It is currently Mon Oct 23, 2017 2:12 am

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 4 posts ] 
Author Message
 Post subject: TOBELO - The Next Destination Dive Trip
PostPosted: Sun Apr 06, 2014 8:58 pm 
Offline
User avatar

Joined: Mon Feb 04, 2013 4:19 pm
Posts: 135
Location: Manado
TOBELO, Ibukota Kabupaten Halmahera Utara, potensi bawah lautnya sebenarnya tak kalah dengan Ternate, Jailolo, atau Morotai, tetangga terdekatnya. Hanya saja karena tak didukung oleh pucuk pimpinan tertingginya, yang lebih memilih wisata budaya, maka dunia diving seperti dianaktirikan. Berdasarkan pemetaan yang dilakukan oleh salah satu dive center Manado beberapa tahun lalu, terdapat 49 titik penyelaman di Halmahera Utara. Tersebar hampir merata di sepanjang tepian pantainya. Namun seiring dengan berkembangnya waktu, diyakini akan semakin bertambah banyak.

Attachment:
IMG_0431.JPG


Ada beberapa cara untuk mencapai Tobelo. Tapi yang paling singkat, kecuali memang ingin melakukan dive trip Ternate, Jailolo, Morotai dan Tobelo, adalah dengan penerbangan dari Manado ke Kao. Dari Kao dilanjutkan dengan perjalanan darat sekitar 80 km atau 1,5 jam. Banyak taxi yang siap mengantar Anda ke Tobelo dari Bandara Kuabang, Kao. Sekedar informasi, Halmahera Utara masuk ke Propinsi Maluku Utara dengan Ibukota Sofifi. Sofifi, yang berada di pantai barat berada cukup dekat dengan Ternate yang terhubung dengan ferry. Dari Sofifi ke Tobelo bisa ditempuh dengan perjalanan darat sekitar 4 jam, melewati Kao. Jalan trans cukup mulus dan lebar. Bahkan untuk ukuran di Pulau jawa sekalipun. Harus saya acungi jempol untuk kualitas jalannya.
Walaupun hanya kota kecil, cukup banyak hotel dan penginapan di Tobelo. Kisarannya mulai dari Rp. 100rb – Rp 500rb. Juga tidak ada masalah dengan tempat makannya. Yang jadi masalah malah pada operator divingnya. Sejauh yang saya ketahui, tidak ada yang lain kecuali dari Dinas Pariwisata. Itu pun dengan tabung yang terbatas dan kompresor ukuran kecil. ( He he… tersenyum kecut). Dengan waktu yang terbatas, inilah kisah menyelam saya di Tobelo. Ditemani dengan Pak Yus, dive master yang menjadi guide saya selama di Tobelo. Sebenarnya ada juga Pak Firman, instruktur SSI, tapi sedang mengikuti Deep Indonesia. Keduanya adalah pegawai Dinas Pariwisata.
Pulau Kakara, Pulau Kudu-kudu, dan Pulau Gumilamo. Tak banyak yang bisa diceritakan dari ketiga pulau yang mempunyai beberapa titik penyelaman itu. Kualitas air lebih baik tapi minim ikan besar dibanding Bunaken. Di Gumilamo sempat bertemu dan mengabadikan Hiu Black Tip. Nudie yang banyak ditemui adalah nudie putih dengan strip biru. Menurut Pak Yus, yang khas dari tempat ini adalah nudie warna kuning yang beliau sebut Banana Nudie Branch. Terumbu karang cukup terjaga walaupun, kata Pak Yus, masih banyak perburuan ikan dengan menggunakan bom ikan. Tetapi 4 hari menyelam di Tobelo sekalipun saya tidak mendengar bom ikan meledak.

Attachment:
IMG_0447.JPG


Attachment:
IMG_3995.JPG


Japanese Planewreck. Berada diantara Mawea yang merupakan muara sungai di daratan Halmahera, Pulau Meti dan Pulau Gumilamo membuat perairan di titik penyelaman ini cukup keruh. Jarak pandang hanya sekitar 3 – 5 meter saja dengan kedalaman sekitar 25 – 27 meter. Tanpa ada buoy (konon pernah dipasang Pak Firman tapi hilang) dan GPS sulit menentukan dengan tepat titik penyelamannya. Hari pertama dengan 2 kali menyelam, wreck tidak berhasil diketemukan. Hari kedua, dengan jarak berselisih sekitar 50 meter dari yang sebelumnya (dari GPS yang saya bawa he he…) barulah kami bisa menjumpai plane wreck itu.

Attachment:
IMG_4218.JPG


Kondisi pesawat sudah tidak utuh lagi. Badan dan sayap tinggal separo. Bodi sudah banyak terkelupas. Terumbu karang pun sudah banyak menutupi permukaan. Tapi masih jelas terlihat sebagai bangkai pesawat terbang. Ruang kemudi sudah berantakan, tapi saya masih sempat ‘selfie’ menjadi pilot tempur (meringis lagi, karena kokpit benar2 sempit… ). Dengan tidak ada pemandangan lain, karena sekitarnya benar-benar hanya hamparan pasir (plus lumpur) belaka, total waktu penyelaman tidak lebih dari 30 menit. Sisa tabung masih cukup lumayan untuk dipakai bermain-main dengan schooling ikan ‘tude’ di dermaga Pulau Gumilamo. Dari atas dermaga, schooling ini tampak seperti batu agak kehitaman yang besar dan memanjang sekitar 30 meter. Ada pancing cakalang dan tombak yang saya rasa ditujukan untuk menangkap tude itu.
Underwater Volcano (1 & 2). Inilah icon dan primadona untuk Halmut. Terletak di Galela, menggunakan katinting bermesin 40 PK ditempuh sekitar 45 menit dari Tobelo. Lewat darat juga bisa, tapi kapal tetap harus disewa di Tobelo, karena tidak ada kapal yang bisa disewa di Galela. Berbeda dengan Krakatau dan Mahangentang (di Tahuna, Sulawesi Utara), yang di Galela ini lebih mirip ke sumber air panas. Tidak terasa ada belerang di kandungannya. Hanya saja di satu titik penyelaman bisa ada 5 sumber air panas. Airnya pun hanya hangat. Bahkan lebih panas di Paradise, Likupang (Sulawesi Utara). Hanya saja penampangnya cukup besar, sampai sekitar 5 meter. Ada satu yang masih membentuk lobang ke bawah. Dengan kondisi ini, diluar tempat air panas, dengan air yang sangat jernih, terumbu karang tumbuh subur dan berwarna-warni.

Attachment:
IMG_4314.JPG


Attachment:
IMG_4326.JPG


Attachment:
IMG_4341.JPG


Attachment:
IMG_4438.JPG


Di atas sumber air panas yang paling besar, mulai dari kedalaman 10 meter ke atas, schooling jutaan ikan teri plus 2 manta yang sempat tertangkap mata kami sebelum melesat kabur, membuat teman seperjalanan (2 cewek bule, instruktur di Thailand) menari-nari selama 30 menit! Dari atas, kedua dive site itu tampak nyata sebagai lingkaran berdiameter sekitar 20 meter.Saya sangat merekomendasikan tempat ini. Benar-benar masih asri, dengan pantai indah berpasir hitam yang lembut dan pepohonan yang menjorok ke laut membuat sejuk dan nyaman. Makan siang di pantai diantara dua dive menjadi terasa singkat walaupun sudah jauh melebihi surface interval.

Attachment:
IMG_0469.JPG


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

_________________
Pulung Ariyanto
0818 946 680
0821 88 255 442
http://www.gt-dive.com


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: TOBELO - The Next Destination Dive Trip
PostPosted: Wed May 07, 2014 6:51 am 
Offline
User avatar

Joined: Mon Feb 04, 2013 4:19 pm
Posts: 135
Location: Manado
Kemarin dikirimin artikel oleh buddy (bule yg saya ceritain diatas)...

http://straightondetour.com/2014/04/29/ ... halmahera/

_________________
Pulung Ariyanto
0818 946 680
0821 88 255 442
http://www.gt-dive.com


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: TOBELO - The Next Destination Dive Trip
PostPosted: Wed May 07, 2014 7:33 am 
Offline

Joined: Mon Sep 07, 2009 1:33 pm
Posts: 655
Location: Bone, Sulawesi Selatan
mantap bossss.....

:-bd


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: TOBELO - The Next Destination Dive Trip
PostPosted: Thu May 08, 2014 7:40 am 
Offline
User avatar

Joined: Mon Feb 04, 2013 4:19 pm
Posts: 135
Location: Manado
Bonar Sitohang wrote:
mantap bossss.....

:-bd

:ympeace: Makasih boss...
*-:) Jd ingat kalo pengin jg gabung ke komodo tp... :-ss x_x

_________________
Pulung Ariyanto
0818 946 680
0821 88 255 442
http://www.gt-dive.com


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 4 posts ] 

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 2 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to: