It is currently Wed Dec 13, 2017 4:43 am

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 31 posts ]  Go to page Previous  1, 2, 3  Next
Author Message
 Post subject:
PostPosted: Fri Nov 19, 2010 4:34 pm 
Offline

Joined: Tue Mar 20, 2007 5:58 pm
Posts: 1052
hahaha.. makasih bro looks_diver!


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Fri Nov 19, 2010 6:53 pm 
Offline
User avatar

Joined: Thu Jul 09, 2009 5:51 pm
Posts: 1571
Location: Jakarta
kok agak beda yah sama yang saya pelajari?....

hmmm.... ilmu baru nih, terimakasih untuk sharingnya teman-teman... :)

dengan ilmu baru ini tampaknya cukup menghemat... soalnya saya kebiasaan kalau housing udah mulai ngadat ya udah cari yang baru aja lagi... (baca benar2: "cari", bukan "beli"... kekekekekekek....)

jadi yg bener itu o-ring harus dilepas apa nggak sih? yang dimaksud penyimpanan dalam waktu yang lama itu berapa lama? 1 bulan? lebih dari 3 bulan?

mohon pencerahan para suhu...

salam,
Rendra

_________________
BBeXplorers - Indonesia's Center for Diving Excellence | GUE Affiliate | We provide: Diver Training, EFR Training, Halcyon Dive Systems | Need info on joining DAN? E-mail me: rendra [at] banyubiru.org | Join our group on facebook: Banyu Biru Explorers


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Fri Nov 19, 2010 11:20 pm 
Offline

Joined: Tue Mar 20, 2007 5:58 pm
Posts: 1052
@om rendra: sebenernya sih kalo itu housing ndak dipasang 'rapet' alias bagian depan sama bagian belakangnya ndak di 'lock' lagi, menurut gw sih ndak perlu dilepas. tapi kalo kedua bagian housing itu dipasang & di 'lock', takutnya si karet silikon (o-ring loh yaaa.. bukan yang lain) bakal 'kejepit' dan bentuknya ndak lentur lagi serta ada bekas dari 'jalur' atau 'celah' o-ring di housing (bahasa gampangnya: itu o-ring nanti bentuk penampangnya ndak bunder lagi)

tapi kalo o-ring dilepas, ya itu tadi.. sebaiknya ditaruh di dalam housing. apalagi kalo pake housing untuk DSLR yang masih ada o-ring lain untuk port nya. bahkan ada beberapa port yang pake 2 o-ring untuk extendernya. gw udah liat sendiri beberapa temen yang sudah karatan motret tapi lupa pasang o-ring di port atau di extender. perih deh kalo liat hasilnya hahaha..


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Sat Nov 20, 2010 10:39 pm 
Offline

Joined: Tue Jun 16, 2009 9:33 am
Posts: 55
Wahhhh ma kasih semua advisenya.....bermanfaat sekali....


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Tue Nov 23, 2010 10:52 am 
Offline
User avatar

Joined: Fri Aug 25, 2006 10:33 am
Posts: 1564
kalo saya ngelepas o-ring cukup pake jari aja. dipijit pelan di jalur nya secara berlawanan, nanti salah satu sudut akan mengendur dengan sendirinya..

nah kalo berlebihan grease, juga bisa meninggalkan kerak, di jalur o-ring, kerak ini juga berpotensi menyebabkan kebocoran.

_________________
Hernando Alkausar
--
www.hamueco.com/diving
+62-812-218-NNDO


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Thu Mar 17, 2011 3:57 pm 
Offline

Joined: Sun Mar 06, 2011 1:32 pm
Posts: 1
permisi, ane newbie banget nih soal underwater khusus nya housing , mau tanya o ring itu yg mana ya? "ritual" awal sebelum nyebur ke laut bersama housing dan kamera nya gmn ya ? housing yg ane pake merek canon untuk g11 sm g12..


thx yaa master"..


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Thu Mar 17, 2011 4:49 pm 
Offline
User avatar

Joined: Thu Feb 11, 2010 2:54 pm
Posts: 117
Location: SG/JKT
Hi naufal ispratama,

lihat diphoto ya yang namanya o-ring.
Warnanya bisa beda2 untuk housing merk yg berbeda, mis. Canon-kuning, olympus-merah, sea&sea-biru, etc.

kalo saya ritual sebelum nyelam :
1. cek kondisi oring, dan apa sudah tepat dudukannya dihousing.
2. olesin silicon grease tipis aja dengan menggunakan ujung jari.
3. Cek kembali oring apakah ada kotoran atau benang yang menempel.
4. tutup housing sambil perhatiin sekeliling housing apa ada benda kecil/kotoran yg nyempil disekitar oring.
5. biasakan pasang kamera ke housing ditempat teduh. supaya humid/kelembapan udara yang tertangkap didalam housing tidak gampang mengakibatkan embun dalam housing. Dan jangan lupa masukin pack kecil silica gel kedalam housing untuk mengatasi fogging.


Mungkin sesepuh di forum bisa menambahkan.....


salam,
ricky


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Mon Mar 28, 2011 11:46 pm 
Offline

Joined: Wed Feb 16, 2011 5:50 pm
Posts: 36
Mantab nih infonya:D
Kalau beli silicon pump di mana ya di Jakarta?


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Thu May 26, 2011 10:19 am 
Offline

Joined: Tue Jun 16, 2009 9:33 am
Posts: 55
Looks_Diver wrote:
Hi naufal ispratama,

lihat diphoto ya yang namanya o-ring.
Warnanya bisa beda2 untuk housing merk yg berbeda, mis. Canon-kuning, olympus-merah, sea&sea-biru, etc.

kalo saya ritual sebelum nyelam :
1. cek kondisi oring, dan apa sudah tepat dudukannya dihousing.
2. olesin silicon grease tipis aja dengan menggunakan ujung jari.
3. Cek kembali oring apakah ada kotoran atau benang yang menempel.
4. tutup housing sambil perhatiin sekeliling housing apa ada benda kecil/kotoran yg nyempil disekitar oring.
5. biasakan pasang kamera ke housing ditempat teduh. supaya humid/kelembapan udara yang tertangkap didalam housing tidak gampang mengakibatkan embun dalam housing. Dan jangan lupa masukin pack kecil silica gel kedalam housing untuk mengatasi fogging.


Mungkin sesepuh di forum bisa menambahkan.....


salam,
ricky


ma kasih infonya om...


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Sat May 28, 2011 11:46 pm 
Offline

Joined: Mon Jun 21, 2010 10:29 pm
Posts: 171
Location: Rotterdam
bluefx wrote:
ikutan share ahhh...xixix

.. disimpan di drybox dengan kondisi case kosong & tertutup dan o-ring terpasang pada tempatnya..

semoga membantu :D


Saya biasanya nyimpen underwatercasing dalam keadaan agak terbuka (gak dikunci) di lemari dengan o-ring terlepas. Maklum, kalau diving holidays cuman 2 kali setahun, jadi jangka waktu absen menyelam bisa bulanan.

saya dapat info-nya dari sini sih..

http://www.divephotoguide.com/getting-s ... intenance/


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Mon Oct 17, 2011 9:19 pm 
Offline

Joined: Mon Oct 10, 2011 8:11 pm
Posts: 4
wih, infonya berguna banget ini..
thx sharingnya


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Mon May 14, 2012 11:26 am 
Offline
User avatar

Joined: Mon May 14, 2012 9:53 am
Posts: 18
Location: bandung, indonesia
wah thanx suhu2, info yg berguna nih

kebetulan saya baru beli housing untuk G12. bingung cara penyimpanannya


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Tue Sep 11, 2012 4:58 pm 
Offline

Joined: Wed Jun 06, 2012 6:40 pm
Posts: 7
mau tnya ni para divers..

silicon oil/silicon pump digunakan untuk tombol" hosuing camera beli dimana ya? Apakah mesti beli yg bermerk bagus sperti Tident?

Harris.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Fri Sep 14, 2012 8:59 am 
Offline

Joined: Thu Aug 06, 2009 3:03 am
Posts: 1022
Location: Gili Trawangan
hantulaut wrote:
tips bagi yang mencopot o-ring dari housing - terutama untuk penyimpanan dalam jangka waktu lama:

1. lepas o-ring dari body housing dengan menggunakan benda tipis dan tidak tajam. o-ring seharusnya bisa dilepas hanya dengan benda yang tipis atau 'dicolek' secara halus dengan kuku. *jangan kasar nyoleknya, nanti kalo ada bekasnya pacar/istri sampeyan bisa curigah haaa..*
2. lumasi o-ring dengan silicon gel sedikiiiit aja, yang penting asal o-ring cukup lembab untuk disimpan lama. *jangan terlalu basah juga, nanti ndak asik wakaka..*
3. masukkan o-ring DI DALAM body housing. ndak disarankan untuk disimpan di tempat lain, apalagi di tempat tetangga sebelah.. kenapa begituh? karena sewaktu kita mau pasang kamera, kita tau kalau si o-ring belum terpasang. sering kejadian karena buru-buru, o-ring lupa dipasang.. salam sayang deh buat kamera sampeyan..

udah ya, kata suhu akiong angka empat ituh kurang bagus.. jadi cukup sekian dan salam manis dari mas bluefx..

semoga berguna!


nah ini admin Forsel favorit saya nih kalo ngasih penjelasan sesuai dgn keadaan sehari hari....pantesan awet terus nih hubungannya eh kameranya deng..

nah si oring itu fungsinya hanya lembab aja supaya air gak bs masuk nah kebanyakan silicon malah membuat rongga antara housing yg bikin bocor...bukan kaya ngasih grease buat bearing roda motor yah yg makin banyak makin bagus tuh biar licin....

trus kalo saya nyimpen housing tetap dengan o-ring terpasang seperti kata mba hantulaut dan juga posisi housing terbuka, krn kaalo posisi tertutup maka o-ring akan gepeng dan jadi deh bentuk kotak tuh kaya diatas.

nah krn penarasan byk tombol2 yg macet di housing akhirnya saya pernah bongkar untuk pengen tau penyebabnya...Dan dari kesimpulan nya adalah macet atau gak mau balik kalo abis dipencet itu karena timbunan garam halus diantara dinding housing dan tombolnya, jadi gak ada pengaruhnya sama silicon atau pasir krn pasir butirannya terlalu besar untuk nyangkut di dalam tombol dan kalo itu kejadian sih dah keliatan kasat mata juga harusnya tuh...

nah timbunan garam ini sama seperti kalo kita bersihin divecomp, nah pas di kaca depannya kan biasanya keliatan tuh ada noda putih di pinggir antara kaca dan bezel jam nya...nah itu adalah garam halus yg kering yg bikin macet tombol housing.. nah fungsi dr direndam air hangat adalah supaya garam halus ini gak jd numpuk di housing tetapi hal ini gak bs hilang hanya di siram air saja tapi harus di gosok, mangkanya penting setelah direndam air hangat juga skalian dipencet2 tombolnya, fungsinya supaya gesekan tadi ngilangin timbunan garamnya kan....

yg terakhir adalah yg bikin tombol macet itu adalah karena kebanyakan disimpen om, jadi mendingan kamera dipake tiap minggu deh tuh biar gak macet hahahhaa....

bluefx: wih kayanya koleksi housing nih, bagi dong om


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Perawatan Housing Underwater
PostPosted: Fri Jan 03, 2014 4:56 pm 
Offline

Joined: Wed Jun 05, 2013 12:57 pm
Posts: 7
sehubungan dengan pertanyaan "to do lepas o-ring or do not", saya ada pengalaman+pertanyaan nih..

kemarin sempat angkut housing baru dan beberapa bulan sebelum dibawa nyemplung, saya biarin o-ring nya nempel sesuai tempatnya di dalam housing. kayaknya suhu kamar saya agak panas, makanya pas saya buka o-ringnya agak2 nempel gimana gitu. semenjak dari situ saya lepas o-ring nya, kasih lube sedikit, trus taro di dalam camera cabinet yg notabene suhunya lebih terjaga.. kalo kayak gitu gakpapa gak ya?

thank you sebelumnya, masters.. :D :D


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 31 posts ]  Go to page Previous  1, 2, 3  Next

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 5 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to: