It is currently Sun Oct 22, 2017 4:32 am

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 14 posts ] 
Author Message
 Post subject: Keindahan Terumbu Karang Tersembunyi di Tolitoli, Sulteng
PostPosted: Wed Jul 13, 2011 9:33 pm 
Offline

Joined: Sat May 14, 2011 6:24 pm
Posts: 6
Salam kenal

pertama-tama ijinkan saya memperkenalkan diri dulu, saya dokter yang sedang bertugas PTT di daerah terpencil Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah, sejak tahun 2010. Tolitoli merupakan daerah pesisir laut yang salah satu hasil bumi utamanya adalah cengkeh. Tolitoli dapat dicapai baik menggunakan pesawat perintis dari Palu (ibukota Sulawesi Tengah), kapal PELNI dari Palu maupun dari Tarakan Kalimantan, maupun jalan darat dari Palu (12 jam perjalanan).

Kembali ke cerita awal, suatu siang yang panas saat listrik mati (sangat sering dan lama disini), saya memutuskan untuk berenang ke laut supaya agak dingin. Berbekal kacamata renang, saya berenang di pantai yang cukup tersembunyi ke agak jauh ke tengah, dan apa yang saya temukan sangat mengejutkan buat saya, ternyata di kecamatan tempat saya bertugas lautnya memiliki terumbu karang (coral reef) yang sangat berkualitas dan amat kaya biota laut.

Selama beberapa minggu berikutnya, saya berkali-kali berenang dan menyelam di beberapa tempat yang berbeda di sekitar tempat itu, dan kurang lebih kualitasnya hampir sama, meskipun memang ada beberapa tempat rusak parah karena efek bom ikan dan racun potas. Rata2 sekali berenang di laut (kira2 1,5 jam) bisa lihat antara ratusan sampai ribuan ekor ikan. Antara lain yang pernah saya lihat adalah butterfly fish, blue spotted ribbontail stingray, lionfish, clownfish (nemo), macam2 bintang laut dan masih banyak lagi. Di tempat ini juga sebetulnya sering nampak ada ikan duyung dugong, sering muncul ke permukaan di sekitar dermaga atau dekat nelayan yang sedang cari ikan, tapi sayang saya belum pernah lihat.

Silahkan dilihat foto2nya :

http://s261.photobucket.com/albums/ii48 ... r%20Vista/

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image




Ada video juga , meskipun minta maaf, agak goyang2 sedikit :D

[url]youtube.com/watch?v=YnTOc4iH8_8[/url]

Saya juga membuat facebook page untuk mendukung pelestarian terumbu karang di tolitoli,kalau masih penasaran ingin lihat foto2 lebih lengkap lagi silahkan mampir .

update: url baru lebih pendek dan sederhana:
https://www.facebook.com/TamanLautTolitoli

Yang perlu diketahui disini, terumbu karang di tolitoli ini masih belum ada yang tahu keindahannya ataupun nilai pariwisatanya. Bahkan ketika saya menunjukkan foto2 saya ke staf puskesmas yang sudah tinggal disini berbelas2 tahunpun mereka terkejut. Penduduk lokal hanya menganggap semua karang itu sama, dan merupakan tempat yang bagus untuk mencari ikan. Otomatis disini masih tidak ada satupun resort, apalagi rental alat2 snorkeling dan selam. Perlengkapan saya saya datangkan dari Manado.Sebenarnya ada kekuatiran dalam menyebar luaskan pengetahuan ini ke warga lokal, karena prioritas utama bagi mereka adalah mencari ikan untuk dijual, terkadang menggunakan segala cara, termasuk bom dan racun.

Keinginan saya sebetulnya adalah supaya
1. Terumbu karang yang ada dijadikan wilayah konservasi taman laut, supaya tidak hancur karena orang tidak bertanggung jawab, dan
2. Tolitoli dikembangkan menjadi salah satu tempat tujuan wisata bawah air, supaya taraf hidup masyarakat sekitar juga meningkat.

Nah sekarang saya ingin bertanya kepada anda2, bila tolitoli ini dijadikan tempat wisata taman laut, bersediakah anda berkunjung ke tempat ini? :) bila responnya positif dan mendukung, maka saya akan coba lanjutkan usaha ini ke tahap Pemerintah Daerah. Perlu diketahui saya melakukan ini semua sendirian berbulan-bulan, atas inisiatif saya sendiri, capek sekali , kalo memang gak memungkinkan saya hentikan saja.



Terima Kasih


Last edited by suwandani2 on Tue Jul 26, 2011 10:34 pm, edited 2 times in total.

Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Wed Jul 13, 2011 11:44 pm 
Offline

Joined: Wed May 20, 2009 6:35 am
Posts: 57
maap dok, koq fotonya ga keliatan ya..
apa komp saya yg bermasalah ya ?


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Thu Jul 14, 2011 4:04 am 
Offline
User avatar

Joined: Tue Sep 15, 2009 3:15 am
Posts: 1396
Location: Katameya Heights
Terima kasih pak dokter atas sharing dan reportnya yang sangat menarik. Memang foto2nya nggak muncul di forum ini, tapi dari video di youtube serta foto2 di face book, kelihatannya cukup bagus. Mungkin karena shallow ikan-ikan dan soft coral belum banyak kelihatan.
Perlu dieksplore lebih lanjut potensi wisatanya dan dicari keunggulan komparatif dengan DTW bawah air lainnya di Indonesia yang sudah memiliki infrastructure kuat sehingga mampu menarik wisman dan wisnu (wisatawan nusantara) untuk menempuh perjalanan yang tidak mudah, setidaknya saat ini.
Harus ada sesuatu yang "istimewa" agar mampu berkompetisi (atau sebagai alternatif) dengan DTW seperti bunaken, lembeh, bangka, togean, wakatobi, takabonerate dll yang telah lebih dulu eksis.
Sales pont ini sangat penting - polling sangat bagus tapi bisa juga mengelirukan apalagi (mohon maaf) kalau targetnya pemilih lokal.
Seringkali pilihan hanya didorong oleh rasa kedaerahan ataupun nasionalisme NATO (no action talking only).
Fakta - saya sangat jarang ketemu wisnu lainnya saat mengunjungi dtw bawah air (kecuali di bali - tapi tetap saja di Tulamben sekalipun pun wisman masih jauh lebih banyak dibanding wisnu).
Ada teman saya yang sering mempromosikan DTW Indonesia - tapi ketika ditanya - have you been there? dia nyuma nyengir; faktanya banyak orang indnesia yang lebih memilih jalan ke singapore, hongkong bahkan yang lagi populer - Dubai.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Thu Jul 14, 2011 5:50 am 
Offline

Joined: Sat May 14, 2011 6:24 pm
Posts: 6
Wah terima kasih masukannya, bermanfaat sekali. Kalo boleh tahu yang dimaksud keunggulan kompetitif itu contohnya seperti apa ya? Saya memang relatif awam dalam bidang ini, baru 2x snorkeling di lovina dan bunaken, dan 1x diving discovery di nusa dua. Sertifikat diving saja belum punya. beberapa bulan terakhir ini saya belajar freediving otodidak dari internet dan video2 youtube saja.

Sebenarnya masa tugas saya disini hampir selesai, mungkin tidak sampai 2 bulan lagi saya sudah kembali ke jawa. Saya berharap sebelum itu saya sudah bisa membuat basis untuk bisa diteruskan oleh teman2 setempat kalau bisa. Jadi kalo saran bapak, yang sebaiknya saya lakukan dalam waktu yang terbatas ini bagaimana? Perlu diketahui memang technological gap nya cukup besar (bukan bermaksud menyombongkan diri, hanya info) dibanding warga setempat. Bahkan sinyal HP satu2nya (telkomsel) baru ada 2 tahun yang lalu disini, mungkin hanya saya satu2nya yang bisa berinternet di seluruh kecamatan ini. Kalau di kota (30km dari sini) masih jauh lebih modern, meskipun tidak seperti di jawa dimana semua orang memegang handphone.

link foto sudah saya ubah ke photobucket, silahkan dicoba lagi pak.
Atau bisa buka link facebooknya, di galerinya reesulusi fotonya lebih tinggi dan lebih lengkap.
https://www.facebook.com/pages/Taman-La ... 8379322194

Terima kasih banyak bantuannya.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Thu Jul 14, 2011 7:25 pm 
Offline

Joined: Tue Jul 24, 2007 11:15 am
Posts: 15
Location: Palu-Sulteng
Biasanya kalo dokter pas PTT bicaranya gini "Saya SIAP! di tempatkan dimana saja di seluruh nusantara, asal monas masih kelihatan!"

Salut dan terima kasih atas waktu anda untuk menjadi dokter di Tolo Toli. Kami doakan semoga YME membalas kerya anda ini.


Mantap foto foto anda bozz!! Terus berkarya dan enjoy disana..!!


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Keindahan Terumbu Karang Tersembunyi di Tolitoli, Sulten
PostPosted: Thu Jul 14, 2011 9:09 pm 
Offline
User avatar

Joined: Wed Jan 05, 2011 12:54 pm
Posts: 312
suwandani2 wrote:
Nah sekarang saya ingin bertanya kepada anda2, bila tolitoli ini dijadikan tempat wisata taman laut, bersediakah anda berkunjung ke tempat ini? :)


Saya pribadi bersedia dok (foto2nya bikin saya ngiler mo segera ke sana). Jika ada sesuatu hal yang bisa dibantu, mohon pm saya.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Sat Jul 16, 2011 2:37 pm 
Offline

Joined: Sat May 14, 2011 6:24 pm
Posts: 6
Terimakasih atas saran dan dukungan2nya, rencana saya mau menemui Bupati Tolitoli, kalau bisa. Kalau beliau berkenan dan mendukung, rencana saya akan dilakukan eksplorasi dan survey dulu untuk menambah titik2 dive spot yang menarik, minimal berharap menemukan cleaning station agar bisa lihat ikan2 besar juga. Adakah saran mungkin konsultan eksplorasi dive spot professional indonesia yang dapat dihubungi untuk dimintai bantuan memetakan?

sementara itu saya upload beberapa foto lagi, tapi karena ukurannya yang besar, lengkapnya silahkan lihat langsung di http://s261.photobucket.com/albums/ii48 ... r%20Vista/ , atau di link facebook diatas. Trims.

Image
Image
Image
Image


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Sun Jul 17, 2011 8:57 am 
Offline
User avatar

Joined: Tue Sep 15, 2009 3:15 am
Posts: 1396
Location: Katameya Heights
Pak Dokter
Tidak dapat dipungkiri terumbu karang di tolitoli sangat sehat dan indah - dan tentunya harus dilindungi. Namun untuk memasarkannya sebagai sustainable eco tourism tidak mudah. Terumbu karang yang sehat dan indah saja tidak cukup - harus ada kelebihan dan keistimewaan lain dibandingkan lokasi lainnya di sulawesi dan Indonesia.
Kalau ditanyakan di forum ini - apakah terumbu karang ditolitoli harus dilindungi - saya yakin 100% setuju.
Kalau pertanyaannya - bersediakah berkunjung ke tolitoli sebagai object wisata bahari - sebagian besar atau semua mungkin akan menjawab bersedia.
Tapi coba ajukan pertanyaan - berapa orang yang sudah mengunjungi palu, gorontalo, togean, buyat, ambon - yang notabene lebih mudah dicapai. Saya tidak kaget kalau banyak teman2 yang belum memiliki kesempatan berkunjung kesana - pada hal tempat2 tersebut dipadati wisman setidaknya pada saat best and peak season.
Artinya - pangsa pasar lokal belum bisa digunakan untuk mengukur kelayakan potensi wisata bahari suatu remote area.
Lalu apa yang membuat wisman mau mengelilingi separuh bola dunia untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut. Bukan cuma sekedar terumbu karang yang indah dan sehat. Ada hal lain yang menjadi selling point atau unggulan tempat2 tsb. Nah ini yang harus dicari dan atau diciptkan kalau ingin mengembangkan tolitoli.
Sekali lagi tidak mudah.
Gorontalo misalnya memiliki taman nasional kelautan desa ulele yang hanya 30 menit dari kota - memiliki terumbu karang yang juga luar biasa indahnya, dinding karang yang spectacular dengan endemic amazing salvador Dali sponge. Mantan gubernur yang maniak diving dan sampai saat ini juga aktif menjual potensi wisata bahari Indonesia. Namun satu-satunya dive center comercial disana juga tidak selalu penuh meskipun beroperasi hanya 1/2 tahun saat the best season.
Sebetulnya cukup banyak orang yang tahu tolitoli dan juga beberapa daerah lainnya disulawesi tengah. Pak Edi pemilik kadidiri resort di togian dan oasis hotel di ampana cukup tahu daerah tersebut dan pernah mengirim team penyelam nya untuk melihat daerah tersebut dan satu pulau tidak jauh dari sana (saya lupa namanya).
Disisi lain, kalau memang suatu lokasi benar-benar istimewa dan punya nilai jual yang tinggi, biasanya malah orang asing yang melihatnya dan sekaligus menggarap pasarnya.
Raja Ampat misalnya, atau yang saat ini mulai naik daun yaitu Ahe dengan whale sharknya. Sangat sulit dicapai namun sebelum resort permanent didirikan, secara rutin dikujungi oleh LOB yang sekaligus mencipta dan mengembangkan pasar nya.
Saya sama sekali tidak bermaksud mematahkan semangat cuma ingin melihat segala sesuatunya lebih realistik.
Di Pulau weh, gapang beach, saya melihat sejumlah bangunan ber AC yang seperti rumah hantu tidak ada penghuninya. Katanya resort tersebut dibangun dan dikelola pemda.
Terus terang kalau tolitoli tidak memiliki kelebihan dibandingkan Bunaken, Lembeh, Bangka, Togean, Gorontalo, Buyat, donggala, Wakatobi, Takabonerate, banggai, kalabahi ... yang telah lebih dulu establish dan memiliki infrastruktur yang lebih baik; maka akan sangat sulit.
Keunggulan komparatif disini mencakup apa yang dicari oleh pencinta wisata selam - misalnya all year around hammerhead school - nah ini bisa nyaingin pulau layang-layang; atau whale shark atau mega mouth dlsb atau bisa juga seperti wakatobi, image dibangun oleh 5* wakatobi resort dengan pelagian nya.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Sun Jul 24, 2011 7:19 pm 
Offline

Joined: Sat May 14, 2011 6:24 pm
Posts: 6
@pak wisnu:
terimakasih banyak pak masukannya, saya sadar untuk jadi obyek wisata lokal saja sulit, apalagi kelas dunia. Tapi tidak apa2, pelan2 nanti dicari apa yang unik dan menarik, dan kalaupun tidak ada juga gpp, yang penting tidak semakin rusak :)
sebetulnya sering orang lihat ikan paus (entah spesies apa) di selat2 antara pulau di sini, tapi saya jelas gak berani kalo disuruh terjun sendirian di tengah laut seperti itu, hehehe..
yang terbaru yang saya lihat sendiri hanya penyu yang besar sekali, tapi rasanya kalo cuma penyu jelas masih kurang spektakuler ya.
anyway saya akan terus maju selagi saya masih bisa, bukan untuk menyaingi tempat2 dive yang lain, tapi hanya didorong keinginan berbagi keindahan yang saya nikmati 1 tahun ini :)


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Mon Jul 25, 2011 6:44 pm 
Offline
User avatar

Joined: Tue Sep 15, 2009 3:15 am
Posts: 1396
Location: Katameya Heights
mas dokter
untuk lokasi yang terpencil justru susah kalau targetnya pasar lokal. Kalau kita amati, pasar wisata selam lokasi terpencil sampai saat ini masih didominasi oleh wisman, bisa jadi mencapai lebih dari 95%. Mereka tidak segan berkeliling 1/2 dunia dan membelanjakan lebih dari USD5000 untuk mengunjungi raja ampat misalnya.
Nah keunggulan ini yang harus dicari - bukan tidak mungkin mutiara tsb. belum kelihatan saja ..
Mudah2an saja ada teman-2 disini yang bisa membantu menggali potensi tsb.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Mon Jul 25, 2011 8:17 pm 
Offline

Joined: Sun Jun 20, 2010 6:54 pm
Posts: 110
Saya salute dengan kepedulian Pak Dokter!

Dilihat dari foto yang ada, di Toli-Toli cukup punya potensi sebagai DTW. Tinggal bagaimana pemerintah daerah dan masyarakatnya memanfaatkan potensi tersebut.


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Keindahan Terumbu Karang Tersembunyi di Tolitoli, Sulten
PostPosted: Fri Mar 21, 2014 2:24 pm 
Offline

Joined: Wed Oct 02, 2013 2:38 pm
Posts: 3
kebetulan Dive Instructur (Ellys) saya kemarin mengajak ke Toli Toli, beliau bilang nudibranchnya banyak dan beragam. Nanti kalau saya jadi kesana akan saya buatkan FR nya.




:ar!


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Keindahan Terumbu Karang Tersembunyi di Tolitoli, Sulten
PostPosted: Mon Mar 24, 2014 12:44 pm 
Offline

Joined: Tue Dec 10, 2013 7:01 pm
Posts: 127
Location: Depok
keren pak dokter ...masih menyempatkan diri explore bawah laut toli-toli.

Oiya pak dokter.. di toli-toli ada konservasi giant clams yg dikelola para volunteer sejak 2009.
Udah ke sana kah? tampaknya menarik.
webnya http://www.toli2giantclammarinepark.com/

Toli-toli bisa ditempuh dari manakah? Kendari? Berapa lama?

oppss .. beda jauuh ternyata .. kendari sultra, toli2 sulteng :))

_________________
-ITHA-
http://www.anaklaut.com
http://www.tripanaklaut.com
http://www.facebook.com/ithaseal


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Keindahan Terumbu Karang Tersembunyi di Tolitoli, Sulten
PostPosted: Tue Apr 22, 2014 10:35 am 
Offline
User avatar

Joined: Thu Apr 17, 2014 9:02 pm
Posts: 4
Location: Pomalaa, Sulawesi Tenggara
ithaseal wrote:
keren pak dokter ...masih menyempatkan diri explore bawah laut toli-toli.

Oiya pak dokter.. di toli-toli ada konservasi giant clams yg dikelola para volunteer sejak 2009.
Udah ke sana kah? tampaknya menarik.
webnya http://www.toli2giantclammarinepark.com/

Toli-toli bisa ditempuh dari manakah? Kendari? Berapa lama?

oppss .. beda jauuh ternyata .. kendari sultra, toli2 sulteng :))


hahaha kalau yang di sultra sih kebetulan 29 maret kemarin trip kesana, 30 menit saja dari kendari, bagus-bagus giant clamsnya, sama nudi-nya lumayan banyak :D


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 14 posts ] 

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
cron