
Ada yg tau apa yg terjadi?


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Fri Jul 06, 2012 6:55 am 
Offline

Joined: Tue Mar 20, 2007 5:58 pm
Posts: 1052
semoga nanti rekan molamola & teman-teman yg di bali nanti berkenan untuk cerita detailnya disini. ada kabar yg belum confirmed kalau semua divers yg hilang sudah ketemu semua jam 4 pagi hari ini.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Fri Jul 06, 2012 6:58 am 
Offline
User avatar

Joined: Mon Jul 02, 2012 2:04 pm
Posts: 21
hantulaut wrote:
semoga nanti rekan molamola & teman-teman yg di bali nanti berkenan untuk cerita detailnya disini. ada kabar yg belum confirmed kalau semua divers yg hilang sudah ketemu semua jam 4 pagi hari ini.


kayaknya udah confirm ketemu.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Fri Jul 06, 2012 6:58 am 
Offline
User avatar

Joined: Mon Jul 02, 2012 2:04 pm
Posts: 21
beluga wrote:
hantulaut wrote:
semoga nanti rekan molamola & teman-teman yg di bali nanti berkenan untuk cerita detailnya disini. ada kabar yg belum confirmed kalau semua divers yg hilang sudah ketemu semua jam 4 pagi hari ini.


kayaknya udah confirm ketemu.


http://regional.kompas.com/read/2012/07 ... Kapal.Ikan


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Fri Jul 06, 2012 7:50 am 
Offline

Joined: Thu Feb 16, 2012 1:10 pm
Posts: 68
Alhamdulillah...


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Sun Jul 08, 2012 1:41 am 
Offline

Joined: Thu Jan 12, 2012 12:46 pm
Posts: 17
Ini mungkin link berita yang agak lengkap. Sepertinya mereka menyelam tanpa local guide. Jadi tidak memahami arus yg biasa terjadi.
http://www.jpnn.com/read/2012/07/08/133 ... gan,-Bali-


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Sun Jul 08, 2012 11:01 pm 
Offline
User avatar

Joined: Fri Jun 15, 2012 12:42 am
Posts: 958
Location: Bintaro sektor 9
waah syukur Alhamdulillah

_________________
Arief
0811194177
[email protected]
@feira24


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Tue Jul 10, 2012 10:53 am 
Offline

Joined: Thu Nov 19, 2009 10:24 am
Posts: 174
Saya denger hilangnya katanya di Blue Corner...
Kalau dive ke 3 memang biasanya ombak gede, arus di Mangrove harusnya gak ada down current...
Kalau sampai swept out di Mangrove atau Blue Corner, pun juga setelah Blue Corner itu langsung berada di depan Lembongan (desa Lembongan) yang banyak sekali perahu, penginapan pinggir pantai, Bali Hai 2 (kalau gak salah) dll...

apa mungkin karena males kicking ?
:x


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Wed Jul 11, 2012 3:40 pm 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
RADIO RADIO RADIO kok repot........wak kik kik kik

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Thu Jul 12, 2012 1:39 pm 
Offline

Joined: Thu Nov 03, 2011 3:23 pm
Posts: 32
http://alinartw.blogspot.fr/2012/07/how ... es-of.html


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Thu Jul 12, 2012 2:07 pm 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
Kalo lampu so pasti 24 jam nempel di BCD harus ada, cuma akan hanya ampuh saat :

AA. HUJAN BESAR....BESAR banget walaupun siang hari
BB. Mulai jam 5:30 sore


Ini gear yang layak di bawah selalu :

01. Diver Radio ready to use seperti Nautilus Lifeline atau versi DIY, Icom submersible VHF dalam housing senter
02. PLB via satelit dalam cannister khusus
03. Senter 24 jam dengan fungsi blinking, 170 lumens atau lebih.
04. Sosis extra besar dengan lift minimal 25 kg dan tali 30 meter kekuatan 300kg pakai reel

05. Sosis standard, saat safety stop. 3 menit safety stop di 2 knot sudah 123 meter drift nya.

06. 1 marine VHF portable Icom atau sejenis dengan kemampuan batere stand by 14-17 jam. Sebisanya pakai waterpfoof bag walaupun sudah submersible, supaya jatuh bisa mengapung. Atau beli seperti Icom M34 yang memang mengapung. Ini di tempel di leher crew kapal.


Item 01 local rescue siang malam atau untuk panggil kapal.
Item 03 local rescue, tapi kudu nunggu sampe sore baru ampuh
Item 02 national rescue atau family rescue dengan bantuan data COSPAS SARSAT
Item 04 kalo kena down current
Item 05, yah kudu punya donk
Item 06, jangan take it for granted semua kapal ada radio

Kalo masih jadi "lost diver" juga setelah punya 01-06, yah apes nama nya.

Cerita Lembongan beda tipis sama Komodo di tahun 2008. Dua dua nya national news dan international news dan involved orang asing, maka jadi lebih international news lagi.

Selama item 01, 03 & 06 tidak di miliki, akan selalu ada cerita seperti ini berulang ulang lagi. Sebelum ada Nautilus Lifeline yah, boleh simpatik lah dengar berita seperti ini. Selama Nautilus Lifeline sudah ada dan sudah hampir 1 tahun beredar, cerita seperti ini menunjukan diver tidak siap atau tidak adaptasi dengan safety gear yang ad. Tidak percaya dengan kondisi "What if" , tidak percaya bahwa uang tidak laku di tengah laut saat mengapung-apung atau tidak percaya US$300 ( Nautilus Lifeline ) + Rp2.4 juta ( Icom marine ) VHF saat uang masih laku di DARAT ( go shopping maksudnya ) can make a difference.

Cuma sayang, kadangkala kita tidak dapat 2nd chance saat tidak miliki 01,03,06 dan masuklah ke daftar diver gugur tanpa happy ending.......hick hick hick sedih sekali.

.

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Thu Jul 12, 2012 5:49 pm 
Offline
User avatar

Joined: Thu Mar 10, 2011 11:33 am
Posts: 91
pengen tau lebih lanjut mengenai nautilus,ini semacam radio yg waterproof ya om?


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Fri Jul 13, 2012 2:27 pm 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
Yep, Marine VHF yang di rumahkan pake housing supaya tahan di pake diving ( kedalaman nya saya lupa tapi cukup ), saat di buka cover flip atas nya untuk di pake, waterproofing jadi 1 meter dan transmisi radio bisa dilakukan.

Ada layar kecil GPS nya untuk baca kordinat.

Untuk yang mau slimline unit, yah ini dia.

Tetap, pelajari fungsi alat ini dengan baik, sering latihan dan karena ini radio yang adalah marine VHF resmi, tolong belajar etika ber-radio dan hanya pakai channel yang sesuai saat non emergency. Kita hanyut pun dan dive boat kita memang sudah stand by kan radio, itu tetap bukan EMERGENCY.

Jika kita hanyut dan panggilan radio ke dive boat tidak di jawab jawab, tidak bisa berenang ke pantai karena uda jauh banget.......itu baru EMERGENCY.


Channel 68 dan 69 cocok.
Hailing itu artinya memanggil.


"VHF marine radios are channelized, that is each assigned frequency is given a channel number. The operator isn't required to enter a specific frequency like 158.600 Mhz to make a call. Boaters should monitor VHF channel 16, which is the standard hailing and distress channel for vessels in most areas. Some crowded regions have moved hailing traffic to another approved channel. There are only two acceptable calls that should be made on channel 16, distress and hailing calls.

Hailing To hail another vessel, first listen to the radio to ensure the channel isn't in use. You don't want to interfere with a distress call. Give the name or location of the boat you are trying to contact and keep the call short. If you don't contact the other boat immediately, wait a little while and try again. If you do contact the other boat, move your conversation to a "working channel" VHF radio channels are assigned specific uses and functions. Most VHF radios also have standard weather channels installed to monitor National Weather Service marine weather and safety broadcasts.

Channel 6 - Intership safety communications
Channel 9 - Communications between vessels. This channel is also used in some areas by the Coast Guard as a hailing channel
Channel 13 - Navigational safety communications
Channel 16 - Distress and hailing communications
Channel 22 - Communications between the Coast Guard and the boating public. This channel is used by the Coast Guard to broadcast weather and warning messages
Channels 68, 69, 71, 72 and 78 are used as working channels for recreational boats and communications with shore based stations. There are other channels available for particular geographic areas

Distress Calls If you experience an extreme or life threatening emergency, use your VHF radio to make a MAYDAY call to the Coast Guard and vessels nearby that may be able to help you. Running out of fuel or suffering a weather delay is not an emergency. You can still call the Coast Guard or other boaters for help, but don't use the phrase MAYDAY.

"


Dive Safe

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Fri Jul 13, 2012 7:41 pm 
Offline
User avatar

Joined: Thu Mar 10, 2011 11:33 am
Posts: 91
sama sekali gak ngerti soal radio,apa ini seperti walkie talkie,jadi sebelom turun dive,kita udah musti tau di kapal radionya mantau channel brp,sesuaiin baru bisa komunikasi gitu ya?kalo gitu minat juga nih:)jangkauannya bisa seberapa jauh ya?


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Fri Jul 13, 2012 10:36 pm 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
ajehgile wrote:
sama sekali gak ngerti soal radio,apa ini seperti walkie talkie,jadi sebelom turun dive,kita udah musti tau di kapal radionya mantau channel brp,sesuaiin baru bisa komunikasi gitu ya?kalo gitu minat juga nih:)jangkauannya bisa seberapa jauh ya?


Sama lah sama walkie talkie, 100% sama cuma ini lebih kuat power nya dan lebih robust konstruksi nya.

Berapa jauh bisa bicara ?
Banyak variable nya. Minimal 1000 meter pasti OK sebab Nautilus powernya 3 watt.
2000 meter juga tidak terlalu sulit.
3000 - 4000 meter, untung untungan tergantung lokasi banyak radio traffic lain kah, unit di pegang tegak lurus kah ( biar antena posisi bagus ), posisi radio A>>B atau B>>A dari permukaan air tinggi kah ( radio line of sight ), radio lawan ke radio kita ketutupan pulau kah, pohon, badan, kapal kah ( obstruction ) , radio sehat kah ( suka geser ketepatan fequency nya ), squelch di setel berapa tinggi silencing nya ( jadi kagak terlalu sensitive ) dan pasti nya juga kondisi atmosfir kita.......cara yang terbaik di google soal radio manners dan radio 101. Cari soal radio 2 meter ran. Beda tipis ama Marine VHF.

Saya rutin test kemampuan Icom m72 ke Icom M72 atau portable sejenis ( di area tidak ada radio traffic ) pada medium power ( 2.5 watt ) atau low power ( 0.5 - 1 watt ). <2000 meter jadi kan acuan deh, masih aman.


SP
.

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 74 posts ]  Go to page 1, 2, 3, 4, 5  Next

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to: