It is currently Fri Oct 20, 2017 8:41 am

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 3 posts ] 
Author Message
 Post subject: Kota JAYAPURA; Surga Pecinta Wreck
PostPosted: Mon Apr 10, 2017 10:44 am 
Offline
User avatar

Joined: Mon Feb 04, 2013 4:19 pm
Posts: 135
Location: Manado
Iseng, setelah lama tidak ada yang mengisi....

Disini, beberapa tahun lalu, saya menulis wreck (benar-benar) di kota Tahuna. Saya pikir (saat itu) itu sudah merupakan suatu hal yang sangat mengagumkan. Namun ternyata begitu saya pindah dan tinggal di Jayapura, waduh.... ada begitu banyak wreck di Teluk Jayapura. Bahkan ada 2 (dua) persis di depan kantor gubernur. Sama seperti di Tahuna, kita tidak perlu menggunakan kapal untuk mencapainya. Cukup beach entry saja. Mengagumkan bukan? Belum yang sudah hancur, tinggal sedikit rangka, dan beberapa di kedalaman yang cukup lumayan (konon di 40 meter) berupa tank dan lain-lain. Ini baru di satu site yaitu di Dock 2. Masih banyak wreck lain dari yang sudah dieksplore sampai yang masih berupa 'kabarnya'.

Saya hanya membahas 2 wreck yang di depan kantor gubernur (Dock 2) dan sedikit mengulas Base G.

Persis di depan kantor Gubernur, tempat itu dinamakan Dock 2, adalah pantai wisata tempat berkumpulnya pencari keindahan murah meriah. Di hari kerja, tempat ini mulai dipadati pengunjung selewat jam lima sore setelah panas terik matahari tak terasa lagi. Semakin malam semakin ramai, pengunjung pun didominasi kaum muda seperti dialkisahkan 'yang muda yang bercinta'. Kalau hari Sabtu ramai dari pagi sampai malam hari. Pantai ini bisa buat mandi, berenang, snorkelling (klub freedive rutin berlatih di tempat ini setiap minggu), dan menyelam. Penjaja makanan pun banyak berjualan disini.


Wreck Dock 2

Dua wreck ini berada disisi kiri dan sebenarnya sudah masuk Dock 4. Jadi kita harus berenang sekira 50 meter di kedalaman 1-2 meter. Wreck pertama berupa tugboat, letaknya tidak jauh, sekira 20 meter saja dari awal terumbu karang drop. Berdiri gagah di kemiringan dengan muka kapal menghadap pantai. Top di 5 meter, ujung bawah di 20 meter. Seperti umumnya tugboat, wreck ini kecil saja, dieksplore sebentar juga sudah selesai. Apalagi tidak bisa masuk sampai kedalam karena ruangannya hanya kecil saja. Kita hanya bisa masuk sampai ruang kemudi.

Attachment:
IMG_6925.JPG


Wreck kedua berjarak 30 meter dari wreck pertama. Wreck ini sepertinya kapal kargo. Jatuh miring, dengan muka membelakangi pantai. Top di 10 meter, bottom di 30 meter. Panjang sekira 60 meter. Separohnya sudah terbenam di pasir (atau lebih tepatnya lumpur). Wreck ini menjadi rumah bagi glassfish, batfish, kakap merah, dan beberapa GT. Saya sempat juga melihat Giant Grouper yang masih kecil, sekira 40 cm saja. Semoga sudah besar saat saya lihat lagi nanti. Oh-ya, hebatnya di Papua, baling-baling wreck ini masih utuh, padahal hanya di kedalaman 12 meter saja.

Attachment:
IMG_7093.JPG

Attachment:
IMG_7099.JPG

Attachment:
IMG_7107.JPG

Attachment:
IMG_7124.JPG


Sekarang saya ceritakan kondisi terumbu karang di Dock 2 ini. Kalau Anda berniat mencari keindahan terumbu karang di tempat ini berarti Anda akan kecewa. Terumbu karang disini nyaris mati. Kualitas air laut yang bercampur lumpur menjadi penyebabnya, menurut saya. Jadi menyelam disini bersifat muckdive. Kita mencari makro disini. Nudie cukup banyak, macam-macam crab dan shrimp, udang kipas juga cukup gampang ditemui saat nightdive, dan moray. Saya belum pernah menemukan frogfish disini. Dasar laut yang berupa lumpur tebal membuat kita harus hati-hati saat mengibaskan fin. Jika sembrono akibatnya langsung terasa, gelap dengan visibility nyaris nol. Oh-ya, normal visibility disini berkisar 5 - 10 meter. Teman pernah beruntung mendapatkan saat air laut jernih. Kalau saya malah pernah hanya jarak pandang 2 meter saja.

Attachment:
IMG_7140.JPG


Attachment:
Nudie 1.JPG

Attachment:
Nudie 2.JPG

Attachment:
Nudie 3.JPG




Pantai Base G


Sebelum masuk Jayapura, saya sudah mendengar tentang divesite di Base G. Sekarang saya sudah mengalaminya. Tetapi saya tidak bercerita tentang keindahannya karena menurut saya masih biasa saja. Tidak lebih bagus dibanding Malalayang di Manado yang malah masih di kota. Sedangkan ke Base G ini kita harus menggunakan kapal karena berada di mulut teluk atau malah sudah keluar di sisi kiri teluk yang memang adalah pantai wisata base G.

Saya hanya akan bercerita tentang maskot site ini. Apalagi kalau bukan Hiu Wobbegong...!!!! Walaupun saya sendiri belum hapal dimana letak-letaknya ikan ini tetapi bagi Pak Thomas dll, mereka bisa memastikan sampai dengan 70% bakal ketemu ikan ini. Sedangkan Hiu Bambu perlu keberuntungan untuk menemukannya. Jadi bagi Anda yang ingin melihat Wobbegong, tidak usah jauh-jauh mencari, menyelam saja di Teluk Jayapura.

Attachment:
#15.JPG


Nah bagi Anda yang ingin pengin tahu lebih banyak tentang Jayapura dan Papua, slikan kunjungi http://wisatapapuamaluku.blogspot.co.id/

Sampai jumpa lagi


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Kota JAYAPURA; Surga Pecinta Wreck
PostPosted: Mon Apr 10, 2017 4:18 pm 
Offline
User avatar

Joined: Sun Oct 02, 2016 3:53 am
Posts: 67
Location: Malang - Manado
wah... bang pulung setelah sekian lama akhir nya muncul juga...
Jadi kepingin nih liat jayapura.. semoga bisa ke sana dalam waktu dekat... :D :D
Kebetulan juga ada saudara lagi berdinas di BTN baru pindah bulan lalu ke Jayapura.
sekalian lapor.. kalau saya sudah diving beberapa kali dengan rekan2 Boboca.. :-bd :-bd
tetapi saya malah tambah parah ini keracunan diving nya =)) =))
Anyway.. thank buat bang Pulung.. dan semoga bisa ketemu dan diving bareng.. :-bd


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Kota JAYAPURA; Surga Pecinta Wreck
PostPosted: Sat Apr 29, 2017 7:10 pm 
Offline
User avatar

Joined: Tue Jul 07, 2009 6:34 pm
Posts: 19
Halo om Pulung... Kapan yuk Malalayang lagi kita?

btw ngeri juga yah wreck dgn visibility segitu..

_________________
Dont Dream It.
Live It!


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 3 posts ] 

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 2 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
cron