It is currently Tue Oct 17, 2017 10:57 am

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 8 posts ] 
Author Message
 Post subject: Pengalaman Servis Regulator
PostPosted: Tue Aug 11, 2015 2:20 pm 
Offline

Joined: Fri Jul 12, 2013 1:10 pm
Posts: 14
Akhir tahun 2012 saya dan bbrp teman saya mulai diving. Saat itu kami langsung beli gear lengkap.
Untuk Regulator saya pilih Apeks XTX200, sedangkan 3 teman saya pilih Scubapro MK25/S600 dan MK25/A700.
Gear itu kami pake dan tidak ada keluhan sama sekali. Dalam setahun paling hanya 2-3 trip.
Bulan Oktober 2015, rencananya kami akan ada trip lagi, makanya kami ingin servis regulator walaupun tidak ada keluhan apa-apa.

Saya pun servis di Divemasters (sekarang Masterselam) dan teman-teman saya servis di Seapearl.
Servis selesai dalam 3 hari.

Nah.... di sini mulai serunya...
Jasa servis yg disediakan Masterselam hanya pemeriksaan dan overhaull. Waktu diperiksa, teknisinya bilang kalau octopus saya free flow dan ada yg macet di 2nd stage.
Biaya yg harus saya bayar untuk servis Apeks XTX200 adalah Rp. 1.886.000, dengan perincian penggantian part 1st stage Service Kit (Rp 588.000), 2nd stage service kit (Rp 488.000), O-ring (Rp 26.000) dan mouthpiece (Rp 242.000). Jasa servis Rp. 572.000

Teman-teman saya membayar Rp. 283.000 untuk servis 3 (Tiga) Regulator, untuk biaya pengecekan semua dan part yg diganti cuma O-ring.
Dengan kata lain, biaya servisnya hanya Rp. 94.333 untuk 1 buah regulator.

Saya pun menanyakan ke teknisi masterselam kenapa perbedaannya seperti langit dan bumi? Dan saya juga tentunya tidak minta uang saya dikembalikan.
Akan tetapi jawaban sms dari Teknisinya terasa kurang simpatik, saya kutip:
"Service dmn yah pak? Untuk biaya jasa servicenya saja di sini Rp. 572.000/set reg, belom termasuk spare part yg d ganti. ......"

Ketika saya bilang bahwa pembandingnya adalah servis scubapro di Seapearl, jawabannya:
"O, ya iya lah pak, sama bpk service mobil aja. misal Satu service di astra Honda satu lg d service di BMW, beda Merk beda spare part Pak."

Dari baca-baca di forum, Apeks XTX200 dan Scubapro MK25/S600(A700) adalah regulator bagus.
Cuma kalo saya tahu bahwa biaya servise regular Apeks saya harus keluar uang jauh lebih banyak dibanding kalau saya servis SP, mungkin waktu itu saya mikir 2 kali untuk beli Apeks.

Buat teman-teman forsel, apakah punya pengalaman servis? bagaimana dengan biayanya? Ada solusi yg lebih murah?

* Buat teknisi masterselam, informasi aja kalo mobil Honda itu di Indonesia tidak diurusin sama Astra, kalo motor Honda iya :-)


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Pengalaman Servis Regulator
PostPosted: Tue Aug 11, 2015 5:30 pm 
Offline
User avatar

Joined: Tue Mar 31, 2015 2:23 pm
Posts: 118
Location: Palembang, Indonesia
Ikut menyimak dulu ah.. Mungkin suhu2 dibawah saya bisa kasih masukan..

Yang pasti kalau ngomong beda merk, ya pasti beda, tapi XTX200 dan MK25/S600 atau MK25/A700 itu sama2 regulator High End dari masing2 Brand dengan range harga yang sama, jadi seharusnya biaya service dan spare parts nya pun tidak terpaut jauh.
Kecuali memang ada kerusakan yang part penggantinya memang mahal.
Yang pasti kalau liat harga Service Kit nya, memang rata2 segitu sih Om, malah saya bingung kalau di SeaPearl bisa harga segitu, karena harga Service Kit ScubaPro Mk25 nya saja harusnya lebih dari itu.
Kemungkinan yang Apeks setelah di check benar2 harus diganti semua, sementara yang ScubaPro setelah di check masih bagus dan hanya perlu ganti beberapa O-ring saja tidak harus Full Set.
Tapi seharusnya kalau memang benar2 Service Berkala, dia diganti semua walaupun ada yang masih bagus.
Itu diluar biaya Jasa Service yang masing2 pasti berbeda2.

Sekedar ilustrasi:
http://www.ebay.com/itm/scubapro-mainte ... 2802470581
http://www.ebay.com/itm/APEKS-Travelkit ... 3ce3466028

Yang jelas tujuan utama dari Service Berkala ini adalah menjamin agar Regulator kita sebagai sumber kehidupan utama saat Scuba Diving bisa berfungsi sebagaimana mestinya.
So we can have a safe dive..! :D

_________________
Yuri Rahardi Pratomo
YuZi Store - Palembang, Indonesia
xDEEP Indonesia - European Made
GULL Japan - AQUATEC Taiwan
Phone/WA : +62-811-7101905
BBM : YURI1987
Skype : rahardi.pratomo
E-mail : [email protected]


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Pengalaman Servis Regulator
PostPosted: Tue Aug 11, 2015 11:27 pm 
Offline

Joined: Thu Aug 06, 2009 3:03 am
Posts: 1022
Location: Gili Trawangan
waduh mahal sekali yah nih

kalo soal ongkos servis menurut saya sih itu adalah ongkos servis saja jd tidak termasuk spare part itu sudah fair tapi untuk biayanya berapa mungkin ada baiknya customer jg menanyakan terlebih dahulu kepada dive shop sebelum memutuskan untuk servis, krn kl sudah terjadi seperti ini kan jd gak enak jg yah....

untukspare part harga berapa nah ini sedikit tricky krn di indonesia kita hanya ada 1 brand per toko jd seperti apeks hanya di juala di DM dan scubapro hanya di Sp yah itu dah gak bs kita hindari kecuali beli dr ebay sih bs bs aja tuh....

untuk pemilihan di DM dan SP sih saya rasa sudah tepat krn emang itu dah distributor aslinya jd kalo antara honda dan bmw sih dah bener yah bukan kita bawa honda kita ke bengkel vespa kan mas dan jawaban teknisinya sih agak kurang berpendidikan kayanya yah, kecuali kalau kita jawab saya kerjain sendiri tuh sih oke, tapi ini kan dibandingkan dgn distributor lainnya yaitu Sp jd hrs nya setara yah.....

untuk harga 293.000/set sih sudah murah bgt mengignat itu 3 unit jd 94rb ya mas...nah ini si DM kemahalan atau SP kemurahan yg saya gak tau juga nih....

untuk kenapa apeks ganti semua parts dan sp ganti oring doang itu biasanya terserah dr pelanggan krn kebiasaan saya kadang cuma minta ganti yg sdh rusak aja dan yg msh bs dipake boleh dipake lagi deh. atau kl emang dah lama bgt ya ganti semua jg gak papa deh. karena spare part itu ada 2 jenis oringnya yg statis dan dinamis. kalo kejadian saya di divecenter di gili yg biasa kita servis hanya kita buka dan bersihin semuanya tiap 3 bulan sekali. 3 bulan DC di gili bs 200-300 dive soalnya nih mas krn kita pakai tiap hari. Nah setalah kita buka biasanya yg selalu kita ganti adalah filter dan oring dinamisnya(oring yg bergerak kaya di piston) krn itu yg pasti rusak nah kalau yg oring statisnya kaya yg ada di hose kita liat apakah msh bs dipakai atau tidak dan ini bukan menurunkan kualitas tapi emang tuh oring diem doang jd gak rusak dlm 3 bulan. biasanya oring ini rusak krn waktu dan kejemur atau kl sering pake nitrox nah ini sering kena juga mas....

nah kl di SP dia gak ganti oring KIT mungkin karena dirasa masih bagus krn cuma pake 2-3 setahun kan tp yah mungkin ditanyain disana aja yah biar pastinya. dan pastinya mereka jg punya lat untuk ngecek reg itu masih bagus atau ngak nya....

mungkin lain kali tanya ke sp bs gak tlg servisin Apeks dsana supaya gak kena biaya terlalu mahal kan mas buat jasanya.....

_________________
don't dream your live, but live your dream.......


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Pengalaman Servis Regulator
PostPosted: Wed Aug 12, 2015 8:39 am 
Offline

Joined: Fri Jul 12, 2013 1:10 pm
Posts: 14
Terima kasih tanggapan para suhu,
Saya memang sudah menanyakan estimasi biaya sebelum melakukan servis, dan estimasinya memang gak jauh dari aktual.
Yang bikin kaget justru ketika saya tahu biaya servis SP. Jadi komunikasi saya dengan teknisi DM bukanlah komplain tetapi lebih kepada curhat.

Seperti yang saya tulis di atas, DM hanya menyediakan jasa Check/Periksa atau Overhaul, nothing in between. Jadi sepertinya DM tidak bisa hanya mengganti "yg rusak saja" karena semuanya dalam 1 kit. Kebijakan ini yg mungkin berbeda dengan SP.

Mengenai servis Apeks di SP, saya belum pernah tanya apakah kebijakan SP bisa menerima servis regulator selain SP.
Kalau di tempat lain saya pernah tanya, yaitu di alatselam.com dan oceanic. Jawabannya mereka tidak bisa menerima servis Apeks karena tidak punya sparepart nya.

Jadi mungkin urusan servis mungkin harus dipertimbangkan juga waktu mau membeli regulator.


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Pengalaman Servis Regulator
PostPosted: Wed Aug 12, 2015 3:17 pm 
Offline
User avatar

Joined: Mon Dec 14, 2009 9:47 pm
Posts: 177
Location: di atas ombak, di bawah laut
cuma mau komen yg service MK25/S600 di SeaPearl.. itu koq murah banget yah? saya udah 2-3 kali service rutin per 18 -24 bulan (50-100 log) koq biaya nya tidak semurah itu.. apa mungkin salah kasih harga..?? kalau tidak salah biaya service saya sekitar 1jt (kurang-lebihnya tergantung USD), dan hanya ganti o-ring set yg tidak mungkin ratusan ribu rupiah... CMIIW

_________________
-ardi-
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Let's Go Diving


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Pengalaman Servis Regulator
PostPosted: Thu Aug 13, 2015 6:14 pm 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
Guys,

Wear and Tear dari pemakaian menentukan apa yang di ganti di dalam sebuah regulator.
Ini artinya jam pakai pengaruh.

Lalu lain merek ada policy beda dalam apa yang di sebut FULL REPAIR/OVERHAUL KIT.
FULL REPAIR/OVERHAUL KIT atau parts satuan.
Jika tidak boleh beli parts satuan, maka akan perlu beli FULL REPAIR KIT, walaupun parts masih bagus.

Lalu ada maintenance yang bicara tahun, ada yang bicara berapa dive.
Yg pasti ada kategori per 1 tahun harus di ganti ini dan ono nya.
Kalo dive resort biasanya 3-6 bulan sekali malahan di service total bagi operator yang apik, sebab sehari kan bisa 2x dive minimal.

Saya tak hafal harga biaya overhaul atau service ringan atau parts tok, yang pasti jika bisa gantik spare parts as needed only, biaya akan murah. Tapi Rp93K biaya service MK25 mah tak mungkin lah. Mungkin cuma ganti 1 ato dua o-ring dan secara spefisik di minta oleh owner untuk tidak lakukan OVERHAUL.


Comparison biaya harus lah apple to apple, yaitu :
FULL REPAIR/OVERHAUL KIT di 1st stage, 2nd stage, Octopus, lalu Pressure Gauge swivel kit + o-ring dan BCD hose coupling assy o-ring + biaya kerja.
Nah kalo semua ini di lakukan, baru lah ketauan harga nya.

01. Terakhir adalah, ada merek cari doku di jasa service dan spare part.
Ada merek lakukan service lebih ke after sales support dan margin tipis memadai.

02. Yg pasti TX200 adalah diaghram regulator kayak MK-17 dan itu pasti lebih mahal spare part nya ddi banding PISTON type MK25. Diaghram regulator itu membrane-nya ajah ada 2 lalu push pin ada 1. Minimal 3 extra component di spare partnya tok. Belum lagi jeroan diaghram itu serba kecil, belain "dry chamber" nya, maka bisa jadi harga spare part itu lebih mahal.

03. Yg final adalah, MK25 itu umur tayang nya sudah lama sekali dalam bentuk MK20 dan abang abangnya MK5 di tahun 1965 dan di refined terus menerus. Komponen demi komponen di improved.

MK 2 ajah history nya sudah semenjak 1963 dan di refined, di refined terus.

04. Jika sebuah model itu sudah evolved lama dan sukses, harga spare part akan turun, sebab tercapai economy of scale dalam produksi.

01-04 adalah jawaban general, kenapa harga spare part dan jasa bisa beda.

Dive safe.........

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Pengalaman Servis Regulator
PostPosted: Fri Aug 21, 2015 12:02 am 
Offline
User avatar

Joined: Mon Oct 18, 2010 10:41 am
Posts: 118
Ikut nimbrung ya om..

Kalo misalnya dalam setaun kita tidak pake regulator itu,
atau jika setahun hanya 20x dive.

Apakah bijak untuk mengoverhaul om?
Atau cukup ganti spare part yang perlu diganti?
Atau bahkan tidak perlu diapa-apakan?
Saran dari senior-senior, regulator adalah barang yang perlu diservice tiap taun,
tapi kalo kondisinya jarang dipake seperti kasus diatas, maintenance seperti apakah yang cocok?

Kalo dari kekhawatiran manusiawi saya,
rasa-rasanya itu regulator sebaiknya diservice aja tiap taun biar aman meskipun tidak digunakan.
(ada kata biar aman, ini karna takut failed pas dipake)
Tapi apakah itu benar / bijak?

_________________
~ T h o m a s S a t r i o


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Pengalaman Servis Regulator
PostPosted: Sat Aug 22, 2015 1:56 pm 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
Kalo sesuai saran OEM sih per 1 tahun OVERHAUL total, jika pernah di pakai, walaupun jarang dipakai.

Regulator walaupun jarang di pakai, masuk air laut sedikit bisa terjadi, ini penyebab-nya.

01. Saat regulator di geletakan di kapal, tidak terpasang ke tabung...penutup/plug inlet 1st stage nya tidak sempurna.
Kendor atau o-ring di plug nya tak sehat atau material karetnya si plug sudah kering. Item 19
Image


.
02. Kapal kena ombak, tabung basah. Walaupun ada selotip kertas, air tetap akan masuk sebanyak minimal 5-7 tetes.
Lubang imut2 output udara di katup tabung, sampai posisi aktual high pressure seat , ada jarak 1 cm
Image
Lalu diver tidak bersihkan berkas air dengan terlebih dahulu purge/buka katup tendang itu sisah air, dan main langsung pasang 1st stage ke katup tabung.
Jangankan situasi berombak. Diver yg wetsuit basah dan jalan di atas tabung baru belum di pakai, akan sumbang air laut ke katup tabung. Selalu biasakan katup tabung itu posisi lubang udara di katup, arah ke lantai ( jangan ke langit ) saat rebah di lantai kapal. Selalu purge tabung sebelum 1st stage kita pasang ke tabung....dua kali cozzz 1 detik cukup deh.



.
03. Tabung dipakai sampai kosong total. Ini air masuk nya bisa ke tabung juga dan ke regulator.
Ini jika cukup banyak masuk air, cukup 10 tetes dan jika air sampai kena drat antara tabung dan katupnya, bisa macet itu drat, sebab visual inspection tabung per 1 tahun....keburu kacau deh. Tabung yg sempat habis total, harus segera di visual inspection dan di bersihkan.

Ini 01-03 bicara air laut


Sekarang kita bahas joroknya tabung nya sendiri.

04. Jika air fill center nya tidak disiplin ganti filter cartridge compressor, itu air akan selalu ada di tabung selam dari proses air-fillnya sendiri. Maka se apik2 nya diver, kalo tabung nya yang jorok, tetap regulator akan bonyok.

05. Jika air fill center nya SANGAT tidak disiplin ganti filter cartridge compressor, media activated carbon dan molecular sieve di filter cartridge compressor akan produksi :

AA - sulfuric acid ( asam sulfat ) dari activated carbon yg sudah over saturated
Ini contoh gampang di pahami effek asam sulfat kepada sponge dan alumunium

Sponge
https://www.youtube.com/watch?v=QciCaa0l6TE

Alumunium
https://www.youtube.com/watch?v=O1MpQv-P-24


BB - Molecular sieve , jadi bubuk, selain dari abu bawaan nya. Ini juga karena over saturated.


05. BB bisa di tangkap di filter logam ( sintered filter ) 1st stage. Cuma kalo banyak yah mampet lah lama2.
Image

Image


Ini contoh tabung yang jorok ( ini sisi internal dan pantatz nya tabung ) , karena compressornya jorok banget.
Image


Maka, pemakaian regulator, jika dengan asumsi a perfect world, aman aman saja tak di service 1 tahun pun atau 300 dive, sebab udara produksi compressor yang lulus EN120212 , itu bersih sekali dan tabung akan kering banget. Juga kita asumsi diver super apik dan vigilant dan tidak akan regulator masuk kotoran. Ini kan cerita a Perfect World.

Apakah semua kondisi yg kita alami adalah a Perfect World ?

Perawatan ada dua macam.
Preventive dan repair
Jika kita apik, overhaul total jadi preventive maintenance
Jika kita apik tapi tabung nya jorok, overhaul total akan jadi early repair dan sukur2 tidak ada cacat di internal 1st stge regulator kita yang akan buat potensi 1st stage kita tidak lagi 100% mulus secara internal. Mulus itu penting di internal 1st stage sebab mulus akan buat gesekan atau friksi di handle oleh pelumas dan tidak makan logam dan ini buat intermediate pressure stabil dan o-ring dynamic tidak rusak karena cacat kena permukaan gesek kasar* ( korosi buat logam jadi grepes ). Jika o-ring dinamik pecah, bye bye supplai udara.

Setiap kali kita tarik nafas itu 1st stage regulator akan response kayak peredam kejut mobil, turun naik dan gesek terus, sebab menjaga pressure ke 2nd stage sekitar 9 BAR. Dalam 1 tahun dan 50 dive saja, itu gerakan mekanikal 1st stage akan sudah entah berapa puluh ribu atau ratus ribu kali.

Jika diver jorok dan tabung jorok...yah accelerated wear and tear akan terjadi.

Selalulah perhatikan faktor lain yg akan buat alat kita jadi aging prematurely. Kita bisa jaga disiplin, service provider yang kita bayar, belum tentu bisa jaga disiplin/quality.

Dive safe....
.

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 8 posts ] 

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to: