It is currently Wed Dec 13, 2017 2:59 am

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 8 posts ] 
Author Message
 Post subject: Full Mask Dive
PostPosted: Fri Oct 29, 2010 7:13 pm 
Offline

Joined: Wed Oct 13, 2010 11:34 pm
Posts: 56
Location: Soerabaja
Mohon ijin tanya untuk para senior dan dive master,

Saya tinggal di Surabaya ingin mengetahui lebih dalam lagi ttg full mask diving yang kiranya msh jarang di gunakan, terkecualikhusus bagi mereka yang melakukan tech dive
dimana kiranya saya bisa mempelajari ataupun membeli full mask tersebut
atas info dan sharing nya saya ucapkan terimakasih.

Arie.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Fri Oct 29, 2010 11:04 pm 
Offline

Joined: Tue Mar 20, 2007 5:58 pm
Posts: 1052
mohon ijin juga untuk bantu2 menjawab (berhubung bung molamola ndak nongol..)

ada 2 kategori full face mask yang biasa dipakai, yaitu hard hat mask (atau sering disebut juga dive helmet) dan soft mask (sering disebut dengan full face mask).

perbedaannya jelas, yang satu KERAS dan yang satu EMPUK haaaaa.. sebuah kombinasi yang menarik hehehe.. konon kata broh bluefx hidup itu harus seimbang, kalau satu keras ya yang satu harus empuk..

baiklah, mari kita berlanjut..

HARD HAT MASK
dive helmet itu bentuknya memang benar2 helmet alias helm yang bercangkang keras.. kepala sang diver benar2 ada di dalam helmet yang memiliki kaca & second stage untuk bernapas. salah satu merk yang terkenal adalah Kirby-Morgan.. saya duluuuu pernah beberapa kali pakai waktu masih belajar commercial dive. bahannya sendiri sudah mengalami beberapa evolusi, mulai dari baja, stainless steel, carbon fiber sampai ke plastik maspion.. *yang terakhir boong*

dive helmet pada umumnya hanya dipakai untuk keperluan commercial dive. kenapa? ya jelas, karena di commercial dive kita berurusan dengan benda2 KERAS.. biarpun di dalam air, kalo kepala ndak pake dive helmet terus kepentok rantai tackle yang segede pahanya om rendra yaaa bisa pengsan la..

nah, biasanya penyelaman dengan dive helmet dikombinasikan dengan sistem 'surface supplied' yang artinya pasokan udara ataupun mixed gas disalurkan dari atas air dengan menggunakan selang.. sekali lagi 'selang', tanpa embel2 yang lain..

FULL FACE MASK
naah, ketika kita bicara masker yang satu ini artinya kita mulai bicara benda2 yang EMPUK.. full face mask terkadang juga dipakai untuk beberapa keperluan commercial dive dalam skala terbatas - misalnya untuk keperluan search & rescue, inspection dan lainnya.

masker ini nyaris mirip dengan masker diving biasa, namun ada 2 jenis yang umum: full face mask & semi full mask. kedua jenis masker ini biasanya digunakan pada pemakaian diving dengan scuba (tangki)

kalau yang full face mask itu artinya seluruh muke lu tertutup dalam satu bidang kaca. diver yang memakai full face mask umumnya bisa bernapas melalui hidung. ini memudahkan diver untuk bernapas lebih nyaman dalam penyelaman jangka panjang, misalnya 1 minggu sampai 1 bulan *boong lagi*.. misalnya penyelaman 2-3 jam hehehe.. satu lagi keuntungan mask ini adalah komunikasi dengan surface atau dengan sesama penyelam akan lebih jelas tanpa terdengar 'bindeng' atau 'sengau'. oiya, full face mask bisa dengan mudah dipasangi alat komunikasi antar diver ataupun dengan surface.. merk yang sering dipakai adalah Poseidon Atmosphere atau Ocean Reef Neptune.

dari pengalaman yang pernah saya pakai, Poseidon adalah yang paling nyaman *dan tentunya yang paling mahal - harga ndak pernah bohong*. kalau yang Ocean Reef Neptune tidak terlalu nyaman dan orang asia seperti saya yang dari cetakannya berhidung pesek, agak sedikit susah untuk melakukan 'equalizing'. harus ada sedikit modifikasi pada 'tonjolan' yang digunakan untuk 'menjepit' hidung..

SEMI FULL MASK
ini nyaris sama dengan full face mask, tapi bentuknya nyaris mirip dengan masker diving yang biasa kita pakai. hanya saja karet silicon yang biasanya hanya menutupi daerah mata, di masker semi full menutupi hingga daerah mulut. cara bernapasnya juga hampir sama dengan diving biasa yaitu melalui mulut. pada bebarapa masker bisa dimodifikasi sedikit agar kita bisa bernapas dengan hidung.

keunggulan dari semi full mask adalah hidung kita berada di luar kaca, sehingga mudah untuk dipencet ketika equalize. keuntungan lainnya adalah harganya yang tidak terlalu mahal dibanding full face mask, namun memberikan kenyamanan pemakaian yang lebih baik dibanding dengan diving mask biasa. kekurangannya biasanya susah untuk dipasang alat komunikasi. merk yang umum adalah: Scubapro Full Face atau Ocean Technology Mantis Full Face.

enaknya lagi pada semi full mask, 2nd stage regulator bisa memakai merk apa saja & tipe apa saja. beda dengan full face mask yang biasanya mengharuskan pemakaian 2nd stage satu merk yang kompatibel atau memang sudah dijual satu paket dengan full face mask nya..

sementara itu dulu yang bisa saya bahas.. kalau ada yang kurang jelas, silahkan tanya bung molamola hehehe.. semoga membantu rasa penasaran bung biroe.. kalo masih penasaran yaaa salahnya sendiri.. nanya kok yang susah haaaa..


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.


Last edited by hantulaut on Sat Oct 30, 2010 12:08 am, edited 1 time in total.

Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Fri Oct 29, 2010 11:37 pm 
Offline

Joined: Wed Oct 13, 2010 11:34 pm
Posts: 56
Location: Soerabaja
bung Hantu lain well said.
sebelum nya wow wow dan wow ...... pencerahan yang sangat baik dan detail di tambah dengan full pictures nya.. banyak kata" bohong nya namun kenyataan nya betul semua hehehe.. bercanda bung hantu, namun dari semua itu mungkin saya kira tinggal menerapkan atau melakukan praktek lapangan hingga bisa langsung mengerti seperti apa asli nya.....
untuk pertanyaan nya saya kira akan menyusul.
atas pencerahaan nya sementara ini saya mengucapkan banyak terimakasih.

Arie.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Sat Oct 30, 2010 12:12 am 
Offline

Joined: Tue Mar 20, 2007 5:58 pm
Posts: 1052
@biroe: hehehe.. mumpung pernah tau & pernah pake bro, jadi bisa kasih sedikit pencerahan berdasarkan pengalaman pribadi saya pake alat-alat canggih tersebut.. maap kalo penjelasannya ndak ilmiah.. mudah2an bermanfaat ya.. kalo ndak bermanfaat yaa salah sendiri kok baca tulisan saya hahaha..


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Sun Oct 31, 2010 4:16 am 
Offline
User avatar

Joined: Fri Aug 25, 2006 10:33 am
Posts: 1564
wah ada nih nganggur satu di warung..

_________________
Hernando Alkausar
--
www.hamueco.com/diving
+62-812-218-NNDO


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Sun Oct 31, 2010 7:54 am 
Offline
User avatar

Joined: Thu Jul 09, 2009 5:51 pm
Posts: 1571
Location: Jakarta
@om Hantu: kalo pake full face mask bisa diving sambil mamam nggaaaaa?

Seperti tulisan om Hantu, nyilem 2-3 jam kan pasti laper dan haus yah.., mungkin kalo pake full face mask bisa sambil makan n minum??

nyam-nyam dive...

_________________
BBeXplorers - Indonesia's Center for Diving Excellence | GUE Affiliate | We provide: Diver Training, EFR Training, Halcyon Dive Systems | Need info on joining DAN? E-mail me: rendra [at] banyubiru.org | Join our group on facebook: Banyu Biru Explorers


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Sun Oct 31, 2010 11:44 am 
Offline

Joined: Wed Oct 13, 2010 11:34 pm
Posts: 56
Location: Soerabaja
bung hantulaut... apakah ada kursus/kelas tersendiri sebelum menggunakan Full Face Mask... seperti hal nya Nitrox...?

bung Nando.... nganggur di warung memang ada niat di lego kah...?

bung Rendra... "dilarang makan dan minum sambil diving" nanti di kira dugong/manitee....


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Sun Oct 31, 2010 12:25 pm 
Offline

Joined: Tue Mar 20, 2007 5:58 pm
Posts: 1052
@biroe: kalo kelas khusus sih rasanya enggak ya.. tapi memang ada beberapa perbedaan signifikan jika dibandingkan dengan menggunakan masker biasa. saya siap ngajarin kalo memang diperlukan.. lebih cocok lagi kalo dipadukan dengan kelas advanced bouyancy clinic asuhan kak rendra *sumpah ini promosi*

@rendra: bisa sambil mamam rawon.. cuman daging sama toge nya sering nyangkut haaaaa.. eh donat sisa kemaren masih sisa tuh.. *makasih ya om erwinlist..*


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 8 posts ] 

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
cron