It is currently Mon Oct 23, 2017 11:55 pm

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 29 posts ]  Go to page 1, 2  Next
Author Message
 Post subject: Comments and Critiques On UW Videos -
PostPosted: Thu Jun 27, 2013 2:01 pm 
Offline
User avatar

Joined: Mon Apr 15, 2013 3:16 pm
Posts: 429
Location: Jakarta, Indonesia
Dear seniors,

Ngliat begitu serunya report dari dive 'n jazz forsel kemarin, terdetak penyesalan karena ga ikutan kesana. Belum lagi ngeliat video rekamannya mas randhy sama versi nya Pak Surya (mohon maaf kalo kesannya nubi SKSD hehehee. :mrgreen: :mrgreen: ).

Berangkat dari semangat ingin memperdalam ilmu rekam merekam perjalanan bawah laut, yang cita2nya pengen bisa buat ngbuka mata orang tentang betapa pentingnya perlindungan ekosistem laut, dengan tidak mengurangi rasa hormat kepada senior2 sekalian, kalu berkenan nih, memberikan saran dan kritik atas beberapa pidio yang sudah berhasil saya buat waktu diving di Tulamben, Amed, Kubu. hehehehehehe. Mungkin udah pernah di post di thread dive sites, cuma kayanya lebih pas kalo dibahas disini. hehehehe.

semua video saya ambil pake Canon G1X, housing standar Canon, settingannya pake UW white balance, vivid, ISO auto deh kayanya. hahaha. yang lupa kepake adalah macro focus nya, yang ternyata juga bisa dipake untuk fitur video.

links are below:

http://www.youtube.com/watch?v=vj0Zs4yvNxk

http://www.youtube.com/watch?v=2fEu81iey3c

http://www.youtube.com/watch?v=EWs-85APNZc

Thanks before :)

_________________
Hafidz Nasution
#IndonesiaFromBelow
IG: @iulabs / @gelembungsamudera (admin)
http://www.gelembungsamudera.com
Safe Dive = Fun Dive


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Comments and Critiques On UW Videos -
PostPosted: Fri Jun 28, 2013 6:41 am 
Offline

Joined: Thu Aug 06, 2009 3:03 am
Posts: 1022
Location: Gili Trawangan
Attachment:
kura.jpg
hafidznasution wrote:
Dear seniors,

Ngliat begitu serunya report dari dive 'n jazz forsel kemarin, terdetak penyesalan karena ga ikutan kesana. Belum lagi ngeliat video rekamannya mas randhy sama versi nya Pak Surya (mohon maaf kalo kesannya nubi SKSD hehehee. :mrgreen: :mrgreen: ).

Berangkat dari semangat ingin memperdalam ilmu rekam merekam perjalanan bawah laut, yang cita2nya pengen bisa buat ngbuka mata orang tentang betapa pentingnya perlindungan ekosistem laut, dengan tidak mengurangi rasa hormat kepada senior2 sekalian, kalu berkenan nih, memberikan saran dan kritik atas beberapa pidio yang sudah berhasil saya buat waktu diving di Tulamben, Amed, Kubu. hehehehehehe. Mungkin udah pernah di post di thread dive sites, cuma kayanya lebih pas kalo dibahas disini. hehehehe.

semua video saya ambil pake Canon G1X, housing standar Canon, settingannya pake UW white balance, vivid, ISO auto deh kayanya. hahaha. yang lupa kepake adalah macro focus nya, yang ternyata juga bisa dipake untuk fitur video.

links are below:

http://www.youtube.com/watch?v=vj0Zs4yvNxk

http://www.youtube.com/watch?v=2fEu81iey3c

http://www.youtube.com/watch?v=EWs-85APNZc

Thanks before :)


bagus mas videonya dan editingnya, saya gak bs komen kalau soal ART deh soalnya gak bagus disisi seni nya nih, tapi kalau nanya soal tekniknya mungkin saya bs kasih sedikit saran karena kebetulan saya juga lagi blajar video dan editing video jd moga2 bs kepake deh ya ilmunya nih....skalian nunggu pak surya dan om randy komen juga tuh ya.

nah mungkin saya kasih basic infonya dulu ya mas....

untuk video yg sebenernya foto juga ngaruh sih, WB adalah kunci utama dapatin warna yg bagus yg merupakan inti dr foto dan video itu sendiri. nah yg kita pelajari skr adalah gmn dapetin warna sesuai dgn apa yg kita mau karena si kameraman juga memiliki prefrensi warna yg dia ingkinkan, kalo di darat mungkin lbh mudah drpd di laut krn semua hasil kemungkinan biru kan...
nah yg saya liat adalah jgn pernah gunain Underwater WB yg ada di kamera... Kenapa? UW scene kamera itu dibikin atas dasar kamera bakalan dipake untuik snorkling dimana mungkin kedalaman 5-10m. saya pernah melakukan case study dgn UW scene ini. kita ambil gambar dr kedalaman 2m, 4m, 6m, 8m dan 10 m dan diambil saat yg bersamaan dengan kondisi yg sama pula (tempat,waktu, vizibility, matahari) berarti kita harusnya menghasilkan gambar sama warna kan. Nah kesimpulannya warnaterbaik dr UW scene itu di kedalama 6m. kalo di 2 m agak merah kl di 10 m agak biru.

nah kalo kita mau lbh dalam lagi brati gimana dong nih?
nah itu perlunya kita pake custom WB maskrn dgn custom wb kita bs memaipulasi keadaan di kedalaman tersebut

nah untuk custom perlu rajin rajin deh di aturnya tuh..nah untuk beberapa kamera (RX100) yg punya wb pintar maka auto wb mungkin masih bs ngejar warna dari birunya air tetapi ada juga 1 rahasianya nih yaitu red filter.... Saya bukan penganutu red filter dulunya dan gak demen bgt pake itu deh tetapi sejak dikasih liat hasil dan sudah mentok nyoba nyari WB gak nemu2 pake kamera baru nah baru deh nyobain ke red filter....lgs berbeda... mungkin bs dicari di artikel pak surya yg ngetes video dengan dan tidak dengan red filter....beda bgt mas hasilnya dengan Auto wb di rx100 + URPRO cyan red filter dia bs menghasilkan file mentah yg sdh sangat bagus....


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

_________________
don't dream your live, but live your dream.......


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Comments and Critiques On UW Videos -
PostPosted: Fri Jun 28, 2013 3:48 pm 
Offline
User avatar

Joined: Mon Apr 15, 2013 3:16 pm
Posts: 429
Location: Jakarta, Indonesia
ditajong wrote:
Attachment:
kura.jpg
hafidznasution wrote:
Dear seniors,

Ngliat begitu serunya report dari dive 'n jazz forsel kemarin, terdetak penyesalan karena ga ikutan kesana. Belum lagi ngeliat video rekamannya mas randhy sama versi nya Pak Surya (mohon maaf kalo kesannya nubi SKSD hehehee. :mrgreen: :mrgreen: ).

Berangkat dari semangat ingin memperdalam ilmu rekam merekam perjalanan bawah laut, yang cita2nya pengen bisa buat ngbuka mata orang tentang betapa pentingnya perlindungan ekosistem laut, dengan tidak mengurangi rasa hormat kepada senior2 sekalian, kalu berkenan nih, memberikan saran dan kritik atas beberapa pidio yang sudah berhasil saya buat waktu diving di Tulamben, Amed, Kubu. hehehehehehe. Mungkin udah pernah di post di thread dive sites, cuma kayanya lebih pas kalo dibahas disini. hehehehe.

semua video saya ambil pake Canon G1X, housing standar Canon, settingannya pake UW white balance, vivid, ISO auto deh kayanya. hahaha. yang lupa kepake adalah macro focus nya, yang ternyata juga bisa dipake untuk fitur video.

links are below:

http://www.youtube.com/watch?v=vj0Zs4yvNxk

http://www.youtube.com/watch?v=2fEu81iey3c

http://www.youtube.com/watch?v=EWs-85APNZc

Thanks before :)


bagus mas videonya dan editingnya, saya gak bs komen kalau soal ART deh soalnya gak bagus disisi seni nya nih, tapi kalau nanya soal tekniknya mungkin saya bs kasih sedikit saran karena kebetulan saya juga lagi blajar video dan editing video jd moga2 bs kepake deh ya ilmunya nih....skalian nunggu pak surya dan om randy komen juga tuh ya.

nah mungkin saya kasih basic infonya dulu ya mas....

untuk video yg sebenernya foto juga ngaruh sih, WB adalah kunci utama dapatin warna yg bagus yg merupakan inti dr foto dan video itu sendiri. nah yg kita pelajari skr adalah gmn dapetin warna sesuai dgn apa yg kita mau karena si kameraman juga memiliki prefrensi warna yg dia ingkinkan, kalo di darat mungkin lbh mudah drpd di laut krn semua hasil kemungkinan biru kan...
nah yg saya liat adalah jgn pernah gunain Underwater WB yg ada di kamera... Kenapa? UW scene kamera itu dibikin atas dasar kamera bakalan dipake untuik snorkling dimana mungkin kedalaman 5-10m. saya pernah melakukan case study dgn UW scene ini. kita ambil gambar dr kedalaman 2m, 4m, 6m, 8m dan 10 m dan diambil saat yg bersamaan dengan kondisi yg sama pula (tempat,waktu, vizibility, matahari) berarti kita harusnya menghasilkan gambar sama warna kan. Nah kesimpulannya warnaterbaik dr UW scene itu di kedalama 6m. kalo di 2 m agak merah kl di 10 m agak biru.

nah kalo kita mau lbh dalam lagi brati gimana dong nih?
nah itu perlunya kita pake custom WB maskrn dgn custom wb kita bs memaipulasi keadaan di kedalaman tersebut

nah untuk custom perlu rajin rajin deh di aturnya tuh..nah untuk beberapa kamera (RX100) yg punya wb pintar maka auto wb mungkin masih bs ngejar warna dari birunya air tetapi ada juga 1 rahasianya nih yaitu red filter.... Saya bukan penganutu red filter dulunya dan gak demen bgt pake itu deh tetapi sejak dikasih liat hasil dan sudah mentok nyoba nyari WB gak nemu2 pake kamera baru nah baru deh nyobain ke red filter....lgs berbeda... mungkin bs dicari di artikel pak surya yg ngetes video dengan dan tidak dengan red filter....beda bgt mas hasilnya dengan Auto wb di rx100 + URPRO cyan red filter dia bs menghasilkan file mentah yg sdh sangat bagus....


Wahhh, thanks banget mas dita. Berarti sebenernya lebih baik pake custom WB, jadi tiap kali kita di kedalaman yang berbeda, sebelum ngjepret atau shoot video, selalu evaluate WB dulu dong ya biar custom WB nya bisa maksimal dong ya? nah, saya tadi sempet keliling2 ke jpc sama tokocamzone buat nyari red filter. susah banget, sekalinya nemu ternyata org2 di jpc blg kalo filter itu ga bakalan muat di dalem housing nya. saya sih tadi sih emang rencananya pengen pasang filter di body, biar di housing nya saya bisa pasang wet lens. mungkin ada pencerahan mas dita? kali2 aja ternyata di housing bisa di dobel pake filter trus misalnya pake wet lens lagi. hahahahaha

thanks before!

_________________
Hafidz Nasution
#IndonesiaFromBelow
IG: @iulabs / @gelembungsamudera (admin)
http://www.gelembungsamudera.com
Safe Dive = Fun Dive


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Comments and Critiques On UW Videos -
PostPosted: Sat Jun 29, 2013 1:30 am 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
Mas Haf,

Asik nih, makin banyak yang main video..... :-bd

Dua video pertama 1080p nya tak ada neh, cuma mentok di 480p.
Upload 1080p donk. Ntar kita coba bahas bersama.

Kalo soal ART mah, saya jauh di bawah level acceptable pun, kalo soal experiment teknis nya....saya bisa bantu lah.

Video saat di upload di Youtube, 1080p pun di compressed jauh sama Youtube.
1.2GB file jadi 200MB. Tajam agak hilang dikit pada 1080p Utube dan yang parah adalah pixelization dan banding sering terjadi di layer layer warna biru, khususnya jika blue water terang sebagian dari scene dan ada sebagian scene gelap, atau saat tembak sun-ball.

Saran adalah render video untuk ke Youtube pada 28mbps constant bit rate, saat di downgrade ama Youtube kualitas gambarnya turun tidak parah. Jika mau upload mentah, pakai Vimeo dan bayar membership, US$45 setahun kalo kagak salah. Jika mentah/raw bisa di analisa ama kawan2, ilmu lebih bisa di sharing dengan parameter yang tepat.

Satu hal yang saya tengok selama ini saat dapat footage mentah dari senior kayak Cipto, ada beberapa asset teknis yang kita harus miliki dulu jika mau optimal :

01. Layar yang native 1080 x 1920, biasanya 23" minimal monitornya.

02. Kalibrasikan layar nya dengan alat kalibrasi, ini penting untuk lalukan color correction sebab basis nya harus akurat dulu, yah layar yang kita pakai, baru lah oprek2 bisa tepat....sebatas kemampuan grading software nya so pasti.

03. WARNA. Ada beberapa macam motivasi untuk grading warna, di luar dari restoring color.
AA. Enak di tonton sama orang umum, yang tidak paham warna UW
BB. Enak di tonton sama diri sendiri, self preference
CC. Enak di tonton sama yang paham warna underwater dan punya screen calibrated dan ukuran screen native 1080p ( assumsi delivery pada 1080p dan di tonton pada 1080p )

CC paling susah di capai.

CC ada 4 macam.
- Natural Light - Close up, air dangkal, cahaya cukup & custom white balance = True color
- Cyan filter assist - Close up, air dangkal, cahaya cukup dan AWB = True color
- Video Light assist - Close up, air dangkal, cahaya cukup dan AWB atau WB assigned ke warna si lampu = True color. ( Lain lampu punya lain color temperature )
- Agak jauh, air dalam, cahaya cukup, pakai apapun = Pasti kebiru-biruan sedikit, asal jangan biru banget

Saya pribadi ART value nya lemot, yang saya coba lakukan adalah bagaimana restore color seakurat mungkin karena in fun bagi saya yang masih demen belajar. Juga mengetahui kelemahan dan kekuatan kamera kita sangat penting.


Basic yang kita harus cari tau untuk sifat camera kita adalah : ( asumsi exposure pakai otomatis yah )

01. Jangan pakai spot metering untuk diving, pakai center weighted atau matrix , pokoknya area sensing exposure jangan terlalu kecil.

02. Pahami bahwa CMOS sensor ada preference warna hijau sebab Bayer Array lebih banyak hijau nya
http://www.cambridgeincolour.com/tutori ... ensors.htm
http://www.axis.com/files/whitepaper/wp ... 010_lo.pdf

"The Bayer array, which has alternating rows of red-green and green-blue filters, is the most common
RGB color filter, see Figure 2 (left). Since the human eye is more sensitive to green than to the other two
colors, the Bayer array has twice as many green color filters. This also means that with the Bayer array,
the human eye can detect more detail than if the three colors were used in equal measures in the filter."

Saat di UW, sensor kayaknya lebih bingung dengan biru yang melimpah atau tepatnya spectrum warna merah yang mulai berkurang drastis sesuai kedalaman. Kan sensor pasti di kalibrasi untuk darat dan bukan UW.

Tidak ada sensor yang bisa lihat warna, cahaya atau photons ( particle of light - simplified ) di baca sebagai signal listrik, filter lah yang tentukan warna apa boleh tembus. Jadi UW video makin challenging nih.


03. Pakai filter Cyan pun ada limit nya. Filter cyan bukan kasih warna cyan loh, tapi ia kurangkan warna Cyan biar merah jadi lebih kuat. Kerugian filter pasti nya cahaya jadi tekor, hampir 1 F stop kata URPRO.
Maka namanya Cyan ( greenish blue) itu yang di filterkan, jadi deh lebih merah hasilnya.
Kan filter adalah menyaring, bukan menambahkan.


Saya kagak hafal Canon punya selera warna. Apakah vivid cocok, entah. Umumnya saya akan cari neutral atau standard atau flat color.


Coba kamu experiment ini dulu :

Center weighted average atau Matrix ( multi area ) exposure jika bisa di pilih, pake deh.
Cara cari tau ini agak gampang.

Ini 2 screen capture dari video kamu
.
Image
.
Image
.

Coba kamu test dan cari "zone of metering decision" ( ini istilah saya sendiri ha ha ha ) sebesar apa dan pada setting apa.

Ini saya iseng test RX100 pada Matrix dan Spot metering. Saya ada 2 unit RX100, maka test nya mudah real time dan FOV bisa 99% sama. Lingkaran bulat saya bikin sendiri saat editing, biar ada reference, segede apa sih zone nya kalo SPOT metering
.
Image
.
Image
.
.
Image
.
Image
.
Image
.


Pertanyaan :

Apakah kamu oprek2 warna di post edit atau AWB kamu lompat-lompat di screen capture bawah, beda 1 detik semua video nya.
Image
.

Jika kamu oprek2 warna, its OK. Jika AWB kamu loncat loncat, cari tau apa yang trigger keadaan ini.

Kita mulai yang terbasic dulu, cari exposure yang predictable dan WB yang stabil.

Esok nyambung lagi yah................ he he he.

SP

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Comments and Critiques On UW Videos -
PostPosted: Sat Jun 29, 2013 6:14 am 
Offline

Joined: Thu Aug 06, 2009 3:03 am
Posts: 1022
Location: Gili Trawangan
nah ini dia suhu besar mulai turun dan kasih komen....

itu sepertinya sama kaya kasus di G15 loncat wg nya deh tuh...
kebetulan saya barusan dpt hasil footagenya G15 dan ada bebrapa shot yg wb nya loncat dr biru ke ungu dan ungu ke biru, kurang paham juga kenapa yah di bisa gitu...

tapi yg pasti sih ini nasib kamera poket tetep aja sama, gak boleh di gabungin antara shadow dan highlight karena kana washout bgt di highlightntya sama seperti kamera poket canon lainnya sensornya gka seberapa kuat untuk nahannya, gak kaya kamera rx100 tuh....

nah untuk dapetin corect wb dari gabungan shot ini yg menurut saya sedikit triki karena apabila kita trip 3-4hari dan kondisi laut, vizibility, matahari dan beda spot berbeda maka hal ini pas di compile jd 1 video akan berbeda definisi "true color" nya kan. beda biru antara viz 10m akan beda dgn birunya laut viz 25m, apalagi 25 nya viz pramuka (maksudnya viz 2m atau 5m)hahahaha

nah untuk red filter bisa langsung di telp tuh si pemberi racunnya aka mbah surya. jangan beli merk lain atas pertimbangan harga dan ketersediaan barang, WAJIB beli URPRO kalo gak mau buang2 duit salah beli filter krn sya ada 2 redfilter nih yg secara kasat mata mirip merahnya tapi beda di dalam airnya tuh....terakhir aja saya beli lgs 2 unit dr si mbah...soalnya harus pesen dan indent nih hahhaah


kalau meterin saya sepakat dgn pak surya adalah matrix deh plg bener kalo di uw tetapi pas kita shot harus sedikit mikir juga yg tadi tuh jgn terjadi perbedaan cahaya yg drastis untuk mempertahannkan warnanya yah....

ayo ekperimen bareng2 nih apalagi di tulamben lg nih pasti seru


hahahaha

_________________
don't dream your live, but live your dream.......


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Comments and Critiques On UW Videos -
PostPosted: Fri Jul 05, 2013 9:21 pm 
Offline
User avatar

Joined: Mon Apr 15, 2013 3:16 pm
Posts: 429
Location: Jakarta, Indonesia
Surya Prihadi wrote:
Mas Haf,

Asik nih, makin banyak yang main video..... :-bd

Dua video pertama 1080p nya tak ada neh, cuma mentok di 480p.
Upload 1080p donk. Ntar kita coba bahas bersama.

Kalo soal ART mah, saya jauh di bawah level acceptable pun, kalo soal experiment teknis nya....saya bisa bantu lah.

Video saat di upload di Youtube, 1080p pun di compressed jauh sama Youtube.
1.2GB file jadi 200MB. Tajam agak hilang dikit pada 1080p Utube dan yang parah adalah pixelization dan banding sering terjadi di layer layer warna biru, khususnya jika blue water terang sebagian dari scene dan ada sebagian scene gelap, atau saat tembak sun-ball.

Saran adalah render video untuk ke Youtube pada 28mbps constant bit rate, saat di downgrade ama Youtube kualitas gambarnya turun tidak parah. Jika mau upload mentah, pakai Vimeo dan bayar membership, US$45 setahun kalo kagak salah. Jika mentah/raw bisa di analisa ama kawan2, ilmu lebih bisa di sharing dengan parameter yang tepat.

Satu hal yang saya tengok selama ini saat dapat footage mentah dari senior kayak Cipto, ada beberapa asset teknis yang kita harus miliki dulu jika mau optimal :

01. Layar yang native 1080 x 1920, biasanya 23" minimal monitornya.

02. Kalibrasikan layar nya dengan alat kalibrasi, ini penting untuk lalukan color correction sebab basis nya harus akurat dulu, yah layar yang kita pakai, baru lah oprek2 bisa tepat....sebatas kemampuan grading software nya so pasti.

03. WARNA. Ada beberapa macam motivasi untuk grading warna, di luar dari restoring color.
AA. Enak di tonton sama orang umum, yang tidak paham warna UW
BB. Enak di tonton sama diri sendiri, self preference
CC. Enak di tonton sama yang paham warna underwater dan punya screen calibrated dan ukuran screen native 1080p ( assumsi delivery pada 1080p dan di tonton pada 1080p )

CC paling susah di capai.

CC ada 4 macam.
- Natural Light - Close up, air dangkal, cahaya cukup & custom white balance = True color
- Cyan filter assist - Close up, air dangkal, cahaya cukup dan AWB = True color
- Video Light assist - Close up, air dangkal, cahaya cukup dan AWB atau WB assigned ke warna si lampu = True color. ( Lain lampu punya lain color temperature )
- Agak jauh, air dalam, cahaya cukup, pakai apapun = Pasti kebiru-biruan sedikit, asal jangan biru banget

Saya pribadi ART value nya lemot, yang saya coba lakukan adalah bagaimana restore color seakurat mungkin karena in fun bagi saya yang masih demen belajar. Juga mengetahui kelemahan dan kekuatan kamera kita sangat penting.


Basic yang kita harus cari tau untuk sifat camera kita adalah : ( asumsi exposure pakai otomatis yah )

01. Jangan pakai spot metering untuk diving, pakai center weighted atau matrix , pokoknya area sensing exposure jangan terlalu kecil.

02. Pahami bahwa CMOS sensor ada preference warna hijau sebab Bayer Array lebih banyak hijau nya
http://www.cambridgeincolour.com/tutori ... ensors.htm
http://www.axis.com/files/whitepaper/wp ... 010_lo.pdf

"The Bayer array, which has alternating rows of red-green and green-blue filters, is the most common
RGB color filter, see Figure 2 (left). Since the human eye is more sensitive to green than to the other two
colors, the Bayer array has twice as many green color filters. This also means that with the Bayer array,
the human eye can detect more detail than if the three colors were used in equal measures in the filter."

Saat di UW, sensor kayaknya lebih bingung dengan biru yang melimpah atau tepatnya spectrum warna merah yang mulai berkurang drastis sesuai kedalaman. Kan sensor pasti di kalibrasi untuk darat dan bukan UW.

Tidak ada sensor yang bisa lihat warna, cahaya atau photons ( particle of light - simplified ) di baca sebagai signal listrik, filter lah yang tentukan warna apa boleh tembus. Jadi UW video makin challenging nih.


03. Pakai filter Cyan pun ada limit nya. Filter cyan bukan kasih warna cyan loh, tapi ia kurangkan warna Cyan biar merah jadi lebih kuat. Kerugian filter pasti nya cahaya jadi tekor, hampir 1 F stop kata URPRO.
Maka namanya Cyan ( greenish blue) itu yang di filterkan, jadi deh lebih merah hasilnya.
Kan filter adalah menyaring, bukan menambahkan.


Saya kagak hafal Canon punya selera warna. Apakah vivid cocok, entah. Umumnya saya akan cari neutral atau standard atau flat color.


Coba kamu experiment ini dulu :

Center weighted average atau Matrix ( multi area ) exposure jika bisa di pilih, pake deh.
Cara cari tau ini agak gampang.

Ini 2 screen capture dari video kamu
.
Image
.
Image
.

Coba kamu test dan cari "zone of metering decision" ( ini istilah saya sendiri ha ha ha ) sebesar apa dan pada setting apa.

Ini saya iseng test RX100 pada Matrix dan Spot metering. Saya ada 2 unit RX100, maka test nya mudah real time dan FOV bisa 99% sama. Lingkaran bulat saya bikin sendiri saat editing, biar ada reference, segede apa sih zone nya kalo SPOT metering
.
Image
.
Image
.
.
Image
.
Image
.
Image
.


Pertanyaan :

Apakah kamu oprek2 warna di post edit atau AWB kamu lompat-lompat di screen capture bawah, beda 1 detik semua video nya.
Image
.

Jika kamu oprek2 warna, its OK. Jika AWB kamu loncat loncat, cari tau apa yang trigger keadaan ini.

Kita mulai yang terbasic dulu, cari exposure yang predictable dan WB yang stabil.

Esok nyambung lagi yah................ he he he.

SP


wooowww... Terima kasih sebelumnya Pak Surya! ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^

kayanya sih emang saya belum bener sepenuhnya sejiwa sama si kamerah. hahahahaha. masi mesti "dibongkar" luar dalem dulu lebih jauh lagi. hehehehehe. Tapi kayanya G1X ngga punya menu sekumplit itu, terutama untuk video dia udah ke set otomatis, yang bisa dimainin cuma UW. tapi ntar coba saya cek lagi deh. kali aja ada yang keliwatan atau ternyata menu manual yang untuk foto bisa dipake untuk video, termasuk metering. hehehee.

lebih lanjut ngjawab pertanyaan Pak Surya, dua2 jawabannya iya. sebelum di edit memang seperti itu, dan waktu ngedit cuma saya sesuaikan di levelling nya. Waktu itu nanya2 sama orang yang hobby foto (non-diver) coba main di levelling nya. buat mata yang masih awam ini, saya sih cukup puas walopun kesannya sangat kontras/kasar jadinya. tapi paling ngga saya pikir waktu itu, warna asli nya nongol.

Minggu lalu waktu trip ke Pulau Pari, sempet ngetes lagi di sekitaran 8-10 meter nyoba main custom white balance. hasilnya diluar dugaan emang berbeda banget. ntar kalo ga keberatan saya upload lagi buat nunggu pencerahaan dari Pak Surya lagi jika berkenan. hehehehehee.

_________________
Hafidz Nasution
#IndonesiaFromBelow
IG: @iulabs / @gelembungsamudera (admin)
http://www.gelembungsamudera.com
Safe Dive = Fun Dive


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Comments and Critiques On UW Videos -
PostPosted: Fri Jul 05, 2013 9:25 pm 
Offline
User avatar

Joined: Mon Apr 15, 2013 3:16 pm
Posts: 429
Location: Jakarta, Indonesia
ditajong wrote:
nah ini dia suhu besar mulai turun dan kasih komen....

itu sepertinya sama kaya kasus di G15 loncat wg nya deh tuh...
kebetulan saya barusan dpt hasil footagenya G15 dan ada bebrapa shot yg wb nya loncat dr biru ke ungu dan ungu ke biru, kurang paham juga kenapa yah di bisa gitu...

tapi yg pasti sih ini nasib kamera poket tetep aja sama, gak boleh di gabungin antara shadow dan highlight karena kana washout bgt di highlightntya sama seperti kamera poket canon lainnya sensornya gka seberapa kuat untuk nahannya, gak kaya kamera rx100 tuh....

nah untuk dapetin corect wb dari gabungan shot ini yg menurut saya sedikit triki karena apabila kita trip 3-4hari dan kondisi laut, vizibility, matahari dan beda spot berbeda maka hal ini pas di compile jd 1 video akan berbeda definisi "true color" nya kan. beda biru antara viz 10m akan beda dgn birunya laut viz 25m, apalagi 25 nya viz pramuka (maksudnya viz 2m atau 5m)hahahaha

nah untuk red filter bisa langsung di telp tuh si pemberi racunnya aka mbah surya. jangan beli merk lain atas pertimbangan harga dan ketersediaan barang, WAJIB beli URPRO kalo gak mau buang2 duit salah beli filter krn sya ada 2 redfilter nih yg secara kasat mata mirip merahnya tapi beda di dalam airnya tuh....terakhir aja saya beli lgs 2 unit dr si mbah...soalnya harus pesen dan indent nih hahhaah


kalau meterin saya sepakat dgn pak surya adalah matrix deh plg bener kalo di uw tetapi pas kita shot harus sedikit mikir juga yg tadi tuh jgn terjadi perbedaan cahaya yg drastis untuk mempertahannkan warnanya yah....

ayo ekperimen bareng2 nih apalagi di tulamben lg nih pasti seru


hahahaha


ikutan om kalo mau turun eksperimen lagi di tulamben. hahahahahaa. ntar pake hook cantolin di pak Surya, ngintil matahari nya ajah. :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

jadinya pake red filter/cyan filter ya? saya jadi agak bingung nih. hehehehe. sedikit pertanyaan, URPRO itu dipasangnya di housing port apa bisa di dalam housing ya? soalnya rencana nya mau mau ngjajal UWL 05 sih, jadi kayanya ga mungkin kan ya kalo di housing port nya ditumpuk2 adapter? hahahaha

_________________
Hafidz Nasution
#IndonesiaFromBelow
IG: @iulabs / @gelembungsamudera (admin)
http://www.gelembungsamudera.com
Safe Dive = Fun Dive


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Comments and Critiques On UW Videos -
PostPosted: Sat Jul 06, 2013 2:48 am 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
Mas Haf,

Silahkan di upload yang custom WB, nanti kita bahas.
Tapi sementara ini kamu cari screen calibrator dulu yah, sebab di video "Kubu Diving", biru nya terlalu kuat untuk 30 meter, itu biru sebiru itu jika 60 meter dan air bening banget. Takutnya screen kamu drift nya banyak.

In the mean time ini spec METERING MODE G1X kamu :
.
Image

.
Center Weighted tidak sama bagi semua kamera, maksud tidak sama adalah "area of decision" tersebut.
Jika AF point bisa tepat dan di geser geser, kalo AE point tidak pernah saya lihat sebuah camera kasih titik atau bracket untuk tentukan "area of decision" tersebut seluas apa. Coba deh pake EVALUATIVE, mungkin cocok.
.
Sony RX100 Multi Area Metering mode nya memang lebih luas.
.
Image

.

Kamu cari ke toko buku atau toko sticker, cari lembaran warna biru tua laut seperti di bawah. 1 x 1 meter cukup lah. Harus gloss yah, supaya cahaya senter mantul ke sensor kamera.
.
Image
.

Kamera kudu pake tripod. Cari senter yang spot beam, minimal 700 lumens.
Buat tuh cahaya senter sebagai sun-ball atau zona super terang. Mainkan berbagai setting METERING dan itu spot beam senter kamu jalankan pelan pelan keseluruh frame yang di capture sama kamera kamu. Nanti setelah selesai kamu analisa setting apa kekuatan dan kelemahan nya apa.

.
Kondisi paling sering terjadi adalah seperti dibawah ini : Matahari di atas dan kamu sedang shooting subject kamu di center.
Image
.
Jika sensor tidak kuat dan setting tidak tepat, jebol lah itu sun-ball jadi putih banget atau ada merah nya.
Merah adalah saat sensor sudah over limit banget.
.

Pada GoPro HD2 yang kurang kuat sensor nya, red bloom akan terjadi... jika kamera sedang di 50 meter ( low light ) dan tiba tiba di arahkan ke sun-ball.
.
Image
.

Hal yang sama terjadi di camera Randy, kalo kagak salah Canon S100 atau S110, antara dua tipe ini lah.
Di luar dari setting apa yang Randy pakai, tetap ini adalah keadaan overblown highlight yang sudah berlebihan.
.
Image
.

Perhatikan beberapa screen capture dibawah ini, lihat beda Multi metering mode dengan center weighted nya RX100.
.
Image
.
Image

.
Kamu lakukan lah test seperti yang saya lakukan dan kenali sifat metering kamera kamu dalam video mode.
.

WHITE BALANCE
Biru adalah warna yang banyak noise menurut senior saya. Lalu sial lah kita di UW dapat biru melimpah.
Jangan heran saat WB kamu di buat AWB lalu di banding custom WB, custom WB yang cocok tidak lah akan terlalu jebol highlight nya. Contoh di bawah :
.
Image
Lihat screen capture kiri atas, itu fin diver lenyap sudah ketelam ama blownhighlight lalu karena kiri adalah AWB ( tengok judul nya ) biru di ampflied sampai jelek banget. Kanan adalah custom AWB, tak parah parah banget blown highlightnya. Tetap shooting seperti ini, gimana juga akan induced kamera untuk over exposed di bagian terang nya. Tetapi dengan setting WB yang cocok dan metering mode yang cocok dan pemahaman atas +- kamera kita, ini bisa di kurangkan.

Video tidak ada istilah memaafkan. Apa yang kita lihat LIVE di LCD bukanlah apa yang di rekam ke memory card dan asumsi 100% sama sebab sensor dapat raw data, raw di jatahkan ke layar LCD dan di compressed sesuai compression cameranya ( kalo Sony pake AVCHD ) ke memory card. Compression irit data, dengan biaya quality gambar turun dan gradasi warna tak sekaya raw nya, sehingga sun-ball/area terang sering jebol/blown-out saat nonton hasil rekaman, tetapi di LCD tidak nyata sangat. Jarang kita akan playback di UW untuk cek footage.

Di Photo sebaliknya. Apa yang kita lihat adalah image yang cukup akurat di LCD kita, sebab kita baca data dari memory card yang sudah ter-processed, bukan raw dari sensor. Karena photo data nya kecil, terbesarpun cuma 75MB di Nikon D800 pada raw 36 mega pixel, memory buffer still-camera pasti cukup untuk 1 image, jika pun tak ada memory card di dalam nya. Lalu kalo salah, yah jepret lagi lah, sampai dapat yang kamu rasa kamu sudah puas dengan image nya. :mrgreen:

Koreksi photo, apalagi RAW itu sangat sangat powerful si PhotoShop, di video editor software yang dalam mimpi/hayalan/idaman seorang video dude untuk setara ama Photoshop, selain susah pake nya, bisa bikin bangkrut kalee beli nya.

Video pada 25 fps di 1080p adalah 25 x photo 2.1 megapixel di tunjukan ke mata kita dalam 1 detik.
Jika kita mau koreksi setara ama Photoshop, itu sama ama oprek2 25 photo per detik video. Quantity per frame bicara untuk berapa rumit tugas ini di lakukan oprek2, bukan soal 2.1 megapixel itu kecil atau gede. Maka, kecuali special effect mau di lakukan alias Computer Generated Imagery kayak film Hollywood ( contoh Terminator 1,2 & 3 ), kita kita yang hobby doank mah berharap shooting nya dari awal sudah baik dan cuma perlu edit dan color correction doank.

Jepret photo 100, dapat 5 bagus kamu bisa kasih tengok orang.
Jepret video 100 detik, tak mungkin kamu kasih orang nonton cuma 5 detik doank.
Goyangan kamera satu hal lagi yang sulit sebab video sering batasi shutter speed pada 1/100 sec paling top untuk masuk di anutan 180 degrees shutter rule jika rekaman pada 50fps.
http://hd-slr.com/2011/03/180-degree-sh ... -the-rule/
Shutter speed terlalu tinggi akan buat video seperti yah VIDEO.... :mrgreen: , alias tidak fluid.

Video kan motion picture, picture yang in-motion. Maka panning ( sapu kiri kanan ) adalah bagian dari videography. Panning sama dengan sensor kita exposed kan ke exposure beda beda jika di UW footage yang kaya akan dark area of the reef lalu di atas ada matahari terang sekali, ini di luar dari goyangan tangan kita. Maka kamu harus kenal camera kamu sebab kita tidak lagi bisa controlling the environment, tetapi kita harap kamera kita sanggup adaptasi dengan pencahayaan yang naik turun.

Cara ber-photo sangat jauh beda dengan cara ber-video.
Di photo kamu berfikir cuma sekian detik kedepan, berharap object tak lari ( kalo creature ).
Strobe kamu bantu color correction sebab dapat cahaya artificial tuh photo dan jika pakai nya stobe besar/memadai, senter 30,000 lumens pun tak bisa saingin Watt-per-detik sebuah strobe. Strobe main Capacitor, power batere di sedot ampe penuh tuh capacitor and JRENG !! stobe fire kan cahaya sangat dasyhat. Jadi power sebuah strobe sangat-sangat powerful. Powerful, tetapi durasi pendek. Pas lah dengan kebutuhan sebuah photo.

.
.
Bagi yang mau sempurna main video, mereka main manual exposure loh di bawah laut pun....tapi itu jauh dari kategori kita2 lah yau.

Ini contoh video setting exposure manual dengan Panasonic GH-2 yang sudah di hack, pada kedalaman 85 meter, screen capture di bawah adalah pada sekitar 70 meter kedalaman :
http://www.direxplorers.com/videos/9.html?language=fi
.
Image
.
Air emang bening, tapi kalo saya pada kedalaman 70 meter, boro2 mau oprek2 kamera, ntar lihat pressure gauge ajah udah bolot kaleee... :mrgreen:


Dibawah ini video Kubu Diving kamu, biru nya terlalu kuat toh.
.
Image
.


.
Dibawah ini adalah grading video nya Andezzz dari kamera nya NEX7 Audita ( Ditajong )
.
Image
.
Karena memang gelap, saya boost contrast dan brightness tetapi tidak bisa banyak sebab itu langit/matahari sudah mau blownout.

Nah silahkan ber experiment. Full auto pun jika kita kenal sifat kamera kita, bisa banyak bantu lah.

Enjoy.............

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Comments and Critiques On UW Videos -
PostPosted: Sat Jul 06, 2013 7:03 am 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
Mas Haf,

Part 2 nih......

Overblown highlight atau Clipping/Clipped & Banding

Video underwater yg kita amatir bikin dan bukan dokumenter, pasti nya content nya adalah pemandangan karang atau ikan/creatures. Atau mungkin video lucu seperti video DJ Andezzz.

Jika footage kita ada yang sangat luar biasa, contoh octopus besar sedang cekek bull shark, kita sudah bicara content lebih penting dari image quality. Content lebih penting dari image quality lah yang buat cell phone ( yang Low Quality ) footage dari sebuah kejadian penting ( contoh ledakan, kecelakaan etc etc etc ) bisa masuk broadcast/TV.

Jika kita khusus bikin dokumenter pemandangan sebuah kota, lalu 100% pake cell phone yang low quality , so pasti footage akan di tolak sama stasiun TV.

Ini di luar dari seni atau ART nya sebuah video yah. Saya bahas cuma apa yang sebisa nya di cegah saat buat video UW yang khusus untuk di sharing.

Matahari adalah salah satu objek yang UW video guys paling suka tembak, sebab keren.
Pada saat yang sama, footage yang ada matahari kuat lah yang bikin video sering hancur, sadari lah cara dan kemampuan kamera kita. Satu tip. Semakin dalam posisi kita di bawah air, semakin susah sensor terjemahkan cahaya matahari ( kalo shooting sun-ball style ) sebagai signal, jadi nya akan amburadul. Ini karena semakin dalam semakin gelap dan si sun-ball akan semakin offensive bagi sensor kamera, jika kita sering mepet2 mau ambil sun-ball tersebut.

Kamera video yang jago di darat, belum tentu jago di UW.
Contoh adalah si mahal Sony FS100, itu harga belum sama lensa yah.
http://pro.sony.com/bbsc/ssr/cat-broadc ... EXFS100UK/

Pemilik mengeluh soal dodol nya camera ini di UW
http://wetpixel.com/forums/index.php?sh ... 538&page=3


Panasonic GH-2 yang bisa kepret Canon 5D Mk2 di darat , di UW ada kelemahan yang sangat nyata, banding nya kuat sekali, itu gradasi terang nya sun-ball bikin video image kayak kue lapis umumnya sebut "Banding". Tengok bawah.
.
Image
NOTE: Bagi siapa yang tidak bisa tengok "Banding" yg saya berikan warna merah, sebaiknya layar ganti dengan yang lebih high resolution, minimal 23" dan kalibrasi layar dengan baik.

.
Lalu sang owner kamera malah demen shooting kue lapis ini :mrgreen: dan di tambah over-blown highlight.
.
Image
.
Dia fikir ini cool, padahal ini merusak image nya.
.

Ini 2 owner GH-2 yang lain, sama juga, hobby kue lapis dan sun-ball yang belepotan.
.
Image
.
Video di atas yang kiri, malah ini orang jual jasa video UW pulak.... :mrgreen:


4 video berbeda di atas ini, itu contoh klasik:
"Video di buat untuk diri sendiri, kue lapis dan sun-ball belepotan di anggap enak di lihat"
:mrgreen:


Memang ada kala, footage karena objek/creature yang kita shooting bergerak terus dan kita kudu ikutin dan akhirnya mau tak mau kena sun-ball di pinggir dan jadi belepotan, apa boleh buat lah. Ini content memang prioritas.
Contoh di bawah adalah dari RX100. Tetap RX100 kagak kedobolan kayak GH-2 kalo kena sun-ball dari pinggir.
Image
.

.
Ini dari NEX7 nya Cipto.
Image
.
Dua image teratas bisa OK tuh sun-ball sebab di letakan di tengah, jadi sensor bisa adaptasi dan adjust AE.
Image bawahnya, itu masih masuk ke multi metering nnya NEX7, maka kagak jebol kayak contoh RX100 Manta Ray. Beda-in sun-ball jebol gampang, kalo si bola putih di lingkari dengan parameter bola besar kedua yang biru muda keputih-putihan, itu mulai jebol nama nya.


.
Shooting moving schooling fish lalu mau cegah kecipratan sun-ball emang susah, apalagi wide angle.
Image di bawah : Kiri adalah 7D dan kanan GH-2.
Kiri dari EJ si Korea, sang idola ku :-bd , tetap ajah kan sun-ball bikin reseh.
Sensor 7D bukan lah sensor yang kuat kalo soal cegah blown highlight lalu detail diharapkan dapat di pertahankan, sensor Sensor NEX7 lebih jago soal itu, RX100 pun di kepret. Kalo macro, 7D mantap dah, sebab macro video pasti controlled artificial light alias senter, dan bukan natural ambient light.
.
Image

.

Jadi know-ur-camera dan adaptasikan shooting style nya sesuai itu kamera.



.
EDITING & COMPRESSION

Jika kita ingin sharing video di Utube, jangan pelit bit rate saat rendering dan pelit internet speed saat uploading.
Sudah susah payah diving dan membuat video, jika tidak di upload sebagus-bagus nya, sayang sekali sebab Utube compression akan buat Banding alias kue lapis lebih parah dan yang lumayan bagus jadi burem kalo 480p.
Di 1080p pun, jika di upload cuma hasil render 20 mbps ( di bawah bit rate asli camera kita ), itu pun sayang karena belum optimal. Footage yang di tonton di Utube atau Vimeo yang cuma 640p lalu bagus banget, itu biasanya sumber nya dan editor nya emang dashyat, itu sudah domain professional dan bukan amatir kayak kita2.
Ini contoh nya 640p ajah sudah cakep, GH2 di hack dan video darat
https://vimeo.com/26818589


Ini hasil Hero 3 Black pada cahaya memadai dan tidak terlalu dalam, max 15 meter.
Saya pakai untuk latihan grading warna.
.
Image
.

Footage yang kita sharing sama kawan , dan karena kita amatir, content nya umumnya biasa biasa ajah.
Maka yang kita coba berikan sama kawan2 ( apalagi diver ) adalah visualisasi setepat tepatnya mata kita melihat itu alam nya saat diving dan ini hanya bisa di rasakan oleh penonton jika video cukup tajam dan warna cukup tepat. Soal makin dalam makin biru tanpa bantuan lampu, yah itu sudah given dan tak bisa kita buat apapun.



JARAK , KEDALAMAN & WARNA

Semua UW photographer tau lah soal cahaya memadai me-restore warna.
Image
.
Image di atas A, paling dangkal, B beda tipis ama A.
Cuma warna pundak wetsuit Dita yang maroon, dengan hanya geser 40cm lebih jauh dari sensor, sudah pudar dikit merah nya di B.

Image C dan D sebenarnya mirip kedalaman nya, cuma D itu DJ Andezz lebih jauh dikit . Lihat selang kuning octopus DJ Andezzz, karena cahaya matahari menutupi selang kuning, kuning nya tidak sekuat di C dimana matahari lebih menyinari itu selang kuning. Kalo fin biru mah gampang, pasti tetap biru.


FOV untuk object tertentu
Image

Imagi kiri di atas adalah RX100, image kanan adalah GoPro HD3-B.
Orang fikir saya gila bawa camera 3 sekaligus.
RX100 di dompleng atas nya ama HD3-B dan 1 lagi HD3 di sisi kanan. Perbandingan seperti di atas lah yang saya cari. Satu dive saya bisa pelajari 2 jenis kamera dan 3 jenis FOV , jadi dapat bahan comparison nya. Object tertentu lebih enak lihat tanpa FOV wide angle. Sering2 lah ber-experiment.

Lain waktu lanjut lagi yah............


SP.

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Comments and Critiques On UW Videos -
PostPosted: Fri Jul 12, 2013 6:20 am 
Offline

Joined: Thu Aug 06, 2009 3:03 am
Posts: 1022
Location: Gili Trawangan
Nah itu bperbandingan enak pak soalnya objek dan time nya sama jd hasil bs keliatan +- nya lgs kan.

Kalo buat saya metering itu jgn dijadiin patokan mati mas hafid soalnya biarpun kita pake matrix atau spot tp msh bs di adjust dgn exposure compensation kan -3 sampai +3. Jd itu buat patokan aja. Nah knp pak surya pake metering nya matrix krn di video kita lbh nonton 1 frame kan bukan hanya objeknya aja mas mangkanya perlu balance antar cahaya objek dan lingkungan sekita jd video menarik untuk dilihatnya.

Dan untuk manipulasi atau editing video gak segampang foto kan jd si videografer hrs dapetin perfect shot untuk bs dpt video bagus. Dan lagi si video itu kan continue bukan hanya ngomong 1 frame dimana kita ambil shot minimal 5 second harus bagus gak boleh gelap, fokus, dan gak godek tuh tangan. Kalo shot kependekan mah namanya foto bukan video dan gak menarik utk ditontonnya kan

_________________
don't dream your live, but live your dream.......


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Comments and Critiques On UW Videos -
PostPosted: Wed Jul 24, 2013 3:37 am 
Offline
User avatar

Joined: Thu Jul 04, 2013 4:42 pm
Posts: 50
Location: Gorontalo
permisi,,, newbie pengen ikutan nimbrung... jadi saya juga baru belajar main video underwater,,, sebelumnya saya suka bikin video di darat... tp tetep aja masih belajar...

pengalaman saya menggunakan kamera pocket / prosumer (non-DSLR) waktu itu saya coba ngedit video nya temen yang underwater. dia pake kamera canon G15, saya lumayan kaget, karena warnanya suka berubah ubah... saya fikir ini karena mode recording movienya karena auto... setelah di cek ternyata benar. selama ini saya kalo ngambil video di darat pake Eos 7D (karena gak punya housing jadio gak pernah dibawa nyelam tuh kamera) :D

singkat cerita, saya berkesimpulan begini (mohon di koreksi kalo salah) :
-sehebat apapun tekhnik pengamnbilan gambar kita klo mode recordingnya auto, dijamin warna pasti berubah ubah... kadang suka over expossure atau bahkan under expossure.
-kalo dapat kamera yang bisa mode recordingnya manual, kita bisa ngatasin perubahan warna dengan custom wb.
-ingat dalam melakukan color grading, mood atau atmosphere video kita harus continue (klo biru, yah biru semua, kalo hijau, hijau semua dst ) semua tergantung kita ingin wearna seperti apa. hal ini supaya biar videonya gak jump shot. klo buat kita nonhton sendiri mah masa bodoh, tapi klo mo di liatin ke orang lain, sebaiknya gak jump shot.
-jangan sekali sekali kita berharap di post produksi buat benerin wb nya (warnanya) karena dijamin bikin mood kita jelek klo ketemu warna yang suka berubah ubah terus pas ngedit.

mungkin itu aja kesimpulan saya... owh iya, pada prinsipnya photography berasal dari bahasa yunani photos (cahaya) & graphein (menggambar) artinya menggambar dengan cahaya, sedangkan videography atau motion picture adalah pengembangan dari photography itu sendiri. jadi ada baiknya kita menguasai dengan betul tekhnis dan ilmu pendukung dalam bidang photography, karena hal ini mempermudah kita saat merekam video. jadi basic dari video itu adalah yah foto itu sendiri. baik dalam hal memahami komposisi, lighting, point of interest (POI), depth of field (dof), dll...

ini contoh hasil saya iseng2 belajar ngedit video underwater... (mohon kritikannya yah )
https://www.youtube.com/watch?v=T3UxbUTryzI&feature=c4-overview&list=UUOhEA9olFGMYcBjd7hlC-nA

video ini juga saya posting di : http://forumselam.com/viewtopic.php?f=5&t=3820

saya bikin rough cut nya di Final cut pro 7, dan buat color grade pake FCP X.

skali lagi kalo ada yang salah mohon di koreksi yah... :)
owh iya all footage di video yg saya upload di youtube, bukan saya yang ngambil... saya cm bantuin edit doank. dan saya jugamasih dalam tahap belajar.... jadi mohon maaf klo hailnya belum bisa semaksimal kayak editan mbah surya.... ^:)^

_________________
Salam,
Didin
2A9CC00D | email : [email protected] | Channel on Youtube : http://www.youtube.com/user/povmovie
GORONTALO DIVE CENTER

"wanna dive for low cost? visit Gorontalo..!!! Come, Dive and Enjoy it.... :) "


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Comments and Critiques On UW Videos -
PostPosted: Wed Jul 24, 2013 7:35 pm 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
Mas Didin,

Wele2, kita sama2 belajar nih.
Senang ada yang minat video juga, jangan photo melulu donk :mrgreen:

Audita ada kasih saya tengok video kawan nya yang juga pakai G15 di Komodo, tetapi kalo tak salah EV di setel minus , entah berapa.
Bagus video nya G15 kawan Audita.

Mungkin exposure nya G15 terlalu agresive kalo untuk UW, kalo darat sih lumayan.
Yang saya tidak habis fikir di video kawan kamu adalah screen capture paling kanan atas.
Image

.
Dengan dominasi terang sudah di center zone, tetap over exposure nya parah.
Capture kiri atas dan atas middle, biasanya fin putih dan air-bubble memang bisa over exposed,
tetapi jik tangan diver sampai over expsosed, jarang tuh tengok gituan. Wetsuit tangan kanan nya juga jebol sebagian.
Kayaknya memang G15 kudu main minus EV kalo UW video deh dan jangan pilih VIVID mode.



Kalo di test G15 Audita, ia berkata :

"nahkekurangannya nih skr
- WB sering kalo loncat pas kita ambil video dan di pan di kedalaman, berubah dr biru jd ungu ataupun sebaliknya
- untuk menghadap sunball ya banyak highlight yg gak ketolong dan hilang detailnya, jd pinter2 deh tuh
pas gerakin kamera jgn sampe kena sun ball nya
- settingan normalnya dia selalu sedikit over expose jadi harus selalu di set Under kalo mau warnanya cakep hasilnya tuh.
- kalo dah REC pas menu video dia gak bs atur exposure dan gak bs pindah fokus, jadi si objek gak boleh berubah
posisi dr awalnya yah...nah ini agak ngeselin tapi kalo dah bs sih justru enak malahan kaya pake manual fokus,
jdnya kameranya aja dimaju mundurin kaya pake fix lens hehehee"



Sesuai dengan komentar tester :
http://www.digitalcamerainfo.com/conten ... o-features
"Bizarrely for a camera that's extremely capable in nearly every other respect,
there are virtual no manual controls available during video recording.

Even more bizarrely, the one major shooting setting you can adjust—exposure compensation—doesn't
take advantage of the beautiful physical EV comp dial. If you turn the dial while in Movie mode, the EV
compensation overlay shows up and moves, but it's greyed out and has no effect. To actually adjust the exposure,
you need to press the AE Lock (*) button (which brings up a separate on-screen sliding scale) and turn the rear command dial.
We can't figure out a good reason why Canon would do this.

Beyond this one option, video recording is entirely automatic; no adjustments are possible.


Zoom
The full zoom range is available during video recording, but the lens zooms at a massively reduced
rate in order to keep the noise of the zoom mechanism under control.

Focus
The camera does focus automatically during video recording, but it's a pretty unremarkable implementation.
The focusing mechanism is pretty slow, and hunts occasionally in low light. You certainly won't want to use it for any sort of action shooting."

.


Saya pribadi sih karena masih belajar juga, suka nya semua auto ajah, sebab RX100 dan NEX7 full auto nya
relatif stabil untuk AE dan kalo untuk continuous focus DLSR so pasti kena kepret-pret-pret ama RX100 dan NEX7 :mrgreen: ,
wong DLSR termasuk D800 pun ( saya punya ), cont-AF nya either does not exis atau bolot.
Katanya Canon baru sih 70D continuos focus nya bagus. Sayang DSLR UW housing mahal, kalo kagak boleh tuh beli
70D untuk koleksi.

Full manual exposure di UW, jika tidak punya external monitor yang bisa false color, sebaiknya jangan kalo untuk video,
kalo di darat silahkan pakai LCD bawaan kamera, kalo di UW mah susah mau deteksi over exposure ringan.
Lain kalo mau main nya minus EV selalu atau kita diver diam dan video kan dengan santai manual way.
Kalo lagi cruising dan object/target mobile, pake manual kudu jago deh.....not my domain deh :D

Sebagai pemula, saya tidak mau main color mood, sebab ini bagaikan selera pribadi.
Yang saya coba usahakan adalah warna se akurat-akuratnya saya bisa tampilkan, dengan pastinya
limitasi bahwa ada color loss di kedalaman dan pada jarak. Target audience saya adalah UW videographer
juga supaya bisa dapat saran dan kritik, jadi bisa maju. Jika color mood sudah masuk personal preference, itu
susah untuk di bilang benar atau salah tuh warna terhadap benda aktual dan balik lagi karena personal preference,
akan selalu benar dimata pemilik/editor video dan apa yang mau di koreksi ? Sebab Beauty is in the Eye of The Beholder.

Ada dua macam video di UW.
"Come what may" dan yang well planned.
Saya selalu masuk kategori yang "come what may", kita rekam ajah deh. Test ini ono dikit so pasti ada.
Well planned bagi yang udah mahir, tapi itu bukan domain saya :mrgreen:

Karena saya diving dan bawa kamera, bukan khusus mau dive karena bawa kamera untuk bikin dokumenter, jadi tetap
"come what may" akan selalu jadi pilihan, maka full auto enak neh dan pastinya saya kenal sifat kamera saya.

Punya basic photography sebagai videographer so pasti mantap, tapi saat kita bicara scene yang pakai panning segala,
lalu satu sisi wall ( gelap ) dan satu sisi open water dengan sun ball di belakang atas sang diver yang jadi object/target,
ilmu photography susah adaptasi untuk yang ginian, kecuali footage masuk dalam kategori well planned dan exposure di set
pada final condition, bukan untuk beggining. Untuk UW videographer sambil panning lalu suruh mainkan exposure dan focus
( asumsi full manual ), tangan nya kagak cukup. Di UW mau pasang follow focus system di dalam camera housing susah neh.
Lain kalo ada khusus tukang panning dan videographer punya smooth motorized follow focus dan juga untuk dial exposure nya.

Selama ini banyak DSLR bisa get away dengan focusing saat panning UW karena wide angle lens ajah,
kalo bukan pakai very wide angle lens, lalu panning dan final target distance beda sekian meter dengan focus awal, kacian videographernya.
Kalo shot static terhadap ikan kelakuan baik di karang alias diam banget, enak pake DSLR walaupun lensa kagak very wide angle.
Saya pribadi kagak suka hanya very wide angle video ( kecuali GoPro ), detail nya jelek. Mau pakai lensa bagus kayak apapun kalo
very wide angle, detail tidak bisa sebagus narrow angle lens....kalo object nya ( andaikata ikan atau benda kecil lah ) perlu occupy 40% dari total screen.


Color flavor beda beda pada merek camera berbeda. Saya perhatikan Canon-ners demen color flavor kayak di bawah ini untuk UW video
Image

Yang paling kiri atas adalah DNG Raw, terbaru dari Magic Lantern untuk 5D MK3
Saya pribadi tidak suka flavor warna seperti itu, sebab karang apalagi dangkal kagak coklat ato merah seperti itu.




Pada kedalaman dangkal, saya lebih suka color flavor RX100. Personal taste yah, tapi saya pakai acuan warna aktual di lokasi pada kedalaman yang saat itu video di ambil.
Image



Saran untuk color correction kamu, kalibrasi layar kamu dulu.
Red nya kamu pushed terlalu jauh sampai clipping dan ini juga bisa bikin over exposure makin parah loh.
Image

.
Image


.
Image


.
Ini dulu yah...........

Later,
SP

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Comments and Critiques On UW Videos -
PostPosted: Wed Jul 24, 2013 9:11 pm 
Offline
User avatar

Joined: Thu Jul 04, 2013 4:42 pm
Posts: 50
Location: Gorontalo
dear om surya....

pertama saya mo ngomong : "bwahhahahahahahahaha... ketauan gw kagak calibrasi monitor.... =)) "

iya om clipping warna merah nya sebenernya saya angkat warna globalnya ke merah semua... supaya warna biru ama ijonya masih bisa ketulungan... ekh gak taunya di beberapa scene malah jebol tuh merah... namanya juga masih newbie om, kadang males2an buat isolasi warna (secondary color corection).

saya sendiri blm pernah coba megang kamera di underwater,,, rencana nya abis lebaran ini pengen pinjem kamera G15 nya temen. biar ketahuan lebih detil, sebenarnya masalah apa saja yang sering ketemu ke tika shoot underwater dengan available light... semoga saya bisa sharing dengan om surya setelah saya coba sendiri ngambil gambar dalam air.

owh iya om,,, saya lagi nyari dive housing buat GoPro hero 2 niy om... dimana yah yang jual?

_________________
Salam,
Didin
2A9CC00D | email : [email protected] | Channel on Youtube : http://www.youtube.com/user/povmovie
GORONTALO DIVE CENTER

"wanna dive for low cost? visit Gorontalo..!!! Come, Dive and Enjoy it.... :) "


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Comments and Critiques On UW Videos -
PostPosted: Thu Jul 25, 2013 12:07 am 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
wetcat wrote:
dear om surya....

pertama saya mo ngomong : "bwahhahahahahahahaha... ketauan gw kagak calibrasi monitor.... =)) "



He he he ayoh ketauan loh... :mrgreen:

Ada kok GP HD2 Dive Housing, belum lama masuk.
Cari Shinta deh.

HD2 juga suka JUMPER tuh, tapi setelah 20 meter lebih stabil. Biru biasa.
Di 6 - 19 meter rawan hijau color flavor nya, jika tidak pakai URPRO Cyan filter.
Salah satu tips n trick supaya tidak cendol hijau HD2 adalah, power ON kan saat masih di udara, jadi AE nya pelan pelan adaptasi. Jika di POWER ON kan UW, sering cendol jadi nya :D

Nanti Mas Didin pinjam G15 nya temen dan bikin video deh, ntar kita sama2 belajar yah. Di jamin akan senang, sebab banyak makan waktu di color correction. Jadi kan ada hiburan. :-bd

Jika lakukan color correction, clip nya jangan di buat panjang2, cukup per clip 30-45 detik,
jadi color correction bisa sepotong2.

Ingat, lain merek/model lain kelakuan tuh camera. Lain lensa ajah walaupun sama body nya , bisa lain outcome AWB nya.

Kayak anak kecil lah.....banyak sifat unik nya masing2. :ymhug:


Have fun n dive safe yah.
.

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Comments and Critiques On UW Videos -
PostPosted: Thu Jul 25, 2013 3:12 am 
Offline
User avatar

Joined: Thu Jul 04, 2013 4:42 pm
Posts: 50
Location: Gorontalo
Surya Prihadi wrote:
wetcat wrote:
dear om surya....

pertama saya mo ngomong : "bwahhahahahahahahaha... ketauan gw kagak calibrasi monitor.... =)) "



He he he ayoh ketauan loh... :mrgreen:

Ada kok GP HD2 Dive Housing, belum lama masuk.
Cari Shinta deh.

HD2 juga suka JUMPER tuh, tapi setelah 20 meter lebih stabil. Biru biasa.
Di 6 - 19 meter rawan hijau color flavor nya, jika tidak pakai URPRO Cyan filter.
Salah satu tips n trick supaya tidak cendol hijau HD2 adalah, power ON kan saat masih di udara, jadi AE nya pelan pelan adaptasi. Jika di POWER ON kan UW, sering cendol jadi nya :D

Nanti Mas Didin pinjam G15 nya temen dan bikin video deh, ntar kita sama2 belajar yah. Di jamin akan senang, sebab banyak makan waktu di color correction. Jadi kan ada hiburan. :-bd

Jika lakukan color correction, clip nya jangan di buat panjang2, cukup per clip 30-45 detik,
jadi color correction bisa sepotong2.

Ingat, lain merek/model lain kelakuan tuh camera. Lain lensa ajah walaupun sama body nya , bisa lain outcome AWB nya.

Kayak anak kecil lah.....banyak sifat unik nya masing2. :ymhug:


Have fun n dive safe yah.
.


siap om... nnt hasil G15 pengen di compare ama Hero 2... jd bisa ketahuan mana plus minus nya... :D

_________________
Salam,
Didin
2A9CC00D | email : [email protected] | Channel on Youtube : http://www.youtube.com/user/povmovie
GORONTALO DIVE CENTER

"wanna dive for low cost? visit Gorontalo..!!! Come, Dive and Enjoy it.... :) "


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 29 posts ]  Go to page 1, 2  Next

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 2 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to: