It is currently Tue Dec 12, 2017 9:31 am

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 14 posts ] 
Author Message
 Post subject: Part Time Dive Professional
PostPosted: Fri Feb 05, 2016 5:46 pm 
Offline

Joined: Wed Jul 14, 2010 1:44 pm
Posts: 163
Location: Midden - Java
Seiring dengan seringnya menyelam, saya sering melihat adanya iklan untuk mengikuti kursus level professional, baik dari PADI dan SSI. Kursus tersebut menarik minat, karena tagline di sebagian iklan tersebut adalah bekerja sesuai dengan hobi kita. Tentu terbayang, adalah mendapatkan penghasilan ketika kita mempraktikkan hobi kita. Namun saya pernah berbicara dengan salah satu teman yang menjadi dive pro, dia berpendapat, jika saya masih ingin menikmati menyelam, tetaplah menjadi amatir, karena ketika menjadi dive pro, kita akan bekerja untuk kepuasaan tamu (objektif kepuasan tamu menjadi diatas objektif kepuasan kita), ini tentunya dengan mindset menjadi proffesional yang bertanggung jawab (seperti yang pernah dibahas mengenai thread jumlah hari minimum untuk kursus OW)

Selain itu, saya pernah membaca salah salah satu thread di K*sK*s mengenai situasi dive pro di gili, yaitu untuk DM sekitar Rp.20.000/tamu, sementara instruktur $100 /orang/ pelatihan (tidak jelas pada level apa, mungkin OW). Ini tentunya berbeda dari daerah ke daerah.

Mencapai level pro, sesuai dengan organisasi, tentunya tidak murah, pada level pertama, yaitu PADI DM, beberapa tempat menawarkan harga kursus Rp.13.000.000,- (untuk 30 hari internship) sementara pada SSI (dive guide + dive master = US$925/ sekitar Rp.12.500.000 /Rp.13.500/1US$). Selain itu tentunya ada kewajiban organisasi baik dimana pada PADI membership fee untuk DM, A$185, ditambah adanya kewajiban tahunan pada oraganisasi. Disini saya tidak mensansingkan mana organisasi yang baik, namun untuk taat mengikuti level pro, harga yang dibayar tentunya tidak murah.

Kebetulan saya tidak pernah melihat iklan POSSI untuk level dive leader (dive pro) sehingga tidak mengetahui bagaimana yang terjadi dalam POSSI.

pak CiptoAG pernah memberitahu, kementrian pariwisata di Indonesia akan menstandarkan level pemandu menjadi hanya Rescue Diver
quote="ciptoag"]kalau mengacu pd standar internasional, seorang pemandu (dalam fungsi lengkap, buddy, guide, supervisor) adalah seseorang yang telah mendapatkan sertifikasi pada jenjang professional sebagai seorang "dive leader", sertifikasi ini biasanya satu tingkat diatas rescue diver. Pada saatnya kita juga maunya sampai kesana, namun kenyataannya sampai sekarang masih banyak teman-teman pemandu selam kita yang masih belum sampai pada tahapan tersebut. Untuk mengakomodasi keadaan itu maka saat ini kita belum dapat memaksakan hal tersebut, jadi syarat pemandu dengan minimum rescue diver ini adalah bentuk kompromi yang paling masuk akal saat ini. Pemandu yang masih bersertifikat rescue diver lebih banyak berfungsi sebagai "experienced buddy" bagi peselam tamu (certified diver), jadi belum dapat berfungsi sebagai "dive supervisor" seperti halnya Dive Master atau Dive Con.

Di dalam standarisasi usaha wisata selam (yang sedang disiapkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) dive operator yang memiliki pemandu dg bersertifikat rescue diver akan ditempatkan dalam klasifikasi B, sedangkan bagi dive operator yang memiliki pemandu dg sertifikasi diatasnya maka akan mendapat klasifikasi A. Incentive ini diharapkan akan memacu dive operator untuk mendorong dan memfasilitasi pemandunya untuk mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi.

Klasifikasi titik selam ini dibuat dengan menyesuaikan pd standar usaha yang sedang disiapkan oleh Kemenparekraf itu.[/quote]

Tentunya ini berbeda jauh dengan mengikuti level dive pro, dalam harga yang harus dibayar.

Sehingga menjadi pertanyaan saya, apakah memungkinkan untuk menjadi dive pro secara part time ?

_________________
If you don't want it, don't bother making it


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Part Time Dive Professional
PostPosted: Sat Feb 06, 2016 1:13 am 
Offline

Joined: Thu Jul 29, 2010 9:02 am
Posts: 263
Location: Jakarta, Indonesia
Nah ini adalah topik yg sangat menarik.

Jujur kata saya gak ngerti yg dimaksud sbg dive pro part timer itu apa.
Tetapi menelaah mengenai harga harga agency utk mencapai level pro sangatlah variatif. Kenapa padi dan ssi semahal itu sy tdk tau, setau sy di naui tdk lah semahal itu.

Betul sekali saran teman anda, ketika anda masih mau menikmati selam rekreasi gak usah masuk ke level pro, cukup di level non pro yg qualified. Karena begitu anda masuk ke level pro, brarti anda sdh mempunyai bbrp tanggung jawab. Tanggung jwb terhadap diri sendiri, thd tamu atw murid, dan jg trhdp agency (kecuali kalo jd dive pro cuma buat gaya gaya an doank ya, dan trnyata banyak yg begitu)
Krn anda dibayar sesuai denganjasa anda. Masalah besaran bayaran nya ya sangatlah variatif trgantung daerah atw dive center atw resort atw pun dive operator.
Karna menjadi seorang dive pro berarti anda mendapatkan imbalan atw bayaran atas jasa dan servis anda.

Sekarang ini kami bersama kementrian pariwisata sedang menyiapkan SKKNI tentang pemandu selam, didalam nya ada yg mengatur standar, safety dan lain lain. Skrg ini memang kita menetapkan batas level pemandu wisata selam adlh Rescue Diver. Alasannya spt yg disampaikan oleh Cipto tadi. Tp itu hanya bersifat sementara karena nantinyankita akan mendorong semua teman teman guide trsbt utk mencapai level pro.
Karena aturan dinhampir semua agency bahwa seorang pemandu wisata selam atw guide haruslah seorang yg bersertifikat level dive pro.

Nantinya semua guide, divemaster dan instruktur yg akan membawa tamu atw men guide tamu semuanya harus mempunyai sertifikat kompetensi pemandu wisata selam (tanpa terkecuali). Kl tdk punya serifikat kompetensi akan di anggap ilegal. Tujuannya hanya semata mata menjaga mutu dan standar yg sesuai dgn SKKNI.

Dan tujuan lain dari SKKNI ini adalah meningkatkan kesejahteraan para guide guide tersebut, krn nantinya akan ada harga standar utk mrk yg wajar dan menguntungkan, sehingga biaya mrk utk menjadi seorang pro akan tergantikan.

Nanti asosiasi usaha wisata selam dan asosiasi dive pro kuga akan membantu para guide yg kurangbmampu tp berkualitas utk menjd seorg dive pro.

Kira kira sih sementara seperti itu kurang lebihnya.

Nah balik lg, apa yg dimaksud dgn part timer dive pro ?

Salam

_________________
Safe Dive


E . H
NAUI # 50558


Whale Dive Centre
http://www.whaledivecentre.com
[email protected]
[email protected]


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Part Time Dive Professional
PostPosted: Sat Feb 06, 2016 10:45 pm 
Offline

Joined: Thu Aug 06, 2009 3:03 am
Posts: 1022
Location: Gili Trawangan
Wah topik menarik nih mas.

Pertanyaan awal untuk mungkin atau gak mungkinnya jd dive pro adalah apa yg mau dicapai dulu mas. Dr segi duit atau segi lainnya.

Kalo buat yg di jkt mungkin sedikit berbeda dgn yg dive pro di daerah, krn kl di jkt mungkin kecuali kita nyelam d kolam maka dc banyakan menjual trip bukan membuat trip jf fungsi dm atau inst lbh kearah tour leader saja. Dalam hal ini maksudnya dm itu apakah murni ngangkat tank, siapin alat, briefing tamu sendiri ataukah akan ada guide lokal yg lakukan itu. Dc jkt selain p1000 dan sangyang sepertinya banyakan jual trip misal ke bali, parigi, raja ampat, manafo, komodo dimana fisana mereka ambil paket dr dc lokal jd fungsi dm tidak full. Buat guide2 bali misal tulamben maka mereka yg lakukan semua hal itu mulai persiapan alat sampe antar tamu balik dan cuci alat.

Jd menurut saya sih bs bs aja untuk jadi dive pro part time.

Tp balik untuk dpt duit dr situ sih yah semua itu relatif yah. Saya bocara dgn inst senior d jkt soal fee dr dc pun berbeda2 dan bs jauh sekali. Semua balik lagi tergantung dr market yg dituju. Untuk angka mungkin gak perlu disebut disini.

Yg menjadi salah kaprah menurut saya di diving di indonesia adalah, karena pada dasarnya hobi diving itu mahal maka byk diver yg mencari alternatif untuk mendapatkan income dr sini. Nah cara umum yg ada adalah dgn jd dive pro or instruktur. Tp kadang yg jadi ganjelan saya adalah, menjadi seorang inst adalah seorang guru selam bukanlah hal mudah. Misal saja, kita pintar mengaji apakah kita seorang guru ngaji yg baik, kalau kita pintar fisika apakah kita mau jd guru gisika di SMA, atau seorang koki yg baik apakah bs ngajar masak d cooking school yg bagus.

Guru merupakan panggilan. Orang yg tidak sabar ngajar orang dan pelit ilmu tidak akan bs jd guru yg baik. Orang yg jago sesuatu terkadang bukan guru yg baik pula. Bahkan malahan orang jago fisika kalau disuruh jelasin bakalan pusing kita dibuatnya karena bahasanya gak jelas terlalu canggih buat orang awam. Montir jagoan blm tentu bs ngajarin orang, mangkanya tidak sedikit montir yg buka bengkel sendiri gak bs terlalu maju krn dia gak punya anak buah sejago dia.


Nah dive pro akan dihadapi dgn situasi seperti itu dimana kita harus ngurusin orang yg buoyansi nya jelek, padahal saat yg sama ada whale shark lewat. Atau disaat mau liat pygmy tp kita disuruh jagain tamu dgn log cuma 5. Nah ini semua adalah pilihan. Mangkanya teman yg bilang mending jd amatir saja biar bs menikmati diving adalah hal yg cukup bener buat orang yg gak sabar nfajar atau ngurus tamu.


Kaya ginian bs diliat dgn gampang kok. Misal kita jalan2 ber 8 nah apakah kita jd orang yg ngurusin sapa aja yg blm dtg dan ngurus cek in di bandara atau kita orang yg tetima beres kasih tiket ama koper ke temen suruh dia yg cek in nin buat kita.


Semoga sharing di malam malam ini ada manfaatnya yah.

_________________
don't dream your live, but live your dream.......


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Part Time Dive Professional
PostPosted: Sun Feb 07, 2016 12:59 am 
Offline

Joined: Thu Jul 29, 2010 9:02 am
Posts: 263
Location: Jakarta, Indonesia
Dit ... Tumben lu eling .. Hahahahaha

Ya semua balik lg ke objektif nya apa utk menjd seorang dive pro.
Apakah memang passion nya utk menjd instruktur, atw memang hanya sekedar jd guide cari duit dr bawa tamu atw emang cuma gaya gaya an aja. Asal statusnya dive pro ud cukup, gak perlu cari duit krn emang ud sangat berkecukupan. Ya gak Dit ?

Udah ah lanjut bobok lagi

_________________
Safe Dive


E . H
NAUI # 50558


Whale Dive Centre
http://www.whaledivecentre.com
[email protected]
[email protected]


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Part Time Dive Professional
PostPosted: Sun Feb 07, 2016 12:53 pm 
Offline

Joined: Wed Jul 14, 2010 1:44 pm
Posts: 163
Location: Midden - Java
Terima kasih atas masukkannya bro Ebram dan Bro Audita.

Part time dive pro, yang saya maksud adalah menjadikan profesi dive pro menjadi sampingan dari profesi lain (profesi utama). memang banyak yang menjadi motifasi, baik share pengalaman (baik melalui istruktur maupun cukup DM) maupun tidak dinafikan dapat diving dibayari merupakan insentif yang baik (walalu saya pernah membaca beberapa thread di tempat lain, jika menjadi DM saja, pendapatan yang didapat tidak sebanding dengan waktu yang hilang dari kesempatan bertemu keluarga serta mendapat dive yang baik). Selain itu juga dari (perasaan) kenyamanan, ketika kita mengajak orang untuk dive dengan menarik biaya, maka level Rescue sering menjadi ganjalan menyelenggarakan trip tersebut (ini sekali lagi pada pola pikir berlaku sesuai aturan, walaupun tidak dinafikan banyak sekali guide selam yang tidak memliki sertifikat maupun ilmu selam yang mumpuni, namun adalah penyelam yang baik karena seringnya mereka mengantar tamu).

oiya bro Ebram, saya belum sempat searching mengenai NAUI. Juga ada sertifikasi ADS-I, yang saya tidak begitu mengerti.

Namun pertanyaan ini adalah untuk diver yang pada posisi persimpangan, dimana pada posisi antara tetap menjadi amatir atau melompat pada level pro, yang tentunya jika melompat pada level pro, salah satu pertanyaanya adalah dapatkah kembali modal, jika menjadi full time, dapatkah mensuport kehidupan ? (sekali lagi memang level kenyamanan hidup untuk orang berbeda-beda.

Saya pernah mengenal orang yang mencapai level instrukur karena dia memiliki uang banyak, namun tidak ada (belum ada) keinginan untuk menjadi full time pro, saya juga pernah mengenal orang berpindah agensi karena disatu agensi dia merasa tidak nyaman mengenai iuran yang harus dibayar. Hal-hal inilah, bagi kaum amatir, berpikir kembali untuk lompat pada level pro.

_________________
If you don't want it, don't bother making it


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Part Time Dive Professional
PostPosted: Sun Feb 07, 2016 8:53 pm 
Offline

Joined: Thu Jul 29, 2010 9:02 am
Posts: 263
Location: Jakarta, Indonesia
Hehehe ... Silahkan menentukan sendiri, yg ptg apapun keputusannya harus sdh dipikir bener bener dan sesuai kata hati dan dompet tentunya ... Hahaha

Being a pro means that you have bigger responsibility to yourself, to public and to agency

Cheers ....

_________________
Safe Dive


E . H
NAUI # 50558


Whale Dive Centre
http://www.whaledivecentre.com
[email protected]
[email protected]


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Part Time Dive Professional
PostPosted: Tue Feb 09, 2016 5:39 pm 
Offline

Joined: Thu Aug 06, 2009 3:03 am
Posts: 1022
Location: Gili Trawangan
ebram wrote:
Dit ... Tumben lu eling .. Hahahahaha

Ya semua balik lg ke objektif nya apa utk menjd seorang dive pro.
Apakah memang passion nya utk menjd instruktur, atw memang hanya sekedar jd guide cari duit dr bawa tamu atw emang cuma gaya gaya an aja. Asal statusnya dive pro ud cukup, gak perlu cari duit krn emang ud sangat berkecukupan. Ya gak Dit ?

Udah ah lanjut bobok lagi




hahaha iya nih mas lagi sadar aja nih soalnya lagi banyak kerjaann jadi balas forum sedikit pake otak, kalo biasa kan saya asal jawab aja gak pake otak whahahahaajaj


kalo untuk pertanyaan cukupkah jadi dive pro untuk support hidup saya bisa bilang itu relatif seperti kata mas karena tiap orang berbeda tapi mungkin saya bisa kasaih sedikit gamaran angka ya mas......

jadi dive pro full time itu dengan kemampuan bagus dan bahasa bagus, skill bagus (dalam arti emang jago bukan soal inst atau DM), pintar cari tamu, mau kerja susah deh intinya. mungkin kalo orang dengan spek seperti itu silahkan PM ke saya nanti saya carikan pekerjaan dengan gaji 10-30jt mas. tapi syaratnya yah yg diatas itu ya mas jgn sepotong sepotong nih. nah silahkan angka tersebut diartikan sendiri apakah cukup atau tidak nih.... kalo buat saya sih lebih dari cukup banget tuh angka tersebut.... tinggal skr kita tanya kemampuan kita segimana dan apakah kita bekerja di lokasi dan posisi yg benar. misal kerja full time dive pro di jkt gak akan sama seperti kerja di bali karena jumlah tamu gak bs sama kan jd otomatis penghasilan jg akan beda nih......

buat saya sebenernya demand terhadap dive pro yg bener bener bagus ada banyak sekali tetapi untuk dapat yg bagus jg gak banyak atau banyak jg yg merasa sudah bagus. dive center bule akan sangat seneng kalo bs dapat inst lokal dengan kualifikasi seperti itu. kebanyakan DC bule gak pake inst lokal karena kendala di bahasa atau lokal terkadang kurang pintar cari tamu dan bawa tamu supaya mereka happy (party or minum) tapi ini jg bukan angka mati yah, semua tergantung dr orangnya lagi nih......


kebetulan saya sedang berada di Tamnjung Bira sulawesi bantu teman dengan kapal nya disini, kita ngobrol bahwa mereka2 ini butuh banget tenaga lokal yg pro di bidangnya, kebanyakan cuma asal asalan doang mentang2 sudah bs merasa paling pintar atau paling hebat sehingga tidfak mau mengembangkan diri menjadi lebih baik lagi kan. kita bs liat sendiri deh di sekitar kita selama diving yah.... misal sekedar sharing jalur hidup saya yg gak jelas ini. kalo liat ijazah sih saya lulusan FEUI salah satu paling berpengalaman di angkatan saya (karena tmn2 lulus 4tahun sedangan saya lulus 6thn).... kerja sembarangan mulai dari sekedar tukang foto, nyetak nyetak brosur, event organiser, sampe abis duit buat bayar diving, akhirnya kabur dr jakarta nyari hidup yang beda dari lain nih ke gili. kerja 3 tahun disini sebagai dive pro kadang seru kadang boring tapi itu gak bikin saya patah semangat dan balik ke jakarta. saat DC kosong yah kita belajar bongkar mesin tempel 40PK, ngisi tabung dan bersih bersihnin kompresor bos nih, di sekolahin ke bali suruh belajar soal regulator dan lain lain sama bos dan ngurusin dive gear di dive center. punya sedikit tabungan kita biking bungalow deh kecil kecilan yg berjalan sampe skr nih dan sudah nambah beberapa kamar lagi deh nih. cukuplah buat jalan jalan kita keliling indonesia kan nih dan pensiun dini di umur 40an kali yah hahahha.......

dari ngobrol2 ngak jelas dan sering gosipan sama mbah surya dan bantu bantu si mbah kalo ada job di bali or gili akhrinya ada kesempatan buka Gili Air Station nah mulai deh masa suram kita harus kerja 2 tahun gak diving dan gak keluar dari gili cuma experimen dan experimen dengan tank dan kompresor dan alat alat listrik deh.... kesetrum mah udah jgn ditanya hahahahh mata langsung jadi belo deh hahahaa. akhrinya skr sdh bs menikmati sedkit hasilnya. belajar belajar dan belajar. mungkin si mbah yg plg sering saya ganggu telponan sampe 3 jam tiap 3 hari sekolah untuk belajar diving 101. kalo ke jakarta tempat favorit adalah Kenari, glodok dan wajib lapor ke Grogol Institute of Technology nih hahahah. yah sukur skr Gili Air Station bs ngisi cukup banyak tank dan punya komp cukup deh hahahaah

nah maksud dari saya adalah kalo kita serius dan mengerahkan seluruh usaha kita saya sih yakin pasti ada jalan. terkadang orang yg part time terkendala dengan waktu weekdays kerja kantoran dan weekend kerja diving nah kapan istirahatnya dong. hehehe ada waktunyaa akan jenuh karena kita tau diving itu butuh fisik dan mental (maksudnya ngelitain murid cw bule pake bikini kan berat yah) hahahah iman bisa kuat tapi si imin nih udah panas hehehehe...

kebanyakan dr temen dan senior yang sukse saya liat juga diving cuma sebagai batu loncatan awalnya jd dive pro kemudian ketemu bnayak rekan2 dan bikin bisnis lain atau resort atau LOB atau jualan tanah di daerah terpencil ke bule.... ada temen yg dr usaha itu sampe dapet jutaan dollar dr komisis doang loh mas. ini bicara yg awalnya cuma bule gembel dtg ke indo mau jalan jalan backpakeran loh hehehhe.

kerja di kapal jg seru. sekarang saya lagi ambil kursus sama si mbah nih gmn cara lihat kapal dari sudut pandang seorang boat builder nih. sangat menarik dan ini sangat berbeda bagi kita orang awam nih. bener bener berbeda. diving yg dulunya saya kira sudah safe ternyata ada factor failnya dari posisi yg gak pernah saya lihat sebelumnya....


nah balik kepada apakah cukup atau ngak ? mungkin ini sedikit syaring saya dari awalnya lulusan FEUI terbaik(segili air) yg hijrah dr jakarta ke pulau terpencil hahahah semoga bermanfaat ya mas

_________________
don't dream your live, but live your dream.......


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Part Time Dive Professional
PostPosted: Tue Feb 09, 2016 11:09 pm 
Offline

Joined: Thu Jul 29, 2010 9:02 am
Posts: 263
Location: Jakarta, Indonesia
Luar biasa lo Dit ... Beneran lg ada otaknya nih sekarang, mudah2an bertahan ya Dit.

Gw setuju sama elu, intinya kl kita mau kerja keras dan sedikit susah pasti menjadi full time dive pro akanlah sangat cukup, dan juga di berbagai bidang pekerjaan lain.

Ya kalo maunya jd part timer seperti definisi yg udah di jabarin ya gak akan cukuplah, apalagi balik modal biaya jd dive pro, jauuuuhhhhhh banget

Ya mudah2an temen temen disini yg lain jg bs memperkirakan kemampuan dan kemauan masing masing.

Lanjut Dit ... Sukses, jgn lupa support gathering nya Forsel nanti di tulamben ya

Cheers

_________________
Safe Dive


E . H
NAUI # 50558


Whale Dive Centre
http://www.whaledivecentre.com
[email protected]
[email protected]


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Part Time Dive Professional
PostPosted: Fri Feb 12, 2016 3:13 pm 
Offline

Joined: Wed Jul 14, 2010 1:44 pm
Posts: 163
Location: Midden - Java
Terima kasih atas berbagi pengalamannya bro Audita dan bro Ebram :)

_________________
If you don't want it, don't bother making it


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Part Time Dive Professional
PostPosted: Sat Feb 13, 2016 8:41 pm 
Offline
User avatar

Joined: Fri Aug 25, 2006 10:33 am
Posts: 1564
jadi professional selain diatas kertas (ijazah) harus didukung juga dengan Skill, Knowledge, dan Attitude yang professional juga

kalo SKA nya paten, tanpa ijazah pun sebenernya orang ini bakal kepake, dan mungkin akan dicari, seperti kata Audita

nah kalo tentang Part Time atau Full Time, akhirnya memang jadi pilihan masing-masing, setiap pilihan ada kelebihan dan kekurangan nya sendiri..

Dari segi pemberdayaan waktu, saya pernah di posisi part-time, dan sekarang lagi jalanin full-time, sampai sekarang Alhamdulillah berjalan lancar..

jadi jawabannya YES sangat memungkinkan jadi part-time Professional

_________________
Hernando Alkausar
--
www.hamueco.com/diving
+62-812-218-NNDO


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Part Time Dive Professional
PostPosted: Tue Feb 23, 2016 5:36 pm 
Offline
User avatar

Joined: Mon Apr 26, 2010 10:05 am
Posts: 6
Location: Qatar
Pengalaman saya kalau kebanyakan berpikir apakah jadi pro atau tidak, akan balik modal atau tidak, agency ini atau itu, part-time atau full-time, dsb jadi malah bingung dan gak bergerak. Saya pernah berada disituasi ini, akhirnya pilih dan jalani yg saya mau. Mirip seperti waktu milih universitas....pilih yg kita suka atau yg berpotensi penghasilan besar atau ikut pilihan orang tua atau alasan lainnya...sah saja, dan pada akhirnya kerja keras dan nasiblah yg membawa kita di posisi sekarang. Ada yg sesuai dengan harapannya dulu, ada juga yg berbeda dan tidak terpikirkan sebelumnya. Contohnya diver FEUI dan ITB diatas...hehehe...
Jadi saya yakin seorang bisa jadi part time dive pro, apalagi sudah ada contohnya...mau ngumpet kemana pun rejeki gak bisa ditolak sama seperti maut.

A.R.


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Part Time Dive Professional
PostPosted: Fri Feb 26, 2016 1:53 pm 
Offline

Joined: Mon Aug 30, 2010 9:12 am
Posts: 166
master.. master... ^:)^ ^:)^ ^:)^


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Part Time Dive Professional
PostPosted: Tue Mar 22, 2016 10:23 am 
Offline
User avatar

Joined: Mon Jun 14, 2010 9:24 am
Posts: 518
Location: jakarta
naah menarik ini,
Pendapat pribadi ajah..

mau ke pro atau tidak...?
mau cari duit atau tidak..?

dua pertanyaan berbeda dan bisa berhubungan dan tidak berhubungan.

Kalau kita berpikir ilmu, knowledge dan skill... menjadi pro
adalah sarana belajar yang baik dan tentunya optimal
kalau mau belajar, biaya bukan issue kan....

Kalau mau cari duit
kembali ke passion dalam cari duit..
kalau murni pengen kaya.. dagang aja om...
dulu waktu kuliah emang pilih2 sampe itung2an biaya kuliah vs pendapatan...?? lha dapet kerjaan aja belom....
Kalau passion di diving dan seneng cari duit di diving.. yaa go for it.

kebanyakan ngitung pasti jatuhnya rugi..
kalau passion , emang pake itung2 an..?

banyak yang disimpangan itu, ane dulu pernah..
toh sekarang happy2 ajah..
minimal ane bisa diving gratis...

waktu dulu lagi kursus...
ada pro tetangga bilang... waaah selamat yaaa .. tambah stress ngurusin orang.. safetynya.. kalau ada ape2.. repot
kembali ke passion, kalau emang seneng ngajar.. yaaa ada kepuasan sebanding tho...
kembali ke passion...

kalau gak seneng ngurusin kepuasan orang
dan gak suka ngajar...
minimal ada ilmunya buat diri sendiri dan buddy..

ambil aja om.. tuh hubungin om eh.. hehehe

eh iya satu lagi...
mau diver apa pun.. pro, non pro.. jadilah diver yang bertanggung jawab
yaitu yang mengutamakan safety, mengukur diri sendiri dan gak nyusain orang
syukur2 bisa bantu orang..
terus belajar, having better skill dan cari ilmu terus ..

salam safety..

_________________
-------------
aria anugraha m.
0818796937
https://www.facebook.com/aria.anugraha
--------------


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Part Time Dive Professional
PostPosted: Tue Mar 22, 2016 6:08 pm 
Offline
User avatar

Joined: Mon Apr 26, 2010 10:05 am
Posts: 6
Location: Qatar
Wah persis seide dengan senior saya di atas hehehe

A.R.


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 14 posts ] 

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to: