It is currently Sat Oct 21, 2017 6:22 am

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 3 posts ] 
Author Message
 Post subject: LOB PELNI wisata bahari 2016
PostPosted: Mon Oct 24, 2016 7:21 pm 
Offline
User avatar

Joined: Sun Oct 02, 2016 3:53 am
Posts: 67
Location: Malang - Manado
Mau nanya.. mungkin bisa share pengalaman yang pernah ikut LOB PELNI...
gimana trip nya.. dan apakah worth it dengan biaya yang dikeluarkan..
Mohon pendapat para sesepuh dan rekan2..
Karena ada rencana mau ikut trip yg wakatobi bulan depan.. :D :D


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: LOB PELNI wisata bahari 2016
PostPosted: Thu Nov 03, 2016 10:24 am 
Offline

Joined: Thu Apr 23, 2009 7:03 pm
Posts: 68
Saya barusan saja ikut yang Wisata Bahari Raja Ampat tanggal 30 Sept - 2 Nov kemarin. Untuk pengalaman Raja Ampat (kemungkinan besar beda dengan area lain karena PELNI menggunakan EO Lokal sebagai penyelenggara acara), targetnya lebih ke wisata keluarga, tidak spesifik diving. Sebagai ilustrasi, dari total 50 peserta, hanya 4 orang yang ikut diving, 3 certified dan 1 try scuba.

Untuk rute yang saya ikuti kemarin : Sorong -> Yenbuba -> Piainemo -> Arborek -> Sorong. Diving dilakukan di Pier Yenbuba (1x Dive), di Piainemo (di Melissa Garden 2x), di Arborek karena permintaan sendiri akhirnya dive boatnya jalan ke Tanjung Kri (+/-1 jam) dan drift dive di Tanjung Kri. Untuk 3 hari dive tersebut saya menggunakan jasa 3 dive center yang berbeda.
Hari pertama di Yenbuba dipandu oleh guide dari EO PELNI sendiri, bukan dive master tapi cuma dive guide. Untuk fasilitas alat menggunakan jasa penyewaan alat penduduk lokal, jadi ya mutunya ala kadar-nya, untungnya saya bawa alat sendiri komplit. Berhubung rekan2 diver saya protes dan minta alat yang lebih terpelihara, untuk hari kedua di Piainemo alat+boat+dive guide menggunakan fasilitas dive center setempat (lupa saya, antara Papua Explorer atau Papua Diving). Dive guide-nya 1 orang certified DM (orang Italia, dari Genoa), satu lagi dive guide dari Manado. Untuk hari ketiga di Tanjung Kri, variasi-nya berubah lagi, alat+dive guide dari dive center sedangkan boat menyewa dari Waisai. Total biaya yang saya keluarkan untuk 4 dive tersebut IDR 3 juta-an, termasuk sewa boat di hari kedua dan ketiga.

Nah, sedangkan untuk non divers struktur penyelenggaraan jauh lebih rapi. Time schedule dari satu site ke site yang lain dibuat cukup masuk akal dan betul-betul ditepati. EO menggunakan 5 boat dengan 10 penumpang per boat. Fasilitas boat cukup memadai, disediakan jaket pengaman untuk semua penumpang dan terdapat 3 crew untuk masing2 boat termasuk guide. Boat menggunakan 2 outboard yamaha enduro 40 dengan BBM yang cukup, jadi perjalanan dari satu spot ke spot yang lain tidak terlalu lama. Kapal selalu buang sauh di dekat lokasi, kurang lebih sama dengan lokasi LOB yang lain buang sauh, sehingga perjalanan dengan boat dari 1 spot ke spot lain cukup cepat, di Yenbuba dan Piainemo cuma 30 menit, dan di Arborek 45 menit, jadi dari sisi ini kurang lebih sama dengan LOB.

Untuk fasilitas kapal, karena menggunakan kapal ukuran 6000 ton (KM Tatamailau), fasilitas air tawar untuk mandi berlimpah ruah, air panas+air dingin ada. Selain itu, dengan ukuran kapal sebesar itu tidur relatif tenang karena hampir2 tidak ada goyangan. Untuk fasilitas makan disediakan 4 kali sehari, sarapan, makan siang dan makan malam prasmanan dengan 3 menu+dessert, selepas makan disediakan snack malam + minuman hangat. Untuk kabin sendiri saya menggunakan kabin kelas 2, dengan 4 tempat tidur bunk bed dan kamar mandi dalam. Secara umum kabin cukup bersih, meskipun dihari kedua saya harus minta bantuan pest control kapal untuk mengusir kecoa dari dalam kamar.

Perlu diingat, kapal yang digunakan adalah kapal penumpang, jadi kondisi kabin dan area penumpang betul2 tergantung dari perilaku penumpang dari rute yang dilewati kapal ini. Sebagai contoh, di beberapa bagian kapal terdapat bercak2 merah bekas sirih, di kabin beberapa fixtures (seperti tutup lampu dan tutup saklar) rusak karena korban vandalisme dari penumpang sebelumnya.

Jadi jika ingin diving dengan LOB PELNI, perlu dikonfirmasikan terlebih dahulu dengan penyelenggara untuk profil pesertanya. Jika peserta-nya cukup banyak diver-nya, kemungkinan besar EO akan membuat pengaturan khusus buat para divers, seperti alat, boat dan dive guide, tetapi jika diver-nya minoritas, tampaknya panitia akan membuat pengaturan dengan dive center lokal. Akan tetapi secara umum saya cukup puas dengan LOB PELNI kali ini, selain karena fasilitasnya yang memadai, juga perhatian yang besar dari pihak PELNI untuk masing2 peserta.


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: LOB PELNI wisata bahari 2016
PostPosted: Thu Nov 03, 2016 11:18 am 
Offline
User avatar

Joined: Sun Oct 02, 2016 3:53 am
Posts: 67
Location: Malang - Manado
Wah mantap nih bro teguh_bs2000
Tapi kalau dihitung cost, lebih murah jalan sendiri ya.. :D
Info yang bagus, jadi bisa buat pertimbangan jalan sendiri atau ikut PELNI...
Tapi untuk raja ampat, saya nunggu tahun depan aja deh..
sekalian nungguin kebijakan Pak Jokowi sudah terasa (harga BBM turun)
dan semoga sewa boatnya jadi lebih murah... :-)


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 3 posts ] 

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to: