It is currently Thu Oct 19, 2017 6:57 am

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 47 posts ]  Go to page Previous  1, 2, 3, 4  Next
Author Message
 Post subject:
PostPosted: Mon Nov 29, 2010 8:35 pm 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
Yu,

Wah photo nya kereeeeeen euyyyy. Acung juga ikut photo yah ?
Luxfer 60CF yang di pakai untuk 80% oksigen , pakai tank valve merek apa ?


Later,
SP

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Mon Nov 29, 2010 9:02 pm 
Offline

Joined: Tue Mar 20, 2007 5:58 pm
Posts: 1052
@mbah surya: iya yang motret achung sama bayu kulit.. itu valve nya pake OMS Oxygen Valve (V812) pake o-ring viton semua & dari sananya udah ready 100% oxy


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Mon Nov 29, 2010 10:22 pm 
Offline
User avatar

Joined: Fri Jan 08, 2010 2:01 am
Posts: 35
kayaknya kenal nih tempatnya yang di video, jembatannya, boatnya...disthi scuba...

manteb om..mau dong klo ada latian bareng buat tech dive.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Mon Nov 29, 2010 11:30 pm 
Offline

Joined: Tue Mar 20, 2007 5:58 pm
Posts: 1052
@esat: hehehe.. si jembatan goyang-goyang itu ya?


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Thu Dec 02, 2010 4:00 am 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
Yu,

Itu MK2 nya sampean masih yang tipe umum yoke ( A-clamp ) yah. Di video 0:44 menit. Jika mau pakai sampai 80% oksigen, Nitrox conversion kit nya akan berikan fittting DIN khusus M26 nama nya TETAPI perlu katup tabung yang juga khusus...kampret dah.

Catatan : Definisi Scubapro Nitrox Regulator adalah regulator yang bisa di pakai sampai 100% oksigen. Semua regulator Scubapro saat ini sudah nitrox ready sampai 40% out of the box.

Yoke atau A-Clamp sengaja di hapuskan dari Nitrox kit dan di ganti dengan fitting DIN M26. Beda dengan DIN biasa. Ini supaya tidak mungkin regulator Nitrox bisa di pakai ke tabung berkatup umum K atau DIN dengan 21% oksigen yang secara teknis umum nya ada berkas hydrocarbon dari silicone grease nya. Soal kenapa jadi DIN M26, itu urusan legality nya di Europe, sebab Eropa vonis udara di atas 21% oksigen nya sebagai Nitrox. Ini aturan disebut EN13949 dan EN 144-3 tahun 2004. Ini standard bikin pusing neehhhhhhh.

Urusan teknis nya yang Mbah mau bahas.
Semua O-Ring dinamik di Scubapro Nitrox memang di ganti dengan tipe yang Viton, lalu high pressure seat juga di ganti dari Acetal ke material yang 100% oxygen compatible, umum nya Kel-F. Yang menarik adalah design dari filter retainer nya di bedakan antara Yoke dengan DIN. Lihat attachment skematik nya, yang di berikan tanda * membedakan kit MK2 Nitrox up to 100% oxygen dengan kit biasa yang up to 40% oxygen. Bedakan deh ama skematik "MK2 up to 40% O2"

Baiknya sampean ganti yoke nya ke DIN biasa dan pasang Nitrox kit lengkap , kecuali DIN M26 Knob item 13, item 12 Knob Retainer dan Item 10 Filter retainer nya kagak usah di pake yang Nitrox punya, pake yang DIN punya ajah. Harus nya bisa deh, tapi dengan catatan MK2 sampean sudah tidak lagi ikuti standard Nitrox Eropa ( so what gitu loh ), tapi kan aman nya yang di cari. You did not hear this "illegal" tech tips from me yah.........hehehehe. Lalu itu HP seat di tank valve 80% oxygen, kalo masih tipe nylon 6/6, boleh ganti 3 - 4x lebih cepat dari biasanya. Kayak nya 50-75 dive boleh ganti deh kalo mau aman Yu sebab sampean main ampe 2,400 psi dan 80% 02 pula. Kalo Nitrox 32% ato 36% kan tidak sampai 1,000 psi saat di partial blending. Makin tinggi pressure 02 nya dan kadar nya , makin resiko neh. OMS valve kalo di lihat di website nya tidak ada yang boleh lebih dari 40% oxygen loh.

Mungkin orang bingung kenapa filter retainer ajah yang cuma ganjalan filter kok sampe di bedakan ? Salah satu kemungkinan kebakaran dari pengunaan 02 kadar tinggi adalah partikel apapun , AKAN menjadi proyektil saat udara tekanan tinggi yang so pasti velocity nya cepat...... mendorong tuh partikel. Lalu timbul percikan api sebab partikel hajar benda keras , contoh logam. Bisa terjadi kebakaran atau ledakan. Saat panas melebihi auto ignition nya semua komponen non logam .....jadi deh bahan bakar tambahan, kalo udah makin panas logam pun jadi bahan bakar juga. Komplit deh, fire triangle nya. Design Nitrox 1st stage filter retainer mengurangi potensi tabrakan partikel, kan nabrak nya partikel pasti ke filter mentok nya.

Abu atau pun dust pada konsentrasi yang tepat dan pasti nya dengan ignition source ( contoh static electricity ajah ).... bisa meledak, tidak perlu oksigen di atas 21% pun. Tempat penyimpanan gandum ( wheat silo ) saja bisa meledak atau pun industri yang banyak menghasilkan debu/dust. Google saja "wheat silo explosion" atau "wheat explosion".

Jika para diver bertanya kenapa kok kalo bahan o-ring Viton is so good, kenapa tidak semua regulator pake Viton ajah ? Viton tidak sebaik bahan EPDM untuk kondisi dingin. Diving tidak selalu di lakukan di air tropis. Regulator 1st stage pada saat turunkan tekanan 207 BAR/3,000 PSI ke 10BAR untuk 2nd stage, di bibir orifice nya terjadi pendinginan mendadak sekitar -30 celcius. Viton tergantung model, low temperature service rating terbaik nya sekitar -26 Celcius ( Dupont database, rating TR-10 ), kalo high temperature nya mantapz. Kalo EPDM bisa sekitar -50 Celcius.
Viton ato EPDM banyak macam, ini dua cuma sebutan family nya tuh bahan. Kalo mau tau aplikasi nya cocok dimana, kudu lihat data sheet nya.


Sambung.........


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Thu Dec 02, 2010 4:09 am 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
Mumpung filter retainer di bahas, sekalian mau kasih tau info menarik soal filter yang dipakai di semua Scubapro 1st stage.

Kalo regulator di cuci air atau di celupkan di ember dan lupa di tutup dust cap nya, jangan pusing, Itu filter mesh nya sudah di rancang khusus tidak bisa masuk air, kalo udara bablas terus.

Cuma perlu kepret-kepret dan gantung ajah tuh 1st stage regulator dengan lubang udara arah ke bawah dan bentaran juga kering. Jangan pake udara tabung di tiup-tiup, kalo di tiup kencang malah masuk air sebab air jadi water vapor.

itu ajah yah......

Lihat photo experiment Mbah. Biar yakin, kudu di test juga,

SP


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Thu Dec 02, 2010 7:03 am 
Offline

Joined: Tue Mar 20, 2007 5:58 pm
Posts: 1052
@mbah surya: kebetulan R190/Mk2 itu sudah retrofit untuk 100% oxygen oleh HSE UK (ada sertifikasinya) - itu beli dari temen di thailand yang juga instr IANTD. nggak tau kenapa waktu barangnya dateng kok ternyata pake A clamp, padahal di retrofit di Inggris.

memang untuk 100% oxygen sangat disarankan untuk pakai DIN valve & 1st stage. 'untungnya' di indonesia (khususnya di bali) masih susah banget untuk dapat 100% oxy.

mbah bener banget, begitu mainan oxygen semua harus 'dipersiapkan' terlebih dahulu. sekarang untuk 100% oxygen regulator saya pake Poseidon Xstream (Duration M26 DIN) - yang memang khusus di desain untuk pure oxygen.

thanks banget atas artikelnya yang sangat detail & mendidik..


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Thu Dec 02, 2010 10:42 pm 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
Emang gara-gara DIN M26 Nitrox banyak yang complaint soal fitting Nitrox di beda-beda kan.

Cuma Eropa extra hati-hati kayak nya. Mereka kagak mau yang main 21% up kecampur alat nya. Kalo di USA masih A-Clamp sih sebab EU directive tidak menyentuh USA, cuma karena Eropa adalah market kuat, mau tak mau kalo mau CE approved, kudu ikuti standard Eropa.

Serem Yu liat orang partial blending. Makin kecil tabung penerima nya makin serem liat nya. Pressure rise nya ngeri neh.

Ada artikle bagus dari DAN soal Nitrox Workshop pada level diskusi ke manufacturer dan banyak lagi, awal tahun 2000 an . Compilation lengkap dari Neutral Buoyancy Lab nya NASA testing 50% - 100% 02 dengan di tambahkan kotoran/abu tipikal day to day diving di regulator nya dan di tekan per 500 psi increase. Sayang test 100% oksigen pada level contamination 10mg/m2 ke atas tidak di lakukan. Teryata persentase terjadi nya iginition lumayan, sering banget sih kagak tapi it does happen. Hal 157 ke 167.
http://www.si.edu/dive/pdfs/proceedings_DANnitrox.pdf

Untuk lihat HP seat tank valve yang umum nya tipe Nylon 6/6 terbakar pada 46% oxygen , lihat halaman 148 - 149. Halaman 150 menjelaskan Kel-F material untuk HP seat.

Nylon 6/6 yang nyaris dipakai di semua HP seat tank valve sudah banyak kasus terbakar atau pelan-pelan "lenyap" pada high oxygen level. Itu hasil pembakaran dari Nylon 6/6 gas nya beracun pula.

Additional reading on oxygen regulator's HP seat micro cracking :
http://mae.nmsu.edu/~mjwei/publications ... ser_09.pdf


Jika OMS valve sampean bisa pake HP seat nya Sherwood dan kata nya cocok juga ama Thermo, minta di Thailand, Dive Supply :
Sherwood valve seats (Sherwood #3506-9K) mengandung Kel-F polymer
Harus yang buntut "K"
http://www.divesupply.com/pdf/2010/tanks-valves.pdf

Kebersihan kalo main 02 emang paramount banget yah. Bingung lihat pekerja di dok kapal, itu tabung oksigen kasar banget handling nya. Kita sudah lihat quality abal-abal tabung LPG 3kg , regulatornya dan selangnya yang sudah makan korban banyak..........serem neh. Kalo ajah regulator mereka high flow dan tabung isi nya 3,000 psi, udah sering meleduk kali yah.

Minggu lalu saya bicara panjang lebar dengan senior technical trainer Scubapro. Saya tanya kenapa Scubapro MK17 yang diaghram type 1st stage tidak di buat untuk Nitrox 100% oksigen ( kayak MK2 dan MK25 Nitrox ), kan cocok untuk extreme cold water tu model enviromental sealed. Dia bilang karena diaghram 1st stage lebih banyak belokan by nature of design dan jalur udara lebih sempit ( mau merek apa pun ) dan orifice nya kagak bisa besar kayak 1st stage piston type karena pasti kudu pake rod penekan dari diahgram dan hasilnya beberapa titik di di dalam 1st stage yang berpotensi untuk local compression hot spot, piston type lebih aman dari segi engineering point of view. Sayang banget yah.

Safe dive yah coy.

Jangan pusingkan caption terakhir di video, Bayu adalah diver Bujangan....baik di kedalaman di 8 BAR atau di BAR beneran...wak kik kik kik.

SP

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Thu Dec 02, 2010 11:14 pm 
Offline

Joined: Tue Mar 20, 2007 5:58 pm
Posts: 1052
Surya Prihadi wrote:
Emang gara-gara DIN M26 Nitrox banyak yang complaint soal fitting Nitrox di beda-beda kan.

Cuma Eropa extra hati-hati kayak nya. Mereka kagak mau yang main 21% up kecampur alat nya. Kalo di USA masih A-Clamp sih sebab EU directive tidak menyentuh USA, cuma karena Eropa adalah market kuat, mau tak mau kalo mau CE approved, kudu ikuti standard Eropa.


nah itu yang sekarang saya bingung mbah, soalnya itu R190/mk2 di retrofit buat pure oxy di HSE yang based di UK.. kok malah dia ndak ikut standar EU ya? apa karena itu alat saya beli tahun 2000an awal?(2001 kalo ndak salah)

Surya Prihadi wrote:
Serem Yu liat orang partial blending. Makin kecil tabung penerima nya makin serem liat nya. Pressure rise nya ngeri neh.

Ada artikle bagus dari DAN soal Nitrox Workshop pada level diskusi ke manufacturer dan banyak lagi, awal tahun 2000 an . Compilation lengkap dari Neutral Buoyancy Lab nya NASA testing 50% - 100% 02 dengan di tambahkan kotoran/abu tipikal day to day diving di regulator nya dan di tekan per 500 psi increase. Sayang test 100% oksigen pada level contamination 10mg/m2 ke atas tidak di lakukan. Teryata persentase terjadi nya iginition lumayan, sering banget sih kagak tapi it does happen. Hal 157 ke 167.
http://www.si.edu/dive/pdfs/proceedings_DANnitrox.pdf

Untuk lihat HP seat tank valve yang umum nya tipe Nylon 6/6 terbakar pada 46% oxygen , lihat halaman 148 - 149. Halaman 150 menjelaskan Kel-F material untuk HP seat.

Nylon 6/6 yang nyaris dipakai di semua HP seat tank valve sudah banyak kasus terbakar atau pelan-pelan "lenyap" pada high oxygen level. Itu hasil pembakaran dari Nylon 6/6 gas nya beracun pula.

Additional reading on oxygen regulator's HP seat micro cracking :
http://mae.nmsu.edu/~mjwei/publications ... ser_09.pdf


Jika OMS valve sampean bisa pake HP seat nya Sherwood dan kata nya cocok juga ama Thermo, minta di Thailand, Dive Supply :
Sherwood valve seats (Sherwood #3506-9K) mengandung Kel-F polymer
Harus yang buntut "K"
http://www.divesupply.com/pdf/2010/tanks-valves.pdf


waaah, makasih mbah atas tambahan ilmunya!

Surya Prihadi wrote:
Kebersihan kalo main 02 emang paramount banget yah. Bingung lihat pekerja di dok kapal, itu tabung oksigen kasar banget handling nya. Kita sudah lihat quality abal-abal tabung LPG 3kg , regulatornya dan selangnya yang sudah makan korban banyak..........serem neh. Kalo ajah regulator mereka high flow dan tabung isi nya 3,000 psi, udah sering meleduk kali yah.


ueember mbah! saya kalo ngisi oxy di samator (di Bali) mending jauh-jauh deh dari filling station mereka. disana mereka pake needle valve(!) padahal yang saya tau itu ndak direkomendasikan *tolong pencerahan juga* soal kebersihan juga jangan ditanya deh.. malah saya pernah pas lagi nunggu ngisi, eh operatornya sambil ngerokok pula ngisinya haaaaa..

Surya Prihadi wrote:
Minggu lalu saya bicara panjang lebar dengan senior technical trainer Scubapro. Saya tanya kenapa Scubapro MK17 yang diaghram type 1st stage tidak di buat untuk Nitrox 100% oksigen ( kayak MK2 dan MK25 Nitrox ), kan cocok untuk extreme cold water tu model enviromental sealed. Dia bilang karena diaghram 1st stage lebih banyak belokan by nature of design dan jalur udara lebih sempit ( mau merek apa pun ) dan orifice nya kagak bisa besar kayak 1st stage piston type karena pasti kudu pake rod penekan dari diahgram dan hasilnya beberapa titik di di dalam 1st stage yang berpotensi untuk local compression hot spot, piston type lebih aman dari segi engineering point of view. Sayang banget yah.


Naaah.. ini justru yang saya pengen tanyain.. karena di kalangan tekkies ini masih jadi perdebatan antara diaghpram vs piston 1stage untuk pure oxy. kebetulan regulator untuk oxy set yang sekarang saya pakai - poseidon xstream (http://www.scubastore.com/scuba-diving/ ... m26/3872/p) itu diaghpram 1stage..

Surya Prihadi wrote:
Safe dive yah coy.

Jangan pusingkan caption terakhir di video, Bayu adalah diver Bujangan....baik di kedalaman di 8 BAR atau di BAR beneran...wak kik kik kik.

SP


siaaaap mbah! kita ndak pengen ada pesta kwaci lagi di kalangan divers wahahaha..

bayu/diver (mantan) bujangan yang juga (mantan) bajingan hahaha..


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Sat Dec 04, 2010 7:37 pm 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
Mas Bujangan........ :P

Kalo di lihat design needle valve walaupun sempit alur nya dan memang begitu karena ini lebih seperti metering valve dan bukan ON/OFF valve, kayak nya cocok deh. Malah semua oxygen service kayak nya pake needle valve deh. Yang kita takut kan compression mendadak ke tabung penerima karena valve kagak presisi buka nya. Selama needle valve nya kagak high flow banget dan memang di design untuk oxygen service, saya rasa panas yang di generate dari friksi karena alur udara sempit, masih bisa di terima. Kan oxygen bottle katup nya lebih sopan buka nya, kagak kayak tabung scuba.

MK2 sampean karena awal tahun 2000 kayaknya memang belum kena aturan EN144-3 yang keluaran 2004, jadi ok ok ajah. Tapi apa saja yang di mod yah ? Selama ini annual service gimana tuh Yu ?

Soal diaghram type 1st stage dan piston type yang mana lebih cocok untuk 100% oksigen, bisa di lihat dari illustrasi air flow nya. Coba simak deh gambar nya dan kasih saya tau apa "kunci" nya , Pro dan Con nya menurut sampean............ he he he, jadi quiz nih.

Later yah Bro......

Safe Dive Always My Bujangan.........:lol:


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Sun Dec 05, 2010 12:14 am 
Offline

Joined: Tue Mar 20, 2007 5:58 pm
Posts: 1052
@mbah surya: koreksi mbah, salah tulis: harusnya "ball valve instead of needle valve" & udah gitu ngebuka nya kayak nge gas motor 2 tak pula..

hadoooh.. malem minggu gini gue disuruh mikir sama si mbah haaaaa.. besok ya mbah dibahas lagi.. udah gelas ke 6 nih soalnya..


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Tue Dec 07, 2010 6:49 am 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
udah 6 gelas kagak ngajak-ngajak....nah itu bukan bujangan nama nya...hehehe :P


OK, kita lihat oksigen air flow nya di MK2 yah.
Waktu tabung selam dengan andaikata 100% oksigen di buka, oksigen akan meluncur masuk ke 1st stage MK2. Saat tabrak HP seat ( warna merah ), itu piston ( warna oranye ) akan mundur sebab setting intermediate pressure kan di set pada 9 BAR. Jadi saat oksigen bertekanan 10BAR ajah, udah terjadi pembocoran ke selang 2nd stage dan ke semacam balancing chamber di pojok kiri antara topi piston dengan housing 1st stage. Karena tidak ada kompresi mendadak 1 BAR ke 200 BAR seketika di 1st stage MK2, resiko panas dari adiabatic compression jauh berkurang. Lalu saat oksigen 200 BAR di paksa belok 90 derajat oleh HP seat dan orifice, itu oksigen yang keluar udah 9 BAR doank, bukan 200 BAR. Tikungan 90 derajat untuk oksigen 100% dan pada 200 BAR is NOT good.

Internal volume 1st stage MK2 pada sisi sebelum HP seat ( section 200 BAR nya ) sangat-sangat kecil total nya di banding volume selang 2nd stage ( apa lagi kalo ada 2 unit 2nd stage alias ada octopus ) dan juga karena ada balancing chamber di belakang piston yang dapat supply udara dari lubang kecil di stem nya piston. Ini MK2 di atas kertas bukan balanced piston tapi sebenarnya more or less kayak balanced piston. Karena udara di atas 9 BAR akan bocor ke low pressure side of the 1st stage dengan sangat cepat dan ini seperti "membatalkan" tekanan mendadak 1-200 BAR pada sisi 200 BAR nya 1st stage , maka itu lah yang saya bilang resiko kebakaran kecil dari gejala adiabatic compression pada 1st stage piston type kayak MK2.

Oksigen walaupun 100% kagak akan ke bakar kalo tidak mencapai level panas tertentu dan saat panas level tertentu itu terjadi, bahan non logam akan mulai terbakar duluan dan jadi lah bahan bakar dan lengkap lah fire triangle nya.

Ingat bahwa panas dari adiabatic compression ada 2 penyebab. Pikirkan mesin diesel ajah. Betapa cepat pressure rise over time, ini analogi aki starter mesin diesel kuat dan sehat. Pasti cepat hidup ( meledakan solar ) tuh mesin. Kalo di regulator velocity nya tuh udara atau oksigen, bisa 300 meter per detik. Ini bisa umpamakan seperti mesin diesel di starter dan piston nya mulai naik. Padahal kecepatan piston di mesin diesel paling 14 meter per detik ( Mean Piston Speed ).

Kedua adalah berapa ratio tekanan nya. Kalo di mesin diesel umumnya 20:1 compression ratio. Ini artinya volume ruangan pembakaran dari 20Y ( piston mentok ke bawah ) di tekan ampe 1Y ( saat piston mentok abis ke atas ato Top Dead Center ) hasilnya = panas. Di regulator jika kita tidak fikirkan ada intermediate pressure leak ke 2nd stage, kompresi nya adalah 1 BAR jadi 200BAR = 200x compression ratio nya !!! Coba ajah pake senapan angin model per, kasih sedikit solar di chamber nya, pasti terjadi ledakan kecil.

Bagi yang tidak paham mesin diesel :
Mesin diesel tidak perlu busi untuk kasih api membakar solar, kayak di mesin bensin. Solar di tekan cepat dan kompressi ratio tinggi, akan meledak dengan sendiri nya karena kompressi akan hasilkan panas. Maka nya diesel engine disebut Compression Engine dan bukan Ignition Engine kayak mesin bensin. Ignition = pengapian.


Kalo diaghram 1st stage, ini lah flow oksigen nya :
Karena diaghram 1st stage kagak bisa buat A-Clamp atau DIN connector satu jalur dengan flow udara ke arah HP seat nya atau pasti kudu belok 90 derajat, maka oksigen yang pertama masuk dari tabung selam akan perlu nabrak stem nya orifice dan di belokan 90 derajat ke arah HP seat, lalu belok lagi 90 derajat untuk masuk ke HP seat + orifice mating surface untuk jadi 9-10BAR ke 2nd stage. Nah ini 2x tabrakan dan 2x belokan 90 derajat dan lubang udara emang pasti lebih sempit di diaghram 1st stage, membuat basic design sebuah 1st stage tipe diaghram tidak lah cocok sangat dengan sifat oksigen, jika di banding dengan piston type dan downstream pula, kayak MK2. Pasti nya HP seat di 1st stage diaghram tetap akan bocorkan 200BAR ke 9-10 BAR untuk tekanan sisi low pressure dan adiabatic compression tidak murni 1 ke 200 BAR, tetapi pasti berapa milli detik pertama, oksigen lebih punya kesempatan untuk kena tekan di 2 tikungan 90 derajat tersebut karena itu masih wilayah 200 BAR.

Kenapa 1st stage diaghram di buat seperti itu ? Karena model 1st stage diaghram bisa punya ambient sensing pressure yang kering, kagak perlu direct contact dengan air laut untuk "baca" kedalaman. Ini cocok untuk ice diving. Karena pake diaghram segala demi belain dry ambient sensing chamber, jenis diaghram 1st stage pasti :
1 - Alur udara nya pasti lebih sempit dari tipe piston, mau merek apapun, termasuk Mk17 Scubapro.
2 - Udara ( oksigen ) kudu lebih belok2 di diaghram 1st stage, mau merek apapun, termasuk Mk17 Scubapro.
Untung di A, bisa rugi di B. Kan tidak ada design yang sempurna 100%. Harus ada kompromi , apa awal tujuan design nya ? Yang jelas demand regulator untuk scuba tidak ke pikir akan di pakai untuk 100% oksigen, pada awal design nya. Apalagi setelah Opa Cousteau keracunan oksigen kadar tinggi pake rebreather, maka nya dia bikin scuba regulator biar kagak perlu oksigen kadar tinggi dan bisa main lebih dalam.

Apakah 1st stage diaghram artinya pasti kebakaran kalo pake 100% oksigen.......... yah kagak lah yau. Pilihan tergantung dari produsen regulator. Kalo mereka punya model piston dan konservatif dalam hal safety, pasti hanya model piston 1st stage yang akan di convert ke 100% oksigen.

Jika produsen cuma punya design diaghram 1st stage, pasti mereka akan mati-matian convert itu 1st stage untuk oksigen 100%. Tidak mau lah produsen yang cuma punya diaghram 1st doank kudu buat regulator piston type dari enol lagi cuma demi membela spec 100% oksigen. Sales Nitrox Regulator 100% oksigen mah tidak sampai 0.1% pun dari total sales regulator biasa.

100% Oxygen/Nitrox adalah, saat di test di labotarium dan semua komponen bersih dan aman pakai 100% oksigen = lulus. Kayak nya tidak ada kriteria oxygen regulator yang pake test kayak NASA Neutral Buoyancy Lab yang sengaja berikan kotoran sekian banyak, pada tekanan sekian psi/bar dan pada oksigen kadar sekian %. Maka regulator tipe piston ato diaghram asal material nya semua oxygen compatible dan di oprek-oprek dikit pasti akan lulus. Soal mana yang paling cocok, user analisa sendiri dari summary yang saya sudah buat.

Kagak boleh jorok kalo pake regulator dan tabung oksigen 50% ke atas. Tetapi bisa kah user jaga kondisi selalu bersih sempurna dari saat tabung di isi, di transportkan, di transitkan, di angkat dan di simpan di kapal atau didarat, sebelum di pakai diving ? Bisakah selama 1 tahun sebelum annual service dan pasti nya akan dilakukan oxygen cleaning lagi, sang user jamin kebersihan regulator 50-100% oxygen dan tabung nya, luar-dalam, supaya di jaga kayak masih perawan ?

Poseidon ajah wanti wanti bilang TIDAK BOLEH 0-ring ke tabung di DIN fitting 100% Nitrox regs mereka, untuk di sentuh ama jari pun. Karena jari ada natural body oil, bukan soal diver suka ngupil pake jari ........wak kik kik kik. Kayak bohlam halogen ajah, no finger touch.

Lalu dari sisi blending. Jika kita mau andaikata 75% oksigen, blending nya pake apa itu sisah 25% nya ? Di atas 40% terbukti dari DAN Nitrox workshop tingkat resiko naik nya cukup drastis. Makin tinggi kadar oksigen nya, mangkin rawan. Jika udara tambahan 25% nya, pasti akhirnya nitrogen juga, isi nya pake cara apa ? Pake kompressor ? Atau partial blending dengan cara terbalik ? Udara 21% dulu masuk ke tabung dan baru di transfer 100% oksigen terkalkukasi untuk dapat 75% oksigen ? Apapun cara nya untuk dapatkan oksigen kadar tinggi, kecuali special order dari pabrik gas.....kalo kudu blending sendiri, pasti ada resiko nya jika yang dipakai adalah kompressor scuba dan tipe yang pakai pelumas oli. Tipe kompressor yang pakai oli sangat umum di Indonesia , kalo kompresor RIX yang tidak pakai oli paling ada dibawah 10 unit se Indonesia di kalangan penyelam.

Jika kompressor selam umum ( yang pake oli ), dan dengan filtrasi standard, itu abu/particle <20 micron akan bablas ke tangki sebab paling top fiter paper atau foam nya di dalam filter cartridge cuma 20 micron, malah banyak yang 40 micron atau lebih. Baik nya beli filter housing khusus yang punya element 2 atau 0.5 micron, biasanya bukan pake kertas lagi tapi sintered metal. Ingat, abu/particle dan tekanan tinggi = calon proyektil

Filter cartridge standard pun belum tentu mampu tangkap uap oli ( hydrocarbon ) pada level super rendah dan ini akan buat residual hydrocarbon terlalu tinggi untuk di pakai di capuran oksigen kadar tinggi. Kudu beli hyper filter dan housing nya lagi. Emang biang kerok nya adalah, gara-gara pake kompressor yang oil lubricated, jadi repotlah akhirnya buang traces of hydrocarbons ini.

Jaga katup tabung selam yang di isi 50-100% oksigen untuk selalu bersih di atas kapal yang sempit dan sering kena muncratan ombak, merupakan tantangan tersendiri. Jika kapal pake mesin tempel 2 tak, saat isi bensin dan campur oli 2 tak, kadang kala belepotan dikit. Itu oli 2-tak sangat tahan air dan licinlah dek kapal dan ber oli dikit.

Jika kapal nya pakai drigen bensin dan bukan tangki bensin built in di bawah dek kapal, resiko tangan kru jorok kena oli/bensin saat oper tangki ke diver juga ada.
Jadi juga jangan makan pisang goreng kalo mau pasang tabung 50-100% oksigen ke regulator yah.... he he he. Belepotan minyak goreng tuh tangan.

Soal fanatik nya diver yang pakai alat/tabung 50-100% oksigen terhadap kebersihan, akan terbayar saat terbukti zero fire accident. Cuma perlu satu kali KABOOM bagi yang jorok, its too late by then.

Nih diver bandel yang pake Atomic Titanium 1st stage, udah di bilang bahan titanium jangan pake di atas 40% mau merek apapun selama titanium, maksimal adalah 40% oksigen TITIK. Tetap ajah dia pake pada 78% ( data 78% dari Undercurrent.Org )
http://www.nitroxdiver.com/Library/explode.html
Apakah diver ini juga jorok handling alat nya ?? Kagak tau deh.

Kalo abis hydrostatik tabung selam yang akan di pakai di oksigen level tinggi. Oxygen Clean dari enol lagi dan extra hati hati . Hidrostatik center pake hydraulic pump untuk mepompa air bertekanan tinggi, itu hydraulic pump pake hydraulic oil. Jika seal nya tuh pompa agak bocor dikit, air akan ada oli nya dikit. Ini sudah kasus di Jepang, wele2 padahal Jepun extra telitih kan ?
http://shippai.jst.go.jp/en/Detail?fn=0 ... &kw=oxygen

Semua industri belajar jika sudah ada kecelakaan dan akan buat perubahan. Asal kita bukan korban dari kejadian itu, yah mujur lah.

Di industri diving saat ini di Indonesia, yang lebih serem bukan soal high oxygen content dalam tabung selam. Yang lebih seram adalah tabung selam alumunium lama dari bahan 6351 yang tergantung dari pabrik negara mana, batasan produksi adalah tahun 1995. Banyak sekali tabung dibawah tahun 1995 yang masih beredar dan makin rame aktivitas diving di lokasi tertentu, kemungkinan tabung lama masih dipakai mangkin tinggi. Sebelum kasus meledak nya ( % sangat kecil ) tabung alu bahan 6351, prediksi umur tabung adalah 100,000 cycle atau lebih dari 20 tahun.
Kenyataan nya tidak semua seperti itu, ada yang belum dibawah 15 tahun pun meleduk. Saya tidak mau pakai tabung yang kecuali 1996 ke atas dan kalo bisa 2000 ke atas. Kalo isi, 1996 ke atas only, dan kayaknya tahun depan akan di rubah menjadi umur tabung 12 tahun maksimal.

Tabung alloy 6351 meleduk karena gejala Sustained Load Cracking ( SLC ), alias retak karena beban terus menerus.

http://biobug.org/scuba/scubatank/
http://www.massdiving.com/tank_explosion_6351.htm

Pengakuan Luxfer:
http://www.luxfercylinders.com/support/ ... alia.shtml

Untuk yang engineer mettalurgy :
http://www.phmsa.dot.gov/staticfiles/PH ... report.pdf


Luxfer used the questionable metal, known as 6351 alloy, in its cylinders from 1972 to the middle of 1988 in the United States. Cylinders manufactured by Luxfer in the UK between 1958 and 1995 contain the alloy, as well. Other companies, including some that were later acquired by Luxfer, used it until 1990.

Pada tahun 1994 DOT sudah berikan warning soal kelemahan alloy 6351.
http://www.nrc.gov/reading-rm/doc-colle ... 95001.html

Pada tahun 2002, barulah Luxfer ( setelah beberapa jari hilang dan kalo kaga salah ada nyawa melayang ) lalukan trade in program untuk tabung dengan alloy 6351 ke tabung dengan alloy 6061 :
http://www.luxfercylinders.com/news/rel ... 1022.shtml

Luxfer salah kah.....?.....enggak juga sih. Mana ada sih barang yang tahan lama banget kalo pake nya kasar kayak diver dan di aplikasi rental pula.
Awal 2000an saya pernah menemukan tabung lama 6351 yang baru lulus hidrostatik. Lalu di isi dan COSSSssss, untung retak kayak celana robek doank, bukan dalam banyak kepingan. That's it, forget old tanks dah. Kalo yang terbang katup nya nya doank masih masuk akal bahwa thread nya rusak dan lolos inspeksi. Kalo tabung "robek" setelah lulus hidrostatik.....wah, ini mah keterlaluan.


Tahun 2000, Jepun sudah mendapatkan keretakan di drat tabung alloy baru 6061 ..OOOPSSS !!!!
http://shippai.jst.go.jp/en/Detail?fn=2&id=CB1011002
Karena investigasi menjumpai keretakan disebabkan oleh korosi, ini artinya yang pakai tabung sempat kemasukan air laut tabung nya atau compressor nya punya filter udah uzur banget sampai udara kering kagak bisa di produksi. Umumnya air laut biang kerok sih. Air laut yang masuk karena tabung di pake sampe enol. Kalo nemu tabung yang sangat sulit di buka, gergaji dan buang ajah. Ini pasti drat nya tabung udah korosi banget dan kayak "di las" ama drat katup nya. Tidak akan lulus thread inspection.

Alumunium baru 6061 menjanjikan alloy yang lebih baik, dan tergantung negara mana yang buat tabung, sekitar 21 tahun adalah umur tertua alloy 6061.
Lalu saya tunggu-tunggu untuk potensi meletup nya tabung alloy 6061 dalam industri scuba diving. Ini belum ada kepastian apakah alloy 6061 lah tabung yang meleduk di berita ini :
http://www.dailytelegraph.com.au/news/b ... 5928664991
Kejadian ini tahun 2010, wajar kalau kita suspect ini tabung bukan tabung tua-tua banget dan sangat besar kemungkinan alloy 6061.

Jika ini adalah bahan 6061, yah wajar lah, only time can tell. Manusia boleh predict apapun pake engineering calculation, hanya dengan di pakai di lapangan dan kena JOROK nya real world use, barulah kelemahan bisa di jumpai. Accidents do make safer products....asal jangan u and me yang jadi korban yah.

Karena annual inspection dan hidrostatic per 5 tahun lah kita bisa menekan angka kecelakaan sebab tangki akan di gagalkan jika tidak lulus 2 test ini dan sukur-sukur di jadikan pot bunga dan jangan sampe beredar dan jadi time-bomb.

Blup...blup...blup
SP


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Tue Dec 07, 2010 9:51 am 
Offline

Joined: Tue Mar 20, 2007 5:58 pm
Posts: 1052
@mbah surya: haaaaaa.. salah banget gw baca ini pagi2 pas baru bangun wakaka.. berasa masuk kelas blending lagi *nasib otak cuman secuil.. hiks..*

tengkyu banget mbah, perlu 1-2 hari buat mencerna & nanti sayah mau tanya lagi..


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Tue Dec 07, 2010 11:13 am 
Offline
User avatar

Joined: Fri Aug 25, 2006 10:33 am
Posts: 1564
waah makin berasa kalo belom tau apa2..

_________________
Hernando Alkausar
--
www.hamueco.com/diving
+62-812-218-NNDO


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Sun Dec 12, 2010 4:54 pm 
Offline

Joined: Wed May 20, 2009 6:35 am
Posts: 57
menyimak dan mencoba memahami :lol:
lanjut sharingnya om..


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 47 posts ]  Go to page Previous  1, 2, 3, 4  Next

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
cron