It is currently Sat Oct 21, 2017 1:55 pm

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 4 posts ] 
Author Message
 Post subject: Cleanning time...
PostPosted: Sun Sep 17, 2006 10:59 am 
Offline
User avatar

Joined: Mon Jun 19, 2006 1:52 pm
Posts: 1318
Location: Jakarta
cuci mencuci gear yang harus dilakukan sehabis diving pastinya...
itu untuk glove yang jadi cemong karena warna karang bagaimana cara membersihkannya ya? apa bisa pake rinso? nanti bukannya jadi brindil?
terus untuk wetsuit, bd, regulator, fin dllnya juga diapain sih... sekedar dibilas aja???

A.S.A.P dong


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Sun Sep 17, 2006 5:49 pm 
Offline
Site Admin
User avatar

Joined: Mon Jun 12, 2006 10:40 pm
Posts: 1030
Location: kingdom of undersea
Singkat aja yaa...

REGULATOR
Rendam sebentar dan bilas dengan air bersih. Lebih baik dengan air yang mengalir (dari selang). Pastikan dust cover & protective caps dalam keadaan terpasang. Jangan pencet purge valve jika regulator dalam keadaan terendam. Jika tanpa sengaja air masuk ke regulator, segera beri tekanan (pasang tangki) untuk mengeluarkan air. Keringkan di tempat yang berventilasi atau tidak secara langsung terkena sinar matahari. Setelah kering, simpan ditempat sejuk dan kering serta terhindar dari sinar matahari. Simpan dengan cara digantung atau dalam keadaan tergulung secara bebas, jangan dibengkokan/digulung paksa. Lebih baik jika menggunakan regulator bag yang ada busanya (padded).

BCD
Bilas dengan air bersih. Inflate sedikit dan masukan air melalui inflator sambil menekan tombol deflate. Bolak balik (kocok2 ?) beberapa kali, lalu keluarkan air melalui dump valve atau inflator. Bilas semua dump valve sampai bersih. Jangan menggunakan bahan2 disinfectant atau solvent. Jika perlu, bisa gunakan sedikit deterjen lembut untuk mencuci bagian luar saja. Keringkan di tempat yang berventilasi atau tidak secara langsung terkena sinar matahari. Setelah kering, simpan dalam keadaan dikembungkan sedikit dan gantung ditempat sejuk dan kering serta terhindar dari sinar matahari.

WETSUIT
Rendam sebentar dan bilas dengan air bersih. Jika perlu bisa menggunakan sedikit deterjen lembut, neoprene detergent atau wetsuit shampoo yg, banyak dijual di toko2 diving. Jangan sekali2 menggunakan deterjen yang keras, pemutih, pelembut dll. yang tidak dirancang khusus untuk neoprene. Keringkan di tempat yang berventilasi atau tidak secara langsung terkena sinar matahari. Setelah kering, minyaki zipper dengan wax atau silicone spray. Gantung dengan hanger khusus ditempat sejuk dan kering serta terhindar dari sinar matahari. Jangan disimpan dalam keadaan dilipat.

FINS, MASK, SNORKEL, BOOTIES
Bilas dengan air bersih. Gunakan sedikit saja deterjen lembut jika dirasa perlu. Keringkan di tempat yang berventilasi atau tidak secara langsung terkena sinar matahari. Untuk mask, pastikan silicone skirt tidak bersentuhan dengan produk karet lainnya pada saat disimpan. Sebaiknya menggunakan protective case utk. menjaga skirt tidak berubah bentuk. Utk. fins, jangan diletakkan secara vertikal (disandarkan ke dinding). Letakan fin secara horisontal di tempat yang datar, untuk menghindari perubahan bentuk. Pastikan semua buckle dalam keadaan terpasang.

INSTRUMENT
Setelah dibilas dengan air bersih, keringkan dengan lap lembut yang bersih. Jangan disimpan dekat dengan HP dan jangan disimpan di tempat kedap udara (airtight container). Hal ini bisa merusak kalibrasi.

Untuk Glove yg. ternoda, gw pernah ngalamin n gw gosok2 pake deterjen. Yaa.. hasilnya jadi brindil2 gitu deh :D Mgkn pake obat khusus untuk suede leather bisa kali yee... belum pernah coba sih. Ada yg. bisa bantu...?

_________________
PETUALANG - Penyelam Tua Lupa Pulang


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Sun Sep 17, 2006 6:42 pm 
Offline
User avatar

Joined: Mon Jun 19, 2006 1:52 pm
Posts: 1318
Location: Jakarta
wah... tanggapannya amat sangat cepat dan membantu sebelum gw ngerusak barang pinjeman hehe...
thanx thanx :D :D :D :D ....
tapi buat glove gw blm ada penyelesaian, hix :cry: ...


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Fri Sep 22, 2006 1:24 pm 
Offline
User avatar

Joined: Tue Sep 12, 2006 1:19 pm
Posts: 49
Location: Bali
perlakuan gloves kurang lebih sama ky peralatan yg lain. ato kucek pelan stlh direndam bentar dgn deterjen yg lembut ato shampoo bayi, abis gitu di'angin2. stlh kering, jgn dilipat.

yg bikin brindil kan gesekan, deterjen yg keras, kucekan yg bernapsu dan panasnya matahari.

_________________
from the deep,
pandala_uwm


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 4 posts ] 

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 2 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
cron