It is currently Wed Oct 18, 2017 5:29 am

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 17 posts ]  Go to page 1, 2  Next
Author Message
 Post subject: Problem WithNegative Buoyancy
PostPosted: Mon Apr 07, 2014 10:17 am 
Offline

Joined: Thu Aug 30, 2012 4:19 pm
Posts: 74
Buddies,
Mau share sedikit tentang problem menyelam saya.
Baru-baru ini saya ganti fin menggunakan all-rubber, yang dimana berat nya itu lebih berat dibanding rata-rata fin lain nya.
Pada saat beli memang telah dikatakan bahwa fin ini adalah negative buoyant.
Dan pada saat dicoba di laut, memang betul, fin ini selalu membawa saya ke posisi berdiri / moonwalk dibawah air.
Beberapa upaya saya coba untuk memindahkan weight ke posisi berbeda, namun masih mendapatkan problem yang sama.

Kira-kira bisa di share sedikit bagaimana cara mengatasi masalah ini, agar bisa mendapatkan perfect buoyancy dengan menggunakan gear yang negative buoyant.

Cheers


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Problem WithNegative Buoyancy
PostPosted: Mon Apr 07, 2014 11:14 am 
Offline
User avatar

Joined: Thu Jul 09, 2009 5:51 pm
Posts: 1571
Location: Jakarta
Seharusnya efek dari penggantian fins ini tidak sampai signifikan ya.

Coba beberapa langkah ini:

1. Pastikan BCD yg dipakai snug fit (terutama jika pakai jacket style)
2. Biasakan menggunakan posisi prone (horizontal), dengan lutut ditekuk ke atas sehingga posisi kaki/ fin lebih tinggi dari tubuh
3. Jika weight system masih bisa digeser, coba digeser lebih ke arah dada
4. Atau, jika weight system tidak bisa digeser, coba lakukan trim pada posisi tank (digeser lebih ke atas, even 2-3cm aja pengaruhnya besar ke center of gravity)

Selamat mencoba.

Cheers,
rendra

_________________
BBeXplorers - Indonesia's Center for Diving Excellence | GUE Affiliate | We provide: Diver Training, EFR Training, Halcyon Dive Systems | Need info on joining DAN? E-mail me: rendra [at] banyubiru.org | Join our group on facebook: Banyu Biru Explorers


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Problem WithNegative Buoyancy
PostPosted: Mon Apr 07, 2014 4:40 pm 
Offline
User avatar

Joined: Thu Jan 31, 2013 4:06 pm
Posts: 350
Location: Coral Triangle
Dari gambarannya tipenya mirip punyaku si gambot "scubapro jetfin"..

Setuju sama om rendra terutama posisi kaki yang lebih tinggi dari tubuh..
Kalau boleh kasih saran kicking yang paling pas untuk tipe fin yang digambarin pake kicking gaya frog kick..

Kalau finnya udah "ngena" di hati pasti gak mau ganti lagi.. :D

_________________
Eat, Sleep, Dive and Dive

Pin 2357C1BD
HP 085270426789
Email : [email protected]
FB: Benny Dwi Saputra
@mr_beny
Website www.divingatindonesia.com


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Problem WithNegative Buoyancy
PostPosted: Mon Apr 07, 2014 4:46 pm 
Offline

Joined: Thu Aug 30, 2012 4:19 pm
Posts: 74
rendra wrote:
Seharusnya efek dari penggantian fins ini tidak sampai signifikan ya.

Coba beberapa langkah ini:

1. Pastikan BCD yg dipakai snug fit (terutama jika pakai jacket style)
2. Biasakan menggunakan posisi prone (horizontal), dengan lutut ditekuk ke atas sehingga posisi kaki/ fin lebih tinggi dari tubuh
3. Jika weight system masih bisa digeser, coba digeser lebih ke arah dada
4. Atau, jika weight system tidak bisa digeser, coba lakukan trim pada posisi tank (digeser lebih ke atas, even 2-3cm aja pengaruhnya besar ke center of gravity)

Selamat mencoba.

Cheers,
rendra


Thx untuk masukan nya Om Rendra.
Dengan posisi horizontal, tidak ada masalah jika sedang propulsion. Tapi pada saat tidak finning, kaki langsung jatuh ke bawah.
Dari saran Om Rendra akan saya coba:
1. Menggeser tank lebih keatas. Posisi tank memang saya sengaja turunkan, karena apabila terlalu atas cenderung ber bentur dengan kepala.
2. Memindahkan semua weight ke posisi depan.

@Om Benny, saya pakai Gull Supermew... :D
Hasil inceran kemarin di Deep


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Problem WithNegative Buoyancy
PostPosted: Mon Apr 07, 2014 5:20 pm 
Offline
User avatar

Joined: Thu Jan 31, 2013 4:06 pm
Posts: 350
Location: Coral Triangle
Weeh Finnya kelas wahid euy,gak usah dibisikkin hrganya soalnya temenku jg beli satu kemaren..lumayan jg denger hrganya :-o

Kalau memang kurang cocok aq msh siap nampung koq.. :D

_________________
Eat, Sleep, Dive and Dive

Pin 2357C1BD
HP 085270426789
Email : [email protected]
FB: Benny Dwi Saputra
@mr_beny
Website www.divingatindonesia.com


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Problem WithNegative Buoyancy
PostPosted: Mon Apr 07, 2014 6:38 pm 
Offline

Joined: Wed Jul 17, 2013 11:53 am
Posts: 276
Location: Buitenzorg, Rain City, Kota Sejuta Angkot
klo badan cenderung negative (seperti saya), pakai fin yang positive... biar netral

*menerapkan ilmu yang diajarkan Master Rendra dan Master Hantu di BnP :D :D :D

_________________
Regards,
Adri


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Problem WithNegative Buoyancy
PostPosted: Mon Apr 07, 2014 8:47 pm 
Offline
User avatar

Joined: Fri Aug 25, 2006 10:33 am
Posts: 1564
problemnya sama kaya saya, body negative, kaki lebih negative.
kebetulan minggu lalu sempet test dive Gull, tapi tipe yang Mantis (malah lebih berat dari yang full foot)

bisa dibantu pake boots/socks yang lebih tebal dari wetsuit (kebetulan saya pake boots 5mm, wetsuit 2mm)
wetsuit kalo bisa jangan longgar di daerah torso

nah yang paling ultimate nih, saat posisi prone, template wajah jangan lihat kedepan, tapi lihat kebawah, kalo berenang maju baru lihat kedepan.

note, kebetulan saya ga pake pemberat, tapi posisi tank sangat nempel di punggung

alhasil.. ga ada masalah dengan Gull nya, ini fins emang enak banget

_________________
Hernando Alkausar
--
www.hamueco.com/diving
+62-812-218-NNDO


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Problem WithNegative Buoyancy
PostPosted: Mon Apr 07, 2014 9:49 pm 
Offline

Joined: Tue Mar 20, 2007 5:58 pm
Posts: 1052
silahkan hubungi kak hantulaut untuk di permak buoyancy nya :mrgreen: *jualan*

_________________
BanyuBiru Explorer Indonesia - Center for Diving Excellence | GUE Affiliate | Dive Training & EFR Training | Halcyon Dive Systems Dealer | DAN Asia Pacific Supporter | W: www.banyubiru.org | F: Banyu Biru Explorers | T: @banyubiru_xplor


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Problem WithNegative Buoyancy
PostPosted: Mon Apr 07, 2014 10:15 pm 
Offline

Joined: Thu Aug 30, 2012 4:19 pm
Posts: 74
oceanographer wrote:
problemnya sama kaya saya, body negative, kaki lebih negative.
kebetulan minggu lalu sempet test dive Gull, tapi tipe yang Mantis (malah lebih berat dari yang full foot)

bisa dibantu pake boots/socks yang lebih tebal dari wetsuit (kebetulan saya pake boots 5mm, wetsuit 2mm)
wetsuit kalo bisa jangan longgar di daerah torso

nah yang paling ultimate nih, saat posisi prone, template wajah jangan lihat kedepan, tapi lihat kebawah, kalo berenang maju baru lihat kedepan.

note, kebetulan saya ga pake pemberat, tapi posisi tank sangat nempel di punggung

alhasil.. ga ada masalah dengan Gull nya, ini fins emang enak banget


Om Nando, thx for the input, akan dicoba masukan nya.
Karena saya pegang camera juga, pada saat prone tidak masalah, tapi pada saat still, itu yang jadi masalah.
Itu dia, Gull sih juara banget, hanya perlu ngakalin gimana caranya supaya lebih enak di dalam air.


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Problem WithNegative Buoyancy
PostPosted: Mon Apr 07, 2014 10:16 pm 
Offline

Joined: Thu Aug 30, 2012 4:19 pm
Posts: 74
hantulaut wrote:
silahkan hubungi kak hantulaut untuk di permak buoyancy nya :mrgreen: *jualan*


Om hantu, kalo ada clinic, boleh dong ikut, sekalian minta di setel supaya cakep.... :D


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Problem WithNegative Buoyancy
PostPosted: Mon Apr 07, 2014 10:36 pm 
Offline

Joined: Wed Jul 17, 2013 11:53 am
Posts: 276
Location: Buitenzorg, Rain City, Kota Sejuta Angkot
scubadood wrote:
Om hantu, kalo ada clinic, boleh dong ikut, sekalian minta di setel supaya cakep.... :D


Ntar sama kakak hantulaut bakalan disetel... Busi diganti, karburator disetel ulang... :D

_________________
Regards,
Adri


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Problem WithNegative Buoyancy
PostPosted: Tue Apr 08, 2014 11:52 am 
Offline

Joined: Mon Aug 27, 2012 7:25 am
Posts: 73
Mas Scubadood,

Problem sampeyan itu bukan problem buoyancy, tapi problem "trim".
Trim itu attitude (sikap/bentuk) tubuh sampeyan ketika di dalam air.
Yang dibilang trim horizontal itu adalah ketika sampeyan dalam kondisi statik, tidak finning, sampeyan bisa mempertahankan posisi horizontal tanpa kaki turun ke bawah.

Lebih jelasnya lihat gambar di bawah:
Attachment:
trim.JPG


Referensi wikinya di sini: http://en.wikipedia.org/wiki/Diver_trim

Banyak cara memperbaiki trim, coba aja google "horizontal trim diving" banyak tips & tricknya di website/blog orang.

Kalo mau jelas2 dilihat dan dinilai dan diberi masukan, itu umpan lambung dari mas hantulaut boleh juga tuh ditangkep... : :-bd


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Problem WithNegative Buoyancy
PostPosted: Tue Apr 08, 2014 11:28 pm 
Offline

Joined: Thu Aug 30, 2012 4:19 pm
Posts: 74
bongabonga wrote:
Mas Scubadood,

Problem sampeyan itu bukan problem buoyancy, tapi problem "trim".
Trim itu attitude (sikap/bentuk) tubuh sampeyan ketika di dalam air.
Yang dibilang trim horizontal itu adalah ketika sampeyan dalam kondisi statik, tidak finning, sampeyan bisa mempertahankan posisi horizontal tanpa kaki turun ke bawah.

Lebih jelasnya lihat gambar di bawah:
Attachment:
trim.JPG


Referensi wikinya di sini: http://en.wikipedia.org/wiki/Diver_trim

Banyak cara memperbaiki trim, coba aja google "horizontal trim diving" banyak tips & tricknya di website/blog orang.

Kalo mau jelas2 dilihat dan dinilai dan diberi masukan, itu umpan lambung dari mas hantulaut boleh juga tuh ditangkep... : :-bd


Om Bonga,
This is exactly what i'm looking for...
Thx untuk masukan nya....
Banyak sekali yang harus diperhatikan ternyata untuk mendapatkan the perfect trim.


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Problem WithNegative Buoyancy
PostPosted: Fri Apr 11, 2014 2:27 pm 
Offline

Joined: Mon Aug 27, 2012 7:25 am
Posts: 73
Memang perlu sedikit "mikir" mas, tapi jelas worth the efforts.
Kalo ada yang bilang jadi "ganteng" di air, itu beneran kok jadi ganteng... wkwkkw

Saran saya sering2 ke kolam senayan buat latihan mas, tapi pelajari dulu teorinya.

http://scuba.about.com/od/skills/p/Trim ... Diving.htm

monggo silakan dibaca lagi artikelnya.
Kalo diajarin mentor seperti mas hantu saya yakin bisa lebih cepat lagi proses belajarnya.


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Problem WithNegative Buoyancy
PostPosted: Fri Apr 11, 2014 6:22 pm 
Offline

Joined: Tue Mar 20, 2007 5:58 pm
Posts: 1052
thx bro bongabonga.. di course buoyancy & propulsion BBX, kami sebenernya cuma berikan "shortcut" bagaimana caranya untuk mendapatkan buoyancy & trim yg tepat.. memang setiap orang punya karakter buoyancy yg berbeda, jadi harus tau dulu karakter nya seperti apa & masalahnya apa. nanti kita cari solusi nya bersama..

percaya atau tidak, jumlah log tidak pengaruh ke buoyancy. jadi jangan minder sama yg log nya ratusan. log baru sedikit tapi buoyancy nya bagus, saya yakin bikin yg log nya ratusan malah minder hehehe..

oh iya, course ini juga berlaku seumur hidup loh.. kalo belum merasa puas, silahkan diulang sampai lemas :mrgreen:

_________________
BanyuBiru Explorer Indonesia - Center for Diving Excellence | GUE Affiliate | Dive Training & EFR Training | Halcyon Dive Systems Dealer | DAN Asia Pacific Supporter | W: www.banyubiru.org | F: Banyu Biru Explorers | T: @banyubiru_xplor


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 17 posts ]  Go to page 1, 2  Next

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
cron