It is currently Fri Oct 20, 2017 3:15 am

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 24 posts ]  Go to page Previous  1, 2
Author Message
 Post subject:
PostPosted: Wed Jun 08, 2011 2:14 pm 
Offline
User avatar

Joined: Tue Sep 15, 2009 3:15 am
Posts: 1396
Location: Katameya Heights
EVO CCR wrote:
maksud gue berat molekul dari Nitrogen adalah 7 oxygen 8, kok malah happy face yang keluar.. :?:


sedikit koreksi,
Berat molekul Nitrogen (N2) adalah 28 (28.01348 g/mol), Oksigen (O2) adl 32 (31.9988 g/mol)
Kalau berat atom N adalah 14.01 dan O adl 16.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Wed Jun 08, 2011 3:25 pm 
Offline

Joined: Tue Jul 24, 2007 11:15 am
Posts: 15
Location: Palu-Sulteng
yes sorry.. atomic number maksudnya.


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: coba2
PostPosted: Tue Jun 14, 2011 11:41 pm 
Offline
User avatar

Joined: Wed Jan 05, 2011 12:54 pm
Posts: 312
gelembung wrote:
(refer to normal air 21% o2 and 79% nitrogen)

ada yg bisa bantu rasa penasaran gw: mengapa ssi menggunakan angka 20% O2 dan 80% nitrogen?


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Wed Jun 15, 2011 9:36 am 
Offline
User avatar

Joined: Thu Jul 09, 2009 5:51 pm
Posts: 1571
Location: Jakarta
@botolkecap: saya baru tau kalau SSI di textbook pakai 20/80 hehehe...

anyway... mungkin ini masalah rounding. Memang O2 di udara tidak absolute 21%, akan tetapi 20,xxxx%, sisanya sekitar 1% argon dkk, dan 79% Nitrogen.

Kadar O2 juga dipengaruhi oleh suhu dan kelembaban. Contohnya dari tabel NOAA, dapat dilihat beberapa variasi Oxygen compensation chart for moisture in the atmosphere sbb:

Contoh:
Suhu 27 C, humidity 60% (rata2 di indonesia), O2 = 20,3%
Suhu 32 C, humidity 60%, O2 = 20,3%
Suhu 32 C, humidity 80%, O2 = 20,1%

Kadar O2 = 20% tercapai pada suhu 32C dan humidity 90%

_________________
BBeXplorers - Indonesia's Center for Diving Excellence | GUE Affiliate | We provide: Diver Training, EFR Training, Halcyon Dive Systems | Need info on joining DAN? E-mail me: rendra [at] banyubiru.org | Join our group on facebook: Banyu Biru Explorers


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Wed Jun 15, 2011 2:20 pm 
Offline
User avatar

Joined: Wed Jan 05, 2011 12:54 pm
Posts: 312
itu dia om Rendra. di SSI OW disebutkan 20% O2 dan 80% Nitrogen. Namun di SSI EANx justru menggunakan angka 21% O2 dan 79% Nitrogen. Entah mengapa SSI tidak konsisten mengenai angka komposisi ini.

saya hanya bisa menduga, di SSI OW menggunakan pembulatan 20 80 semata untuk mempermudah pemahaman student aja. walau tetap aja gw penasaran soal ketidakkonsistenan ini.


Top
 Profile  
 
 Post subject: SSI nitrox
PostPosted: Fri Jul 01, 2011 10:09 pm 
Offline

Joined: Sun Nov 22, 2009 12:59 am
Posts: 77
BotolKecap wrote:
itu dia om Rendra. di SSI OW disebutkan 20% O2 dan 80% Nitrogen. Namun di SSI EANx justru menggunakan angka 21% O2 dan 79% Nitrogen. Entah mengapa SSI tidak konsisten mengenai angka komposisi ini.

saya hanya bisa menduga, di SSI OW menggunakan pembulatan 20 80 semata untuk mempermudah pemahaman student aja. walau tetap aja gw penasaran soal ketidakkonsistenan ini.




Saya setuju mas... kebetulan sy Dive Leader dr SSI

di dalam OWD manual SSI angka di bulatkan 20% dan 80% (OW book page 3-12, dan DVD)

TAPI kita di saran kan untuk menerangakan bahwa itu adalah angka pembulatan.
dan bahwa masih ada kandungan gas yg lain di dalam normal air.


kalo di Euro (EU standard) tempat afiliasi saya, kita di wajibkan untuk memasukkan materi pembelajaran (book, DVD, dll) kedalam packet OW nya jadi setiap murid mempunyai :

-Manual book
-DVD
-Log book
-dll


jd dalam metode pembelajaran di kelas pun kita menggunakan presentation method untuk setiap chapter, setelah student membaca buku, dan menonton dvd.

nah setelah menyelesaikan OW biasanya di sana (EU) kita selalu menyarankan untuk ngambil speciality nitrox karna sebagian besar tempat di liburan orang di sana egypt, Huganda, curacau, dll menggunakan nitrox. dan dalam NItrox course itu kita lah menjelaskan lebih jauh mengenai Gas Content.


salam,


PGH


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Sat Jul 02, 2011 1:36 pm 
Offline
User avatar

Joined: Wed Jan 05, 2011 12:54 pm
Posts: 312
Thx bro atas penjelasannya.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Sat Jun 23, 2012 8:40 am 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
EVO CCR wrote:
nompang koar koar..

Didalam penyelaman, dimanapun udara itu berada (tanki, regulator etc...) akan ter expose oleh ambience pressure (tekanan di sekitar kita). Jadi mereka akan bertekanan sama. Contoh: Pressure di tanki 4 ATM berarti di regulator dan ditempat lain juga 4 ATM.



Jika udara ada dalam sebuah container yg tidak flexible atau tidak terpengaruh bentuknya oleh ambient pressure, udara tersebut tidak akan kena tekanan ambient....maka di tangki tidak kena, di regulator 1st stage tidak kena, di 2nd stage tidak kena, yang kena adalah pas udara di OUTPUT kan di 2nd stage ke ambient, baru kena.

Diselang low pressure antara 1st stage ke 2nd stage kena sedikit effek ambient presure, tetapi karena selang ini agak hardwall, tidak lah seperti BCD effek "melesek" nya.

Contoh kapal selam ( container tidak ter effek tekanan ) tidak lah crew nya mengalami tekanan seperti diver.....kalo kagak mateee neh saat kapal selam surface setelah 1 minggu di bawah air.

.

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Sat Jun 23, 2012 9:08 am 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
EVO CCR wrote:
Saya kurang ngerti balanced regulator itu apa.. buat saya regulator is regulator, yaitu tools untuk regulate pressure dari high ke breathable pressure.

Untuk menyelam dengan profile rekreasi ( multilevel, dibawah 2 jam dan tidak lebih dalam dari 40m) regulator terbaik adalah yang paling murah. Tentu saja kalau mau gaya dan budget ada, ya sah sah saja cari regulator yang paling mahal, keren & beken.


Pada rate nafas normal alias tidak stress, sampai 20 meter deh, regulator low performance masih OK. Pada 30M dan nafas normal pun sudah terasa regulator high performance di banding low perfromance. Pada 40M, jangan tanya. Kalo diver stress dan nafas kayak kebo, di 30M> sudah sangat terasa.

Regulator bukan hanya soal berapa liter per menit delivery nya, salah satu yang penting adalah berapa smooth delivery nya. Udara banyak boleh, kalo banyak tapi delivery bikin keselek kagak boleh juga. Itu high pressure seat di regulator per 1 kali sedotan tarikan nafas, di HP seat bukanlah ke angkat atau ke buka kayak keran air. Itu HP seat bermain turun naik cukup cepat , itulah cara nya regulate pressure.........buatkan pulsa udara tetapi harus smooth dan response cepat.

Jika regulator di spec di tulis 8,000 liter per menit, cara berhitung bukan kayak tabung selam di buka habis dan kita ukur pakai flow meter atau kita kasih balon ukuran 8000 liter dan dalam 1 menit di balon jadi gendut kencang. 8,000 liter per menit adalah nilai berapa besar dan cepat supplai udara nya mengisi selang 2nd stage yang adalah untuk 2nd stage regulator and untuk ke mulut diver.

Ingat, kita bahas open circuit scuba regulator, bukan rebreather atau regulator welding ato sejenis.

Regulator memang yah..to regulate, tetapi saat melakukan regulation ia harus sanggup provide the demand. Demand ini yang variable berdasarkan kedalaman dan workload si diver. Maka nya diver regulator bukanlah constant flow tapi variable, tergantung yang sedot butuh berapa.

Smooth delivery saat high demand, itu hallmark nya regulator bagus dan disini harga bicara. Yang harga sama sekali tidak ada effek nya untuk performance adalah, bahan regulator. Titanium keren, bagus, awet........tetapi apakah regulator titanium jadi lebih smooth breather dari yang chromed brass........kagak.

. Blup...blup....blup.

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 24 posts ]  Go to page Previous  1, 2

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
cron