It is currently Mon Dec 18, 2017 6:35 am

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 93 posts ]  Go to page 1, 2, 3, 4, 5 ... 7  Next
Author Message
 Post subject: jenis gear apakah yang cocok untuk kita
PostPosted: Sun Jun 13, 2010 4:45 pm 
Offline

Joined: Thu Aug 06, 2009 3:03 am
Posts: 1022
Location: Gili Trawangan
setelah membaca sebuah artikel di internet saya jadi berfikir. apakah dive gear yang skr kita gunakan adalah yg sesuai dengan kita ataukah gear tersebut atas anjuran dr teman atau sales toko saja....

hal ini yg membuat saya ingin mengulas tentang gear dan kegunaannya yang saya peroleh dr masukan atau review teman-teman forum selam.
sebenernya apa sih perbedaan masing2 gear dan mengapa harganya kok berbeda beda....

Masker
diawali dengan masker yang bagi saya adalah utama dalam kita diving, karena tujuan kita recreational diving adalah liat liat keindahan bawah laut. dan untuk saya yang mengunakan kacamata, maka hal ini sangat berguna untuk membantu menikmati keindahan bawah laut.
masker yang dijual di pasaran sangat beragam dan bervariasi model dan bentuknya, tetapi menurut saya untuk kita jangan sampai terkecoh oleh hal tersebut.
bahan masker yang cukup baik biasanya terbuat dari silicone dimana dia memiliki tekstur lembut tetapi tetap lentur dipakai. dan biasanya terdapat warna hitam dan clear. clear akan terlihat bagus pada saat baru tetapi kalau sudah lama dia akan menguning dan kalau kita tidak bersih akan timbul flek flek bekas air setelah lama disimpan, kalau hitam dia relatif lebih netral dan sebagian orang berpendapat hitam lbh nyaman digunakan saat foto dalam air karena cahaya yg masuk hanya dr depan saja (mungkin berfungsi seperti lens hood yah)
kemudian ada juga tipe high serta low volume. hal ini adalah volume udara di masker dmn dgn mask low volume akan lebih mudah untuk equalize dan jarak lensa dgn mata lebih dekat sehingga untuk fotogrefare yg mengunakan SLR ini akan lbh mudah untuk membidik objek fotonya. tetapi low volume mask cenderung lebih mahal dibanding lainnya.

Fins

fins yang banyak beredar di pasaran full foot dan open heal. serta dari bentukny dikenal dengan model blade dan model split fins.
full foot fins kalau menurut saya sangat nyaman digunakan karena ukurannya yang ngepas dengan kaki kita dan kita tidak perlu menggunakan booties lagi. dan untuk kita yg diving di perairan tropis dimana tempratur air 25-28 derajat maka full foot masih bs digunakan dengan nyaman. tetapi diver akan mengalami kesulitan apabila diving beach entry karena tidak menggunakan booties dan berbahaya apabila menginjak karang tajam dan makhluk laut lainnya sperti bulu bbi, stone fish dll.

open heal fins memberikan kemudahan bagi diver untuk buka dan pakai karena ada strapnya. tetapi dengan adanya booties maka beban di kaki akan cenderung lebih berat dibanding dengan menggunakan full foot. usahakan membeli fins open heal yang tidak terlalu besar karena apabila terlalu besar maka kaki akan masuk sepenuhnya kedalam fins dan sulit untuk kicking, biasanya ujung tumit berada sedikit diluar untuk hasil yg maksimal.

Blade fins biasanya memiliki tenaga yang leih besar daripada split fins dan cocok untuk daerah berarus. beberapa merk memiliki panjang yang berbeda yang akan menghasilkan daya dorong yang besar

split fins merupakan kemajuan teknologi dimana diver tidak perlu mengeluarkan tenaga besar dan tetap nyaman dalam kicking. bahkan banyak yang berkata seperti gak pake apa apa deh kickingnya. enak di air tenang tetapi kalau berarus agak sedikit usaha dibanding pake yg blade.

Wetsuit
wetsuit sangat byk macam bahan dan jenisnya. Bang biasa kita kenal Shorty dan long dimana kalo short maka kita akan lebih leluasa dan yang long akan memberikan perlindungan lbh maksimal.
untuk amannya mungkin kita pake long terutama di tempat yang kita blom pernah diving. karena untuk melindungi dr tanaman laut yang menyengat, dan ubur2 yang bs bikin kulit gatal dan kaya terbakar.
selain itu ada juga model long john yang katanya kaya petani di amerika (tangan buntung dan celana panjang) lalu ada yang tangan buntung, vest, hood dan lain sebagainya

Pada saat membeli wetsuit supaya memperhatikan tambahan yang ada seperti letak retsleting. Retsleting yang ada di pergelangan tangan dan pergelangan kaki sangat membantu pada saat kita akan pakai wetsuit dibanding yang tidak ada. atau buat yang sudah memiliki wetsuit tanpa retsleting tangan dan kaki dapat mencoba tips dengan pakai kantong plastik. dengan cara masukan tangan kedalam kantong plastik untuk membantu memasukan tangan yang cukup sempit di wetsuit, karena plastik bahannya licin dan tidak menempel di bahan wetsuit seperti halnya kulit kita akan nempel pas mau pakai wetsuit.
kalau saya pribadi senang dengan wetsuit dengan retsleting di depan karena mudah untuk membawa sesuatu dan alau panas tidak perlu buka semuanya tinggal buka sleting dikit kaya jaket saja. tetapi bagi sebagian orang memakai wetsuit retsleting depan cukup sulit dibanding belakang.

BCD
ada 2 jenis jacket dan back bouyant. dimana tiap jenis memiliki kelebihan dan kekurangan masing2.
jacket memiliki tingkat kenyamanan di surface karena udaranya berada di punggung dan dilingkar pinggang sehingga pas di surface posisi kita seperti berdiri.

back bouyant memiliki ruang udara hanya di pungung saja sehingga posisi badan akan lbh mudah horizontal dan bagi fotografer katanya lbh enak dipakainya. dan dgn model ini maka dada tidak akan tertekan udara pada saat full inflate sehingga pergerakan menjadi lebih leluasa. kekurangannya pemakaian jenis backplate cenderung lebih sulit daripada jenis jaket. dan tedak terlalu banyak tersedia kantong untuk menaruh barang seperti sosis atau peluit. tetapi memiliki beberapa D rings untuk mencantolkan barang.

Regulator
terdapat model piston dan diafragma.
tipe piston spare partnya cenderung lbh murah drpd diagfragma. regulator juga memiliki fitur seperti balanced, ice diving, trus adjustable dll. kalau balanced adalah dimana regulator akan menyesuaikan dengan tekanan diluar sehingga kita tidak akan merasakan berat hisapan pada saat tank sudah mulai kosong. sedangkan tipe unbalanced tidak. kalau ice diving adalah kemampuan regulator untuk tidak beku di suhu dingin, tetapi kita yang biasa diving di tropis menurut saya tidak membutuhkan fitur tersebut.

selain itu juga terdapat regulator titanium dimana titanium adalah bahan yang tahan korosi air laut dan sangat ringan. sangat cocok untuk traveling krn bobotnya yang ringan tetapi memiliki harga yang cukup mahal dibanding yang biasa. dan untuk Nitrox regulator ini tidak disarankan karena dapat terbakar. dan regulator saat ini sudah dapat digunakan untuk nitrox saat keluar dari pabrik
hanya saja mungkin jangka waktu umur dr o rings akan dapat berkurang dibanding dengan regulator yang khusus untuk nitrox.

SPG
untuk instrumen yang satu ini saya paling seneng dengan yang berbentuk kecil saja. Menurut saya yang terpenting dari SPG adalah Presure gauge untuk mengetahui tekanan udara pada Tank. dalam membeli SPG perlu diperhatikan apakah PSI atau BAR. keduanya tergantung kebiasaan kita masing2.
selain itu compas juga merupakan alat penting, arena setelah didalam air kita bs sulit untuk berorientasi. kalau hanya mengandalkan kanan kiri atau depan blakang bs tersesat terutama di dasar yang berpasir atau coral garden dimana tidak terdapat wall atau slope.

jadi apabila membeli SPG cari yang terdapat presure dan kompas,baru setelah itu depth. tetapi skr kita lebih sering menggunakan dive comp jd fungsi dari depth meter agak sedikit tergeser.

Untuk yang menggunakan dive comp yang sudah dilengkapi dengan transmiter maka dapat dibuat dobel. tetapi stage 1 yang digunakan harus memiliki 2 High Presure port. dan transmiter ini biasanya dijadikan cadangan setelah presure gauge analog.

Compass
seperti ditulis diatas maka kompas sangat berguna.
terdapat berbagai jenis kompas yang dijual dipasaran seperti :
- yang menyatu di SPG 3in1
- ditempelkan di hose pada SPG dan dapat dilepas.
- di pergelangan tangan seperti jam
- menyatu dengan dive comp

untuk fungsinya semua sama saja, jadi kita tinggal lihat mana yang lebih enak untuk kita saja.
urutan yang saya bikin diatas itu berdasarkan harga yang ada, jadi makin kebawah makin mahal(divecomp) tetapi perlu diperhatikan untuk kompas jgn terlalu jauh dr jangkauan kita,jd pas mau kita gunakan dapat langsung dicari. mungkin untuk saya yang enak yg di SPG atau di dive comp karena mengurangi jumlah barang yg menempel di tubuh maka akan mengurangi resiko hilang atau tertinggal.

Sosis
untuk benda yang satu ini saya gak tau nama benernya apaan. tapi bentuknya yang panjang dan berwarna orange atau kuning seperti sosis. benda ini berguna untuk memanggil kapal untuk menjemput kita. sosis sangat perlu pas kita drift dive atau diving dimana spot awal dan akhirnya cukup jauh dimana teriak atau peluit mungkin tidak akan terdengar.

sebelum membeli sosis yang perlu kita perhatikan adalah panjang sosis dan bagaimana cara meniupnya. untuk panjang usahakan mencari sosis dengan panjang diatas 1,5m kalau bs diatas 2-3 m. mungkin terdengar lucu tetapi kalau sosi yang dijual biasanya panjang 1,2m maka menurut saya ini gak akan terlihat pada saat kita di laut yang berombak. bayangkan sosis kita 1,2m dan ombak 1 m maka kalau ombak tinggi sosis akan hilang ketutup air laut. dan kebanyakan captain kapal di indo berada di bagian belakang kapal, nah dengan laut berombak maka dia tidak akan dapat melihat sosis kita. sedangkan di laut berarus kesigapan kapal dalam menjemput sangat berpengaruh pada kita keselamatan kita.

model meniup sosis ada 2
yang pertama seperti meniup pentil ban dalam nah model ini cukup sulit dalam air, lbh mudah kita mencari yang model terbuka di bagian bawah.
untuk meniupkan kita dapat menggunakan oktopus yang dimasukan dibawah untuk mengisi udaranya.

jangan lupa sosis yng baik harus dilengkapi dengan dump valve seperti yang terdapat pada bcd yang berguna untuk membuang udara lebih sehingga dia tidak meletus. Karena biasanya kita menaikan sosis pada saaat safety stop jadi boat sudah mulai siap2 mendekati spot kita pas kita surface dan kita tidak menunggu lama di permukaan. nah apabila kita mengisi 1/2 sosis pada kedalaman 5m maka dengan tekanan berkurang dia akan menjadi penuh di permukaan. (depth 10 m bertambah 1atm).

Terompet
trompet atau Horn sangat berguna untuk memanggil buddy atau kawan pas di dalam atau di permukaan air. dan horn yg banyak dijual di pasaran dipasangkan pada Inflator hose. sebelum membeli horn diperhatikan jack sahose yang kita pakai di bcd tiap merk mungkin berbeda. jgn sampai salah membeli krn tidak dapat digunakan setelah itu, krn harganya juga tidak murah.

Peluit
berfungsi untuk memanggil boat atau buddy yg berada jauh dari kita. usahakan cari pluit yang berbunyi keras dan bentuknya kecil untuk memudahkan penyimpanan..


mungkin sampai disini dulu saya mencoba nulis
mohon pendapat dari teman2 semua tentang dive gear apa yang cocok supaya dapat membantu kita semua menikmati diving pabila alat yang kita punya benar2 sesuai dengan kebutuhan kita.....
[/b]

SMB surface marker buoy atau yg banyak dikenal dengan sebutan sosi s ternyata gak hanya sekedar sosis biasa.....alat ini sangat berguna buat kita yg diving terutama yg drift dive dan di lautan terbuka jauh dari pulau seperti di Nusa penida, atau di seamoth seperti batu kapal manado dimana fungsi utama dari smb ini adalah sebagai penanda lokasi diver baik itu pada saat safety stop sehungga boat tau lokasi diver below dan gak tancep gas diatas kepala kita (kasus di lokasi yg ramai kapal) dan juga bs sebagai penanda saat kita manggil kapal krn kl kita di surface dan posisibboat jauh maka diver hanya keliatan kaya titik item segede semut aja tuh....

Dari modelnya SMB dibedakan menjadi 2 yaitu smb yg bawahnya terbuka dan yg tertutup. Maklum gak tau istilah kerennya apa yah tuh...hahaha

Yg terbuka: kelebihan smb ini biasa nya ukurannya kecil dan ringkes jd mudah disimpan di kantong bcd. Kelemahannya adalah ukurannya yg kecil membuat tidak terlalu panjang dan kentara buat boat untuk melihatnya....tapi dgn ukurannya yg kecil dia tidak membutuhkam udara yg banyak untuk inflate jd relatif lbh cepat buat kita untuk pakenya....nah biasanya yg terbuka ini juga tidak terdapat dumpvalve nya jd kalau kita isi kurang penuh dan tidak mengembang dgn sempurna di permukaan maka air msh bs masuk dr bawah smb ini dan udara jg bs keluar jd si smb bs kempes....biasanya terjadi kalau ombak cukup besar nih kurang keliatan ....

tERTUTUP
Nah smb yg bawahnya tertutup ini tetep ada bolongannya buat ngisi tapi dia bentuknya seperti one way valve jd setelah udara masuk dia gak bs keluar lg nahloh trus gmn dong ngempesinya?????
Jangan takut krn smb ini ada dumpvalve nya atau ada pentil inflatornya jd selain diisi pake stage 2 bs jg diisi pake LP inflator kita. Nah dump valve dan inflator inilah yg membuat udara terjebak didalam sehingga gak bs keluar tp kl mau dikempesin ya tinggal tarik aja dumpvalve nya sama seperti di bcd kita. Biasanya bentuk smb ini lbh besar dan panjang dan bisa KERAS kalo ditiup. Nah lebihnya ya ini smb gak kempes walaupun diisi gak full dan tetep keras sampe kita kempesin. Kurangnya adalah smb ini jd besar bentuknya dan butuh udara yg cukup banyak untuk ngisinya sampe dia bs full, nah biasanya untuk diver yg blom terbiasa pilihannya jd 2 yaitu smb lmelayang sebelum penuh krn gak kuat nahan tarikan udara ke atas atau krn terlalu semangat megang smb karena pengen penuh nah si divernya ijutan keatas barent sama smb nya, nah ini bs berbahaya loh ya....tau sendiri kan apa akibat kalau kita naik terlalu cepst ke permukaan?


Nah untuk gmn cara ngisi smb nah ini agak susah ditersngin di sini dan biasanya diajarkan pas ambil advance Drift Dive atau pas kita ambilnRescue Course... tapi kurang lbh ya adalah kalau smb itu tidsk boleh dicantol dgn bcd kita pas mau kita buka, kenapa? Karena kalo kecantol dan kita gagal buka maka smb akan narik si diver ke permukaan dan juga setelah smb ngembang ke permukaan dia TIDAK BOLEH DICANTOL di bcd juga...nah kenapa lagi tuh kan dah aman diatas.... fungsi dr smb adalah sbg penanda di permukaan, dan kadang boat tidak punya anchor man didepan sebagai mata untuk melihat arah boatny krn kebanyakam boat tradisional yg pakenmesin tempel si captain tuh ad. Di belakang jd bs saja si smb malah kesangkut sama boat dan diver ketarik krn gak bs melepaskan diri dr tali smbnya, mangkanya ada namanya Finger Spool Reel yg fungsinya untuk dintaro di jari telunjuk jd kalo ada apa apa gampang untuk dilepas....nah untuk reel yg sudah ada carabiner atau cantolannya buat apa dong? Nah itu fungsinya buat nyantolin pas masih blm dipake .

Nah balik ke cara buka smb lagi yah. Setelah smb terbuka maka dipastiin bahwa tali bs terurai lepas baik itu paje reel atau hanya digulung aja. Jgn sampai panjang tali lbh pendek drpd kedalama kita saat itu dan diperhitungkan arus keras atau tudak krn mengurangi panjang tali juga si arus tuh. Nah setelah tali aman baru kita pegang si smb nya nah kemudian kita masukan dulu sedikit udara ke smb yg berfungsi supaya smb terbuka penuh dan manjang ke atas, nah baru deh setelah kita yakin smb mengembang sempurnya kita masukan udara kedalam smb sambil ditahan sampe udara setengah penuh baru deh kita lepas ke permukaan...

Mungkin kalo baca gini agak bingung yah nanti saya coba bikin foto atau videonya supaya gampang ngertiin nya yah. Tapi ya itu sekedar ada gambaran simple nya aja yah..


Last edited by ditajong on Mon Jun 24, 2013 11:15 am, edited 3 times in total.

Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Mon Jun 14, 2010 1:40 am 
Offline

Joined: Thu Jun 03, 2010 10:07 pm
Posts: 37
Asik nih, mohon dilanjutkan :D


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Mon Jun 14, 2010 8:12 am 
Offline
User avatar

Joined: Wed Dec 09, 2009 1:37 pm
Posts: 105
Location: Surabaya
bagus artikelnya, iy betul dilanjutkan ke gear2 laen jg dongs


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Mon Jun 14, 2010 8:50 am 
Offline

Joined: Thu Aug 06, 2009 3:03 am
Posts: 1022
Location: Gili Trawangan
satyahody wrote:
bagus artikelnya, iy betul dilanjutkan ke gear2 laen jg dongs


makasih mas satya.
gear yang lainnya apa lg nih mas, soalnya itu kan gear yang standar kita pake..
ditulis aja mungkin gear yaang mau ditanyaan mungkin teman yang lain bs menjawabnya kan


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Mon Jun 14, 2010 12:26 pm 
Offline

Joined: Tue Jan 26, 2010 12:07 pm
Posts: 40
Location: tetanga muara angke
mas dita mungkin bisa dilanjutkan lagi dengan aksesoris yang diperlukan/benar2 diperlukan misalnya knife,kompas, pluit, mirror, klakson,strobe/senter dll buat yang beginner fun diver , kalo dibeli semua kan penuh tuh D-ring hehe...
anyway thanks for nice informative article..


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Mon Jun 14, 2010 1:40 pm 
Offline

Joined: Thu Aug 06, 2009 3:03 am
Posts: 1022
Location: Gili Trawangan
yongk1 wrote:
mas dita mungkin bisa dilanjutkan lagi dengan aksesoris yang diperlukan/benar2 diperlukan misalnya knife,kompas, pluit, mirror, klakson,strobe/senter dll buat yang beginner fun diver , kalo dibeli semua kan penuh tuh D-ring hehe...
anyway thanks for nice informative article..


mas yongk1, saya sudah menambahkan beberapa.
untuk asesoris menurut saya sesedikit mungkin benda itu bergelantungan di badan kita mas untuk memudahkan pergerakan. jadi dalam pemilihan kita juga harus selektif.
misal untuk pisau bs dicari yg di atach di BCD atau di taro di kaki.
kompas yang menyatu dengan SPG, pluit dan miror bs kita taro di pocket krn itu digunakan pada saat darurat saja kan bukan untuk dandan yah mas heheheh

mungkin nanti saya akan menambahkan beberapa cara untuk membuat simple peralatan diving dengan tidak mengurangi fungsi dan gaya serta dengan biaya yang murah karena sebenarnya hal itu byk ditemukan di pasaran.....

atau ada yang mau ditanyakan nih mas yongk1


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Mon Jun 14, 2010 2:19 pm 
Offline

Joined: Tue Jan 26, 2010 12:07 pm
Posts: 40
Location: tetanga muara angke
saya juga inginnya seminim-minimnya sih , misalnya untuk kita yang bener2 fun dive yang ikut travel yang ada guidenya apa perlu pisau & kompas ya?


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Mon Jun 14, 2010 2:44 pm 
Offline

Joined: Thu Aug 06, 2009 3:03 am
Posts: 1022
Location: Gili Trawangan
yongk1 wrote:
saya juga inginnya seminim-minimnya sih , misalnya untuk kita yang bener2 fun dive yang ikut travel yang ada guidenya apa perlu pisau & kompas ya?


sebenernya itu kan cuma alat keselamatan kalau terjadi apa apa mas
mungkin kl kompas menyatu di SPG kan gak papa kita pake mas.
kalau pisau sih saya juga gak pernah bawa mas. tp kl yg kecil yg nempel di bcd sih boleh aja mas.sayang bcd saya gak bs dipasangin pisau mas. dive gear saya total sih skr 10kg aja mas...


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Tue Jun 15, 2010 4:44 pm 
Offline
User avatar

Joined: Sun Aug 16, 2009 7:31 pm
Posts: 7
nice info :D
FYI istilah umum untuk 'sosis' adalah buoy


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Tue Jun 15, 2010 5:16 pm 
Offline
User avatar

Joined: Wed Dec 09, 2009 1:37 pm
Posts: 105
Location: Surabaya
karena pengen beli senter, bole tu dibahas, apa yg mesti diketahui kalo mo beli senter buat recreational night dive.

nanya jg, kenapa selama ini kalo trip, ketemunya dive comp yg bentuk jam tangan; apa dive comp yg gabung spg kurang nyaman?

thxxxx :D


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Tue Jun 15, 2010 8:33 pm 
Offline

Joined: Thu Aug 06, 2009 3:03 am
Posts: 1022
Location: Gili Trawangan
seaurchin : terimakasih masukannya. bener namanya buoy ada juga yang bilang surface signals, flotation atau SMB. tapi gampangan bilang sosis ah nih. hehehehe

satyahody : untuk senter sekarang byk bgt jenisnya. ada halogen, LED, HID dan lain sebagainya. untuk saya sih saya pilih yang LED karena LED menggunakan energi batre yang cukup irit dan cahayanya terang dibanding bohlam biasa, dan berwarna putih...

untuk beli senter fun dive mungkin yang perlu diperhatikan adalah cahayanya dan beratnya. tidak perlu beli senter yang besar2 bgt seperti yang disewakan oleh dive senter menurut saya. karena untuk kita rec diver kita mungkin hanya bs melihat jarak pandang 4-5 di dalam air saat gelap..senter kecil LEd dgn 2 AA batre saya rasa juga cukup. kalau untuk amannya mungkin bawa 2 unit mas. sangat mungkin senter mati saat dalam air..kalau mau beli senter usahakan membeli merk yang sudah dikenal tangguh. jgn hanya murah saja. krn tekanan dalam air dan air asin sangat berpengaruh membuat rusak senter murahan (bukan murah yah tapi murahan)
taro senter di posisi yang mudah dijangkau (misal di dada) supaya gampang pas mencarinya dan jangan biarkan menggantung gantung.
atau yg menggunakan kamera digital + strobe dapat menggunakan modeling light nya sebagai senter dalam air.

untuk dive comp : mungkin kalau saya memilih yg di tangan karena bs dipake pas didarat jd gak perlu bawa jam tangan lagi selama trip.
selain itu kalau menurut saya dive comp yang menyatu dgn console harganya tidak murah juga mas dibanding yg di tangan. dan di indonesia kita masih byk menemukan diver atau awak kapal lainnya yang masih ceroboh dalam mengurus alat. takutnya dive comp SPG kita ketimpa tabung atau keinjak saat penyimpanan di kapal, kan sayang sekali mas.

kmrn pas trip kebetulan ketemu dgn diver yg pake spg divecom, pas dive1 dan kita sudah di 5 m, ketauan kalau spg nya mati sehingga dia tidak mengetahui tekanan tabungnya brp. mungkin ini contoh kecerobohan diver serta buddynya yg tidak mengecek dan melakukan pre dive safety check terlebih dulu. jadi selama diving dia selalu saya tempel dmn kalau sampai low air langsung saya kasih okto.

setelah surface ternya spgnya lupa ganti batre sehingga koit gak mau nyala.(udah 3 thn gak diving) nah jd kl menurut saya spg analog sebagai utama tetap lbh baik dr yg digital. kalau mau pake transmiter ya sebagai back up. tapi balik lg itu selera masing2 diver sih ya mas....


thx


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Wed Jun 16, 2010 8:33 pm 
Offline
User avatar

Joined: Wed Dec 09, 2009 1:37 pm
Posts: 105
Location: Surabaya
terima kasih infonya yg lengkap dan jelasssss :D
next cari senter ma divecomp deh :D


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Wed Jun 16, 2010 9:21 pm 
Offline

Joined: Sun May 16, 2010 12:53 am
Posts: 90
terima kasih untuk infonya.

untuk senter dan divecomp, ada saran gak merek dan tipe apa yang murah tapi tidak murahan?


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Thu Jun 17, 2010 9:56 am 
Offline
User avatar

Joined: Sat Apr 25, 2009 9:16 pm
Posts: 159
Location: Ambon
ngikut nimbrung ah... untuk klakson/trompet + pluit.. skrg udah dijual dive alert plus yg menggabungkan klakson dalam air dan di surface yg diklaim pabrik suaranya beradius 2km.. jadi gearnya ringkas.. :)

buat kompas lebih enak nyari yg spg 3 in 1. lebih ringkas, ngak takut ketinggalan.. klw masih ketinggalan pas mo dive..kebangetan deh, mo dive masa ketinggalan regulator..



enyong wrote:
terima kasih untuk infonya.

untuk senter dan divecomp, ada saran gak merek dan tipe apa yang murah tapi tidak murahan?



klw senter.. ada 2 jenis (menurut sy) : yg terpasang pada masker atau yg model biasanya..
yg pada masker paling bandel MiniQ40 .. ada yg led (sekitar 600rb-an dan yg biasa..250rb)
klw model biasa.. byk merknya pelican, uk kinetic dsbnya harga $69 - $209.
klw saya menggunakan ke dua nya..
oh iya..bandel ngak bandel sih relatif kyknya..yg penting setiap kali penggantian batery karet O ring nya diwajibkan dioles silicon..

_________________
Frandi - Ambon


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Thu Jun 17, 2010 10:08 am 
Offline
User avatar

Joined: Sat Apr 25, 2009 9:16 pm
Posts: 159
Location: Ambon
oh iya.. sy pernah punya pengalaman ngak enak ttg senter dengan merek M (sensor deh) di darat nyala.. pas di UW >8m mati.. diketuk2 nyala.. diarahkan.. mati.. lsg ilfil buat nyelam.. sampai didarat.. lsg masuk sampah.. hehehehe.. padahal br kena air pertama kalinya, walaupun beli udah 3 bulanan seharga sekitar 600rb.

dan yg paling the best sih sebenarnya merk toshiba xenon. kelemahannya cuman 1 = dimensi yg besar.

_________________
Frandi - Ambon


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 93 posts ]  Go to page 1, 2, 3, 4, 5 ... 7  Next

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 3 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to: