It is currently Sat Oct 21, 2017 3:25 pm

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 18 posts ]  Go to page 1, 2  Next
Author Message
 Post subject: butuh masukan ttg bisnis bawah air
PostPosted: Mon Mar 18, 2013 4:40 pm 
Offline

Joined: Mon Mar 18, 2013 8:42 am
Posts: 40
Location: Medan
sebelum nya maaf klo saya salah kamar..
saya pemula yg baru brgabung di forum ini hari ini,,td ud cek n ricek thread yg ada,,tp blum ktmu msti masuk kmana.. :-\

Saya diver pemula dgn sertifikasi open water SSI..Sbnarnya log saya sudah cukup byk,tp karna kterbatasan biaya dan waktu,blum bsa upgrade license,domisili saya di Medan dan dsini tdk byk kegiatan bawah air.
Jd bgni crta nya,,om saya yg bkerja dpelabuhan belawan mngtahui saya bisa mnyelam,dan menawarkan saya utk bikin biro jasa pembersihan propeler kapal dan lambung kapal underwater.Pembersihan nya juga bukan yg berat2,hanya membersihkan dari sampah,atau jaring nelayan, dan pemotretan saja.

Saya sdh coba cari2 info dr google,tp tdk dpt informasi kgiatan yg sperti ini utk di Indonesia.Yg saya dpt dr google kgiatan d luaran sana,dgn alat mnyerupai vacuum kolam.

Saya butuh masukan mngenai kgiatan ini,teknik pembersihan nya,resiko nya,dan perhitungan biayanya..sangat mngaharapkan masukan dr senior2 diver yg mngerti.Saya sndiri brharap bsa mngerjakan pkerjaan in (krn info nya bayaran nya cukup besar) dan menjadi modal utk meng upgrade skill saya..

Skali lagi mohon maaf klo ada kslahan...

_________________
-because its there-


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: butuh masukan ttg bisnis bawah air
PostPosted: Mon Mar 18, 2013 11:53 pm 
Offline

Joined: Sat Aug 20, 2011 5:18 pm
Posts: 360
Nah klu ini tunggu om surya sm om rendra deh yg menjelaskan sejelas2nya utk urusan bersih2 kapal.


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: butuh masukan ttg bisnis bawah air
PostPosted: Tue Mar 19, 2013 6:30 am 
Offline
User avatar

Joined: Mon Feb 04, 2013 4:19 pm
Posts: 135
Location: Manado
kebetulan teman saya di kendari buka seperti itu jg. dan sebelum punya sendiri, ia sewa dive gear saya/GT Dive. Akibatnya bcd kotor n nyucinya butuh kerja keras he he.. :-?
teman saya dg tim total 8 orang, bergantian bersihkan bawah kapal dg solet (yg buat ndempul) lebar. utk kapal 6rb ton (kapal angkut nikel) butuh sktr 10 hari. stlh selesai ia video hasil kerjaannya.
ini sbnrnya bisnis bagus krn fulus yg besar. :-bd
tp teman saya sial krn kliennya kabur gak bayar. yg awal2 sih msh lancar.
setahu saya sih, butuh sertifikat utk kerjaan seperti itu.
oh ya... teman saya ini jg sedia jasa ambil jangkar dll yg tenggelam dan teknikal lainnya.

_________________
Pulung Ariyanto
0818 946 680
0821 88 255 442
http://www.gt-dive.com


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: butuh masukan ttg bisnis bawah air
PostPosted: Tue Mar 19, 2013 8:33 am 
Offline
User avatar

Joined: Thu Jul 09, 2009 5:51 pm
Posts: 1571
Location: Jakarta
halo newcomer,

bisnis bawah air memang selalu menarik, karena bayarannya besar dan jadi makin ganteng....

kenapa bayarannya besar? Simple: High Risk, High Reward :)

Yes, bisnis bawah air secara umum adalah bisnis risiko tinggi, dan membutuhkan keahlian, sertifikasi, fisik dan modal tinggi juga :)

Saya pernah menulis soal commercial diving, tapi kayanya hilang saat forum ini crash...

Secara singkat kira2 begini:

1. Occupational diving/ Commercial diving 100% BERBEDA dengan recreational diving, baik secara pendekatan awal, teknik, perlengkapan, dll.
2. Pendekatan: Untuk commercial diving seperti pembersihan kapal, maka yang utama adalah memiliki pengetahuan dan keahlian tentang cara membersihkan kapal dulu, baru kemudian mempelajari teknik penyelamannya.
3. Teknik: pemilihan metode kerja yang tepat, peralatan pembantu, cleaning agent, safety management, dll nya nggak sederhana dan harus tepat kalau mau untung dan selamat.
4. Sertifikasi: Biasanya untuk pekerjaan profesional seperti ini dibutuhkan adanya sertifikasi perusahaan maupun operator. Tanpa sertifikasi, project owner biasanya nggak mau. Kalaupun mau, pasti bayarannya ya minim karena hanya jadi proforma.
5. Modal: modalnya nggak kecil, walaupun bisa dilakukan dengan sistem paketan/ project base. Banyak peralatan yang dibutuhkan dan harus dimiliki sendiri atau sewa. Kalau dimiliki sendiri, modal awal gede banget. Kalau sewa, bisa terjadi cost-overrun jika salah perhitungan waktu. Jadi as a business, dunia bawah air butuh management yang amat sangat presisi sebagaimana layaknya sebuah proyek oil & gas.

Saran saya, jika memang mau masuk ke bisnis atau pekerjaan bawah air, pelajari lebih jauh mengenai commercial diving. Dalam commercial diving, bobot divingnya sendiri maksimum 30%, bobot terbesar justru pada skill/ keahlian pada bidang pekerjaan yang akan dilakukan. Buktinya secara sederhana begini:

Mau jadi spesialis underwater NDT (Non-Destructive Test), inspection. Maka yg harus dilakukan:
1. Sekolah jadi insinyur teknik atau diploma teknik sipil/ perminyakan --> 3 - 5 tahun
2. Setelah lulus sekolah itu, belajar diving utk keperluan commercial --> 6 bulan ajah.... :)

Memang banyak sih sekarang orang sudah belajar menyelam (recreational), terus ditawarin pekerjaan bawah air (commercial) dan melakukannya. Saya sih nggak mau bahas deh kalau yang begini.... against all odds kalau buat saya :)

So balik lagi ke atas, bisnis bawah air bau uangnya besar karena risikonya pun besar... hukum alam :)

Kalau berminat belajar commercial diving, bisa coba cari BLK (Balai Latihan Kerja) Pekerjaan Bawah Air. Sekolahnya ada di Solo kalau nggak salah. Cara lain, bisa coba ikut pada underwater contractor yang sudah ada, barangkali mereka buka On-the Job training/ magang.

Sukses selalu ya!
Rendra

_________________
BBeXplorers - Indonesia's Center for Diving Excellence | GUE Affiliate | We provide: Diver Training, EFR Training, Halcyon Dive Systems | Need info on joining DAN? E-mail me: rendra [at] banyubiru.org | Join our group on facebook: Banyu Biru Explorers


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: butuh masukan ttg bisnis bawah air
PostPosted: Wed Mar 20, 2013 10:13 pm 
Offline

Joined: Fri Mar 20, 2009 11:39 pm
Posts: 913
Location: Jakarta
Kita bicara non commercial education dan cari uang sebisa nya yah.

01. Selalu saat kerja di bawah kapal, bicara dengan KKM ( orang mesin ) dan Kapten dan letakan kertas tertulis
PENYELAM DI BAWAH KAPAL - JANGAN HIDUPKAN MESIN
Kertas ini di taro di ruang capten di mana kunci start mesin atau tombolnya terletak.
Satu taro lagi kertas ini di ruang mesin, sebab di situ bisa mesin hidup tanpa perlu kunci kontak dari kapten.
Makin besar kapalnya, makin resiko sebab makin banyak crew nya dan kapal gede mah susah liat gelembung diver.
Pas sudah selesai, yah itu kertas di buang lah :mrgreen:

02. Resiko kerja di air walaupun dangkal di lambung kapal, yah over exertion alias ngos-ngosan. Banyak minum air dan kalo bisa beli itu tas air gaya sepeda dan taro di bcd , pake sedotan, camel back ato apa nama nya tuh. Saya ada nih tas ~o) Dehidrasi bahaya neh.

03. Jika kerja di kapal dan kapal ini di ikat kiri dan kanan ama kapal lain, alias di jepit, hati hati neh, sebaiknya pidah ke air bebas nih kapal client dan cari yang bebas arus sebisanya.

04. Kalo pake itu sendok dempul ( kata pulung itu solet, kalo di Jakarta di panggil nya KAPE ), ikat ama tali ke BCD, sebab sering lepas dan hilang.....sayang euuyy he he he.

05. Kalo mau motong, jaring, jangan pake pisau....cape euuy, beli gunting commercial yang kuat, jauh lebih efficient. Kalo motong tambang , diameter setelunjuk ajah...pake gergaji, jangan pisau.

06. Kalo perlu pake alat mekanikal supaya pembersian propeller tidak cacat tuh propeller kena solet/kape, pake semacam grinda yang pneumatic, di putar sama angin, aman dan tak ke stroom. Cari kawatnya yang kuningan halus dan jangan yang besi.

07. Pastikan compressor selam sehat dan filter bersih/cakep/bagus dan dalam batas umur pakai dan di kompensasi suhu ambient. Di mana udara kurang OK, saat pake nya ngos ngos san di situ lah terasa banget dan effek nya berlipat kali lebih buruk di banding kita nafas santai. Jika kepala pusing saat kerja, itu salah satu tanda udara tak bagus dan tidak perlu BAU pun. Satu point lagi adalah build up carbon dioksida, ini juga bikin kepala pusing.
Selalu istrahat sekian menit per 10 menit supaya tenang dulu.

08. Minimal 2 orang kerja berdekatan lah, jadi kalo ada apa2 ada yang bantu.

Saya sih sering ganti propeller kapal dengan pakai scuba.
Kalo bersihkan tritip juga sering.
Inspeksi lambung juga sering
Tapi kapal nya cuma 25 meter paling panjang dan bukan kapal commersial, kapal pesiar semua.

Walaupun cuma di 2 meter ( draft kapal nya cuma 2 meter ), kalo ganti propeller kapal mesin dalam yang beratnya tuh propeller 50kg, diameter 70an CM dan shaft propeller 5-7cm an.....mau modar rasanya walaupun sudah pake tracker khusus untuk baling2. Tanpa ada dasar untuk kaki perpijak, kemampuan dan kekuatan kita sangat terbatas sebab fin kita cuma bisa tendang 15kg doank maksimal dan itu pun kunang2 kalo udah 90 detik :mrgreen: .
Propeller di ikat dulu ke atas kapal biar kagak nimpah saya :-\

BCD bocor kena tritip emang resiko, untuk kapal pesiar yang saya control tak mungkin tritip banyak sebab ku tampar kapten nya nanti heheheeh.


09. Kalo kapal sistim WC nya tidak pakai holding tank/septic tank, awas saat kerja ...sebab emas-emas kecil akan sering lewat, apalagi buangan up-current dan kita di arah lintas nya emas =))

10. Hati hati yah.

End

_________________
Used to be dumb but no more....


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: butuh masukan ttg bisnis bawah air
PostPosted: Thu Mar 21, 2013 10:23 am 
Offline

Joined: Thu Aug 06, 2009 3:03 am
Posts: 1022
Location: Gili Trawangan
wah masukan bagus tuh mas rendra ama mbah surya...
mungkin bs saya simpulkan...

dari versi mas rendra tuh yg "proper" comercial diver tuh: resiko besar mangkanya bayaran juga besar. tapi gak hanya itu, alat yg dibutuhkan jg besar krn kalo beli tuh mahal dan kalo sewa tuh mahal dan hrs pas ngitung waktu kerjanya kalo gak ya boncos di ongkos sewa yah... sedangkan Skill nya juga gak mudah dan gak murah tuh. harusa tukang insinyur kaya si dulu dulu baru blajar lg dan jam terbang mungkin pengaruh jg tuh....

kalo versi pak surya: pembersihan dari tritip(kerang2 kecil yg nempel di lambung kapal), lumut atau pasang propeler kapal ya tergantung dr besar kapalnya. walaupun kapal 25m dan lambung dalam 2m doang tp udara dan dehidrasi sangat bs pengaruh terhadap keselamatan....tapi kalo versi pak surya untuk pembersihan tritip sih pake alat scuba biasa dan KAPE9diiket biar gak jatoh) sama saran bawa Camelbag (kantong air buat naik sepeda)tuh bagus jg..kalo saya biasanya saya bawa buavita di kantong bcd jd kl haus ya tinggal tancep sedotannya dan minum deh...seger ditambah rasa asin dikit.... tapi hati2 soal nyala mesin kapal jd sebaikannya ditaro kertas dulu...

versi mas pulung : biarpun kerjaan kapal tp butuh 8 orang dan 10 hari kerja ya mas kurang lebihnya....

kalo menurut saya sih ya tergantung kita mau ambil resiko itu apa ngak sih ya...kalo hanya bersihin kapal dr tritip atau dr lumut sih mungkin gak perlu jd sarjana jg yah krn biaya jd sarjana jg gak murah.,...dan bs pake alat diving normal asalkan tau bahayanya aja dan seluruh team tau apa yg mereka kerjain krn resiko akan selalu ada nih...

pertimbangan lainnya kalau kita gak mau, nanti nya pasti akan ada orang lain yg mau ngerjain itu kan....karena itu bukan kerjaan sulit seperti Las dalam air atau pasang pipa dalam air kan...mungkin kalo resiko sih kerja jd kuli di gedung bertingkat jg sangat tinggi resiko dan di Indonesia sih gaji kuli tetep aja kecil gak kaya gaji di luar negri kan...resiko kita kerja ya akan dipengaruhi dengan uang yg kita hasilkan kan tuh...kalau kita gak mau mungkin bsk sih pasti ada nelayan atau orang laut yg ngerjain juga kan.dan mungkin sayang tuh peluang hilang...

nah kalau mas newcomer ada kerjaan dan saya lg kosong ayo deh tar kita coba omongin...hehehe lumayan iseng iseng nambah pengalaman tuh. mudah mudahan gak sampe ngeliat "emas-emas batangan' ya pak surya...

_________________
don't dream your live, but live your dream.......


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: butuh masukan ttg bisnis bawah air
PostPosted: Thu Mar 21, 2013 11:24 am 
Offline

Joined: Mon Mar 18, 2013 8:42 am
Posts: 40
Location: Medan
Pulung A wrote:
kebetulan teman saya di kendari buka seperti itu jg. dan sebelum punya sendiri, ia sewa dive gear saya/GT Dive. Akibatnya bcd kotor n nyucinya butuh kerja keras he he.. :-?
teman saya dg tim total 8 orang, bergantian bersihkan bawah kapal dg solet (yg buat ndempul) lebar. utk kapal 6rb ton (kapal angkut nikel) butuh sktr 10 hari. stlh selesai ia video hasil kerjaannya.
ini sbnrnya bisnis bagus krn fulus yg besar. :-bd
tp teman saya sial krn kliennya kabur gak bayar. yg awal2 sih msh lancar.
setahu saya sih, butuh sertifikat utk kerjaan seperti itu.
oh ya... teman saya ini jg sedia jasa ambil jangkar dll yg tenggelam dan teknikal lainnya.



jdi yg saya tangkap dr om pulung klo kerja bgini itu pasti capek,,n ati2 client nya kaburr..
apa jangkarnya mesti kita dobelin y dibawah?? :D

_________________
-because its there-


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: butuh masukan ttg bisnis bawah air
PostPosted: Thu Mar 21, 2013 11:29 am 
Offline

Joined: Mon Mar 18, 2013 8:42 am
Posts: 40
Location: Medan
rendra wrote:
halo newcomer,

bisnis bawah air memang selalu menarik, karena bayarannya besar dan jadi makin ganteng....

kenapa bayarannya besar? Simple: High Risk, High Reward :)

Yes, bisnis bawah air secara umum adalah bisnis risiko tinggi, dan membutuhkan keahlian, sertifikasi, fisik dan modal tinggi juga :)

Saya pernah menulis soal commercial diving, tapi kayanya hilang saat forum ini crash...

Secara singkat kira2 begini:

1. Occupational diving/ Commercial diving 100% BERBEDA dengan recreational diving, baik secara pendekatan awal, teknik, perlengkapan, dll.
2. Pendekatan: Untuk commercial diving seperti pembersihan kapal, maka yang utama adalah memiliki pengetahuan dan keahlian tentang cara membersihkan kapal dulu, baru kemudian mempelajari teknik penyelamannya.
3. Teknik: pemilihan metode kerja yang tepat, peralatan pembantu, cleaning agent, safety management, dll nya nggak sederhana dan harus tepat kalau mau untung dan selamat.
4. Sertifikasi: Biasanya untuk pekerjaan profesional seperti ini dibutuhkan adanya sertifikasi perusahaan maupun operator. Tanpa sertifikasi, project owner biasanya nggak mau. Kalaupun mau, pasti bayarannya ya minim karena hanya jadi proforma.
5. Modal: modalnya nggak kecil, walaupun bisa dilakukan dengan sistem paketan/ project base. Banyak peralatan yang dibutuhkan dan harus dimiliki sendiri atau sewa. Kalau dimiliki sendiri, modal awal gede banget. Kalau sewa, bisa terjadi cost-overrun jika salah perhitungan waktu. Jadi as a business, dunia bawah air butuh management yang amat sangat presisi sebagaimana layaknya sebuah proyek oil & gas.

Saran saya, jika memang mau masuk ke bisnis atau pekerjaan bawah air, pelajari lebih jauh mengenai commercial diving. Dalam commercial diving, bobot divingnya sendiri maksimum 30%, bobot terbesar justru pada skill/ keahlian pada bidang pekerjaan yang akan dilakukan. Buktinya secara sederhana begini:

Mau jadi spesialis underwater NDT (Non-Destructive Test), inspection. Maka yg harus dilakukan:
1. Sekolah jadi insinyur teknik atau diploma teknik sipil/ perminyakan --> 3 - 5 tahun
2. Setelah lulus sekolah itu, belajar diving utk keperluan commercial --> 6 bulan ajah.... :)

Memang banyak sih sekarang orang sudah belajar menyelam (recreational), terus ditawarin pekerjaan bawah air (commercial) dan melakukannya. Saya sih nggak mau bahas deh kalau yang begini.... against all odds kalau buat saya :)

So balik lagi ke atas, bisnis bawah air bau uangnya besar karena risikonya pun besar... hukum alam :)

Kalau berminat belajar commercial diving, bisa coba cari BLK (Balai Latihan Kerja) Pekerjaan Bawah Air. Sekolahnya ada di Solo kalau nggak salah. Cara lain, bisa coba ikut pada underwater contractor yang sudah ada, barangkali mereka buka On-the Job training/ magang.

Sukses selalu ya!
Rendra



iya om rendra,,memang saya sadari ilmu diving saya bukan utk commercial dive,,tp saya brpikir utk bsa memasuki dunia commercial dive itu mmbutuhkan modal.Dan mungkin dsini ksempatan saya mndapatkan modal (maaf klo pola pikir saya sempit)..
Info tambahan juga teman saya yg blajar commercial dive di solo (solo technopark) bercerita klo dia tdk mndapat job dgn sertifikasi sna,yg ujung2 nya dia mesti kluar negri juga utk ambil sertifikasi nya.. (keluar modal lg d..kpn masuk nya :-ss )
kira2 gmn y spya bsa dpt paltihan gratis...???? :D

_________________
-because its there-


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: butuh masukan ttg bisnis bawah air
PostPosted: Thu Mar 21, 2013 11:32 am 
Offline

Joined: Mon Mar 18, 2013 8:42 am
Posts: 40
Location: Medan
Surya Prihadi wrote:
Kita bicara non commercial education dan cari uang sebisa nya yah.

01. Selalu saat kerja di bawah kapal, bicara dengan KKM ( orang mesin ) dan Kapten dan letakan kertas tertulis
PENYELAM DI BAWAH KAPAL - JANGAN HIDUPKAN MESIN
Kertas ini di taro di ruang capten di mana kunci start mesin atau tombolnya terletak.
Satu taro lagi kertas ini di ruang mesin, sebab di situ bisa mesin hidup tanpa perlu kunci kontak dari kapten.
Makin besar kapalnya, makin resiko sebab makin banyak crew nya dan kapal gede mah susah liat gelembung diver.
Pas sudah selesai, yah itu kertas di buang lah :mrgreen:

02. Resiko kerja di air walaupun dangkal di lambung kapal, yah over exertion alias ngos-ngosan. Banyak minum air dan kalo bisa beli itu tas air gaya sepeda dan taro di bcd , pake sedotan, camel back ato apa nama nya tuh. Saya ada nih tas ~o) Dehidrasi bahaya neh.

03. Jika kerja di kapal dan kapal ini di ikat kiri dan kanan ama kapal lain, alias di jepit, hati hati neh, sebaiknya pidah ke air bebas nih kapal client dan cari yang bebas arus sebisanya.

04. Kalo pake itu sendok dempul ( kata pulung itu solet, kalo di Jakarta di panggil nya KAPE ), ikat ama tali ke BCD, sebab sering lepas dan hilang.....sayang euuyy he he he.

05. Kalo mau motong, jaring, jangan pake pisau....cape euuy, beli gunting commercial yang kuat, jauh lebih efficient. Kalo motong tambang , diameter setelunjuk ajah...pake gergaji, jangan pisau.

06. Kalo perlu pake alat mekanikal supaya pembersian propeller tidak cacat tuh propeller kena solet/kape, pake semacam grinda yang pneumatic, di putar sama angin, aman dan tak ke stroom. Cari kawatnya yang kuningan halus dan jangan yang besi.

07. Pastikan compressor selam sehat dan filter bersih/cakep/bagus dan dalam batas umur pakai dan di kompensasi suhu ambient. Di mana udara kurang OK, saat pake nya ngos ngos san di situ lah terasa banget dan effek nya berlipat kali lebih buruk di banding kita nafas santai. Jika kepala pusing saat kerja, itu salah satu tanda udara tak bagus dan tidak perlu BAU pun. Satu point lagi adalah build up carbon dioksida, ini juga bikin kepala pusing.
Selalu istrahat sekian menit per 10 menit supaya tenang dulu.

08. Minimal 2 orang kerja berdekatan lah, jadi kalo ada apa2 ada yang bantu.

Saya sih sering ganti propeller kapal dengan pakai scuba.
Kalo bersihkan tritip juga sering.
Inspeksi lambung juga sering
Tapi kapal nya cuma 25 meter paling panjang dan bukan kapal commersial, kapal pesiar semua.

Walaupun cuma di 2 meter ( draft kapal nya cuma 2 meter ), kalo ganti propeller kapal mesin dalam yang beratnya tuh propeller 50kg, diameter 70an CM dan shaft propeller 5-7cm an.....mau modar rasanya walaupun sudah pake tracker khusus untuk baling2. Tanpa ada dasar untuk kaki perpijak, kemampuan dan kekuatan kita sangat terbatas sebab fin kita cuma bisa tendang 15kg doank maksimal dan itu pun kunang2 kalo udah 90 detik :mrgreen: .
Propeller di ikat dulu ke atas kapal biar kagak nimpah saya :-\

BCD bocor kena tritip emang resiko, untuk kapal pesiar yang saya control tak mungkin tritip banyak sebab ku tampar kapten nya nanti heheheeh.


09. Kalo kapal sistim WC nya tidak pakai holding tank/septic tank, awas saat kerja ...sebab emas-emas kecil akan sering lewat, apalagi buangan up-current dan kita di arah lintas nya emas =))

10. Hati hati yah.

End




waaah..trima kasih banyak utk masukan dri om surya,,trutama emas2 kecil yg tdk berharga itu :))
sbnar nya pun klo saya menerima pekerjaan ini,,utk saat ini kyanya yg brani saya kerjakan seperti membersihkan tritip saja dulu..sambil cri tahu gmn utk proses yg lain nya..

kira2 klo utk bersihkan tritip itu gmn ya itung2 an nya om..??per meter kah,per lama kerja ato bgmana?? :-?

_________________
-because its there-


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: butuh masukan ttg bisnis bawah air
PostPosted: Thu Mar 21, 2013 11:36 am 
Offline

Joined: Mon Mar 18, 2013 8:42 am
Posts: 40
Location: Medan
ditajong wrote:
wah masukan bagus tuh mas rendra ama mbah surya...
mungkin bs saya simpulkan...

dari versi mas rendra tuh yg "proper" comercial diver tuh: resiko besar mangkanya bayaran juga besar. tapi gak hanya itu, alat yg dibutuhkan jg besar krn kalo beli tuh mahal dan kalo sewa tuh mahal dan hrs pas ngitung waktu kerjanya kalo gak ya boncos di ongkos sewa yah... sedangkan Skill nya juga gak mudah dan gak murah tuh. harusa tukang insinyur kaya si dulu dulu baru blajar lg dan jam terbang mungkin pengaruh jg tuh....

kalo versi pak surya: pembersihan dari tritip(kerang2 kecil yg nempel di lambung kapal), lumut atau pasang propeler kapal ya tergantung dr besar kapalnya. walaupun kapal 25m dan lambung dalam 2m doang tp udara dan dehidrasi sangat bs pengaruh terhadap keselamatan....tapi kalo versi pak surya untuk pembersihan tritip sih pake alat scuba biasa dan KAPE9diiket biar gak jatoh) sama saran bawa Camelbag (kantong air buat naik sepeda)tuh bagus jg..kalo saya biasanya saya bawa buavita di kantong bcd jd kl haus ya tinggal tancep sedotannya dan minum deh...seger ditambah rasa asin dikit.... tapi hati2 soal nyala mesin kapal jd sebaikannya ditaro kertas dulu...

versi mas pulung : biarpun kerjaan kapal tp butuh 8 orang dan 10 hari kerja ya mas kurang lebihnya....

kalo menurut saya sih ya tergantung kita mau ambil resiko itu apa ngak sih ya...kalo hanya bersihin kapal dr tritip atau dr lumut sih mungkin gak perlu jd sarjana jg yah krn biaya jd sarjana jg gak murah.,...dan bs pake alat diving normal asalkan tau bahayanya aja dan seluruh team tau apa yg mereka kerjain krn resiko akan selalu ada nih...

pertimbangan lainnya kalau kita gak mau, nanti nya pasti akan ada orang lain yg mau ngerjain itu kan....karena itu bukan kerjaan sulit seperti Las dalam air atau pasang pipa dalam air kan...mungkin kalo resiko sih kerja jd kuli di gedung bertingkat jg sangat tinggi resiko dan di Indonesia sih gaji kuli tetep aja kecil gak kaya gaji di luar negri kan...resiko kita kerja ya akan dipengaruhi dengan uang yg kita hasilkan kan tuh...kalau kita gak mau mungkin bsk sih pasti ada nelayan atau orang laut yg ngerjain juga kan.dan mungkin sayang tuh peluang hilang...

nah kalau mas newcomer ada kerjaan dan saya lg kosong ayo deh tar kita coba omongin...hehehe lumayan iseng iseng nambah pengalaman tuh. mudah mudahan gak sampe ngeliat "emas-emas batangan' ya pak surya...



om ditajong,,trima kasih ud merangkum masukan dri om-om diatas :))
jd saya coba menyimpulkan lg bgini "jgn sia2kan kesempatan yang ada,tp ambil pekerjaan yg sesuai dgn kemampuan,sperti membersihkan tritip :wink: "
btw,emang lokasi om ditajong dmana y??

_________________
-because its there-


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: butuh masukan ttg bisnis bawah air
PostPosted: Thu Mar 21, 2013 11:53 am 
Offline

Joined: Thu Aug 06, 2009 3:03 am
Posts: 1022
Location: Gili Trawangan
saya sih lelaki panggilan mas...mau dimana aja asala ada panggilan pasti brangkat nihhahahaha...
saya base di gili trawangan, lombok mas...

iya mas bener bgt krn kesempatan itu gak gampang loh mas.dan itu bukan kerjaan kecil kayanya...
jadi mending dipelajari dulu kaya kata mas pulung tuh mas dan kalo emang bs dijalankan bs buat nambah modal dan pengetahuan kan.
mungkin kedepannya mas sendiri bs hanya ngawasin dari atas tp punya puluhan diver yg ngegosokin dibawahnya...jd kan resiko kita kecil tinggal ngatur orang lain aja kan...begitu kan intinya seseorang membangun bisnis.....juragan Minyak jg blm tentu dia pernah pegang mata bor untuk ngebor kan tapi dia gaji orang krn dia punya kesempatannya itu dan dia maksimalin kesempatan yang ada....

_________________
don't dream your live, but live your dream.......


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: butuh masukan ttg bisnis bawah air
PostPosted: Thu Mar 21, 2013 12:06 pm 
Offline

Joined: Tue Mar 20, 2007 5:58 pm
Posts: 1052
Surya Prihadi wrote:
09. Kalo kapal sistim WC nya tidak pakai holding tank/septic tank, awas saat kerja ...sebab emas-emas kecil akan sering lewat, apalagi buangan up-current dan kita di arah lintas nya emas =))


yellow submarine nih mbah =))

_________________
BanyuBiru Explorer Indonesia - Center for Diving Excellence | GUE Affiliate | Dive Training & EFR Training | Halcyon Dive Systems Dealer | DAN Asia Pacific Supporter | W: www.banyubiru.org | F: Banyu Biru Explorers | T: @banyubiru_xplor


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: butuh masukan ttg bisnis bawah air
PostPosted: Thu Mar 21, 2013 12:36 pm 
Offline

Joined: Mon Mar 18, 2013 8:42 am
Posts: 40
Location: Medan
ditajong wrote:
saya sih lelaki panggilan mas...mau dimana aja asala ada panggilan pasti brangkat nihhahahaha...
saya base di gili trawangan, lombok mas...

iya mas bener bgt krn kesempatan itu gak gampang loh mas.dan itu bukan kerjaan kecil kayanya...
jadi mending dipelajari dulu kaya kata mas pulung tuh mas dan kalo emang bs dijalankan bs buat nambah modal dan pengetahuan kan.
mungkin kedepannya mas sendiri bs hanya ngawasin dari atas tp punya puluhan diver yg ngegosokin dibawahnya...jd kan resiko kita kecil tinggal ngatur orang lain aja kan...begitu kan intinya seseorang membangun bisnis.....juragan Minyak jg blm tentu dia pernah pegang mata bor untuk ngebor kan tapi dia gaji orang krn dia punya kesempatannya itu dan dia maksimalin kesempatan yang ada....



oalah manggil om ditajong dr lombok ke medan berat di ongkos juga y :))

kira2 ada g y web ato blog yg ngegambarin/ngejelasin proses kerja nya?? :-\

_________________
-because its there-


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: butuh masukan ttg bisnis bawah air
PostPosted: Thu Mar 21, 2013 3:52 pm 
Offline
User avatar

Joined: Mon Feb 04, 2013 4:19 pm
Posts: 135
Location: Manado
itu bisnis yg menggiurkan. saya aja dulu kebelet pengin gabung.

saya tidak tahu persis brp duit jasa nge-bersihin bawah kapal. tp saya perkirakan antara 200jt - 1m tergantung luas penampang dan ketebalan kotorannya.
jadi sebelum mulai, teman saya ambil videonya plus tebal lumut/kerang.
betul kata pak surya, kapal dibawa ke tempat yg sepi dan aman. utk yg penakut, disini masalahnya. krn umumnya hanya biru/hitam aja di bawah penyelam (gak liat dasar) :shock:. maka biasanya berpasangan ngebersihinnya.
utk kapal besar gini gak usah khawatir dg 'kuning2' lah... :))
teman saya ini ngambil mahasiswa kelautan buat ngerjain ini. dibayar 1jt per-hari. siapa yg gak mau hayo? :ymparty:
krn tempatnya remote banget, maka semuanya hrs dibawa.
kompresor + spare part, tabung + cadangan, dive gear + spare part, alat masak, tenda, dll.
seingat saya, selesai 2x ngebersihin kapal, teman saya sudah gak pinjam alat lg dr saya. sdh beli sendiri plus sewa ruko n kredit mbl. tp cuma bertahan sebentar... ya gara2 kabur gak dibyr. $-)
saling bertautan sih, krn saat itu (sampe sekarang), bisnis tambang lg terganjal aturan.

_________________
Pulung Ariyanto
0818 946 680
0821 88 255 442
http://www.gt-dive.com


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: butuh masukan ttg bisnis bawah air
PostPosted: Thu Mar 21, 2013 3:57 pm 
Offline
User avatar

Joined: Mon Feb 04, 2013 4:19 pm
Posts: 135
Location: Manado
oh-ya...
ada cerita lg. teman saya ini ditawarin job ambil jangkar, dia minta 700jt.
mantap ya... :o
tp emang, katanya, hrs sewa peralatan yg jatuhnya ratusan juta jg.

_________________
Pulung Ariyanto
0818 946 680
0821 88 255 442
http://www.gt-dive.com


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 18 posts ]  Go to page 1, 2  Next

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to: