It is currently Mon Oct 23, 2017 8:38 pm

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 12 posts ] 
Author Message
 Post subject: Komodo bersama SMY Mangguana
PostPosted: Sun Oct 13, 2013 1:00 pm 
Offline
User avatar

Joined: Tue Sep 15, 2009 3:15 am
Posts: 1396
Location: Katameya Heights
Bagian 1 - Masih menghirup udara alami

Bulan Agustus kemarin, 2 hari setelah merayakan Lebaran, kita berempat langsung ngabur ke Taman Nasional Komodo - nggak lama cuma 6 hari 5 malam.
Kebanyakan orang yang bukan diver akan heran dan bertanya “Ngapain aja 6 hari disana” . Nah. sebaliknya, teman2 diver komentarnya, “ Kok cuma sebentar, mertanggung amat!”.
Masalahnya kita cuma punya waktu dua minggu yang mesti dibagi ke Amed dan Ubud.
Memang betul untuk kebanyakan orang, tahunya atarksi di TNK adalah Komodo – padahal, kekayaan yang paling besar justru terletak di bawah air. Dan, ini yang mampu menarik ribuan diver mancanegara untuk berkunjung berhari-hari disana.
Kalau Cuma mengandalkan Komodo trekking, 1 hari biasanya juga sudah cukup. Tapi kalau keindahan bawah air – seminggu juga rasanya kurang.

How to Get There

Gampang kok.
Memang saat ini belum ada penerbangan langsung ke Labuan Bajo – kota kecil yang merupakan pintu masuk ke TNK. Tapi setidaknya ada 5 penerbangan setiap harinya dari denpasar ke Labuan bajo yang dilayani oleh Lion/Wing air, SKY, Merpati, IAT dan TransNusa. Semuanya menggunakan pesawat baling2, yakni pesawat ATR 72-500 buatan Perancis atau MA-60 yang made in China.

Image
Lion Labuan Bajo by Wisnu Purwanto Family, on Flickr

Saya yakin pak Habibie pasti sedih setiap kali melihat pemandangan seperti ini. Pasti beliau membayangkan kalau pesawat itu adalah N250 yang menguasai langit Indonesia untuk route jarak pendek .
Terus terang untuk urusan politik saya kurang sependapat dengan beliau, tapi untuk hal ini saya ikutan trenyuh.

Pilihan lain adalah menggunakan jalur laut – tapi terus terang saya kurang tahu.
Atau kalau anda nggak mau pakai pesawat baling-baling, atau terburu-buru atau ketinggala pesawat, gampang kok

Image
Dont panic Labuan Bajo by Wisnu Purwanto Family, on Flickr

Ada 2 pesawat jet sedang parkir di bandara komodo - tapi saya nggak yakin kalau pesawat tersebut yang ditawarkan di papan iklan diatas.

Image
Charter Jets Labuan Bajo by Wisnu Purwanto Family, on Flickr

Siapa tertarik ?

Di bandara, staf dari Komodo Cruise telah menunggu kita dan membawa kita ke kantor mereka di pelabuan labuan Bajo untuk makan siang, sebelum perjlanan dilanjutkan dengan menggunakan boat.

Image
Sea Port Labuan Bajo by Wisnu Purwanto Family, on Flickr

Tampak dilatar belakang KRI Sultan Nuku yang merupakan kapal perang Indonesia dari jenis korvet -kelas Parchim dengan kode Pakta Warsawa Type 133.1 didesain untuk perang anti kapal selam diperairan dangkal / pantai. Kapal ini adalah kapal bekas eks Jerman Barat yang sudah diperbaiki di PAL.

Akomodasi

Tidak ada commercial resort di TNK, paling cuma Guest House sederhana di station ranger. Umumnya hotel dan resort berlokasi di Labuan bajo, dimana akan membutuhkan waktu sekitar 1.5 – 2.5 jam dengan speed boat ke TNK. Beberapa terletak di pulau-pulau kecil di luar TNK, misalnya sebayur island resort ini.

Image
Sebayur Resort by Wisnu Purwanto Family, on Flickr

Tapi tetap saja butuh waktu sekitar 1 jam untuk mencapai tujuan utama.

Buat sebagian orang, bolak-balik dari Labuan bajo ke TNK setiap hari bukan pilihan yang menyenangkan; apalagi saat laut kurang bersahabat. Oleh karenanya, tidak sedikit (terutama diver manca negara) yang memilih menggunakan LOB (liveaboard) – dimana kita bisa tinggal dengan nyaman dan semua kebutuhan terpenuhi sekaligus bisa diving 4 – 5 kali sehari di TNK.

LOB semakin populer saat ini. Bahkan di musim puncak seperti bulan Agustus, bisa lebih dari 70 LOB berseliweran di TNK – dari mulai kelas budget dengan biaya mulai dari USD 150 per hari per kepala sampai Pinisi mewah yang memasang bandrol lebih dari USD 600 per hari per kepala. Jangan salah, yang mewah malah biasanya sudah fully book jauh-jauh hari.
Pilihan kita jatuh ke SMY Mangguana, perahu pinisi dua tiang dengan ukuran panjang 27m dan lebar 5.5m yang telah dimodifikasi untuk liveaboard - 1 tiang layar telah dibuang. sehingga saat ini cuma memiliki 1 tiang. Masih tampak cantik kok.

Image
SMY Mangguana by Wisnu Purwanto Family, on Flickr

Namanya LOB yang tidak tergolong mewah, ukuran kabin tidak terlalu besar tapi cukup nyaman untuk 2 orang - bahkan kabin utama yang kita gunakan bisa dipaksa untuk 3 orang.

Image
SMY Mangguana 4 by Wisnu Purwanto Family, on Flickr

Untuk acara makan, berkumpul, brieffing ataupun karaokean bisa dilakukan di dek atas yang dilengkapi penutup.

Image
SMY Mangguana 3 by Wisnu Purwanto Family, on Flickr

Atau berjemur matahari sambil menunggu diving berikutnya

Image
Komodo Topsides 3 by Wisnu Purwanto Family, on Flickr

atau sekedar bergaya

Image
SMY Mangguana 5 by Wisnu Purwanto Family, on Flickr

Dilatar belakang adalah Damai 2, salah satu liveboard papan atas - untuk route Komodo 2013 tarifnya antara USD 525 - 625 per orang permalam. Mesti jual sawah kalau naik liveboard ini.

_________________
https://www.flickr.com/photos/wisnupurwanto/


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Komodo bersama SMY Mangguana
PostPosted: Sun Oct 13, 2013 7:50 pm 
Offline
User avatar

Joined: Fri Jun 15, 2012 12:42 am
Posts: 958
Location: Bintaro sektor 9
Saya dah kangen komodo lagi.
Makasih ya postingannya.

Kemaren saya naik sodaranya mangguana, monalisa.
Ditunggu foto2 bawah airnya

_________________
Arief
0811194177
[email protected]
@feira24


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Komodo bersama SMY Mangguana
PostPosted: Mon Oct 14, 2013 9:41 am 
Offline
User avatar

Joined: Tue Sep 15, 2009 3:15 am
Posts: 1396
Location: Katameya Heights
Bagian 2

Bawah air - inilah yang benar-2 merupakan kekayaan Komodo yang mampu menarik ribuan wisatawan manca negara untuk menetap di TNK sampai 2 minggu.
Nah, Juli - september adalah bulan terbaik untuk mengunjungi TNK - kondisi laut cukup bersahabat (untuk TNK bagian utara), visibility di bawah air juga sangat bagus - bisa mencapai 30 m; dan suhu bawah air relatif hangat berkisar 26 - 29 C.

Masalah Arus? Memang Komodo dikenal sebagai lokasi yang memilki arus laut yang cukup kuat bahkan bisa super kuat - tapi jangan kuatir tidak semuanya; bahkan sebagian besar masih cocok untuk penyelam yang belum terlalu berpengalaman. Dengerin baik2 brieffing dari dive guide. Stay in the group.
Nah arus lalut ini yang membawa sejumlah plankton sehingga ikan-ikan baik kecil dan besar berseliweran dimana-mana.
Beberapa lokasi - yang terbaik - seperti castle rock, crystal rock, batu bolong, the Cauldron, memang lebih cocok untuk menyelam yang telah berpengalaman, katakanlah jam selam lebih dari 50 dives dan bersetifikat AOW (advance open water). Meskipun bukan juga jaminan kalau memenuhi kriteria tersebut nggak kesulitan di sana atau kalau yang masih newbie pasti nggak bisa diving disana.
Favorit kita adalah castle rock - saat kita diving arusnya lumayan kuat, namun disini kita disuguhi sop ikan yang benar2 lezat - ikan dimana-mana, fusilier, giant trevally, napoleon wrasse, barracuda, dan berbagai jenis hiu karang, termasuk saat kita menyelam disana - saat kita nggak bisa kemana-mana karena untuk mengatasi arus kita memakai reef hook - seekor hiu abu2 besar, nampaknya sedang hamil tua - mengelilingi kita beberapa kali sebelum berlalu.
Sempat deg2an juga - dan sorry nggak sempat memotret, sangat susah dan berbahaya untuk memaksakan diri memotret pada kondisi arus sperti itu.

Di lokasi lain yang bernama The Cauldron alis "shot gun" memang benar2 sesuai namanya. Lokasi ini berupa celah antara pulau Gili Lawa Laut dan Gili Lawa Darat. Karena celah tersebut semakin mengecil ditengah, maka begitu masuk kita akan ditarik arus yang amat sangat kuat untuk kemudian diangkat serasa terbang melewati ngarai dan dibanting turun ke kuali dengan air berputar atas sebelum keluar melalui terumbu karang yang indah. Sangat mengagumkan ...

Tanpa keraguan, saya berani bilang Komodo adalah tujuan lokasi selam terbaik kelas dunia, sebanding dengan Raja Ampat.
Nah, dengan segala keterbatasan saya mencoba sedikit menangkap keindahan tersebut dengan foto2 berikut.

Image
Napoleon Wrasse by Wisnu Purwanto Family, on Flickr

Image
Turtie Komodo 2 by Wisnu Purwanto Family, on Flickr

Image
Softcoral Komodo by Wisnu Purwanto Family, on Flickr

Image
Me by Wisnu Purwanto Family, on Flickr

Image
Komodo seascape2 by Wisnu Purwanto Family, on Flickr

Image
Cel and glassfish Komodo 2 by Wisnu Purwanto Family, on Flickr

Image
Barracuda Komodo by Wisnu Purwanto Family, on Flickr

Buat penggemar makro dan muck diving, Komodo juga punya sejumlah muck diving site, yaitu Waniliu - sangat cocok untuk night dive.

Image
Moray Eel Komodo by Wisnu Purwanto Family, on Flickr

Bagaimanapun juga, yang asli jauh lebih indah lagi, dan hanya bisa dinikmati dengan langsung menyaksikannya. Pada banyak kesempatan saya memilih untuk melipat strobe dan menempelkan kamera ke dada, untuk kemudian menimati indahnya sup ikan dan atau memperhatikan group kecil kita agar tidak terpencar-pencar.

_________________
https://www.flickr.com/photos/wisnupurwanto/


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Komodo bersama SMY Mangguana
PostPosted: Mon Oct 14, 2013 9:44 am 
Offline
User avatar

Joined: Tue Sep 15, 2009 3:15 am
Posts: 1396
Location: Katameya Heights
feira24 wrote:
Saya dah kangen komodo lagi.
Makasih ya postingannya.

Kemaren saya naik sodaranya mangguana, monalisa.
Ditunggu foto2 bawah airnya


ditunggu juga share/report nya mengenai monalisa ... pasti bermanfaat juga buat temen2 yang lain

_________________
https://www.flickr.com/photos/wisnupurwanto/


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Komodo bersama SMY Mangguana
PostPosted: Mon Oct 14, 2013 4:14 pm 
Offline
User avatar

Joined: Thu Mar 10, 2011 11:33 am
Posts: 91
waktu saya turun di cauldron,castle rock dan crystal rock,saya sampe gak berani bawa kamera,maklum nubie jarang2 ketemu arus kayak begitu,


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Komodo bersama SMY Mangguana
PostPosted: Mon Oct 14, 2013 5:18 pm 
Offline
User avatar

Joined: Fri Jun 15, 2012 12:42 am
Posts: 958
Location: Bintaro sektor 9
Monalisa mirip2 Mangguana, hanya kamar2nya kecil2..tempat tidur tingkat, AC dan kamar mandi dalam, portable, seperti kapsul gitu

kami ber12, kebanyakan cewek dan masih open water.
jadi dibagi 3 groups, masing2 4 orang, masing2 di pegang oleh satu instruktur, yg dua grup instrukturnya dari mexico, latino gitu..ganteng n cantik..

grup saya pake yg lokal aja, krn emang mau nyari yg aneh2 di bawah..

komodo sih is a MUST! pengen balik lagim pengen ke selatannya

_________________
Arief
0811194177
[email protected]
@feira24


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Komodo bersama SMY Mangguana
PostPosted: Mon Oct 14, 2013 9:02 pm 
Offline

Joined: Mon Apr 04, 2011 9:00 am
Posts: 255
Location: Jakarta Crazy City
review dari pak wisnu selalu cakep abiz :-bd dan bikin iri .... :-w


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Komodo bersama SMY Mangguana
PostPosted: Tue Oct 15, 2013 10:00 am 
Offline
User avatar

Joined: Tue Sep 15, 2009 3:15 am
Posts: 1396
Location: Katameya Heights
ajehgile wrote:
waktu saya turun di cauldron,castle rock dan crystal rock,saya sampe gak berani bawa kamera,maklum nubie jarang2 ketemu arus kayak begitu,


pilihan yang bijaksana, karena dengan tidak membawa kamera malah banyak yang dilihat, terutama yang gede2

_________________
https://www.flickr.com/photos/wisnupurwanto/


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Komodo bersama SMY Mangguana
PostPosted: Mon Oct 21, 2013 8:59 am 
Offline
User avatar

Joined: Mon Oct 18, 2010 10:41 am
Posts: 118
mantab Om Wisnu reportnya,
ditambah foto-fotonya yang exposurenya enak sekali dilihat.

Ini foto-foto straight from camera,
atau ada edit exposure/yang lain om?
Suka banget saya ngeliat warna-warna orangenya dari soft coral.

Ngeliat kaya gini bawaannya jadi pengen ganti oli
x_x haduh haduh haduh

_________________
~ T h o m a s S a t r i o


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Komodo bersama SMY Mangguana
PostPosted: Mon Oct 21, 2013 8:21 pm 
Offline
User avatar

Joined: Tue Sep 15, 2009 3:15 am
Posts: 1396
Location: Katameya Heights
tomfreakz wrote:
mantab Om Wisnu reportnya,
ditambah foto-fotonya yang exposurenya enak sekali dilihat.

Ini foto-foto straight from camera,
atau ada edit exposure/yang lain om?
Suka banget saya ngeliat warna-warna orangenya dari soft coral.

Ngeliat kaya gini bawaannya jadi pengen ganti oli
x_x haduh haduh haduh


TQ mas,
Foto2 tesebut tentunya nggak langsung dari kamera - sudah kena PS sedikit, paling nggak cropping atau resizing dan kemudian sedikit adjustment di level; atau buang sedikit backscatter dan sedikit sharpening
Kadang cukup auto level adjustment kadang setiap channel di adjsut aga warna sedikit pop-up.
saya sendiri pada dasarnya pemalas untuk otak-atik foto; sehingga semuanya ambil pakai jpeg.

_________________
https://www.flickr.com/photos/wisnupurwanto/


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Komodo bersama SMY Mangguana
PostPosted: Mon Oct 21, 2013 9:53 pm 
Offline

Joined: Thu Aug 30, 2012 4:19 pm
Posts: 74
Very nice report as always Om Wisnu.
Wajar lah kalo photo itu masuk PS dulu, kebolehan photographer kan ditantang di dalam digital room juga.
Kali ini senjata nya apa Om?

Saya ada rencana mau ke Komodo, tapi dengan dive log yang belum cukup banyak, agak ragu juga dengan kemampuan bermain dengan arus.
Orang2 selalu bilang Komodo has one of the most "amazing" current in Indonesia, saya masukan dalam tanda kutip yang berarti juga bahaya, serem2 nikmat gitu.
Gimana pengalaman nya selama disana? Apalagi membawa anak-anak, apa mereka ada kesulitan?


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Komodo bersama SMY Mangguana
PostPosted: Tue Oct 22, 2013 11:55 am 
Offline
User avatar

Joined: Tue Sep 15, 2009 3:15 am
Posts: 1396
Location: Katameya Heights
scubadood wrote:
Very nice report as always Om Wisnu.
Wajar lah kalo photo itu masuk PS dulu, kebolehan photographer kan ditantang di dalam digital room juga.
Kali ini senjata nya apa Om?

Saya ada rencana mau ke Komodo, tapi dengan dive log yang belum cukup banyak, agak ragu juga dengan kemampuan bermain dengan arus.
Orang2 selalu bilang Komodo has one of the most "amazing" current in Indonesia, saya masukan dalam tanda kutip yang berarti juga bahaya, serem2 nikmat gitu.
Gimana pengalaman nya selama disana? Apalagi membawa anak-anak, apa mereka ada kesulitan?


TQ mas,
Memang beberapa dive site di Komodo memiliki arus yang kuat bahkan sangat kuat atau kondisi the best dicapai saat "ada" arusnya. Banyak yang yang bilang, ada arus - ada ikan.
Tentunya kondisi2 tersebut membutuhkan kemampuan tertentu untuk bisa "menikmatinya"
Salah satu tolok ukur (meskipun tidak selalu) adalah pengalaman / jam diving untuk kondisi yang sesuai, termasuk negative entry yang dibutuhkan dibeberapa lokasi.
Saya sempat melihat sejumlah penyelam yang kesulitan untuk negative entry - fin nya tampak berkecipak di permukaan tapi orangnya nggak turun2, sehingga harus digeret oleh si dive guide.
Dan menurut saya, kondisi kebugaran seseorang juga sangat berperan karena bisa jadi kita harus diving melawan arus untuk mencapai sweet spot.
Dan yang tidak kalah penting - kita ngomong apa adanya ke dive guide mengenai pengalaman dan kemampuan kita serta bener2 mendengarkan briffing sebelum diving. Biasanya, dive guide juga akan melakukan assesment / check dive.

Di liveboard kita kebetulan ada beberapa orang yang termasuk pemula - okay2 saja untuk sejumlah lokasi, tapi mereka mengalami kesulitan di Castle Rock sehingga mereka naik ngga sampai 1/2 jam dan belum sampai ke sweet spotnya.

Untuk anak2 saya, Selain jam divingnya lumayan (80 - 100x/tahun) mereka khan competitive swimmer jadi kalau dari segi skill dan power mereka malah lebih baik dari saya. Tapi namanya anak2/remaja ya tetap saja mesti di ingatkan.

Mungkin sesepuh forum ini yang sering bawa diver ke Komodo seperti Mas Chris, beli mola-mola, om hantu bisa kasih advise lebih banyak.

_________________
https://www.flickr.com/photos/wisnupurwanto/


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 12 posts ] 

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 3 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to: