It is currently Tue Oct 24, 2017 2:07 am

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 27 posts ]  Go to page 1, 2  Next
Author Message
 Post subject: Diving Ternate dan sekitarnya
PostPosted: Fri Mar 09, 2012 10:06 am 
Offline
User avatar

Joined: Mon Jun 14, 2010 9:24 am
Posts: 516
Location: jakarta
Salam divers...

Menanggapi "protes" mas Wisnu kenapa informasi mengenai diving di Jailolo dan sekitarnya sedikit sekali, padahal Mei Tahun ini akan ada Festival Jailolo.
Jadi ada hubungannya atau tidak mau cerita sedikit mengenai "Diving Trip" saya ke Maluku Utara.

Dalam tanda petik karena sebenarnya ini Working Travelling yang disempatkan untuk diving.

Kira-kira Januari lalu saya diperintah kantor untuk tugas ke Maluku Utara, targetnya mendatangi seluruh Kabupaten untuk spek survey. Jadi karena saya dengar di sana ada spot2 diving, maka saya sengajakan bawa diving gear. Sambil coba cari-cari kontak dive center yang bisa provide tabung dan guide disana.

Sampai pada hari keberangkatan, akhirnya saya memutuskan untuk memakai seorang PADI DM/ gudie yang tinggal di ternate dan dia kelihatannya freelance saja, tentu setelah konsultasi temen dari Makasar yang pernah juga diving bersama beliau. Walaupun di Jailolo ada Dive Center, seperti yang ada iklannya di Majalan SDAA dan saya sempat kontak juga, cuma karena alasan praktis -- Jailolo 1 jam speed boat dari Ternata-- saya akhirnya menggunakan jasa teman DM yang di Ternate tersebut. Karena juga kebetulan dive trip saya belum pasti harinya karena 'mencuri waktu kosong' saja dari pekerjaan.

Akhirnya, baru beberapa hari di Ternate, ada waktu setengah hari untuk diving. Paginya diketahui ada waktu kosong, langsung kontak Bang Sam, dua jam kemudian beliau sudah menyiapkan tabung buat menyelam. Karena rencana dadakan, maka diving akan dilakukan di Kota Ternate saja. Yaa memang di Kota benar. Diving pertama dilakukan di sebelah mall satu2nya di Ternate dan diving yang kedua di depan Mesjid Agung Ternate (aduch namanya lupa)...

Keduanya shore entry, dan karena depan kota yang pantainya dibeton , lumayan perlu usaha buat entry, apalagi yang di belakang Mall ketika entry ombak cukup besar. Ada accident sedikit, tapi bisa teratasi. Entry dengan visibility nol alias berlumpur dan banyak sampah tapi di kedalaman 10 meteran visibility sekitar 15-20 meter. Biru bener lautnya dan kita merapat di Wall yang lumayan bagus terumbu karangnya. Langsung disambut nuddybranch berwarna kuning -- belum pernah ketemu ditempat lain-- dan soft coral yang lumayan baik. Wall nya tidak terlalu panjang, mungkin tidak sampai seratus meter tapi mengingat ini persis di depan Mall, yaaa amaze juga. Yang lain yang bisa terlihat antara lain Lion Fish, Moray Eel dan banyak ikan karang.

Dive kedua di depan Mesjin Agung Ternate -- beberapa hari kemudian ada festival di mesjid ini dan ada acara Sholat bareng under water --. Waktu itu diving kedalaman tidak lebih dari 15 meteran, cuma yang luar biasa adalah pertumbuhan karangnya luar biasa rapat. Kali ini sampah jauh lebih sedikit dibanding di lokasi Dive pertama -- dpt dikatakan hampir tidak ada--. Karena sudah agak sore, sebenarnya kami mencoba menunggu Mandarine Fish keluar di lokasi ini, sayang ternyata masih kurang sore. Ketika muncul di permukaan lagi, saya cukup kaget karena sudah banyak penduduk kota Ternate yang berenang dan bermain di lokasi pantai ini.

Yang luar biasa, dari lokasi diving, hanya dengan lima menit saja saya sudah bisa mencapai Hotel. Kebetulan waktu itu , kami mampir dulu di rumah rekan di Ternate untuk sekedar nyeruput teh hangan dan ngobrol santai . Thanks untuk dr. Arief yang sudah menemani diving hari itu, membantu transportasi dan ngajak ngeteh tentunya.

Hari kedua diving adalah selang sekitar seminggu dari diving yang pertama. Kali ini bisa lebih prepare karena sehari sebelumnya saya sudah bisa kontak DM Sam buat arrange boat diving. Sesuai saran dr. Arief, rencananya kami akan mengunjungi Sulamadaha dan Talaganita.

Sulamadaha adalah lokasi wisata pantai orang-orang Kota Ternate, sekitar 1 jam bermobil dari pusat kota. Hari itu sebenarnya kami sudah siap 3 tank untuk 3 x diving, namun karena berangkat kesiangan akhirnya hanya dapat 2 kali diving.

Lokasi pertama adalah Talaganita. Lokasi ini dicapai dari Sulamadaha juga dengan boat 5 menitan. Disebut Talaganita adalah karena lokasinya persis di depan tempat peristirahatan Sultan Ternate -- yang konon istrinya bernama Nita---. Kami entry dengan sedikit berombak dan sedikit arus pula di bawahnya. Sekali lagi, kelihatannya standard disana bahwa visibility bagus dan koralnya tumbuh sangat rapat. Sungguh kombinasi yang indah antara pemandangan atas permukaan dan bawah permukaan.

Lokasi kedua berada tepat di depan sebuah teluk di Sulamadaha yang diteluknya adalah pemandian air panas, dan tempat berenang dan berkano para pencari rekreasi. Karena di mulut teluk, arusnya lumayan kuat dan karena sudah sore, ombak sudah lumayan besar. Sekali lagi, saya terpana dengan kerapatan dan beraneka warnya koral dan ikan2 koral yang bersliweran. Yang saya ingat disini bertemu Leaf Fish yang langka dan segerombolan baby catfish. Buat pecinta arus, boleh lah disini, mungkin bagi yang bukan pecinta arus kudu cek tabel pasang surut dulu supaya dapet arus yang lebih tenang.

Setalah dive kedua, sedikit pusing diombang ombak dan karena sudah cukup sore, akhirnya kami memutuskan untuk selesai. Perjalanan kembali ke Kota Ternate dilakukan dengan santai dan berputar satu pulau ternate. Sempat mampir di danau sisa kawah dan melihat lokasi bekas aliran lahar letusan Gamalama yang baru lalu.

Next pasti kami akan datang lagi. Thanks untuk Bang Sam yang sudah bersusah payang mengatur trip dadakan dan menemani saya seorang diri.

Semoga memberikan gambaran bagaimana under water disana, sudah tidak sabar untuk ke Jailolo Mei ini.

Mohon maaf kalau ada salah ketik dan salah kata yaa.. go divin..

Salam
Aria


Last edited by aria4m on Fri Mar 09, 2012 1:52 pm, edited 2 times in total.

Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Fri Mar 09, 2012 10:08 am 
Offline
User avatar

Joined: Mon Jun 14, 2010 9:24 am
Posts: 516
Location: jakarta
Foto2 sedikit yaa


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Fri Mar 09, 2012 10:30 am 
Offline
User avatar

Joined: Mon Jun 14, 2010 9:24 am
Posts: 516
Location: jakarta
Foto-foto lagi , semoga belum bosen


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Fri Mar 09, 2012 10:44 am 
Offline
User avatar

Joined: Mon Jun 14, 2010 9:24 am
Posts: 516
Location: jakarta
foto lagi.. sisanya di FB aja yaaa :)


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Fri Mar 09, 2012 12:25 pm 
Offline
User avatar

Joined: Tue Sep 15, 2009 3:15 am
Posts: 1396
Location: Katameya Heights
Nah ini dia .... masak sih dipanas-panasin dulu baru tampil jurus-jurus andalannya.

Anyway, Thanks sekali mas Aria untuk reportnya yang cukup detail meskipun kesana cuma menyelam sambil minum air - ndompleng urusan kantor - ngiri juga saya nih.
Foto-2nya cukup banyak berbicara mengenai potensi ternate.

Informasi yang menarik, diving di depan mall dan dekat masjid - kalau disitu saja sudah bagus apalagi di tempat lain yang lebih remote.

saya yakin informasi ini juga sangat bermanfaat untuk teman-teman lain. Ulasan semacam ini yang tidak semata-mata jualan langsung sering kali malah lebih efektif menarik orang untuk datang.

Saya akan coba telusuri lebih lanjut dan menjajagi kemungkin untuk kesana saat pulang kampung besok bulan July. Maunya banyak - waktunya terbatas - karena menjelang puasa.
Bagaimana ya kondisi bulan July disana.. krn biasanya bulan ini memang laut sering kali agak nakal.

Thanks
Salam, dari negara tanpa laut.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Fri Mar 09, 2012 1:38 pm 
Offline
User avatar

Joined: Mon Jun 14, 2010 9:24 am
Posts: 516
Location: jakarta
Kayaknya July masih Ok vis nya. Mei Festival Jailolo dan di Sept Sail Morotai. Sail Morotai denger2 ada divingnya.

Sekedar yang saya tahu, industri diving di Maluku Utara sendiri kelihatannya baru akan mau berkembang. Mengingat seluruh kegiatan Fastival Jailolo sejak 3 tahun lalu untuk kegiatan divingnya ditangani rekan2 dari Manado. Demikian juga yang kali ini.

Namun berita gembiranya, tentu karena skarang sudah ada dive center dan tahun kemarin ada 4 orang lokal Ternate/ Jailolo yang mendapatkan 'beasiswa' untuk kursus DM by PADI. Di Ternate kalau ndak salah ada 3 klub diving yang lumayan aktif.

Tahun 2011 selain Festival Jailolo juga ada lomba foto UW di Gura Ichi -- Kepulauan di Selatan Ternate, 4 jaman speed boat--. Tentunya kita belum dapat espektasi industri diving di Maluku Utara seperti Menado yang sudah 'mature' industrinya. Pemda nya sendiri kelihatannya ndak tahu banyak soal diving, kecuali yaa Pak Namto Bupati Halmahera Barat (Jailolo) yang memang diver.

Di Postingan saya yg lain, ternyata info mengenai diving spot di Morotai sudah lengkap datanya di Kementrian ParPostel. Sayang sampai saat ini saya masih bingung bagaimana caranya diving disana. Ada travel agent di Ternate yang katanya punya trip ke Morotai, ternyata juga masih 'direncanakan'.

Karena depan Mall Ternate saja seperti itu, makanya saya optimis di daerah lain, misal Jailolo, Morotai dan Bacan, pasti lebih bagus.

Kalau ada modal, mau juga saya buka Dive resort di Morotai... :) :)

Salam kompor ---
Aria


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Fri Mar 09, 2012 7:41 pm 
Offline
User avatar

Joined: Tue Sep 15, 2009 3:15 am
Posts: 1396
Location: Katameya Heights
Saya barusan nggogle, di halmahera ada juga dive resort pro, ie. weda dive resort; yang punya sama dengan yang punya lembeh dive lodge - yang reputasinya sangat bagus. Tapi harganya juga lumayan ..

Yang masih sedikit ngeganjel disitu disebutkan dive sessionnya bulan september - Juni. Bulan july anginnya keras; jadi diving terbatas sekali; lokasi ayng agak jauh dan terbuka bisa jadi tidak bisa dicapai dengan boat.

Yang saya tahu bulan july adalah angin selatan; dan weda resort memang terletak disisi selatan bagian bawah K. Sedangkan ternate sepertinya terlindung oleh tidore.
Ada yg punya info lebih detail ?


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Fri Mar 09, 2012 8:41 pm 
Offline
User avatar

Joined: Mon Jun 14, 2010 9:24 am
Posts: 516
Location: jakarta
Betul mas Wisnu. Bulan Juli sudah mulai angin selatan (tepatnya Selatan - Tenggara) dan Weda Bay langsung menghadap ke selatan jadi dive resort ini praktis tidak bisa diving pada puncak musimnya (Juli -Sept). Pada waktu itu biasanya mereka hanya melakukan Bird Watching. Dan benar juga dive resort di Weda ini cukup exclusive, lokasinya relative remote. Lokasinya kurang lebih : Ternate - Sofifi (1 jam speed boat), Sofifi - Weda (3-4 jam mobil) , Weda - Resort (2-3 jam speed boat) Rasanya ndak ada short cut; kecuali memakai fasilitas Airportnya Weda Bay Nickel di Kobe (1 jam darat dari Weda). (Kalau ndak remote saya mungkin sudah sampai sana mas, hehehe.)

Kalau Jailolo dan Morotai menghadap ke Barat dan Utara, jadi relatif lebih tenang pada bulan tersebut. Disini Sept - Maret yang besar ombaknya. Tapi iklim pulau relatif memang sangat cepat berubah. Kalaupun di Ternate terkena angin selatan, spot sulamadaha dan talaganita menghadap ke Utara jadi terhalang Ternate dan Tidore.

ini obrolan dari orang lokal di Weda dan DM di Ternate. Tapi yaa bagusnya kontak langsung Dive Resort nya. (Kalau perlu kontaknya yang Gilolo Dive atau DM di Ternate saya ada mas.)

Salam,
Aria


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Fri Mar 09, 2012 9:01 pm 
Offline
User avatar

Joined: Tue Sep 15, 2009 3:15 am
Posts: 1396
Location: Katameya Heights
Thanks sekali lagi, mas Aria

Saya baru saja dapat reply dari Weda resort - cepet banget responsenya, dan memang mereka tidak melayani diving di bulan July - hanya bird watching.
saya coba akan coba cari tahu diving di Ternate dan jailolo, Ken Divers yah ? atau gilolo dive? sayang nggak ada websitenya - kebetulan saya nggak main facebook2an. terus juga saya google, ada info juga di blogspot - nah masalahnya saya dari sini nggak bisa akses blogspot; karena di block pemerintah sini.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Fri Mar 09, 2012 10:40 pm 
Offline

Joined: Sun Jun 26, 2011 2:02 pm
Posts: 19
Om wisnu saya ada nih contact personnya om kenn, kebetulan beliau dive guide saya waktu itu.. Ini phone beliau 081356010180
Semoga membantu :)


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Fri Mar 09, 2012 11:01 pm 
Offline

Joined: Fri Apr 02, 2010 1:28 pm
Posts: 30
Thanks Mas Aria buat reportnya. Gambarannya jelas dan fotonya juga menggambarkan keadaan koral di sana.
Have a nice adventure in Halmahera!


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Sat Mar 10, 2012 9:08 pm 
Offline
User avatar

Joined: Tue Sep 15, 2009 3:15 am
Posts: 1396
Location: Katameya Heights
Terima kasih mas Godfeelz & hanibal atas info nya,
sudah mulai coba kontak -via istri yang kebetulan punya FB
tapi terus terang kita juga cari info tempat lain yang pas buat kita di bulan July - maunya banyak waktunya susah


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Wed Mar 14, 2012 11:17 pm 
Offline
User avatar

Joined: Tue Sep 15, 2009 3:15 am
Posts: 1396
Location: Katameya Heights
sekedar update;
FB nya gilolo nggak ada apa-apanya, nggak aktif
utk jailolo festival cuma tertarik ngejual festival tsb. nggak ngelayanin diluar waktu tsb. Bisa jadi karena tidak berdomisili di lokasi


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Thu Mar 15, 2012 10:41 am 
Offline
User avatar

Joined: Mon Jun 14, 2010 9:24 am
Posts: 516
Location: jakarta
Yah gitu deh mas,

Saya juga 'prihatin'. Banyak objek bagus koq gak dimaintain dan di 'jual' dengan bener. Sampe saya yang gregetan sendiri. Ntar kalau jadi saya ada project kerjaan disana, sekalian mau run Dive center aja dan sekalian mempromosikan underwater nya.

Mungkin ini memang typical indonesia dimana-mana yaaa..? ndak bisa atau ndak niat ngejual yang daerah2 baru (untuk diving). Semua tergantung investor (asing) buat majuin diving..

To be honest saya liat di Jailolo misalnya, object atas airnya ndak banyak yang menarik -- sorry kalau salah --, fasilitas minim dan yang mau dilihat juga tidak terpaketkan dengan baik. Harusnya underwaternya yang dijual. Dimana-mana cuma traveler divers yang gak rewel soal fasilitas dan pencapaian daerah.. (ops sorry mas, curcol.. hehe)

Salam,
Aria


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Thu Mar 15, 2012 2:21 pm 
Offline
User avatar

Joined: Tue Sep 15, 2009 3:15 am
Posts: 1396
Location: Katameya Heights
Mas Aria
Yang saya kuatir - promosi jailolo ini cuma musiman dan atau project oriented - artinya sekedar memanfaatkan dana yang sudah dialokasikan tanpa melihat sustainability nya - dimana pemain lokal kurang dilibatkan.
Kalau nggak salah sekarang sudah tahun 3 atau ke 4.

Padahal kalau mau jualan, khan nggak cuma dalam waktu yang pendek saat festival - yang saya yakin - lebih banyak menghabiskan dana dari pada pemasukannya.

Saya yakin yang tertarik kesana cukup banyak dan waktunya bukan pada saat festival.


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 27 posts ]  Go to page 1, 2  Next

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 5 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
cron