It is currently Sat Dec 16, 2017 11:29 pm

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 18 posts ]  Go to page 1, 2  Next
Author Message
 Post subject: Memahami GoPro Protune + CamRaw untuk UW video
PostPosted: Sun Dec 01, 2013 1:33 am 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
Gang,

Bagi yang masih bingung apa itu Protune & CamRaw milik GoPro, ini sedikit ulasan versi ringan.

Protune adalah format rekaman GoPro yang juga MP4, tetapi di khususkan sebagai capture format,
untuk di lanjuti harus di oprek2 di software gratis GoPro yang disebut Cineform Studio ( nama lama ) atau GoPro
Studio 2.0 nama baru nya. http://gopro.com/software-app/gopro-studio

CamRaw adalah white balance versi flat yang bisa di pilih di GoPro HD3 Black dan HD3+ Black dan HD3 Silver.
HD3+ Silver sudah tidak di berikan fasilitas Protune.

Saat menggunakan GoPro Studio, file MP4 GoPro yang sudah di pilih Protune + CamRaw, harus dirubah dulu
ke Cineform loss-less codec dalam container AVI, yang adalah 10 bit ( bukan 8 bit ) 4:2:2 YUV. Kecuali camera
profesional, 8 bit 4:2:0 adalah standard.

Ada istilah "garbage in garbage out", kenapa toh 8 bit di jadikan 10 bit , toh sumber cuma 8 bit.

10 bit memberikan keluluasaan oprek2 tuh warna, noise dan apa pun yang di sebut video data, apalagi saat editor
pakai 32 bit floating point di Sony Vegas atau Adobe. Baca ini :
http://blogs.adobe.com/VideoRoad/2010/0 ... ssing.html


Saya kebetulan sempat test, HD3 Original, HD3 Black+ dan satu kamera lagi bernama ISAW Extreme.
Kenapa saya pilih Isaw Extreme ? Karena konon sensor nya dan processor nya mirip sekali dengan GoPro HD3 Black,
cuma tidak mampu resolusi 2.7K. Maka bisa di pelajari beda designer/manufaktur, beda algorithm dan berapa signifikan beda nya
jika ada nya Protune + CamRaw.

Sayang viz cukup buruk dan air memang agak greenish, kayak Pulau 1000 tapi mendingan deh.
3 kamera di jejerkan side by side.

Yang saya ingin tau adalah perbedaan Protune + CamRaw versi HD3 Black dan versi HD3+ Black dan juga AQUA
mode ( white balance khusus underwater ) dari ISAW.

Test tidak di bantu sama sekali dengan filter cyan ( red filter ), semua direct camera.

Test pertama adalah ketiga kamera semua pada AWB
Sequence : Kiri HD3-B , tengah HD3B+ , kanan Isaw Extreme

Image
Link original size : http://farm6.staticflickr.com/5550/1113 ... 6c14_o.jpg
Cendol hijau adalah response umum AWB outdoor camera saat di pakai UW dan air agak hijau dan dangkal.
WB nya Black Original memang agak yellowish warmer, WB nya Black+ agak cooler blueish, WB nya Isaw Extreme memang lebih biru lagi.


Test kedua adalah kedua GoPro dengan Protune + CamRaw dan Isaw Extreme pada AWB.
Playback file GoPro sebagai MP4.
Sequence : Kiri HD3-B , tengah HD3B+ , kanan Isaw Extreme

Image
Link original size : http://farm8.staticflickr.com/7344/1113 ... 6dc9_o.jpg


Test ketiga adalah kedua GoPro dengan Protune + CamRaw yang sudah di transcode ke Cineform AVI dan di grading warna nya dan Isaw Extreme tetap pada AWB.
Playback file GoPro sebagai Cineform AVI.
Sequence : Kiri HD3-B , tengah HD3B+ , kanan Isaw Extreme

Image
Link original size : http://farm6.staticflickr.com/5519/1113 ... 2667_o.jpg



Test ke-empat adalah kedua GoPro dengan Protune + CamRaw yang sudah di transcode ke Cineform AVI dan di grading warna nya dan Isaw Extreme pada WB Aqua Mode,
yang di program untuk UW.

Playback file GoPro sebagai Cineform AVI.
Sequence : Kiri HD3-B , tengah HD3B+ , kanan Isaw Extreme

Image
Link original size : http://farm4.staticflickr.com/3815/1113 ... a770_o.jpg




Test ke 5.
Kiri adalah file GoPro MP4 final, yang di touch up lebih lanjut di Vegas Pro. Dari Cineform AVI di render ke MP4.
Tengah adalah GoPro masih dalam Cineform AVI
Kanan adalah Isaw Extreme dengan Aqua mode WB.
Image
Link original size : http://farm8.staticflickr.com/7315/1113 ... 7c17_o.jpg


Sorry, gambar adalah freeze frame dari video, dan semua video bergerak, maka tidak bisa di capture optimal tajam nya.


Cineform AVI adalah unik sekali, sebab semua oprek2-kan cuma di metadata nya, di sebut active metadata.
Tanpa perlu di render, hasil langsung nampak real time dan langsung juga effek berlaku saat editor GoPro Studio
di gandeng jalan bareng dengan editor seperti Vegas Pro atau Adobe.

File Cineform AVI selamanya akan "perawan", tinggal di reset dan balik lah ke setting awal.
Untuk penjelasan Active Metadata :

"Active metadata literally means data that is stored within a compressed CineForm file that
specifies an operation to be performed on the decoded bitstream prior to delivering the decoded data to the calling
application. Using the Silicon Imaging SI-2K camera as an example, during camera recording color information
(White Balance or 3D LUTs) is stored as “active” metadata inside the CineForm RAW file. It is never “flattened”
into the compressed video bitstream. When a CineForm RAW file is played, the CineForm decoder decompresses
the bitstream, applies a dynamic DeBayer operation, then adds active color information from metadata stored in the
file.

Active Metadata is a valuable technique to preserve highlight detail from the camera’s sensor. In a traditional
camera, white balance and color matrix processing is “flattened” into the bitstream. Such processing can reduce
highlight detail significantly depending on the amount of processing. As long as color information is stored as
“active metadata” instead, highlights from the camera’s sensor remain in the source bitstream and color processing
remains a post process. Color information can always be changed or eliminated altogether without impacting the
original source data."



Kiri adalah GoPro.
Kanan......... saya oprek2 video dari Isaw Extreme yang sudah terkunci di WB Aqua mode, dengan pakai Vegas Pro.
Tetap blueish nya kagak bisa hilang sebab udah keburu di proses di file nya.
Image


Maka, bagi yang emang pake GoPro HD3 Black Original, Black+ atau Silver Original , saya sarankan coba Protune + CamRaw.
CamRaw hanya ada saat Protune di pilih.
Memang Protune di HD3 Black lebih enak untuk di oprek2 sebab bit rate nya lebih besar di banding Protune di Silver Original atau di HD2 yang
tak ada CamRaw.

Dengan CamRaw tak perlu setting custom WB di setiap 3-5 meter, hajar ajah.
CamRaw di UW sangat jelas kegunaan nya. Kalo di darat, menyamai warna kamera lain lebih mudah, dan bagi yang paham oprek2,
bisa main di shadow dan highlight yang tadi nya agak hilang kalo pakai file biasa.



Satu keunggulan pakai CamRaw yang so pasti adalah, blownout highlight sulit terjadi.
Tengok image di bawah. Lingkaran merah adalah overblown highlight, karena WB memang pengaruh soal satu ini dan pasti nya on-board processing
dan besar nya bit rate Protune pada 35-46 mbps di banding Isaw Extreme yang mentok di 17-22 mbps.
Image
Overblown seperti ini sudah tidak bisa di perbaiki dengan apa pun. Ini sedihnya.
Exposure Isaw Extreme juga agak dodol, stepping nya nampak sekali dan tidak smooth.
LCD nya di bawah air nyaris useless sebab backlight nya gelap sekali. :?
Padahal ini Extreme adalah Top Of The Line model nya.





Saya kasih contoh terakhir, versi darat.
Kamera diam total, maka image bisa tajam dan tanpa air pulak :mrgreen:
Cahaya di bantu lampu video kecil, Sony As-Pal :))

Kiri adalah GoPro dengan AWB
Tengah adalah rekaman dengan Protune + CamRaw, transcode dan oprek di Cineform AVI, render jadikan MP4
Kanan adalah direct recoding via HDMI nya GoPro ke Atomos Ninja, pakai codec AVID DNxHD10 Bit 4:2:2 220 mbps,
setara dengan Apple ProRes 422 HQ.
Image
Original size link : http://farm4.staticflickr.com/3682/1113 ... 8a7d_o.jpg

Yang coba di lakukan adalah shadow dan highlight di pancing keluar dengan Protune, si screen capture tengah.
Tengok speaker, lemari belakang dimana ada banyak barang yang gelap bisa ke angkat.

AVID ataupun Apple ProRes, tidak ada active metadata. Hasil permanent oprek tengok nya di final rendered file.
Kalo yang pandai pakai Davinci Resolve, kayak nya Avid dan Apple ProRes bisa cinklong tuh. Cuma kerja nya lama neh.


Happy experimenting & Fun Week-end yah.... :mrgreen:
.

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Memahami GoPro Protune + CamRaw untuk UW video
PostPosted: Mon Dec 02, 2013 10:38 am 
Offline

Joined: Tue Jul 09, 2013 9:54 am
Posts: 61
ulasan mantabbb mbah...
TOPP !


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Memahami GoPro Protune + CamRaw untuk UW video
PostPosted: Tue Dec 03, 2013 9:05 am 
Offline
User avatar

Joined: Mon Dec 14, 2009 9:47 pm
Posts: 177
Location: di atas ombak, di bawah laut
om, saya coba2 pake Hero3 Silver, protune+camraw, begitu dicoba ke GoPro Studio 2.0 hasilnya seperti ini :

Attachment:
none.jpg


Attachment:
protune.jpg



koq kaya'nya hasilnya beda sama punya om surya? apakah harus masuk editor lagi? terus pas saya coba export, kenapa hasilnya mov, bukan mp4? makasih masukannya :)


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

_________________
-ardi-
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Let's Go Diving


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Memahami GoPro Protune + CamRaw untuk UW video
PostPosted: Tue Dec 03, 2013 3:12 pm 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
Neng,

MP4 Protune + CamRaw rekaman camera Silver, saat transcode di Mac, jadi nya Cineform MOV bukan AVI.
Kalo di PC jadi nya AVI. Sama ini dua mah, sama sama H264, cuma Mac doyan nya MOV.

Dari Cineform MOV, kalo kamu udah oprek2 warna sesuai suka kamu, baru kamu render ke MP4 dengan editor final kamu. Jangan kamu kasih orang Cineform AVI/MOV yah, file nya gede neh, itu Cineform AVI/MOV adalah intermediate codec, untuk oprek2 doank.

Untuk latitude/flexibibilty, HD3 Silver punya Protune kalah ama HD3 Black, maklum beda harga beda performance.
Sensor CMOS HD3 Black lebih kuat dan Protune nya 46 mbps, lebih tinggi. Tetap Silver dari price point dengan Protune Cam Raw akan bantu banyak.

Baca post lanjutan saya yah.

SP

_________________
Used to be dumb but no more....


Last edited by Surya Prihadi on Tue Dec 03, 2013 3:19 pm, edited 3 times in total.

Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Memahami GoPro Protune + CamRaw untuk UW video
PostPosted: Tue Dec 03, 2013 3:13 pm 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
Om Cupu coba deh pilih Cam Raw ( harus set Protune ), pasti akan demen potensi color
recovery nya. Ulasan ini banyak yang sudah pakai GoPro HD3-Black pun kagak paham :mrgreen: , sebab GoPro
tidak pernah gembar gembor soal CamRaw nya dan soal Protune juga tidak pernah di bahas in-depth.



Untuk the rest of the gang :
Tambah lagi informasi.................

Harus di ingat bahwa Protune + CamRaw MP4 adalah capture format, bukan delivery atau distribution format.
Noise sengaja tinggi, processing nyaris minim , kasarnya adalah "mentah" ini file.
Lalu harus di bantu oprek2 nya dengan di transcode dulu ke Cineform AVI jika PC, atau MOV jika pakai MAC.

Banyak yang langsung oprek2 Protune di editor biasa.......jangan euyy....... editor biasa, apalagi saat CamRaw di
pakai, tidak bisa congkel2 potensi Protune + CamRaw dengan maksimal. Banyak noise nongol malah nanti.

Karena Cineform adalah milik GoPro, maka file rekaman Protune + CamRaw MP4 yang paling paham serba serbi nya adalah Cineform, dan pakai lah GoPro Studio.

Cineform adalah perusahaan profesional di bidang codec dan dibeli oleh GoPro pada saat GoPro 3D di introduce. Lalu saat Hollywood minta GoPro untuk lebih
mudahdi matching ke camera besar warnanya, GoPro assign Technicolor untuk membantu membuat Protune ( era HD2 ).

Berkembang terus ke era HD3 Black, Protune semakin matang karena bit rate lebih besar 46 mbps ( HD2 dan HD3 Silver pada 35 mbps, HD3 Black pada 46 mbps ) dan sensor HD3 Black memang lebih mantap.

Cineform codec sendiri adalah intermediate codec, seperti Apple Prores and Avid. Ini codec buat oprek2,
bukan buat distribusi.
Kegunaan intermediate codec adalah file ini tidak lah di compress sangat, maka ukuran mereka besar pada 170 - 220 mbps atau 21.25 sampai
27.5 MB per detik alias 1 card 32GB cuma bisa di isikan sekitar 17.5 menit video ( 29.xx GB adalah ukuram formatted card 32GB ).
Justru karena file tidak di compress sangat, mudah lah bagi computer untuk oprek2 dan render.

Semua sensor video camera tak kecuali, jika kita rekam tanpa teknologi compression, contoh pakai compression H264 MOV atau MP4......akan
gede minta ampun file size nya. Makin rumit compression nya, saat di editing karena harus di "buka" compression nya, makin kelenger lah
computer nya. Contoh, Sony AVCHD adalah keluarga H264 juga, tapi versi AVCHD lebih susah untuk computer "buka" compression nya.

Yang membedakan Cineform codec yang di pakai di HD3 Black dengan harus di pilih Protune + Cam Raw, adalah salah satu cara untuk tidak perlu
beli HDMI recorder, untuk dapatkan video signal yang "mentah/raw".

Beberapa kamera contoh Nikon D800, Canon 5D MK3 punya kemampuan di output HDMI nya untuk keluarkan signal video RAW
http://nofilmschool.com/2013/04/uncompr ... -timecode/
Tetapi kita kudu beli HDMI recorder kayak Atomos Ninja atau AJA dan sejenis nya sebab signal ini hanya ada di HDMI nya.

Satu hal yang emang apes buat kita yang pakai CMOS sensor adalah, semua CMOS pake Bayer Filter biar murah
dan tak perlu kayak jaman dulu pakai 3 CCD red,green,blue kalo mau warna akurat.
http://en.wikipedia.org/wiki/Bayer_filter
http://en.wikipedia.org/wiki/Three-CCD_camera
Element hijau lebih banyak di Bayer filter di banding element lain, ini kayak nya salah satu sebab nya video suka ijo ijo kalo full AWB di underwater, di darat sih OK, pas di UW ......AE and WB nya berantakan. :mrgreen:


Pada setting AWB dan tidak pakai Protune + CamRaw, mau oprek oprek lebih lanjut pun susah sebab file terekam di memory card udah "matang".
Atas adalah Isaw dengan AWB, di oprek2 pakai Vegas Pro 11. Kagak ke tolong.
Bawah adalah HD3-B dengan AWB di oprek2 pakai GoPro Studio. Kagak ke tolong.
Image






.
Atas adalah Isaw dengan Aqua Mode WB di oprek2 pakai Vegas Pro 11
Bawah adalah GoPro Protune + Camraw di oprek2 di GoPro Studio
Image
Disini kita bisa lihat, Aqua Mode WB lumayan, tapi masih lebih baik jika awal nya kita pakai flat WB kayak CamRaw untuk oprek2 nya.




Image dibawah ini adalah pas, dimana Aqua Mode WB cocok dengan keadaan pencahayaan, warna dari reef system nya sendiri dan
betapa tebal air dari sensor ke target, yang kebetulan air nya kagak tebal amat. Air adalah distorsi dan yang buat WB jadi amburadul.
Disini perbedaan CamRaw dengan Aqua Mode tidak mencolok sangat
Image





Scene yang tergolong sulit bagi camera pada air butek gini , lihat contoh di bawah.
Image
Kenapa saya bilang sulit ? Karena si ikan-ikan kecil yang merah dan oranye ukuran kecil. Air hijau, CMOS sensor ada Bayer Filter yang saya bahas,
mau di angkat warna tuh ikan2 kecil jika camera setting AWB ...........susah sekali. Image dari Isaw di dongkrak pakai Vegas Pro, tetap ajah kagak
bisa ketolong warna nya. Dengan sensor cukup kuat HD3 Black dan fitur Protune + CamRaw si ikan2 kecil bisa di recover warnanya, dan di bantu
Vegas Pro warna kebiruan background air bisa di kembalikan.



Pada jarak cukup dekat, walaupun air agak butek, minimal warna karang bisa di recover dengan Protune + CamRaw
Image
Cuma perlu lampu jika mau vivid warna itu soft coral ungu, ikan oranye dan sea fern kuning.


Total light loss atau color loss adalah kedalaman air di tambah jarak sensor camera kita ke object.
Maka kalo mau video wide angle, cari air sebening-bening nya, kalo bisa batasin 10 meter ajah kedalaman....
.....toh kalo wide angle modal pasti ambient light. Saya lihat sih, kalo air lagi bening amat, mujur deh videographer sebab banyak sekali distorsi yang bisa terjadi saat air butek dengan partikel.


Ini contoh video Canon 5D Mk3 dengan hack Magic Lantern yang pakai CinemaDNG-Raw.
https://vimeo.com/69644557

Mengenai CinemaDNG Raw
http://en.wikipedia.org/wiki/CinemaDNG



Happy experimenting....

_________________
Used to be dumb but no more....


Last edited by Surya Prihadi on Tue Dec 03, 2013 3:22 pm, edited 1 time in total.

Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Memahami GoPro Protune + CamRaw untuk UW video
PostPosted: Tue Dec 03, 2013 3:16 pm 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
ardilles wrote:
om, saya coba2 pake Hero3 Silver, protune+camraw, begitu dicoba ke GoPro Studio 2.0 hasilnya seperti ini :

Attachment:
none.jpg


Attachment:
protune.jpg



koq kaya'nya hasilnya beda sama punya om surya? apakah harus masuk editor lagi? terus pas saya coba export, kenapa hasilnya mov, bukan mp4? makasih masukannya :)



Kamu harus latihan pakai slider TEMP & TINT, preset Protune berikan koreksi basic nya seperti :
- Sharpness
- Contrast
Untuk warna sendiri, walaupun ada eye drop WB, tetap kamu harus atur TEMP ( temperature K ) & TINT nya.
Latihan yah.

Have fun...

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Memahami GoPro Protune + CamRaw untuk UW video
PostPosted: Tue Dec 03, 2013 4:35 pm 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
Ardilles,

Kamu coba upload MP4 asli Protune + CamRaw clip bersangkutan ke depository mana kek, yang ada scene yang kamu posting.

Nanti saya coba oprek2 yah.

SP

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Memahami GoPro Protune + CamRaw untuk UW video
PostPosted: Tue Dec 03, 2013 6:52 pm 
Offline
User avatar

Joined: Mon Dec 14, 2009 9:47 pm
Posts: 177
Location: di atas ombak, di bawah laut
Surya Prihadi wrote:


Kamu harus latihan pakai slider TEMP & TINT, preset Protune berikan koreksi basic nya seperti :
- Sharpness
- Contrast
Untuk warna sendiri, walaupun ada eye drop WB, tetap kamu harus atur TEMP ( temperature K ) & TINT nya.
Latihan yah.

Have fun...


setelah latihan kilat, warna keluar, jadinya kaya' ini.. :D

Attachment:
ptcamraw.jpg


file mp4-nya size besar sekali 333mb, sementara i-net disini tidak memungkinkan om.. :(


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

_________________
-ardi-
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Let's Go Diving


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Memahami GoPro Protune + CamRaw untuk UW video
PostPosted: Tue Dec 03, 2013 9:02 pm 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
He he he, mantap dah.
Kagak usah kasih file mentahnya ama saya.

Itu artinya slider TEMP kamu geser kanan ( coklat ) dan TINT kamu geser kiri RED, dimana setting itu cocok dengan warna asli.

Preset Protune sendiri seperti saya uraikan , hanya kasih baseline.
Terpenting dengan preset PROTUNE adalah NOISE akan di kurangkan dan SHARPNESS di boost.
NOISE memang tinggi di rekaman Protune + CamRaw sebab jika noise di buang, detail juga akan hilang maka
jika kamu iseng dan pakai preset nya NONE dan bukan PROTUNE, lalu di darat dengan area banyak yang gelap,
akan nampak itu noise. Di UW noise kena kepret ama blue/cyan channel.

Untuk hilangkan noise, susah jika pakai editor lain, kecuali editor khusus bernama DE-NOISER tapi lelet nya minta ampun itu software.
http://www.redgiant.com/products/all/denoiser-II/
Maka nya selalu transcode dulu rekaman Protune + CamRaw MP4 ke Cineform AVI/MOV di GP Studio.


Tetap mata kita adalah instrument analisa nya ( layar calibrated harus yah ) warna yang terbaik dan memory kita
sebagai acuan database. Tetap lah akan ada limitasi sebab setiap object yang semakin jauh dari sensor, akan punya
level distorsi WB yang beda. Makin jauh makin susah recover warna, kecuali kamu manipulasi pixel demi pixel dan
jadi lah Computer Generated Graphic ( CGA ) dan bukan lagi color correction... :mrgreen:

Soal WB eye dropper yang kotak nya di tulis "PICK" itu kadang2 tak akurat, sebab pasir yang kita pilih sebagai
acuan WHITE BALANCE tergantung berapa jauh dari sensor kamera. Semakin jauh itu pasir makin bluish dan over
kompensasi akan terjadi saat pakai WB eye dropper ( PICK ), alias merah menor nanti semua nya heheehhe.


Jika kamu punya PADI white balance slate, ada baiknya sekali kali curi2 tembak itu slate jarak dekat durasi 5 detik,
ini nanti bisa di pakai sebagai acuan WHITE kamu.


Summary nya adalah, jika cukup latihan, Protune + CamRaw akan sanggup buat video UW kamu jauh
lebih baik tanpa perlu custom WB per 5 meter kedalaman.


Protune CamRaw sendiri di kalangan DLSR-rer UW videographer yang tidak cukup berexperiment dengan GoPro
masih banyak yang tak paham..... sebab banyak yang berasumsi, kalo fitur gratis pasti jelek... :D dan malas lah
mereka mencoba.

Jika kamu tengok Canon 5D Mk3 dengan Cinema DNG RAW ( air bening nya sih mantap deh , di atas 25 meter ada nih )
https://vimeo.com/69644557
.
Attachment:
Cinema DNG Raw v1.JPG

Image V1 ini saya tidak suka sebab itu karang tidak lah coklat begitu.
Cuma yang doyan Canon color flavor tendency nya akan lari ke coklat kayak gini.




.
Attachment:
Cinema DNG Raw v2.JPG

Liat deh, jauh pun CinemaDNG bisa di recover warna nya......mantapz.
Maka water viz bagus emang top deh.

.
Attachment:
Cinema DNG Raw v3.JPG

Sama dengan image V2 komentar saya.


Lensa fisheye nya 8-15mm saja US$1,400 , lensa 17-40mm nya US$839
http://www.bhphotovideo.com/c/product/7 ... sheye.html
http://www.bhphotovideo.com/c/product/2 ... L_USM.html


Pake low cost wide angle HD3 kan OK donk :mrgreen:

Contoh di bawah, viz sekitar 12 meter max. Kedalaman paling top 8 meter kayaknya.
Di bantu SRP-UR Pro Cyan filter, mudah di tengok merah nya kagak dull banget di file asli.
MEDIUM mode FOV. Ini moving image yang relatif cepat saya panning nya,
tak bisa screen capture tajam. Tapi ini contoh, dekatkan ke subject warna nya akan bagus.
Gimanapun kita under the mercy berapa tebal air ke sensor dan berapa dalam air nya.
Image
Ini image saat Dive n Jazz Tulamben.



Selamat oprek2 yah.
Latihan terus.
Tapi kalo bisa cari air super bening....... kalo mau dapat potensi terbaik.
Ini yang saya sudah 1 tahun belum dapat2...........maklum ke laut nya makin jarang. :sad:
.


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Memahami GoPro Protune + CamRaw untuk UW video
PostPosted: Wed Dec 04, 2013 6:35 am 
Offline
User avatar

Joined: Mon Dec 14, 2009 9:47 pm
Posts: 177
Location: di atas ombak, di bawah laut
Surya Prihadi wrote:
..


Selamat oprek2 yah.
Latihan terus.
Tapi kalo bisa cari air super bening....... kalo mau dapat potensi terbaik.
Ini yang saya sudah 1 tahun belum dapat2...........maklum ke laut nya makin jarang. :sad:
.


makasih sharingnya om, sekarang udah dapet SRP Cyan, next dive mau coba pakai, semoga dapet air jernihnya.. :)

_________________
-ardi-
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Let's Go Diving


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Memahami GoPro Protune + CamRaw untuk UW video
PostPosted: Mon Jan 27, 2014 1:52 pm 
Offline
User avatar

Joined: Mon Apr 04, 2011 7:17 pm
Posts: 51
Location: jakarta
ardilles wrote:

makasih sharingnya om, sekarang udah dapet SRP Cyan, next dive mau coba pakai, semoga dapet air jernihnya.. :)


Om posting contohnya dong pake SRP filter, ngaruh banget gak sih? mo coba pake light tp apa ya yg bagus dan terjangkau?
kemaren udah coba ngoprek bikin video tapi malu ah mau posting disini, masi nubi soalnya ;) .

Pesen buat Om Surya : turunin harga gopro beserta aksesorisnya dong :((


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Memahami GoPro Protune + CamRaw untuk UW video
PostPosted: Mon Jan 27, 2014 5:50 pm 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
oink wrote:
ardilles wrote:

makasih sharingnya om, sekarang udah dapet SRP Cyan, next dive mau coba pakai, semoga dapet air jernihnya.. :)


Om posting contohnya dong pake SRP filter, ngaruh banget gak sih? mo coba pake light tp apa ya yg bagus dan terjangkau?
kemaren udah coba ngoprek bikin video tapi malu ah mau posting disini, masi nubi soalnya ;) .

Pesen buat Om Surya : turunin harga gopro beserta aksesorisnya dong :((


Pengaruh SRP Cyan jauh, cocok di 3+ meter sampai 20 meter di air bening.
Siang pake lampu .........lupakan, bangkrut di jamin kalo wide angle. Pake filter & Protune + CamRaw ajah.
Kalo macro GoPro bukan camera yg cocok, jadi tak di bahas. Kalo di RX100 cukup 800 Lumens x 2 untuk macro.

Harga turunin...... :mrgreen: , dollar kalo turun baru bisa neh. Dollar naik 9,800 middle June pelan2 dan middle Aug ke 11,500an dan terus merangkak 12,300 sampai saat ini .

Secara dollar mah udah turun loh harga GoPro.
Black 4.8 - 4.9 juta di bagi 9,800 = US$500 rata2 untuk periode 2013 sebelum crash Rupiah.
Today : Black+ 5.5 juta di bagi 12,200 ajah deh = US$450 >>>> 10% turun loh.

Tak usah bahas Aug 2013 muntah darah punya Rp , lalu tak sanggup beli USD lagi setara.
Bonyok nya setara 7 unit 5DMk3 dengan wide angle lens kece dan pake housing Nauticam + WA Port pulak. :ymsick:

Yang salah currency kita melemah, bukan harga nya naik.
Semua yg dagang juga lagi strezzzzzz :sad:
.

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Memahami GoPro Protune + CamRaw untuk UW video
PostPosted: Mon Jan 27, 2014 7:36 pm 
Offline
User avatar

Joined: Mon Dec 14, 2009 9:47 pm
Posts: 177
Location: di atas ombak, di bawah laut
oink wrote:
ardilles wrote:

makasih sharingnya om, sekarang udah dapet SRP Cyan, next dive mau coba pakai, semoga dapet air jernihnya.. :)


Om posting contohnya dong pake SRP filter, ngaruh banget gak sih? mo coba pake light tp apa ya yg bagus dan terjangkau?
kemaren udah coba ngoprek bikin video tapi malu ah mau posting disini, masi nubi soalnya ;) .

Pesen buat Om Surya : turunin harga gopro beserta aksesorisnya dong :((


kalo mau diposting contoh pake filternya, bisa aja om, tapi gak ada perbandingan head to head.. dalam artian klo gopro cuma satu, susah ngebandinginnya, karena dalam dua dive kondisinya gak selalu sama.. tapi klo menurut saya, filter cyan ini cukup membantu.. sebelumnya saya pake sola light 800, ngejar keseimbangan lighting susah banget, karena berurusan sama jarak n covering area lighting.. jadi kalo menurut saya yg pas, natural light + cyan filter + pro tune + cam raw... :)

_________________
-ardi-
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Let's Go Diving


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Memahami GoPro Protune + CamRaw untuk UW video
PostPosted: Mon Jan 27, 2014 10:38 pm 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
Karena saya test SRP Cyan dari zaman HD2, maka zaman HD3 tidak lagi saya sering lakukan test coplok/pasang SRP-Cyan filter saat di bawah air.

Ini ada contoh, cuma satu euuy . Tulamben Dec 2012. Kedalaman 15-20 meter.

Tanpa filter SRP Cyan
Rekaman pakai Protune & CamRaw, jika di viewing pada preset NONE, alias tak di oprek2 warna
Image


Di oprek2 dengan color Preset Protune di GoPro Studio editor, quicky job deh mainkan TEMP dan TINT slider.
Image





DENGAN filter SRP Cyan
Rekaman pakai Protune & CamRaw, jika di viewing pada preset NONE, alias tak di oprek2 warna
Image


Di oprek2 dengan color Preset Protune di GoPro Studio editor, quicky job deh mainkan TEMP dan TINT slider.
Image





Jika tak pakai Protune + Camraw dan tanpa SRP Cyan, alias AWB, kira kira akan jadi begini warna nya.
Sorry, ini file asli nya adalah Protune + CamRaw, tetapi jika pertama kali kita pilih color preset PROTUNE di editor GoPro Studio, selalu akan warna di buat ala AWB :mrgreen: . Tak tepat sangat mewakili AWB, tetapi sangat mendekati deh.
Image


NOTE : Saya oprek2 warna secepatnya ajah, malas mau fine tuning. Tanpa SRP-Cyan, oprek2 warna kudu lebih rajin jika air dalam dan viz so-so.


Ini jaman HD2, tetapi basically sama saja response improvement warna pada AWB jika ada dan tanpa SRP Cyan. Tak ada Protune CamRaw zaman ini. Ini air emang bening di Cebu.
http://www.youtube.com/watch?v=E3aFA41PYTI


Color correction filter cuma ada 2 yang MEMANG bagus, satu adalah SRP-URpro ( buatan URPro tuh lensa cyan nya ) dan Magic Filter buatan Alex Mustard.
Tetap URpro lebih unggul, maka Gates housing pun standard filter nya dari URpro.

Yg jangan di pakai adalah Polar Pro, sampah ini.
http://www.polarprofilters.com/blog/all ... -redmacro/



RX100. Pada camera non super wide angle dan lensa kece kayak RX100 dan saat AWB, mudah tengok beda nya paka URpro cyan dan tidak pakai.
Image



RX100. Saat terlalu dangkal kayak di 3an meter, Cyan akan buat image rada saturated merah nya
Image







Ini HD3 Black , merekam di 2.7K pakai Protune + CamRaw dan filter SRP Cyan di lepas, sebab sekitar 60 meter. Air memang being di Truk Lagoon. 30M boleh cabut dah SRP Cyan di air bening. Ini sudah color corrected, maka senter pun cahaya jadi merah, mau tak mau.
Image


Semoga cukup jelas. :mrgreen:

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Memahami GoPro Protune + CamRaw untuk UW video
PostPosted: Tue Jan 28, 2014 6:13 am 
Offline
User avatar

Joined: Mon Apr 04, 2011 7:17 pm
Posts: 51
Location: jakarta
nih hasil tes-nya :p
Quote:
https://vimeo.com/84921116

seharusnya klo pake filter lebih ciamik lagi ya. :D

Om surya klo di gopro studio gak ada cara nambahin red color gt ya?
atau mungkin ada video editing software laen yg bisa?


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 18 posts ]  Go to page 1, 2  Next

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 4 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to: