It is currently Sun Feb 25, 2018 4:47 pm

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 93 posts ]  Go to page Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7  Next
Author Message
 Post subject:
PostPosted: Wed Jun 23, 2010 4:41 pm 
Offline

Joined: Thu Aug 06, 2009 3:03 am
Posts: 1022
Location: Gili Trawangan
deniwaty wrote:
wedew..masker low volume relatif lebih mahal ya..aku belum cari2/tanya2 si..

ukuran yg gak umum emang biasanya membuat sesuatu jadi lebih mahal..:(

padahal mestinya kan ukuran kecil jadi lebih murah ya..

mo coba cari masker untuk anak2 aja deh

niwei thanks info nya


waduh mbak HP aja makin kecil makin mahal, laptop juga kan.
ehhehehe

gak perlu mask low volume kok mbak untuk ukuran kecil. yang model lain juga banyak kok
tinggal rajin2 aja nyarinya yah


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Fri Jun 25, 2010 11:57 am 
Offline

Joined: Thu Aug 06, 2009 3:03 am
Posts: 1022
Location: Gili Trawangan
Tank Valve
yang perlu diperhatikan dalam membuka tank vave adalah kita perlu membuka sampai maksimal kemudian puter kembali 1 kali.
hal ini di tujukan supaya valve terbuka dengan sempurna, karena kalau kita buka hanya setengah atau sebagian maka valve dapat macet dan tertutup.
sistem dari valve tersebut terdapat part yang mengatur aliran udara. saat udara dalam tank penuh maka udara dapat keluar dengan sempurna tetapi saat tekanan sudah berkurang dan valve tidak terbuka sempurna maka dapat mampet dan menyebabkan udara tidak dapat keluar walaupun tekanan masih cukup banyak (diatas 50bar)

Pernah pas diving saya dihadapkan pada situasi diver low of air dan sampai habis. untungnya terdapat diver lain tidak jauh dan langsung mengambil oktonya. segera setelah saya melihat saya langsung memegang tank valve dan masih bs saya putar 2-3 putaran. dan hal ini terjadi setelah 20menit diving.

setelah di surface kita bahas knp bs terjadi, dan disimpulkan karena valve tidak terbuka dengan sempurna sehingga pas tekanan masih penuh (200bar) dia bs napas tetapi pas tekanan sudah menurun (100bar dalam 20 menit estimasi) maka valve menutup.

karena penasaran, beberapa hari lalu saya mencoba dengan tabung yang saya buka sedikit untuk membuang udaranya dan setelah 10 menit tabung tersebut mati tidak mengeluarkan udara seperti sudah kosong. tetapi ketika saya buka lagi valve lebih besar maka udara kembali keluar dengan kerasnya. jadi dapat saya simpulkan membuka valve tidak sempurna dapat mengakibatkan udara mati saat di dalam air setelah tekanan berkurang.

mohon tambahannya dari yang memiliki pengalaman serupa...


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Fri Jun 25, 2010 12:32 pm 
Offline
User avatar

Joined: Wed Dec 09, 2009 1:37 pm
Posts: 105
Location: Surabaya
wah baru tau ni alasannya, nice info :)


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Fri Jun 25, 2010 1:43 pm 
Offline
User avatar

Joined: Sat Apr 25, 2009 9:16 pm
Posts: 159
Location: Ambon
ditajong wrote:
Tank Valve
yang perlu diperhatikan dalam membuka tank vave adalah kita perlu membuka sampai maksimal kemudian puter kembali 1 kali.
hal ini di tujukan supaya valve terbuka dengan sempurna, karena kalau kita buka hanya setengah atau sebagian maka valve dapat macet dan tertutup.
sistem dari valve tersebut terdapat part yang mengatur aliran udara. saat udara dalam tank penuh maka udara dapat keluar dengan sempurna tetapi saat tekanan sudah berkurang dan valve tidak terbuka sempurna maka dapat mampet dan menyebabkan udara tidak dapat keluar walaupun tekanan masih cukup banyak (diatas 50bar)

Pernah pas diving saya dihadapkan pada situasi diver low of air dan sampai habis. untungnya terdapat diver lain tidak jauh dan langsung mengambil oktonya. segera setelah saya melihat saya langsung memegang tank valve dan masih bs saya putar 2-3 putaran. dan hal ini terjadi setelah 20menit diving.

setelah di surface kita bahas knp bs terjadi, dan disimpulkan karena valve tidak terbuka dengan sempurna sehingga pas tekanan masih penuh (200bar) dia bs napas tetapi pas tekanan sudah menurun (100bar dalam 20 menit estimasi) maka valve menutup.

karena penasaran, beberapa hari lalu saya mencoba dengan tabung yang saya buka sedikit untuk membuang udaranya dan setelah 10 menit tabung tersebut mati tidak mengeluarkan udara seperti sudah kosong. tetapi ketika saya buka lagi valve lebih besar maka udara kembali keluar dengan kerasnya. jadi dapat saya simpulkan membuka valve tidak sempurna dapat mengakibatkan udara mati saat di dalam air setelah tekanan berkurang.

mohon tambahannya dari yang memiliki pengalaman serupa...



terus yg di maksud dengan setelah di buka full/maksimal , putar kembali 1x?

apakah maksudnya setelah di buka full, kemudian putar kembali (arah menutup) 1x putaran?
jd bingung neh...

_________________
Frandi - Ambon


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Fri Jun 25, 2010 1:53 pm 
Offline

Joined: Thu Aug 06, 2009 3:03 am
Posts: 1022
Location: Gili Trawangan
badicons wrote:
ditajong wrote:
Tank Valve
yang perlu diperhatikan dalam membuka tank vave adalah kita perlu membuka sampai maksimal kemudian puter kembali 1 kali.
hal ini di tujukan supaya valve terbuka dengan sempurna, karena kalau kita buka hanya setengah atau sebagian maka valve dapat macet dan tertutup.


mohon tambahannya dari yang memiliki pengalaman serupa...



terus yg di maksud dengan setelah di buka full/maksimal , putar kembali 1x?

apakah maksudnya setelah di buka full, kemudian putar kembali (arah menutup) 1x putaran?
jd bingung neh...


iya mas badicons seperti diajarin pas di open water jadi kita buka full sampai mentok kemudian putar kembali (arah nutup 1 putaran).

maaf kalau bahasanya seadanya yah...gak biasa nulis soalnya
hehehe


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Fri Jun 25, 2010 2:34 pm 
Offline
User avatar

Joined: Sat Apr 25, 2009 9:16 pm
Posts: 159
Location: Ambon
klw sy sih ngak nutup 1x. .. seadanya sih.. krn secra logika sy.. lebih bagus terbuka full deh..hahahhaa

_________________
Frandi - Ambon


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Sun Jun 27, 2010 9:31 am 
Offline

Joined: Thu Aug 06, 2009 3:03 am
Posts: 1022
Location: Gili Trawangan
badicons wrote:
klw sy sih ngak nutup 1x. .. seadanya sih.. krn secra logika sy.. lebih bagus terbuka full deh..hahahhaa


kalau sampe mentok ati2 jg terlalu keras pak
kadang2 malah macet gak bs ditutup,mangkanya diputer 1x supaya gak seret diujungnyya.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Sun Jun 27, 2010 6:38 pm 
Offline
User avatar

Joined: Sat Apr 25, 2009 9:16 pm
Posts: 159
Location: Ambon
ditajong wrote:
badicons wrote:
klw sy sih ngak nutup 1x. .. seadanya sih.. krn secra logika sy.. lebih bagus terbuka full deh..hahahhaa


kalau sampe mentok ati2 jg terlalu keras pak
kadang2 malah macet gak bs ditutup,mangkanya diputer 1x supaya gak seret diujungnyya.


bener juga... tp mendingan macet ngak bisa nutup daripada macet ngak bisa buka.. hehehehe

_________________
Frandi - Ambon


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Mon Jun 28, 2010 11:29 am 
Offline

Joined: Sun May 16, 2010 12:53 am
Posts: 90
mas dita,

bagaimana cara mengetahui kaki kita positif atau negatif?

trus kalo misalnya kaki positif, apakah cocoknya pakai fin negatif? dan sebaliknya ...


tia.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Mon Jun 28, 2010 1:08 pm 
Offline
User avatar

Joined: Sat Sep 27, 2008 3:17 pm
Posts: 618
Location: sanur - bali
wah, baru denger nih istilah kaki negatif/positif...bs dijelaskan mksdnya?


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Mon Jun 28, 2010 1:31 pm 
Offline

Joined: Tue Mar 20, 2007 5:58 pm
Posts: 1052
kaki cenderung 'positive bouyant' pada umumnya lebih sering terjadi pada diver wanita dikarenakan struktur anatomi yang berbeda; misalnya bagian panggul yang lebih besar & area tubuh bagian bawah yang cenderung lebih 'lebar' dibanding diver pria. oleh karena itu biasanya sebagian diver wanita sering 'naik' kakinya terutama pada saat udara di tangki mulai dibawah 100 bar.

hal ini seringkali disiasati dengan memakai 'angkle weight' atau dengan memakai fins yang punya 'negative bouyant' seperti; scubapro jetfins, apollo biofins atau tipe2 fins lain yang cenderung lebih berat ketika dipakai - sehingga kaki bisa 'turun'.

beberapa diver wanita juga menyiasati dengan cara lain, seperti memakai weight belt dengan posisi yang lebih rendah dari biasanya (ibarat seperti memakai celana hipster) supaya beban 'weight' lebih cenderung ke bagian panggul & membantu supaya posisi kaki jadi lebih 'turun'.

semoga membantu & selamat hari senin..


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Tue Jun 29, 2010 1:02 am 
Offline

Joined: Fri May 29, 2009 10:32 am
Posts: 117
ditajong wrote:
Tank Valve
yang perlu diperhatikan dalam membuka tank vave adalah kita perlu membuka sampai maksimal kemudian puter kembali 1 kali.
hal ini di tujukan supaya valve terbuka dengan sempurna, karena kalau kita buka hanya setengah atau sebagian maka valve dapat macet dan tertutup.
sistem dari valve tersebut terdapat part yang mengatur aliran udara. saat udara dalam tank penuh maka udara dapat keluar dengan sempurna tetapi saat tekanan sudah berkurang dan valve tidak terbuka sempurna maka dapat mampet dan menyebabkan udara tidak dapat keluar walaupun tekanan masih cukup banyak (diatas 50bar)

Pernah pas diving saya dihadapkan pada situasi diver low of air dan sampai habis. untungnya terdapat diver lain tidak jauh dan langsung mengambil oktonya. segera setelah saya melihat saya langsung memegang tank valve dan masih bs saya putar 2-3 putaran. dan hal ini terjadi setelah 20menit diving.

setelah di surface kita bahas knp bs terjadi, dan disimpulkan karena valve tidak terbuka dengan sempurna sehingga pas tekanan masih penuh (200bar) dia bs napas tetapi pas tekanan sudah menurun (100bar dalam 20 menit estimasi) maka valve menutup.

karena penasaran, beberapa hari lalu saya mencoba dengan tabung yang saya buka sedikit untuk membuang udaranya dan setelah 10 menit tabung tersebut mati tidak mengeluarkan udara seperti sudah kosong. tetapi ketika saya buka lagi valve lebih besar maka udara kembali keluar dengan kerasnya. jadi dapat saya simpulkan membuka valve tidak sempurna dapat mengakibatkan udara mati saat di dalam air setelah tekanan berkurang.

mohon tambahannya dari yang memiliki pengalaman serupa...


ini sempat menjadi pertanyaan saya, mengapa setelah tangki dibuka full harus dikembalikan 1 putaran, dan jawaban dari beberapa instruktur adalah:

Pada saat pre dive safety check, buddy akan memeriksa apakah tanki kita sudah terbuka, kalau kita buka sampe mentok (sampe ga bisa diputer lagi), mungkin sewaktu buddy kita mengecek putaran tangki, mereka akan berpikir tangki belom terbuka (atau keras putaran nya) padahal tangki sudah dibuka. akhirnya dipaksa dan bisa menyebabkan kerusakan (patah, dsb).

apabila kita kembalikan 1 putaran (masih bisa diputer), pada saat buddy ngecek putaran tangki, tangki masih akan berputar, sampai akhirnya mentok, dan buddy akan menyadari bahwa tangki sudah terbuka dan mentok (tidak akan diputer lagi)

kira2 gitu deh penjelasannya, pada ngerti gak?


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Tue Jun 29, 2010 8:29 am 
Offline
User avatar

Joined: Sat Apr 25, 2009 9:16 pm
Posts: 159
Location: Ambon
Milkygendut wrote:
ditajong wrote:
Tank Valve
yang perlu diperhatikan dalam membuka tank vave adalah kita perlu membuka sampai maksimal kemudian puter kembali 1 kali.
hal ini di tujukan supaya valve terbuka dengan sempurna, karena kalau kita buka hanya setengah atau sebagian maka valve dapat macet dan tertutup.
sistem dari valve tersebut terdapat part yang mengatur aliran udara. saat udara dalam tank penuh maka udara dapat keluar dengan sempurna tetapi saat tekanan sudah berkurang dan valve tidak terbuka sempurna maka dapat mampet dan menyebabkan udara tidak dapat keluar walaupun tekanan masih cukup banyak (diatas 50bar)

Pernah pas diving saya dihadapkan pada situasi diver low of air dan sampai habis. untungnya terdapat diver lain tidak jauh dan langsung mengambil oktonya. segera setelah saya melihat saya langsung memegang tank valve dan masih bs saya putar 2-3 putaran. dan hal ini terjadi setelah 20menit diving.

setelah di surface kita bahas knp bs terjadi, dan disimpulkan karena valve tidak terbuka dengan sempurna sehingga pas tekanan masih penuh (200bar) dia bs napas tetapi pas tekanan sudah menurun (100bar dalam 20 menit estimasi) maka valve menutup.

karena penasaran, beberapa hari lalu saya mencoba dengan tabung yang saya buka sedikit untuk membuang udaranya dan setelah 10 menit tabung tersebut mati tidak mengeluarkan udara seperti sudah kosong. tetapi ketika saya buka lagi valve lebih besar maka udara kembali keluar dengan kerasnya. jadi dapat saya simpulkan membuka valve tidak sempurna dapat mengakibatkan udara mati saat di dalam air setelah tekanan berkurang.

mohon tambahannya dari yang memiliki pengalaman serupa...


ini sempat menjadi pertanyaan saya, mengapa setelah tangki dibuka full harus dikembalikan 1 putaran, dan jawaban dari beberapa instruktur adalah:

Pada saat pre dive safety check, buddy akan memeriksa apakah tanki kita sudah terbuka, kalau kita buka sampe mentok (sampe ga bisa diputer lagi), mungkin sewaktu buddy kita mengecek putaran tangki, mereka akan berpikir tangki belom terbuka (atau keras putaran nya) padahal tangki sudah dibuka. akhirnya dipaksa dan bisa menyebabkan kerusakan (patah, dsb).

apabila kita kembalikan 1 putaran (masih bisa diputer), pada saat buddy ngecek putaran tangki, tangki masih akan berputar, sampai akhirnya mentok, dan buddy akan menyadari bahwa tangki sudah terbuka dan mentok (tidak akan diputer lagi)

kira2 gitu deh penjelasannya, pada ngerti gak?




Mantaffff.....!! ..

_________________
Frandi - Ambon


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Tue Jun 29, 2010 12:19 pm 
Offline
User avatar

Joined: Tue May 11, 2010 11:26 pm
Posts: 102
Location: Bandung
Saya kira diputer balik 1/2 putaran (saya sih disuruhnya 1/2 putaran, ngga usah 1 putaran :)) itu supaya ngga macet valvenya nanti.

Tapi setelah baca postingan masalah valve yang mampet karena ga dibuka full saya jadi kepikiran:

Jangan2 diputar balik 1/2 - 1 putaran itu supaya sebelum tangki bener2 kosong (tekanan tangki = tekanan atmosfir), valvenya mampet duluan, gitu? Soalnya kalo tangki bener2 kosong kan air bisa masuk dan berakibat tangki berkarat..

Betulkah tebak2an saya ini?? Mungkin harus ada yang eksperimen nih :mrgreen:


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Tue Jun 29, 2010 1:53 pm 
Offline
User avatar

Joined: Thu Jul 09, 2009 5:51 pm
Posts: 1574
Location: Jakarta
unk_damnation wrote:
Saya kira diputer balik 1/2 putaran (saya sih disuruhnya 1/2 putaran, ngga usah 1 putaran :)) itu supaya ngga macet valvenya nanti.

Tapi setelah baca postingan masalah valve yang mampet karena ga dibuka full saya jadi kepikiran:

Jangan2 diputar balik 1/2 - 1 putaran itu supaya sebelum tangki bener2 kosong (tekanan tangki = tekanan atmosfir), valvenya mampet duluan, gitu? Soalnya kalo tangki bener2 kosong kan air bisa masuk dan berakibat tangki berkarat..

Betulkah tebak2an saya ini?? Mungkin harus ada yang eksperimen nih :mrgreen:


Waduh, ini mah kagak perlu experimen :D

Secara ini udah bagian dasar dari semua teori diving dan sudah diajarkan. Artinya yang experiment udah cukup banyak, why should we re-invent the wheel?

Udah bener itu jawaban yang lain. Maksudnya biar kita (siapa saja), waktu ngecek tank mengetahui bahwa tank dalam posisi terbuka, jadi gak perlu tebak2an ini udah kebuka apa belum, terus kalo belum kebuka, puternya kiri apa kanan, nanti dipaksa malah patah...

Hehehe... hehehe...

_________________
BBeXplorers - Indonesia's Center for Diving Excellence | GUE Affiliate | We provide: Diver Training, EFR Training, Halcyon Dive Systems | Need info on joining DAN? E-mail me: bailoutgas [at] gmail.com | Join our group on facebook: Banyu Biru Explorers


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 93 posts ]  Go to page Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7  Next

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 4 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to: