It is currently Fri Dec 15, 2017 5:27 pm

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 1 post ] 
Author Message
 Post subject: Underwater Camera: Love Them or Lose Them
PostPosted: Sat May 26, 2012 1:52 pm 
Offline
User avatar

Joined: Tue Jan 24, 2012 2:12 pm
Posts: 11
Location: Indonesia
Halo semua,
sekedar berbagi lagi.
Silakan jika ada informasi tambahan atau koreksi. :)


-----------------
Bagaimana perasaan Anda ketika sudah membayar mahal untuk tiket pesawat dan fasilitas LOB/resort namun underwater camera Anda atau housingnya tidak berfungsi dengan baik?

Terkadang permasalahan ini dapat ditangani langsung, tapi saat tidak ada yang bisa Anda lakukan, mungkin Anda hanya bisa berharap ada fasilitas rental kamera yang bisa menggantikan sementara kamera/housing Anda.

Kabar baiknya, Anda bisa menghindari hal tersebut dengan memperkaya diri melalui pengetahuan mengenai peralatan Anda. Anda perlu tahu apa saja yang perlu disiapkan, apa yang perlu dilakukan saat dan setelah ekspedisi penyelaman Anda.

Sebagai permulaan, buatlah daftar peralatan, kamera dan aksesorisnya sebelum Anda mengepaknya. Ini membantu Anda memastikan tidak ada yang tertinggal atau melengkapi yang kurang atau yang perlu dibeli kembali atau diperbaiki.

1. Kamera
Peralatan pertama di daftar adalah kamera, mencakup: body, baterai, charger dan kabelnya, kartu memori, pembersih kamera, adaptor.

Body
Pastikan kamera Anda berfungsi dengan baik. Semua fitur dan tombolnya dapat dipergunakan dan dalam kondisi prima.

Baterai
Pastikan baterai dalam kondisi terisi penuh. Pastikan Anda memiliki baterai cadangan yang juga berfungsi maksimal.

Charger & kabel
Pastikan peralatan ini dapat berfungsi dengan baik, tidak ada kabel terlepas.

Kartu memori
Bawalah kartu dengan kapasitas memori yang sesui dengan kebutuhan. Bawa kartu lebih atau external harddisk jika perlu.

Pembersih kamera
Berada di ruang terbuka akan menyebabkan kamera mudah menangkap debu. Jangan gunakan sembarang tisu/kain untuk membersihkan kamera Anda.

Adaptor
Beberapa peralatan mungkin memerlukan adaptor, setidaknya bawalah adaptor yang umum digunakan.

Terminal kuningan
Electricity outlet di kapal/resort mungkin saja terbatas, membawa terminal kuningan/colokan listrik ekstra merupakan rekomendasi.

Zip-lock bag & silica gel pack
Perbedaan suhu yang drastis antara kabin kapal/tempat penyimpanan kamera dengan kondisi air laut dapat menyebabkan kondensasi pada kamera. Membawa silica gel pack atau zip-lock bag untuk menjaga kekedapan kamera Anda juga merupakan rekomendasi untuk mencegah kondensasi tsb.

Tips:
Tandai semua baterai, charger, dan aksesoris kamera dengan inisial/nama Anda untuk mencegah tertukarnya peralatan Anda dengan sesama penyelam yang memiliki peralatan yang sama.


2. Underwater Casing/Housing
Nomor dua pada daftar Anda adalah underwater casing/housing, mencakup body, o-ring, strobe, dan kain pembersih.

Body
Sebelum mengepak housing, lebih baik jika Anda mengetes kamera Anda beserta housingnya, memastikan semua tombol berfungsi dengan baik. Pengetesan di kolam renang atau chamber juga direkomendasikan untuk mengetes dan mengecek apakah ada kebocoran atau malfungsi.

O-Ring
Bersihkan o-ring dari semua debu atau partikel yang menempel dan aplikasikan kembali pelumas semua o-ring. Jangan mengaplikasikan terlalu banyak silicon grease, ini justru mempermudah debu atau rambut untuk menempel.

Strobe
Teliti kembali baterai strobe dan pastikan strobe dapat berfungsi dengan baik.

Kain Pembersih
Kain pembersih berfungsi untuk membersihkan housing dari segala bentuk debu dan mengeringkan housing dari air. Gunakan kain pembersih khusus untuk membershikan housing dan lensa, jangan gunakan kain yang sama untuk membersihkan seluruh peralatan Anda.

Silicon Grease
Bawalah silicon grease untuk diaplikasikan pada o-ring housing dan strobe Anda. Silicon grease tidak perlu diaplikasikan terus-menerus, bawalah sebagai tindakan berjaga-jaga.


Membawa Kamera Anda Menyelam
Sebelum menyelam, pastikan semua peralatan underwater camera sudah terpasang dengan baik dan Anda membawa seluruh perlengkapannya. Informasikan pada operator bahwa Anda akan membawa kamera dan pastikan ada tempat penyimpanan kamera yang layak selama perjalanan menuju area penyelaman.

Saat akan menyelam, informasikan kepada kru kapal mengenai bagaimana Anda akan membawa kamera Anda: apakah Anda akan membawanya saat Anda melakukan backroll atau meminta mereka menyerahkannya kepada Anda saat Anda sudah berada di permukaan air.

Jangan berasumsi mereka paham mengenai kamera Anda, informasikan kepada kru kapal bagaimana cara memegang kamera Anda dengan baik dan benar. Ini bukan hanya memberi keuntungan bagi Anda, tapi juga memberi kesempatan pada kru kapal untuk mengenal berbagai cara treatment pada underwater camera. Dan informasikanlah menggunakan tata cara berbicara yang baik, mereka adalah helper, bukan pesuruh.

Setelah setiap penyelaman, ingatlah untuk selalu mengeringkan dan mengelap bersih kamera Anda di air tawar. Pada umumnya, setiap dive boat memiliki tempat pencucian atau ember khusus berisi air tawar untuk merendam kamera. Jangan memasukkan sarung tangan, masker atau booties Anda ke dalam ember tersebut.

Perhatikan kamera lain saat akan memasukkan kamera Anda ke ember, jangan menaruh kamera sembarangan karena mungkin akan merusak kamera lain. Anda juga pasti tidak mau menemukan kamera Anda tergores atau rusak karena tindakan ceroboh orang lain. Jangan menyimpan kamera Anda terlalu lama di ember tersebut, setelah direndam beberapa saat, keluarkan kamera Anda, keringkan dan simpanlah di atas meja atau tempat penyimpanan khusus kamera. Pastikan kamera diletakkan di atas permukaan yang lembut namun bisa menahan kamera Anda saat ada goncangan karena ombak.

Jangan lupa untuk menaruh pelindung lensa saat menaruh kamera di tempat penyimpanan. Ini bertujuan untuk melindungi lensa Anda dari benturan yang mungkin terjadi atau tergores benda lain.

Informasikan atau ingatkan sesama penyelam dalam satu kapal bahwa Anda membawa kamera. Setidaknya, pastikan bahwa mereka tidak menaruh cangkir kopi, makanan atau botol minuman di dekat tempat penyimpanan kamera.

Jangan pernah menggunakan udara dari tank untuk membersihkan kamera dan lensa Anda. Tindakan ini justru memungkinkan air masuk ke dalam housing/kamera.

Saat membuka housing kamera, ingatlah rambut basah Anda mungkin meneteskan air.

Dalam mempersiapkan kamera Anda, jangan menunggu saat-saat terakhir atau menjelang tiba di area penyelaman. Siapkan dan cek ulang semua peralatan sebelum briefing diberikan, bukan setelahnya.


Bersiap Pulang
Sebelum pulang dari trip Anda yang menyenangkan, cek kembali semua peralatan Anda sudah dikemas dengan baik dan semua peralatannya lengkap. Anda tidak mau pulang dari trip yang menyenangkan dengan perasaan berantakan karena ada barang yang tertinggal.

Pastikan kamera dan housing dalam keadaan kering, bersih, tanpa garam. Lepaskan o-ring dari tempatnya (gunakan alat berujung tumpul seperti kartu kredit, jangan gunakan tusuk gigi atau pisau lipat), bersihkan, aplikasikan silicon grease dan simpanlah di tempat yang bebas debu.

Isi ulang baterai kamera dan strobe (termasuk cadangannya) dan simpanlah di tempat yang jauh dari sinar matahari atau tempat yang terlalu dingin.


Travel Tips
- Saat mengemas kamera Anda, jangan memasang dome lensa wide-angle ke housing. Treatment petugas penerbangan dapat menyebabkan kerusakan pada housing dan dome. Simpanlah dome dan port lensa Anda secara terpisah dan terlindungi.

- Jika bepergian dengan pesawat, jangan tutup rapat housing Anda. Tekanan udara dapat menyebabkan housing Anda sulit dibuka saat Anda akan menggunakannya.

- Gunakan hardcase bag untuk menyimpan peralatan Anda. Hardcase dengan pressure dump-hole sangat direkomendasikan. Jangan lupa untuk mengatur depressurisation knob-nya agar hardcase mudah dibuka.

- Gunakan bubble wrap jika diperlukan, untuk melindungi kamera dan housing Anda. Baju juga dapat digunakan sebagai pilihan pengganti.

- Gunakan kunci gembok ekstra (jangan gunakan cable ties) untuk mengamankan tas dan peralatan Anda.

- Tidak disarankan untuk menempelkan stiker dari berbagai resort atau dive operator di hardcase Anda. Stiker ini seperti sebuah iklan bagi para 'pencari kesempatan dalam kesempitan' bahwa ada sejumlah barang berharga di dalam tas tersebut.
Isi ulang baterai kamera dan strobe (termasuk cadangannya) dan simpanlah di tempat yang jauh dari sinar matahari atau tempat yang terlalu dingin.


-----------------
Notes ini juga dapat dilihat di note Facebok kami: http://www.facebook.com/notes/dive-id/underwater-camera-love-them-or-lose-them/110747699063824

_________________
Email us to: [email protected]
Follow our twitter: @Dive_ID
PIN BB: 25695293
Log on to our website: www.divetripindonesia.com
Like our facebook page: Dive Indonesia (http://www.facebook.com/pages/Dive-Indo ... 2488827317)


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 1 post ] 

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 3 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to: