It is currently Sun Nov 19, 2017 8:05 am

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 52 posts ]  Go to page 1, 2, 3, 4  Next
Author Message
 Post subject: Tulamben - Menjangan - Secret Bay Update May 2011
PostPosted: Tue Jun 14, 2011 8:42 pm 
Offline
User avatar

Joined: Tue Sep 15, 2009 3:15 am
Posts: 1396
Location: Katameya Heights
Saking populernya lokasi-2 ini untuk sebagian member forsel menganggapnya sebagai halaman belakang rumah atau tempat kos-kosan buat mereka. Cukup banyak informasi dan trip report mengenai lokasi tersebut di forum ini. Bisa jadi trip report ini akan membosankan.
Namun seiring dengan bertambahnya anggota2 baru forum ini termasuk yang memang baru mulai keracunan nyelam; maka trip report ini khusus ditujukan untuk mereka agar lebih keracunan lagi.

Dalam rangka harpitnas, akhir Mei - awal Juni kemarin, kami, kali ini cuma bertiga karena anak saya yang besar - Mayang - kebetulan lagi sibuk ujian jadi nggak bisa ikut, maka kami memanfaatkannya dengan berlibur ke Bali.
Sampai di Jakarta sudah Pkl. 24:00; nginep sebentar di Hotel Amaris tidak jauh dari Bandara, lumayan utk tidur sekitar 5 jam sebelum melanjutkan perjalanan ke Bali dengan Lion Air; sampai di Bali pkl. 10an dan sudah menunggu Suzuki Estilo mungil dari Rental Mobil Bali (RMB) yang kami gunakan selama berlibur.
Agar ngirit, kami berbelanja keperluan sehar-hari dulu di Lotte Mart sanur, makan siang di RM padang Sederhana (Melati menghabiskan 5 potong ayam pop), kemudian mampir ke klinik SOS karena batuk saya semakin parah dan akhirnya sekitar pkl. 3 siang sampai di Tulamben.

Tulamben.
Berhubung lagi males nulis nih, silahkan minta bantuan mbah google atau silahkan cek beberap posting di forum ini juga untuk dapat mendapatkan gambaran mengenai Tulamben.
Tapi sebagai gambaran singkat, pantai Tulamben terbentang sepanjang 400 m, di mana terdapat 3 lokasi diving yang dapat diakses langsung dari pantai, yaitu Liberty wreck yang sangat terkenal, coral garden dan Drop Off.
Cukup banyak pilihan akomodasi, dari yang basic, mumer sampai yang ada jacuzynya di kamar mandi.
Diseberang jalan sisi selatan pilihannya al: Toraja hotel, ocean sun, deep blue ocean, dive concept, Tulamben Wreck Diver, Joe diver dan Mimpi bali.
Sedangkan yang diseberang jalan sisi utara pilihannya al: Mimpi Tulamben resort, matahari, Paradise, Tauch Terminal, Tulamben Coral, Puri Madha, Liberty Dive Resort, Aqua Dive, Toya Bali serta yang paling gress, baru 4 bulan beroperasi adalah Tulamben Sea View resort.

Kali ini kami tiggal di Liberty Dive Resort, sudah sekitar 2 tahun beroperasi dan tampaknya cukup sukses dan saat ini sedang melakukan pembangunan kamar bungalow dan suite.

Di Tulamben kami cuma diving 5x, dimana 3x diantaranya adalah diving dini hari (pkl. 06:00 pagi) di Liberty Wreck yang berjarak sekitar 50m dari resort, kemudian 1x di coral garden dan 1x di Drop Off serta 1x diving di Kubu yang berjarak 2 km dari Tulamben.

Salah satu tujuan ke Tulamben adalah Melati ingin ikut kursus UWPhotography dengan Jeff Mullin sekaligus mencoba kamera barunya, yaitu Olympus XZ-1.

Tulamben memang merupakan tempat yang menarik untuk belajar UWphotography karena menyediakan berbagai pilihan object - apa saja tersedia baik macro maupun wide angle, mau muck diving, wreck, jackfish school, bumphead school, wall, bahkan mola-mola (kalau super lucky) semua ada disana.
Soft coral yang banyak terdapat di wreck - merupakan objeck UWP yang sangat menarik.

Image

Sayang kali ini kami tidak ketemu Barry si barakuda – mungkin masih tidur. Kami selalu ketemu jackfish school pada saat mendekati wreck. Matahari belum muncul sepenuh cukup menyulitkan untuk memotret WA pada kondisi gelap.

Image

Serta rombongan bumphead parrotfish dalam jumlah besar bergerak meninggalkan wreck seperti armada panser. Ukurannya juga tampak lebih besar dibandingkan 2 tahun lalu.

Image

Bahkan sore hari saat diving di coral garden kami berjumpa lagi dengan si bumphead yang sedang kembali ke wreck untuk beristirahat disana.

Saya nggak tahu ide siapa yang menaruh sampah-sampah ini di coral garden. Menurut saya sama sekali tidak indah - jangan jangan nanti namanya berubah menjadi toilet garden.

Image

Diving di Tulamben umumnya relatif mudah, tidak ada arus atau kalaupun ada tidak terlalu kuat. Ada kalanya arusnya cukup lumayan membuat ngos-ngosan seperti yang kami alami pada saat diving pagi di hari terakhir. Butuh waktu sekitar 10 menit melawan arus untuk mencapai dan berlindung di wreck sambil memandang gerombolan jackfish dari balik jendela Liberty wreck.

Image

Arus berangsur berkurang bahkan praktis tidak ada arus pada saat kami menyelesaikan diving dan kembali ke pantai.

Yang sering kali merepotkan adalah saat masuk ataupun keluar air karena pantai tulamben terdiri dari batu-batu kerikil berukuran besar yang menyulitkan pijakan kaki saat melangkah. Jika ombak cukup besar - biasanya bulan Juli dan Agustus - tidak sedikit yang merasakan sakit nya (dan malunya) nyungsep dan terguling dengan tangki dipunggung.
Tgl. 31 Mei, setelah diving pagi hari di Liberty wreck kami check-out dan melanjutkan perjalanan berikutnya ke Mimpi Resort menjangan.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Tue Jun 14, 2011 9:02 pm 
Offline
User avatar

Joined: Tue Sep 15, 2009 3:15 am
Posts: 1396
Location: Katameya Heights
Beberapa hasil jepretan Melati di Tulamben menggunakan kamera Olympus XZ-1, Olympus underwater housing serta strobe Inon D2000.

Image

Image

Image

Image

Setting kamera yang dia gunakan adalah selalu di full manual mode termasuk untuk strobenya meskipun TTL system ini cukup akurat dan bisa digunakan untuk manual mode. Namun sesuai dengan arahan instrukturnya - Jeff Mullin - semuanya manual.

Housing olympus untuk kamera ini sudah dilengkapi dengan ulir untuk wet lens 67mm, baik macro maupun WA. Sayang kita belum punya WA wet lens sehingga membatasi untuk WA.
Untuk object yang kecil melati menggunakan wet lens macro Inon UCL165M67.

Orang utan crab di atas stinging hydroid.
Image

Saat mengambil foto urang utan crab tersebut, tidak sengaja tangannya menyentuh stinging hydroid.

Telur spanish dancer - macro lens sangat membantu menampilkan detailnya.

Image

Membutuhkan kesabaran dan ketenangan untuk memotret blenny kecil ini - ukurannya sekitar 1 cm.

Image


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Tue Jun 14, 2011 9:48 pm 
Offline
User avatar

Joined: Tue Sep 15, 2009 3:15 am
Posts: 1396
Location: Katameya Heights
Pulau Menjangan

Kali ini kami menggunakan jasa Disthi Scuba yang berlokasi di teluk Terima. Thank buat mas Hantu laut yang sudah membantu memberikan harga pertemanan termasuk harga spesial untuk akomodasi di Mimpi Resort Menjangan; yang juga merupakan resort favorit kita. Yang paling saya sukai di Mimpi menjangan adalah kolam air panas alami, begitu jernih airnya dan sama sekali tidak berbau belerang.

Bukan cuma itu, bahkan kita berkesempatan diving bareng dengan beliau yang kebetulan sedang inspeksi kesana.

Pulau Menjangan juga merupakan pilihan yang sangat menarik untuk belajar UWphotography karena airnya yang jernih, hampir tidak ada arus, berupa wall vertikal dengan kedalaman yang bisa dipilih sesuai keinginan, mulai dari 5 meter sampai puluhan bahkan mungkin ratusan meter penuh dengan coral yang sangat sehat. Sangat cocok untuk wide angel tapi juga memberikan pilihan untuk macro.

Image

Lokasi diving 1 adalah di garden eel; kemudian di sisi kiri Pos 2 - dan setelah makan siang kita diving di pos 2 sisi kanan. Kami sepakat untuk diving model malas-malasan, bergerak perlahan, tidak terlalu dalam, berhenti jika ada objeck menarik, jadi benar-benar menikmati diving; sehingga kami selalu menghabiskan waktu lebih dari 70 menit.

Melati sibuk dengan kamera barunya.

Image

Karena umumnya berupa wall, dibutuhkan buoayncy yang cukup baik untuk memotret macro tanpa mengganggu terumbu koral.

Disthi Pearl farm

Bisnis utama Disthi adalah peternakan mutiara di teluk Terima. Melati sangat tertarik sekali untuk mengetahui lebih banyak mengenai peternakan mutiara termasuk bisa diving disana. Gayung bersambut, Mrs. Hantu Laut rupanya juga tertarik dan belum pernah diving disana.
Karenanya utk diving ke 3 di Pulau Menjangan kita sepakat untuk tidak berlama-lama, sekitar 45 menit, dan menyisakan udara untuk diving di peternakan mutiara.
Menyelam di peternakan mutiara ternyata tidak kalah menariknya - memberikan pengalaman tersendiri yang sangat berbeda dengan diving di menjangan ataupun Tulamben.
Memang, visibility tentunya tidak sebaik di pulau menjangan; namun tidaklah jelek, perkiraan saya sekitar 10 meteran dan sama sekali tidak ada arus. Namun cukup banyak partikel yang agak menyulitkan untuk WA dengan strobe karena cukup sulit menghindari backscatter.

Tidak seperti diving umumnya, dimana kita biasanya menggunakan referensi lokasi koral ataupun wall untuk menentukan posisi - hal ini agak sulit dilakukan mengingat dasar laut tidak tampak. Kerang mutiara ditaruh di panel-panel segi empat yang digantung pada kedalaman sekitar 5 - 8 m, awalnya agak menyulitkan orientasi karena panel-panel yang tampak serupa bergantungan pada kedalaman yang berbeda. Tempat yang sangat pas untuk latihan peak performance bouyancy plus diving propulsion technique plus UW photography terutama untuk latihan lighting dan object macro tanpa kuatir merusak koral - paling banter kerang mutiara jadi stress dan panen mutiara menurun.

Si bos sedang sibuk memotret aset-aset nya.

Image

Melati juga asyik memotret kerang mutiara dan object macro yang cukup banyak terdapat disana.

Image

Kerang mutiara hasil jepretan Melati - tampaknya sebentar lagi sudah jadi duit.

Image

Dan juga banded shrimps yang banayk terdapat di panel-panel kerang mutiara.

Image

Tidak tertutup pula kemungkinan untuk WA ataupun modeling - misalnya foto berikut; sepasang "remaja" yang asyik bermesraan dibawah air.

Image

Soft coral juga mudah dijumpai tumbuh dengan subur ditali-tali yang digunakan untuk menambat bagan.

Image

Malamnya, kita bertujuh, saya, istri, Melati, Mr. & Mrs. Hantu Laut, mas Nono dan Wayan Kuntet makan malam bersama menikmati the best ayam betutu in Bali - yaitu ayam betutu mbak Lina di Gilimanuk; gila pedesnya, gil enaknya, mulut rasanya terbakar, tapi nggak mau berhenti meskipun cucuran air mata bahkan juga dari hidung menetes deras - sorry, tapi emang faktanya begitu.

Ini yang original - tender & hot - primadona nya restaurant mbak Lina

Image

Yang goreng - crispy dan tidak pedas.

Image

Tiga ekor ayam betutu montok akhirnya ludes juga. Highly recommended buat yang suka pedas-pedas; nggak kalah dengan ayam Taliwang yang di padang bai.

Namun gara-gara ayam betutu tersebut, keesokan harinya kita agak telat sampai ke Disthi scuba mengingat perut ternyata tidak bisa diajak kompromi. Bahkan sampai di Disthi sang perut ngadat lagi - untungnya toilet di Disthi bagus dan bersih sekali, sangat nyaman untuk menuntaskan sisa-sisa tadi malam sehingga tidak perlu memberikan makan gratis untuk ikan-ikan saat diving berikutnya di secret bay.

Sudah dulu ah - nanti dilanjutkan lagi.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Tue Jun 14, 2011 10:22 pm 
Offline
User avatar

Joined: Tue Aug 25, 2009 5:03 pm
Posts: 156
seperti biasa, trip report mas Wisnu selalu mengundang decak kagum.. *sigh
salut buat putra-nya mas, remaja sudah beranjak dewasa ya sekarang :D


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Tue Jun 14, 2011 10:36 pm 
Offline

Joined: Tue Mar 20, 2007 5:58 pm
Posts: 1052
horeeee.. nongol juga trip reportnya.. thanks mas wisnu, mbak selly & melati (the next takako uno from indonesia!).. sebuah kehormatan bisa diving bareng dengan anda sekeluarga. mohon maaf kalo ada kekurangan selama di menjangan & semoga selalu pengen balik lagi kesana..

rekan-rekan yang lain dari forumselam juga selalu welcome & ditunggu di menjangan loh! *diskon & harga damai menanti hehehe..*


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Tue Jun 14, 2011 11:21 pm 
Offline
User avatar

Joined: Fri Aug 25, 2006 10:33 am
Posts: 1564
mantap kali foto"nya.. :shock: :shock: :shock:

_________________
Hernando Alkausar
--
www.hamueco.com/diving
+62-812-218-NNDO


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Wed Jun 15, 2011 6:16 pm 
Offline

Joined: Tue Apr 26, 2011 5:25 pm
Posts: 19
Canggihnya melati dan oly xz1 ini?

Foto2nya wowww!


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Thu Jun 16, 2011 10:31 am 
Offline
User avatar

Joined: Wed Aug 19, 2009 9:18 am
Posts: 185
Gile bos hantulaut itu ternyata ganteng banget ya kalo di dalem aer.. :lol:

Mantap report-nya mas wisnu, saya jadi makin pengen ke menjangan.. Nampaknya saya perlu sering2 salaman sama hantulaut supaya dikasih harga damai juga.. :D

_________________
Randy | Email: [email protected]


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Fri Jun 17, 2011 10:39 am 
Offline

Joined: Wed Feb 16, 2011 5:50 pm
Posts: 36
Foto #5 di dalam Liberty dengan view ke luar ada school of fish sampai bikin saya tarik napas...... WOW keren abis ............ Masih merem melek nih mata ngeliatnya.....


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Sat Jun 18, 2011 2:29 pm 
Offline

Joined: Wed May 20, 2009 6:35 am
Posts: 57
iya kayak jendela ya foto 5 itu
jd kangen tulamben..


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Tulamben - Menjangan - Secret Bay Update May 2011
PostPosted: Wed Jun 22, 2011 6:54 pm 
Offline

Joined: Sat Mar 20, 2010 7:31 pm
Posts: 222
Location: Jakarta Selatan
wisnu wrote:
berlindung di wreck sambil memandang gerombolan jackfish dari balik jendela Liberty wreck.


nice pic ! + cool report :)


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Wed Jun 22, 2011 9:23 pm 
Offline

Joined: Sun Oct 10, 2010 11:22 am
Posts: 34
Betul-betul report yang bikin ngiler buat kembali lagi ke Bali..... Aku pasti kan kembali ke Bali... :wink:


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Thu Jun 23, 2011 5:34 pm 
Offline
User avatar

Joined: Tue Sep 15, 2009 3:15 am
Posts: 1396
Location: Katameya Heights
deudeuh wrote:
seperti biasa, trip report mas Wisnu selalu mengundang decak kagum.. *sigh
salut buat putra-nya mas, remaja sudah beranjak dewasa ya sekarang :D



eh kang Dedeuh inget aja .. :D nggak kuat punya putra seperti itu, maunya pakai dive rite.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Thu Jun 23, 2011 5:37 pm 
Offline
User avatar

Joined: Tue Sep 15, 2009 3:15 am
Posts: 1396
Location: Katameya Heights
hantulaut wrote:
horeeee.. nongol juga trip reportnya.. thanks mas wisnu, mbak selly & melati (the next takako uno from indonesia!).. sebuah kehormatan bisa diving bareng dengan anda sekeluarga. mohon maaf kalo ada kekurangan selama di menjangan & semoga selalu pengen balik lagi kesana..

rekan-rekan yang lain dari forumselam juga selalu welcome & ditunggu di menjangan loh! *diskon & harga damai menanti hehehe..*



Terima Kasih mas Bayu,
kita juga seneng bisa diving bareng dan menimba ilmu
dan sangat puas dengan pelayanan disana yang mengakomodasi semua keinginan kita.
mudah2an aja tahun depan bisa mampir ke bali lagi - karena kali ini pos kita akan lebih jauh lagi.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Thu Jun 23, 2011 9:22 pm 
Offline
User avatar

Joined: Tue Sep 15, 2009 3:15 am
Posts: 1396
Location: Katameya Heights
oceanographer wrote:
mantap kali foto"nya.. :shock: :shock: :shock:


Thanks Mas Nando, Bali memang nggak ada matinya .. paling enak buat belajar UWP


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 52 posts ]  Go to page 1, 2, 3, 4  Next

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 3 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to: