It is currently Fri Oct 20, 2017 1:25 am

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 15 posts ] 
Author Message
 Post subject: mau beli kompresor second atau baru
PostPosted: Thu Jan 13, 2011 7:21 am 
Offline

Joined: Thu Jan 13, 2011 7:05 am
Posts: 2
agan agan . kasih info dong tenteng harga kompresor ato dapet di beli dmana kompresor yang baru ato yang bekas (kondisi min 60%) , masih buta nih tentang harga kompresor ,dimohon bantuanya...

club ku mau beli kompresor nih...
tolong bantuanya yaa..

oia saalam kenal ,kobam lisence ADS-i ..
newbie di nih forum..


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Thu Jan 13, 2011 5:30 pm 
Offline
User avatar

Joined: Mon Jun 19, 2006 1:52 pm
Posts: 1318
Location: Jakarta
wahhh bakal ada penyewaan tanki dong nihh :wink:

selamat datang juga di forum :wink:

_________________
Dona


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Thu Jan 13, 2011 10:04 pm 
Offline

Joined: Thu Jan 13, 2011 7:05 am
Posts: 2
sea lemon wrote:
wahhh bakal ada penyewaan tanki dong nihh :wink:

selamat datang juga di forum :wink:



yaaa emang gitu adanya..
tau gak infonya gan??


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Sat Jan 15, 2011 10:57 pm 
Offline
User avatar

Joined: Thu Jul 09, 2009 5:51 pm
Posts: 1571
Location: Jakarta
Halo kobamasing,

Kalau penjualan kompresor baru, bisa coba hubungi Dive Masters Indonesia di jalan Bangka atau Lautan Mas.

Kalau cari compressor bekas, ya harus rajin buka telinga. Soalnya perputaran kompresor bekas cepat sekali. Yang jelas kayanya sekarang ini agak sulit cari kompresor bekas karena semangat diving semakin meningkat dan kompresor sangat dibutuhkan.

Kalau mau beli kompresor bekas jangan lupa menentukan mau cari yang pakai motor bensin atau pakai listrik. Selain itu, jika membeli kompresor bekas, patokan kondisi minimal 60% itu harus jelas apanya. Soalnya overhaul kompresor tuh nggak murah lho.

b

_________________
BBeXplorers - Indonesia's Center for Diving Excellence | GUE Affiliate | We provide: Diver Training, EFR Training, Halcyon Dive Systems | Need info on joining DAN? E-mail me: rendra [at] banyubiru.org | Join our group on facebook: Banyu Biru Explorers


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Sun Jan 16, 2011 6:35 am 
Offline
User avatar

Joined: Tue Sep 15, 2009 3:15 am
Posts: 1396
Location: Katameya Heights
saya kurang tahu mengenai kompressor utk diving; tapi utk semua rotating equipment - perlu dipertimbangkan aspek maintenance, after sales service termasuk spare part availability nya.
banyak kasus murah di capex tinggi di opex


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Mon Jan 17, 2011 1:24 pm 
Offline

Joined: Thu Aug 06, 2009 3:03 am
Posts: 1022
Location: Gili Trawangan
kemaren ditawarin kompresor bauer kapitano 140L/m kondisi katanya bagus krn saya blom liat sendiri
harganya sekitaran 40-50jt om
kalo barunya sekitar 120jt an kl ga salah

kalo kompresor bekas mungkin harus diperhatikan kondisinya adalah apakah dia masih bs ngisis maksimal.
karena biasanya dipasangin safety valve 225 bar, 300 bar atau 330 bar.
jadi gak akan terjadi overpresure di tank
nah kalau kompresor dah jelek biasanya dia susah untuk dapet ke tekanan tersebut dan kalau dimatiin biasanya terdengar bunyi kaya keran bocor. cessssssss

kondisi pipa udara serta kisi2nya juga harus diperhatikan om.
biasanya dah bocor trus ditambal trus di cat ulang biar gak ketauan...

selama berburu


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Fri Jan 21, 2011 8:24 pm 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
Gang,

Capitano 140 Liter per rmenit baru nya dibawah 100 juta.
Mariner 200 Liter sekitar US$12,500 an, maka Capitano kayak nya maksimal 90 juta lah.

Hati hati kalo beli compressor bekas, salah beli , perbaikan bisa bangkrut.


Saran saya :

Janjian sama yang jual, bahwa sebelum beli akan di test di bengkel resmi. Minta Dive Master quote kerjaan ini dan pasti nya buyer yang bayar lah:

Blow By test. Test ini simple, tapi perlu yang paham dan pakai flowmeter khusus.
Piston selalu ada bocor udara ke crankcase, selain produksi udara ter kompressi.
Setiap compressor block, tergantung tahun model berapa , ada limit berapa blow by maksimal yang diperbolehkan alias bocor , unit ukur adalah liter per menit. Blow by sama dengan kebocoran di liner dan di piston ring, maka kondisi kehausan liner dan piston/ring bisa di deteksi. Piston dan liner satu set yaitu 3 unit untuk Mariner atau Capitano, siap-siap 20an juta, tanpa termasuk katup IN/OUT nya. Blow by test akan perlu PMV di set pada 200BAR. Teknisi nya kalo sudah Bauer trained pasti tau lah.

Apakah tekanan bisa tercapai di 225 BAR, itu urusan final floating piston nya di silinder 3. Ini satu set siap 5 juta untuk Mariner / Capitano.

Ganti semua katup IN/OUT di 3 silinder, siap-siap 5 juta an.

Hati hati saat beli Bauer, ini tips yang bisa menentukan nilai nya :

01. Compressor bekas dive resort = LUPAKAN saja, pasti sudah babak belur. Bali dan Manado banyak compressor bekas.

02. Model 2003 ( lupa2 inget ) ke bawah, Bauer pakai floating piston ( 3rd stage ) yang tidak ada ring nya. Gampang dibedakan,block nya TIDAK ada oli filter. Ini tekanan oli main di 50 BAR.

03. Model baru atau 2003 ke atas sudah pakai oli filter dan floating piston ( 3rd stage ) sudah pakai ring piston dan tekanan oli main di 5 BAR. Tahun 2007 ke atas, Bauer ada modifikasi block nya, itu oli ke piston no 3 di improve dengan cara sleeve floating piston dapat oil jacket sehingga 3rd stage lebih sejuk sekitar 20 Celcius, ini sangat penting. Cara membedakan nya mudah, pipa oli dari oil pump ada nya dekat sekali dengan cylinder head ter atas di piston 3. Yang model tanpa oil jacket, pipa oli nya lebih kebawah lagi dan oil jacketing tidak dapat di outer sleeve floating piston nya.


Kalau mau test yang gampang tanpa bengkel. Lihat saja warna air buangan dari water separator. Jika bukan putih susu dikit agak bening dan malah kuning sedikit alias oli berlebihan ini akan mahal perbaikan nya. Jalankan compressor, isi dua tabung minimal dan tahan di 200BAR selama 5 menit, check tuh air nya warna apa.

Jika compressor sudah ber umur, per 15 tahun itu filter housing HARUS di ganti, jika history nya tidak anda ketahui...........siap siap 15 juta an untuk filter housing P21 yang warna kuning emas itu loh.

Sebaiknya beli baru dan rawat dengan baik dari awal.
Jika mau cari uang di air fill, jangan pakai filter kecil P21. Itu terlalu kecil untuk ekonomis. US$38 adalah harga filter cartridge nya dan ini secara yang BENAR, cuma boleh di pakai 26 tabung 80CF, maksimal 35 tabung sudah mentok, jika operator mau jaga kualitas udara setara dengan EN12021 atau Grade E.

$38/32 tabung lah = US$1.19 per tabung. Biaya lain-lain bisa mencapai Rp 20,000 per tabung, apalagi yang pake Honda dan bukan motor listrik. Investasi ?? Manpower ?? Profit ??

Praktek filter ukuran P21 di genjot sampai 60-80 tabung tidak akan dapat kualitas udara yang baik mulai di 35 an tabung ke atas, tergantung operator isi tabung pada suhu ambient berapa, umur filter bisa variable.

Di atas 35 tabung 80CF di isi, itu activated carbon di dalam filter cartridge P21 yang cuma sekitar 10 gram, akan tidak lagi mampu tangkap racun, uap oli dan apapun yang kita tidak mau masuk ke dalam breathing air kita. Tidak mampu karena sudah saturated dan sudah juga basah. Yang di cium oleh diver sebagai bau apek adalah gagalnya activated carbon dan molecular sieve nya, tetapi umumnya activated carbon nya sebab bau di tangkap activated carbon.

Jika mau irit dan packing ulang sendiri tuh filter, hati-hati. Activated carbon walaupun sama sama dari batok kelapa ( tipe ini yang di pakai ), lain merek lain mutu. Produsen activated carbon lokal belum mampu buat yang seperti merek Calgon
( impor ), sebab proses nya yang rumit dan mesin nya mahal. Kalo molecular sieve masih OK lah, cari yang 13X dan branded biar abu nya kagak banyak, ini juga impor.

Ingat satu hal mengenai compressor, spare part nya sangat mahal dan rawat lah baik-baik. Pakai pendingin tambahan, itu kipas nya tidak cukup kuat untuk di negara tropis kayak kita siang hari di 30C+. Kalo mau test gampang, beli pistol suhu infra merah. Jalankan compressor 1 jam saja sambil isi tabung terus, jika ada salah satu cylinder head yang melebihi 132-135 Celsius, itu artinya kompressor sudah kepanasan.

Jika di compressor besar yang lengkap dengan safety, 132-135C adalah suhu automatic shut down. Sensor di letakan di piston 3 atau final piston. Jika compresor tipe Bauer Nitrox, setiap cylinder head ada sensor suhu nya sebab rawan meleduk jika overheat. Saat over heat oli terbakar dan racun di produksi oleh compressor, jika sedang partial blending untuk buat Nitrox oli kebakar plus oksigen kadar tinggi = kebakaran beneran.

Good luck shopping nya.......

SP

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Fri Jan 21, 2011 9:06 pm 
Offline

Joined: Tue Mar 20, 2007 5:58 pm
Posts: 1052
semoga dari pencerahan mbah surya inih banyak diver yang sadar, kenapa dive trip seharusnya tidaklah murah hehehe.. ngurusin kompresor secara baik & benar itu susah dan muahaaal.. udara yang bagus ituh ndak hanya sekedar "tidak bau" doang looh.. biar nanti mbah surya bahas lebih dalam mengenai "good quality airfill" hehehe..


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Fri Jan 21, 2011 11:15 pm 
Offline
User avatar

Joined: Wed Aug 19, 2009 9:18 am
Posts: 185
Sekali lagi saya terbengong-bengong membaca postingan mbah surya...dibaca sampe bawah...keatas lagi...belom ngerti juga...coba dibaca dari atas lagi... sampe bawah...belom ngerti juga... hahahahaha

Jadi pengen liat prosesnya di lapangan..

_________________
Randy | Email: [email protected]


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Fri Jan 21, 2011 11:40 pm 
Offline

Joined: Tue Mar 20, 2007 5:58 pm
Posts: 1052
@dek randy: coba dibaca dari bawah ke atas.. dijamin deh.. dijamin ndak ngerti haaaa..


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Sun Jan 23, 2011 3:49 pm 
Offline
User avatar

Joined: Thu Jul 09, 2009 5:51 pm
Posts: 1571
Location: Jakarta
hantulaut wrote:
semoga dari pencerahan mbah surya inih banyak diver yang sadar, kenapa dive trip seharusnya tidaklah murah hehehe.. ngurusin kompresor secara baik & benar itu susah dan muahaaal.. udara yang bagus ituh ndak hanya sekedar "tidak bau" doang looh.. biar nanti mbah surya bahas lebih dalam mengenai "good quality airfill" hehehe..


makanya gw suka bingung, airfill murah banget... gw tawar lebih mahal, eh nggak diterima.... gimana doooong.... dijawab begini:

"mas, mas mau bayar 50rb lebih mahal atau 200rb lebih mahal, tetap aja isinya saya cuma sanggup 200 bar mentog..., kagak sanggup ngelebihin sayah....."

wkwkwkwkwkwk..... :D

_________________
BBeXplorers - Indonesia's Center for Diving Excellence | GUE Affiliate | We provide: Diver Training, EFR Training, Halcyon Dive Systems | Need info on joining DAN? E-mail me: rendra [at] banyubiru.org | Join our group on facebook: Banyu Biru Explorers


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: mau beli kompresor second atau baru
PostPosted: Mon Feb 24, 2014 1:41 pm 
Offline

Joined: Thu Feb 20, 2014 9:37 pm
Posts: 2
om surya, minta no hp nya om, aku butuh marine200 2nd yg menurut bapak masih layak pakai :D ini cp ku: 0857 64 26 0000, tq sebelumnya


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: mau beli kompresor second atau baru
PostPosted: Mon Feb 24, 2014 10:05 pm 
Offline

Joined: Thu Jul 29, 2010 9:02 am
Posts: 264
Location: Jakarta, Indonesia
Dek raditya, jgn dengerin hantu laut deh. Yg bener tuh coba deh baca nya dari kanan ke kiri, di jamin pasti tambah gak ngerti ....

Pisssss

_________________
Safe Dive


E . H
NAUI # 50558


Whale Dive Centre
http://www.whaledivecentre.com
[email protected]
[email protected]


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: mau beli kompresor second atau baru
PostPosted: Mon Feb 24, 2014 11:54 pm 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
amiecute16 wrote:
om surya, minta no hp nya om, aku butuh marine200 2nd yg menurut bapak masih layak pakai :D ini cp ku: 0857 64 26 0000, tq sebelumnya


Compressor sebaiknya beli baru, kecuali kamu tau sejarah nya tuh compressor dengan pasti.
Jika dive center jual compressor nya, pada umumnya itu artinya repair besar sudah terlalu mahal.
Tidak ada guna dive center beli compressor baru, kecuali nambah kapasitas, selama yang lama masih bisa di perbaiki dengan harga masuk akal.

Secara tipikal, sebuah mesin, termasuk compressor....jika kita beli satuan komponen dan kita buatlah jadi compressor/mesin utuh, biaya bisa 3x lebih mahal dari unit beli baru. Komponen atau spare part kan priuk nasi nya produsen juga.

Jika compressor tidak perlu dibawa-bawa ke lokasi selam, tak perlu Bauer Mariner, beli Poseidon 200 saja, semua sama kecuali di miskin-kan accesories nya. Harga beda lebih murah US$3,000 kira2. Beli di Dive Master deh.
Tapi hanya bisa pakai listrik yah, kalo pakai Honda kudu modifikasi semi illegal alias diam2 sebab OEM tak approved. Poseidon dan Bauer sama pabriknya. Avanza vs Zenia gitu.

Untuk kita dapat compressor bekas yang bukan bersumber dari dive center, alias cari bekas owner pribadi dan berharap low hours dan masih mulus, susah neh sebab jarang per-orangan punya compressor.

Tidak ada definisi compressor masih 60%.
Yang ada adalah jika compression sudah bocor di atas 15% ( di sebut piston blow by ), sudah harus overhaul besar.

Tanya Audita, kawan nya sebuah Dive Center baru dapat tagihan US$2,141 untuk Coltri MCH-16 overhaul bukan besar sangat, cuma udah masuk ke 2000 jam service dan umur 11 bulan.............padahal baru nya ini compressor cuma US$8,000 dapat deh. Bauer model se ukuran ini kayak Mariner 200 kah atau Poseidon 200, akan sama biaya nya, beda tipis. Ini pun biaya dengan catatan baru estimasi bahwa tidak ada problem besar dan saat di bongkar baru akan ketauan, lebih berapa itu biaya aktual....kurang mah kagak mungkin.

Jadi, asumsi compressor bekas kamu dapat pun, jika tidak ada kerusakan besar pun, siap siap US$2,200 lagi untuk meremajakan nya supaya layak pakai, belum termasuk biaya beli bekas nya. Jika liner dan piston kena....siap siap naik darah tengok tagihan dimana per cylinder...harga liner tok bisa US$800....piston X dollar lagi.

Jika pun mau tau kondisi sebenarnya sebuah compressor bekas, setau saya Dive Master akan charge US$350 untuk bongkar tengok jeroan. Nanti kudu beli oli nya sekian liter, dan oli jika sintetis tak murah yah. Kalo ada cylninder head yang macet, pasti mereka tak mau buka sebab head nya minimal US$400, 1 stage loh. Total ada 3 stage.
Macet cylinder head cukup umum jika owner lokasi dekat pantai.

Jika dapat compressor bekas yang relatif sehat, mujur lah dikau dan cuma siapkan US$2,200 kedepan nya untuk overhaul 2000 jam nya. Kapan ini 2000 jam....hanya yang punya yang tau.

Balik lagi saran saya, beli baru saja lah, resiko nya tidak worth it beli bekas sebab dominasi comp bekas di Indonesia, selalu bekas dive center. Jadi ini sudah abused abis-abisan.

Saya ajah karena percaya ama temen kena tepu. Tak periksa lagi dan OK ajah...wong nama nya temen.
Beli Mariner 40 jt, saya bongkar....wele.....betulin lagi 25 jt, tak kelar pun sebab liner udah kena/cacat. Mau lanjut bisa 30+ jt lagi......yah beli baru ajah lah. Jual tuh Mariner bekas murah2 dan jujur soal keadaan. Lesson learned.

Lihat nih. Kiri liner stage 2 dari comp bekas yg saya kena tipu. Kanan comp baru sampai 1,300 jam....virgin man !!
Image
Ini US$800 harga liner nya, belum piston nya. Lalu ini baru stage 2, stage 1 nya ?

Karena yg tipu kawan....yah sudah lah.
Kita coret dia dari daftar "trustworthy", mau ribut juga malas lah.


Happy shopping....

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: mau beli kompresor second atau baru
PostPosted: Tue Feb 25, 2014 8:09 am 
Offline

Joined: Thu Aug 06, 2009 3:03 am
Posts: 1022
Location: Gili Trawangan
tuh saya kasih bukti bocorannya bahwa tanpa perawatan yg baik kompresor umur 1 thn juga bakalan makan duit banyak tuh.....

bener apa yg dikatakan pak surya (kaya iklan yah) mendingan beli baru aja deh biar enak tidur tapi ada tapinya nih kalau kita beli kompresor baru tapi gak dirawat dengan baik maka ya si kompresor itu bakalan rusak juga dalam waktu cepat yah. kategori gak dirawat adalah tanpa pendingin tambahan apabila kompersor nyala 15 menit aja suhu langsung naik bisa mencapai 145 celsius dimana ini udah tahap overheat loh jadi tetep aja blower kuning itu sangat krusial. sudah terbukti ini coltri beli bulan maret 2013 di divemaster dan sekarang dah harus servis. coltri ini dipake di dalam ruangan tertutup dengan sirkulasi udara yg kurang, kategori kurang adalah udara jadi hangat apabila sedang pengisian.

berhati hatilah buat yg mau beli kompresor baru atau second karena kita beli baru pun tapi gak dirawat dengan baik juga bs rusak nih hanya masalah waktu aja sih. jadi lbh mending kalau gak begitu paham dan gak punya waktu banyak banget untuk ngoprek kompresor mending jgn beli deh tuh,hahahahah


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

_________________
don't dream your live, but live your dream.......


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 15 posts ] 

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: Google [Bot] and 4 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to: