It is currently Mon Dec 11, 2017 10:22 pm

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 32 posts ]  Go to page 1, 2, 3  Next
Author Message
 Post subject: Gn. Kinabalu, Mabul, Sipadan dan Kapalai.
PostPosted: Wed Oct 27, 2010 8:44 pm 
Offline
User avatar

Joined: Tue Sep 15, 2009 3:15 am
Posts: 1396
Location: Katameya Heights
Liburan bulan Oktober kali mungkin sedikit terlalu ambisius untuk kami sekeluarga. Dalam waktu 1 minggu kami merencanakan untuk mendaki gunung Kinabalu, 4,095 m - gunung tertinggi di asia tenggara (dengan asumsi papua tidak termasuk asia tenggara) dan dilanjutkan dengan menyelam di Mabul, Sipadan serta Kapalai.

Senjata yang saya bawa terdiri dari kamera Olympus E-620 deng lens kit, untuk pemotretan topside. Untuk bawah air, kami menggunakan kamera Canon G9 lengkap dengan Canon underwater housing, FIT adapter, Inon UCL165M67 macro wet lens serta Inon D2000 UW strobe, yang dipegang oleh anak perempuan saya Mayang; serta sebagai back-up adalah Olympus SP-350 dengan PT-030 housing, Metz 58AF-1 didalam 10bar UW housing yang pada hari terakhir penyelaman dipegang oleh anak perempuan saya yang kecil, 11 tahun, yang rupanya mulai tertarik juga dengan underwater photografy.


Bagian 1 - Gn. Kinabalu
Diantara kami berempat, cuma saya yang bisa dikatakan pernah mendaki gunung yang cukup tinggi, yaitu gn. semeru dan gn. Slamet - tapi itu sekitar 30 tahun yang lalu.
Istri maupun kedua anak saya cuma berpengalaman mendaki gn. Bromo - itupun turunnya naik kuda.

Agar lebih menantang lagi, dan juga karena perlengkapan yang dibawa cukup banyak; dan juga agar irit, kami menggunakan mobil pribadi dari Brunei ke Kinabalu park yang jaraknya sekitar 500 km.
Tanggal 16 October i, pkl. 05:00 dini hari kami meninggalkan kota kecil Seria tempat kami tinggal. Perjalanan berjalan mulus tanpa halangan sama sekali - jalan sangat lancar - tidak ada antrian panjang di perbatasan/imigrasi. Sekali jalan dari Brunei ke Kota Kinabalu pasport harus di cap 6 kali karena kami keluar Brunei, masuk ke Malaysia wilayah Serawak, masuk Brunei lagi wilayah Temburong, kemudian masuk Malaysia lagi masih Serawak dan akhirnya masuk wilayah negara bagian Sabah.
Sekitar pkl. 12:00 siang kami sampai Kota Kinabalu (KK), mampir ke 1Borneo, mall terbesar di KK - sepertinya lebih besar dari MTA - untuk makan siang serta membeli beberapa keperluan termasuk obat2-an - karena entah mengapa selama perjalanan saya malah terserang influensa.
Perjalanan masih berlanjut lagi selama 2 jam untuk mencapai Kinabalu park dimana kami akan bermalam di Sutera Sanctuary resort; resort mewah yang berlokasi di Kinabalu park yang sekaligus mengontrol penuh pendakian gn. Kinabalu. Untuk family lodge dengan kapasita 4 orang tarifnya RM900 per malam.
Sesungguhnya ada beberapa resort/penginapan yang jauh lebih murah disekitar Kinabalu park. Masalahnya, untuk bisa mendaki gn. Kinabalu sesorang harus membooking paket fullboard di laban rata, penginapan terakhir sebelum mencapai puncak, yang juga tidak murah, yaitu RM360 per orang per malam, termasuk makan dan tidur di bunk bed (satu kamar terdiri dari 8 bunk bed dengan kamar mandi diluar). Nah, penginapan di Laban rata juga dikuasai oleh group Sutera; dimana booking langsung hanya bisa dilakukan via website mereka.
Ketika 2 bulan sebelumnya saya mencoba me reserve Laban Rata saja, ternyata fully booked. Memang disebutkan reservasi hendaknya dilakukan jauh-jauh hari 3 - 6 bulan di muka.
Namun ketika saya menghubungi Sutera Sanctuary resort dan meminta penawaran paket laban Rata berikut penginapan di Kinabalu Park, ternyata masih ada bed untuk kami berempat, bahkan lokasinya di pondok utama nya.

Diluar biaya guide atau porter, untuk bisa mendaki gn. Kinabalu, kami berempat mengeluarkan total biaya RM 2763. Masih lebih murah dibandingkan ambil paket wisata lewat travel agent yang biayanya bisa mencapai USD 350 - 500 per kepala.

Keesokan harinya sekitar pkl. 08:00 kami telah siap mendaki meskipun influensa saya masih belum sembuh.
Pendakian gn. Kinabalu terdiri dari beberapa tahap. Tahap pertama, dari Kinabalu park dengan menggunakan mobil kami diantar sampai Timpohon gate, ketinggian 1866.4 dpl, yang merupakan KM 0 untuk rute via Timpohon.

Dari Timpohon gate, pendakian di mulai menuju Laban rata yang terletak di km 6 dengan ketinggian 3273 m dpl.


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.


Last edited by wisnu on Wed Oct 27, 2010 9:36 pm, edited 1 time in total.

Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Wed Oct 27, 2010 9:14 pm 
Offline
User avatar

Joined: Tue Sep 15, 2009 3:15 am
Posts: 1396
Location: Katameya Heights
Setelah menempuh perjalanan yang melelahkan selama lebih dari 6 jam akhirnya kami sampai juga ke Laban Rata di km 6 pada ketinggian 3262m dari permukaan laut. Di Laban Rata terletak pondok penginapan dimana para pendaki akan menginap selama 1 malah untuk kemudian melanjutkan perjalanan menuju puncak keesokan harinya pada pkl. 02:00 - 03:00 dini hari.
Pondok utama memiliki fasilitas restaurant serta system pemanas. Namun saat itu pembangkit listrik di timohon sedang mengalami kerusakan sehingga pemanas ruangan maupun pemanas air tidak berfungsi sama sekali. Listrik yang ada cuma memadai untuk penerangan.

Paket menginap di Laban Rata adalah sebesar RM 360 per orang/malam termasuk makan malam (pkl. 17.00 - 19:00) , makan dini hari (supper, pkl. 02:00 - 03:30) serta makan pagi setelah kembali turun dari puncak.
Selain restaurant juga terdapat toko yang menjual makanan, minuman serta beberapa keperluan mendasar - yang harganya tidak murah mengingat harus diangkut porter dari bawah. Sebagai gambaran, harga sebotol air mineral 1.5 l adalah RM 15.

Setiap kamar rediri dari 8 bunk bed, dengan kamar mandi terpisah. Dengan tidak tersedianya air panas, saya meragukan kalau ada yang mau mandi disana.


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Thu Oct 28, 2010 4:35 am 
Offline
User avatar

Joined: Tue Sep 15, 2009 3:15 am
Posts: 1396
Location: Katameya Heights
Matahari terbenam di Laban Rata memang sangat menakjubkan . apalagi kala cuaca cerah dan kabut menipis.


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Thu Oct 28, 2010 5:15 am 
Offline
User avatar

Joined: Tue Sep 15, 2009 3:15 am
Posts: 1396
Location: Katameya Heights
Malam itu kita tidur awal. Pkl. Sekitar pkl. 19:00 kita sudah masuk kamar. Selain kami berempat, kami sekamar dengan 4 orang pendaki dari Jepang yang tampaknya begitu excited sehingga terus ngobrol cukup lama sebelum ngoroknya terdengar.

Pkl. 01:30 kami bangun, langsung menikmati hidangan supper; dan sekitar pkl. 02:30 kami berangkat kembali menuju puncak gn. Kinabalu.

dari Laban Rata sampai puncak sebetulnya tidaklah terlalu jauh .. hanya sekitar 2.7 km. Namun dengan kondisi badan yang masih lelah, belum fit sepenuhnya, jalan yang gelap, sangat terjal, menanjak tajam, bahkan sebagian harus dibantu dengan tali - membuat perjalanan menuju puncak benar-benar terasa berat buat kami semua; terutama untuk istri saya. Di km 7, setelah check point 1 di ketinggian sekitar 3950 m; kondisinya semakin menyedihkan. Semangat masih ada, namun fisik sudah mulai habis .. dan akhirnya pada ketinggian sekitar 4000 m dia meminta kami meninggalkannya di dinginnya pagi yang sangat menggigit tulang. Terus terang saya tidak tega; dan akhirnya memutuskan untuk mengakhiri pendakian di south peak menjelang matahari terbit .. masih sekitar 1 km lagi menuju main peak di ketinggian 4095 m dpl.


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Thu Oct 28, 2010 2:25 pm 
Offline

Joined: Sun Oct 10, 2010 11:22 am
Posts: 34
Wah seru nii liburannya.. dari puncak gunung sampai dasar lautan..
Mt. Kinabalu meninggalkan luka buat kami (saya n buddy) karena janji tak sampai...
Tahun lalu berjanji untuk mendaki di tahun ini gak kesampaian.. malah berpaling ke perkecimplang kecimplungan tanpa rasa menyesal.. hehehe...
[bukan begitu, buddy??]

Terusin oom Wisnu ceritanya... :wink:


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Thu Oct 28, 2010 2:49 pm 
Offline

Joined: Mon Jun 14, 2010 4:46 pm
Posts: 62
Location: siberia
ijin nyimak ya om.. kebetulan midbreak ini mau nyoba nyelem di mabul sipadan.. tolong di deskripsikan detail tripnya ya om :D


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Thu Oct 28, 2010 5:24 pm 
Offline
User avatar

Joined: Tue Sep 15, 2009 3:15 am
Posts: 1396
Location: Katameya Heights
Thanks bu dindon & mas bijal
Saya lanjutkan lagi ngedongengnya


Kita cuma sebentar di south peak, nggak tahan dinginnya apalagi kalau mau motret saya harus lepas glove – kebetulan saya pakai diving glove yang 3 mm.
Ketika hari mulai terang kita turun kembali menuju Laban Rata.
Kalau pada saat naik, hari masih gelap, kita tidak bisa melihat dengan baik, maka yang bisa kita lakukan Cuma berpegang ke tali untuk merangkak naik maka pada saat turun kesannya lebih menyeramkan karena jurang yang curam dan menganga lebar tampak jelas. Istri saya tampaknya agak kaget juga dengan pemandangan yang menurut saya sangat indah. Anyhow, perlahan dan pasti dia menuruni lereng yang curam; sementara kedua anak saya tampaknya malah bisa lebih menikmati perjalanan turun.


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.


Last edited by wisnu on Fri Oct 29, 2010 5:17 am, edited 1 time in total.

Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Thu Oct 28, 2010 5:34 pm 
Offline
User avatar

Joined: Tue Sep 15, 2009 3:15 am
Posts: 1396
Location: Katameya Heights
Sekitar pkl. 08:30 kami sampai kembali ke Laban rata, langsung breakfast dan karena waktu check-out adalah pkl. 10:00 pagi; kita coba manfaatkan untuk tidur sebentar. Dan ini rasanya merupakan kesalahan; karena begitu terbangun .. seluruh tubuh rasanya malah sakit semua dan kepala juga terasa pusing. Namun tidak ada pilihan; mau tidak mau kita tetap harus turun; tidak ada taksi atau angkutan umum .. yang ada adalah perjalanan turun sejauh 6 km yang cukup menyiksa tulang tua kita berdua (saya dan istri). Setiap langkah turun terasa begitu menyakitkan dengkul dan paha.
Pada awalnya kedua anak saya juga sedikit mengalami kesulitan namun setelah menempuh 1 km mereka ngebut turun .. dan bahkan sampai di Timpohon gate sekitar 1 jam lebih awal dari saya dan istri.
Ketika kami sampai di Timpohon Gate keduanya malah cengengesan karena masing-masing telah memesan dan menghabiskan instant noodle dari toko kecil dekat pintu gerbang – padahal mereka tidak membawa uang sama sekali.


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Thu Oct 28, 2010 6:03 pm 
Offline
User avatar

Joined: Tue Sep 15, 2009 3:15 am
Posts: 1396
Location: Katameya Heights
Bagian 2 – Mabul, Sipadan dan Kapalai


Singkat cerita, setelah makan siang di restaurant Kinabalu Park; sore itu juga kita langsung turun ke KK dan check-in ke Sea Park Condotel yang murah meriah; dekat terminal 2 Kota Kinabalu.
Keesokan harinya; kami terbang ke Tawau dengan pesawat Air Asia ETA 07:20, ETD 08:10. Lagi-lagi, menaiki dan menuruni tangga pesawat adalah sebuah siksaan buat kami berdua. Anak-anak tampaknya lebih cepat pulih; bisa jadi karena mereka selalu rutin olahraga setiap hari.
Dari Tawau langsung transfer ke Sempoerna, sekitar 1 jam perjalan darat dan kemudian dilanjutkan dengan boat meunju pulau Mabul. Karena low tide, perjalanan harus memutar; membutuhkan waktu hampir 2 jam.
Untuk menyelam di mabul, Sipadan dan Kapalai terdapat beberapa pilihan. Yang mau bercapek ria menempuh perjalanan panjang bisa menginap di Sempoerna, cukup banyak pilihan hotel; dari yang budget sampai yang bintang 3. Kalau tidak mau menghabiskan waktu sekitar 3 jam sehari untuk perjalanan, maka pilihannya adalah di pulau Mabul atau Kapalai. Di Pulau Sipadan sendiri, sejak beberapa tahun yang lalu tidak ada resort yang beroperasi disana. Untuk mereka yang berkantung tebal bisa memilih tinggal diresort papan atas seperti Sipadan Water Village, Sipadan Mabul resort, atau Sipadan Kapalai Dive resort. Untuk fullboard diving paket, 3hari/2malam, 6x dive tarifnya berkisar USD 700 – 1000 per orang – dengan catatan tidak ada jaminan bisa diving di Sipadan.
Pilihan yang lebih murah adalah Borneo Diver Mabul resort di Mabul atau anjungan lepas pantai yang dimodifikasi menjadi dive resort, yaitu Seaventure. Nah kalau mau lebih murah lagi pilihannya adalah dive resort backpacker seperti Billabong, Arung hayat, Long House, Uncle Chang, Jeff Scuba dan beberapa homestay sederhana lainnya di pulau Mabul. Mohon dicatat, tidak semua nya memiliki license untuk beroperasi di Sipadan, jadi harap cek lagi kalau berminat menggunakan jasa mereka.


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Thu Oct 28, 2010 6:31 pm 
Offline
User avatar

Joined: Tue Sep 15, 2009 3:15 am
Posts: 1396
Location: Katameya Heights
Pilihan kami jatuh ke Billabong Scuba, selain paling murah juga berani menjamin untuk bisa diving di pulau Sipadan untuk paket 3hari/2malam. Untuk paket 3hari/2malam, 7 x diving termasuk 3x diving di Sipadan, biayanya “Cuma” RM875 atau sekitar USD 280. Kalau kita cek ke Traveladvisor, sebagian besar memberikan review yang sangat negative.
Memang benar, dibandingkan dengan rumah petak sewaan yang banyak tersebar diperkampungan Jakarta bahkan RSS sekalipun masih lebih baik dibandingkan home stay Billabong; yang pada dasarnya Cuma rumah panggung kayu sederhana seperti yang banyak dijumpai diperkampungan nelayan.

Untungnya, kita telah siap mental sehingga tidak kaget dengan kondisi tersebut. Bahkan kita cukup beruntung karena mendapat kamar yang baru dibangun/renovasi dan dilengkapi AC dan dilengkapi kamar mandi kecil yang Cuma berisi toilet duduk serta ember kecil utk menampung air. Listrik hanya tersedia malam hari.

Jangan berharap ada system drainasi atau plumbing yang benar – semuanya langsung masuk kelaut termasuk yang biasa kita keluarkan setiap pagi; bercampur dengan limbah buangan serupa dari ratusan rumah penduduk dan juga homestay serupa. Terus terang saya jadi nggak berminat untuk snorkeling di sekitar situ .. meskipun saya lihat beberapa bule tampak nya cuek2 saja bersnorkelingria.


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Thu Oct 28, 2010 7:02 pm 
Offline
User avatar

Joined: Tue Sep 15, 2009 3:15 am
Posts: 1396
Location: Katameya Heights
Meskipun tampak menyedihkan dan banyak review yang negatif namun dive center ini memilki pangsa pasar tersendiri .. termasuk kami tentunya.
Saya kami sampai disana, seluruh kamar yang mereka punyai .. yaitu 12 kamar terisi penuh; bahkan kamar untuk kami masih belum siap. Mereka juga sedang membangun kamar tambahan.

Kami sampai disana sekitar pkl. 12:00 siang; langsung makan siang ... yang cukup enak paling tidak untuk lidah kami.
karena kamar kami baru akan siap pkl. 16:00; maka selesai makan langsung membongkar peralatan untuk segera diving di house reef mabul resort.
terus terang saya cuma berharap resort besar tersebut memliki system pembuangan yang benar.
Viz. di mabul house reef tidak terlalu istimewa; memiliki dasar pasir putih. Type diving disini adalah muck diving ataupun macro .. namun demikian kami memmperoleh kejutan yang menyenangkan karena baru beberap saat nyemplung langsung berjumpa dengan 3 ekor hawkbill turtle berukuran besar yang sedang beristirahat.

Typical diving time di daerah sini tampahnya sama dengan Tioman yaitu cuma 45 menit atau 50barg, mana yang lebih dahulu. Untungnya dive guide kita tidak pelit untuk memberikan tambahan waktu sekitar 10 - 15 menit.

Selesai diving 1, kita istirahat sebentar untuk kemudian dilanjutkan dengan mandarin fish diving sekaligus night diving.


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Thu Oct 28, 2010 7:21 pm 
Offline
User avatar

Joined: Tue Sep 15, 2009 3:15 am
Posts: 1396
Location: Katameya Heights
Keesokan harinya sesuai dengan rencana kami diving ke Sipadan. Untuk lokasi diving yang pertama adalah Baracuda point ... tidak banyak komentar ... memang lokasi ini sangat menakjubkan ... jackfish school, barracuda tornado, sharks, turtles, healthy corral ....


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Thu Oct 28, 2010 8:18 pm 
Offline
User avatar

Joined: Sat Jan 27, 2007 6:53 pm
Posts: 1379
Location: Sanur - Bali
Wow, great holiday..., puncak gunung sampai masuk lautan...hehhee

Saya baru sampai di Bali , 20-25 Oct, saya ada di Sipadan Water Village, apa tanggal kita sama ya atau beda ?

_________________
Instructor & Trips Organizer
Bali Marine Diving, Dive for Bali & Beyond
CP : Nicky/WA 08123891254/08123808808
Web : http://www.balimarinediving.com
FB : http://www.facebook.com/balimarinedive
IG : @balimarinedive
Twit : @balimarinedive


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Thu Oct 28, 2010 8:54 pm 
Offline

Joined: Sun Jun 20, 2010 6:54 pm
Posts: 110
Pak Wisnu, great vacation, nice story & beautiful pics.

Btw, kemarin waktu naik AA saya sempat baca article yang ditulis anak Bapak (Melati) soal trip ke Gn. Bromo. Tulisan nya rapi dan sangat komunikatif. Ternyata mewarisi bakat menulis dari Ayah nya.

Sekali lagi terima kasih atas sharing nya


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Fri Oct 29, 2010 5:36 am 
Offline
User avatar

Joined: Tue Sep 15, 2009 3:15 am
Posts: 1396
Location: Katameya Heights
@molamola
saya diving di paradise 1 dan 2 tgl. 19 kemudian Sipadan tgl. 20 dan Kapalai + mabul lagi tgl. 21.
Waktu di Sipadan saya sempat ngecek nyari kalau2 ada rombongan dari Indonesia khusus beli Nicki .. tapi cuma ada 2 orang cewek yang teregister dari Indonesia selain kami berempat.
di sipadan yang pasti nggak ketemu mola-mola .. yang banyak adalah turtle dan sharks :P

SWV .. resort top di mabul .. cuma berat di kantong ..


Last edited by wisnu on Fri Oct 29, 2010 6:45 am, edited 1 time in total.

Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 32 posts ]  Go to page 1, 2, 3  Next

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 3 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
cron