It is currently Thu Dec 14, 2017 3:22 pm

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 16 posts ]  Go to page 1, 2  Next
Author Message
 Post subject: In between dives....make some land videos
PostPosted: Fri May 03, 2013 2:49 am 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
.
Kalo udah bawa kamera ( video use ), sekalian mainkan di atas air....... :mrgreen:

Test macam-macam 3rd party kits untuk Gopro, sebab Pulau 1000 useless kalo mau dive saat itu, butek bikin pusing :sad:
.

YOUTUBE
Video 1 - macam2 toys
http://www.youtube.com/watch?v=XOotgqMz9Mc

Yang demen cool yacht, Video 1 untuk anda.

Menit 03:03 itu 78 feet dan 45+ knot. 1 Jam 650 liter solar.
2 x 2,400 PK. Arneson Surface Drive ( surface piercing drive ).


Menit 03:31 , itu 106 feet. 40+ Knot.
Water jet, 3 x 2,400 PK. 1 Jam 1,000 liter solar.




Video 2 - Subsee +10
http://www.youtube.com/watch?v=LsN9WNK6wnQ


VIMEO
Video 1 - macam2 toys
https://vimeo.com/64514275

Video 2 - Subsee +10
https://vimeo.com/65326255


Seperti biasa, raw video ada di Vimeo. Kalo member, silahkan sedot.
Video 1 , 1.2GB
Video 2 cuma 116MB


Dive safe...........
.

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: In between dives....make some land videos
PostPosted: Fri May 03, 2013 4:18 am 
Offline

Joined: Sat Aug 20, 2011 5:18 pm
Posts: 360
sy lebih tertarik nanya soal kapalnya daripd soal gopro nya... :D :D

106feet? 32meter?? *CMIIW apa sy salah convertnya... klu 40+ knot, mks-kapoposang gak nyampe 1 jam tuh, kenceng bener buat kapal yg sizenya gede gt.. 1000 liter solar, klu industri 6rb/liter, bakar duit 6jt dlm 1 jam... #:-s


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: In between dives....make some land videos
PostPosted: Fri May 03, 2013 7:41 am 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
1 meter = 3.3 feet , bukan 3 feet yah. Yang tepat sih 1 feet = 30.48cm atau 1 meter = 3.281 feet.


Di Jakarta solar non subsidi Rp 9,xxxx atau 10K lah gampangnya sebab harus pakai Shell kalo kapal pribadi.
Mau beli Pertamina Dex susah, tapi Pertamina Dex lebih bagus dari Shell. Dex itu Euro 2 lulus loh. Kalo Shell sulphur level nya masih tidak lulus Euro 2. Kalo mesin kapal 2008 ke atas umumnya sudah common rail dan cepat jebol kalo sulphur nya tinggi. Kemarin baru ada yang kena 32 pcs injector nya...merem lah 1M mah bonyok nya kalo merek MTU mah.

Di Jakarta, bensin kapal juga Premix tidak boleh Premium. Berlaku juga di Carita/Anyer, atau masuk penjara neh.
Sudah 2 kapten yang saya kenal masuk bui karena beli premium. Ada yang 6 bulan ada yang 1 tahun.

Rp6K mah bukan solar industri tetapi SPANYOL ( SePAro NYOLong :mrgreen: ).
Pokok nya di Jakarta punya kapal bangkrut beli bensin lah yau.....kecuali berani nakal, yah silahkan.

Gampang itung fuel consumption mah. Kalo mesin diesel :
PK atau horsepower di kalikan 204cc solar per jam x 75% engine load pada tipikal 2,100 RPM engine speed, di mesin kapal pesiar yang tipikal 2,300 RPM.
2,400 x 3 = 7,200 PK
7,200 PK x 204cc = 1,468 liter x 0.75% = 1,101 liter per jam

Kapal kecil kongsian saya yang mesin tempel 3 putih itu, sekitar 165 liter per jam jika loading BBM, air dan manusia + embel2 alat selam dan cool box pada +-2,200kg. Ini cuaca teduh dan cruise speed 30 knot, RPM 4,800. Berat kosong kapal 7.5 ton. Harus bisa main engine trim angle, body trim dan hydrojack ( engine height trim ), jika tidak ....bisa beda 5-10% lebih boros. Kalo kena ombak 1.5 meter, lebih boros 20% merem dah. Maka nya males ke pulau 1000 jika diving , kagak worth the money beli bensin kudu 600 liter Premix cuma untuk ke P1000 bulak balik dan main tak lebih dari 20 mile dari base camp. Mendingan ke Bali ajah.

Kapal pesiar di atas 70 feet lagi naik daun lagi sekarang nih di Indo. Banyak yang sudah paham how to enjoy life heheheeh. Itu yang 32 meter kalo baru 120M harganya, merem dah. :D
32M itu cruising nya sering di 34 knot. Top 40knot kalo baru, sekarang paling 38 knot lah.
Ini yang terkencang di Indonesia untuk ukuran di atas 100 feet....saat ini.

Dulu speed record di pegang sama Boss Surya Palo Metro TV dengan Heesen Diaship 125 feet nya, 34 knot dan alumunium. 3,500 PK x 2. Pas KrisMon 1997 , 2 tahun kemudian di jual ke Malaysia. Hari ini beli ukuran segitu mah mencret dah....150M belum tentu dapat.

Jauh-jauh sebelum nya speed record kapal besar di atas 100 feet di Indo pegang Heesen Diaship juga, tapi 103 feet. Waterjet dan sekitar 2,600HP x 2. Sekitar 29-32 knot dapat dah. Buatan tahun 1990.

Heesen Diaship top di tahun 80an - 90an di Asia dan sedunia. Hampir semua Sultan di Malaysia pasti pernah punya Heesen. Malaysia ada 8 ato 9 Sultan.

Heesen di tahun 1988 saja sudah bisa 42 knot dan tercepat di dunia saat itu dengan Octopussy 43 meter atau 142 feet. http://www.superyachts.com/motor-yacht-3413/index.htm

Sekarang tercepat di dunia, untuk 140 feet ini dia :
http://www.millenniumsuperyachts.com/mi ... index.html
20,000 HP total power. 140 feet. Speed 70 knot.
Nama nya The World Is Not Enough.
2 di antara 4 mesin nya bukan diesel loh, mesin jet/turbine merek Lycoming, tapi BBM nya diesel.
Ini satu jam bisa 4,000 liter kalo full speed.

Semua yacht besar yang mau adu speed, namanya sering pakai judul film James Bond. Gara gara si Octopussy tuh.
Designer nya hampir bisa di pastikan adalah Frank Mulder....si pakar high speed.

Demen masuk ruang mesin kapal kalo ada 16 silinder x 3 mesin nonkrong di dalam anya...ck ck ck, lebih cantik dari model tercantik pun.... :))


Di Makassar sebetulnya ada satu kapal, cuma 38 feet tapi cukup kencang untuk zaman nya. Inteprid 38.
2004 saya lihat masih ada di Popsa deh. Model tahun 90an.
http://www.pacificboatsales.com/Power_B ... id_38.html
Untuk mesin diesel dalam, ini kapal top pada jaman nya dan pakai Kevlar lambungnya.
Masih ada kagak tuh kapal di sana ? Itu di repair, buang mesin dalamnya, kasih 300HP x 3 Zuki, mantap tuh sebab lambung nya bagus.

Jadi ngolor kidul bahas kapal.........wak kik kik kik, the love of my life....... :ymparty:

.

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: In between dives....make some land videos
PostPosted: Fri May 03, 2013 8:20 am 
Offline
User avatar

Joined: Tue Sep 15, 2009 3:15 am
Posts: 1396
Location: Katameya Heights
Kalau ngomongin soal kapal, nyesek banget kalau ngelihat tempat parkir yang penuh sesak kayak gini;

Image
1 Port Vauban 2 by Wisnu Purwanto Family, on Flickr

Image
Port Vauban by Wisnu Purwanto Family, on Flickr

Image
1 Port vauban by Wisnu Purwanto Family, on Flickr

Image
1 Marina Baies Des Anges by Wisnu Purwanto Family, on Flickr

Image
Port Vauban 2 by Wisnu Purwanto Family, on Flickr

_________________
https://www.flickr.com/photos/wisnupurwanto/


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: In between dives....make some land videos
PostPosted: Fri May 03, 2013 8:47 am 
Offline
User avatar

Joined: Tue Sep 15, 2009 3:15 am
Posts: 1396
Location: Katameya Heights
tapi kalau mau kapal mahal tapi lelet, ini dia - punyanya kantor saya - ada 2, mau pesen lagi 2.
jarang dipakai - dan diharapkan tidak dipakai sesuai fungsinya

Image

dirancang untuk beoperasi sampai temp. -50 C; es setebal 0.6m juga dilalap; bisa menembus kobaran api dan udara beracun - diladang migas yang H2S nya paling tinggi sedunia.

namanya IBEEV - Icebreaker emergency evacuation vessel.
saya pernah naik sebentar pas safety drill
biar mbah surya jagoannya urusan kapal, tapi dijamin belum pernah ngerasaain "empuknya" kursi IBEEV.

_________________
https://www.flickr.com/photos/wisnupurwanto/


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: In between dives....make some land videos
PostPosted: Fri May 03, 2013 10:31 pm 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
Keren si Oranye satu nih Mas, double command station depan belakang euyy. Kagak perlu muter.
Ini pake Azimuth thruster untuk propulsion nya, kadang kala ini di panggil Azipod. Es juga di pecah kan dengan di tiban dari atas dan bukan di pecahkan kayak ice breaker jadul yang pake tabrak es frontal dengan lambung. Si Azipod bisa kayak blender juga , buat es berantakan kena water pressure. Saya pernah nonton di Discovery Channel cara kerja Azipod ini di medan es, emang spektakuler di banding brute force ice breaker jadul.

Kursi Recaro option nya kali yah yang sampean dudukin hehehe, mantap.

Gile, sumber udara mesin nya pakai tabung kayak penyelam kalo pas main di toxic air area.
http://www.remontowa.com.pl/index.php?n=368

"Special focus has been put on the development of the propulsion solution, allowing the vessels to operate safely within a toxic / hydrocarbon environment. Combustion air will be provided by a specialized installation consisting of 16 high pressure cylinders storing air compressed to 350 bar, decompressed via pressure reducing panels and supplied to the engines."
Berapa jam bisa tahan tuh ?

Kalo liat marina kayak Port Vauban banyak kapal kece2 gitu stress Mas, mau nya Indo kayak gitu someday kek...... :x Saya 95 - 98 selalu dapat tugas ke Miami Boat Show dan kudu bawa ember kecil taro di bawah mulut, jagain iler netes tes-tes-tes ... :mrgreen:

Government kita payah kagak bisa tanggap kayak Thailand, Singapura dan Malaysia, ambil kesempatan dan buat Indo jadi cruising heaven di Asia. 2004 bea masuk kapal di bebaskan di Thailand. Malaysia dan Singapura sih dari dulu kagak ada bea masuk kalo kapal mah, dan kagak ada cruising ground layak. Tapi tetap ajah Spore jadi yacht HUB nya Asean. Sekarang booming banget Phuket jadi kayak the Monaco of The Far East. Padahal Phi Phi Island kek dan Similan Island kek, kagak ada apa apa nya ama let say di banding Komodo dan Raja Ampat ajah deh.
Ngantri kapal ke Phuket dan ampe belepotan kagak dapat parkir di marina dan kudu berjangkar di depan Patong Beach....wele2, jelous liat nya demand seperti ini.

95% infrastruktur Phuket yang berbau marina dan seputar aktivitas yachting pakai jeksian uang asing dan puluhan ribuan orang lokal dapat gawe dan kesejahteraan income dan sekalian dapat ilmu. Gimana pun, yachting di Asia, tak terkecuali, tetap ini domain bule. Mereka yang set up yacht sales office dan bawa life style ini ke Asia, sampai sekarang. Beda tipis dengan Bali, Manado dan Lombok pada sisi diving nya. Tanpa bule sebagai penyiap jasa di Indo dan pioneer di beberapa tempat sulit dan sekalian juga sebagai tamu all things diving, akan mati lah 80+% aktivitas dan business diving di Indo. :(

.

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: In between dives....make some land videos
PostPosted: Sat May 04, 2013 12:55 am 
Offline

Joined: Sat Aug 20, 2011 5:18 pm
Posts: 360
Surya Prihadi wrote:
1 meter = 3.3 feet , bukan 3 feet yah. Yang tepat sih 1 feet = 30.48cm atau 1 meter = 3.281 feet.

Di Makassar sebetulnya ada satu kapal, cuma 38 feet tapi cukup kencang untuk zaman nya. Inteprid 38.
2004 saya lihat masih ada di Popsa deh. Model tahun 90an.
http://www.pacificboatsales.com/Power_B ... id_38.html
Untuk mesin diesel dalam, ini kapal top pada jaman nya dan pakai Kevlar lambungnya.
Masih ada kagak tuh kapal di sana ? Itu di repair, buang mesin dalamnya, kasih 300HP x 3 Zuki, mantap tuh sebab lambung nya bagus.

Jadi ngolor kidul bahas kapal.........wak kik kik kik, the love of my life....... :ymparty:

.


So far sy blum pernah liat sih model bgt di sini, udah dijual mungkin, trus 1-2 thn belakangan ini udah gak pernah injak popsa lg soalnya gak pernah lewat sana lg klu melaut.. pangkalan ojek kita kan di muara sungai om hehehe, air payau, gak cepet tiram kapalnya..

Cuma model itu kayaknya susah buat dive ya, drafnya rada tinggi, mesti dibuatin pintu samping buat giant step klu diganti ke mesin tempel, trus pantatnya mesti di modif jg buat dudukan mesin... ya ama mesin 3x300hp habis2 700jt jg rasanya.. #:-s hehehe..


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: In between dives....make some land videos
PostPosted: Sat May 04, 2013 8:37 am 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
.
Maka nya saya rombak kapal kongsian saya begini :

Image
.
.
.
Kalo dulu aslinya kayak gini pantazt nya, tapi kan mesin dalam :
Image

1.6 meter extra lambung di panjangkan, 90 cm untuk area siap2 lompat ke air, tuh yang kapten kapal lagi berdiri,
dan 70 cm jadi area engine mounting dan saat engine di trim up.

Saya kalo diving tidak suka back roll, paling senang lompat dari samping giant stride atau kepala duluan gaya kolam renang.
Saat saya lompat kapal tidak boleh berhenti, kalo berhenti ke jedot batu besar nanti. Kapal kan kemudi hanya ampuh saat bergerak.
Ini untuk lokasi yang memang perlu dive entry gaya militer. Kalo back roll kapal harus berhenti total, ini kan 3 mesin,
mesin terpinggir nya akan dekat sekali dengan diver, bisa kena propeller diver nya nanti.
Back roll itu buang waktu dan bahaya kalo posisi kepala kita 1+ meter di atas air.
Tabung bisa ke jedot kepala kalo back roll dari posisi bukan serendah perahu karet sebab bagian atas tabung yang
kena air dulu dan bukan 50% tengah tabung dan sisi bawahnya, kalo back roll di perahu karet yang cuma 30cm tinggi bantal
udara samping nya. Lalu back roll tidak efficient, sebab diver harus orientasi kan posisi dulu dan tidak bisa langsung turun.
6-8 detik hilang tuh.

Kalo lompat samping dan BCD sudah kosong melompong dalam 3 detik kepala sudah kebawah dan kicking fin bisa cepat di laksanakan.
Saat awal turun kan sudah minus 4.3kg kita nya. 1.8kg udara di tabung penuh, +-2.5kg timah minimal untuk jaga saat tabung kosong.
Saya kan menyelam nya senang ke arah batu yang bergulung ombak, kalo slow....yah bonyok. Kudu masuk ke 20 meter seketika,
sebab goyangan ombak nya minimum di 20 meter baru sopan.

Dulu pernah kasus kuping kagak bisa popping....wele2 sampai buang semua BCD 1 set. Jika saya ada BCD dan tabung, artinya
ada 20kg extra inertia yang akan hajar saya ke batu, rugi neh. Pas saat itu ombak lagi gulung 3 meter menhajar batu.
Snorkling my way out, coba lawan arus. Kagak mempan lawan arus, sebab lebih dari 2 knot........ untung di antara batu ini
ada celah, lihat photo di bawah ada batu panjang dan batu ceplok, di antaranya ada celah. Saya tunggu moment swell lagi rendah,
tapi tidak rendah sangat sebab kalo terlalu rendah itu tengah nya batu juga yang di bawah air. Bisa robek2 nanti badan.
Saya emang mujur lah, pas swell lagi medium size, buru buru masuk di celah itu dan keluar di sisi frontal swell,
kapal sudah siap dan selamat dah. Saya sengaja tidak mau kapal jemput pas di titik entry sebab bahaya bagi kapal nya.
Harus di belain 3 diver lagi yang masih di bawah air. Kalo kapal sampai pecah kena ombak, artinya akan ada 4 diver yang potensi
hanyut tak terjemput ( me included ) plus 2 kru lagi. Maka paling baik saya harus mengalah.


Ini lokasi nya. Ini lagi teduh segini, biasanya jauh lebih besar swell nya.


Image

Saya biasanya entry min 50 meter dari batu nya. Kejauhan tidak kedekatan juga tidak.
Set kompas ke 270 derajat posisi si batu.
Turun dulu ke 20 meter , baru di 20 meter pakai kompass mendekati batu nya sampai batas mata dapat tengok tuh batu.
Nanti sapu lah, bikin batu di kanan kita. Saat di exit harus ke blue water pada 180 derajat kompas, berenang dulu di mid water
sekitar 100 meter menjauhi di batu ceplok di selatan/kiri ....baru boleh nongol, kalo kagak akan ke dorong ombak dan ke jedot balik
ke batu yang paling kiri itu.

Dari 20 meter ke 3 meter slow ascend sambil kicking dan pakai kompass 100% sebab udah 300 meter dalam nya, dan blue
water. Di 3 meter safety stop sambil kicking dikit npon stop ke 180 derajat lagi , sebab biarpun swell besar, tetap di kedalaman 3 meter
di open water, arus yang umumnya menang. Kenapa harus tetap berenang ke 180 dejarat saat safety stop..??...karena TIDAK mau
drift ke arah lingkaran hijau itu, nanti ke jedot nya di sana, kalo kapal lambat jemput nya dan kita malas kicking ke 180 derajat
saat safety stop.

.

Image
.


Di lokasi ini kalo swell lagi besar, kapal mesin tempel harus tunggu diver dengan haluan kapal arah ke swell.
Kalo mesin yang arah ke swell, kalo pas yang swell gede datang, itu pantazt kapal kagak keburu nga-ngkat dan akan masuk
air si pernafasan mesin tempel dan cokcpit belakang kapal nya banjir....ini semua karena buoyancy reponse lambung bagian
pantazt lambat ( berat di mesin dan memang volume nya tidak besar ) dan kenalah tiban air bah tuh kapal dan mesin.
Mesin kan cuma 60cm dari permukaan air bagian sedot udara untuk pembakaran mesin nya, matee mesin nya nanti.
Sudah pernah kejadian. Kalo kapal mesin dalam, siap siap ajah cockpit belakang banjir dan cool box ngambang euuy.
Cuma takut kaca pecah ajah jika kapal pintu nya full kaca dan kena air bah.

Tapi kalo swell gede banget, sekarang eke udah kagak mau resiko lagi hehehe, udah tua neh....cari lokasi lain ajah.
.

Kamu kenal VoVo ? Si German gelo yang punya kapal phinisi Putri Duyung ato apa nama nya .
Nongkrong nya di Bulu Kumba, pelabuhan yang mau ke Selayar. Saya sewa kapal dia sama Aloi. Lalu dasar gelo, gigi mundur mesin tempelnya di cabut,
kata nya takut rusak tuh mesin dinghy nya. Diving dekat pulau berbatu, swell hajar pulau, diver nongol dekat pulau pulak, yah kapal kecil ( dingy ) kena swell lah.
Saat jemput diver dekat pulau itu, salah kapten nya, harus nya sapu samping supaya swell menyamping, eh dia malah kasih pantazt tuh
dinghy ke swell.....mati lah mesin nya. Untung swell cuma 1 meteran, kalo 2 meter ajah deh... kasus tuh. Masih mujur, mesin 40PK kan hand start, di tarik lagi hidup.

VoVo nongol terakhir, akhirnya saya bawa tali dan skin dive ke dia. Kita berdua pegangan tali dan di seret keluar ke air lebih dalam dan aman.
Baru lah naik ke dinghy si VoVo nya dan haluan dinghy selalu ke arah swell.

Kalo diving selalu kapal harus ada tali 20 meter dengan pelampung kecil dan siap untuk tarik diver ke luar dari lokasi rawan tanpa
resikokan kapal ikut hancur berantakan kena batu. Pelampung harus cukup berat supaya bisa di lempar itu tali.

Gelo dah Vovo mah.
.

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: In between dives....make some land videos
PostPosted: Tue May 07, 2013 1:18 am 
Offline

Joined: Sat Aug 20, 2011 5:18 pm
Posts: 360
Pernah dgr namanya ama kapalnya, cuma blum pernah kenal secara langsung ama orgnya.. Trakhir ke bira, ketemu pasangan dari italia lg bikin phinisi jg di sana pas kapalnya udah selesai, diundang ke acara penurunan ke lautnya tapi gak bisa soalnya ceremony nya minggu malam jam 8, sementara kita mau jln pulang ke mks jam 2 siang.

Kapal itu buat LOB, namanya sesuai nama istrinya cuma ditambahin black depannya, jadi black ......... lupa nama istrinya siapa.

Klu bikin phinisi yg gede 140feet gt dipakein mesin yg bisa sampe minimal 40knot lah, gmn ya?? hahahaha...
Secara cost utk kapalnya jauh lebih murah kan pake phinisi dibanding bikin yacht dari steel atau aluminium.


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: In between dives....make some land videos
PostPosted: Thu May 09, 2013 9:02 am 
Offline
User avatar

Joined: Tue Jul 18, 2006 9:25 am
Posts: 399
Location: Sanur - Bali
AKA wrote:

Kapal itu buat LOB, namanya sesuai nama istrinya cuma ditambahin black depannya, jadi black ......... lupa nama istrinya siapa.



Bukan Black Sari kan :D sorry OOT ... another nice reading btw

_________________
@divephotobali


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: In between dives....make some land videos
PostPosted: Fri Jun 07, 2013 8:37 am 
Offline

Joined: Wed May 26, 2010 9:18 pm
Posts: 39
om surya lg ada pameran yacht tuh di marina sunda kelapa.... pasti sibuk nangkring disana ya...????


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: In between dives....make some land videos
PostPosted: Sat Jul 27, 2013 11:23 am 
Offline
User avatar

Joined: Thu Sep 15, 2011 10:02 pm
Posts: 86
Location: Jakarta, Indonesia
Mbah Surya atau teman-teman yang doyan yacht mungkin udah tau,
Indonesia mau bikin asosiasi sail, entah kapan diwujudkannya. Kemarin sempet mendokumentasikan pertemuan para bupati dan kepala daerah dari Wakatobi sampai ke Kep. Seribu juga ada. Kalau ga salah di-inisiasi sama Pak Hugua dari Wakatobi, mungkin kalau berjalan lancar dan bagus impiannya Mbah Surya bisa terwujud 5 atau 10 tahun kedepan. Tapi di Jakarta parkirnya dimana itu ya? Marina Ancol buteknya kaya jelaga gitu.

Dan mungkin hitungan Om Rendra untuk beli kapal sudah tepat dengan semakin maraknya dunia yacht/sail di Indonesia kedepan *mudah-mudahan*

Mbah Surya, dokumentasi-dokumentasi + cerita diving dan petualangan ekstremnya diposting di forum dong, kisah-kisahnya menarik sekali untuk disimak. :-bd

_________________
http://www.ottoferdinand.com | @ottoferdinand_s

STOP watching TV, DIVE instead!


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: In between dives....make some land videos
PostPosted: Sun Jul 28, 2013 10:29 pm 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
inactive wrote:
om surya lg ada pameran yacht tuh di marina sunda kelapa.... pasti sibuk nangkring disana ya...????


Kagak kesana saya euuy, lagi di Bali saat itu kalo kagak salah deh, lalu kapalnya di show tersebut terlalu sedikit, jadi tanggung.
Boat Show di Asia, relatif buang waktu untuk saya, sebab jarang lebih dari 100 kapal, 10-15 kapal ajah udah bagus.

Saya demen nya liat fisik kapal, masuk ruang mesin dan cek finishing nya, bukan liat brosur. Di Boat Show di Asia, banyak nya showcase brosur sebab datangkan kapal mahal sekali. 65 feet dar Inggris, untuk tiba ke Singapura saja biaya nya merem US$60K. Shipping out balik nya sama.
Bisa mencret bayar shipping nya. :D

SP

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: In between dives....make some land videos
PostPosted: Sun Jul 28, 2013 11:29 pm 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
ottoferdinand_s wrote:
Mbah Surya atau teman-teman yang doyan yacht mungkin udah tau,
Indonesia mau bikin asosiasi sail, entah kapan diwujudkannya. Kemarin sempet mendokumentasikan pertemuan para bupati dan kepala daerah dari Wakatobi sampai ke Kep. Seribu juga ada. Kalau ga salah di-inisiasi sama Pak Hugua dari Wakatobi, mungkin kalau berjalan lancar dan bagus impiannya Mbah Surya bisa terwujud 5 atau 10 tahun kedepan. Tapi di Jakarta parkirnya dimana itu ya? Marina Ancol buteknya kaya jelaga gitu.

Dan mungkin hitungan Om Rendra untuk beli kapal sudah tepat dengan semakin maraknya dunia yacht/sail di Indonesia kedepan *mudah-mudahan*

Mbah Surya, dokumentasi-dokumentasi + cerita diving dan petualangan ekstremnya diposting di forum dong, kisah-kisahnya menarik sekali untuk disimak. :-bd


Sebenarnya Indonesia bisa saingin Phuket.......DENGAN MUDAH.
Phuket adalah bagaikan Monaco of the Far East. Tiap high season parkir penuh mebludak ampe belepotan ke teluk.
Se Asia banyak yang targetkan ke Phuket, padahal Phi Phi atau James Bond Island itu piece-of-shit. Adamanan Sea juga kalah jauh ama Indo, but The Thai Gov knows how to sell .... :mrgreen: dan hukum nya semenjak 2004 ( Tsunami ) mendorong Phuket sebagai Top Sailing Destination of Asia.

Kalo di Indonesia mau maju kayak Phuket untuk yachting crowd, susah lah.
Level intelligence pejabat yang bersangkutan kurang IQ nya untuk growth seperti itu, IQ pinter nya di pakai untuk urusan kiss-azz partai dan short term personal goal.

Mulai dari Bali ke arah timur adalah yacht cruising heaven, cuma 1 problem, re-fuelling. Kapal pesiar kalo kelas "main-main", maksud dari main-main adalah yacht kelas Marina hopping dan bukan long range cruiser, nyaris semua punya jarak tempuh cuma maximum 300 n.miles jika pada cruising speed. Ini susah neh, Jakarta ke Bali saja sudah mendekati 650 n.miles jika lewat Laut Jawa alias rute utara. Yacht tidak bisa masuk pelabuhan commercial sebab baret nanti lambung cantiknya dan pelabuhan commercial itu sarang maling. Lalu kapal pesiar tidak bisa pakai fuel system kapal komersial, beda ukuran inlet fuel tank nya. Yacht pakai inlet fuel filler yang kelas pom bensin mobil, sebab marina di negara manapun yang maju, pom bensin nya sama ama pom bensin mobil.

Kalo rute Singapura-Malaysia-Thailand enak, 200 n.miles pasti ada Marina untuk re-fuel dan dengan standard yacht.

Jika yacht Jakarta ke Bali, saat re-fuelling ribet. Sering kudu pake drum atau mobil tanker Pertamina dan pakai selang ini ono, ribet deh.

Lalu bea-cukai Indonesia ribet dan tidak se-iring arah dengan ke Mentrian lain.
Contoh :

http://www.belitungkab.go.id/news_detail.php?newsid=165
http://regional.infogue.com/bea_cukai_b ... ancanegara
http://traveltourismindonesia.wordpress ... itiadakan/

Ini memang berita 2008, tetapi ini contoh berapa amburadul nya kordinasi internal our beloved country.
2007 ada semacam aturan baru dari DepKeu dan habis lah di bantai kapal pesiar tamu.


Thailand membuktikan :

Sebelum 2004, pajak kapal pesiar 200%. BUNUH DIRI lah, itu nilai nya.
Yang impor kapal RESMI dan bayar pajak cuma US$1 million worth. Banyak pakai temporary sailing permit doank dan 6 bulan sekali kapal nya keluar ke Malayasia, Langkawi. Cop passport, beli duty free bir-booze, nginep 1 malam, balik lagi ke Thailand, dapet lagi 6 bulan sailing permit.....terus ajah begitu.....ha ha ha.
http://www.noonsite.com/Members/doina/R2004-02-24-1

Setelah 2004, pajak kapal pesiar ENOL %
Yang impor kapal terus menerus naik dan cuma bayar GST/VAT 7%
http://www.windowonphuket.com/features_ ... r_boat.htm

Tahun lalu saja, kawan saya Sunseeker Thailand import US$8 juta, 7% sudah US$560K, jauh lebih besar dari penerimaan pajak saat masih 200%.
Merek lain seperti Princess, Azimuth, Pershing dan etc etc........merem lah satu Thailand US$30-40 juta per tahun in good years.
Lalu 99% dari import ini adalah doku bule, bukan doku lokal.
Diberikan kemudahan bule untuk beli property/villa di marina di thailand.
Booming lah Thailand untuk yachting, penerimaan pajak higher than ever sebab semua services yang di perlukan ini yacht kena GST/VAT 7% juga....mantap income tetap all year round.

Bule kaya sering beli kapal kecil ( up to US$7 juta ) dan taro di Thailand, kapal mega yacht nya di USA atau Eropa tidak perlu di kirim ke Thailand sebab mega yacht mereka di atas US$30 juta so pasti.

USA ke Mediterennean, itu cruising super populer, sampai2 ada transporter khusus yang aman cost effective sebab yacht tidak perlu jalan sendiri dan di angkat.
http://www.yacht-transport.com/how-does-it-work.html

Maka nya saya bilang, contoh depan mata si Thailand yang kena Tsunami ajah bisa recover cepat pakai uang asing, masak kita nyontek ajah kagak sanggup.....IQ pejabat bersangkutan di pakai untuk apa =))

Ada saying :
"Kenapa di buat mudah jika bisa di buat susah"
Ini lah moto birokrasi kita... :mrgreen:

Indonesia tidak boleh sombong, KITA PERLU UANG ASING....toh.
Remove semua tamu Asing, satu Bali bangkrut di jamin.

Kita kan masih hutang ama luar negeri sekitar 280 US$ billion
http://www.bi.go.id/NR/rdonlyres/3EF32C ... 13_Web.pdf
Halaman 2


Saya sih ada mimpi, mimpi bagaimana Indonesia bisa jadi cruising destination atau kalo bisa jadi Monaco of Asia gantikan Thailand dan serba serbi wisata air-laut kita lebih maju. Cuma itu untuk another day coffe talk lah :mrgreen:

Lihat di photo saya waktu di Phuket.
Sebuah usaha yacht sales bisa sampai modalin road sign segede gitu, berapa omset mereka ?

Image


Artinya kan business doing well toh.. :-bd ...di THAILAND maksudnya.



SP

.

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: In between dives....make some land videos
PostPosted: Sun Jul 28, 2013 11:57 pm 
Offline
User avatar

Joined: Thu Sep 15, 2011 10:02 pm
Posts: 86
Location: Jakarta, Indonesia
Surya Prihadi wrote:
ottoferdinand_s wrote:
Mbah Surya atau teman-teman yang doyan yacht mungkin udah tau,
Indonesia mau bikin asosiasi sail, entah kapan diwujudkannya. Kemarin sempet mendokumentasikan pertemuan para bupati dan kepala daerah dari Wakatobi sampai ke Kep. Seribu juga ada. Kalau ga salah di-inisiasi sama Pak Hugua dari Wakatobi, mungkin kalau berjalan lancar dan bagus impiannya Mbah Surya bisa terwujud 5 atau 10 tahun kedepan. Tapi di Jakarta parkirnya dimana itu ya? Marina Ancol buteknya kaya jelaga gitu.

Dan mungkin hitungan Om Rendra untuk beli kapal sudah tepat dengan semakin maraknya dunia yacht/sail di Indonesia kedepan *mudah-mudahan*

Mbah Surya, dokumentasi-dokumentasi + cerita diving dan petualangan ekstremnya diposting di forum dong, kisah-kisahnya menarik sekali untuk disimak. :-bd


Sebenarnya Indonesia bisa saingin Phuket.......DENGAN MUDAH.
Phuket adalah bagaikan Monaco of the Far East. Tiap high season parkir penuh mebludak ampe belepotan ke teluk.
Se Asia banyak yang targetkan ke Phuket, padahal Phi Phi atau James Bond Island itu piece-of-shit. Adamanan Sea juga kalah jauh ama Indo, but The Thai Gov knows how to sell .... :mrgreen: dan hukum nya semenjak 2004 ( Tsunami ) mendorong Phuket sebagai Top Sailing Destination of Asia.

Kalo di Indonesia mau maju kayak Phuket untuk yachting crowd, susah lah.
Level intelligence pejabat yang bersangkutan kurang IQ nya untuk growth seperti itu, IQ pinter nya di pakai untuk urusan kiss-azz partai dan short term personal goal.

Mulai dari Bali ke arah timur adalah yacht cruising heaven, cuma 1 problem, re-fuelling. Kapal pesiar kalo kelas "main-main", maksud dari main-main adalah yacht kelas Marina hopping dan bukan long range cruiser, nyaris semua punya jarak tempuh cuma maximum 300 n.miles jika pada cruising speed. Ini susah neh, Jakarta ke Bali saja sudah mendekati 650 n.miles jika lewat Laut Jawa alias rute utara. Yacht tidak bisa masuk pelabuhan commercial sebab baret nanti lambung cantiknya dan pelabuhan commercial itu sarang maling. Lalu kapal pesiar tidak bisa pakai fuel system kapal komersial, beda ukuran inlet fuel tank nya. Yacht pakai inlet fuel filler yang kelas pom bensin mobil, sebab marina di negara manapun yang maju, pom bensin nya sama ama pom bensin mobil.

Kalo rute Singapura-Malaysia-Thailand enak, 200 n.miles pasti ada Marina untuk re-fuel dan dengan standard yacht.

Jika yacht Jakarta ke Bali, saat re-fuelling ribet. Sering kudu pake drum atau mobil tanker Pertamina dan pakai selang ini ono, ribet deh.

Lalu bea-cukai Indonesia ribet dan tidak se-iring arah dengan ke Mentrian lain.
Contoh :

http://www.belitungkab.go.id/news_detail.php?newsid=165
http://regional.infogue.com/bea_cukai_b ... ancanegara
http://traveltourismindonesia.wordpress ... itiadakan/

Ini memang berita 2008, tetapi ini contoh berapa amburadul nya kordinasi internal our beloved country.
2007 ada semacam aturan baru dari DepKeu dan habis lah di bantai kapal pesiar tamu.


Thailand membuktikan :

Sebelum 2004, pajak kapal pesiar 200%. BUNUH DIRI lah, itu nilai nya.
Yang impor kapal RESMI dan bayar pajak cuma US$1 million worth. Banyak pakai temporary sailing permit doank dan 6 bulan sekali kapal nya keluar ke Malayasia, Langkawi. Cop passport, beli duty free bir-booze, nginep 1 malam, balik lagi ke Thailand, dapet lagi 6 bulan sailing permit.....terus ajah begitu.....ha ha ha.
http://www.noonsite.com/Members/doina/R2004-02-24-1

Setelah 2004, pajak kapal pesiar ENOL %
Yang impor kapal terus menerus naik dan cuma bayar GST/VAT 7%
http://www.windowonphuket.com/features_ ... r_boat.htm

Tahun lalu saja, kawan saya Sunseeker Thailand import US$8 juta, 7% sudah US$560K, jauh lebih besar dari penerimaan pajak saat masih 200%.
Merek lain seperti Princess, Azimuth, Pershing dan etc etc........merem lah satu Thailand US$30-40 juta per tahun in good years.
Lalu 99% dari import ini adalah doku bule, bukan doku lokal.
Diberikan kemudahan bule untuk beli property/villa di marina di thailand.
Booming lah Thailand untuk yachting, penerimaan pajak higher than ever sebab semua services yang di perlukan ini yacht kena GST/VAT 7% juga....mantap income tetap all year round.

Bule kaya sering beli kapal kecil ( up to US$7 juta ) dan taro di Thailand, kapal mega yacht nya di USA atau Eropa tidak perlu di kirim ke Thailand sebab mega yacht mereka di atas US$30 juta so pasti.

USA ke Mediterennean, itu cruising super populer, sampai2 ada transporter khusus yang aman cost effective sebab yacht tidak perlu jalan sendiri dan di angkat.
http://www.yacht-transport.com/how-does-it-work.html

Maka nya saya bilang, contoh depan mata si Thailand yang kena Tsunami ajah bisa recover cepat pakai uang asing, masak kita nyontek ajah kagak sanggup.....IQ pejabat bersangkutan di pakai untuk apa =))

Ada saying :
"Kenapa di buat mudah jika bisa di buat susah"
Ini lah moto birokrasi kita... :mrgreen:

Indonesia tidak boleh sombong, KITA PERLU UANG ASING....toh.
Remove semua tamu Asing, satu Bali bangkrut di jamin.

Kita kan masih hutang ama luar negeri sekitar 280 US$ billion
http://www.bi.go.id/NR/rdonlyres/3EF32C ... 13_Web.pdf
Halaman 2


Saya sih ada mimpi, mimpi bagaimana Indonesia bisa jadi cruising destination atau kalo bisa jadi Monaco of Asia gantikan Thailand dan serba serbi wisata air-laut kita lebih maju. Cuma itu untuk another day coffe talk lah :mrgreen:

Lihat di photo saya waktu di Phuket.
Sebuah usaha yacht sales bisa sampai modalin road sign segede gitu, berapa omset mereka ?

Image


Artinya kan business doing well toh.. :-bd ...di THAILAND maksudnya.



SP

.


Mungkin Mbah dan temen-temen penggiat yacht di Indonesia ini bisa mulai masuk jadi 'tangan swasta' alias independen soal bisnis wisata air (yacht) supaya ga bertele-tele birokrasinya, atau malah buang-buang waktu berhadapan dengan orang-orang birokratif? Haha. Toh perkumpulan para bupati/pejabat daerah itu sudah ada niatan untuk membuat asosiasinya, mungkin udah ada yang dapat wangsit kalau pasar wisata sail di Indonesia sangat potensial. Atau malah mau dijadikan lahan bisnis baru dengan birokrasi yang tambah njelimet ya? Makin susye deh kalau gitu arahnya :D

_________________
http://www.ottoferdinand.com | @ottoferdinand_s

STOP watching TV, DIVE instead!


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 16 posts ]  Go to page 1, 2  Next

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 4 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to: