It is currently Fri Dec 15, 2017 2:08 am

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 9 posts ] 
Author Message
 Post subject: Carbon Fibre Scuba Cylinders
PostPosted: Fri Dec 20, 2013 9:48 am 
Offline
User avatar

Joined: Thu Jul 09, 2009 5:51 pm
Posts: 1571
Location: Jakarta
Hebat yah kemajuan teknologi...

Sekarang sudah mulai lazim penggunaan scuba tank yang terbuat dari material carbon fibre. Dan hebatnya lagi, carbon fibre tanks ini bisa diisi sampai tekanan 300bar! Artinya dapat memuat udara lebih banyak.

Apa kelebihannya? Yang jelas kata pembuatnya lebih ringan dan lebih aman (karena batas tekanannya tinggi).

Mungkin ada yang bisa memberikan reviewnya disini? Mbah Surya? Lainnya? :D

Attachment:
12lmono.jpg

Attachment:
vergleich12e.jpg


Attachment:
12ldoppel.jpg

Attachment:
vergleich12de.jpg


canggih! :-bd


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

_________________
BBeXplorers - Indonesia's Center for Diving Excellence | GUE Affiliate | We provide: Diver Training, EFR Training, Halcyon Dive Systems | Need info on joining DAN? E-mail me: rendra [at] banyubiru.org | Join our group on facebook: Banyu Biru Explorers


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Carbon Fibre Scuba Cylinders
PostPosted: Fri Dec 20, 2013 11:08 am 
Offline

Joined: Sun Jul 21, 2013 12:04 pm
Posts: 238
>> Yang jelas kata pembuatnya lebih ringan dan lebih aman
artinya weigt nambah dung. buat saya yang pinggangnya ramping, pake weight belt adalah "penderitaan". besi ketemu tulang. makanya lebih suka yang integrated

>> bisa diisi sampai tekanan 300bar! Artinya dapat memuat udara lebih banyak

Skr sudah ada ygn mau nyiapin di atas 200 bar? energi (kompressor) dari 200 menuju 300 lebih banyak dibandingkan 0 - 200 kali ya? Artinya kompressornya harus lebih kuat juga

Regulator? apakah bisa regulator first stage tipe biasa?


salam
ijay


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Carbon Fibre Scuba Cylinders
PostPosted: Fri Dec 20, 2013 3:07 pm 
Offline

Joined: Wed Jul 17, 2013 11:53 am
Posts: 276
Location: Buitenzorg, Rain City, Kota Sejuta Angkot
Klo menurut bahannya, fibre carbon jelas lebih ringan, gaya tarik yg lebih tinggi namun gaya tekan lebih rendah... klo bagi pemula pakai ini lebih beresiko kena benturan yang mengakibat memperpendek umur cylinder....


Maaf klo salah ya...

_________________
Regards,
Adri


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Carbon Fibre Scuba Cylinders
PostPosted: Fri Dec 20, 2013 6:12 pm 
Offline

Joined: Thu Aug 06, 2009 3:03 am
Posts: 1022
Location: Gili Trawangan
Wihhhhh keren banget yah carbon. Dulu kayanya pernah dibahas di forsel tp lupa dimana. Tp sih yg pasti sih lebih mahal aja dan lbh bahaya kena benturan krn sifat karbon gak seperti alumunium or steel. Tp gak tau deh ya untuk teknologi skr mungkin carbon nya dah lbh canggih

Untuk kompresor sebenernya bs 300 bar hanya saja kompresor yg dijual di sini dilengkapi dgn safety valve 225 bar jd gak bs ngisi diatas itu kecuali ganti safety valvenya. Dan untuk ngisi 300 bar bakalan panas bgt kompresor dan jg serem bos bunyinya hehehhehe

Ayo siapa bs kasih review yg sudah coba nih

_________________
don't dream your live, but live your dream.......


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Carbon Fibre Scuba Cylinders
PostPosted: Sat Dec 21, 2013 1:11 am 
Offline
User avatar

Joined: Fri Aug 25, 2006 10:33 am
Posts: 1564
mentor ane pake tuh yang ukuran 100cuft buat gawe, gotongnya emang lebih enteng sih (kalo kosong)

_________________
Hernando Alkausar
--
www.hamueco.com/diving
+62-812-218-NNDO


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Carbon Fibre Scuba Cylinders
PostPosted: Fri Jan 03, 2014 6:21 pm 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
Kalo di lihat dari website ini :

http://www.carbondive.at/english/about-us

Artinya itu Wortington carbondive adalah Type 3 cylinder dan dari besi.

Luxfer juga ada yang dari alumunium, Type 2.
http://www.luxfercylinders.com/products ... ns?units=1

Type 2 dan 3 artinya, tabung tetap logam dan di balut kayak Mummy dengan carbon fiber atau Kevlar supaya bisa total beratnya berkurang dan tetap kuat.

Type 4 adalah full 100% non-metal tank. 100% composite.
Ini sering di pakai di mobil yang pakai CNG fuel. ( Compressed Natural Gas ).


Di luar dari sensitive-nya atau kelemahan daya lekat carbon di campur resin terhadap logam, tabung yang target operational pressure 300 BAR di banding 200 BAR bukan lah apple to apple.

Jika kita hitung pada 200 BAR si Worthington CarbonDive 12L ( artinya 12 liter ), maka isi udara nya cuma :
12 x 207 BAR = 2,484 liter
Tabung umum 80CF adalah 10.6 liter x 207 BAR = 2,194 liter, beda cuma 10%.

Jika kita hitung CarbonDive pada 300BAR = 12 Liter x 300 BAR = 3,600 liter baru lah beda banyak.
Jangan di hiraukan soal timah pemberat yang beda kebutuhan pada kedua jenis tabung ini, kita bahas air capacity terhadap compressor yang akan isi tabung carbon wrapped ini di Indonesia.

Regulator zaman sekarang , asal di ganti ke DIN, 300 BAR operasional tidak masaalah.

Tabung jenis carbon fiber wrapped, bukan lah untuk orang jorok, yang adalah 99% dari user profile untuk
cara handling dan rawat tabung.
Cara benar isi udara ke carbon fiber wrapped tank juga banyak orang tak paham, yaitu harus pelan pelan.
Pada ukuran tabung kecil, kayak 6 liter atau lebih kecil, harus ada restrictor valve, supaya heat build up tak tinggi.
.
Image

Sumber :
http://www.yorkshire-divers.com/forums/ ... 158&page=4

Yang paling di takuti jika tabung adalah baja di lapis carbon fiber, adalah :

01. Compressor di pakai harus super kering udara nya, alias di rawat sesuai EN12021.
Jika bablas umur filter di extend kayak kebanyakan SOP pemilik compressor saat ini,
korosi secara internal tabung baja ini akan cepat sekali.

02. Tabung carbon fiber wrapped tidak boleh ke jedot dan sampai carbon fiber strand nya exposed.
Carbon adalah graphite. Pada galvanic scale, graphite potential voltage nya di banding baja di atas 1 volt.
http://corrosion-doctors.org/Definition ... series.htm

Air laut bagaikan air aki ( electrolyte ), baja tabung dan carbon fiber bagaikan 2 logam berbeda dalam aki.
Terjadilah galvanic corossion.
Tengok dimana Zinc berada dalam tabel galvanic ? 1.25 Volt.
Tengok di mana alumunium berada ? 0.75 volt.
Tengok dimana besi berada ? 0.85 Volt
Ini lah sebabnya mesin tempel dan semua kapal laut dan semua oil rig, akan ada sacrificial Zinc Anode.
Zinc yang kalah gengsi nya ( nobality ) akan korban kan dirinya dengan berkeropos-ria demi membela logam lain.
Karena Zinc akan di tempelkan dengan kabel listrik atau di struktur logam akan nempel dengan logam yang akan di lindungi, Zinc akan jadi titik gensi terendah.

Housing camera kita yang alumunium pun ada secuil Zinc Anode nya.

Ini contoh propeller yang kena galvanic corossion
Image
Ini bahan nya NiBral padahal, Nickel Bronze Alumunium dan relatif tahan korosi.


Pada tabung baja atau alumunium di wrapped carbon fiber, si logam tabung lah yang akan grepes jika galvanic corossion terjadi.
Persenyawaan alumumium atau baja terhadap resin ( pasti expoxy resin ) yang adalah "LEM" dari si cabon fiber, tidak lah yahud sangat jika
environment adalah air laut. Di udara sih OK OK deh. Carbon fiber sendiri tanpa epoxy resin tak akan nempel ke apa pun.
Epoxy resin punya satu kelemahan, ia akan rusak kena UV nya matahari.
Di kapal fiberglass, resin yang di pakai adalah polyester atau vinlyester, ini lebih tahan terhadap UV tapi kekuatan kalah sama epoxy.
Maka epoxy hanya di pakai di lambung basah sebagai proteksi osmosis, sebab polyester dan vinlyester tidak lah waterproof sangat dan akan
jendol cacar lambung kapal fiberglass nya. Ini di sebut cacar air kapal fiberglass atau blistering. Epoxy lebih tahan lama terhadap "masuk" air,
tetapi akan tetap akhirnya masuk air juga.....tapi lama neh.

Image
Ini dia bekas cacar air di pecahkan dan di keringkan.



.
Image
Ini cacar air sebelum di kempesin :mrgreen:



.
Di darat sebagai tabung SCBA untuk fire fighter, carbon wrap tank sih relatif OK dan akan bantu banyak mobilitas
mereka. Di laut, kita sebagai owner kayak punya pacar Miss Universe di kelilingi oleh Don Juan lain =)) , meleng
dikit tak di jaga, potensi rusak sangat tinggi. Diameter 18cm tabung 80CF aluminium kita sama dengan tabung
Worthington carbon wrapped ini. Secara hidrodinamika frontal area bicara, maka tak ada untung nya untuk efficiency propulsion kita sebagai diver.

Fakta bahwa DOT ( Department of Transport USA ) akan berikan hanya 15 tahun maximum service life, di banding
technically 100,000 pressure cyle tabung aluminium bahan T6061 ( yang kita pakai saat ini setelah 1995 ).
In real life sih tabung 10 tahun alumunium pun sudah boleh di retired deh, cost of ownership di bawah US$20 doank pertahun mau apa lagi.

Jadi bottom line adalah, lupakan tabung carbon fiber wrapped deh. :mrgreen:

Kecuali kita mau dive di danau di gunung tinggi dan logistik akan untung dengan barang super ringan, itu lain cerita.
Untuk fire fighter atau hobby airgunner dengan pre-charged unit atau paintball gun yang pakai 207 BAR udara, boleh tuh.

Kalo untuk cool factor, boleh deh, apa ajah juga boleh. :mrgreen:

.

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Carbon Fibre Scuba Cylinders
PostPosted: Fri Jan 03, 2014 6:25 pm 
Offline
User avatar

Joined: Fri Aug 25, 2006 10:33 am
Posts: 1564
Surya Prihadi wrote:

Kecuali kita mau dive di danau di gunung tinggi dan logistik akan untung dengan barang super ringan, itu lain cerita.
Untuk fire fighter atau hobby airgunner dengan pre-charged unit atau paintball gun yang pakai 207 BAR udara, boleh tuh.


betull.. sesuai peruntukan ajaa

_________________
Hernando Alkausar
--
www.hamueco.com/diving
+62-812-218-NNDO


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Carbon Fibre Scuba Cylinders
PostPosted: Fri Jan 03, 2014 10:54 pm 
Offline
User avatar

Joined: Thu Jul 09, 2009 5:51 pm
Posts: 1571
Location: Jakarta
Selalu jelas dan mantap penjelasan dari mbah Surya...

Untuk cool factor, kayanya balik ke orangnya deh... peralatan mau canggih kaya apa kalo divingnya dodol ya gak cool sama sekali hihihi...

_________________
BBeXplorers - Indonesia's Center for Diving Excellence | GUE Affiliate | We provide: Diver Training, EFR Training, Halcyon Dive Systems | Need info on joining DAN? E-mail me: rendra [at] banyubiru.org | Join our group on facebook: Banyu Biru Explorers


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Carbon Fibre Scuba Cylinders
PostPosted: Sat Jan 04, 2014 12:16 am 
Offline
User avatar

Joined: Sat Aug 20, 2011 10:14 am
Posts: 192
oceanographer wrote:
Surya Prihadi wrote:

Kecuali kita mau dive di danau di gunung tinggi dan logistik akan untung dengan barang super ringan, itu lain cerita.
Untuk fire fighter atau hobby airgunner dengan pre-charged unit atau paintball gun yang pakai 207 BAR udara, boleh tuh.


betull.. sesuai peruntukan ajaa


terima kasih Om Surya untuk penjelasannya yang detil,

jadi teringat pernah membaca sekilas tentang penggunaan tabung model ini & MK4 di majalah Natgeo bekas yang saya baca bertahun-tahun lalu. Majalah bekas itu membahas ekspedisi San Agustin 1994, gambar-gambar yang bikin penasaran setengah mati dengan kegiatan caving waktu itu.

Image
Image
Image

setelah membaca diskusi di artikel ini lantas mencari ulang dan membaca ulang lagi ekspedisi tersebut; malah menemukan ekspedisi San Agustin 2013 (Huautla cave system) http://www.underwaterjournal.com/cave-d ... ebreather/ & ekspedisi J2 2013 (Cheve cave system) keduanya menggunakan beberapa composite tank

Image

_________________
Would rather be diving than posting!


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 9 posts ] 

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to: