It is currently Sat Nov 25, 2017 10:56 am

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 8 posts ] 
Author Message
 Post subject: Maratua, Borneo...Maret 2013
PostPosted: Thu Mar 14, 2013 3:30 pm 
Offline

Joined: Thu Aug 06, 2009 3:03 am
Posts: 1022
Location: Gili Trawangan
halo semua...mumpung lg iseng nih pengen coba coba nulis artikel perjalanan kemarin ke Maratua..

Trip kali ini dimulai tgl 4Maret -10 maret 2013...trip kali iini saya bersama dengan kawan dari bali bernama Sammy Kaunang. Tapi sekalar agak berbeda karena bukan seperti trip fun dive yg biasa saya lakukan tetapi trip ini kita ada sedikit misi yaitu untuk mengajar dan berbagi pengalaman mengenai diving kepada pemuda pemuda lokal dari pulau Maratua.

Perjalanan dimulai dengan pesawat dari Jakarta - Balikpapan ditempuh selama 2jam saya menggunakan garuda citilink. pesawat dan servis yg diberikan cukup bagus dan tidak terdapat delay karena saya memilih penerbangan paling pagi. setibanya di balikpapan saya menyempatkan mengunjungi restoran yg cukup terkenal disaana yg menyajikan makanan kepiting Dandito. Lokasi nya cukup dekat dengan erpot sehingga tidak menyulitkan untuk mencapainya. Langsung saja saya pesan menu unggulan disana yaitu kepiting saus padang ala Dandito. wow rasanya nendang di mulut dan jg porsinya cukup byk untuk seorang (berhubung saya sendirian) dan tak lengkap rasanya kalau tidak ditemani dengan minuman Es kelapa muda dengan gula merah....hhhmmm mamamia

akhirnya setelah kenyang dan menunggu beberapa jam saya bertemu dengan bang Sammy di erpot.dan dilanjutkan dengan penerbangan menggunakan Sriwijaya air menuju kota Berau ditempuh selama 45menit. tak disangka ternyata setibanya di Berau saya kaget dengan airpot yang ada....sangat bagusssssss sekali apalagi Berau merupakan kota kabupaten. Bentuk airportnya menyerupai erpot di Makasar..disana kita di jemput oleh Pak Andy yang jg merupakan pemilik penginapan tempat kita bermalam.

selama meuju ke penginapan kami berhenti untuk makan malam di warung tenda seafood pinggir jalan. Ternyata jauh jauh jalan ke Berau yg jualan adalah orang jawa juga...jd makanannya masih mudah diterima di lidah kami. Kemudian kami kembali ke penginapan dan tidak terlalu buruk penginapannya berada di tepian sungai berau. dengan fasilitas AC dan kamar mandi sert TV cukuplah untuk sekedar rebahan ngilangin capek seharian di perjalanan....

paginya kami dijemput oleh Ibu Nani yg merupakan orang dari dinas pariwisata Berau untuk menuju ke pelabuhan Berau Coal...nah saat itu saya terkejut pas melihat lebar sungainya yg astagaaaaa lebar banget dah tuh sungai....mungkin di jakarta sungai paling lebar hanya 10-15m nah ini sungaiinya mungkin lebarnya 50m sih lebih dan di sungai itu bukan hanya batang kayu yg lewat tetapi juga boat boat besar, kapal tongkang bahkan kita akan melihat sebuah Barge berisi gunung batubara ditarik oleh tug boat besar pula...Oh ini dia terntaya yg membuat kota tanjung Redeb, berau sangat maju karena adanya tambang batubara disini....

kemudian speed boat pun menjemput kami..wow perahu kecil bermesin besar...mereka pakai mesin 200Pk yamaha untuk kapal kecil itu...serrrrruuuu...dan kapal pun melaju menuju ke Maratua membawa kami ber 9 beserta panitia dari Dinas Pariwisata Berau...menurut info dari orang kapal perjalanan akan ditemouh sekitar 3jam an...dan perjalanan ini sangat menyenangkan karena di sungai tuh mesin 200PK bisa diajak gas poll bro.kapal bs lari 28knot menurut GPS saya...wih asik bgt deh kaya di film miami vice...dah karena itu sungai jd gak ada ombak dan gelombang sedikitpun..Perjalanan sungai ditempuh selama 1,5jam dan kita bs tidur pulas karena sangat nyaman dan pas bertemu dengan laut nah mulai deh semua pemunpang buru buru berebutan life jackets hahahah ternyata masih pada takut mati tengelam juga semuanya hahahaha

laut saat itu cukup berombak dan karena boat kecil mesin besar jd ya terasa loncat loncat tuh didalamnya...tapi akhirnya kuta sampai juga di Maratua setelah 3jam 45menit perjalanan....semua lega tapi semua dah basah kuyup dan koper berserta dive gear dah basah....tetapi kali ini trip cukup mewah buat saya...biasanya tinggal di losmen kali ini kita menginap di Maratua Paradise resort...resort yg dimiliki oleh orang malaysia ini didirikan diatas air jd berasa kaya di Maldives aja nih....laut biru dan pasir putih menambah cantik pemandangan sore itu.. saya cek ini di Chatel 5, bungalow di pantai...mereka punya 10 water bungalow dan 8 kamar di pantai....saat itu hanya kami dan 1 pasangan Italy yg tinggal disana. Berasa punya resort sendiri deh nih...keindahan itu tidak hanya diatas tetapi bila kita meliha kebawah jetty maka banya terdapat schooling jacks, batfish, lionfish, drummerfish, grouper, dll. Staff disini juga sangat bersahabat dan sangat membantu kami.

keesokan harinya kami mulai pelatihan dan dimulai dengan acara pemukaan yg membosankan dan abis itu kami mulai teori.setelah makan siang dan semua teori dijelaskan dimulai lah bagian yg menyenangkan yaitu diving..
seperti biasa masyarakat lokal Indonesia kalo diadu soal kemampuan dalam air sih sudah gak perlu dipertanyakan lagi tetapi mereka kalah di teori dan di bahasa saja serta pengetahuan tentang safety karena rata rata dari mereka adalah nelayan atau nelayan kompresor.

dive pertama kami lakukan di depan resort dengan pasir putih untuk membantu mengembalikan buoyancy mereka dulu...menit2 pertama seperti mimpi buruk buat mereka tetapi setelah beberapa menit dan mereka mulai nyaman dengan nafas dan alat mulai mereka bs menikmati bawah laut pulau maratua...selama diving kami menemukan cukup banyak ikan ikan unik seperti pegasus, moray eel, batfish, stonefish, cuttlefish, jackfish, drummerfish etc. Kami hanya berenang seputaran resort dan juga house reef saja. Dan ada yg berlatih navigasi pula di pasir...hari itu diselesaikan dengan senyum manis dimuka para peserta karena mereka menikmati dapat kembali ke air.

berlanjut bsk pagi yah


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

_________________
don't dream your live, but live your dream.......


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Maratua, Borneo...Maret 2013
PostPosted: Thu Mar 14, 2013 9:30 pm 
Offline
User avatar

Joined: Tue Sep 15, 2009 3:15 am
Posts: 1396
Location: Katameya Heights
asyik, ditunggu ceritanya berlajut ...
memang itulah tantangannya, tapi kalau sukses akan lebih bangga
di Kri eco raja ampat, Dive guide nya didikan pak abi ... mereka semua bangga dengan instruklturnya
share juga foto2 mereka yang lagi latihan ...

_________________
https://www.flickr.com/photos/wisnupurwanto/


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Maratua, Borneo...Maret 2013
PostPosted: Fri Mar 15, 2013 10:40 am 
Offline
User avatar

Joined: Mon Oct 17, 2011 10:34 am
Posts: 55
Waaah, seruuu...
Coba kalau tau, saya mampir deh,, tanggal 10 saya jg di Maratua, Perahu tempat saya tidur nyandar di dermaganya Maratua Paradise..
Lanjut ceritanyaa... hehe.. :D


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Maratua, Borneo...Maret 2013
PostPosted: Fri Mar 15, 2013 11:09 am 
Offline

Joined: Mon Apr 04, 2011 9:00 am
Posts: 255
Location: Jakarta Crazy City
lanjuutttttttt


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Maratua, Borneo...Maret 2013
PostPosted: Fri Mar 15, 2013 12:11 pm 
Offline
User avatar

Joined: Thu Jan 31, 2013 4:06 pm
Posts: 350
Location: Coral Triangle
ayo mas dita dilanjuuuut...
seru banget neeh..hahaha :D

_________________
Eat, Sleep, Dive and Dive

Pin 2357C1BD
HP 085270426789
Email : [email protected]
FB: Benny Dwi Saputra
@mr_beny
Website www.divingatindonesia.com


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Maratua, Borneo...Maret 2013
PostPosted: Mon May 20, 2013 7:59 pm 
Offline

Joined: Sun Jun 20, 2010 6:54 pm
Posts: 110
Mas Dita,

Ayo cepetan dilanjut ceritanya


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Maratua, Borneo...Maret 2013
PostPosted: Sun Jun 16, 2013 8:02 am 
Offline

Joined: Thu Aug 06, 2009 3:03 am
Posts: 1022
Location: Gili Trawangan
wah iya nih lupa punya utang cerita pas di Maratua yah.....ayo kita lanjutin nih cerita minggu pagi sambil nonton Doraemon (masih ada gak yah)

nah setelah berhasil dengan buoyansi dan navigasi di hari kedua itu, nah besok harinya para peserta mulai datang dengan wajah ceria untuk benar2 merasakan diving setelah sekian lama nunggu pengen diving lagi nih. Nah hari ini kita mulai dengan deep dive dak jauh dari lokasi resort....kita melakukan semua deep briefing dan teori di malam harinya jadi pagi pagi semua peserta sudah siap dengan materi di otaknya dan tinggal nyemplung aja. nah saya dan bang sammy melakukan pre dive briefing di kapal saat menuju lokasi dan membagi buddy team, sampai di spot, gear up, buddy cek jangan lupa, backroll entry dah kita semua.....

deep dive ini plan 30m dan melakukan beberapa skill di bottom seperti, color lost tes, narcosis test, presure test, nah mereka sangat menikmati dive ini dan tes yang kita lakukan bukan sebagai ujian buat mereka tapi hanya sekedar supaya mereka sadar akan resiko dan bahaya yg bs terjadi kalau kita deep dive, karena diving bukan hanya sekedar napas lewat regulator doang tapi juga harus meminimalisir permasalahan yg mungkin timbul.... kita diving dan melihat gerombolan baracuda, seweetlips dan masih banyak ikan ikan coral disana. koral sangat beragam dari hard coral sampai ke soft coral. vizibility saat itu tidak terlalu bagus sekita 10-15m saja tetai arus dan temperature sangat mendukung penyelaman kita. kita akhiri deedp dive setelah 50 menit...tenang aja gak kena deco kok karena kita banyak bermain di dangkal setelah 7 menit di bottom untuk memperpanjang NDL kita.

Setelah itu kita kembali ke resort dan beristirahat siang dan makan siang sambil ngebahas tentang apa perasaan mereka pas deep dive tadi. semua berkesan sangat senang dan kita ketawa akan hasl test di bawah tadi..hahahahahaah ada yg bener ada yg ngaco juga sih. tapi setidaknya mereka melihat perbedaan antara presure di surface dan di bottom dan juga hilangnya warna di bottom juga sangat kentara.

selanjutnya kita diving lagi di depan resort dan mempraktekan teknik teknik yang telah dipelajari sebelumnya dan diharapkan bisa memperbaikin buoyansi mereka. kalo urusan napas sih gak usah dilatih deh soalnya rata2 napas mereka irit bener dah tuh, boleh deh ditanding sama diver2 lainnya.hahahah dan soal kejelian mata mereka sangat jeli hanya saja kita mempelajari Fish Identification jadi kita belajar nama nama ikan dan juga hand signal nya apaan supaya kalau suatu hari mereka menjadi guide mereka bs nunjukin dan bilang ke tamu itu ikan apa dan bs kasih signal didalam air juga.....nah dalam penyelaman ini kami melihat seekor Leopard shark berukuran JUMBO panjang 3m geda banget dan si hiu bersembunyi di dalam lubang di wall nah pas kita mendekat si hiu sontak kaget dan kabur tetapi kejadian ini membuat kita sama sama kaget baik diver, instruktur maupun si hiu nya kaget barengan hahahah. itu leopard shark pertama dan terbesar yg pernah saya liat hahaha. selain itu kita juga menemukan bebrapa stone fish, scorpion fish, kalo nemo sih gak usah dibilang deh ada banyak bener dsana....

hari berikutnya kita dive di salah satu spot utama nya mereka yaitu Turtle Traffic, walaupun saya kerja dan hidup di gili yg juga terkenal banyak penyunya, tapi pas dikasih tau bakalan ke spot yg kalau beruntung dan waktunya tepat bs ngeliat 100 turtle si spot yg sama....WOW AMAZING... nah kita persiapan agak pagi kali ini karena harus pas matahari baru naik dan air lagi surut jadi si kura2 tuh baru bangun pagi dan siap untuk melaut kan hahah.. nah kita turun deh nih. gak 2 menit kita dalam air langsung ketemu 2 penyu ukuran medium 30-40cm Hawksbill Turtle namanya dengan ciri ciri paruh lancip menyerupai paruh burung elang dan juga cangkang yg kotor kaya burikan dan dipinggirnya terdapat ujung2 tajam, kalau bahasa indonesia penyu sisik namanya.....dan gak lama dr itu juga ada lagi dan lagi dan lagi.....yg terkesan dari dive ini adalah jumlah penyu yg di temui dalam 1 dive itu buanyak bgt dan saya terkesan melihat ada 1 penyu ukuran super jumbo dan keliatan dah tuir banget dah tuh. cangkangnya gede bgt dan punuk nya tuh gede dan menonjol menujukan umur penyu yg sudah sangat tua.,,,,tetapi dive ini berbeda dengan gambaran saya yg saya kita saya bisa meliha puluhan penyu dalam 1 frame kamera yg jaraknya nempel2 kaya schooling turtle hahahaah ternyata mereka jauh2an toh hahahaaah

nah itulah akhri dari petualangan saya ke Maratua dan setalahnya kita kembali menggunakan speed boat menuju berau lagi...ada wacana bahwa saya mungkin akan kembali kesana bulan agustus besok nih jadi buat temen2 yg mau barengan boleh mulai diatur jadwalnya nhi hahahah

ayo buat yg punya cerita menarik di maratua boleh sekalian di sharing disini yah.....

_________________
don't dream your live, but live your dream.......


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Maratua, Borneo...Maret 2013
PostPosted: Sun Jul 21, 2013 3:04 am 
Offline

Joined: Tue Jul 02, 2013 5:35 pm
Posts: 6
Location: Jakarta
Asliiik.. seru banget nih baca field reportnya Mas Dita.

Masukin Maratua di list dive trip taun 2014.. eh 2015 deh.
Ga cukup cuti & tabungannya kalo buat 2014 :((
#KebanyakkanPengenNih

_________________
..:: rarirurero ::..


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 8 posts ] 

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
cron