It is currently Fri Oct 20, 2017 7:10 pm

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 31 posts ]  Go to page 1, 2, 3  Next
Author Message
 Post subject: Diver Training Syllabus 100% Indonesia
PostPosted: Sat Feb 09, 2013 2:36 pm 
Offline
Site Admin
User avatar

Joined: Mon Jun 12, 2006 10:40 pm
Posts: 1030
Location: kingdom of undersea
Selamat kepada bos Rendra dan tim Banyu Biru Explorer atas keberhasilannya memperoleh pengakuan dari Library of Congress US Copyright Office untuk Diver Training Syllabus, modul Buoyancy & Propulsion Coaching Clinic dan Be A Better Diver Training, dengan US Copyright Registration nomor TX 7-606-290. Sebuah karya asli putra Indonesia yang mendapat pengakuan Internasional. Tinggal selangkah lagi, Indonesia bakal memiliki dive agency yang diakui dunia. Sekali lagi selamat atas pencapaian yang luar biasa ini.

Jadi terharu mengingat coaching clinic ini pertama kali diposting di forumselam tgl 6 Juli 2010 (viewtopic.php?f=7&t=1368) dan terus mendapat respon positif hingga sekarang. Maju terus BBX team!


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

_________________
PETUALANG - Penyelam Tua Lupa Pulang


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Diver Training Syllabus 100% Indonesia
PostPosted: Sat Feb 09, 2013 10:31 pm 
Offline

Joined: Sat Mar 20, 2010 7:31 pm
Posts: 222
Location: Jakarta Selatan
*

Congrats ! :-bd


*

_________________
* my buddy : my camera *


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Diver Training Syllabus 100% Indonesia
PostPosted: Sun Feb 10, 2013 5:57 am 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
TOP ABIZ dah !!! :ymapplause: untuk semua yg bersusah payah.

Congrats.
.

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Diver Training Syllabus 100% Indonesia
PostPosted: Sun Feb 10, 2013 9:50 am 
Offline

Joined: Mon Sep 07, 2009 1:33 pm
Posts: 655
Location: Bone, Sulawesi Selatan
selamat kepada Banyu Biru Explorer atas pengakuan dari Library of Congress US Copyright Office untuk Diver Training Syllabus, modul Buoyancy & Propulsion Coaching Clinic dan Be A Better Diver Training.

jadi penasaran nih...pengen tau isi modul Buoyancy & Propulsion Coaching Clinic dan Be A Better Diver Training. :D


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Diver Training Syllabus 100% Indonesia
PostPosted: Sun Feb 10, 2013 3:06 pm 
Offline
User avatar

Joined: Thu Jan 31, 2013 4:06 pm
Posts: 350
Location: Coral Triangle
Satu kata untuk pencapaian ini..
Visi yang luar biasa dituangkan dalam ide yg brilian dan dilaksanakan oleh orang2 yg tepat..
Bener2 bikin iri pencapaianna, hebat BB explorer dan Om Rendra..

_________________
Eat, Sleep, Dive and Dive

Pin 2357C1BD
HP 085270426789
Email : [email protected]
FB: Benny Dwi Saputra
@mr_beny
Website www.divingatindonesia.com


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Diver Training Syllabus 100% Indonesia
PostPosted: Sun Feb 10, 2013 5:40 pm 
Offline
User avatar

Joined: Thu Jul 09, 2009 5:51 pm
Posts: 1571
Location: Jakarta
Ehhhh.... ada diposting juga disini hehehe...

Terimakasih... terimakasih... terimakasih....

Saya dan teman2 di Banyu Biru Explorers diantaranya kakak Hantulaut, Dany Darwis, Randy Raditya Kosasih, dan lainnya yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu, sangat bersyukur atas karunia dan kesempatan untuk mulai melakukan realisasi terhadap ide untuk menjadi sebuah diver training agency yang berasal dari Indonesia. Cita-cita ini telah muncul sejak lama, namun memang ternyata tidak mudah dan memakan waktu yang sangat panjang, dan ke depan masih banyak hal yang perlu dilakukan.

Hal ini merupakan sebuah pencapaian kita semua, khususnya para warga Forum Selam, karena tanpa partisipasi kita semua hal ini mungkin belum menjadi kenyataan. Terimakasih sekali lagi.

Nah sebagai gambaran saja saya coba berikan sedikit gambaran sederhana mengenai diver education system BBX...

Dalam rangka merealisasikan ide sertifikasi penyelam melalui pendidikan selam oleh diver certifying agency asli Indonesia, perkenankan saya mulai memperkenalkan program pendidikan selam yang kami kembangkan.

Visi & Misi

Setiap ide pasti memiliki visi dan misi. Misi Banyu Biru Explorers ("BBX") terbentuk dari adanya sebuah keinginan bersama dari para pendirinya untuk mengeksplor dan melindungi dunia bawah air sambil berusaha memperbaiki kualitas kehidupan di seluruh aspek kehidupan akuatika (berhubungan dengan air). Sejalan dengan visi awal ini, maka BBX berkomitmen untuk:

1. Membentuk dan mengembangkan para penyelam yang aman, terampil dan berpengetahuan luas
2. Menyelenggarakan dan mempromosikan riset dan eksplorasi bawah air di Indonesia dan dunia
3. Berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan konservasi kelautan di tingkat dunia sebagai upaya menjaga kemantapan dunia bawah air
4. Memberikan informasi komprehensif dan pengetahuan kepada masyarakat luas tentang dunia bawah air

Kami di BBX bekerja keras untuk melakukan redefinisi serta ikatan antara para petualang bawah air, konservasionis dan ilmuwan. BBX memiliki komitmen untuk mendukung terciptanya hubungan harmonis antara manusia dengan alam perairan.

Untuk dapat melakukan semua tujuan ini, maka salah satunya BBX mempersiapkan diri untuk dapat menjadi sebuah organisasi pendidikan selam yang mandiri, untuk menciptakan para penyelam yang handal dan dapat membawa misi-misi BBX. Upaya ini bukan merupakan hal yang mudah, karena untuk memulai sebuah program pendidikan yang mampu mensertifikatkan kompetensi seseorang di bidang penyelaman maka kita harus melakukan penelitian, pengembangan, pengujian dari berbagai materi pendidikan selam. Selain itu, karena pendidikan selam pada dasarnya adalah sesuatu yang generik, maka dalam membentuk sebuah materi pendidikan diperlukan nilai tambah ataupun keunikan yang bermanfaat, yang sesuai dengan tujuan/ visi dan misi penyelenggaraannya.

Fakta vs Idealisme?

Kami yakin banyak pertanyaan yang muncul dalam benak teman2 mengenai kenyataan dunia pendidikan selam dan idealisme yang sedang kami kembangkan. Mengapa harus bersusah payah mendirikan sebuah training agency lagi, apalagi diawali sebatas cakupan lokal? What difference does it make? Apakah akan bisa bersaing dengan training agency yang sudah memiliki nama besar di dunia? Dan banyak hal lagi yang pada dasarnya merupakan perenungan tentang "Does all this makes any sense?"

Bagi kami, jawabannya jelas ya, seluruh upaya ini memiliki tujuan dan yang jelas upaya ini bukan sebuah idealisme buta. Artinya, apa yang kami lakukan membawa sebuah misi ideal dengan kebanggaan sebagai bangsa bahari, dan memiliki tujuan, sasaran, metodologi serta keunikan yang spesifik, yang memiliki nilai tambah. Salah satu langkah yang kami lakukan adalah dengan menguji training syllabus kami untuk diadu dengan training syllabus lain yang telah ada dari berbagai diver training agency kelas dunia, dan alhamdulillah 2 modul yang paling utama telah lolos dan mendapatkan copyright dari US Copyright Office.

Pendidikan selam bukanlah monopoli satu atau beberapa agensi. Ilmu penyelaman sendiri merupakan ilmu dunia yang tidak dapat dimonopoli. Yang dapat menjadi pembeda antara agensi satu dengan lainnya adalah dalam dasar prinsip serta metodologi/ pendekatan penyampaian ilmu/ pendidikan kepada para calon penyelam maupun penyelam yang akan mengembangkan tingkatannya.

Dari sisi science dan technology, setiap orang/ agensi dapat menentukan jenis teknologi yang akan diadopsi, dan akan dijadikan mazhab dalam program pendidikan yang diselenggarakan. Sebagai contoh, dari sisi pedagogik adalah metode pendekatan holistik vs pendekatan standard. Metode holistik akan memakan waktu lebih lama, sementara pendekatan standard akan memakan waktu yang lebih singkat. Trade-offnya adalah hasil yang dicapai siswa pada akhir pendidikan. Contoh lainnya di sisi teknologi misalnya mengenai pemilihan model dekompresi yang dipandang lebih sesuai, misalnya apakah menggunakan pendekatan model Critical Ratio, Critical Difference atau Thermodynamic model? Atau contoh lain misalnya menentukan mazhab dekompresi yang akan dianut, apakah berbasis No-Decompression Limit atau menganut konsep Minimum Decompression?

Selain fakta dari sisi educational science dan technology, yang mungkin paling mendapatkan sorotan adalah dari sisi bisnis. Sederhananya pertanyaan yang akan muncul adalah bagaimana kita (BBX) akan mampu berkompetisi dengan agensi lain yang sudah bertaraf dunia? Are we going to make a profit out of this effort? Untuk saat ini jawaban kami sederhana saja, yaitu bahwa kami kembangkan ini semua untuk bangsa ini dan bersifat not-for-profit atau nirlaba. Ya, kami memiliki misi agar semakin banyak orang di Indonesia yang dapat menyelam sebagai penyelam yang aman dan berkualitas tinggi, hingga ke pelosok yang bagi agensi lain mungkin tidak menarik. Program pendidikan selam BBX dikembangkan sedemikian rupa sehingga biaya yang ditanggung seorang siswa akan menjadi terjangkau, karena kami bangsa Indonesia yang ingin bangsa ini maju dan memiliki kesempatan menjelajahi dunia bawah air yang kita miliki. Murah bukan tidak berkualitas, tapi murah karena semangat membangun. Kualitas harus nomor satu di dunia. Negara kita memiliki kekayaan maritim yang utama di dunia, kita harus memiliki kebanggaan dan kekuatan lokal untuk mengeksplorasi dan memlihara kemantapan bahari nasional.

Kami banyak belajar dari pengalaman diver certifying agency di mancanegara, bagaimana mereka berkembang. BSAC adalah salah satu contoh yang memberikan inspirasi, dari sebuah club selam hingga akhirnya menjadi salah satu organisasi pendidikan selam terbesar di dunia. Selain BSAC, kami mempelajari pengalaman NAUI serta mendalami apa yang dilakukan GUE yang awalnya merupakan sebuah proyek eksplorasi, hingga akhirnya menjadi sebuah dive agency. Di Amerika Serikat terdapat banyak sekali diver certifying agency yang bersifat lokal dan tidak ikut WRSTC. Mereka tetap berkembang di tingkatan lokal, dan tetap diterima secara global. Hal yang sama terjadi di beberapa negara Eropa dan Asia. Artinya, kitapun bisa mengembangkan sebuah idealisme tentang "Local Diving Agency" yang murni dari Indonesia. It's not a sin, hence a pride, very big pride.

Akankah local diving agency ini berkembang? Ya, kami mengajak seluruh diver di Indonesia untuk mendukung dan berperanserta agar semangat idealisme ini bisa berkembang di negara kita. BBX sebagai leader dalam pengembangan upaya ini juga tidak pernah berniat untuk maju sendiri, melainkan kami akan mengajak siapapun yang memiliki interest yang sama untuk bergabung. Mari bersama-sama kita kembangkan semangat kemajuan bahari ini, untuk dijadikan benchmark dunia yang merupakan kebanggaan bangsa kita di bidang penyelaman. Bagi kami, idealisme ini = fakta. Dan fakta ini telah dikembangkan dengan combined experience yang lebih dari 100 tahun (istilah marketing hehehe...).

Menyelam Tidak Untuk Semua Orang

Ini merupakan aspek yang cukup sering dibahas di berbagai forum. BBX sendiri meyakini bahwa "Menyelam TIDAK Untuk Semua Orang". Ya, dalam prinsip pendidikan selam kami, para kandidat student akan diseleksi dan diuji untuk mengetahui apakah menyelam cocok untuk mereka. Diving adalah kegiatan yang membutuhkan passion, simply karena banyaknya risiko dan pesona di saat yang bersamaan. Program pendidikan selam yang kami kembangkan bersifat robust dan untuk itu dibutuhkan passion. Kami bertujuan menciptakan penyelam yang aman, skillful dan knowledgeable, dan untuk ini pasti dibutuhkan passion. Sejak day 1 seorang newbie belajar menyelam bersama kami, dia akan dihadapkan pada real life environment di laut selama lokasinya memungkinkan. Since day 1, siswa akan dilatih untuk menyempurnakan buoyancy terlebih dahulu, karena buoyancy skill adalah element terpenting bagi seorang scuba diver. Seluruh safety drill training akan dilakukan dalam posisi horizontal, melayang midwater, bukan berlutut di dasar. Hal ini jelas membutuhkan passion, dan hanya siswa/ calon diver yang cukup passionatelah yang akan dapat mengikutinya. So, diving is not for everyone :)

Dari sisi waktu, program pendidikan selam yang dilakukan BBX membutuhkan komitmen waktu dari siswa. Program pendidikan untuk jenjang pertama (setara Open Water di PADI), membutuhkan sedikitnya 60 jam waktu diklat. Ini artinya sekitar 10 hari (6 jam efektif per hari). Diving adalah kegiatan berisiko, dan satu-satunya cara agar seorang newbie siap untuk menghadapi berbagai macam risiko adalah dengan mempersiapkan mereka secara komprehensif. Menurut kami tidak mungkin pelatihan untuk mengantisipasi risiko dapat dilakukan secara baik jika latihannya sangat singkat. Safety drill harus dilakukan berulang-ulang agar motoric memory terbentuk dengan baik. Pendekatan pengajaran secara holistik memiliki konsekuensi waktu training yang lebih panjang dibandingkan training melalui agency lain, namun hal ini sejalan dengan hasil. At the end of the course however, siswa BBX sudah mengantongi sedikitnya 20 dive log di laut.

Diving membutuhkan passion, komitmen waktu, biaya.

Modul

Sebagai contoh mengenai modulnya sendiri, misalnya pada aspek buoyancy. Buoyancy control adalah salah satu elemen paling pokok saat belajar menyelam, dimana hal ini akan menentukan bahwa setidaknya 2 sasaran utama terpenuhi: Penyelam yang aman dan environmentally friendly. Modul BBX memberikan bobot pengajaran dan pelatihan yang besar pada aspek ini, dengan metodologi holistik (menyeluruh). Misalnya, seorang student akan diperkenalkan kepada inherent/ natural buoyancy dirinya sebelum dia diperkenalkan pada technical buoyancy control. Kenapa? Sederhana saja, salah satu unsur keberhasilan buoyancy control adalah pada saat kita memahami prinsip buoyancy seutuhnya, termasuk pengaruh breathing control dalam pengaturan daya apung.

Pada sistem pengajaran diving pada umumnya dari diving agency, buoyancy control disampaikan dalam taraf yang paling sederhana. Penyempurnaan buoyancy baru diajarkan pada jenjang sertifikasi yang lebih tinggi (misalnya PPB pada PADI system). Mengapa? Agar orang cepat dapat memperoleh 'first diving experience'. Simple. Nah, di metodologi training BBX, kita menciptakan penyelam yang aman dan environmentally friendly sejak hari pertama mereka belajar menyelam, artinya masalah buoyancy control ini justru salah satu aspek paling dasar yang harus dikuasai seorang penyelam. Metodologi yang kami pergunakan sangat menekankan bahwa seorang newbie harus bisa memiliki kompetensi buoyancy control secara sangat baik, untuk memenuhi syarat keamanan dan environmental dimaksud.

Ini sebuah contoh yang paling sederhana.

Beberapa principles lain dari diver training system BBX, diantaranya:
- Rencana dekompresi berdasarkan tingkat konservatif yang tinggi, dive profile konservatif
- Menganut prinsip Minimum Deco
- Depth limit berdasarkan syarat END (Equivalent Narcotic Depth) per jenjang
- Active rating berdasarkan experience (dive logging)
- Efficient rating (contoh: Recreational hanya 3 level --> R1, R2, R3)
dll.

Ayo kapan yah cari waktu.... apa mau minggu depan saat Shark Talk at Steampunked Ocean di Broti Cafe, hari Rabu 13 Feb 2013 jam 19.00?

Harapannya teman2 dapat mengadopsi sistem kami, menjadi instructor pada diving certification agency yang kami cita-citakan ini. Bisa cross-over kok nantinya, sistem sedang dipersiapkan :)

Thank you yah :)

_________________
BBeXplorers - Indonesia's Center for Diving Excellence | GUE Affiliate | We provide: Diver Training, EFR Training, Halcyon Dive Systems | Need info on joining DAN? E-mail me: rendra [at] banyubiru.org | Join our group on facebook: Banyu Biru Explorers


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Diver Training Syllabus 100% Indonesia
PostPosted: Sun Feb 10, 2013 7:02 pm 
Offline

Joined: Sun Feb 03, 2013 7:42 am
Posts: 18
Congrats utk BBX Dan om Rendra teams. Kapan training B&P nya lagi?


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Diver Training Syllabus 100% Indonesia
PostPosted: Mon Feb 11, 2013 7:15 am 
Offline
User avatar

Joined: Mon Feb 04, 2013 4:19 pm
Posts: 135
Location: Manado
rendra wrote:
Harapannya teman2 dapat mengadopsi sistem kami, menjadi instructor pada diving certification agency yang kami cita-citakan ini. Bisa cross-over kok nantinya, sistem sedang dipersiapkan :)


:-bd :-bd
tertarik nih... :ymhug:

_________________
Pulung Ariyanto
0818 946 680
0821 88 255 442
http://www.gt-dive.com


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Diver Training Syllabus 100% Indonesia
PostPosted: Mon Feb 11, 2013 9:26 am 
Offline
User avatar

Joined: Tue Sep 15, 2009 3:15 am
Posts: 1396
Location: Katameya Heights
Berita yang sangat membanggakan dari tanah air, selain gosip artis, berita korupsi dan banjir jakarta
Congratulation
Salut atas dedikasi dan komitmen mas Rendra dan team BBX untuk dunia selam Indonesia.

_________________
https://www.flickr.com/photos/wisnupurwanto/


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Diver Training Syllabus 100% Indonesia
PostPosted: Mon Feb 11, 2013 9:36 am 
Offline
User avatar

Joined: Fri Aug 25, 2006 10:33 am
Posts: 1564
mantapp.. full support..

_________________
Hernando Alkausar
--
www.hamueco.com/diving
+62-812-218-NNDO


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Diver Training Syllabus 100% Indonesia
PostPosted: Tue Feb 12, 2013 8:54 am 
Offline

Joined: Mon Aug 30, 2010 9:12 am
Posts: 166
Top markotop om...
waduuhhh bisa crossover yaaaahh... hmmm tp blum bep gimana ?? bisa sekalian ditanggung yaaahh biar bep hihihihihiii.. usulan loohh... ;))

etanto


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Diver Training Syllabus 100% Indonesia
PostPosted: Fri Feb 15, 2013 5:48 pm 
Offline
User avatar

Joined: Mon Jun 14, 2010 9:24 am
Posts: 516
Location: jakarta
rendra wrote:
......
Harapannya teman2 dapat mengadopsi sistem kami, menjadi instructor pada diving certification agency yang kami cita-citakan ini. Bisa cross-over kok nantinya, sistem sedang dipersiapkan :)

Thank you yah :)


menarik nih... :D

_________________
-------------
aria anugraha m.
0818796937
https://www.facebook.com/aria.anugraha
--------------


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Diver Training Syllabus 100% Indonesia
PostPosted: Wed Mar 20, 2013 7:45 pm 
Offline

Joined: Mon Aug 27, 2012 7:25 am
Posts: 73
Selamat Mas Rendra & team,

saya kagum dengan dedikasi dan effort yang dicurahkan untuk project pembuatan dive syllabus ini, mudah2an sukses terus.
Kalo saya lihat backgroundnya BBX yang afiliasi GUE, apakah materi sebagian diadopsi dari filosofi GUE?


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Diver Training Syllabus 100% Indonesia
PostPosted: Thu Mar 21, 2013 12:02 pm 
Offline
User avatar

Joined: Thu Jul 09, 2009 5:51 pm
Posts: 1571
Location: Jakarta
bongabonga wrote:
Selamat Mas Rendra & team,

saya kagum dengan dedikasi dan effort yang dicurahkan untuk project pembuatan dive syllabus ini, mudah2an sukses terus.
Kalo saya lihat backgroundnya BBX yang afiliasi GUE, apakah materi sebagian diadopsi dari filosofi GUE?


thanks apresiasinya om bongabonga...

BBX menganut filosofi Doing-It-Right, sebagaimana yang dianut oleh GUE, IANTD, UTD, dan lainnya. Jadi mazhab/ filosofi ini tidak spesifik punya GUE :)

kita gunakan seluruh filosofi yang baiklah pada dasarnya :) :-bd

thanks yah... :)
rendra

_________________
BBeXplorers - Indonesia's Center for Diving Excellence | GUE Affiliate | We provide: Diver Training, EFR Training, Halcyon Dive Systems | Need info on joining DAN? E-mail me: rendra [at] banyubiru.org | Join our group on facebook: Banyu Biru Explorers


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Diver Training Syllabus 100% Indonesia
PostPosted: Mon May 20, 2013 3:34 pm 
Offline

Joined: Thu Nov 19, 2009 10:24 am
Posts: 174
Salut atas keseriusannya, kagum dan sekaligus menyemangatin untuk berkarya lebih banyak lagi !

salam hangat.


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 31 posts ]  Go to page 1, 2, 3  Next

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 2 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to: