It is currently Thu Oct 19, 2017 8:57 am

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 18 posts ]  Go to page Previous  1, 2
Author Message
 Post subject: Re: butuh masukan ttg bisnis bawah air
PostPosted: Thu Mar 21, 2013 6:42 pm 
Offline
User avatar

Joined: Thu Jan 31, 2013 4:06 pm
Posts: 350
Location: Coral Triangle
Pulung A wrote:
oh-ya...
ada cerita lg. teman saya ini ditawarin job ambil jangkar, dia minta 700jt.
mantap ya... :o
tp emang, katanya, hrs sewa peralatan yg jatuhnya ratusan juta jg.

Berarti itu jangkar mahal banget harganya,sewa jasa ambilnya aja 700 juta.. ^:)^
Kalau itung-an kasarnya itu jangkar kemungkinan harganya sekitar 1,3 M kalau harus beli lagi.. 8-}

_________________
Eat, Sleep, Dive and Dive

Pin 2357C1BD
HP 085270426789
Email : [email protected]
FB: Benny Dwi Saputra
@mr_beny
Website www.divingatindonesia.com


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: butuh masukan ttg bisnis bawah air
PostPosted: Fri Mar 22, 2013 8:32 am 
Offline

Joined: Thu Aug 06, 2009 3:03 am
Posts: 1022
Location: Gili Trawangan
bennydwisaputra wrote:
Pulung A wrote:
oh-ya...
ada cerita lg. teman saya ini ditawarin job ambil jangkar, dia minta 700jt.
mantap ya... :o
tp emang, katanya, hrs sewa peralatan yg jatuhnya ratusan juta jg.

Berarti itu jangkar mahal banget harganya,sewa jasa ambilnya aja 700 juta.. ^:)^
Kalau itung-an kasarnya itu jangkar kemungkinan harganya sekitar 1,3 M kalau harus beli lagi.. 8-}


kalo mau itung gampang ya di kilo in aja tuh jangkarnya mas....kalo besi biasa sih di madura dibayarin 8.000. kalo timah bs 25.000 kl beli kiloan. nah kalo jangkarnya terbuat dr besi ya tinggal dibagi aja si 700jt nya kan hahaha

_________________
don't dream your live, but live your dream.......


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: butuh masukan ttg bisnis bawah air
PostPosted: Fri Oct 18, 2013 9:47 am 
Offline

Joined: Mon Mar 18, 2013 8:42 am
Posts: 40
Location: Medan
Surya Prihadi wrote:
Kita bicara non commercial education dan cari uang sebisa nya yah.

01. Selalu saat kerja di bawah kapal, bicara dengan KKM ( orang mesin ) dan Kapten dan letakan kertas tertulis
PENYELAM DI BAWAH KAPAL - JANGAN HIDUPKAN MESIN
Kertas ini di taro di ruang capten di mana kunci start mesin atau tombolnya terletak.
Satu taro lagi kertas ini di ruang mesin, sebab di situ bisa mesin hidup tanpa perlu kunci kontak dari kapten.
Makin besar kapalnya, makin resiko sebab makin banyak crew nya dan kapal gede mah susah liat gelembung diver.
Pas sudah selesai, yah itu kertas di buang lah :mrgreen:

02. Resiko kerja di air walaupun dangkal di lambung kapal, yah over exertion alias ngos-ngosan. Banyak minum air dan kalo bisa beli itu tas air gaya sepeda dan taro di bcd , pake sedotan, camel back ato apa nama nya tuh. Saya ada nih tas ~o) Dehidrasi bahaya neh.

03. Jika kerja di kapal dan kapal ini di ikat kiri dan kanan ama kapal lain, alias di jepit, hati hati neh, sebaiknya pidah ke air bebas nih kapal client dan cari yang bebas arus sebisanya.

04. Kalo pake itu sendok dempul ( kata pulung itu solet, kalo di Jakarta di panggil nya KAPE ), ikat ama tali ke BCD, sebab sering lepas dan hilang.....sayang euuyy he he he.

05. Kalo mau motong, jaring, jangan pake pisau....cape euuy, beli gunting commercial yang kuat, jauh lebih efficient. Kalo motong tambang , diameter setelunjuk ajah...pake gergaji, jangan pisau.

06. Kalo perlu pake alat mekanikal supaya pembersian propeller tidak cacat tuh propeller kena solet/kape, pake semacam grinda yang pneumatic, di putar sama angin, aman dan tak ke stroom. Cari kawatnya yang kuningan halus dan jangan yang besi.

07. Pastikan compressor selam sehat dan filter bersih/cakep/bagus dan dalam batas umur pakai dan di kompensasi suhu ambient. Di mana udara kurang OK, saat pake nya ngos ngos san di situ lah terasa banget dan effek nya berlipat kali lebih buruk di banding kita nafas santai. Jika kepala pusing saat kerja, itu salah satu tanda udara tak bagus dan tidak perlu BAU pun. Satu point lagi adalah build up carbon dioksida, ini juga bikin kepala pusing.
Selalu istrahat sekian menit per 10 menit supaya tenang dulu.

08. Minimal 2 orang kerja berdekatan lah, jadi kalo ada apa2 ada yang bantu.

Saya sih sering ganti propeller kapal dengan pakai scuba.
Kalo bersihkan tritip juga sering.
Inspeksi lambung juga sering
Tapi kapal nya cuma 25 meter paling panjang dan bukan kapal commersial, kapal pesiar semua.

Walaupun cuma di 2 meter ( draft kapal nya cuma 2 meter ), kalo ganti propeller kapal mesin dalam yang beratnya tuh propeller 50kg, diameter 70an CM dan shaft propeller 5-7cm an.....mau modar rasanya walaupun sudah pake tracker khusus untuk baling2. Tanpa ada dasar untuk kaki perpijak, kemampuan dan kekuatan kita sangat terbatas sebab fin kita cuma bisa tendang 15kg doank maksimal dan itu pun kunang2 kalo udah 90 detik :mrgreen: .
Propeller di ikat dulu ke atas kapal biar kagak nimpah saya :-\

BCD bocor kena tritip emang resiko, untuk kapal pesiar yang saya control tak mungkin tritip banyak sebab ku tampar kapten nya nanti heheheeh.


09. Kalo kapal sistim WC nya tidak pakai holding tank/septic tank, awas saat kerja ...sebab emas-emas kecil akan sering lewat, apalagi buangan up-current dan kita di arah lintas nya emas =))

10. Hati hati yah.

End



Om Surya,utk kerja bersih2 kapal seperti itu biasa nya kenakan cost brpa y?Perkiraan kapal seperti yg om kerjakan. atau om ada rumus utk memperhitungkan nya? :D

_________________
-because its there-


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 18 posts ]  Go to page Previous  1, 2

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to: