It is currently Mon Dec 18, 2017 8:30 am

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 18 posts ]  Go to page 1, 2  Next
Author Message
 Post subject: Testing GoPro4 Black di Bunaken
PostPosted: Sun Dec 07, 2014 6:29 am 
Offline
User avatar

Joined: Wed Mar 26, 2014 9:47 am
Posts: 116
Minggu lalu saya ada short dive trip ke Sulawesi Utara, dan sempat melakukan 2 x dive di Bunaken Saciko dan Bunaken Timur.

Pas deh, sekalian uji coba GoPro Black 4 yang saya set dengan settingan:
- 4K
- ProTune ON
- Menggunakan backscatter dive filter
- GoPro ditempel di GoPro pole/Tongsis
- Video di edit di GoPro Studio software

Divenya sendiri turun sampai 30m dan naik pelan-pelan dan safety stop di 5m, viz bagus mungkin sekitar 30m an.

Berikut hasil observasi saya:
- GoPro4 4K hasil videonya caem tenan! Apa lagi untuk detailnya, karna memang 4k ya. Dan saya rasa hasil videonya lebih bagus dibanding videonya RX100ii. Untuk wide angel dengan filter saya rasa GoPro4 ok sekali.
- Perlu menggunakan video tray, karna kalau ditempel di tongsis gampang sekali goyang/shake. Next time mesti pakai video tray biar lebih stabil. Dan juga GoPro juga tidak ada image stabilyzing nya.
- Saya coba edit singkat dengan GoPro Studio dan hasilnya juga menurut saya ok. Software GoPro studio ini walaupun ngga seelaborate PremierePro tapi lumayan mumpuni. Bisa set white balance, image setting etc.
- Saya export video file masih di 1080p dengan ukuran file sebesar sekitar 200mb, tapi kalau di export di 4K file jadi hampir 1GB.
- Mestinya dengan tambahan video light hasil nya bakalan bagus nih GoPro4. Tapi memang kebetulan belum sempat dive dengan konfigurasi video light.

Berikut videonya:

http://youtu.be/FKFEGkuskWY

Terakhir: Saya sangat2 puas dengan GoPro4 black ini, kecil-kecil cabe rawit.

Cuman sayang sewaktu dive di Lembeh saya agak ceroboh sewaktu masukin GoPro4 ke dive housing nya. Ada bocor sedikit dan sampai dibawah GoPro housing nya flooded. Semenjak itu GoPro4 nya dead!!! :(( :(( :(( :(( :(( :(( :(( :(( :(( :(( :(( :(( :((

PS: Copy to Om Surya, apa masih bisa diperbaiki ngga yaa kalu udah kebasahan gitu? :ympray:

_________________
Bona Djalins


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Testing GoPro4 Black di Bunaken
PostPosted: Sun Dec 07, 2014 9:39 am 
Offline

Joined: Thu Jan 31, 2013 12:56 pm
Posts: 52
GoPro4.....



.....flooded.



0_o

_________________
Catur Widodo
@jxlproject | [email protected] | http://indiegodive.com


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Testing GoPro4 Black di Bunaken
PostPosted: Sun Dec 07, 2014 3:21 pm 
Offline

Joined: Mon Sep 07, 2009 1:33 pm
Posts: 657
Location: Bone, Sulawesi Selatan
bonadjalins wrote:
Terakhir: Saya sangat2 puas dengan GoPro4 black ini, kecil-kecil cabe rawit.

Cuman sayang sewaktu dive di Lembeh saya agak ceroboh sewaktu masukin GoPro4 ke dive housing nya. Ada bocor sedikit dan sampai dibawah GoPro housing nya flooded. Semenjak itu GoPro4 nya dead!!! :(( :(( :(( :(( :(( :(( :(( :(( :(( :(( :(( :(( :((

PS: Copy to Om Surya, apa masih bisa diperbaiki ngga yaa kalu udah kebasahan gitu? :ympray:


ngga enak banget baca klimaksnya!
turut berduka cita ya...

:D


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Testing GoPro4 Black di Bunaken
PostPosted: Sun Dec 07, 2014 5:51 pm 
Offline
User avatar

Joined: Mon Dec 14, 2009 9:47 pm
Posts: 177
Location: di atas ombak, di bawah laut
bonadjalins wrote:
..


- Mestinya dengan tambahan video light hasil nya bakalan bagus nih GoPro4. Tapi memang kebetulan belum sempat dive dengan konfigurasi video light.

..


CMIIW nih om yah.. klo udah pake red filter, gak perlu lagi video light, ataupun sebaliknya, klo udah pake video light, gak perlu filter, soalnya nanti hasilnya akan kemerah2an.. :)

kalo saya prefer sebenernya pake video light yg powerful sekalian..

_________________
-ardi-
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Let's Go Diving


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Testing GoPro4 Black di Bunaken
PostPosted: Sun Dec 07, 2014 7:43 pm 
Offline
User avatar

Joined: Wed Mar 26, 2014 9:47 am
Posts: 116
ardilles wrote:
bonadjalins wrote:
..


- Mestinya dengan tambahan video light hasil nya bakalan bagus nih GoPro4. Tapi memang kebetulan belum sempat dive dengan konfigurasi video light.

..


CMIIW nih om yah.. klo udah pake red filter, gak perlu lagi video light, ataupun sebaliknya, klo udah pake video light, gak perlu filter, soalnya nanti hasilnya akan kemerah2an.. :)

kalo saya prefer sebenernya pake video light yg powerful sekalian..


Iya, maksudnya memang pake video light saja. Ngga pakai filter lagi kalo sudah pake video light.

Cheers.

_________________
Bona Djalins


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Testing GoPro4 Black di Bunaken
PostPosted: Sun Dec 07, 2014 10:54 pm 
Offline
User avatar

Joined: Tue Sep 15, 2009 3:15 am
Posts: 1396
Location: Katameya Heights
:-bd
makin cakep aja nih videonya mas Bona

_________________
https://www.flickr.com/photos/wisnupurwanto/


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Testing GoPro4 Black di Bunaken
PostPosted: Mon Dec 08, 2014 12:11 am 
Offline

Joined: Thu Jan 31, 2013 12:35 pm
Posts: 64
Flooded
coba deh di protol satu2 gopro 4 nya abis itu cuci diwastafel, batrenya jgn ikut dicuci, habis dicuci bersih dikeringkan biasa, abis tu masukin ke kantong isi beras selama kurang lebih 1 minggu, setelah sekitar 1 minggu coba dirakit dan dinyalain lagi klo nyala alhamdulillah bisa dipake lagi deh :D
cara itu worked ke go pro 3+ temen kmaren yg flooded jg, go pronya nyala lagi deh bisa dipake :D


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Testing GoPro4 Black di Bunaken
PostPosted: Mon Dec 08, 2014 10:16 am 
Offline
User avatar

Joined: Wed Mar 26, 2014 9:47 am
Posts: 116
@Wisnu: Makasiii mas Wisnu... mudah-mudahan bisa improve trusss :-D

@aldydiver: Makasii sugestinya.. Saya lagi coba nih.. saya coba masukin ke kantong beras.. Tunggu seminggu deh mudah2an bisa nyala lagi.. :D

Cheers...

_________________
Bona Djalins


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Testing GoPro4 Black di Bunaken
PostPosted: Mon Dec 08, 2014 10:14 pm 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
Waduh masuk air.

Jika batere di keluarkan cepat, bawa ke S-Pearl dan attention Surya.
Warranty Center tak akan terima flooding unit.
Ntar saya tengok apa yang bisa di bantu...personally yah.

Wah sedih neh.
Saran saya sih pakai Dive Housing.
Itu housing lebih robust dan semoga lebih memaafkan, kalo user error.
Sih housing slim super rapet, maka saat masukin kudu hati2.
Si Dive Housing ada gap dikit deh...jadi lebih memaafkan.

Baru ajah 2 minggu lalu temen main di kolam pake tongsis...ehh dia lupa bahwa pintu skeleton ( open/vented ) doors dia pake, yah kelelep lah SilverH4 nya. :mrgreen:

Jika pun bisa di selamatkan, umumnya fungsi tak bisa 100% balik normal sebab ada ajah yang kena koslet nya saat air laut jadikan short circuit condition. Udah bawa sini, ntar I do my best yah.

SP

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Testing GoPro4 Black di Bunaken
PostPosted: Mon Dec 08, 2014 10:14 pm 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
Loh kok double POST..DELETE AH... sorry.

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Testing GoPro4 Black di Bunaken
PostPosted: Mon Dec 08, 2014 11:15 pm 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
Om Bona,

Dengan 4k dan emang si BlackieH4 wide angle pada sekitar 130 derajat di air ( udara sekitar 160 an deh ), ini
memang kamera video wide angle termurah siap diving dengan resolusi 4K..yah si Blackie lah.

RX100Mk1 dengan Inon H100 wet wide angle lens, tanpa dome udara yah...jadi kalah tajam ama Hero3 Black, sebab image kudu lewat air sekian millimeter dan lewat lagi lensa sekian banyak element.

Kalo ajah ini special wide angle housing kagak mahal banget for its size...US$1,150 FOB USA pulak, eke mau deh beli ini : Kalo US$700 angkut dah.

http://deepprosystems.com/gopro-housing/


Jika Mas Bona kagak crop itu video dan adalah 4k>>1080p langsung, itu 4K memang tidak se wide angle 1080 Hero3+ setau saya deh.
Saya belum test sih tapi dari kurangnya distorsi di ujung kiri dan kanan karena housing pake flat lens, itu kayaknya 4K tidak se-wide angle 1080p. Mungkin beda 5 dejarat ato berapa gitu. Tetap kalo dapat 120* di air mah as-is tanpa bantuan apapun....untung dah.

0:50 - 0:58 dan 1:56 - 2:02 masih kemerahan. Apa ini effek filter BackScatter ato emang over compensation di GoPro Studio ?

1:48 - 1:54 dimana air laut ( sisi pinggir ) bisa merah, itu biasanya over correction di red color nya.


1:12 - 1:21 itu sisi wall yang ke tutupan matahari yah ? Sayangk yah, kalo matahari cukup, makin kece tuh.
Artinya dive nya jam 10 ato jam 2+ siang yah ? Atau ini segment yg kedalaman 30 meter ?
Saya condong duga dive ini pagi dan wall sisi dalam kagak kena matahari sebab entry kamu di 0:19 kayaknya matahari at an angle tuh dan di belakang kepala bukan direct di atas kepala. Asumsi wall nya tidak berubah arah atau ada tikungan patah.

Bisa pake key framing biar WB tiap segment beda beda dan kagak kebawa-bawa WB untuk 1 file video.

Protune ON dengan Native WB dan GoPro Color ato Flat ?
Kayaknya kamu kagak pake NATIVE WB deh, sebab jika Native WB, 0:43 sih sinar matahari bisa di tekan lebih sopan dan gradasi brightnessnya lebih mudah di oprek2. Ini jalur fiikir saya berdasarkan Hero3/3+ series..kan Hero4 eke belum bawa diving... he he he. Tapi sih dynamic range nya bagus ini BlackieH4, 0:43 itu kondisi sulit yang sering buat sensor ngaco/jebol atau tidak sanggup tampilkan diver dengan masih kelihatan tangan kiri tanpa glove di lipat di pinggang dan merek wetsuit nampak hurufnya dan D ring 1 biji di shoulder BCD kanan.

Emang kalo sumber 4K, nonton di Utube 720P ajah masih banyak sisah detail nya, walaupun bit rate kecil. :mrgreen:


Bisa pake tongsis dan godek segini doank mah bagus.
Paling enak mau stabil sih numpang di atas RX100 nya, jadi cukup berat dan cukup water resistance untuk kurangin godek2.

Good test my man.
Sorry H4 nya kelelep... :(

.

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Testing GoPro4 Black di Bunaken
PostPosted: Wed Dec 10, 2014 11:48 am 
Offline
User avatar

Joined: Wed Mar 26, 2014 9:47 am
Posts: 116
Thanks inputannya Om Surya..

Saya masih coba2 pakai GoPro Studio, jadi agak2 agresive sepertinya ngatur WB jadinya kemerahan gitu. Saya lagi coba juga sama Premiere Pro, nanti tak upload juga hasilnya apakah masih kemerahan juga.

Pengen coba juga nanti dengan keyframing. Kalo ada waktu nanti dipelajari lagi GoPro Studionya.

Kita dive di pagi hari dibawah jam 12 siang, karna sesudah makan siang lautnya sudah agak ngga bersahabat. 2x dive di pagi hari di potong 1 jam an surface interval.

Kayaknya waktu itu settingannya native WB deh.. tapi lupa, dan mau dicoba GPnya masih dalam karung beras.. :((

Itu Inon juga ngeluarin yah Om Surya aksesories buat GP.. http://inonnews.blogspot.jp/2014/09/acc ... ero33.html

Rekomend ngga? Apa masih bagusan yang solusi Deeppro itu?

Cheers!!

_________________
Bona Djalins


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Testing GoPro4 Black di Bunaken
PostPosted: Wed Dec 10, 2014 6:48 pm 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
bonadjalins wrote:
Thanks inputannya Om Surya..

Saya masih coba2 pakai GoPro Studio, jadi agak2 agresive sepertinya ngatur WB jadinya kemerahan gitu. Saya lagi coba juga sama Premiere Pro, nanti tak upload juga hasilnya apakah masih kemerahan juga.

Pengen coba juga nanti dengan keyframing. Kalo ada waktu nanti dipelajari lagi GoPro Studionya.

Kita dive di pagi hari dibawah jam 12 siang, karna sesudah makan siang lautnya sudah agak ngga bersahabat. 2x dive di pagi hari di potong 1 jam an surface interval.

Kayaknya waktu itu settingannya native WB deh.. tapi lupa, dan mau dicoba GPnya masih dalam karung beras.. :((

Itu Inon juga ngeluarin yah Om Surya aksesories buat GP.. http://inonnews.blogspot.jp/2014/09/acc ... ero33.html

Rekomend ngga? Apa masih bagusan yang solusi Deeppro itu?

Cheers!!


Yg Inon GoPro toys saya lagi beli pribadi semua 1 unit.
Entar dikau pinjam pake ajah and tell me....sebab saya waktu diving nya makin susah nya...sedih deh.
Wong Nauticam Macro Lens dan multiplier lens saya ajah di pinjam melulu ama in-house instructor...kita ajah belum kesempatan pake... :((

DeepPro saya lagi tunggu test video yang di air tropis dan pakai Hero4 Black, kalo OK baru angkut dah.

Jika DeepPro itungan nya tepat dan dome nya optical grade, tak akan Inon bisa menang sebab namanya wet lens kalo untuk wide angle susah tajam kayak dry lens. Kalo macro masih bisa sebab jarak air dekat ke target. Beda tipis deh, minimal. Cuma kalo kita modal nya 4K.. takutnya keliatan ntar kurang tajamnya. Ini analisa sy berdasarkan Inon H100

COLOR CORRECTION : Jika layar belum di calibrate, calibrate dulu, jadi base line nya tidak meleset karena layar.

Safe dive yah....

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Testing GoPro4 Black di Bunaken
PostPosted: Thu Dec 11, 2014 8:44 am 
Offline
User avatar

Joined: Wed Mar 26, 2014 9:47 am
Posts: 116
Surya Prihadi wrote:

Yg Inon GoPro toys saya lagi beli pribadi semua 1 unit.
Entar dikau pinjam pake ajah and tell me....sebab saya waktu diving nya makin susah nya...sedih deh.
Wong Nauticam Macro Lens dan multiplier lens saya ajah di pinjam melulu ama in-house instructor...kita ajah belum kesempatan pake... :((

DeepPro saya lagi tunggu test video yang di air tropis dan pakai Hero4 Black, kalo OK baru angkut dah.

Jika DeepPro itungan nya tepat dan dome nya optical grade, tak akan Inon bisa menang sebab namanya wet lens kalo untuk wide angle susah tajam kayak dry lens. Kalo macro masih bisa sebab jarak air dekat ke target. Beda tipis deh, minimal. Cuma kalo kita modal nya 4K.. takutnya keliatan ntar kurang tajamnya. Ini analisa sy berdasarkan Inon H100

COLOR CORRECTION : Jika layar belum di calibrate, calibrate dulu, jadi base line nya tidak meleset karena layar.

Safe dive yah....


Siippp!! Asyiiikkk!!! Makasii om Surya.. Tapi blom tau juga nih next trip.. Paling tahun depan.. :sad: Kalo sudah firm nanti tam samperin ke SP :D

BTW, GP4 nya tampaknya memang modyar neh.. Sudah 4 hari dipendem di beras masih ngga mau nyala. Apa ada repair centre nya ngga ya Om Surya? Apa mesti lem biru? :-s

Cheers!

_________________
Bona Djalins


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Testing GoPro4 Black di Bunaken
PostPosted: Thu Dec 11, 2014 9:12 am 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
Cabut tuh batere...jangan taro di kamera, makin koslet nanti.
Let me try tengok2 dulu deh, yah at least ada usaha deh....he he he.

Lem Biru sih solusi terbaik, tapi let me take a look dulu.
Tak bisa GoPro di perbaiki, sebab single motherboard design, tak bisa solder apapun,, itu micro level sudah and board nya mutilayer bukan single layer
.

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 18 posts ]  Go to page 1, 2  Next

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 2 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to: