It is currently Mon Dec 18, 2017 12:01 pm

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 38 posts ]  Go to page Previous  1, 2, 3
Author Message
 Post subject: Re: Compressor oil lubricated untuk nitrox continous blendin
PostPosted: Thu Aug 01, 2013 4:24 pm 
Offline

Joined: Mon Apr 04, 2011 9:00 am
Posts: 255
Location: Jakarta Crazy City
mantap info nya
mau nanya sedikit lagi kebalikan yg sblmnya, pengalaman om Surya sendiri brp kadar CO terbesar yg pernah dilihat ? (bukan yg di tes di knalpot motor lho )

kalau membaca ini rasanya koq jadi pengen juga tiap dive trip nenteng CO analyzer, tapi apa daya alat dive aja ga punya, boro2 beli gituan :ymdaydream:


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Compressor oil lubricated untuk nitrox continous blendin
PostPosted: Thu Aug 01, 2013 5:18 pm 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
tantowijaya wrote:
mantap info nya
mau nanya sedikit lagi kebalikan yg sblmnya, pengalaman om Surya sendiri brp kadar CO terbesar yg pernah dilihat ? (bukan yg di tes di knalpot motor lho )

kalau membaca ini rasanya koq jadi pengen juga tiap dive trip nenteng CO analyzer, tapi apa daya alat dive aja ga punya, boro2 beli gituan :ymdaydream:


Kok low profile sih ( tapi high profit neh :mrgreen: ) konon kagak punya alat diving....kik kik kik

01. 60 PPM di kolam. Diver muntah di bawah 3 menit pakai di air 3 meter. Kalo di laut dan 20 meter, bisa pesta kuaci. Tabung entah dari mana di bawa tuh.

02. Di BALI , tabung yang di pakai Safari ( SAFARI : dive keliling menclok2 sini sono pake compressor siapa saja )
Di bawah adalah photo tabung di Bali.
Image

Banyak lah kalo mau disebutin satu satu mah, cuma cape ah :mrgreen:


CO tak ada bau sama sekali, ingat.
Oli yang buat udara tabung bau...........kentut juga... :p


Dive Safe.

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Compressor oil lubricated untuk nitrox continous blendin
PostPosted: Thu Aug 01, 2013 5:36 pm 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
Saya kasih lihat test yang lebih menarik yah..........


Compressor yang pakai penggerak HONDA, jika tidak di lokasi udara bebas mengalir, contoh hanya ada atap dan tak ada tembok sama sekali dan harus ada angin sedikit supaya gas buang kenalpot bisa pergi jauh jauh deh....rawan CO si Honda akan tersedot balik ama compressor.

TEST : Seberapa banyak CO bisa disedot balik oleh compressor jika layout tempat isi seperti di bawah :

Image
Anggap jalanan jam 12. Totally open space. Tidak ada genteng/roof.
Anggap ruko jam 6
Tembok setinggi 3 meter di jam 3, jarak 4 meter jauhnya
Tembok setinggi 2.5 meter di jam 9, jarak 12 meter jauhnya
Kondisi angin , nyaris tak ada.
Kenalpot honda di arahkan ke jam 12
Intake compressor tanpa selang extended, posisi as-is
Filter cartridge tidak ada hopcalite untuk tangap CO

HASIL
Image

.
Image

BERSAMBUNG.............
.

_________________
Used to be dumb but no more....


Last edited by Surya Prihadi on Thu Aug 01, 2013 6:17 pm, edited 2 times in total.

Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Compressor oil lubricated untuk nitrox continous blendin
PostPosted: Thu Aug 01, 2013 5:46 pm 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
.
TEST 2 : Apa compressor sendiri produksi C0 karena oli terbakar ?


UDARA BERSIH 100% BEBAS CO di jeksi ke intake compressor pada flow lebih dari 200 liter permenit, supaya positive pressure
di intake compressor dan gas buang Honda tak bisa masuk.

Image

.
Intake compressor di pampetin pake kain saat di jeksi udara bebas Co dan di berikan CO analzer no 1, supaya pasti intake bebas CO bisa
di pertanggung jawabkan
Image

.
Confirm, intake compressor saat running, bebas CO. Ini analyzer no 1.
Image



.
Apa yang terjadi pada udara produksi ? Ini filter cartridge 100% baru, tapi tak ada Hopcalite nya
Image

Tengok, 3 PPM masih terbaca. Ini analyer no 2.

Wajar lah, ini compressor tidak lah sehat banget dan oli ke bakar dikit2 jadi CO ter produksi.
Ini pada cooling terbaik, malam hari, nyaris 100% open space/area dan running tidak lebih dari 30 menit.
Jika compressor ini ( asumsi model listrik ) di ruangan khusus dan ventilasi kurang, lalu di geber 4-5 jam, CO nya akan naik drastis


BERSAMBUNG.............

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Compressor oil lubricated untuk nitrox continous blendin
PostPosted: Thu Aug 01, 2013 6:13 pm 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
.
TEST 3. Apa yang terjadi jika ruangan compressor tidak open space banget dan compressor di gerakin HONDA.
Kita pepet ke tembok nih compressor. Tapi ini compressor di bantu di tiup sama blower kuning ( lihat panah hijau ) yang 81,000 liter permenit high static dan snorkle compressor di extend sampai ke blower, dengan harapan udara bebas gas buang HONDA.

Image


.

Hasilnya ?
Tetap saja kesedot itu gas buang Honda dan parah pulak, sebab turbulence.
Image
45PPM sih kalo di 20-30 meter, sedot 20 menit, di jamin lah.............potensi pesta kuaci SANGAT tinggi.
CO tetap kena hukum partial presssure, makin dalam makin beracun.

Anggap 45 PPM CO pada 1 ATM = 45 molecule CO , biar gampang.
Jika pada 30 meter ato 4 ATM = 45 x 4 = 180 molecule, PPM nya mah sama terus.

Diver akan cilaka karena pingsan di air dan drowning. Bukan mati karena 100% keracunan CO, ingat tuh.
Saat di otopsi dan jika tidak di test untuk keracunan, 99.99% hasil otopsi = DROWNING.
Tak pingsan pun asal bolot dan salah decision = potensi CILAKA ato pesta kuaci

Lain dengan kasus para sejoli di Ancol yang pacaran di mobil dengan AC dan mesin mobil hidup, mereka bisa mati karena keracunan CO all the way. Pertama pingsan dan karena tetap bernafas, CO build up naik terus di darah mereka, akhirnya CO poisoning mutlak.

Biarpun kapal bergerak saat compressor dengan Honda sedang running, selalu ada station wagon effect ( turbulence atau eddy pada sisi belakang object yang bergerak ) , dan effect ini juga berlaku bagi kenalpot kapal loh. Jadi makin parah neh
http://www.uscgboating.org/assets/pdf/recalls/BSC74.pdf

Selang intake compressor kudu maju 10 meter ke kepala angin dan minimal 50 cm lebih tinggi dari object dimana sedotan snorkle di posisikan.



Jadi apa moral of the story ?

01. Yang pakai Honda tuh compressor, mohon hati2, itu death machine kalo placement salah.

02. Wajar si Rusia mati di Maldives pada 2008, sebab intake snorkel nya compressor bolong dan compressor pakai penggerak Honda/Diesel.

03. Now you know why I am so anal on air purification safety & compressor operation ? Karena saya rajin experiment, curious mind. Saya punya 3 CO analyzer. Satu bisa oksigen upto 40%, combo unit CO + 02 unit. Kalo Blackberry saya tidak koleksi, kalo analyzer iyah :mrgreen:



Dive safe

.

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Compressor oil lubricated untuk nitrox continous blendin
PostPosted: Thu Aug 01, 2013 6:22 pm 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
Closing advice :

Jika udara kita super bersih, hasil nya adalah :

01. Diver lebih susah kepalanya pusing ( kecuali utang banyak :(( )
02. Badan kagak capek berlebihan ( apalagi abiz diving ke Pijat Sehat, tanpa embel2 "special service =)) )

Udara buruk tetapi tidak pada level bahaya, akan berikan effek sebaliknya dari 01 & 02.

Gampang buktikan nya.
Jogging lah di daerah macet dan banyak kendaraan
Jogging lah di Taman Bogor itu loh, yang rindang, pasti beda ( asal jangan ber-semak ria yah :mrgreen: )

Tak perlu over exertion pun saat diving, dengan per 1 ATM / 10 meter kita butuh 1 kelipatan kuantitas udara, artinya apa pun yang buruk di udara kita akan multiplied dengan kedalaman. :(

.

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Compressor oil lubricated untuk nitrox continous blendin
PostPosted: Wed Sep 04, 2013 12:41 pm 
Offline

Joined: Mon Apr 04, 2011 9:00 am
Posts: 255
Location: Jakarta Crazy City
up dikit ah info penting, biar kita semakin aware


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Compressor oil lubricated untuk nitrox continous blendin
PostPosted: Fri Dec 13, 2013 6:58 am 
Offline

Joined: Thu Aug 06, 2009 3:03 am
Posts: 1022
Location: Gili Trawangan
nah ini hasil dari running kompresor Poseidon PE200 dari baru hanya 10 jam umurnya nih Oli, ternyata item bener. suhu ditahan dibawah 135'C terus dan blower kuning nyala terus.... suhu masih konstan 132' selama 6 jam running tes


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

_________________
don't dream your live, but live your dream.......


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 38 posts ]  Go to page Previous  1, 2, 3

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 2 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
cron