It is currently Tue Dec 12, 2017 12:14 am

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 9 posts ] 
Author Message
 Post subject: Bonaire - Divers Paradise
PostPosted: Mon Feb 07, 2011 11:29 pm 
Offline

Joined: Mon Jun 21, 2010 10:29 pm
Posts: 171
Location: Rotterdam
Saya baru balik dari Bonaire. Baru akan mampir ke Indonesia bulan Oktober atau November, jadi menyelam dulu di lokasi yang lebih dekat dengan benua Eropa. Kebetulan sejak 10 oktober 2010, Bonaire menjadi special municipality-nya Belanda (Dutch Carribean). Untuk paspor ijo mesti pakai visa Belanda atau kartu ijin tinggal/kerja di Belanda seperti saya (in case ada anggota forsel yang mahasiswa di Belanda, bisa pakai kartu ijin sekolahnya ke sini untuk menyelam). Bahasa yang dipakai di sini bahasa Belanda, Inggris, dan Papiamento. Mata uangnya US Dollar.

Gak salah kalau Bonaire menyombongkan pulau mereka sebagai Divers Paradise, bahkan di nomor polisi mobilpun tertera “Divers Paradise” :P Pulau ini memberikan kebebasan bagi penyelam untuk menyelam kapan saja dan di lokasi manapun karena sebagian besar lokasi penyelamannya bisa diakses dari darat (shore diving). Bagi pemalas seperti kami, yang doyan tidur agak siangan dan santai berat, situasi ini sangat menguntungkan, sudah gitu gak perlu ribet dengan kelompok besar ketika menyelam. Ribetnya, yah lumayan kerja keras bawa-bawa tank dan melawan ombak ketika mau masuk laut...

Manajemen industri menyelam di Bonaire sudah dirintis sejak tahun 1970-an dan tidak heran kalau saat ini sangat tertata rapi dan menjadi aset turisme utama pulau Bonaire. Pioneer industri menyelam ternama di pulau ini adalah Captain Don Stewart. Beliau dianggap sebagai founding father-nya industri menyelam dan pelestarian taman laut di Bonaire.

Seluruh lokasi penyelaman di Bonaire adalah taman laut nasional dibawah naungan STINAPA yang dilindungi hukum. Penyelam diwajibkan membayar 25 USD untuk menyelam di sini yang harus dibayar di dive shop tempat mendaftarkan diri. Penduduk Bonaire baik WNA maupun lokal yang volunter di STINAPA berusaha keras menyelamatkan koral Bonaire yang sempat hancur karena storm yang lumayan besar di tahun 1999 dan 2008 (hal yang diluar perkiraan karena Bonaire tidak berada di huriccane belt). Tahun 2010 ini, seperti halnya Meksiko dan Belize, mereka masih harus berperang melawan invasi indopacific lionfish yang gak punya predator di perairan atlantik.

Ketika mendaftar di dive shop, kami disarankan untuk melakoni shore dive sendiri tanpa guide kecuali kalau mau ambil boat trip ke pulau Klein Bonaire dan sebelah timurnya Bonaire atau emang maksa pengen punya special dive guide. Kami ambil paket 6 hari Unlimited Shore diving seharga 150 USD, jadi bisa ambil tank semaunya, walaupun disarankan untuk gak ambil lebih dari 3 tank per orang dalam satu hari. Nitrox tank juga tersedia. Bagusnya lagi dive shop tempat kami mendaftar memiliki berbagai lokasi untuk ambil dan balikin tank kosong.

Seluruh lokasi penyelaman di Bonaire bisa diakses melalui mobil dan tertera jelas di peta Bonaire. Kami juga beli buku yang ditulis oleh Susan Porter mengenai lokasi shore diving di Bonaire yang sangat jelas mendeskrispikan setiap tantangan yang ditemui saat entrance dan exit dari setiap dive site. Kami menyewa mobil, dapetnya Landwind SUV-nya Cina (sumpah mati gak enak banget mobil ini). Kebanyakan mobil di sini pick up sehingga gampang naruh tank dan peralatan menyelam, tapi sayangnya pick up udah pada abis disewa. Ketika menyelam, kami disarankan untuk tidak meninggalkan barang berharga di mobil dan membiarkan pintu dan jendela mobil terbuka. Keamanan sepertinya cukup terjamin di pulau ini, tidak ada satupun benda yang dicuri dari mobil selama kami menyelam di Bonaire.

Kondisi koral bervariasi dan cantik, Bonaire memiliki keindahan alam yang unik. Taman Nasional Washington Slagbaai yang juga memiliki lokasi penyelaman, sangat menarik untuk dikunjungi, sayangnya kami gak sempat menyelam di daerah ini. Lokasi yang lumayan susah untuk masuk adalah 1000 steps. Lokasinya di bawah tebing laut. Kami harus turun tangga untuk mencapai pantai, jadi bisa kebayang mesti naik tangga lagi selesai menyelam bawa-bawa tank..itung-itung memang olahraga.. :)) Tempat favorit saya: Karpata dan Oil Slick Leap. Karpata lokasinya juga dibawah tebing laut gitu tapi gak setinggi 1000 steps dan cantik banget koralnya. Oil Slick Leap, di sini gampang masuknya karena ada tangga langsung masuk ke laut, tapi kalau pingin beradventur-ria, dapat juga “leaping” masuk ke laut..seru juga. Kalau buddy dive saya demennya sama Hilma Hooker (hehehe, namanya rada-rada gimana gitu). Kalau gak saya stop-in kemungkinan besar kami hanya menyelam di sana. Hilma Hooker ini nama kapal yang ditenggelamkan di daerah selatan Bonaire di tahun 1984 ketika mengalami kerusakan berat. Kapal ini tadinya ditahan karena menyeludupkan marijuana.

Pulau ini sangat relax dan kayaknya gak banyak tempat dugem. Kebanyakan penghuninya adalah pensiunan warga Belanda dan Amerika Serikat yang kabur dari musim dingin negara mereka. Kebanyakan dari mereka juga penyelam di masa mudanya dan jatuh cinta dengan Bonaire. Gak heran kalau setiap menyelam kami ketemu pasangan oma dan opa yang baru selesai atau mau menyelam..hehehe, sempet kaget pas pertama kali ketemu pasangan oma dan opa berusia 70 tahun menyelam dan tetap antusias dengan menyelam..

In short, Bonaire is a perfect place if you wish freedom in diving. It has beautiful underwater landscape, good food, friendly people (& no car thieves) with beautiful (land) nature!

Foto-foto (land) Bonaire ada di sini juga:
http://indahs.zenfolio.com/bonaire


Last edited by indie_dive on Mon Feb 07, 2011 11:38 pm, edited 1 time in total.

Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Mon Feb 07, 2011 11:33 pm 
Offline

Joined: Mon Jun 21, 2010 10:29 pm
Posts: 171
Location: Rotterdam
ini typical nopolnya Bonaire

Image

Indopacific lionfish di Bonaire dicari di sini..

Image

Bukti udah bayar entrance fee marine park - lumayan jadi kenangan di jaket BCD..

Image


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Tue Feb 08, 2011 9:52 am 
Offline
User avatar

Joined: Wed Aug 19, 2009 9:18 am
Posts: 185
Wow thanks for sharing.. Kurang foto2 underwater nya aja nih..

Kalo foto2 daratnya sih keren abis loh.. :D

_________________
Randy | Email: [email protected]


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Tue Feb 08, 2011 10:35 am 
Offline
User avatar

Joined: Fri Jan 14, 2011 12:51 pm
Posts: 105
Wah,..bonaire,..udah sering liat di majalah emang keliatan-nya top nih,..
Boleh dong di share foto2 underwater-nya,.. btw ada info damage cost gak ya buat diving disana,..akomodasi and diving fee-nta,..
Meskipun harus nabung 5 taon baru kebayar kali ys hehehe

_________________
-Always Happy To Go Down-


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Tue Feb 08, 2011 5:22 pm 
Offline
User avatar

Joined: Tue Sep 15, 2009 3:15 am
Posts: 1396
Location: Katameya Heights
Terima kasih atas sharing nya.
Saya sering dengar Bonaire dan di scubaboard juga banyak dibicarakan tapi baru kali ini baca serita detailnya.
Kalau ada air asia atau tiket mumer kesana boleh juga nih - USD 150 buat 6 hari - paling nggak 18x diving, kayak sewa tank + ongkos angkut di Tulamben.
Sewa mobil dan akomodasi disana bagaimana ?

Foto-foto topsite nya memang top - warna2nya bagus dan ceria sekali.
Ditunggu yang bawah airnya juga -


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Wed Feb 09, 2011 6:16 pm 
Offline

Joined: Sun Oct 10, 2010 11:22 am
Posts: 34
Bonaire itu dimana yaa..?? waduuhh mesti googling niiy.. n bener banget ya oom Wisnu, USD150 buat 6 hari unlimited??
Jadi penasaran niiyy underwater photographsnya...


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Wed Feb 09, 2011 10:13 pm 
Offline

Joined: Mon Jun 21, 2010 10:29 pm
Posts: 171
Location: Rotterdam
Randy, BWRAF, Mas Wisnu & Dindon, makasih banyak ;)

:cry: Sayangnya saya mengalami masalah teknis dengan Canon G9 yg saya pake khusus untuk UW dan saya gak ngerti-ngerti amat fungsi kamera Canon - sehari-hari Nikonian - foto-foto UW RAW pada gelap, jadi males nge-editnya..

Dindon, Bonaire itu deket banget sama Venezuela dan Curacao..

OK, soal budget,

Akomodasi
dari Belanda, ada paket murah dari Arke.nl hotel+pesawat untuk 9/10 hari dari mulai 7 juta sampe 17 juta. Saya ambil paket ini dengan studio apartemen berdapur di Hamlet Oasis Bonaire. Hamlet Oasis deket dive site The Cliff, jadi kalau mau menyelam tiap hari di sini tinggal jalan kaki.

Kalau dari Indonesia, saya saranin berangkat rame-rame dan sewa vila besar sekalian. Harga sewa vila bervariasi tergantung lokasi dan jumlah kamar. Seminggu bisa dari 250 USD. Bisa cek di Homeaway.com atau hamletoasis.com juga bisa, mereka ada villa yang menghadap ke laut.

Maaf banget saya gak tahu penerbangan ke Bonaire dari Indonesia. Mungkin mesti terbang ke Amerika Selatan/Serikat dulu baru lanjut ke Bonaire.

Kalau saja Garuda Indonesia berani ambil rute ke benua Amerika dan sekitarnya.. (dan mungkin ini juga membantu menarik wisatawan dari benua Amerika (baik selatan & utara) ke Indonesia)..FYI - Malaysian Airlines udah punya rute ke North & South America loh.

Diving
Unlimited shore diving (UL) emang murah jatuhnya (itu juga plus weight gratis). Kalau mau ngambil guide, bisa juga dan mesti bayar 48 USD extra per couple. Kalau mau ambil boat diving bisa ambil paket juga - kalu udah ambil paket UL, biasanya paket lain bisa dapet diskon. Ini harga tahun 2010 dari Dive Friends Diving shop yang kami pakai - tahun 2011 harganya naek - UL harganya 150 USD udah sama pajak.
http://www.dive-friends-bonaire.com/rates.html


Transportasi
Nyewa mobil bervariasi. Landwind SUV seminggu kena 400 USD incl. asuransi. Diantar jemput airpot sih cuman harganya kemahalan dan ternyata ada yang lebih murah seperti Island Car Rental.

Sebaiknya kasih tahu ke rentalnya kalau perlu mobil untuk diving, jadi nanti dikasih yang ada tempat untuk naruh tank di pick-up atau bagasi mobil. Sukur-sukur dapat pinjaman ember..hehehe..

Makan-minum
Kalau mau ngirit, bisa masak sendiri (biasanya ada dapurnya). Bisa minum air langsung dari keran, jadi botol bisa diisi ulang gratis.. ;)

Sementara harga makan-makan di restauran harga bervariasi, gak terlalu mahal - kena pajak 8%. oh ya, nemu juga restauran Indonesia di Bonaire, namanya Bali.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Mon Feb 14, 2011 5:32 pm 
Offline
User avatar

Joined: Tue Sep 15, 2009 3:15 am
Posts: 1396
Location: Katameya Heights
mbak ndah makasih atas infonya yang detail sekali .. sudah dapat bayangan seperti apa disana .. . masuk agenda buat tahun depan ah..
tahun ini dipuas2in indonesia dulu ... maret gorontalo & togian .. Juli bangka dan buyat ...


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Fri Mar 18, 2011 2:51 am 
Offline

Joined: Mon Jun 21, 2010 10:29 pm
Posts: 171
Location: Rotterdam
sama-sama mas...tahun ini pun saya mau ke Indonesia..sayang gak bisa home leave sebulan niiihh...tapi moga-moga 3 minggu cukup menjelajahi Indonesia timur.. ;) hope our path crossed someday ;)


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 9 posts ] 

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to: