It is currently Sat Oct 21, 2017 8:21 am

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 16 posts ]  Go to page 1, 2  Next
Author Message
 Post subject: Fitness to Dive
PostPosted: Sun Nov 28, 2010 7:12 pm 
Offline
User avatar

Joined: Thu Jul 09, 2009 5:51 pm
Posts: 1571
Location: Jakarta
Dear all,

Diving seringkali dianggap sebagai sport/ olah raga yang tidak mementingkan fisik. Bagi sebagian orang, diving adalah kegiatan yang menantang, meskipun pada umumnya kita menyelam dengan perlahan dan santai untuk menikmati pemandangan bawah laut.

Namun demikian, sebagaimana kita semua ketahui dan pernah alami, ada waktu-waktu dimana kita akan dipaksa untuk berenang dengan kuat dan cepat untuk mengantisipasi situasi seperti arus. Kondisi perairan dapat setiap saat berubah dan menuntut adanya kekuatan fisik. Arus atau angin dapat mendadak menjadi kencang dan membuat permukaan laut menjadi kurang bersahabat. Atau, terjadi kondisi emergency di bawah air maupun di permukaan yang menuntut kita untuk berenang jauh, dsb. Pada kondisi-kondisi inilah kita memerlukan kemampuan untuk merespon situasi secara baik dan aman.

Konsep dari 'fitness to dive' atau tingkat kebugaran untuk menyelam ini secara umum dapat dibagi dalam 2 kategori. Kategori yang pertama adalah kondisi cukup fit atau fit 'enough' secara umum untuk melakukan diving, termasuk diantaranya memiliki kemampuan untuk mengangkat/ membawa perlengkapan hingga ke dive site, dan juga untuk merespon terhadap contoh situasi yang telah dijelaskan di atas (arus, dll).

Kategori yang kedua adalah termasuk melakukan evaluasi terhadap kondisi kesehatan yang dapat mempengaruhi kemampuan kita menyelam.

Perlu untuk dipahami bahwa terdapat beberapa kondisi kesehatan yang secara mutlak bertentangan dengan diving. Pertimbangan terhadap beberapa kondisi medis ini dikaitkan dengan kemungkinan bahwa kondisi tersebut dapat mempengaruhi kemampuan seorang diver untuk merespon terjadinya kondisi-kondisi yang tidak terduga.

Selain itu, beberapa kondisi medis khusus juga dapat membahayakan jiwa seorang diver dan buddynya. Misalnya, seseorang dengan kelainan seperti kejang-kejang sangat tidak diperbolehkan menyelam. Kejang yang terjadi saat sedang menyelam akan sangat membahayakan jiwa si diver, termasuk jiwa buddynya karena buddy harus merespon terhadap situasi dengan melakukan pertolongan yang juga berbahaya.

Jika anda memiliki pertanyaan tentang kondisi fitness to dive anda atau bagaimana kondisi medis tertentu dapat mempengaruhi diving fitness, hubungi Divers Alert Network (DAN) (http://www.danasiapacific.org) untuk memperoleh informasi lebih lanjut atau mendapatkan rujukan dokter yang memahami tentang kegiatan diving.

FIT 'ENOUGH' TO DIVE

Pada bagian ini kita coba membahas kondisi yang sering kita sebut dengan 'cukup sehat' atau 'lumayan sehat' atau 'ok kok'...

Status fitness to dive kita selalu berubah setiap harinya. Kurang tidur, flu, demam dan alergi semuanya mempengaruhi kemampuan kita untuk melakukan diving.

Pernyataan 'fit to dive' pada form medical declaration yang pernah diisi berdasarkan pemeriksaan yang 'pernah' dilakukan pada waktu yang lalu (umumnya saat mau ikut dive course, dan juga seringkali hanya pernyataan yang dibuat sendiri tanpa melalui pemeriksaan oleh dokter) tidak berarti bahwa kita selalu 'fit to dive'. Oleh karena itu sangatlah penting untuk memperhatikan kondisi tubuh secara seksama setiap saat.

Jantung, paru-paru, telinga dan sinus semuanya terlibat dalam kegiatan diving. Setiap kondisi yang mempengaruhi sistem ini dapat mengganggu kemampuan diver untuk menyelam.

Seorang dive master atau diver itu sendiri, dapat melakukan asesmen atau pemeriksaan terhadap kondisi fitness seorang diver atau dirinya untuk melakukan suatu dive dengan menanyakan beberapa hal penting berikut ini:

Pertama, dapatkan anda melakukan equalizing secara sempurna? Ini termasuk equalizing pada telinga dan sinus serta rongga2 udara seperti masker dan hoods.

Berikutnya, apakah diver memiliki kondisi yang dapat membuatnya kehilangan kemampuan secara tiba2? Hal ini termasuk permasalahan syaraf (neurological), jantung (cardiac) atau pernafasan (pulmonary).

Apakah seorang diver cukup fit untuk mampu merespon terhadap kondisi penyelaman? Dalam hal ini termasukmemeriksa kemampuan diver untuk menghadapi arus yang kuat, ombak besar dan berenang jarak jauh di permukaan laut. Asesmen terhadap hal ini menjadi sangat mutlak jika kita mengetahui bahwa di suatu site tertentu terdapat kemungkinan terjadinya kondisi tertentu (arus, ombak, dll).

Yang terakhir adalah apakah seorang diver memiliki kondisi tertentu yang mempengaruhi tingkat 'fit to dive'nya seperti usia, kematangan, kondisi psikologis, kekuatan fisik, kemampuan renang atau permasalahan keseimbangan dan koordinasi tubuh yang tidak kompatibel dengan kebutuhan suatu penyelaman?

Terdapat banyak cara untuk mengevaluasi tingkat fitness to dive secara umum dan mengukur apakah seorang diver 'cukup' fit untuk melakukan dive yang direncanakannya. Sayangnya tidak satupun dari test yang dapat dilakukan mampu memberikan hasil yang pasti/ eksak. Oleh karena itu, sangatlah baik jika kita senantiasa menyediakan 'margin of safety' untuk kepentingan diri kita sendiri, buddy dan diver lainnya.

... bersambung ...

_________________
BBeXplorers - Indonesia's Center for Diving Excellence | GUE Affiliate | We provide: Diver Training, EFR Training, Halcyon Dive Systems | Need info on joining DAN? E-mail me: rendra [at] banyubiru.org | Join our group on facebook: Banyu Biru Explorers


Top
 Profile  
 
 Post subject: Kebugaran Sangat Penting Untuk Diving Yang Aman
PostPosted: Sun Nov 28, 2010 7:50 pm 
Offline
User avatar

Joined: Thu Jul 09, 2009 5:51 pm
Posts: 1571
Location: Jakarta
Pada saat diver berada dalam kondisi yang fit, mereka akan memiliki cadangan kemampuan yang cukup untuk bisa menangani terjadinya situasi tertentu yang menuntut kemampuan fisik saat sedang melakukan diving.

Berada dalam kondisi tubuh yang fit bukanlah jaminan bahwa seorang diver akan terhindar dari trouble, atau mencegah seorang diver dari kondisi darurat medis di air, namun yang pasti kondisi yang fit akan memberikan peluang yang lebih baik untuk survival. Contohnya, kondisi jantung yang sehat akan sangat menolong saat diver harus merespon kebutuhan beban kerja yang lebih besar.

Beberapa data riset yang masih pada tahapan awal menunjukkan bahwa tingkat aerobic fitness yang meningkat berpengaruh pada menurunnya bubble formation pada tubuh hewan dan manusia. Selain itu, terdapat bukti bahwa latihan aerobic yang dilakukan 20 jam sebelum diving mampu menurunkan jumlah bubble formation dalam tubuh.

Mengukur Kebugaran: METs

US Navy melakukan riset tingkat kebugaran yang dibutuhkan oleh seorang penyelam pada kondisi kerja maksimum dan peralatan lengkap. Hasil riset US Navy tersebut menunjukan bahwa seorang penyelam sebaiknya berada pada skala 13-MET.

Berbeda dengan riset yang dilakukan oleh US Navy, pada umumnya recreational diver tidak akan membutuhkan tingkat exercise/ work rate yang mirip dengan standar US Navy, bahkan pada situasi yang paling membutuhkan kemampuan fisik.

Berdasarkan buku 'Assessment of Diving Medical Fitness' tulisan para ilmuwan penyelaman Dr. Peter Bennett, Dr. Frans Cronje dan Dr. Ernest Campbell, disebutkan bahwa pada suatu penyelaman rekreasional yang bersifat santai tanpa kondisi spt arus, dll yang dilakukan oleh seorang diver berpengalaman akan membutuhkan sedikitnya tingkat kegiatan (work rate) pada skala 3-MET. Namun demikian agar diver mampu merespon situasi-situasi tertentu yang demanding maka disarankan bahwa diver memiliki fitness level setidaknya pada skala 10-MET.

Apakah MET itu?

MET adalah singkatan dari Metabolic Equivalent, suatu nilai asumsi dari tingkat metabolisme tubuh dalam kondisi istirahat. MET adalah suatu cara yang simple untuk mengukur tingkat kebugaran aerobic. Pengukuran MET dilakukan dengan membagi tingkat konsumsi oksigen maksimum dengan nilai tipikal tingkat metabolisme saat istirahat.

Tingkat konsumsi oksigen maksimum (VO2 max) diukur dengan menggunakan suatu tes fisik singkat namun melelahkan hingga tingkat usaha maksimum, sambil dilakukan pengukuran tingkat gas yang dihasilkan dari pernapasan.

Nilai tingkat metabolisme dilakukan dengan menggunakan satuan unit yang sama (3,5 mililiter oksigen per kilogram massa tubuh).

Anda dapat melakukan pengukuran MET atau MET Test secara detail di tempat-tempat general check-up (dokter atau rumah sakit).

Pengukuran MET secara sederhana dapat juga dilakukan sendiri meskipun hasilnya akan kurang akurat. Saya akan posting cara melakukan pengukuran MET pada posting selanjutnya.

Secara umum, hasil / skala pengukuran MET dibagi dalam 5 rentang:

- cukup lumayan untuk lifestyle yg tidak aktif: >7
- cukup lumayan untuk kehidupan yang cukup aktif: >10
- optimal untuk kebugaran hidup: >14
- berkemampuan atlet/ kompetitif: >17
- elite: >20

Sebagai contoh, saya sendiri memiliki MET sebesar 13,5 berdasarkan hasil pengukuran detail (check-up) beberapa bulan yang lalu. Jika diukur menggunakan cara sederhana (yang caranya akan saya sampaikan pada posting selanjutnya) adalah 9,98.

---bersambung---

_________________
BBeXplorers - Indonesia's Center for Diving Excellence | GUE Affiliate | We provide: Diver Training, EFR Training, Halcyon Dive Systems | Need info on joining DAN? E-mail me: rendra [at] banyubiru.org | Join our group on facebook: Banyu Biru Explorers


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Sun Nov 28, 2010 9:25 pm 
Offline

Joined: Tue Mar 20, 2007 5:58 pm
Posts: 1052
aaah.. info yang berguna! untung sayah sering olahraga! *nonton ESPN & star sport, main winning eleven di PS2, main tekken di xbox dll*


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Mon Nov 29, 2010 7:49 am 
Offline
User avatar

Joined: Sat Mar 21, 2009 6:40 pm
Posts: 161
hantulaut wrote:
aaah.. info yang berguna! untung sayah sering olahraga! *nonton ESPN & star sport, main winning eleven di PS2, main tekken di xbox dll*


klw ini sih olahraga jari dan olahraga mata...

_________________
Frandi @ambon
27773E0C


'sambil menyelam minumnya tetap teh botol SoSro'


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Mon Nov 29, 2010 8:29 am 
Offline
User avatar

Joined: Fri Aug 25, 2006 10:33 am
Posts: 1564
wah kebalik dong selama ini, saya motto nya dive to fitness..
soalnya kan mondar-mandir angkat2 tabung sama pemberat dulu sebelum nyemplung..

_________________
Hernando Alkausar
--
www.hamueco.com/diving
+62-812-218-NNDO


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Fitness to Dive
PostPosted: Mon Nov 29, 2010 1:16 pm 
Offline

Joined: Wed Aug 05, 2009 2:57 pm
Posts: 4
Status fitness to dive kita selalu berubah setiap harinya. Kurang tidur, flu, demam dan alergi semuanya mempengaruhi kemampuan kita untuk melakukan diving.


kalo malamnya ngabisin stout banyak..... termasuk nggak bro.....
he....he......he......


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Fitness to Dive
PostPosted: Mon Nov 29, 2010 5:05 pm 
Offline
User avatar

Joined: Thu Jul 09, 2009 5:51 pm
Posts: 1571
Location: Jakarta
calvin wrote:
Status fitness to dive kita selalu berubah setiap harinya. Kurang tidur, flu, demam dan alergi semuanya mempengaruhi kemampuan kita untuk melakukan diving.


kalo malamnya ngabisin stout banyak..... termasuk nggak bro.....
he....he......he......


:lol: ini contoh yang bagus dan nyata!! wakakakakakak....

husss... jangan ditiru ya adik-adik... kalau kakak Calvin memang berbeda! :lol:

_________________
BBeXplorers - Indonesia's Center for Diving Excellence | GUE Affiliate | We provide: Diver Training, EFR Training, Halcyon Dive Systems | Need info on joining DAN? E-mail me: rendra [at] banyubiru.org | Join our group on facebook: Banyu Biru Explorers


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Mon Nov 29, 2010 5:22 pm 
Offline

Joined: Tue Mar 20, 2007 5:58 pm
Posts: 1052
kakak calvin memang beda! maksudnya bouyancy nya bagus gitu loooh.. ini yang perlu ditiru! *lulusan bouyancy & propulsion clinic soalnya hahaha..*


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Tue Nov 30, 2010 6:05 pm 
Offline
User avatar

Joined: Mon Jun 14, 2010 9:24 am
Posts: 516
Location: jakarta
hantulaut wrote:
kakak calvin memang beda! maksudnya bouyancy nya bagus gitu loooh.. ini yang perlu ditiru! *lulusan bouyancy & propulsion clinic soalnya hahaha..*


OOT ah.. om Hantu dan om Rendra, next clinic di Senayan kapan yaa... hehehe at last dive my buddy had incident.. ops.. salah posting topik yaa ? :) :)

ar


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Wed Dec 01, 2010 10:24 am 
Offline

Joined: Wed Aug 05, 2009 2:57 pm
Posts: 4
hantulaut wrote:
kakak calvin memang beda! maksudnya bouyancy nya bagus gitu loooh.. ini yang perlu ditiru! *lulusan bouyancy & propulsion clinic soalnya hahaha..*


Terima kasih kakak guru atas ilmu yang diberikan......
Kemarin waktu di sanghyang ilmunya udah dicoba......
penurunan "lemak" sudah langsung dilakukan dari dive I.


Top
 Profile  
 
 Post subject: Menghitung MET score - on paper test
PostPosted: Sat Dec 04, 2010 10:02 pm 
Offline
User avatar

Joined: Thu Jul 09, 2009 5:51 pm
Posts: 1571
Location: Jakarta
Mengukur kebugaran dengan BMI

Sebuah metode alternatif yang biasa digunakan adalah “University of Houston Non-Exercise Estimate of Aerobic Capacity (VO2 max est)”.

Metode ini digunakan untuk memperkirakan (melakukan estimasi) kapasitas aerobik (VO2 max est) tanpa harus melakukan suatu exercise atau kegiatan. Dasar dari metode ini adalah kondisi dimana kapasitas aerobik seseorang cenderung berhubungan negatif dengan usia dan kelebihan lemak tubuh, namun berhubungan positif dengan kebiasaannya bergerak (exercise). Tes ini dapat dilakukan pada pria maupun wanita.

Persamaan yang dipergunakan adalah berikut ini:

Menggunakan satuan metrik:
- Hitung berat badan dalam kg (kilogram)
- Hitung tinggi badan dalam centimeter kemudian dibagi 100 = tinggi dalam meter
- Body Mass Index (BMI): berat tubuh dalam kg dibagi kuadrat tinggi dalam meter

Contoh 1:
Berat dalam kg = 65kg
Tinggi dalam meter = 1,7 meter
BMI = 65 / (1,7 x 1,7)
= 65 / 2,89
= 22,49

Contoh 2:
Berat dalam kg = 108kg
Tinggi dalam meter = 1,7 meter
BMI = 108 / 2,89
= 37,37

Kode Aktivitas

Pilih salah satu angka antara 0 – 7 untuk memberikan nilai aktivitas yang anda lakukan secara umum selama sebulan terakhir:

Tidak secara rutin/ reguler mengikuti aktivitas sport rekreasi terprogram atau kegiatan fisik yang berat:

0_ Menghindari berjalan atau pengeluaran tenaga, misalnya selalu menggunakan lift, menggunakan mobil atau motor bila memungkinkan dibandingkan berjalan kaki
1_ Berjalan kaki untuk bersantai, secara rutin menggunakan tangga, sekali-sekali berolahraga yang cukup membuat nafas menjadi berat atau berkeringat

Berpartisipasi secara reguler dalam aktivitas rekreasi atau kegiatan yang memerlukan aktifitas fisik yang cukup seperti misalnya golf, berkuda, bowling:

2_ Berjalan kaki 10 sampai 60 menit setiap minggu
3_ Berjalan kaki lebih dari satu jam setiap minggu

Berpartisipasi secara reguler dalam kegiatan fisik yang berat seperti berlari, jogging, renang, bersepeda, atau terlibat dalam kegiatan aerobik yang cukup melelahkan seperti tennis, bola basket atau sepak bola:

4_Lari dengan jarak kurang dari 1,6 kilometer setiap minggu atau menghabiskan waktu kurang dari 30 menit setiap minggu dalam bentuk aktifitas fisik lain yang sebanding dengan lari kurang dari 1,6 kilometer
5_Lari dengan jarak antara 1,6 sampai 8 kilometer setiap minggu atau menghabiskan waktu antara 1 hingga 3 jam setiap minggu dalam bentuk aktifitas fisik lain yang sebanding dengan lari kurang dari 8 kilometer
6_Lari dengan jarak antara 8 sampai 16 kilometer setiap minggu atau menghabiskan waktu antara 1 hingga 3 jam setiap minggu dalam bentuk aktifitas lain yang setara dengan lari dalam jarak tersebut
7_Lari lebih dari 16 kilometer setiap minggu atau menghabiskan waktu lebih dari 3 jam setiap minggu dalam bentuk aktifitas lain yang sebanding dengan lari dalam jarak tersebut

Rumus Houston VO2 max est untuk Pria:

VO2 max = 67,350 – BMI (0,754) – Usia (0,381) + kode aktifitas (1,921)
VO2 max = 67,350 - ____ (0,754) - ____ (0,381) + ____ (1,921)
VO2 max = 67,350 - __________ - ___________ + __________
VO2 max = ____________mL pangkat -1 kg (min) pangkat -1

Rumus Houston VO2 max est untuk Wanita:

VO2 max = 56,363 – BMI (0,754) – Usia (0,381) + kode aktifitas (1,921)
VO2 max = 56,363 - ____ (0,754) - ____ (0,381) + ____ (1,921)
VO2 max = 56,363 - __________ - ___________ + __________
VO2 max = ____________mL pangkat -1 kg (min) pangkat -1

Sumber: Jackson, A.S., et al, “Prediction of functional aerobic capacity without exercise testing,” Medicine and Science in Sports and Exercise (1990) 22:863-870

Harap diingat untuk memilih kode aktivitas anda secara tepat.

Formula ini akan memberikan kita estimasi dari VO2 max kita. Dari sini, kita membagi angka hasil VO2 max est tersebut dengan 3,5 untuk mendapatkan angkat METmax.

Sistem ini memiliki kekurangan khususnya dalam penghitungan angka MET bagi wanita karena tubuh wanita secara umum memiliki unsur lemak tubuh yang lebih tinggi dibandingkan pria. Dalam penghitungan MET, semakin tinggi unsur lemak tubuh berarti semakin rendah tingkat metabolisme saat istirahat. Oleh karena itu, untuk penghitungan METmax bagi wanita sering juga digunakan angka 3,2 sebagai pembaginya.

Sistem perhitungan ini hanyalah untuk memberikan gambaran kepada kita mengenai tingkat kebugaran aerobik kita. Satu-satunya cara yang paling tepat untuk mengetahui tingkat kebugaran aerobik tentunya harus dilakukan melalui uji fisik.

Silahkan pergunakan file excel terlampir untuk memudahkan anda melakukan perhitungan-perhitungan kebugaran ini

Selamat mencoba dan memeriksa kondisi kebugaran anda!
(ingat, hasil perhitungan ini tidak secara akurat memberikan gambaran tentang tingkat kebugaran anda. Hubungi dokter anda untuk melakukan penghitungan yang akurat)

:D


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

_________________
BBeXplorers - Indonesia's Center for Diving Excellence | GUE Affiliate | We provide: Diver Training, EFR Training, Halcyon Dive Systems | Need info on joining DAN? E-mail me: rendra [at] banyubiru.org | Join our group on facebook: Banyu Biru Explorers


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Sun Dec 05, 2010 3:22 am 
Offline
User avatar

Joined: Tue Sep 15, 2009 3:15 am
Posts: 1396
Location: Katameya Heights
mas Rendra .. thanks
cuma dapat 12.93 nih
kayaknya nggak mungkin bisa masuk kategori "optimal"


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Sun Dec 05, 2010 5:52 am 
Offline
User avatar

Joined: Thu Jul 09, 2009 5:51 pm
Posts: 1571
Location: Jakarta
Mas Wisnu,

Hasil MET test mas Wisnu menyatakan bahwa tingkat kebugaran anda memenuhi syarat 'fit to dive'. Namun perlu diingat bahwa perhitungan yang saya sampaikan itu sifatnya teoritis loh... Perhitungan kilat ini biasa dilakukan untuk melakukan asesmen pendahuluan mengenai kebugaran seseorang.

Jadi kemungkinan besar, kalau dilakukan pengukuran MET dengan physical exercise, bisa aja mas Wisnu hasilnya di atas 14 atau bahkan 17! :D

Soalnya saya sendiri kalau MET test pakai metode ini hasilnya cuma 10, di border line utk boleh diving. Tapi hasil physical test di rumah sakit, hasilnya 14 MET, sesuai rekomendasi US Navy hehehe....

Yuk, yang lain coba ukur berapa METnya. Kunci utama adalah ketepatan pemilihan activity codenya.

Cheers,
Rendra

_________________
BBeXplorers - Indonesia's Center for Diving Excellence | GUE Affiliate | We provide: Diver Training, EFR Training, Halcyon Dive Systems | Need info on joining DAN? E-mail me: rendra [at] banyubiru.org | Join our group on facebook: Banyu Biru Explorers


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Thu Dec 09, 2010 5:21 pm 
Offline

Joined: Thu Aug 06, 2009 3:03 am
Posts: 1022
Location: Gili Trawangan
wih bermanfaat sekali nih mas rendra.
makasih nambah pengetahuan bgt mas.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Sun Dec 12, 2010 5:33 pm 
Offline

Joined: Wed May 20, 2009 6:35 am
Posts: 57
wah gw 11,78
ga perna olahraga..


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 16 posts ]  Go to page 1, 2  Next

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 0 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
cron