It is currently Thu Oct 19, 2017 3:30 am

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 6 posts ] 
Author Message
 Post subject: DIVER'S FIRST AID
PostPosted: Sun Jul 23, 2006 2:10 am 
Offline

Joined: Tue Jul 18, 2006 7:04 pm
Posts: 4
Location: Bandung
Mudah-mudahan bermanfaat ...

DIVER'S FIRST AID:
- MABUK LAUT:
Minum CINNARIZINE (STUGERON) satu jam sebelum berangkat.

- SPONGE (Micronia prolifera) dll:
Oleskan HYDROCORTISONE 2,5% 3 kali sehari.
Minum tablet DEXAMETASONE 3 kali sehari.
Jika sakit masih berlanjut hubungi dokter.


- UBUR-UBUR, FIRE CORAL , dan ANEMONE:
Angkat tentakel yang masih menempel (gunakan sarung tangan)
Cuci bagian yang terkena dengan ALKOHOL.
Kemudian oleskan HYDROCORTISONE 2,5% (Cuma Rp. 5.000 per tube),
Minum DEXAMETASONE dan TRAMADOL 3 kali sehari sebagi pain killer.
Jika sakit masih berlanjut hubungi dokter.


- SCORPIONFISH, LIONFISH, STONEFISH:
Rendam luka dengan AIR PANAS untuk mengurangi racun.
Tutup luka denga Kain Kassa yang sudah diberi BETADINE.
Berikan antibiotika jenis CIPROFLOXACIN 500 mg 2 kali sehari selama
lima hari. TRAMADOL dapat diberikan sebagi pain killer.
Jika sakit masih berlanjut hubungi dokter.

- BULU BABI:
Cuci luka dengan AIR HANGAT SAMPAI PANAS untuk mengurangi racun.
Cabut patahan bulu babi dengan pinset.
(Pemberian Amoniak dan menghancurkan bulu babi masih
diragukan manfaatnya).
Bilas kulit yang terkena bulu babi dengan BETADINE.
Berikan salep antibiotik seperti GARAMYCIN.
Luka jangan ditutup dengan Kain Kassa
Minum DEXAMETASONE dan TRAMADOL 3 kali sehari sebagi pain killer.
Jika sakit masih berlanjut hubungi dokter.


Catatan:
Semua obat yang disebutkan di atas adalah jenis Over The Counter yang dapat dibeli di apotik tanpa resep, kecuali mungkin TRAMADOL yang kadang agak susah dibeli.
Sebagai pengganti TRAMADOL dapat juga digunakan IBUPROFEN.

_________________
Achmad "The Captain" Ridwan
Jalan Sindang Sirna 23
Bandung 40153
T. 022-204-2323
C. 0813-2188-2323
E. [email protected]


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Sun Jul 23, 2006 12:08 pm 
Offline
Site Admin
User avatar

Joined: Mon Jun 12, 2006 10:40 pm
Posts: 1030
Location: kingdom of undersea
Wah.. terimakasih atas resep2nya... :)
Tapi saya pernah denger, kalo terkena sengatan ubur2, segera oleskan cuka, dijamin besoknya udah sembuh. Apa betul begitu? Ada yang pernah membuktikan?

_________________
PETUALANG - Penyelam Tua Lupa Pulang


Top
 Profile  
 
 Post subject: Cuka untuk ubur -ubur ...
PostPosted: Mon Jul 24, 2006 12:17 am 
Offline

Joined: Tue Jul 18, 2006 7:04 pm
Posts: 4
Location: Bandung
Hehehe ... memang cuka atau vinegar bisa menetralisir racun ubur-ubur,
cuma aku gak rekomen karena baunya kurang enak (untuk cairan kompress), dan kemasannya dalam botol yang cukup gede.

Selain itu cuka atau vinegar tidak mengandung zat anti inflamasi dan penghilang nyeri.

Kalau obat yang aku sebut, satu jam sudah bekerja, jadi bisa nyelam lagi tanpa harus diganggu rasa gatal, panas, dan sakit.

Ridwan

_________________
Achmad "The Captain" Ridwan
Jalan Sindang Sirna 23
Bandung 40153
T. 022-204-2323
C. 0813-2188-2323
E. [email protected]


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Mon Jul 24, 2006 9:12 am 
Offline
User avatar

Joined: Wed Jun 14, 2006 10:07 am
Posts: 446
Location: Market
Kalo saya di pipisin aja biasanya....cukup ampuh juga biarpun jorse..hehehhe


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Thu Jul 27, 2006 10:53 pm 
Offline

Joined: Thu Jul 13, 2006 12:51 pm
Posts: 50
Location: Jakarta
DEXAMETASONE (kortikosteroida) ini obat antiradang kuat. Ini resep ok buat divers. Tapi saya tetap pake cuka juga. Dexametasone buat ngilangin gejala, cuka buat ngilangin racunnya.
Kalo pipis..buat ngilangin dinginnya :lol: :lol:


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Fri Sep 29, 2006 11:40 pm 
Offline
User avatar

Joined: Fri Aug 25, 2006 10:33 am
Posts: 1564
ntah kenapa ya.. selalu aja disodorin yg baunya nyegat..

bulu babi : siram cuka
lionfish : oles terasi

itulah pengalaman gue.. entahlah ntar apa lagi..
mudah2an kaga kena yg gitu2an lagi..
amiiien..

_________________
Hernando Alkausar
--
www.hamueco.com/diving
+62-812-218-NNDO


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 6 posts ] 

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
cron