It is currently Sat Oct 21, 2017 7:00 pm

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 38 posts ]  Go to page Previous  1, 2, 3  Next
Author Message
 Post subject: Re: Compressor oil lubricated untuk nitrox continous blendin
PostPosted: Wed Jun 26, 2013 12:35 am 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
tantowijaya wrote:
Surya Prihadi wrote:
Mas Tanto,



Sebagai konsumen, Mas Tanto bisa tengok lah compressor room sebuah air fill center.

01. Belepotan oli kah si compressor.
02. Di pipa pipa yang tersambung ke cylinder head, ada kerak coklat bekas oli kebakar kah ?
03. Ada blower besar untuk sejukan compressor nya kah ? Ruangan ventilasi baik kah ?
04. Lihat log book nya, berapa tabung di isi per 1x ganti filter catridge dan filternya besar atau standard ?
Ini paling penting.


04. Scheduled maintenance di jalankan dengan baik kah ? Di log book harus ada.
Budaya beli bisa dan merawat ogah, kan cukup kental.....jadi kita harus jeli.

Ok deh itu dulu yah...

SP
.


Nah ini nih yg penting, tips untuk "membaca" situasi
jadi kalau jawabannya tidak - tidak - tidak - (nah kalo no 4 terlalu banyak nanya repot juga ya :p)

sedikit pertanyaan buat mbah surya, misal mbah menyediakan fasilitas nitrox, brp besar harga yg pantas kira2 penambahan buat nitrox filling ?
dari sana kan saya bisa mengira2 dia melakukan penambahan yg sesuai dgn biaya tambahan yg akan dikeluarkan (dgn catatan ybs benar2 menggunakan untuk menutupi biaya tambahan lho ya )

Thanks buat penjelasannya panjang lebar, i appreciate that


Ampir lupa euuy.
Ini satu lagi cara termudah untuk tau compressor sudah kebanyakan produksi oli di udara nya kagak.

01. Pada compressor 3 stage.
Tangkap buangan air dari water & oil separator no 1 dan 2.
Pakai gelas bening lebih bagus.
Diamkan air kondensat ini sampai gelembung micro bubble hilang, cukup 2 menit.
Tengok kadar oli di air nya.

Jika seperti ini di Separator 1, ini compressor udah bobrok. Waspada lah, pakai hanya tabung ke 1 - 10 semenjak filter ganti baru.
Image


Ini hasil kondensat di Separator 1 dan 2, pada compressor yang sehat
Image

.

Ok that is all for today boys...........
.

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Compressor oil lubricated untuk nitrox continous blendin
PostPosted: Wed Jun 26, 2013 12:46 am 
Offline

Joined: Sat Aug 20, 2011 5:18 pm
Posts: 360
Sebenarnya, klu semua DC/AirFill provider mau mengutamakan kualitas udara, mau airfill tabung dijual lebih mahal, tapi memperhatikan sisi kualitas, toh diver dgn sendirinya mau gak mau tetap bayar kok, utk yg backpacker pun nawar sekenceng2nya utk bbrp puluh ribu harga tabung rasa2nya sih gak berat2 amat dong.. Masalahnya, krn mau untung lebih besar akhirnya toleransi diperbesar, mestinya 30 tabung ganti filter, dibikin jadi 150 tabung baru diganti. Dan cilakanya tetap ada yg jual harga mahal sesuai standar udara yg bagus tapi tetap aja kualitasnya :-q #-o
Ibaratnya beli brg palsu tapi dikasih harga ori biar yg beli kirain beli brg ori.

Tidak semua diver ngerti akan bahaya dari udara yg jelek di tabung selam, klu habis dive ada 10 org tapi yg pusing cuma 2 diblg mungkin sea sick, klu blum sakit parah krn udara jelek ya everything is fine. Ada org yg merasa udah jago kompresor marah klu dikomplain udaranya bau kata dia "Sy ini sdh X thn bongkar pasang kompresor, Sy sll cek pake CO analyzer, aman kok, enak aja blg airfill sy jelek" Budaya org kita yg klu belum "Kasus" artinya semua fine2 aja masih terus dipertahankan sih jadinya susah jg.

Ada brp banyak diver 1 indonesia?? Yg join di forsel, dan yg aktif bener2 mau open minded dan membaca pengetahuan2 baru ada brp?? Paling banter jg 100an lah yg aktif dan akhirnya sadar bahwa mmg banyak skali hal detail yg perlu diperhatikan utk menjaga kualitas.

Sebenarnya klu mau dibuat ketat utk menjaga kualitas spt standar om surya, bukan brarti gak bisa untung kok.. Tinggal dari kitanya aja yg mau mengaplikasikan standar itu atau tdk dan bagaimana caranya spy laku dan untung?? Silahkan dipikirkan strategi dagangnya masing2.
Masalahnya kualitas udara itu bukan spt beli tas Hermes yg ada KW 1,2,3,4 dst nya, yg asli harga 50jt, di mangdu KW ke sekian harga 50rb, 2 2 nya mirip secara tampilan dlm hal tabung selam sama2 tabungnya 80cuft, tapi tas 50rb tetap bisa dipakai dan gak ada masalah bertahun2 pun dipake tetap gak robek, bukannya 1 kali pakai rusak, klu beli tas yg asli hanya mempengaruhi kesehatan dompet aja palingan, cuma utk kualitas udara gak bisa ngomong KW soalnya, jelek ya jelek, dampaknya ke kesehatan tubuh kita di kemudian hari.
Gak ada pilihan kan klu ke DC atau airfill provider nawarin "ada udara bagus harga 100rb, yg KW1 harga 80rb krn ada 0,1% uap oli, klu mau murah lagi ada 20rb doang bedanya cuma uap oli nya banyakan dikit 1%.. mau yg mana pak???"

Daripd nyari murah utk tabung selam yg 20rb tapi udara jelek, mending 20rb nya sy pake beli rokok deh sebungkus nongkrong di pinggir pantai ngerokok liatin yg bening2 lewat2.. Dampak ke kesehatan sama, yg bening2 bisa dikecengin, clown fish gak bisa..
Blum pernah dgr kan org yg baru pertama kali ngerokok isap 1 batang pertama dlm hidupnya langsung is dead gara2 tuh asap rokok?? Sama dgn udara tabung yg jelek, dampaknya bukan sekarang.

Terus terang ya, di evolution kita ada sekitar 70 tabung, kompresor bauer dan filter system made by mbah SP, apa susah laku dan rugi?? Nggak tuh.. frekuensi diving di sini gak segila bali atau gili yg high season bisa menyentuh angka 1000 tabung/hari, masih sangat minim di mks, klu lagi season bagus2nya cuaca kayak skrg 1 minggu 70 tabung pasti abis kok, dlm seminggu kita airfill minimal 1x deh.. sebulan bisa jual 250-300 airfill.. Klu compare bali sih ya jelas kita masih masuk kategori "Susah lakunya" tapi utk sikon di sini itu dah lumayan banget. Dgn standar mbah SP yg pake blower kenceng utk menjaga suhu kompresor gak overheat dan filter gedenya yg setinggi tabung 80cuft apa rugi?? nyatanya sampe detik ini kita masih running kok.

Klu diver sendiri mulai mau lebih ketat utk kualitas udara, toh DC jg akan terdesak secara tidak langsung utk mau membenahi kualitas airfill mereka, begitupun sebaliknya klu setiap DC mau memperhatikan kualitas airfill sebaik2nya, dgn akibat harga naik, toh diver gak ada pilihan lain selain membayar harga yg tertera. Klu 1 dc dgn dc lain cuma beda 5rb mah gak ada masalah lah gak usah takut gak laku, kecuali dari 100 pelanggan semuanya mau ambil yg murah trus pikul sendiri tabungnya demi selisih 5rb ya ntah deh.

Kutipan paragraf dari om SP "Jika pakai filter system P21, cartridge nya US$36 per unit dan pada suhu ambient 30C, suhu final di filter housing P21 pada 45C ( pasti panas segini ), cuma bisa isi 30 tabung 80CF doank yang sisah 30BAR. Jadi per tabung biaya purification media nya ajah, US$1.20 atau Rp12K deh. Pada hitungan perawatan compressor baik, umur pakai filter catridge sesuai tabel kompensasi suhu dan ini ono disiplin, di Bauer/Poseidon compressor pada suhu ambient 30C, biaya produksi udara adalah sekitar Rp19,000 - 21,000." Ini kan kompresor standar tuh, filter standar jg, klu biaya produksi segitu dijual 40rb-50rb aja deh, apa iya kemahalan dari sisi konsumen?? dan apa masih rugi kah si DC klu jual tabung harga segitu?? Silahkan dihitung2..


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Compressor oil lubricated untuk nitrox continous blendin
PostPosted: Wed Jun 26, 2013 7:36 pm 
Offline
User avatar

Joined: Wed Jan 05, 2011 12:54 pm
Posts: 312
Berangkat dari postingan ini, jika menyangkut kesehatan dan keselamatan manusia, idealnya pemerintah membuat regulasi standar yang terkait kualitas udara tabung menyelam dan PAKSA para operator mengikutinya.


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Compressor oil lubricated untuk nitrox continous blendin
PostPosted: Wed Jun 26, 2013 8:58 pm 
Offline
User avatar

Joined: Sat Aug 20, 2011 10:14 am
Posts: 192
membaca thread ini jadi ingin punya O2 analyzer & CO analyzer :-s

_________________
Would rather be diving than posting!


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Compressor oil lubricated untuk nitrox continous blendin
PostPosted: Wed Jun 26, 2013 11:58 pm 
Offline

Joined: Sat Aug 20, 2011 5:18 pm
Posts: 360
ndr wrote:
membaca thread ini jadi ingin punya O2 analyzer & CO analyzer :-s


CO semata bukan satu2nya hal yg pasti om.. Seperti yg diblg om surya sebelumnya, klu keracunan CO, dipake diving, 10-20 menit aja, turun ke 20-30 meter, klu masih bisa naik ke surface dlm keadaan sehat walafiat... Fisiknya sangat2 luar biasa deh tuh org..

Mungkin om surya bisa jelasin lebih detail dgn data2 yg lebih valid nih utk urusan, apa aja faktor2 udara yg di dlm tabung selam itu bisa dikategorikan jelek atau nggak selain CO td itu.. Krn bau bukan brarti otomatis kadar CO nya tinggi..


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Compressor oil lubricated untuk nitrox continous blendin
PostPosted: Thu Jun 27, 2013 2:07 am 
Offline
User avatar

Joined: Sat Aug 20, 2011 10:14 am
Posts: 192
AKA wrote:
ndr wrote:
membaca thread ini jadi ingin punya O2 analyzer & CO analyzer :-s

Karena bau bukan berarti otomatis kadar CO nya tinggi..


karbon monoksida kan ga tak berwarna & juga tak berbau oom AKA? kalau berbau setelah pasang regu set, biasanya saya endus-endus tuh yang keluar dari 2nd stage, masalahnya kalau gak bau, apa yang saya endus-endusin kan? daripada turun pikiran gak yakin, mending ganti tank atau batal, gak mau 'test' kuat-kuatan, kalau dibilang teman-teman yang ada di tempat itu kolot atau tipis yo ben, daripada jadi PR :D

AKA wrote:
Mungkin om surya bisa jelasin lebih detail dgn data2 yg lebih valid nih utk urusan, apa aja faktor2 udara yg di dlm tabung selam itu bisa dikategorikan jelek atau nggak


nah ini. menunggu kelanjutan diskusi dalam thread ini. :D

_________________
Would rather be diving than posting!


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Compressor oil lubricated untuk nitrox continous blendin
PostPosted: Thu Jun 27, 2013 7:40 am 
Offline

Joined: Thu Aug 06, 2009 3:03 am
Posts: 1022
Location: Gili Trawangan
ndr wrote:
AKA wrote:
ndr wrote:
membaca thread ini jadi ingin punya O2 analyzer & CO analyzer :-s

Karena bau bukan berarti otomatis kadar CO nya tinggi..


karbon monoksida kan ga tak berwarna & juga tak berbau oom AKA? kalau berbau setelah pasang regu set, biasanya saya endus-endus tuh yang keluar dari 2nd stage, masalahnya kalau gak bau, apa yang saya endus-endusin kan? daripada turun pikiran gak yakin, mending ganti tank atau batal, gak mau 'test' kuat-kuatan, kalau dibilang teman-teman yang ada di tempat itu kolot atau tipis yo ben, daripada jadi PR :D

AKA wrote:
Mungkin om surya bisa jelasin lebih detail dgn data2 yg lebih valid nih utk urusan, apa aja faktor2 udara yg di dlm tabung selam itu bisa dikategorikan jelek atau nggak


nah ini. menunggu kelanjutan diskusi dalam thread ini. :D



kalo diikutin terus emang gak akan ada habisnya yah....tapi kalau saya bilang sih ROKOK jelas2 sudah ditulis merugikan kesehatan dan berbahaya untuk janin kan tetapi tetep aja di bakar n diisep tuh HAHAHAAH... :ymparty:

naik kopaja atau ojek di jakarta juga dah jelas2 berbahaya dan termasuk dalam kategori EXTREME sprot tuh kalo di negara bule tapi tetep aja kalau mau cepet ya kita naik ojek kan hahaha

nah inti dari artikel pak surya ini adalah: "Apakah kita tau kondisi dan keadaan yg sebenernya atau nga?" kalau kita sudah tau ya jadinya kita bs antisipasi juga kan kalau terjadi apa apa kalau gak tau kan kita mati konyol maksudnya tuh hahaha

dan buat DC ini yg jadi dilema adalah sistem yg dipasang itu apakah membahayakan nyawa operator atau staff DC nya atau ngak, mangkanya di Sea Pearl tidak mau pasang atau tidak mau jual barang yg berpotensi berbahaya, walaupun kasus mledaknya blm byk di indonesia tapi kan jgn nunggu pesta kuaci kan hahaha ( bahasa nya pak surya nih)
bagus bgt pak saya setuju bgt kalau emang bs membahayakan orang lain mending jgn dijual pak krn moral issue tersebut...salut pak

_________________
don't dream your live, but live your dream.......


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Compressor oil lubricated untuk nitrox continous blendin
PostPosted: Thu Jun 27, 2013 8:19 am 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
Bro AKA, BKecap & NDR,

Carbon Monoksida ( CO ) memang tak ada bau, di Amerika ini di sebut Silent Killer sebab saat musim dingin dan di mana area nya ada winter salju, dan ada fire-place, sering CO membunuh pemilik rumah saat buangan pembakaran tidak naik dengan baik ke chimnney nya.

Di Jakarta dulu Ancol tempat orang pacaran di dalam mobil, tiap tahun pasti ada korban mati lemas karena CO, jika arah angin meniup sisah gas bakar ke intake air-cond. Mobil tidak ada yang kedap, tak mungkin kedap sebab fresh air harus bisa masuk sekian persen.

Korban C0, yang pribadi yang saya tau adalah, abang dan ipar kawan saya di bogor. Pakai water heater gas, tetapi taro nya di kamar mandi. Rumah model ruko dan ada yang kamar mandi di tengah bangunan tanpa ada ventilasi memadai. Mandi bareng dan lama, water heater nyala, CO melimpah dan mati lemas. Mungkin ini mama dan papa bermesrah di kamar mandi ( wajar lah yau ) dan so pasti intake udara nambah seperti diving di arus dan kadar C0 terakumulasi sudah di ambang batas melemaskan mereka, lalu tak ada yang tau mereka pingsan....terus terhirup C0...habis lah sudah = mati lemas.

Contoh lain
http://teknologi.news.viva.co.id/news/r ... up-adesagi


Tidak ada istilah C0 tidak di produksikan saat ada pembakaran. Semua benda saat terbakar, C0 akan jadi salah satu by-product nya.

Di Maldives 2008 berita yang meggemparkan, itu C0 bersumber dari kenalpot Honda penggerak compressor dimana kebetulan selang intake nya ( snorkle ) si compressor bocor. Karena dive compressor ada nya di kapal, di belakang kapal tepatnya, tanpa snorkle naik ke atas ambil udara bersih, itu sangat bahaya.

Barang siapa yang pakai compressor digerakan dengan Honda atau diesel , lalu compressor tersebut di ruangan, itu cari mati namanya. Compressor dengan Honda harus operate di ruang terbuka ( atap ada OK ) dan harus ada minimal 5 km/jam angin, dan kenalpot di arahkan downstream angin.

Di compressor sendiri, di luar dari bahaya nya penggerak Honda, saat oli compressor terbakar, C0 nya akan terproduksi dan masuk ke tabung selam. Jika kita lihat spec resmi Bauer, saat di jual sebuah compressor yang bukan pakai penggerak listrik, jadi pakai Honda atau diesel, pasti filter cartridge nya berbeda sebab ada isi Hopcalite nya. Di USA, semua fire fighter compressor walaupun listrik, harus pakai filter cartridge yang ada Hopcalite ( HP ) untuk konversi CO dan ada sensor khusus yang akan auto-shutdown kan compressor jika C0 di deteksi di udara produksi melebihi 5PPM. Fire Fighter kan hari hari melihat kecelakaan dari korban kebakaran yang mati bukan terbakar tetapi mati lemas dari CO.

Ini beda compressor yang bermotor listrik dan yang pakai Honda/Diesel
Dimana saya berikan tick warna merah di part number, lihat filter catridge pasti pakai HP ( Hopcalite )

Image

.
Image

.
Image

.

Di Sea Pearl karena hanya isi 5-6 tabung sehari average, saya pilih Mariner 200 dengan filter system P41.
Filter system P41 adalah filter terbesar yang bisa di jadikan upgrade saat pesan compressor dari Bauer, nambah US$3,000+. Tidak ada agen Bauer yang stock Mariner 200 dengan filter system P41 di Indonesia, sebab terlalu mahal upgrade cost nya dan dive center enggan keluar extra $$. Maka indent 3 bulan baru tiba.

Filter cartridge di pilih 67724 yang ada Hopcalite, biar aman.
Blower di upgrade ke 80 M3 per menit supaya suhu cylinder head tidak bisa naik lebih dari 130C pada ambient 34C sekalipun. Semua monitoring system di pasang.

Maret 2010 "profiling" mulai di lakukan terhadap compressor perawan ini.

Filter cartridge 67724 untuk P41 di kalkulator Bauer tidak ada. Yang ada 62565 yang isi nya 803 gram Molecular Sieve. Karena 67724 ada Hopcalite, maka umur pakai nya turun, sebab jatah Hopcalite makan tempat si molecular sieve. Hitungan Bauer kalkulator pakai P41 Securus 61687 yang ada Hopcalite, dimana jumlah Molecular Sieve lebih sedikit lagi sebab selain ada Hopcalite, ada sensor kimia Securus. Ini semakin aman perhitungan dari segi kering nya udara, I have more molecular sieve, but I calculate less.

Image

OK, 51 jam umur pakai menurut kalkulator Bauer pada suhu 38C final si water separator. 38C final bisa tercapai dengan blower besar 80 m3 per menit static tinggi, tanpa bantuan blower kelas tsunami ini, 45C lah akan jadi suhu final nya. Lihat posting sebelum ini di graphic datalogger suhu water separator, confirm bahwa sekitar 37-38C adalah suhu water separator tertinggi. AMAN.

Masih belum puas, semua filter catridge 67724 di timbang dari baru sampai expired 49 jam. Saya set 49 jam sebagai umur pakai, bukan 51 jam. Saya curi -2 jam lagi sebagai asuransi kualitas bahwa molecular sieve pasti kering dan activated carbon serta hopcalite akan selalu kerja dengan prima.

Ini cuplikan dari Log Book saya

Image

Kenapa susah payah harus timbang filter baru vs bekas ? Pakai timbangan yang akurasi 2 gram, murah itu merek Tanita, cuma Rp300+K dapat.
Yang saya mau tau adalah, formula uap air tertangkap di media molecular sieve sudah jelas, tetapi apalagi gerangan yang tertangkap di media nya, so pasti oli dan ini ono.

Jika di lihat kalkulator Bauer, pada suhu 38C uap air di udara pada 100% humidity adalah 46.28 gram.
Mechanical water & oil separator di Bauer mampu buang 99.6% uap air dan 0.4% sisah lah baru di tangkap oleh molecular sieve....dikit banget kan...yep, maka nya jangan jorok tuh water & oil separator.

Basis dari hitungan Bauer kalkulator, pakai standard industry. Kemampuan jerap uap air di molecular sieve 13X , adalah 23% berat nya si MS sendiri. Tetapi 1% sebagai keadaan basah MS saat baru, tak ada tuh 0%.
2% sebagai asuransi. Maka acuan di pakai adalah 20% doank.
Jadi per 100 gram MS 13X, hanya 20 gram uap air bisa di jerap.

Ini formula nya

Volume of air which can be processed :
Va [m3] = 0,2 x mMS [g] / (X [g/m3] / p [bar]) = 0,2 x p [bar] x mMS [g] / X [g/m3]

Va[m3] is cubic meters of air
0.2 is the 20% water adsorbing capability of the molecular sieve
mMs[g] is mass of Molecular Sieve in grams
p[bar] is the filling pressure of the tank in BAR
X[g/m3] is the water content of air per cubic meter at the specified temperature
/ means divided by
x means multiply by

Dengan informasi bahwa MS 13X 685 gram yang tertera di kalkulator Bauer , kita akan dapat

Udara terproses = 0.2 x 207 BAR x 685 gram dibagi 46.28 mg/M3 uap air
= 612 Meter kubik udara bisa di keringkan minimal -55 Celcius dewpoint atau setara dengan KERING KALEEE !!!
-55C Dewpoint artinya, jika suhu nya sejuk sampai -55C baru lah uap air jadi air cair.

612 / 1.8 kubik meter udara per tabung 80CF jika sisah 30 BAR = 340 tabung konon lulus EN12021 yang mengharuskan
kekeringan udara pada level 25 mg uap air per meter kubik udara ( pada 1 ATM ) pada output pengisian selang compresor ke tabung.

Sekarang kita cari tau, apa benar Bauer punya mechanical water separator bisa buang uap air sebanyak 99.6% ?
Pada 38C suhu udara di water separator final, 100% humidity ( pasti 100% humidity di udara ter-kompressi ) adalah sama dengan 46.28 gram uap air per 1 meter kubik udara.

Maka 46.28 x 612 kubik M3 udara terproses oleh filter P41 = 28,322 cc/gram air atau 28.3 liter air
Water & Oil Separator 1 & 2, mampu buang 99.6% , maka 28,322 di kali 0.4% = 113.288 cc/gram uap air yang perlu di jerap/tangkap sama molecular sieve.

685 gram molecular sieve pada kemampuan jerap 20% nya = 137 gram/cc air kapasitas nya.
Chiuyy....extra aman , 137 - 113 = 24 gram uap air masih bisa di tangkap, ini reserve nya atau asuransi nya untuk keadaan just in case.

Potong filter dan verifikasi, apa bener nih kalkulator Bauer bilang molecular sieve masih akan kering banget pada 51jam, apalagi 49 jam.
.
Image
.
Image
.
Filter pad pertama, cari berkas oli......tak ada
Image
.

Molecular sieve jika basah kayak gini warna nya :
Image

.

Balik ke log book filter P41 saya.
Simak , rata rata 240 gram adalah uap air + oli + ini ono yang tertangkap oleh media.
Nah bayangkan jika komponen uap air cuma 137 gram, maka 103 gram adalah whatever other bullshit gas beracun + oli dan entah apalah.
Satu tabung kosong adalah 2.2 m3. Maka 49 jam x 200 liter per menit = 588 meter kubik udara
588/2.2 = 267 tabung kosong melompong 80 Cubic Feet bisa di isi.
267 / 103 gram = 2.59 gram per tabung ada bullshit gas beracun + oli dan entah apalah yang di tangkap filter.
Jadi bayangkan betapa kotor isi sebuah tabung yang jika compressor nya tidak di ganti filter sesuai table yang benar.
Itu lah potensi konteminasi yang bablas ke tabung selam 80CF setelah filter media tersaturasi. Kalo uap air no problem, itu kan humidity.

Apa saya puas ? Belum donk, maka nya waktu Dive Sport Bali minta di buat air-fill system, saya langsung OK kan asal standard udara dan filter system hardware versi Mbah. Kapan lagi bisa punya mainan air-fill yang akan melayani sekitar 30 tabung sehari average dan saat high season bisa 160 tabung sehari. Berapa banyak informasi saya bisa dapat dari Learning Center seperti itu ? PRICELESS !!!

Karena Dewpoint meter itu lah, saya bisa verifikasi bahwa memang benar hitungan kalkulator Bauer, asal dengan catatan :
Jangan pake acara beli media filter kemas ulang, beli yang sealed system dari merek besar seperti Bauer atau Lawrence Factor.
Jangan simpan lebih dari 2 tahun ( semenjak pabrik kemaskan ) filter cartridge walaupun vacuum sealed.


Pada saat yang sama, saya punya Dewpoint Meter itu , bisa lah itu alat jadi alat konfirmasi low cost chemical humidity sensor sebenarnya tepat atau tidak ? Data dewpoint banyak terkumpul karena Dive Sport dan akhirnya chemical humidity sensor saya approved untuk sebagai low cost measuring device untuk umur pakai filter di system besar. Itu lah yang di pakai di Evolution Makassar dan semua instalasi filter besar yang saya pasang.

Image
.
Image

Khusus di Indonesia, karena tidak ada ice diving atau air 10C pun. Umur pakai filter boleh di extend pada tingkat dimana Activated Carbon dan Hopcalite tetap optimal berkerja, yaitu minimal -43 celcius Dew Point. Atau 61 mg uap air per M3 yang akan hanya jadi air cair jika di -43C. Semakin kering udara tabung selam, semakin bagus dan mahal produksi nya, tapi tenggorokan jadi kering kerontang neh...no choice.

Kenapa EN12021 minta standard keringan udara minimal -55C Dew Point ?
Karena fire fighter di musim salju pada let say -10C, karena mereka juga pakai SCBA ( kita SCUBA ) dan regulator nya mirip sama diver, lalu mereka pakai tabung composite yang bisa 330BAR, di 1st stage regulator mereka saat tekanan turun dari 330BAR ke 10 BAR ( intermediate pressure 2nd stage regulator ), di titik orifice nya akan terjadi pendinginan -30C sampai -45C. Ini kan si Boyle's Law, tak bisa negosiasi.
Pressure reduction = COLD. Pressure Increase = HOT

Jika fire fighter tak pakai udara sekering -55C saat winter dan juga ice diver, regulator freezing akan terjadi dan mati donk mereka.

Di Indonesia cukup kita pakai acuan kekeringan udara yang dimana Activated Carbon dan Hopcalite tetap optimal berkerja, yaitu minimal -43 celcius Dew Point....aman sejahtera lah si diver. Jika di simak standard udara Grade E air dari CGA, ada exception nya untuk lokasi yang tidak ada winter dan boleh lah kekeringan udara alias titik Dew Point nya tak perlu sampai -55C.

Setiap saat air fill center melebihi kapasitas pakai filternya , cukup 10% melebihi dari table acuan ( asumsi compressor sehat ), itu molecular sieve jadi useless sudah, resiko nya adalah activated carbon tidak akan effective sangat sebagai penangkap racun.

Cara saya diving, over exertion gila gila an dan ini ono, jika udara tidak bersih sempurna, sudah almarhum saya. :mrgreen:


Kepuasaan bahwa saya bisa educate air-fill center untuk pakai filter system yang baik dan benar, sangat rewarding.
Minimal ini sama dengan membuat diving lebih aman.....asal pada mau belajar dan ikuti standard yang baik.

Cukup dengan naikan harga ke minimal Rp30,000 per air-fill tabung di area padat diver ( 30 air fill sehari ), ikuti standard umur filter yang baik, rawat compressor kayak kita rawat bini muda yang cakeeeeppppppp, disiplin diri, jujur atas keselematan konsumen..... tidak akan rugi air-fill center. Kaya tak bisa lah, tapi rugi tidak.

Rp10,000 lebih mahal dari let say Rp20,000 per air fill, apa mahal ?
Dive sehari 3x cuma nambah Rp30,000 ............apa mahal ?

Sekali lagi balik ke budaya.
Pedagang tak paham air purification, buat air-fill center dengan segala ilmu kudu :
- Kudu murah
- Kudu irit
- Kudu abaikan air-purification science
- Tapi Kudu untung
Yah itu lah hasilnya, sebagian produksi udaranya setelah melewati limit media, tak steril lah.



Sekarang kita bahas MISINFORMASI.
Kita bahas Compressor Coltri, satu lagi merek populer di Indonesia.
Bagi yang beli Coltri dan ada label di filter nya tertulis sticker +12 jam dalam bahasa Indonesia untuk MCH16, hati hati yah, itu ERROR BESAR.

Image
.
.
Image

.
Di buku Coltri MCH13 & MCH16 di tulis sebagai berikut :
Image

Tabel di atas mejelaskan bahwa pada suhu 30C, correction factor adalah 0.57 , artinya kurangkan lah umur filter 57%.
OK kita hitung deh pakai kalkulator Bauer.
Kita cari tau dulu berapa sih isi molecular sieve nya sebuah filter cartridge compressor MCH 13 / MCH 16
.
Image
Hanya data ini yang saya bisa dapat. Ini data untuk Bauer sudah tidak akurat untuk ukuran filter P41. P31 dan P21 akurat.
Dari ukuran filter cartridge MCH13 & MCH 16, data ini akurat.

168 gram adalah isi molecular sieve Coltri MCH 13 & MCH 16. Output adalah 265 liter per menit.
Kita pakai Bauer kalkulator
.
Image
Kita pakai 45C sebagai suhu final sebab ini akan terjadi bagi compressor tanpa bantuan blower kuat, suhu ambient di tambah +15C adalah standard suhu final.

Kalkulator Bauer menghitung 7 jam doank
Tabel di Coltri pada suhu ambient 30C adalah konon 23 jam di kurangi 57 persen sebagai correction factor suhu final = 9.89 jam umur pakai filter
Yang jual lebih pinter lagi, kasih +-12 jam... =))

Nah ini yang bikin compressor ajah bolot cara berhitungnya, lalu yang jual juga tidak paham cara berhitung umur pakai filter secara manual dan entah darimana terbit angka 12 jam. Ini lah MISINFORMASI.

Mau kemana nih industri diving kalo begini cara nya ?
Pada level produsen ajah ilmu nya dangkal atau ilmu KUDU ? KUDU kelihatan low operating cost biar laku produknya ?

Error 2.89 jam pada umur pakai 7 jam itu sudah parah parah parah sebab 2.89 jam adalah 41% dari 7 jam euyy !!!
.

Mutu udara yang selebor, bisa disamakan dengan formalin di pakai sebagai pengawet.
Satu kasih kita makan formalin, satu lagi kasih kita hirup uap oli dan apapun racun lain nya :mrgreen:

Gampang hitung economics vs quality nya lah.

BERDASARKAN COMPRESSOR SEHAT WALAFIAT
Jika air-fill center atau dive center pakai Bauer P21, lalu isi lebih dari 30 tabung 80CF bersisah 30 BAR = hati hati dikau
Jika air fiill center atau dive center pakai Coltri MCH13 atau MCH16, lalu isi lebih dari 59 tabung 80CF bersisah 30 BAR = hati hati dikau
Jika air fiill center atau dive center pakai CAT 9 lalu isi lebih dari 27 tabung 80CF bersisah 30 BAR = hati hati dikau
http://www.catcompressors.com/cat_9.htm

Nah udah di turunkan ilmu banyak nih.
Maka baca lah baik2 supaya jadi diver yang lebih lengkap.

Jika Fire Triangle ada 3 komponen, Diver Safety juga sama :

01. Diver nya sendiri, disiplin nya dan skill/training nya
02. Alam.........mother nature
03. Kualitas supply udara bagi diver

Udara tabung kurang OK asal CO nya tak banyak sangat, tak akan buat kita langsung mati/kelelep............kagak lah, jauh dari mati.
Cuma saja keselamatan diver di air datang dari kemampuan dia melakukan multi tasking, berfikir dengan akal sehat, pada kondisi otak prima ( biarpun badan cape, otak tidak boleh error ) jika situasi saat itu berubah menjadi challenging.

Apapun discomfort, apapun konteminasi udara yang seringan-ringan nya, jika saat itu diver perlu brain power 100%, karena sudah main dalam dan kena mild narcosis, atau tak main dalam tapi kena over extertion dengan elevated C02, semua ini membuat brain power jadi lemot. Diving adalah tasking, jika otak tidak sempura berkerja, kesalahan tindakan bisa membuat hasil fatal. Murni keracunan udara parah adalah, lemas alias pingsan, regulator copot dari mulut dan tenggelam lah di diver alias downing kalo di otopsi lalu tak periksa toxicity.

Kecelakaan diving , apalagi diver sudah cukup dive log nya, itu jika bukan mother nature ( kena downcurrent sampai dalam banget ), bukan sial di kepret baling2 kapal, bukan karena serangan jantung murni mendadak ( health ), lalu main nya tak dalam sangat, tidak over exertion.........hampir bisa di pastikan bad judgement adalah penyebabnya. Bad judgement karena otak nya sudah agak bolot, lalu kena mild narcosis atau kena keracuan udara ringan dan dia tidak lakukan hal yang benar........contoh tergampang lah, udara sisah 10 bar terbaca 100 BAR padahal masih di 30 meter.

Di lokasi arus keras, over extertion di tambah udara tidak steril = BISA KASUS.
Saya pernah ke Irian Jaya 1995, sewa compressor dan tabung dari peternak mutiara. Main di Wageo ( sekarang namanya Raja 4 ) Gile tuh bau nya, max limit diving 20 meter ajah sudah error kebauan uap oli, padahal masih pada umur lagi bangsat-bangsat nya alias merasa diri kayak Superman, cuma bedanya kita pake kolor di dalam celana, kalo Superman kan kolor nya di luar celana :D

.
.

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Compressor oil lubricated untuk nitrox continous blendin
PostPosted: Thu Jun 27, 2013 6:07 pm 
Offline

Joined: Mon Aug 30, 2010 9:12 am
Posts: 166
mbah surya,
maaf kalo OOT dan mungkin dah pernah diterangin, mau tanya kalau kompressor model screw ada gak yg dipake untuk air fill macem gini ? apa tidak ekonomis atau bagaimana mbah ?
mohon sharing nya lagi mbah..
terima kasih

etanto


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Compressor oil lubricated untuk nitrox continous blendin
PostPosted: Thu Jun 27, 2013 6:44 pm 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
Om Tanto,

Screw compressor kan single stage, tak bisa high pressure. Umum nya 20 BAR, untuk general utility atau shop-air kalo di pabrik yang banyak pakai pneumatic tools.

Jika pun ada compressor single stage yang langsung bisa pompa 225 BAR, meleleh tuh compressor dan meledak lah uap oli yang di semprotkan ke ruang kompressi.

Dengan 3 stage dive compressor, artinya kelipatan tekanan naik 7 x 7 x 7, lalu sebelum pindah ke stage berikutnya di dinginkan dengan pipa aftercooler. Semua ini urusan sama panas. Makanya compressor diving mahal karena high pressure. Di bawah 20 BAR lebih murah lah sebuah compressor per liter outputnya, contoh compressor biasa untuk nge-cat ato isi ban mobil yang max nya paling 7-10 BAR tuh compressor dan single stage.

Adiabatic heat yang tidak kasih single stage compressor naik ke 225 BAR langsung.

Itu screw compressor kalo di mobil jadi super-charger tuh. Di Mercy Kompresor, pake screw compressor, bukan turbo.

SP

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Compressor oil lubricated untuk nitrox continous blendin
PostPosted: Thu Jun 27, 2013 11:28 pm 
Offline
User avatar

Joined: Sat Aug 20, 2011 10:14 am
Posts: 192
OOT; kepikir thread yang padat, detil & berguna begini (dan juga thread yang lain) kudu dibikin semacam index 'knowledge base' di halaman khusus :-B

terima kasih banyak oom Surya Prihadi

_________________
Would rather be diving than posting!


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Compressor oil lubricated untuk nitrox continous blendin
PostPosted: Wed Jul 31, 2013 11:46 pm 
Offline

Joined: Mon Apr 04, 2011 9:00 am
Posts: 255
Location: Jakarta Crazy City
salah satu topik yg saya baca berkali2
biar ngerti cara kerja kompresor, semoga suatu hari kalo punya ga dikadalin penjual :p

omong2 soal CO analyzer om surya pernah coba produk Analox carbon monoxide Analyzer ga ?
iseng2 liat di leisurepro.com

http://www.leisurepro.com/Prod/Category ... MXCMA.html

share sedikit pengalaman
dulu di maldive sblm diving selalu menganalisa sendiri kadar oksigennya dgn alat yg mirip (nitrox)
kalau disini (aceh,ambon) sudah ditulis di tank nya
nah kadang2 kan rentangnya 31-33 tuh, kalo disini selalu ditulis 32% ya ga beda banyak si, maklum blom mempelajari lebih dalam efek selisih yg sedikit ini

mungkin om surya bisa membantu :D


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Compressor oil lubricated untuk nitrox continous blendin
PostPosted: Thu Aug 01, 2013 12:36 am 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
Om Tanto,

1 hal HARUS di ingat soal C0 analyzer, it is only as good as how you calibrate them after 90 days of use.
Analox di wakili oleh Dive Master, beli di mereka ajah dan pada saat yang sama pastikan gas kalibrasi ada dan pada 10 PPM CO bukan yang 50 PPM CO ( umum ). Kita mau deteksi serendah 2 PPM CO.

Lain cerita dengan oxygen analyzer. Tak perlu gas kalibrasi khusus pun tak masaalah sebab ambient air sebagai 21% 02 bisa jadi gas kalibrasi.

Ini sebab nya.

PPM adalah parts per million.
Persentase adalah part per hundred.

CO karena kita akan terminate dive kalo udara ada lebih dari 2 PPM CO kalo ikuti EN12021, atau 5 PPM kalo yang ikuti Grade E, adalah resolusi tinggi yang tidak bisa tak pakai gas kalibrasi jika consistent accurate reading mau di dapati setiap saat. Dan cara simpan C0 analyzer harus hati2 yah, jangan sembarangan dekat thinner, cat atau strong solvent apapun, itu sensor nya cepat kena cross contamination. Saya dulu pernah iseng test CO kenalpot honda dari 1 meter, langsung kudu kalibrasi tuh CO sensorn nya. :mrgreen:
Pakai kotak biscuit yang kedap udara waktu simpan. Kayak Tupperware yang ada seal nya itu loh.

Persentase 1% error di oxygen won't kill you. Kalo 1% di konversi ke PPM = 10,000 PPM ....mati lah kita kena C0 cukup 0.01 % atau sama ama 100 PPM, level yang bunuh orang Rusia di Maldives pada 2008.

HAL kedua.
Selalu kamu harus baca angka di 02 analyzer pakai mata kamu sendiri dan HARUS pertama baca ambient air dulu.
Jika ambient air tidak lah antara 20.5 sampai 21.5% oxygen, itu sensor nya kudu di ganti atau di kalibrasi pake fresh air/ambient air sampai baca 20.9% +- 0.5% OK lah, tergantung suhu. Ada table offset nya terhadap suhu, dikit sih. Baru deh baca berapa isi nitrox di tabung yang jatah kamu.

Umur sensor oksigen, pake kagak pake setelah di buka dari kemasan nya, 2 TAHUN.
Pastikan dive center ada log book kapan ini sensor di ganti.

Di simpan di kulkas pun sensor oksigen dalam kemasan pabrik, 4 tahun max harus di buang.

Kalo saya diving pakai nitrox, saya akan beli sendiri 02 anaylzer nya atau saya akan lakukan test sendiri , sesuai yang saya uraikan tadi di HAL kedua. Kecuali itu Mr. tester saya tau cara kerja nya baik dan saya emang kenal dia.

Dive safe yah OM.

SP

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Compressor oil lubricated untuk nitrox continous blendin
PostPosted: Thu Aug 01, 2013 8:05 am 
Offline

Joined: Mon Apr 04, 2011 9:00 am
Posts: 255
Location: Jakarta Crazy City
wah lengkap skali infonya
info behind the stage ini yg kadang2 kita ga sadar betapa pentingnya proses pengisian tabung yg kita sedot
pengalaman om surya sendiri pernah ga mendapatkan pengisian 0%/ 0 ppm CO ? atau ada rata2 angka yg tentunya diantara 0 - 2 ppm ?

thanks buat sekolahnya :-bd


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Compressor oil lubricated untuk nitrox continous blendin
PostPosted: Thu Aug 01, 2013 2:05 pm 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
Jika compressor sehat dan apalagi filter cartridge pakai hopcalite, zero PPM CO level mudah tercapai.

Si Sea Pearl sendiri protocol yang saya terapkan ke staff sebagai berikut :

Tabung tamu datang, baik sebelum nya isi di Sea Pearl atau tidak, tetap di test CO sebelum di isi.
Jika ada CO , walaupun 2 PPM, di buang seluruh isi tabung dan owner di tanya, isi dimana terakhir ? Dan di infokan hati2 lain kali.

Jika C0 ada di atas 10 PPM di tabung tamu, saya minta staff bell itu air fill center yang isikan tu tabung dan minta mereka periksa. Semua air-fill di Jakarta yang dive center pasti team Sea Pearl kenal toh, jadi gampang info kan mereka. Ini kan saling bantu nama nya.

Jika saya ke Bali dan diving, umumnya saya cari dive center yang pakai filter besar ( yang saya design untuk mereka ) dan pakai jasa mereka atau saya bawa tabung sendiri dari Dive Sport atau pakai dive center yg air fill nya di lakukan Dive Sport.

Jika saya ke lokasi lain yang compressor nya saya tidak bisa control, saya bawa CO detector saya.

Jika saya naik LOB yang saya kenal baik, saya bawa filter cartridge sendiri sebab tak ada LOB menolak pakai filter cartridge gratis heheeh.

Protocol lain di Sea Pearl adalah :
- Jika tabung rental ke luar dari Sea Pearl dan di bawa nginep, tidak boleh di isi oleh compressor lain.
- Jika tabung sempat di isi oleh compressor lain, saya biasanya minta segera di bongkar dan di visual/bersihkan.
Problem yang paling saya sebel adalah, oli film halus bisa masuk ke tabung jika compressor dan filter tak di rawat baik dan udara terbaik apapun yang kita isi jika sudah ada film oli halus di dinding dalam tabung, bau tetap akan ada selalu.

Instructor di Sea Pearl sendiri saya sering minta mereka bawa CO analyzer saat ke P1000 ato ke manapun jika tabung bukan dari Sea Pearl. Cuma mereka sering merasa melakukan test udara di depan pemilik tabung ( dive center ) konon offensive. Justru saya bilang sama mereka ini saling bantu sebagai early warning.

Kira2 gitu lah Om Tanto.

.

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 38 posts ]  Go to page Previous  1, 2, 3  Next

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
cron