It is currently Mon Oct 23, 2017 2:23 am

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 16 posts ]  Go to page Previous  1, 2
Author Message
 Post subject: Re: In between dives....make some land videos
PostPosted: Mon Jul 29, 2013 12:57 am 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
Mas Otto,

Susah maju negara tercinta kita nih kalo soal Maritime Tourism mah.

Ke laut ajah kapal pesiar kudu pake SIB segala, Surat Izin Berlayar, disamakan ama kapal komersial alias kapal cari duit. Too much nonsense. Di Singapura, Hong Kong Malaysia & Thailand tidak perlu SIB segala, selama itu kapal tidak jual jasa dan tidak dapat uang dari trip tersebut.

Laut Indonesia adalah milik bersama, kita boleh berenang di mana saja ( kecuali ada larangan khusus ) dan maka kapal pribadi juga boleh berlayar sesuka nya. Yang perlu cuma lapor sama marina setempat float plan nya, supaya kalo ada gangguan atau musibah, mudah di bantu.

Lalu di satu sisi lain kelayakan laut kita amburadul.
Kapal kayu kecil berapa banyak tak ada lampu navigasi ?
"Kapten" kapal kayu ini tak perlu ikut kelas boating, tak usah lah bahas kelas surat kapal besar...minimum tau basic rules of the road. Naro jaring ajah di depan Ancol Marina nih kapal nelayan, cuma 300 meter dari mulut marina.....pada gila deh. Sudah jelas itu alur pelayaran kapal keluar masuk Ancol.

Sebuah kapal jika di kemudikan dengan orang yang tidak paham the rules of the road, adalah resiko bagi kapal lain , khusus nya kapal besar ( tanker dan sejenis ) yang manuver nya setengah mati dan berhenti saja perlu 1-2 KM baru bisa stop.

Di Hong Kong dan Singapura , jet-ski saja pakai SIM boating dan juga perahu karet selama ada mesin nya , sebab jika tidak mereka akan menjadi hazard bagi navigasi kapal lain. Jadi ketat demi keselamatan, tapi tanpa nonsense birokrasi kayak surat Izin Berlayar segala.

Marina terbaik di Jakarta adalah Marina Batavia di Sunda Kelapa. Floating pontoon.
http://matinuwaliyyu.wix.com/batavia-marina

Marina terbaik di Indonesia adalah Nongsa Point Marina, di Batam. Floating pontoon.
http://www.nongsapointmarina.com/

Marina mahal tapi sampah = ANCOL MARINA , surut kandas, pasang banjir...... :mrgreen: plus bonus Aroma segar air comberan

Marina OK OK tapi kalo pasang kelelep melulu = Pantia Mutiara Marina. Ini sih secara marina lebih baik dari Ancol...dikit.

Marina lumayan : BaliMarina di Bali.
http://www.balimarina.com/

"Marina" mur-mer di Bali = Serangan , ini teluk bukan marina beneran.

Marina maksain = Lippo Carita Marina & http://www.villamarinaanyer.com/
Kecil & sempit

Marina lain saya tak hafal

Kalo bicara potensial income, kapal layar dibawah 50 feet adalah tak guna sebab mereka kebanyakan bisa jarak jauh, tapi on a budget. Power Yacht yang enak doku nya, sebab kebutuhan nya banyak. Ini sisi income bagi negara tujuan si jenis kapal ini.

Ini dua jenis kapal selalu cekcok ownernya. Sailing boats di anggap cheapo ama powerboater dan powerboater di anggap bolot navigasi ama sailboater.......ha ha ha. Lucu2 kalo dengar sentimen masing2 kubu.

SP



.

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 16 posts ]  Go to page Previous  1, 2

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: Bing [Bot] and 2 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to: