It is currently Mon Dec 11, 2017 2:51 pm

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 57 posts ]  Go to page Previous  1, 2, 3, 4  Next
Author Message
 Post subject: Re: BIAYA OPERASIONAL PERSONAL & COMMERCIAL OWNERSHIP COMPRE
PostPosted: Fri Dec 13, 2013 6:25 am 
Offline

Joined: Thu Aug 06, 2009 3:03 am
Posts: 1022
Location: Gili Trawangan
wah kacau yah banyak bgt info yg gak disebutin pas mau beli compresor dan barang2 diving dikarenakan mungkin si penjual atau toko gak ngerti barang, mereka hanya tau jualan dan hanya liat harga sebagai patokannya aja deh. mangkanya paling sebel kalo mau beli sesuatu dibilang mba kenapa yang ini bagus yah, "karena ini paling mahal mas". mahal bukan jaminan bagus yah. contohnya kompresor nih, ukuran semua kompresor adalah harga mahal tapi blom tentu bagus karena mahalnya dibanding dgn apa yg kita dapet ternyata gak mahal.....

dulu kepikiran konfigurasi yang terbaik adalah beli 2 poseidon PE100 jadi ada 2 kompresor dan hasilnya sama sama 200L/m ternyata 100L/menitnya si PE100 di dapat dr naikin RPM jadi 2800 yah ketimbang low RPM nya si PE200 yg 1300 yah. nah dari ini aja udah keliatan perbedaan output dikarenakan perbedaan spek mesinnya dimana rpm 2800 pasti lebih cepet panas dan cepet rusak ya pak. dan semua servis Bauer kan berdasarkan Running Hour jadinya harganya servis jg gak makin murah karena tergantung jam kerja dmn outputnya beda tuh.....


ayo dikupas tuntas lagi nih pak Surya soal 101 compresornya nih.....ruangan udah lbh senyap pak skr dikasih peredam dalemannya tapi masih nunggu rockwool dateng dr jakarta hari senin untuk pasang di tiap sudut.

_________________
don't dream your live, but live your dream.......


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: BIAYA OPERASIONAL PERSONAL & COMMERCIAL OWNERSHIP COMPRE
PostPosted: Fri Dec 13, 2013 7:22 am 
Offline

Joined: Mon Sep 30, 2013 4:17 pm
Posts: 86
Location: Padang - West Sumatra
Bro Dita..

Bro pake kompresor apa? Pake rockwool berarti kompresornya diposisikan dalam ruangan ya? Berarti juga, pake tambahan ducting asap buangan? atau kompresornya electric nih?
Teringat studio band, pake rockwool, ada ide nih, untuk letakin perangkat drum dan gitar sekalian, biar bisa ngeband sambil nunggu pengisian tanki :))

Junior saya belum datang, masih sabar2 sambil baca2 dan nanya2 dulu nih...

::


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: BIAYA OPERASIONAL PERSONAL & COMMERCIAL OWNERSHIP COMPRE
PostPosted: Fri Dec 13, 2013 7:40 am 
Offline

Joined: Mon Sep 30, 2013 4:17 pm
Posts: 86
Location: Padang - West Sumatra
Surya Prihadi wrote:
Saya bilang PAKAI lah blower kencang........berapa kencang blower yang saya maksud ?
Image


Om Surya,

Kelihatannya si yellow CKE ini diposisikan menggantung (mungkin krn kompresor ukuran besar?), kalau junior mini, si blower nanti diarahkan dari samping saja, kaga usah digantung di dinding, asal menjaga arah tiupan membuang asap kebelakang, gpp kan Om? Lagi nyari2 SK-35 untuk Junior II nih

::


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: BIAYA OPERASIONAL PERSONAL & COMMERCIAL OWNERSHIP COMPRE
PostPosted: Fri Dec 13, 2013 7:44 am 
Offline

Joined: Thu Aug 06, 2009 3:03 am
Posts: 1022
Location: Gili Trawangan
saya pake PE200 mas tapi modifikasian made in Dita and ari heheheeh
kompresornya dah dirubah fungsi jadi pake dual motor pake dinamo listrik dan motor honda jadi kalo mati listrik tinggal cabut fan belt pindahin deh ke motor honda nya hahaha

posisi kompresor di dalam ruangan dan emang sengaja dipasangin rockwool dan peredam mau dibikin kaya studio musik juga soalnya mas william nih hahahhaa

bisa aja di taroin gitar sama drum biar gak bosen nunggu ngisi tank nya hahahaha

bs diliat foto lainnya disini juga

https://www.facebook.com/audita.harsono ... 650&type=3

duckting asap gak pake tapi saya bikin pipa lgs sambung knalpot keluar ruangan nantinya. skr msein honda blm dipake soalnya masih ngetes compresor, suhu dan bikin silent room. tapi nantinya knalpot lg buang keluar (buang di luar kan biar aman yah)
tapi saya pake double roof dan pasang exhaust fan untuk bikin negatif presure didalem ruangan. nah ini masih blm running tes lagi nih om dgn metode barunya. kalo masih blm dingin bakalan bikin soundtrap box bikin lubang keluar ruangan dan ambil udara dingin dr luar lgs sedot pake Badai buatan dan bikin Positif presure didalem supaya udara panas lgs ketiup keluar kan tuh... setidaknya ini rencananya...

soalnya rencanya kompresor bakalan di "lontein" disuruh kerja 18jam nih disuruh pak surya biar ketauan kekuatan nya tetapi suhu dan oli harus selalu bersih yah


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

_________________
don't dream your live, but live your dream.......


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: BIAYA OPERASIONAL PERSONAL & COMMERCIAL OWNERSHIP COMPRE
PostPosted: Fri Dec 13, 2013 2:42 pm 
Offline

Joined: Mon Sep 30, 2013 4:17 pm
Posts: 86
Location: Padang - West Sumatra
Bro Dita..

Thanks sharingnya..
Sy kepikiran mau gantung juga ah blower-yellow nya nanti.

Poseidon 200 sekali isi bisa 4 tabung yah.. kompresor ini sepertinya juga baru, masih kinclong warnanya :-D

Selamat deh, makin rajin nih divingnya, bisa tiap hari trip :))

::


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: BIAYA OPERASIONAL PERSONAL & COMMERCIAL OWNERSHIP COMPRE
PostPosted: Fri Dec 13, 2013 2:59 pm 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
Om Wil,

Junior II kamu, tiup blower nya nanti ikuti flow kipas asli Bauer tetapi agak miring, jadi exhaust Honda terdorong sejauh jauh nya.

Test membuktikan bahwa kecuali open area 100% dan ada angin sedikit, pakai Honda dengan tembok di belakang compressor dan apalagi ada tembok di samping compressor, potensi karbon monoxide ke sedot balik selalu ada.
Maka dengan ada blower kuat, kamu bisa tiup jauh-jauh exhaust si Honda.

Jika kamu bawa di kapal, pastikan posisi Junior aman dari menyedot exhaust Honda. Selang snorkle harus naik ke atas dan up-wind. Kapal pasang jangkar lebih aman deh. Karena blower kuat tak bisa ikut di kapal, isi tabung pelan pelan yah. Istirahat 15 menit antara 1 tabung. Jadi umur J2 kamu awet.



Dit,

Kehausan semua komponen gerak datang dari frequensi gesekan.
Menurut produsen bearing, double the speed, half the life. Jika loading berlebihan, mati deh tuh bearing.

Contoh 2,300 RPM Junior 2 running 1,000 jam = 2,300 x 60 menit x 1000 jam = 138 juta gesekan.
1 putaran adalah 1 cycle, semua piston nya lakukan TDC ( Top Dead Center ) atau kompresi puncak.
Contoh Mariner/Poseidon 200 pada 1000 jam = 1,300 x 60 menit x 1000 jam = 78 juta gesekan

Bearing 101
http://web.applied.com/site.cfm/Bearing ... ld_Key.cfm

Jadi 1,000 jam di Junior service program, secara teori sudah lebih ter-LONTE-kan komponen tergesek nya, di banding Mariner/PE 200 pada 1000 jam juga. Maka Junior tidak bisa melakukan tugas heavy duty, apalagi tidak ada pressurized oil pump. Coltri MCH13-16 juga sama yg beredar di pasaran Indonesia, tak ada pressurized oil pump.


Panas-panas-panas. Ini yang buat banyak compressor mati muda di Indonesia.
Masukin ruangan supaya tidak berisik dan ruangan tak ada forced cooling = mati muda
Tiap tahun kantong akan dobol lakukan perbaikan karena overheating.

Ada 2 cara berfikir terhadap troubleshooting suatu problem mekanikal.
Pertama adalah, perbaiki dan jangan pusingin WHY and HOW the damage occur.

Kedua adalah cari tau problem nya apa yang menyebabkan kerusakan prematur, cegah lah jangan sampai kerusakan prematur terjadi. Metoda kedua akan hasilkan preventive maintenance yang baik dan kompressor umur maksimal.
Anyway ini dua sudah saya terjemahkan dengan :
01. Kasih blower badai
02. 250 jam umur pakai oli syntetic. Khusus Capitano and up. Junior 50 jam ajah.
03. Ikuti panduan perawatan berkala 500,1000 dan 2000 jam.
Aman dah.


BUDAYA
Pahami lah bahwa preventive maintenance itu bukan lah perbaikan, walaupun komponen memang juga akan di ganti. Budaya umum adalah, kalo tidak rusak jangan di perbaiki :mrgreen: . Jadi mahal budaya begini sebab hanya 2 macam kerusakan besar di compressor, satu adalah jebol karena over-heating dan satu karena pelumasan tidak baik. Jika overheat, piston memuai...macet di cylinder/liner dan stang piston patah, crankshaft pun bisa patah, lalu block retak = TOTAL LOSS

Pelumasan kurang baik akan juga hasilkan over-heat sebab pada brondol logam nya kena gesek2. :mrgreen:

Yang lucu soal compressor adalah, kecuali yg unit besar ( mahal ).
Tidak ada meteran tekanan oli dan suhu, lalu hour meter pun tak ada. Kudu tambah sendiri.
Maka cukup tengok dive operator yang tidak ada hour meter dan meter tekanan oli di compressor mereka, ini sama dengan running blind. Hour meter bisa di gantikan dengan logging tabung terisi, tetapi tidak lah tepat sangat.

Suhu sebagai monitor sangat penting, yang pakai monitoring ini di 3 silinder cuma 4 compressor ( kelas Mariner/PE200 ) yg pasang ginian. Salah satunya compressor Audita :mrgreen:

Monitoring suhu sebenarnya untuk cari anomaly, jika blower badai sudah terpasang. Bisa deteksi :
- aftercooler pipes kotor, khusus nya yang final one, sebab ini mudah jebak kotoran.
- Gangguan di valves
- Suhu ambient berlebihan
- Melemah nya blower badai
- improvement di air flow ruangan compressor

SP

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: BIAYA OPERASIONAL PERSONAL & COMMERCIAL OWNERSHIP COMPRE
PostPosted: Fri Dec 13, 2013 4:56 pm 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
Om Wil,

Itu filter DITA adalah ukuran P2/P61. Di pakai di Bauer 300jt dan ke atas.
Image

Harga itu filter system hampir 50% dari harga compressor PE200 baru tuh.
Ukuran media P2/P61 adalah 20x lipat di banding P21 dan Hopcalite bed nya besar, Activated Carbon nya lebih besar/dalam lagi. Pada 40C suhu final, bisa isi 500 tabung 80CF sisah 35 BAR.

Flow udara nya pelan sekali karena ukuran filter cartridge besar, dwell time untuk media filter berkerja purifikasikan udara lebih optimal. Minimal 2 detik udara harus nonkrong ( dwell ) di antara media sebelum masuk ke tabung.

Maka filter selalu di buat panjang dan bukan gendut , selain lebih gampang logam diameter kecil sebuah filter housing tahan tekanan tinggi, udara "kotor" di paksa jalan sejauh-jauhnya atau selama mungkin di antara media dan terjadi proses purifikasi yang optimal.

Ini yang buat filter besar lebih bagus udara nya. Sekali lagi, money talks. :mrgreen:

Ini size perspective ukuran filter P21 di banding P2/P61
Image


.
Attachment:
p2-p61 size.JPG



.
Attachment:
p2-p61 size v2.JPG



Dita lagi horny ama ilmu compressor dan purifikasi tuh :mrgreen:
Attachment:
dita-s.JPG



Ada sensor kimia umur pakai filter juga dia, humidity sensor.
Attachment:
RH Sensor.JPG


Ini sensor kimia murah meriah dan akurat. Mengandalkan Gas Law untuk baca humidity di bawah 1% atau target kekeringan udara -47C
Sensor ini selalu kerja pada minimal 150 BAR dan 207 BAR saat tabung penuh.
20% Relative Humidty pada 200 BAR, adalah sama dengan -47C kekeringan udara ( Dew Point ) pada 1 ATM/BAR.
Attachment:
filter life limit.JPG


Limit umur pakai activated carbon adalah -48C jika mau optimal 100% dalam tangkap racun, lebih basah dari ini, contoh -30C....... si activated carbon nya malah penuh sama uap air, dan racun akan ke dorong keluar ke tabung, ini namanya breakthrough. Breakthrough itu bahaya sebab akumulasi dari racun terjebak di pori-pori super mikro nya activated carbon akan lepas setara dengan berapa banyak uap air yang akan masuk ke pori-pori mikro itu. Kayak balon pecah gitu, tiba2 racun se-abrek2 di lepas mendadak.


Tidak ada satu pun media di purifikasi udara :
- molecular sieve , pengering. MS. Tangkap uap/gas air.
- activated carbon. AC. Tangkap racun.
- Hopcalite . HP. Ini katalis sebenarnya. Carbon Monoxide di rubah jadi Carbon Dioksida.
..........yang berkerja kayak filter bensin, dalam arti kata jika penuh dengan kotoran, berhenti lah flow udara.
Istilah mampet tidak ada di filter cartridge compressor, yang adalah breakthrough tersebut.

Memang ada kertas atau foam di dalam filter cartridge, ini doank yang tangkap kotoran fisik. Contoh abu dari molecular sieve dan activated carbon. Berkas2 karat halus dari pipa aftercooler.

Nama nya saja MOLECULAR, ukuran gas kotor atau uap air yang di tangkap adalah pada ukuran molekul.
SIEVE sama dengan tempat simpan. Jadi purification cartridge nama lebih tepat filter cartridge compressor.

Umur pakai filter di negara 4 musim rata2 -53C sampai -55C, karena concern ice diving.
Di Indonesia, kita concern sama batasan si activated carbon.


Jadi tanpa sensor mahal electronic Dew Point, ini sensor humidity versi kimia adalah bang-4-the-buck deh.
Yang di monitor adalah umur molecular sieve nya doank, dimana ini inter-related ke umur activated carbon dan juga hopcalite. Hopcalite tidak akan berkerja baik juga jika udara tidak super kering, tapi masih lebih sensitive activated carbon sih.

Happy pumpin'

.


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: BIAYA OPERASIONAL PERSONAL & COMMERCIAL OWNERSHIP COMPRE
PostPosted: Fri Dec 13, 2013 5:27 pm 
Offline

Joined: Thu Aug 06, 2009 3:03 am
Posts: 1022
Location: Gili Trawangan
Horny gara gara baca Bokep karangan SP nih pak.hahahahah ada foto fotonya pula nih soalnya hehehee.....tenang pak kan cita cita kita 120 hose sekali ngisi tuh nanti heheheh.
surat untuk SANTA

Dear Santa

dita sudah jadi anak yg baik di tahun 2013 ini jadi untuk tahun ini saya minta hadiah yah dari SANTA. Hadiahnya hanya Poseidon PE200 + Filter P81 twin tower dengan blower cap badai dan termimeter digitalnya jangan lupa yah
juga untuk itu mohon santa bantuin ngomong ke divecenter untuk memperbaiki kualitas udara mereka atau untuk daerah gili bisa mulai sewa tank ke saya. dan mulai ngajarin anak anak open water dengan pentingnya udara yang bersih karena selama ini temen2 saya hanya mentingin udara yang murah yg kalo bisa diving dibayar cicilan 0%. Tolong supaya dunia diving makin maju dikemudian harinya juga yah


amin

Dita

hahahahahah

_________________
don't dream your live, but live your dream.......


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: BIAYA OPERASIONAL PERSONAL & COMMERCIAL OWNERSHIP COMPRE
PostPosted: Tue Dec 31, 2013 10:38 am 
Offline
User avatar

Joined: Fri Jun 15, 2012 12:42 am
Posts: 969
Location: Bintaro sektor 9
Jd plg rekomen PE200? brp ya? Kalo beli ada training buat operatornya?

_________________
Arief
0811194177
[email protected]
@feira24


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: BIAYA OPERASIONAL PERSONAL & COMMERCIAL OWNERSHIP COMPRE
PostPosted: Fri Jan 03, 2014 6:42 pm 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
Bro,

Tak ada official program beli dive compressor dapat user training. :mrgreen: yang comprehensive.
Di ajarin pakai sih bisa minta ama seller, pasti bisa.

Sama kayak dive gear system lah, ada Open Water Course jika mau in-depth belajar pakai nya.

Good use SOP gampang untuk compressor. Posting ini sudah cover 99%.
Yang penting jangan malas baca dan banyak lah bertanya.

Kerusakan premature compressor di negara kita yang panas, 99% dari user tidak control panas dan pelumasan compressor yang ikuti Bauer 2000 jam atau 2 tahun ( gila tuh ). Itu biang keladi nya. Kalo kamu rajin belajar kayak Audita dan pastinya invest di alat monitoring dan rajin monitor, saya yakin umur compressor kamu bisa panjang.

Soal kualitas udara, itu mentalitas ajah.
Ikuti tabel koreksi ( reduction ) pada suhu panas kita secara yang benar atau tidak, gampang sekali yang satu ini.

Gimanapun, kita di negara bersuhu 30-32C consistent sepanjang tahun, adalah user group yang sial.
Sial karena ini extreem condition. Maka harus extra hati2 da kerja extra keras untuk dapatkan hasil yang terbaik untuk dapat longevity mekanikal maksimal.

Salah didik operator compressor, jadi mahal nanti nya.

Praktek bobrok merawat compressor dari semenjak tahun 80 diving mulai ramai, banyak membentuk kebiasaan buruk mendarah daging. Ini yang harus di cegah. Sudah operate/merawat compressor 10 tahun tidak berarti si doi paham 100% hal yang benar, jika awal mula nya cara yang benar tidak pernah di berikan. :mrgreen:

Happy air pumpin'.......
.

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: BIAYA OPERASIONAL PERSONAL & COMMERCIAL OWNERSHIP COMPRE
PostPosted: Sat Jan 04, 2014 12:32 am 
Offline
User avatar

Joined: Fri Jun 15, 2012 12:42 am
Posts: 969
Location: Bintaro sektor 9
Waahh. Thank youuuu

_________________
Arief
0811194177
[email protected]
@feira24


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: BIAYA OPERASIONAL PERSONAL & COMMERCIAL OWNERSHIP COMPRE
PostPosted: Sat Jan 04, 2014 1:10 am 
Offline

Joined: Thu Jul 29, 2010 9:02 am
Posts: 263
Location: Jakarta, Indonesia
Mati dah lu pada ... kl mbah ud mulai kotbah kaga kelar kopi seember bacanya dah. Anyway thanks for sharing ya mbah, yg kaya gini yg perlu diperhatikan oleh temen temen spy jg bs waspada kl ketemu kompressor yg "gak asik"

Dita .. ditunggu ulasannya lagi ...

_________________
Safe Dive


E . H
NAUI # 50558


Whale Dive Centre
http://www.whaledivecentre.com
[email protected]
[email protected]


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: BIAYA OPERASIONAL PERSONAL & COMMERCIAL OWNERSHIP COMPRE
PostPosted: Sat Jan 04, 2014 8:39 am 
Offline

Joined: Thu Aug 06, 2009 3:03 am
Posts: 1022
Location: Gili Trawangan
ebram wrote:
Mati dah lu pada ... kl mbah ud mulai kotbah kaga kelar kopi seember bacanya dah. Anyway thanks for sharing ya mbah, yg kaya gini yg perlu diperhatikan oleh temen temen spy jg bs waspada kl ketemu kompressor yg "gak asik"

Dita .. ditunggu ulasannya lagi ...


iya nih mas ebram skr masih dalam proses uji coba lagi dan hasil running tes kmrn ngisi 20 tank +- 2,5 jam suhu sudah mulai membaik.

nah sepertinya "semua" kompresor yg keluar dari pabrik dan dinyalain didalam ruangan dengan ukuran 3x4m suhu awal 29'c maka dalam kondisi dingin dan langsung dinyalain tanpa beban ngisi alias hanya running dan udara keluar lgs bukan ke tank maka dalam 5 menit suhu mesin di stage 2 akan menjadi 140'c dimana suhu ini sdh melewati batas "overheat" yg di toleransi oleh Bauer. nah ini baru 5 menit tanpa beban yah. Panas tertinggi kompresor didapat pada saat tekanan tank melewati 150bar - 200 bar dan water separator 1 hampir terisi penuh maka suhu stage 2 akan sangat panas. suhu ini sudah saya cek dimana posisi water separator penuh dan WS kosong dengan jarak 15 menit. pas penuh suhu stage 2 bs konstan 128'c dengan bantuan blower kuning dan begitu kita kosongin WS serentak suhu stage 2 akan drop menjadi 123 dimana terjadi penurunan tekanan yg berakibat mesin bekerja gak terlalu berat dan akan naik lagi dalam 3-5 menit ke arah suhu 128. kondisi ini gak berlaku untuk seluruh kompresor yah, kenapa? karena si blower kuning ini juga sangat pengaruh dalam pendinginan dan posisi arah jatuhnya angin si blower jg sangat berbeda banget, terbukti saya lagi cari posisi terbaik dan bs aja tuh blower kegeser 3cm tapi suhu langsung drop banyak nih.

kondisi ruangan kompresor di Gili Air Station saat ini masih 3'C lebih panas dari suhu udara luar dan masih harus diperbaiki lagi dengan target 1'C lbh panas dr udara luar nih.

target yg ingin dicapai dari experimen yg gak berkesudahan ini adalah:
1. suhu stage 2 maks 125'c
2. dpt ruangan yg kedap suara sehingga bs diterapkan untuk kompresor room di daerah perumahan dengan biaya murah
3. suhu ruangan bs dijaga dibawah 30'c pada siang hari bolong sehingga compresor bs kerja tanpa harus nunggu agak sore biar lebih dingin nih

nah untuk dapatin kondisi ideal ini harus banyak main dengan desain ruangan karena untuk dapet suhu mesin yg sejuk dibutuhin suhu ruangan yg sejuk + blower CAP BADAI yg jg sejuk, untuk dapet ruangan yg sejuk maka dibutuhkan sirkulasi dan ventilasi udara yang memadai untuk mendinginkan ruangan dalam waktu yg cepat dimana penggunaaan AC tidak akan berpengaruh sangat apabila sistem pendinginan tidak memadai. Ruangan yg memiliki ventilasi yang baik sampai bs mendinginkan kompreso dari 145'C menjadi 125'C maka akan sangat terbuka dimana targetnya mendapati ruangan yg kedap suara supaya mesin bisa running 24 jam( kapanpun kita butuh ngisi tank) tanpa ada yg terganggu dengan suara blower yg kuenceng bener nih. dan ujungannya gimana cara bikin semua itu dengan biaya yg semurah mungkin. Nah ini projek bukanlah projek yg mendatangkan untung sangat besar tapi hanya sebagai bahan ekperimen saya, pak surya dan mas ari supaya bs menemukan settingan yg terbaik untuk kita semua demi meningkatkan kualitas udara selam yg selama ini dibebankan entah kepada siapa........ ?????

mungkin temen temen bisa bantu jawab pertanyaan yg sampe skr saya gak bs jawab nih....

" JELEKNYA KUALITAS UDARA SELAM SEBENERNYA SALAH SIAPA SIH?

* kalau dibilang salah instruktur karena pas ngajar kita disuruh nyium apakah udara berbau atau tidak menurut saya itu salah kaprah, karena carbon monoksida dan karbon dioksida yg dibolehkan dalam standar eropa, amerika ataupun PADI dan SSI dan NAUI dsb dsb apabila kita cium pake hidung tidaklah akan terasa baunya, apabila sudah berbau asap atau bau oli itu brarti dah sangat parah rusaknya. dan juga idung kita kan bukan terlatih untuk nyium, emangnya gw anjing herder yah hahahahah

* kalau salah divecenter : divecenter juga mungkin gak ngerti soal pengisian tank mangkanya tanya apakah ada pelatihannya atau tidak untuk ngisi tank. dan penyebabnya juga karena suhu yg terlalu panas dimana tidak ada instrumen untuk memonitor itu semua kan.
* salah operator pengisi tank kah? mereka juga hanya orang bayaran yg dibayar dan dilatih untuk ngisi tank saja tanpa bs mendisain ruangan atau alat2 yg dibutuhkan supaya menjaga suhu dan kualitas udara bersih dan aman untuk diver.
* salah ownerkah : mungkin sebagian besar owner sudah tidak sebagai diver aktif lagi dan juga owner tidak dibekali dgn ilmu yg memadai tentang kualitas udara. dgn system yg kita buat skr perbedaaan harga PER TANK nya bukanlah malah tambah mahal dari 33.000 seperti perhitungan pak surya tetapi malahan tambah murah dari itu. kenapa karena beban filter yg tadinya 14.000 bs ditekan menjadi 4.000 tapi bukan dengan menurunkan kualitas tapi menaikan kulaitasnya. loh kok bs kualitas naik tapi harga turun. Bisa dong guys, karena kita pake Filter berukuran bagong tuh dimana harganya akan relatif lebih murah per tank nya. gampangnya kaya gini deh. kalo kita punya restoran apakah lebih murah beli kopi kiloan atau beli kopi sacthet an, apakah lebih murah beli air galon atau air gelasan. pasti ukuran jumlah banyak lbh murah drpd jumlah kecil kan untuk per gram nya yah bukan per satuannya yah. sama halnya dengan filter kompresor.
* nah kalo gitu salah TOKO yang jualan yah : ngak juga karena toko hanya menjual saja dan buyer yg milih kompresor dengan harga termurah yg ada untuk menghemat investment cost mereka kan. kasarnya "asal bs jalan dulu deh ya". Dan toko mungkin tidak menjelaskan secara detail ttg alat yg dijual dan mungkin juga mereka tidak tau yah. salesnya atau malahan beli pas di pameran jd dipilih aja SPG yg cantik biar bs dpt nomer cantiknya heheheeh.


jadi kesimpulan yg sudah saya dapet dlm "mainan" mahal ini adalah investasi awal bs jadi untuk filter 50jt lagi tapi itu akan lbh murah drpd cost maintenace yg aduhai dengan kurs dollar yg aduhai pula dan lbh mending punya 1 kompresor yg running bagus banget dan bs disiksa + filter super duper besar jd udara bagus ketimbang beli 2 kompresor tp hrs jalan gantian dan dag dig dug gak bs tidur karena itu semua bom waktu bs kapan kapan aja jebol.

di gili saya dah pengalaman tuh kompresor tiap tahun pasti aja jebol dan biaya gak murah loh 25jt minimal per kompresor. kita disini pas musim rame bs ngisi 150 sehari soalnya....

nah di divesport bali tuh kompresor suhu bagus, oli tokcer dan filter terbesar di INDONESIA loh sudah pernah di lontein jalan 18 jam sehari non stop. bayangin tuh 18 jam, di gili aja tiap 4 jam wajib brenti dan istirahat 2 jam biar dingin.
nah belanja kompresor 100 jt + 50jt filter + 50jt untuk bikin ruangan cakep,dingin, silent pula kan total 200 jt. bakalan sama aja dengan beli 2 kompresor tapi dijalanin gantian krn takut rusak dan udara dikorbanin dengan pemakaian filter tdk sesuai standar yg akhirnya kompresor jebol.....

nah buat tmn tmn yg peduli bs kita mulai belajr soal udara nih. saya jamin ini seruuuuu banget, saya juga gak nyangka soal ini 6 bulan yg lalu tapi gara2 si mbah nih jadi skr kecanduan dan tiap hari ngisi tank mulu nih jadinya hahahahah

keep pumping and diving.....

PS yg mau ke gili skr garansi nemu 2 frogfish kuning dan orang dan juga bonus baby shark loh semua di 7,5m tapi jgn harap viz bagus yah krn lagi ijo kaya di danau nih parahhhhhhhhh buteknya

_________________
don't dream your live, but live your dream.......


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: BIAYA OPERASIONAL PERSONAL & COMMERCIAL OWNERSHIP COMPRE
PostPosted: Sat Jan 04, 2014 5:17 pm 
Offline
User avatar

Joined: Sat Aug 20, 2011 10:14 am
Posts: 192
ditajong wrote:
PS yg mau ke gili skr garansi nemu 2 frogfish kuning dan orang dan juga bonus baby shark loh semua di 7,5m tapi jgn harap viz bagus yah krn lagi ijo kaya di danau nih parahhhhhhhhh buteknya


berarti salah milih tanggal kemarin saya :shock:

_________________
Would rather be diving than posting!


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: BIAYA OPERASIONAL PERSONAL & COMMERCIAL OWNERSHIP COMPRE
PostPosted: Sat Jan 04, 2014 8:09 pm 
Offline

Joined: Thu Aug 06, 2009 3:03 am
Posts: 1022
Location: Gili Trawangan
ndr wrote:
ditajong wrote:
PS yg mau ke gili skr garansi nemu 2 frogfish kuning dan orang dan juga bonus baby shark loh semua di 7,5m tapi jgn harap viz bagus yah krn lagi ijo kaya di danau nih parahhhhhhhhh buteknya


berarti salah milih tanggal kemarin saya :shock:


tgl kemaren bener hanya aja spot nya yg salah hehehee. air butek bgt dar viz 5-7m doang. butek parah tuh kaya nyelem di pramuka nih hehheee (sori guys gak biasa nyelem butek nih)

tuh frogfish dah lama disitunya

_________________
don't dream your live, but live your dream.......


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 57 posts ]  Go to page Previous  1, 2, 3, 4  Next

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 3 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to: