It is currently Thu Oct 19, 2017 3:31 am

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 12 posts ] 
Author Message
 Post subject: Diving Gili Tapekong
PostPosted: Wed Jan 04, 2012 1:39 pm 
Offline
User avatar

Joined: Mon Jun 14, 2010 9:24 am
Posts: 516
Location: jakarta
Melanjutkan posting dari halaman sebelah,

Seperti yang saya cerita di halaman sebelah, kami diving di Gili Tapekong pada waktu Log baru 10. Dengan Guide berpengalaman -- beliau sampe cek tanggal dan jam untuk melihat pasang surut-- mungkin karena kami waktu itu gak punya pengalaman, jadinya asik2 saja.. atau yaaa sama dnegan dive sebelumnya yang selalu stress..

Yang pasti arus berputarnya cukup mengasyikkan karena horizontal, tidak down current. Waktu itu Bli Samson bilang beberapa meter dibawah (20an kalau gak salah) ada gua yang isinya hiu2. Cuma yaaa mana mungkin kami kesana waktu itu..

Menjawab pertanyaan om Ronny di halaman sebelah, yaa dari pengalam sih asik saja, dan tidak semendebarkan dan semenyeramkan arus di Weh.. hehehe. (walaupun di Weh juga asiik...)

Salam newbie..
Aria


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Wed Jan 04, 2012 7:48 pm 
Offline
User avatar

Joined: Thu Jul 09, 2009 5:51 pm
Posts: 1571
Location: Jakarta
Om Aria,

Nah... bener tuh yang ditulis om Aria.... Tepekong dive site asik-asik aja kan? Not as horrible as imagined, provided kita dive di saat yang tepat hehehe...

Namanya main di laut, ya pasti berurusan sama ombak dan arus... nah tinggal gimana kita 'bermain' di antara kekuatan dan fenomena alam aja.

Seperti yang om Aria cerita, dive masternya cek tanggalan, cek waktu, ya cek tabel pasang surut, ini salah satu bagian dari dive planning dan merupakan cara untuk mengantisipasi risiko. Akurasi tide table itu tinggi loh....

Kembali ke site Tepekong, menurut info2 yang terdapat di internet beberapa atraksi disana diantaranya melihat ikan hiu, menyelam di swimthrough Tepekong dan pinnacles yang terkenal dengan toilet flushnya itu. Selain itu banyak foto makro yang cantik2 crittersnya diambil di Tepekong. So, Tepekong is definitely one of the must go dive site.

Nah, karena Tepekong sudah terkenal challenging, umumnya dive center di Bali juga sangat berhati-hati. Persyaratan experience diver harus mencukupi, selain itu mereka akan sangat memperhatikan 'when' to dive.

Yang justru sering jadi masalah adalah para diver sendiri, yang nggak mau ngakuin secara jujur level of experience maupun comfortnya untuk dive di lokasi seperti Tepekong, Nusa Penida dan sejenisnya. Bahkan diver yang paling experienced sekalipun, kalau misalnya lagi nggak fit ya better jangan nyelem. Apalagi di Bali, hehehe... bukan hal aneh kalau malam sebelum diving pada hangout sampai larut, terus paginya pergi diving.... :)

_________________
BBeXplorers - Indonesia's Center for Diving Excellence | GUE Affiliate | We provide: Diver Training, EFR Training, Halcyon Dive Systems | Need info on joining DAN? E-mail me: rendra [at] banyubiru.org | Join our group on facebook: Banyu Biru Explorers


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Thu Jan 05, 2012 9:23 am 
Offline
User avatar

Joined: Mon Jun 14, 2010 9:24 am
Posts: 516
Location: jakarta
sekalian promosi dah....

Gili Mimpang dan Gili Tapekong ini house reef nya ORCA dive club di Candi Dasa. Sampai saat ini pengalaman kami baru disana yang Dive Masternya cek Tabel pasang surut dulu sebelum dive, semua divers harus cek and double cek peralatan sendiri dan juga dicek sertifikasi dan pengalaman divingnya.. Padahal ke Mimpang dan Tapekong cuma 5 menit ke depan.

Next time perlu kesana lagi dan harus lihat shark cave nya... :) betul banyak nuddy dan seingat saya rapat bener corals nya... entry sedikit tricky harus cepat karena arus yang nabrak gili di permukaan sudah cukup "washing" dan surface harus peganggan di tali kapal..

sampai ketemu deh di tepekong..
ar


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Thu Jan 05, 2012 10:47 am 
Offline

Joined: Sun Dec 25, 2011 2:12 pm
Posts: 22
happy diving 2012

ulasan tepekongnya sangat inspiratif nih...
thanks ya mas aria & rendra :D

oya saran dong kalo ada senior forsel / dive center yg punya info tide chart / table di lokasi2 drift dive site (misal nusa penida) yg up to date untuk bisa berbagi. apalagi kalo bisa ada saran jam2 terbaik utk drift dive.
ato apa ada yg bisa kasih info website berisi tide chart yg bisa jadi rujukan utk penyelaman.

mau tanya juga nih...apakah tide chart /table di website surfing bisa dipake rujukan karena lokasi surfing biasanya berbeda jauh sama lokasi scuba diving.

dengan adanya bisa melihat tide chart di dive site yg menjadi tujuan trip diving sebelumnya. tentu persiapan utk buat dive planning bisa lebih sempurna.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Thu Jan 05, 2012 11:02 am 
Offline
User avatar

Joined: Thu Jul 09, 2009 5:51 pm
Posts: 1571
Location: Jakarta
untuk tide chart bisa cari di google.

Kuncinya cari aja pelabuhan terdekat. Misalnya kalau Padang Bai, cari tide chart padang bai. Kalau Benoa, cari tide chart benoa

Yang perlu diingat, tide chart itu masih dipengaruhi kondisi setempat. Artinya akan sangat baik jika selain membaca tide chart, juga tanya2 sama penduduk setempat yang biasa main di laut seperti nelayan, pemancing, dan tentunya dive guide yang paham situasi lokal.

Tide chart untuk surfing sama aja dengan tide chart biasa/standard. Yang penting kan dilihat jam sunrise, sunset, moonrise, moonset dan high water/low water. Yang di surf information biasanya ditambah informasi swell/waves berdasarkan kekuatannya. Selain tide chart, kalau ada tide graph akan lebih mudah untuk mencari slack karena visual.

Bisa coba lihat contoh untuk Tanjung Priok di mobilegeographics pada link ini: http://tides.mobilegeographics.com/locations/6358.html


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.


Last edited by rendra on Thu Jan 05, 2012 11:39 am, edited 1 time in total.

Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Thu Jan 05, 2012 11:26 am 
Offline
User avatar

Joined: Tue Sep 15, 2009 3:15 am
Posts: 1396
Location: Katameya Heights
utk yang pakai iphone ada beberap app untuk tide chart, termasuk yang lebih specific utk diving / boating.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Thu Jan 05, 2012 11:57 am 
Offline
User avatar

Joined: Thu Jul 09, 2009 5:51 pm
Posts: 1571
Location: Jakarta
Kalau lihat tide graph contoh tersebut, daerah sekitar P. Seribu nggak ok untuk diving (ambil contoh extreme ya, hanya ilustrasi saja, bukan hitung2an bener). Karena:

1. Low water slack yg lumayan panjang kenanya udah malam banget :D
2. High water slack adanya besok pagi (6 Januari), antara jam 8 - 10 pagi, jadi bukan hari ini (5 Januari) hehehe...

Slack adalah saat dimana terjadi keseimbangan antara air pasang dengan air surut (nggak naik, nggak turun), sehingga teorinya nggak ada arus/ seimbang. Arus terjadi saat air bergerak pasang dan bergerak surut. Kalau lihat di graph tersebut, slack (ini lagi2 hanya ilustrasi ya, bukan perhitungan rinci, karena menghitung slack ada rumus/ perhitungannya) terjadi saat:

1. Gambar kurva V paling kiri, kurva di bawah, saat matahari terbenam antara jam 17.00 - 19.00 -> Low water/ slack
2. Gambar tengah, kurva ^ di atas, saat pagi hari tanggal 6 Januari jam 8 - 10 pagi --> high water/ slack
3. Gambar kurva V sebelah kanan, tanggal 6 Januari jam 1730-1900.

Artinya, timing ideal untuk diving tanpa arus adalah pagi hari tanggal 6 januari antara jam 8 - 10 pagi. Tapi ingat, metode ini harus dikombinasi dengan situasi dive spot setempat, karena kontur dasar dan kontur pulau di sekitar juga memiliki pengaruh terhadap arus.

Nah, kebetulan untuk wilayah tide graph ini (tanjung priok dan sekitar kepulauan seribu), kecepatan arus pasang surut (tidal stream) nggak kenceng2 amat. Contohnya saat pasang pertama (yg kurva menanjak di kiri), atau air pasang, antara jam 6 sore sampai jam 9 pagi berikutnya air naik hanya sekitar 1 meter. Jadi kecepatan naiknya hanya 0,07 meter per jam. Ini bisa ditranslate ke knot, yg pastinya rendah banget (lupa gw rumusnya). Kira2 0,2 knots deh (0,2 nautical mile per jam). Arus yg sangat ok buat diving (di bawah 1 knot).

Barangkali ada yang mau melengkapi atau mengkoreksi, monggo... :D

Nando nih ahlinya soal pasang surut dan gelombang :D

_________________
BBeXplorers - Indonesia's Center for Diving Excellence | GUE Affiliate | We provide: Diver Training, EFR Training, Halcyon Dive Systems | Need info on joining DAN? E-mail me: rendra [at] banyubiru.org | Join our group on facebook: Banyu Biru Explorers


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Thu Jan 05, 2012 12:31 pm 
Offline

Joined: Thu Nov 19, 2009 10:24 am
Posts: 174
nimbrung,

Awal tahun 2011, saya kebetulan pakai DC yang sama (Orca) juga, dan kebetulan sempet masuk ke gua yang toilet flush itu. Hiu nya gak ada.
Saya juga dikasih tau DM kalau banyak hiunya tapi saat saya masuk gak ada hiu sebiji pun...
So... kali saja lagi makan siang atau memang count hiu sudah berkurang, karena ketika ke Mimpang di sebelahnya juga tidak ketemu hiu.


Cerita dikit... pemandangan bagus sekali ketika tiba di pintu gua, karena kelihatan seperti gerbang yang terbuka namun tidak gelap karena sinar matahari masih bisa masuk ke dalam gua (tepatnya swim through ?).

Kemudian yang indah juga bagi saya adalah batu2nya yang bulet bulet dan putih warnanya (udah kayak batu kali), tidak ada coral disitu. Kelihatan sekali kalau selalu dilalui arus deras... namun jadi indah karena seakan mau masuk gerbang istana hehehehe... ada karpet nya warna putih begitu...

sayang gak ada photo sehingga tidak bisa sharing foto :).


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Thu Jan 05, 2012 8:58 pm 
Offline

Joined: Sun Dec 25, 2011 2:12 pm
Posts: 22
waah mantap semua saran para sesepuh fs nih :D
aku jadi tambah percaya diri untuk rencanain trip drift dive
mohon dilanjut saran2 untuk buat rencana drift diving menjadi menyenangkan..
krn aku pernah hampir out of air di toya pakeh penida untung bisa netek ama dive guidenya.
penyebabnya krn mental masih newbi/banyak kuatirnya... jadi adrenalin naik makanya konsumsi udara boros...
dari pengalaman itu aku langsung latihan yoga biar kontrol pikiran dan nafas lebih baik untukku..


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Fri Jan 06, 2012 5:40 pm 
Offline
User avatar

Joined: Wed Jan 05, 2011 12:54 pm
Posts: 312
bisa cek tide dengan bantuan WorldTide HD untuk iPad. bagi drift lover dan yang sering dikecewakan oleh kehidupan nyata, tepekong cocok banget dah....hahahahahaha

btw, mengulang seperti yang disampaikan om rendra sebelumnya, menyelam di spot challenging seperti tepekong ini (dan tempat berarus seperti di penida) manfaatkan pula common sense anda. dan ini tidak ada teorinya, pengalaman dan waktu yang menempanya.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Fri Jan 06, 2012 5:46 pm 
Offline
User avatar

Joined: Wed Jan 05, 2011 12:54 pm
Posts: 312
kunnikunni2003 wrote:
Cerita dikit... pemandangan bagus sekali ketika tiba di pintu gua, karena kelihatan seperti gerbang yang terbuka namun tidak gelap karena sinar matahari masih bisa masuk ke dalam gua (tepatnya swim through ?).


mungkin maksud bro ini gili biaha, tetangga dekatnya gili tepekong.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Wed Jan 11, 2012 10:22 am 
Offline

Joined: Thu Nov 19, 2009 10:24 am
Posts: 174
Nggak bro Botol Kecap,

Gua yang saya tulis itu untuk menanggapi posting dari Bro Ari4m yang mengulas tentang Tepekong :
Quote:
Waktu itu Bli Samson bilang beberapa meter dibawah (20an kalau gak salah) ada gua yang isinya hiu2. Cuma yaaa mana mungkin kami kesana waktu itu..


Setahu saya nama toilet flush asal muasalnya dari gua yang swimthrough di Tepekong ini... karena arus datang langsung turun, masuk ke gua dan keluar dari pintu satunya.
Dalam gua tidak terlalu gelap karena dia swimthrough dan ada beberapa lubang juga sehingga sinar matahari bisa masuk.
Disekitar pintu masuk gua dan di dalam gua ini gak ada koralnya, batunya bersih bersih semua bulet bulet warna putih :D.

salam


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 12 posts ] 

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
cron