It is currently Tue Oct 24, 2017 3:54 am

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 57 posts ]  Go to page 1, 2, 3, 4  Next
Author Message
 Post subject: BIAYA OPERASIONAL PERSONAL & COMMERCIAL OWNERSHIP COMPRESSOR
PostPosted: Sat Dec 07, 2013 2:20 pm 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
Gang,

Untuk menjawab PM Om William dan bagi kawan2 kita yang mau beli compressor karena mau bebas kemana saja, atau tak ada support air fill
memadai di lokasi anda, atau mau dagang air-fill, atau punya/berkerja di Dive Center , atau mau sekedar BELAJAR TEKNIS DAN INFORMASI YANG BENAR & REAL WORLD.

Ambil kopi 3 gelas dan baca ini............. :mrgreen:

Compressor ada 3 macam operational duty nya.

Pertama adalah personal use, pake jarang, kecil dan mudah di bawa.
Kedua adalah, personal atau commercial, low cost.
Ketiga adalah heavy duty , gede dan mahal.



Kategori Pertama. Personal use, pake jarang, kecil dan mudah di bawa-bawa
Bauer Junior II atau Poseidon PE100. 100 liter per menit.
http://www.bauer-kompressoren.de/en/pro ... /index.php
http://www.poseidonedition.com/de/node/91

Ada uang ada barang, applies ke compressor juga yah.
Semakin tinggi putaran compressor, semakin pendek umur mekanikal geraknya. Semakin panas compression nya sebab piston compresion
speed cepat. RPM tinggi adalah ciri ciri compressor murah dan umur pendek, cocok nya personal use, jarang pakai dan saat di pakai santai ble,
bukan di perkosa. Tak ada beda dengan marine diesel engine atau generator, high RPM = faster death....but cheaper



PLUS :
- Ringan , 45 kg max
- Murah

CON
- RPM tinggi 2,300
- Tak apa pressurized oil pump
- Jangang di push pake nya, 1 tabung istirahat 15 menit, hajar lagi dan usahakan jangan di paksakan kerja nya.
Cocok nya 3 diver dan weekend use. Banyakin tabung lebih aman, supaya cara isi bisa santai dan jangan paksa ini compressor.


Kalo yang ini kagak usah di beli. Model Coltri MCH6
http://www.coltrisub.it/COMPRESSORS/POR ... ch6_sh.htm

- RPM edan 2,800

- Design bodoh.
http://www.coltrisub.it/MAIN/MANUALS/PO ... dex.html#6
Ini 4 stage design. Jika 4 stage besar, itu X configuration. Kalo ini " +" PLUS.
Kalo X design , carter/crankcase oli tetap di tengah.
Kalo + design si stage 4 yang ada di paling bawah, kena kotoran dan air di dalam oli saat compressor lagi diam sebab si stage 4
bagaikan dasar nya carter/crankcase oli. Makin jarang pakai, makin cepat macet 4th stage. Ganti oli harus super cepat.
Image


Bauer dan Poseidon sama di block compressor nya....100%.
PE100 kalah cakep di Filter System nya yang P11. Di Junior II dapat filter system P21 yang lebih bagus dan time proven.

Bauer adalah Lexus nya, Poseidon adalah Toyota nya.
Ada beberapa marketing consideration yang buat Poseidon lebih murah. Pada prinsip nya dual branding ini banyak lebih untuk menjaga
branding Bauer sebagai papan atas dan Poseidon papan bawah, tanpa kurangi mekanikal reliability kedua merek.
Ada pengecualian dimana Poseidon melakukan pemerkosaan teknis demi jual murah. Nanti di bahas yah.




Kedua adalah, personal atau commercial, low cost.

Jika personal use, so pasti unit harus bisa di angkat angkat.
Maka pilihan perlu pertimbangkan frame angkat nya.

Personal Use Small Group, 4 orang - 140 liter permenit. 95kg. Capitano.
http://www.bauer-kompressoren.de/en/pro ... /index.php

Personal Use Small Group, 6 orang - 200 liter per menit. 115kg. Mariner 200.
http://www.bauer-kompressoren.de/en/pro ... /index.php

Jika uang ada, lupakan Capitano sebab jatuh nya mahal itu output. Lari ke Mariner 200 saja. Beda beneran apple to apple cuma US$1,500 lebih mahal. Di price list memang beda US$3,000 tapi carry frame Mariner memang mahal ( US$600 lebih mahal minimal ) dan selang isi dapat 2, itu udah beda US$800 lebih aksesoris Mariner 200.


Small Commercial Low Cost
http://www.poseidonedition.com/en/node/101
Ini 100% sama dengan Bauer Mariner, tetapi dengan di kurangi :
- Frame cocok untuk stationary dan jangan di angkat angkat. Lihat saja frame nya hahahah
- Selang isi cuma 1
- Harga lebih murah US$5,000 di banding Mariner 200
- Hanya bisa motor listrik tak bisa pakai Honda
- Frame motor listrik manual adjustment, bukan auto tensioning seperti Mariner 200 atau Capitano 140

NOTE :
Semua harga jual compressor adalah eceran, pinter pinter minta discount yah.

Saya tidak rekomend :
- Mariner 250
- Poseidon 250 dan 300
Kenapa tak di rekomend ? Sebab ini kapisitas naik dengan hanya RPM di genjot dan motor di besarkan. Compressor block semua 100% sama dengan
Mariner/Poseidon 200.

Mariner/Poseidon 200 - RPM 1,300 Motor 4Kw
Mariner/Poseidon 250 - RPM 1,450 Motor 5.5kw
Poseidon 300 - RPM 1,800. Motor 7.5KW

Lihat Poseidon di geber ke 300 liter per menit, Bauer kagak.
Sebab ini tindakan edan, maka hanya Poseidon merek lower class nya yang di kasih tugas kamikaze :))
Ini yang saya bilang sebagai pemerkosaan teknis, Poseidon 300.

Tanpa paham teknis mesin, orang akan pikir Poseidon 300 adalah bang-4-the-buck.
Siap siap rogoh kocek akan biaya perbaikan, bukan lagi perawatan. :mrgreen:
Tak ada yang gratis dah, paksa lah..........mati cepat lah...........tapi murah kesan nya.
Poseidon di buat untuk lawan Coltri
http://www.coltrisub.it/COMPRESSORS/FIL ... ct_evo.htm
Sama juga, Coltri pun pakai trik sama di MCH18 nya untuk dapatkan 300 liter per menit.

Image

Rating Coltri adalah MCH13 = 13 cubic meter per jam = 216 liter per menit. RPM 1,300
MCH16 = 16,000 / 60 menit = 266 liter per menit. RPM 1,550
MCH18 = 18,000 / 60 menit = 300 liter per menit RPM 1,800

Coltri kelas MCH13-16-18, atau sebaiknya kita tengok yang MCH13 biar mudah, di banding Mariner 200 atau Poseidon 200 adalah 2 jenis compressor
yang beda banyak dan Coltri bukan lah se kelas Bauer, Coltri di bawah Bauer. Lagi-lagi duit bicara.

Image
Coltri MCH13-16-18 bisa di bisa jual lebih murah karena beberapa hal.
Yang paling edan adalah, pompa oli harus bayar extra dan harus pilih model ber embel-embel Tropical Plus* (*2010 deh baru di introduce )
jika ingin ada pompa oli nya, sebab standard model yang ada di pasaran, tak ada pompa oli nya.
Bauer family Capitano dan Mariner, maka nya harga nya lompat jauh dari Junior II, karena ini design sudah masuk commercial
application, sebab ada oil pump dari zaman dulu pun dan bearing lebih robust etc etc.

Pompa Oli Coltri di pasang demi melengkapi standard , bahwa ada pompa oli tuh ( government tender ), tetapi distribusi pelumasan
tidak sebaik Bauer. Maklum tempelan belakangan.... :mrgreen: tuh pompa oli.

Maka jangan heran, di Indonesia, compressor tua 20+ tahun dan masih running, dari 20 unit, 19 pasti Bauer Mariner 200 model lama, 50 BAR oil pump dan block K120 dan bukan Coltri MCH13/16.
Nama nya mesin bergerak dan stress, pressurized oil pump tak boleh tak ada. Splash lubrication tidak memadai, apalagi pada stage 3 yang pakai piston apung.

Mettalurgy Bauer di piston liner juga beda dengan Coltri.
Bauer punya piston liner plasma harneded, Coltri punya biasa biasa ajah. Murah emang lebih murah, tapi sama sama
di rawat baik, Bauer akan longer lived lebih jauh daripada Coltri.

Jadi Coltri MCH13-16-18, tak masuk dalam rekomendasi saya sebab terlalu primitive-jadul :mrgreen:



Ketiga adalah heavy duty , gede dan mahal.
Choice ini di Indonesia susah susah gampang.
Yang pasti jika mau compressor umur panjang, cari lah yang 4 stage X configuration dan RPM tak lebih dari 1,300.
Contoh Bauer di bawah ini : Tengok yang terkecil , RPM cuma 1185 dan 260 liter per menit. Malah ada yang 650 liter per menit dan cuma 980 RPM.
http://www.bauer-kompressoren.de/en/pro ... 5/kap5.php

Hanya saja, jarang dive center di Indonesia punya kapasitas tamu cukup besar untuk beli compressor besar.
Mereka lebih suka beli beberapa unit Mariner 200. Alasan nya sih simple dan masuk akal.
Jika compressor Mariner 200 dua unit, rusak 1 tidak total gagal isi tabung, di banding 1 unit yang 450 liter per menit.
Supplai listrik yang tidak mudah sangat di area remote, juga membuat compressor bermotor besar sulit.
Siang voltase lumayan, malam voltase anjlok dan total power artinya turun, maka compressor kecil 2 unit lebih make sense.
Jadi kategor ini tidak akan di bahas lebih lanjut yah.


Mau di hitung cara apapun, basic compressor capacity vs kemampuan layan, lebih murah dan aman tabung di banyakin dan bukan ukuran compressor
di buat besar. Ini tips saya. Bagi yang bisa push compressor jalan 8 jam sehari, cost of ownership akan lebih murah di banding yang cuma
jalan 4 jam sehari. Jika bisa di push 12 jam sehari dengan sistim cooling yang mantap dan perawatan baik, by all means do so.

Sekarang saya berikan informasi berharga dan saya sudah kumpulkan semenjak 2010.
Total compressor running 6,000 jam untuk dapat data ini dan 3 compressor, 2 Bauer/Poseidon 200 dan 1 Mariner 200.
Note, compressor tidak ada satu pun yang rusak yah........tokcer semua.


Rate US$ = Rp11,500

Cost 1 - Compressor
Compressor, acuan Bauer- Poseidon 200 Electric dengan Filter P21 US$8,700 = Rp100,000,000 di bulatkan. Best Price 2010-2011.
Tambah filler hose kedua, dan Y-connector US$700 = 8,000,000 di bulatkan
Total Rp108,000,000

Depresiasi dalam 4 tahun atau setelah 8,000 jam, pada Rp25,000,000 harga jual bekas.
Output rata-rata per 1 jam, 5 tabung 80CF yang sisah 35BAR
Air fill per hari pada umumnya, 6 jam = 30 tabung atau 900 tabung sebulan.
180 jam per bulan compressor running, 2,160 jam per tahun.
Cost of compressor ownership untuk 8,000 jam adalah 108jt less 25jt = Rp83 juta
Rp83,000,000 di bagi 8,000 jam di bagi 5 tabung = Rp2,075 per tabung cost of air fill.

Cost 1 = Rp2,075 per tabung cost of air fill


Cost 2 - Fix Maintenance by the Book

Per 500 atau per 1000 atau 2000 jam artinya setiap kelipatan 500 dan 1000 jam, di lakukan ulang. Contoh, pada 1000 jam, tindakan service adalah 500 dan 1000 jam.
Pada 2000 jam, tindakan service 500 + 1000 + 2000 jam di lakukan.

Bauer per 500 hours service = Approx US$100 / Rp1,150,000 di bagi 2,500 tabung = Rp460/tabung
O-ring kecil dan gasket.
1 of N23755 1 O−Ring ( floating piston assy , 3rd stage )
1 of N4868 1 O−Ring ( floating piston assy , 3rd stage )
1 of N3521 O−Ring ( 2nd stage, intake valve )
2 of N3625 copper gasket ( 2nd stage, intake valve )
2 of 240 copper gasket ( 2nd stage intake and discharge valve )
1 of N3556 O−Ring ( 1st stage water separator )
1 of N25950 Air intake filter at snorkel, US$50
1 of N24788 O−Ring ( P21 to PMV interface )

Labor , kerja sendiri


Bauer per 1000 hour service = Approx US$820 / Rp9,430,000 + Rp 1,000,000 di bagi 5,000 tabung = Rp2,086/tabung
1 of Floating piston , 078043, 3rd stage, approx US$440

1 of 014582 Discharge Valve Kit, 2nd stage, see below
1 of 012841 Intake Valve Kit, 2nd stage, both approx US$140

1 of 81409, Intake Valve, 3rd stage, see below
1 of 014121, Discharge Valve, 3rd stage, both approx US$85

2 of N16591 O−Ring , P21 plug block
1 of 71064 stud ( 2nd stage )
1 of 83258 stud ( 3rd stage ) >>> All 3 US$15 approx



PMV ( Pressure Maintaining Valve ) Repair Kit
1 of 78688 Valve Piston
1 of N25503 O−Ring
1 of N25108 copper gasket
1 of N23166 O-ring
1 of N3837 Hex nut >>>> All approx US$50

1 of 072349 Filling Valve Repair Kit >>> Approx US$90

Labor >>> Rp 1,000,000 sebagai termurah



Bauer per 2000 hour service = Approx US$85 / Rp 977,500 di bagi 10,000 tabung = Rp98 /tabung

1 of N4654 O-Ring, 1st stage
4 of N370 Hex Nut , 1st stage

1 of N2640 O-Ring, 2nd stage
1 of N7063 o-Ring, 2nd stage .
4 of N370 Hex Nut ,2nd stage

1 of N7063 O-Ring , 3rd stage
1 of N2640 O-Ring, 3rd stage

4 of N370 Hex Nut ,3rd stage

Semua ini dapat lah US$85 dengan catatan Hex Nut beli lokal dan yang bagus



Cost 3 - Yang buku tak pernah bahas

AA. Pressure gauge - Pada 1,000 jam atau 5,000 pressure cycle , pressure gauge sudah
akan ngaco, minimal 50-100 psi, kadangkala bisa 150 psi atau tidak bisa zero. Beli di Bauer mahal, beli di Glodok banyak yang palsu.......ha ha ha
serba salah. Rp650,000 merem ini per 1,000 jam, jika akurasi mau di jaga 2%, atau 60 psi atau 4 BAR.
NOTE : Acuan meter ngaco karena ada reference pressure gauge digital 0.1% accuracy yang dipakai.
Rp650,000 di bagi 5,000 tabung = Rp130 per tabung


BB. User Manual Bauer tidak pernah bahas 1 valve penting, yaitu 1st stage Reed Valve.
Ini bisa US$300 di Indonesia. Umurnya pada compressor terawat baik, 2,000 jam masih bagus. Jika ini reed valve melemah, output akan drop.
Mari berasumsi per 3,000 jam.
Rp3,450,000 di bagi 15,000 tabung = Rp230 / tabung


CC. Selang isi, high pressure. Harus rusak akhirnya. Rusak dari matahari dan dari pressure cycle.
US$125 harga acuan selang khusus Bauer-Unimam ini. Anggap 4,000 jam.
Rp1,437,500 dibagi 20,000 tabung = Rp72 per tabung


DD. APA BISA BAUER/POSEIDON TAHAN SAMPAI 8000 jam tanpa keluar biaya di luar buku ?
Tidak bisa !! Walaupun perawatan baik, blower pendingin kuat, di atas 4,000 jam pasti akan kena biaya perbaikan besar. Produsen pandai lah
sembunyikan fakta dan daftar perawatan mentok di 2,000 jam.
Se-irit iritnya perbaikan dan kita bicara compressor harus layak sehat, alias tak bakar oli, dan bocorkan oli ke filter purifikasi melebihi ambang
batas........pemilik akan pasti kena Rp25 juta biaya overhaul yg User manual tak cantumkan. 25 juta itu murah, banyaknya repair bisa sampai 40
juta pada umur rawan sekitar 4,000 ke 8000 jam.

Mari ambil middle average saja, bahwa sampai 8000 jam akan ada biaya Rp 33,000,000 perbaikan. Rp 33,000,000 di bagi 40,000 tabung = Rp825
per tabung




Cost 5 - Informasi menyesatkan

Bauer sangat konservatif dalam segala hal, tetapi entah kenapa soal pelumas sintetis nya, mereka edan.
2,000 jam atau 2 tahun konon oli sintetis N28355 bisa di pakai, nonsense saja.
Jika suhu dingin, kelembapan rendah, kompressor jalan sehari 8 jam rutin dan bukan stop-n-go, 1,000 jam masuk akal.
Di Indonesia pada kondisi panas dan ini ono, 250 jam maksimal atau 6 bulan.

Bauer Sintetis N28355 @US$56 x 3 liter
Filter Oli N25326 US$30
Total per 250 jam = US$198 >>>>>>Rp2,277,000 / 1,250 tabung = Rp1,822/Tabung

Ganti O-Ring N4058 penutup pump housing per 4x ganti oli atau 1,000 jam.
Ganti O-Ring N25327 penutup pump housing per 4x ganti oli atau 1,000 jam.
Ganti gasket/rubber plug 77774, komponen oil pump housing per 4x ganti atau 1000 jam.
Ketiga item ini, US$25 dapat lah >>> Rp287,500 / 5,000 tabung = Rp56/tabung

Ini hanya ada di Bauer Dealer Katalog, baca dengan seksama :
Image
Di Coltri ini juga extra dan di sebut TROPICAL ( jika Tropical PLUS, ada pompa oli selain cooler + water separator 1st stage )
Di atas 75% humidty saya jamin, se Indonesia dekat laut ini lah humidity hampir all year round.
Ini option merem US$1,000 sebab akan ada aftercooler pipa nya juga.
Kenapa ini tidak di enforce untuk di pasang bagi customer di negara tropis? Ujung2 nya duit.
Customer 99% hanya tau HARGA, lebih murah lebih baik. Maka budaya jual barang termurah, soal tidak optimum nya
operasional untuk negara tropis urusan belakangan. Saya pun baru tau ini option ada belum lama ini, sebab download catalog
konsumen diweb Bauer tidak ada data ini. Opsi ini bisa buat umur oli lebih panjang, sebab oli compressor akan ada air nya selalu di negara tropis.
Standar configuration hanya ada SEPARATOR setelah stage 2 dan stage 3 dan memang cukup bagi negara 4 musim.


Cost 6 - Energy
Motor listrik Bauer perlu 4KW.
Compressor harus di bantu blower super kencang 80 m3 per menit RPM 2,800 dengan static presure tinggi jika ingin tahan 2,000 jam dan masih
mulus jeroan compressor. Ini blower adalah alat termurah untuk mencegah perbaikan di luar schedule. Suhu 30C adalah suhu dimana semua
compressor sebenarnya akan mild-overheating dalam 30 menit operasional.
Blower perlu 750 watt.

Database saya membuktikan beban listrik adalah :
4.75kw/hour ( dengan blower ) x Rp1,380 harga PLN, tambah 20% power factor loss = Rp7,866/jam atau per tabung Rp1,573

Blower China made. 2,000 jam jual murah Rp500,000. Nanti bearing lah, kumparan koslet lah dan ini ono. 2,000 jam umur jika di pakai jarang ON-OFF atau stop-n-go. Sekali power ON, jalan minimal 3 jam. Semakin sering stop-n-go, semakin pendek umur motor nya.

Beli baru Rp2,400,000, jual bekas Rp500,000, maka cost of operation adalah
Rp1,900,000 / 10,000 tabung = Rp190 per tabung



HONDA
Siapa pakai Honda, mati saja lah cost of energy nya dan umur pakai pun pendek.
Honda 8HP perlu sekitar 0.6 liter bensin per tabung.
Jika bensin spanyol alias separu nyolong pakai bensin subsidi @Rp6000/Ltr = Rp3,6000 per tabung

Jika bensin beli jujur dan artinya Premix/Pertamax @Rp10,000/Ltr = Rp6,000 per tabung

Umur pakai optimal Honda, tak lebih dari 1,000 jam, setelah itu buang saja.
Kenapa 1,000 jam ? Sebab running nya full gas terus pada 3,6000 RPM.
Harga Honda asumsi Rp4,500,000. Per tabung = Rp900 per tabung
Oli per 50 jam , 1 liter, @Rp45,000 oli bagus = Rp180 per tabung
Perawatan kecil selama 1,000* jam Rp1,000,000 asumsi = Rp200 per tabung
*Pada umur pakai 200 jam saja, itu kenalpot sudah bising minta ampun.



Cost 7* - Air Purification, pada suhu ambient 30C, suhu final di filter tower 40C
*1.9 cubic meter adalah tabung 80CF sisah 35BAR.

With Hopcalite for Carbon Monoxide Removal Protection

Bauer P21 filter 059183 ( with Hopcalite )
Max 53 m3 or 53/1.9 = 28 tanks or US$72/28 = US$2.57 per tank fill. Rp 29,555

Bauer P31 filter 80114 ( with Hopcalite). Bayar extra untuk filter P31, approx Rp12,000,000
188 M3 / 1.9 m3 = 99 tanks. Cost approx US$178 / 99 tanks = US$1.80 per tank fill. Rp20,700

Bauer P41 filter 067224 ( with Hopcalite). extra untuk filter P41, approx Rp40,000,000
545 M3 / 1.9 m3 = 287 tanks. Cost approx US$293 / 287 tanks = US$1.02 per tank fill. Rp 11,730


Without Hopcalite Protection

Bauer P21 filter 057679 ( no Hopcalite )
Max 55 m3 or 55/1.9 = 29 tanks or US$36/29 = US$1.24 per tank fill. Rp 14,260

Bauer P31 filter 80100 ( no Hopcalite ). Bayar extra untuk filter P31, approx Rp12,000,000
252 M3 / 1.9 m3 = 133 tanks. Cost approx US$145 / 133 tanks = US$1.09 per tank fill. Rp12,535

Bauer P41 filter 062565 ( no Hopcalite ). Bayar extra untuk filter P41, approx Rp40,000,000
654 M3 / 1.9 m3 = 344 tanks. Cost approx US$165 / 344 tanks = US$0.48 per tank. Rp 5,520

Silahkan cek sendiri harga filter cartridge Bauer di rep resmi nya.



FILTER LIFE - REFERENCE

Image



.

Image




.
Image





Berapa cost 1 sampai 7 ? .............. Per Tabung

Cost 1 , Compressor depreciation...........Rp2,075

Cost 2, 500 jam service.........................Rp460
Cost 2, 1000 jam service.......................Rp2,086
Cost 2, 2000 jam service.......................Rp98

Cost 3, AA , pressure gauge....................Rp230
Cost 3, BB , reed valve ..........................Rp306
Cost 3, CC, selang ................................Rp72
Cost 3, DD 4000-8000 jam overhaul........Rp825

Cost 4, Fan Belt.....................................Rp14

Cost 5, Oil & Oil Filter.............................Rp1,822
Cost 5, O-rings.......................................Rp56

Cost 6, Energy- Listrik oleh PLN..................Rp1,573...>>>>>( JIKA HONDA ) -1,573
Cost 6, Cooling system..............................Rp190.....>>>>>( JIKA HONDA ) -190

JIKA HONDA POWERED
Cost 6, Jika Honda. Spanyol @Rp6000/ltr BBM >>>>>>>>>>>>>>>>>>>>> Rp3,600
Cost 6, Jika Honda. Resmi @Rp10,000/ltr BBM>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>> Rp6,000
Cost 6, Umur pakai Honda >>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>> Rp900
Cost 6, Oli dan perawatan Honda >>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>> Rp180
Cost 6, Perawatan Honda, 1000 jam >>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>Rp200

Cost 7A, P21 Filter 057679.............Rp14,260 << Tanpa perlindungan dari Karbon Monoksida
Cost 7B, P21 Filter 059183.............Rp29,555 << Dengan perlindungan dari Karbon Monoksida

Cost 7AA, P31 Filter 80100..............Rp12,535 << Tanpa perlindungan dari Karbon Monoksida
Cost 7BB, P31 Filter 80114..............Rp20,700 << Dengan perlindungan dari Karbon Monoksida
Cost P31 depresiasi>>>>>.............Rp 300 ( Rp12 juta di bagi 8000 jam di bagi 5 tabung )

Cost 7AA, P41 Filter 062565.............Rp5,520 << Tanpa perlindungan dari Karbon Monoksida
Cost 7BB, P31 Filter 067224.............Rp11,730 << Dengan perlindungan dari Karbon Monoksida
Cost P41 depresiasi.........................Rp 750 ( Rp30* juta di bagi 8000 jam di bagi 5 tabung )
( *Compressor dengan P41 saat jual nilai tambah Rp 10 juta, maka Rp30 juta kerugian P41 nya )



Cost 8 - Real World Expenses
Uang di bank dibelikan compressor adalah uang hilang dalam bentuk bunga.
Tak perlu pun hitung pinjaman. 10% per annum melayang income compressor owner.

Rp120,000,000 miminal biaya beli compressor dengan filter system P21, blower dan sedikit pernik-pernik lain. 10% per annum pada 2,000 jam per tahun, cost per tabung adalah :
120,000,000 /10,000 tabung = Rp1,200 per tabung jika filter ukuran P21
132,000,000 / 10,000 tabung = Rp 1,320, per tabung jika filter ukuran P31
160,000,000 / 10,000 tabung = Rp 1,600 per tabung jika filter ukuran P41


Bagi pemilik compressor yang bukan komersial, alias pakai sendiri , ini lah biaya aktual nya :

NOTE : Jika compressor Honda powered, tanpa Hopcalite anda cari bahaya dan Honda powered HARUS pakai yang ada Hopcalite.

Biaya 01 - 08 Bagi pemilik compressor yang bukan komersial. Tanpa perlindungan Hopcalite

..........................Motor Listrik............Bensin @Rp6,000............Bensin @Rp10,000
P21 Filter 057679......Rp25,267.................Rp28,384.......................Rp30,784
P31 Filter 80100........Rp23,662.................Rp27,079.......................Rp29,479
P41 Filter 062565......Rp17,677.................Rp20,798.......................Rp23,198



Biaya 01 - 08 Bagi pemilik compressor yang bukan komersial. Dengan perlindungan Hopcalite

..........................Motor Listrik............Bensin @Rp6,000............Bensin @Rp10,000
P21 Filter 059183........Rp40,562..............Rp43,679......................Rp46,079
P31 Filter 80114..........Rp32,127..............Rp35,244......................Rp37,644
P41 Filter 067224........Rp23,887...............Rp27,004......................Rp29,404



Cost 9 - Real World Expenses, berbisnis Jasa Airfill

AA. 2,000 jam setahun adalah 10,000 tabung setahun atau 833 tabung sebulan, atau 28 tabung sehari. Ini adalah angka tipikal pelayanan 1 compressor yang akan running 5.5 jam minimal sehari termasuk cabut pasang tabung baru/lama untuk melayani 28 tabung.

Bagi siapa yang punya 2 compressor untuk melayani 28 tabung sehari average dan lonjakan high season bisa 60 tabung sehari, biaya akan membengkak dari segi depresiasi dan bunga uang melayang untuk membeli compressor ke 2.

Tetapi pada kenyataan, rata rata dive center perlu punya 2 compressor pada level 28 tabung sehari karena redundancy sangat diperlukan. Tak ada compressor back-up, mati lah dive operation lumpuh total.

Cara berhitung mudah pemilikan 2 compressor, adalah unit ke dua akan bebankan biaya extra per tabung sebagai berikut : Berdasarkan filter ukuran P21

Cost 1 , Compressor depreciation unit ke 2 Rp2,075 / tabung
Cost 8, 10% per annum loss of banking interest Rp1,200 / tabung

BB. Sewa Tempat. Asumsi murah meriah pada Rp2.5 juta per bulan. Termasuk listrik dan air.
Maka biaya adalah 2,500,000 di bagi 833 tabung = Rp3,000 per tabung

CC. Karyawan 1 dan boss jadi budak, gajih dan lembur , bonus etc etc, average Rp2 jt sebulan.
Maka biaya adalah 2,000,000 di bagi 833 tabung = Rp2,400 per tabung



Cost 1 - 9 adalah tipikal scenario dive center. Cost per tabung menjadi naik @Rp8,675

Tanpa perlindungan Hopcalite

............................Motor Listrik............Bensin @Rp6,000............Bensin @Rp10,000
P21 Filter 057679.......Rp33,942.............Rp37,059........................Rp39,459
P31 Filter 80100.........Rp32,337.............Rp35,754........................Rp38,154
P41 Filter 062565.......Rp26,352.............Rp29,473........................Rp31,873


Dengan perlindungan Hopcalite

............................Motor Listrik............Bensin @Rp6,000............Bensin @Rp10,000
P21 Filter 059183.....Rp49,237................Rp52,354......................Rp54,754
P31 Filter 80114.......Rp40,802................Rp43,919......................Rp46,319
P41 Filter 067224.....Rp32,562................Rp35,679......................Rp38,079



Cost 10 - Scenario antar jemput bagi AirFill Operator yang melayani tamu di luar dive center nya atau operasional adalah air-fill center tok. Radius pelayanan 2KM.

Ini hayalan mudah. Silahkan hitung sendiri.
Jika owner air-fill center atau dive center tak punya mobil, motor lah jadi delivery.
Biaya ini antar dan jemput, pakai motor pun, semurah murah nya akan jadi biaya Rp2,000 per tabung...........merem dah. Antar dan jemput adalah tindakan sama dengan 2x antar.
Cari lah ojek, sekali jalan bawa 4 tabung sejauh 1 KM, minta berapa mereka ?? Ha ha ha.


Cost 1 sampai 10 saja belum ada pun profit sedikit pun bagi compressor owner, itu baru cost.
Berapa layak earning nya pemilik compressor ?
Anggap lah 25% dari cost di mark up untuk profit atau minimal Rp10,000 per tabung earning nya.

Biaya pasang listrik 3 phase, dan harus sebisa nya 10Kw untuk 2 compresor, tidak lah murah.
Rp12 juta melayang tuh.

Nah silahkan pakai logika sendiri saat bayar jasa air fill XXXX Rupiah.
Jarang dive operator sadar biaya aktual Dive Compressor. Biaya besar bukan pada bulanan nya, tapi setelah 1000 jam ke atas. Saat ini rata-rata DC fokus hanya pada MAHAL BENER beli filter cartridge dan yang NAKAL akan cari cari cara murah dengan :
- Pakai 3x lipat umur filter....30 tabung jadi 90 tabung
- isi ulang sendiri dengan molecular sieve yang tidak akan sekering vacuum packed filter cartridge OEM
- Beli Activated Carbon water phase, bukan gas phase
- Oli belepotan sebab perawatan berkala tak di jalankan benar
Bottom line adalah udara bagi customer buruk dan bisa bahaya.

Jika saja DC bisa berfikir bahwa cost termurah adalah Rp34,000 per air fill, tambah Rp5,000 untuk sewa tabung, anggap Rp39K. Pakai ini sebagai acuan dan setting harga jual trip dengan dasar ini, apa susah ?
Senaik naik nya biaya, praktek udara tidak prima ke udara prima cuma naik Rp 19K doank, dengan asumsi Rp20K adalah harga umum saat ini sewa tabung terisi.
Apa lah arti nilai Rp19K pada harga jual per dive ? :-o

Happy pumping air Gentlemen...........

SP

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: BIAYA OPERASIONAL PERSONAL & COMMERCIAL OWNERSHIP COMPRE
PostPosted: Sat Dec 07, 2013 3:40 pm 
Offline

Joined: Mon Sep 30, 2013 4:17 pm
Posts: 86
Location: Padang - West Sumatra
Wah, thanks Om Surya atas balasan cepatnya.

Menjelang baca ulang ke-2 kalinya, saya balas dulu aja, krn sy yakin 3 gelas kopi pun kaga akan cukup untuk memahami tulisan yg sangat informatif dan superduper lengkap ini... mesti berulang2 dan pelan2 bacanya :D

Saya pastinya di opsi 1, yakni untuk pakai kalangan sendiri saja.
Sejak mulai diving lagi, selain buddy yg ga banyak (diver yg rutin), problem yg sering timbul adalah masalah tabung.
Hanya ada 2 tempat pengisian tabung scuba di kota Padang. Jika merencanakan dive-trip dadakan (2 atau 3 hari sebelum hari-H) seringnya batal, krn ga berhasil dapat tabung. Paling baik merencanakan dive-trip seminggu sebelumnya, tapi ini sulit krn kendala kecocokan waktu teman2 yg lain.

Jadi, opsi paling bagus adalah mempunyai kompresor sendiri, selain bisa dive dadakan kapan saja (besok mau dive, hari ini bisa ngisi), juga lebih terjamin krn ngisi sendiri (tentu saja kalau tau cara merawat yg benar <--- makanya perlu course khusus dgn Om Surya :-D ).. selain itu juga akan asyik mengisi waktu, krn punya 'mainan' baru..

Masih timbang2 nih, antara Bauer Junior II dan Capitano 140 <--- tinggal minta best price untuk member forsel ke Sea Pearl.. hi3

Oh ya, mau tanya Om, idealnya berapa lama tabung yg berisi udara 200bar boleh disimpan? Baik dari pertimbangan kesehatan udara dalam tabung itu sendiri, maupun dari pertimbangan lamanya si tabung menahan tekanan 200bar.

Thanks Om, mau lanjut baca2 lagi dari sisi teknis dan itung2an costnya nih...

::


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: BIAYA OPERASIONAL PERSONAL & COMMERCIAL OWNERSHIP COMPRE
PostPosted: Sat Dec 07, 2013 5:35 pm 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
Om Wil,

Jika tabung sudah di visual baik, alias cuci bersih total, dan sudah kering total dan kamu jaga 30 tabung maksimum umur pakai filter P21 Junior listrik, dan 30 tabung bisa dengan bantuan blower super kencang..........dan tabung adalah alumunium bukan besi......6 bulan pun tak masaalah di simpan. Jika nilai kekeringan udara -49C mah, aman dah.


Tabung yang di simpan bisa bau adalah karena :
- Udara terisi dari compressor tidak kering, molecular sieve sudah saturated
- Udara terisi dari compressor sudah bablas oil vapor, activated carbon sudah jenuh
- Dinding tabung banyak oli film, mould ( jamur ), alumunium oxide dan yah air lah.
- Mulai awalnya tabung nya tidak bersih dan kering total, lalu di isi oleh compressor sehat pun.

**Carbon monoxide tidak ada bau, jadi tak bisa di cium, kalo kadar lumayan, pening lah kepala kamu.
Kalo kadar banyak, bisa jumpa engkong kita punya enkong.


Nih kalo merawat tabung jorok dan compressor jorok :

Tabung besi :
Image





Tabung Alumunium

Oleh oleh gratis cocaine terbaru, nama nya alumunium oxide =)) , di jamin fly kalo tarik 1 garis.
Image
.
Grepes - Jangan fikir aluminum tidak bisa corroded.
Image


Source :
http://www.scubaengineer.com/tank_servicingx.htm


Jika kamu mulai dengan acuan yang benar, saya jamin kamu tidak akan mau pakai tabung di isi oleh compressor
lain yang kamu tak bisa pastikan perawatan nya dan kondisi nya. :mrgreen: dan kamu akan jadi hiper sensitive, sebab sudah tau apa rasa sebenarnya super clean air.


TAMBAH :
Umur tabung alumunium. 207 BAR , 10 tahun pun kamu simpan tak akan meleduk tabung nya.
10 tahun umur tabung dari baru yah. Lebih dari 10 tahun jual murah ajah.
5 tahun sekali lakukan hidrostatik.

Saya waktu main senapan angin yang pakai tabung scuba, tak pernah kosong tabung saya.
Selalu 175BAR langsung isi lagi. Banyak teman2 saya yang main senapan angin jenis pre-charged ini.
Tabung jika super mulus luarnya, katup nya smooth banget dan udah umur 10 tahun, itu 99% dari airgun owner.
Kalo ada tas nya yang foam padded ......100% itu tabung airgunner.

Happy shopping.......

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: BIAYA OPERASIONAL PERSONAL & COMMERCIAL OWNERSHIP COMPRE
PostPosted: Sat Dec 07, 2013 7:06 pm 
Offline
User avatar

Joined: Thu Jul 09, 2009 5:51 pm
Posts: 1571
Location: Jakarta
Dan mbah Surya telah bersabda.....

:D

_________________
BBeXplorers - Indonesia's Center for Diving Excellence | GUE Affiliate | We provide: Diver Training, EFR Training, Halcyon Dive Systems | Need info on joining DAN? E-mail me: rendra [at] banyubiru.org | Join our group on facebook: Banyu Biru Explorers


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: BIAYA OPERASIONAL PERSONAL & COMMERCIAL OWNERSHIP COMPRE
PostPosted: Sat Dec 07, 2013 7:25 pm 
Offline

Joined: Thu Aug 06, 2009 3:03 am
Posts: 1022
Location: Gili Trawangan
rendra wrote:
Dan mbah Surya telah bersabda.....

:D


Sabda mbah surya: matilah kau kalo sewa tabung hanya byr 30rb. Apa kau yg mati atau yg punya kompresor yg mati hehehhee

_________________
don't dream your live, but live your dream.......


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: BIAYA OPERASIONAL PERSONAL & COMMERCIAL OWNERSHIP COMPRE
PostPosted: Sat Dec 07, 2013 7:54 pm 
Offline

Joined: Mon Apr 04, 2011 9:00 am
Posts: 255
Location: Jakarta Crazy City
ini namanya anugrah bukan sekedar sabda
mana ada org laen di bumi ini yg mau ngejelasin panjang lebar di forum kayak gini :-bd
sayang saya ga ngopi, jadi agak lelet dikit mencerna ini semua


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: BIAYA OPERASIONAL PERSONAL & COMMERCIAL OWNERSHIP COMPRE
PostPosted: Sat Dec 07, 2013 11:23 pm 
Offline

Joined: Wed Jul 17, 2013 11:53 am
Posts: 276
Location: Buitenzorg, Rain City, Kota Sejuta Angkot
Om tanto pake "w" setelah mencoba membaca ilmu primbon mbah sur... baca sambil minum cendol lebih enak... pasti perut kembung,,, ga kerasa 4 gelas cendol + 3 jagung rebus habisss

_________________
Regards,
Adri


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: BIAYA OPERASIONAL PERSONAL & COMMERCIAL OWNERSHIP COMPRE
PostPosted: Sun Dec 08, 2013 7:05 am 
Offline

Joined: Thu Aug 06, 2009 3:03 am
Posts: 1022
Location: Gili Trawangan
Itungan ini nih wajib diketahui oleh kita sebagai diver dan bisnis owner juga. Jd kita tau apa yg kita bayarin kan. Kl selama ini dikasih harga sewa tank kita cari yg plg murah aja kan krn gak tau biayanya brp. Tp dgn tau brp biaya produksi dan maintenance cost nya jd kita tau kl tank terlalu murah brarti ada yg salah dgn prosesnya. Krn itu semua biaya yg wajib dikeluarin kan.

Skr saya setelah sering dpt kuliah dr si mbah tiap malem dan mulai ngerti prosesnya, tiap ke DC baru selalu penasaran pengem liat ruangan kompresornua hahahahah. Kl dah kotor atau belepotan oli dah pasti gak napsu divibg deh tuh. Kl bersih dan mengkilap nah asoi tuzh

_________________
don't dream your live, but live your dream.......


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: BIAYA OPERASIONAL PERSONAL & COMMERCIAL OWNERSHIP COMPRE
PostPosted: Sun Dec 08, 2013 8:53 am 
Offline
User avatar

Joined: Sat Aug 20, 2011 10:14 am
Posts: 192
ditajong wrote:

Skr saya setelah sering dpt kuliah dr si mbah tiap malem dan mulai ngerti prosesnya, tiap ke DC baru selalu penasaran pengem liat ruangan kompresornua hahahahah. Kl dah kotor atau belepotan oli dah pasti gak napsu divibg deh tuh. Kl bersih dan mengkilap nah asoi tuzh



makanya saya akhir bulan main ke Gili Air, mau jajal mesin barunya oom Ditajong :ymalien: :-bd

_________________
Would rather be diving than posting!


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: BIAYA OPERASIONAL PERSONAL & COMMERCIAL OWNERSHIP COMPRE
PostPosted: Sun Dec 08, 2013 6:33 pm 
Offline
User avatar

Joined: Fri Aug 25, 2006 10:33 am
Posts: 1564
pulang ngolam dari pagi sampe sore, baca baginian..

ngantuknya ilaang :shock: :shock:

abis pisang berapa tuh tadi.. lupa

_________________
Hernando Alkausar
--
www.hamueco.com/diving
+62-812-218-NNDO


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: BIAYA OPERASIONAL PERSONAL & COMMERCIAL OWNERSHIP COMPRE
PostPosted: Sun Dec 08, 2013 7:17 pm 
Offline

Joined: Wed Jul 17, 2013 11:53 am
Posts: 276
Location: Buitenzorg, Rain City, Kota Sejuta Angkot
Efek dari ngolam di ragunan... Makannya pisang...

_________________
Regards,
Adri


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: BIAYA OPERASIONAL PERSONAL & COMMERCIAL OWNERSHIP COMPRE
PostPosted: Sun Dec 08, 2013 10:55 pm 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
Kopi + cendol + pisang ayooo dah......... :mrgreen:


PART 2

User Manual adalah satu hal, tambah lah ilmu dengan ber-experiment sebab Indonesia dengan suhu panas dan humidity tinggi, merupakan lokasi yang boleh di kata salah satu TER-PARAH untuk operasional compressor, alias mahal neh.

Musuh semua komponen mekanikal atau pun elektrikal, adalah sama .

01. HEAT / PANAS...........berlebihan
02. HUMIDITY..........kelembapan berlebihan

Saya bilang, Bauer oil change 2,000 jam atau 2 tahun adalah NONSENSE.
Percaya ini, mati lah kau.... :ymdevil:

Kita belajar fisika sedikit.

Compressor 3 stage, artinya semua stage akan me-pompa kelipatan 7 di.
Udara 1 ATM ( anggap 1 BAR ) di buat jadi 7 BAR pada stage atau piston chamber pertama.
Di Stage 2 jadi 7 x7 atau 49 BAR dan stage 3 adalah 49 X 7 = 343 BAR

Di Indonesia beli compressor, safety valve akan dapat yang 225BAR, di Eropa bisa pilih yang 330 BAR.
330 BAR tabung khusus, DIN filler hose fitting pun di bedakan oleh Bauer bisa kagak salah colok ke tabung model kita yang 207 BAR pakai Yoke fitting.

Jadi, jika safety compressor macet, itu comp bisa pompa 330 BAR = Kaboom !!! lah tabung anda. Hati2 yah.


Saya jelaskan kenapa air bisa masuk ke oli compressor

Image

.
Image

Humidity atau kelembapan adalah nilai berapa banyak udara pada suhu tersebut, bisa menampung uap air.
Uap air adalah air dalam bentuk gas.

Jika di sebut 80%, artinya jika tercapai 100%, itu uap air yang di atas 100% .... harus jadi air cair.
Ini Gas Law, tak bisa di tawar. Kadangkala ini disebut Water Vapor Pressure
http://en.wikipedia.org/wiki/Vapour_pressure_of_water

Makin panas suhu, makin banyak si udara bisa tampung uap/gas air .
Image

Karena ini lah umur filter cartridge compressor di negara 20C jauh lebih panjang ( murah ) di banding negara suhu 30C. Tengok tuh 17.32 cc atau gram uap air pada 100% humidty di suhu 20C, padahal di 30C adalah 30.40 cc/gram uap air.

Nah, sudah paham potensi uap air di udara, kita lanjut jelaskan kenapa oli compressor bisa dapat air.

Lihat 2 attachment compressor & schematic aliran udara di atas.
Lihat lingkaran biru muda di banding lingkaran biru tua.
Apa beda ini dua komponent ? Biru muda adalah pipa pendingin ( aftercooler ) antara Stage/piston 1 ke Stage/piston 2. Biru tua adalah pipa pendingin antara Stage/piston 2 ke Stage/piston 3. Yang mencolok adalah, Item 11 adalah Water Separator, pembuang uap air, sebelum masuk ke Stage 3. Dari Stage 1 ke Stage 2, tanpa Water Separator optional yang saya bahas awal, tidak adalah cara buang uap air.

Sekarang kita hitung cara yang gampang air di oli darimana.

01. Udara 30C, humidity 80% masuk ke Stage 1. Di tekan 7x lipat lebih padat, sebab naik 7 BAR tekanan nya.
Jika uap air ikut di tekan, artinya density uap air akan naik 7x lipat juga, berdasarkan volume baru yang 7x lebih sempit ini. Karena sifat* ( *Vapor Pressure ) uap air di udara mentok di 100%, lebih dari 100% harus jadi air cair.
Gampang nya adalah, 80% di kali 7 = 560%, 100% dalam bentuk uap/gas air dan sisah nya 460% harus jadi air cair. Lalu kita bertanya, itu kan di ruang kompressi yang ada air cair nya, bagaimana pulak air bisa masuk ke oli ?

Mau nya sih begitu, tetapi tidak ada kompressi yang sempurna alias bebas bocor.


Selalu ada bocor disebut Piston Blow-By
Semua mesin, termasuk mesin mobil pun ada piston-blow by. Di sebut crankcase breather atau ventilation.
http://en.wikipedia.org/wiki/Crankcase_ ... ion_system

Image
Lihat udara ter-kompressi akan ada bocor nya ke cranckase di mana oli compressor berada.
Karena udara ini basah, dan karena saat dari 7 BAR di ruang kompressi...lalu bocor nya ke crankcase yang begitu besar......tekanan turun dan sejuk terjadi.........makin gampang deh uap air di sumbangkan ke crankcase dan ke oli, DALAM BENTUK AIR CAIR.


Berapa nilai bocor nya piston blow by ? Sekitar 10% kalo compressor sehat.
Image
Mariner 200 bocorkan 25 liter per menit, jika compressor masih sehat. Output ke tabung tetap 200 L/mnt, asal comp sehat.

Lanjut ke Stage 2 ini udara basah, makin padat lagi udara pada 49 BAR.
Kena piston blow-by lagi, masuk lagi uap air sekian persen ke oli.
Maka nya Bauer bilang, jika kita di humidty 75%, water separator antara stage 1 dan 2 akan buat umur compressor
lebih panjang biaya maintenance lebih murah. Di posting awal adah tuh. Tapi pake DOKU untuk selamatkan DOKU :mrgreen:

Dengan harga oli sintetis Bauer mahal kayak setan, US$1,000 nambah pun utuk optional water separator 1st stage ini worth it banget. Cuma mau berapa berbusa-busa salesman perlu jelaskan ke customer yang tidak paham fisika nya compressor ? Yang akan di complaint oleh customer adalah :
Kalo jualan di Indonesia elu pasang donk ini 1st Stage Water Separator tanpa perlu tanya2 customer, kan kita humidity di atas 75% so pasti, gimana seeeh elo !!. Tapi gue kagak mau bayar extra yah !!
=))

Sebelum masuk ke Stage 3, ada water separator. Aman deh stage 3.


Serba salah punya humidity tinggi dan menekan udara emang reseh.


Apa benar air akan masuk ke oli compressor ?
Image
Di atas adalah oli di pakai 143 jam.
Karena saya rajin experiment dan pakai Pyrex bening, sebab air selalu paling bawah dan nampak jelas pakai Pyrex, 143 jam oli masih bening banget dan mudah lah tengok air di dasar Pyrex setelah 1 jam di diamkan/endapkan.

Lalu ada yang bertanya , kan nanti kalo oli compressor panas, air akan menguap ?
Sorry, suhu oli di compressor tak pernah lebih dari 60C, malah hanya 45C di compressor yang di sejukan dengan optimal. Ini juga yang buat Bauer berani koar-koar 2,000 jam umur oli sintetis. Mau oli mau sintetis kah, mineral kah, di atas 70C umurnya turun drastis.

Di bawah adalah data dari NSK Bearing.
Image
Memang oli sintetis umur lebih panjang, tetapi tengok jika 70C adalah 23 bulan, 80C adalah 11 bulan, 90C adalah 6 bulan. Ini artinya di atas 70C, per 10C naik, umur hilang 50%..........HEAT IS OUR ENEMY. Jangan pusingkan informasi ini adalah bulan dan bukan jam, tengok life decrease nya sudah cukup.

Untuk kawan2 yang di industry dan banyak handle oli, saya sarankan belajar dari sini :
http://www.machinerylubrication.com/



Sial kah compressor owner di Indonesia ? Yah sial banget lah, everything jadi mahal :sad:
Bayangkan :
AA. extreme condition karena geographic.
BB. serba serbi jadi mahal
Jika AA dan BB di tambah dengan tidak paham nya operator akan perawatan yang benar dan real world, hasilnya bisa disaster berat.


Ini lah sebab nya buku perawatan mobil akan bilang, short drive melulu, oli ganti lebih cepat. Oli mesin si bisa 110C jika sudah jalan cukup lama dan air di oli akan menguap, tapi jangan harap yah mesin bisa pakai oli sampai equivalent 500 jam pun. Moral of the Story : Air sangat di takuti oleh semua engineer mesin. Air = Cacat parah di bearing.



PART 3

Ada uang ada barang. Murah bisa "murahan", bukan cost efficient.
Dengan data dari web produsen mudah di akses saat ini, banyak banyak lah belajar.

Sekarang kita bahas kenapa Coltri harga jual bisa lebih murah dari Bauer.
Sudah di bahas di posting awal, ini sambungan nya.
Juga ini akan jelaskan , bahwa biaya compressor itu harus di baca "along the fine print", sebab banyak suprise nya.

Image
NOTE : Tengok acuan perawatan Coltri, paling bawah adalah Safety Valves per 1000 jam

Apa arti di atas ini ?
Setelah 3,000 jam, ganti lah High Pressure Water Separator dan Filter Housing yang juga high pressure.
Harga piro ? Ini dua kalo dapat 10 juta udah muuuuuuuuurah deh. :mrgreen:

Kenapa harus ganti ini barang ? WELCOME to the world of high pressure.

Umur semua pressure vessel, adalah dari load cycle. Berapa kali ini barang kena pressure>>de-presssurize.
High Pressure Water Separator itu, dalam 1 jam akan di kempat-kempot pressure nya minimal 6x, saat kita buang air nya. Filter Housing/Body akan kempat-kempot pressure nya saat tabung di ganti. Semua ini akan buat pressure vessel lemah.

3,000 jam di kalikan 6x buang air per jam di water separator alias kempat-kempot, itu 18,000 pressure cycle.
Tugas water separator itu kasihan banget loh.

Jika kita lihat data Bauer soal Pressure Life Cycle, akan lebih jelas.
Di German, karena manusia nya anal akan perfection dan safety, apapun pressure vessel kudu di test dan ada umur.
Rekomendasi gampang Bauer adalah 15 tahun maximum untuk filter housing P21 dan P31. Ini filter housing sebenarnya merangkap sebagai water separator dan filter housing sekalian.

Image
Tengok, filter housing P21 rating 0-230-0 BAR adalah 35,000 pressure cycle.
Jadi dari ini saja, Bauer dengan P21 sudah lebih murah minimal Rp12 juta, sebab umur nya 2x lipat dari Coltri punya pressure vessel yang 18,000 cycle.



Apa benar Coltri bilang 1 jam buang air 6x ?
Image
yah iya lah, per 10 menit mah udah standard di negara tropis untuk buang kondensat.
3000 jam x 6 event de-presurization = 18,000 cycle.


NOTE : Jika owner pandai, buang tekanan jangan sampai kosong total water separator nya, dan umur pakai bisa lebih panjang.





SAFETY VALVE
Tengok acuan perawatan Coltri, paling bawah adalah Safety Valves per 1000 jam, ini saya yakin 3rd stage punya sebab di atas nya sudah ada yang 1st dan 2nd stage pada 2000 jam. Yang kerja rutin hanya safety valve stage 3, saat tabung penuh baru cossssss. Stage 1 dan 2 hanya murni pengaman jika ada gangguan.

Kok bisa cuma 1000 jam duty nya sih safety valve Coltri ?
Sebab pake nya model "mainan" sih. Lingkaran merah adalah safety valve
Image
Bauer punya safety valve bisa di overhaul ( harus oleh Bauer, US$250 dan di segel ulang di Bauer Spore ), tetapi ini 4,000 jam masih tahan, between overhaul jika cuma main di 230 BAR. Di 330 BAR per 2,000 jam kudu overhaul sebab HP seat nya akan retak.

Safety valve Bauer jauh lebih bagus ( dan jauh lebih ROBUST ) sebab bisa di test variable pressure, bisa di set variable pressure juga dan bisa jadi vent valve juga. Beli baru ini sekitar US$600. Coltri punya kalo tipe kecil gitu, US$100 sih dapat deh. Jadi dari safety nya ajah sudah US$500 lebih murah si Bauer dan annual maintenance murahan Bauer punya neh. Ini overhaul safety valve per 4,000 jam belum masuk ke cost air fill loh :D


Kenapa Bauer filter system P41 di posting awal saya kok mahal banget, bisa Rp40 juta nambah nya ?
Image
Sebab P41 sudah masuk ke versi commercial nya Bauer dan dua pressure vessel, bukan 1.

.
Image
P41 punya water separator itu umur nya pada applikasi 230 BAR, adalah UNLIMITED


.
Image
P41 punya filter tower/body umur pakai nya 215,000 cycle.
Kok di tulis nya 140-230-140 BAR untuk pressure cylce ? Bukan 0-230-0 BAR ?
Karena ada mekaniske PMV ( pressure maintaining valve ) yang saat ganti tabung , tekanan turun di filter
housing P41 ke 150 BAR, bukan ke ENOL BAR. Semua compressor ada PMV ini.
Jadi kalo di pikir2 makin lemot donk yah rating load cycle filter housing Coltri ? :mrgreen:


Maka Mariner 200 jika pakai P41 filter system upgrade, harga nya naik sekitar 40jt, karena pernik2 tambahan
memang tidak murah. Worth it kah ? Worth it donk sebab semakin besar filter, semakin lama udara nongkrong di antara media purifikasi dan semakin effektif lah kerja filter cartridge nya. Ini di sebut Dwell Time.

Sama sama Bauer Mariner 200, satu pakai P21 dan satu pakai P41, mana udara yang lebih bagus ?
P41 lah yau. Tetap dua dua nya lulus EN12021 jika umur filter di jaga, tetapi P41 lebih superior sebab 10x lebih besar secara media content. Activated Carbon bed nya dalam/panjang dan Hopcalite nya melimpah ( cartridge 67224 ) untuk lebih effektif buang carbon monoxide.

Lagi lagi duit bicara kan :mrgreen:




COOLING SYTEM EXTRA
Saya tegaskan cooling system harus tokcer untuk compressor, dan tidak akan cukup pulley fan asli jika suhu 30C, dan kita mau suhu cylinder head tidak lebih dari 130C........biar tidak rusak premature dari overheating dan bebas carbon monoxide karena overheating akan bakar oli neh. 26C bisa Mariner 200 aman jalan ber jam jam tanpa kipas blower kuat.

Pertama harus di sadari dulu, bahwa compressor kita di gerakan oleh Honda atau motor listrik, artinya selama Honda dan motor listrik sehat, itu compressor akan muter terus...........sampai patah ino ono, atau bunyi aneh ini ono......di compressor nya...baru dah owner sadar ada problem . :-? Kacian deh.

Overheating alarm..........??........kalo compressor cuma 100jt.........dream on baby, kagak ada tuh gratis.
Oil pressure gauge ajah kagak di kasih......... =)) , emang pada edan dah produsen mah.

Berapa suhu maksimal skin temperature cylinder head ?
Cari ampe botak kagak ketemu di User Manual .........wele2......toh kagak ada temperature gauge ( compressor 100 jt ). Saya cari cari cari, nemu nya di Canada , Bauer Canada :
Image
275F = 135 Celcius




Pada suhu 30C ambient dan di bantu blower super kencang, ini suhu operational dalam hanya 18 menit.
Image
Cyl = Cylinder atau stage ...... Water Sep = Water Separator Final


.
Image
Stage /Cylinder 2 doank.
Biru adalah BLOWER OFF. Merah adalah BLOWER ON


Image

Semua data logging suhu pakai thermocouple. Titik baca adalah pipa output bagi stage 1 dan 2.
Bagi stage 3 titik baca di lubang yang memang ada di stage 3 untuk thermal sensing.



HOT SPOT DENGAN THERMAL IMAGER
S1 sampai S3 = Stage1 - 3
Thermocouple baca suhu ada batasan teknis nya. Thermal Imaging lebih enak untuk lebih ada wawasan mana
ada hot spot nya.

Image

.
Image





Kenapa data di atas kok stage 3 malah paling sejuk ?
Karena semenjak 2007, Bauer Mariner ( K 120 II block ) sudah oil cooled/bath stage 3 nya. Kalo model <2006 kagak oil cooled/bath, dan stage 3 adalah terpanas.





Yang paham oli akan bilang.......135 Celcius doank ( overheat limit sesuai Bauer Canada ) mana mungkin oli akan terbakar ?
Image
Sama dengan bahaya nya oksigen pada ambient pressure tinggi, oli pada ambient pressure tinggi, Auto Ignition Temperature nya ( AIT ) turun drastis. AIT adalah dimana suhu, yang tanpa bantuan api, si oli akan kebakar sendiri dan tidak akan mati sampai supplai oli nya habis. Flash Point adalah suhu terbakar oli, tetapi di bantu iginition source. Lalu skin temperature cylinder head jika 135C, bukanlah suhu udara ter-kompressi di dalam compression chamber yang bisa sampai 179C, jika cylinder head 135C.



Ini Mariner 200 ventilasi tak bagus, tak pakai blower kencang, overheat lah. Produksi carbon monoxide lumayan, 35 PPM. Stage 2 nya jebol. Toh stage terpanas.
Perbaikian over-heat nya tok, US$1,200. Head nya saja US$400+. Macet, di buka drat nya berondol.
Tapi service center tak mau resiko dan service besar 2,000 jam juga di kerjakan, tambah lagi US$1,200+
Image




Saya bilang PAKAI lah blower kencang........berapa kencang blower yang saya maksud ?
Image
.


Di bawah adalah beda tiupan udara, pulley bawaan compressor, di banding badai buatan :mrgreen:
Image
Yellow blower Made-in-china paling mahal hari ini 2.7jt lah. Savings operator puluhan juta dari overheating damage dan belum lagi loss nya tamu diving ini ono.


Kalo di itung itung instrumentasi yg saya koleksi demi ilmu, lebih mahal dari harga compressor nya....wak kik kik.


Last ONE
Labotarium tempat saya belajar di Bali. My favourite place.
Sudah 30,000 tabung terisi dalam 26 bulan.
Lumayan lah, dapat rapid learning.... :mrgreen:
Image



.
Berapa pisang + cendol + jangung + kopi sudah habis ???? :D

Ilmu untuk di bagi, kalo cem-cem-man kagak... :ymhug: :p
.

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: BIAYA OPERASIONAL PERSONAL & COMMERCIAL OWNERSHIP COMPRE
PostPosted: Mon Dec 09, 2013 3:58 pm 
Offline

Joined: Mon Sep 30, 2013 4:17 pm
Posts: 86
Location: Padang - West Sumatra
Surya Prihadi wrote:

Ini hanya ada di Bauer Dealer Katalog, baca dengan seksama :
Image
Di Coltri ini juga extra dan di sebut TROPICAL ( jika Tropical PLUS, ada pompa oli selain cooler + water separator 1st stage )
Di atas 75% humidty saya jamin, se Indonesia dekat laut ini lah humidity hampir all year round.
Ini option merem US$1,000 sebab akan ada aftercooler pipa nya juga.
Kenapa ini tidak di enforce untuk di pasang bagi customer di negara tropis? Ujung2 nya duit.


Interstage Separator yg optional ini, apakah biasanya bisa kita pesan sewaktu membeli kompresor dan bisa mereka pasang sekalian?
Dan apakah bisa diterapkan untuk type yg kecil (Junior II)?

::


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: BIAYA OPERASIONAL PERSONAL & COMMERCIAL OWNERSHIP COMPRE
PostPosted: Mon Dec 09, 2013 6:39 pm 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
Om Wil,

Opsi 1st stage water separator segede itu saya yakin kagak bisa, Junior terlalu kecil carry-frame nya. Flow terlalu kecil juga. Junior oli nya mah dikit, cuma 0.36 liter . Ganti per 50 jam saja sudah OK.

Bauer Mariner/Poseidon 200 block K120-2 = 2.8 liter oli nya
250 jam = 250 x 0.2 m3 x 60 = 3,000 m3 udara
3,000 m3 / 2.8 liter = 1 liter pelumas untuk 1,071 m3 udara produksi

Junior jika 50 jam. Ini 100 liter per menit capacity.
50 jam = 50 x 0.1 m3 x 60 = 300 m3 udara
300 m3 / 0.36 liter = 1 liter pelumas melayani 833 m3 udara produksi
Aman deh.

Cuma ingat, perawatan berkala semua komponen gerak, adalah berdasarkan JAM kerja.
Jam kerja sama dengan nilai wear & tear, tak pandang bulu soal output.
Maka, Junior akan lebih mahal perawatan nya per tabung terisi, sebab cuma 100 liter per menit di banding 200 liter per menit Mariner/Poseidon 200. Harga parts Junior saya tak hafal, tapi believe me, beda dikit doank ama Mariner dan stage 3 nya boleh di pastikan mirip abiz.

Kamu tengok Class A ( 500 jam ), Class B ( 1000 jam ) dan Class C ( 2000 jam ) di file pdf ini :
http://www.bauer-kompressoren.de/pdf/pr ... TJ-4_7.pdf

Page 5 - Reed valve N4860 1,000 jam harus ganti dan termasuk semua valve stage 2 dan 3.
Reed valve di Mariner 200 bisa tahan 2,000 jam.
Semua valve stage 2 dan 3 , standard lah 1,000 jam di Bauer ukuran apapun.

Maka, pakai Junior akan kira kira lebih mahal produksi udara KHUSUS di komponen service 500 - 1000 - 2000 jam sekitar 2.5x lipat di banding Poseidon/Mariner 200.
Ini salah satu sebab nya RPM tinggi, low volume production, akan makan biaya lebih dalam perawatan, tapi beli nya lebih murah. U can't win all. Jika pun kamu doing favor untuk teman, biaya yang kamu harus charge ke mereka supaya kamu IMPAS ( boro-boro untung...IMPAS doank ), minimal Rp50K isi tabung 80CF.

Kamu tengok maintenance requirement Mariner/Poseidon 200 sebagai perbandingan
http://www.bauer-kompressoren.de/pdf/pr ... P2-3_2.pdf

Bottom line TER-sedih adalah, jangan harap Junior 2 bisa umur sepanjang Capitano atau Mariner, walaupun
sama sama di rawat baik.

Have fun....

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: BIAYA OPERASIONAL PERSONAL & COMMERCIAL OWNERSHIP COMPRE
PostPosted: Thu Dec 12, 2013 10:15 am 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
WARNING BAGI PEMILIK COLTRI MCH13-16

Coltri MCH13 atau 16 yang beredar di Indonesia adalah tipe ini : Maksudnya filter housing nya cuma sebesar itu di photo.


Image

Ke halaman 58, lihat Filter Life
http://www.coltrisub.it/MAIN/MANUALS/FI ... .html#58/z

Atau tengok di bawah ini :
Image

Ukuran filter MCH13 atau MCH16 tidak besar. Jika di isi semua dengan molecular sieve ( pengering ) hanya muat 300 gram. Karena harus ada activated carbon untuk tangkap racun, paling banyak 230 gram molecular sieve bisa di isikan.

Maka hitungan di buku Coltri error besar sebab itu 10C - 12C terlalu sejuk, atau tidak di faktorkan bahwa semua compressor, suhu udara terproduksi adalah 10-15C lebih panas dari suhu ambient. 10C lebih panas hanya terjadi jika ada blower kuat tambahan, jika tidak 15C adalah suhu tambahan....makin error ajah.

Jika pun 230gram dan jika pun hanya tambah 10C lebih panas suhu udara ter-produksi, umur pakai filter di MCH16 adalah hanya 12 jam sebagai TERBAIK.

Image





Jika tanpa bantuan kipas pendingin kuat , akan 45C suhu final

Image

Beberapa tahun lalu ini sudah salah, saya pikir sudah di koreksi, gelo........kagak di koreksi juga sampai hari ini... :shock:

Jika 23 jam di pakai oleh comp operator, pada suhu 30C ambient, saya jamin biang sampah yang kalian sedot dan uap oli sekalian, di luar bau apek minta ampun.

DIVE SAFE........
.

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 57 posts ]  Go to page 1, 2, 3, 4  Next

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to: