It is currently Thu Dec 14, 2017 5:16 pm

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 11 posts ] 
Author Message
 Post subject: Diver dan Asuransi - Apa dan Bagaimana?
PostPosted: Sat Aug 27, 2011 9:55 pm 
Offline
User avatar

Joined: Thu Jul 09, 2009 5:51 pm
Posts: 1571
Location: Jakarta
@all,

Karena cukup banyak pertanyaan yang muncul berkaitan dengan kegiatan menyelam dan asuransi seperti pada thread "Kenapa Diving" pada forum ini, untuk kemudahan searching maka saya membuka thread baru disini mengenai Diver dan Asuransi - Apa dan Bagaimana?

Thread ini nantinya akan menjadi FAQ bagi siapapun yang memerlukan informasi mengenai asuransi dan diving.

Secara garis besar, dalam membahas topik mengenai asuransi dan diving ini kita bagi kategori sbb:

1. Asuransi kecelakaan penyelaman;
2. Asuransi jiwa dan penyelam;
3. Asuransi khusus untuk dive professional.

Definisi:

1. Asuransi kecelakaan penyelaman

Jenis asuransi ini, sering juga disebut sebagai Diving Accident Insurance, adalah jenis pertanggungan asuransi yang dibuat dengan tujuan khusus yaitu membiayai biaya perawatan, pengobatan dan pemulihan yang dibutuhkan seorang penyelam sebagai akibat suatu kecelakaan yang menimpa dirinya pada saat melakukan kegiatan penyelaman.

Asuransi ini tergolong jenis asuransi khusus yang pada umumnya berlaku hanya untuk jangka waktu tertentu (term insurance), umumnya per tahun.

Yang dicover pada jenis asuransi ini diantaranya:
- Biaya perawatan hiperbarik (DCI);
- Biaya perawatan kedokteran kelautan (mis: akibat sengatan hewan laut, barotrauma di luar DCI, gas toxicity, dll);
- Biaya evakuasi dan SAR.

Contoh dari asuransi khusus ini adalah DAN Diver Insurance (http://www.danasiapacific.org)

2. Asuransi jiwa dan penyelam

Pada kategori ini, kita akan membahas secara umum mengenai pertanggungan asuransi jiwa (life insurance) bagi seseorang yang menggeluti kegiatan selam, baik itu bersifat rekreasional maupun profesional dan komersial.

Pertanggungan asuransi jiwa standard pada umumnya membatasi pertanggungannya terhadap jiwa seorang pemegang polis pada syarat dan kondisi yang tercantum pada kontrak pertanggungan. Salah satu pembatasan/ exclusion dari pertanggungan standard diantaranya adalah merokok, menyelam, terjun payung, penerbang non komersial, pembalap dan lainnya.

Dalam kategori ini kita akan membahas do's and don'ts bagi seorang penyelam berkaitan dengan polis asuransi jiwanya.

3. Asuransi khusus untuk dive profesional

Jenis asuransi ini adalah suatu pertanggungan bagi seorang dive profesional dalam melakukan kegiatan menyelam sebagai seorang profesional, misalnya: Instruktur, Dive Master dan Dive Guide.

Asuransi ini umumnya mengcover biaya legal yang timbul sebagai akibat terjadinya suatu insiden, baik yang sifatnya kecelakaan murni maupun sebagai akibat suatu kecerobohan (negligence).

Mudah-mudahan thread ini bermanfaat. Silahkan melakukan posting baik itu bersifat pertanyaan maupun diskusi. Mudah2an melalui sharing mengenai hal ini akan semakin jelas apa dan bagaimana mengenai Diver dan Asuransi.

Dive safely,
Rendra

_________________
BBeXplorers - Indonesia's Center for Diving Excellence | GUE Affiliate | We provide: Diver Training, EFR Training, Halcyon Dive Systems | Need info on joining DAN? E-mail me: rendra [at] banyubiru.org | Join our group on facebook: Banyu Biru Explorers


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Sat Aug 27, 2011 9:59 pm 
Offline
User avatar

Joined: Thu Jul 09, 2009 5:51 pm
Posts: 1571
Location: Jakarta
Thread pembuka diskusi ini adalah pada thread "Kenapa Diving" pada link sbb:

viewtopic.php?t=23&postdays=0&postorder=asc&start=45


Semoga bermanfaat.

_________________
BBeXplorers - Indonesia's Center for Diving Excellence | GUE Affiliate | We provide: Diver Training, EFR Training, Halcyon Dive Systems | Need info on joining DAN? E-mail me: rendra [at] banyubiru.org | Join our group on facebook: Banyu Biru Explorers


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Sat Aug 27, 2011 10:26 pm 
Offline

Joined: Sat May 08, 2010 11:49 pm
Posts: 62
Location: Adelaide
Oom Rendra,

Mau tanya soal DAN insurance..

Saat ini saya sedang sekolah di Oz selama 2 tahun dan melakukan kegiatan diving di sini. Nah untuk mendaftar DAN saya sebaiknya memilih negaranya mana? Australia apa Indonesia?
Kalau saya mendaftar di Indonesia, bagaimana dengan klaim asuransinya (asumsi: saya ambil membership plus standar insurance plan) apabila terjadi kecelakaan di Australia, begitu juga sebaliknya apabila saya mendaftar di Australia, bagaimana dengan perlindungan DAN apabila saya liburan ke Indonesia dan terjadi kecelakaan penyelaman di Indonesia.

Mohon maaf nanyanya di Forumselam :)


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Sun Aug 28, 2011 12:21 am 
Offline

Joined: Sat Aug 20, 2011 5:18 pm
Posts: 360
om rendra, maap OOT, cuma mo blg, sy ada PM soal BnP, di cek ya.. thanks om...

utk asuransi, blum bisa mengcover biaya preminya euy, hehe.. Jadi utk asuransi penyelam, blum dipikirin dulu.. asuransi jiwa biasa dah ada sih..


Top
 Profile  
 
 Post subject: Sedikit Lebih Jauh Tentang Diver Insurance
PostPosted: Sun Aug 28, 2011 12:44 am 
Offline
User avatar

Joined: Thu Jul 09, 2009 5:51 pm
Posts: 1571
Location: Jakarta
Kita semua menggemari diving dan kita tahu bahwa kegiatan ini memiliki risiko. Asuransi diving sangat penting untuk melindungi kita jika terjadi sesuatu hal selama kita menikmati liburan menyelam kita. Semoga tidak satupun dari kita akan pernah perlu menggunakan asuransi ini, dan kita juga tidak ingin tahu apa yang akan terjadi jika di saat kita membutuhkannya dan kita tidak memilikinya.

Apa saja jenis asuransi diving dan berapa banyak asuransi yang kita perlukan tergantung pada jenis asuransi yang kita miliki. Meskipun tidak menyenangkan, kita perlu memeriksa polis asuransi kita untuk melihat apa saja yang tercakup dalam polis tersebut. Beberapa polis mengecualikan cakupan untuk aktivitas "berisiko" seperti scuba diving.

Sebelum memutuskan untuk membeli tambahan asuransi khusus untuk penyelam, pelajari dulu syarat, kondisi dan cakupan asuransi kesehatan/ jiwa utama yang kita miliki. Pelajari apakah asuransi kita mencakup scuba diving, apakah mencakup pengobatan hiperbarik dan evakuasi darurat menggunakan pesawat udara. Kedua hal ini sangat mahal dan tentunya kita ingin tercover dalam hal terjadinya skenario terburuk.

Asuransi Perjalanan Scuba Diving (Scuba Diving Travel Insurance)

Jika polis asuransi kita saat ini tidak mencakup kegiatan scuba diving, maka sebaiknya kita membeli polis asuransi diving yang terpisah. Terdapat beberapa insurance provider yang secara khusus mencakup kecelakaan scuba diving. Sebagai polis tambahan, asuransi scuba diving akan mencakup biaya-biaya yang tidak ditanggung polis asuransi utama kita.

Terdapat banyak program asuransi khusus untuk penyelam yang dapat dipilih. Berikut ini adalah gambaran secara garis besar tentang beberapa penyedia asuransi untuk penyelam yang terdapat di dunia.

Secara pribadi, saya menggunakan Divers Alert Network (DAN). Saya bersyukur tidak pernah menggunakannya dan jujur saja saya tidak memiliki pengalaman pengajuan klaim ke DAN. Saya selalu berharap hal ini tidak pernah berubah :)

Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan adalah kenyataan bahwa di banyak negara, termasuk di Indonesia, bahwa sebelum suatu perawatan dapat kita terima maka kita diharuskan membayar secara penuh biaya yang diperkirakan akan timbul. Tanpa pembayaran secara penuh, maka hampir tidak mungkin kita akan mendapatkan perawatan yang dibutuhkan, atau kalaupun sudah dirawat (karena emergency), sebelum pulang pasti dibutuhkan bukti bahwa pembayaran sudah diterima oleh rumah sakit. Polis asuransi penyelam pada umumnya memenuhi persyaratan ini. Beberapa polis asuransi scuba diver bahkan memberikan uang muka kepada rumah sakit atau fasilitas perawatan dalam kasus-kasus tertentu.

Saya memiliki satu pengalaman membantu DAN Asia-Pacific untuk melakukan pembayaran kepada RSU Wahidin Sudirohusodo di Makassar pada saat ada seorang member DAN harus dirawat di rumah sakit tersebut. DAN betul2 very fast, very responsive dalam hal ini.

Jadi Asuransi Mana yang Tepat untuk Kita?


Dari berbagai program asuransi diving, mana yang terbaik untuk kita? Yah, itu tergantung. Memang tidak mudah untuk memilih, namun demikian berbagai jenis asuransi dengan kelebihan dan kekurangannya dapat kita pelajari.

Dalam memilih asuransi scuba diving kita harus mempertimbangkan faktor-faktor utama berikut untuk membantu kita memilih secara lebih mudah:

• Pertanggungan evakuasi darurat
• Batas manfaat maksimal seumur hidup vs manfaat per kejadian
• Batasan kedalaman
• Kecelakaan yang ditanggung: scuba diving saja dan atau tidak termasuk scuba diving
• Pertanggungan untuk anggota keluarga
• Pertanggungan terhadap peralatan, interupsi/ pembatalan perjalanan

Tentu saja, terdapat faktor lain yang perlu dipertimbangkan ketika membeli asuransi diving, tapi jika semua faktor pertimbangan di atas sudah tercover, then we are in good shape. Dan yang terpenting dari semuanya adalah mari berharap agar kita tidak perlu menggunakan asuransi ini! :D

Beberapa Provider Asuransi Scuba Diving

Divers Alert Network (DAN) http://www.danasiapacific.org


Saya memilih DAN karena organisasi ini termasuk yang tertua di dunia untuk masalah keselamatan penyelaman dan juga memiliki kantor regional Asia-Pacific di Australia (DAN Asia-Pacific / http://www.danasiapacific.org).

DAN adalah organisasi nirlaba dan asosiasi keselamatan penyelaman. DAN menawarkan asuransi kecelakaan penyelaman dan juga asuransi peralatan serta diving vacation interruption pada level pelayanan yang lebih tinggi (Preferred Plus).

Sebuah biaya keanggotaan dasar diperlukan untuk menjadi anggota. Biaya keanggotaan ini meliputi pendaftaran di TravelAssist yang akan mengatur evakuasi medis darurat untuk setiap keadaan darurat medis. Biaya evakuasi medis yang ditanggung mencakup nilai sampai dengan US$ 100.000 per orang. Untuk memenuhi persyaratan evakuasi medis ini kita harus berada pada posisi sedikitnya 80km dari rumah, atau mengalami kecelakaan penyelaman (tidak mutlak minimum 80km dari rumah).

DAN menawarkan 3 tingkat asuransi kecelakaan penyelaman – Preferred, Master dan Standard. Jenis-jenis pertanggungan ini akan menanggung biaya perawatan antara US$45.000 (total cakupan seumur hidup) hingga US$ 250.000 (per kejadian) tergantung pada paket yang kita pilih.

DAN Standard Plan memiliki batasan kedalaman 40 meter, tergantung jenjang sertifikasi penyelam yang kita miliki. Standard Plan ini mencakup "covered diving accidents" yang meliputi penyakit dekompresi dan / atau arterial gas embolism (AGE).
DAN Master Plan dan DAN Preferred Plan mengcover kecelakaan pada setiap kedalaman dan juga menjamin setiap "covered diving accidents" dan " all covered in-water skin-diving and scuba diving injuries ".

Manfaat lainnya, diantaranya termasuk pertanggungan atas pembatalan perjalanan scuba diving dan asuransi kehilangan peralatan selam.

Jangan lupa, baca seluruh syarat dan kondisi polis, termasuk yang dicetak dengan huruf2 sangat halus dan kecil2 :)

DiveAssure (http://www.diveassure.com/new/usa/)

Sebuah pendatang baru, DiveAssure adalah penyedia asuransi scuba diving dan menawarkan pertanggungan perawatan utama. Namun demikian, mereka tidak menawarkan cakupan di semua negara pada saat tulisan ini. Silahkan pelajari melalui link ke situs mereka untuk mempelajari lebih lanjut.

Kita hanya harus memeriksa apakah negara kita dicover (kayanya sih…). Mudah-mudahan mereka akan menawarkan asuransi scuba diving di semua negara segera karena mereka mendapatkan review yang cukup bagus.

DiveAssure menawarkan 3 tingkat asuransi penyelam: Diamond, Platinum dan Gold. Tidak ada batasan kedalaman pada setiap kebijakan polis mereka.

Yang jelas, DiveAssure ini kantornya hanya di Amrik sana.

Divers Security Insurance (DSI) (https://secure.snfc.org/diversforms/)

DSI menawarkan 4 macam polis yang harus digunakan dalam kombinasi satu sama lain untuk mendapatkan cakupan terbaik. Pembelian minimal adalah US$25. Asuransi ini adalah asuransi scuba diving sekunder.

Keempat macam polis yang ditawarkan adalah: Kelas A ($25) meliputi semua biaya terkait dengan perawatan dekompresi; Kelas B ($10) Semua luka lainnya yang terjadi pada saat melakukan SCUBA diving atau snorkeling, termasuk pemotongan, gigitan, sengatan, patah tulang, dan masalah telinga; Kelas C ($5) layanan ambulance, termasuk transportasi udara, tanah atau air, ke rumah sakit terdekat atau fasilitas darurat dan Kelas D ($20) olahraga air lainnya atau cedera saat berperahu.

Asuransi ini juga kantornya di Amrik saja.

PADI, lembaga sertifikasi menyelam juga menawarkan asuransi scuba diving. Namun demikian kalau gak salah sejak Januari 2007 mereka telah bermitra dengan DAN dan sekarang menawarkan polis asuransi penyelam DAN (lihat di atas). NAUI, lembaga sertifikasi penyelam yang lain juga menawarkan asuransi melalui DAN.

Selain yang sudah saya sebutkan ini, masih terdapat beberapa lagi penyedia asuransi untuk penyelam, baik yang berbasis di Amerika maupun Inggris. Silahkan googling saja jika ingin mempelajari lebih luas lagi :)

_________________
BBeXplorers - Indonesia's Center for Diving Excellence | GUE Affiliate | We provide: Diver Training, EFR Training, Halcyon Dive Systems | Need info on joining DAN? E-mail me: rendra [at] banyubiru.org | Join our group on facebook: Banyu Biru Explorers


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Sun Aug 28, 2011 12:47 am 
Offline
User avatar

Joined: Thu Jul 09, 2009 5:51 pm
Posts: 1571
Location: Jakarta
m0xty wrote:
Oom Rendra,

Mau tanya soal DAN insurance..

Saat ini saya sedang sekolah di Oz selama 2 tahun dan melakukan kegiatan diving di sini. Nah untuk mendaftar DAN saya sebaiknya memilih negaranya mana? Australia apa Indonesia?
Kalau saya mendaftar di Indonesia, bagaimana dengan klaim asuransinya (asumsi: saya ambil membership plus standar insurance plan) apabila terjadi kecelakaan di Australia, begitu juga sebaliknya apabila saya mendaftar di Australia, bagaimana dengan perlindungan DAN apabila saya liburan ke Indonesia dan terjadi kecelakaan penyelaman di Indonesia.

Mohon maaf nanyanya di Forumselam :)


Untuk DAN Asia-Pacific, harus dipilih berdasarkan Country of Residence. Artinya kalau moxty lagi residence di Aussie, ya harus pilih australia (kecuali lu gak terdaftar sbg residen disana aka imigran gelap hahahaha)..

Soal klaim, no worries, cakupannya worldwide, gak terbatas boundary.

Lebih lengkap bisa ke http://www.danasiapacific.org

_________________
BBeXplorers - Indonesia's Center for Diving Excellence | GUE Affiliate | We provide: Diver Training, EFR Training, Halcyon Dive Systems | Need info on joining DAN? E-mail me: rendra [at] banyubiru.org | Join our group on facebook: Banyu Biru Explorers


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Sun Aug 28, 2011 12:51 am 
Offline
User avatar

Joined: Thu Jul 09, 2009 5:51 pm
Posts: 1571
Location: Jakarta
AKA wrote:
om rendra, maap OOT, cuma mo blg, sy ada PM soal BnP, di cek ya.. thanks om...

utk asuransi, blum bisa mengcover biaya preminya euy, hehe.. Jadi utk asuransi penyelam, blum dipikirin dulu.. asuransi jiwa biasa dah ada sih..


AKA, soal BnP nanti saya reply via pm juga yah.

Kalau untuk asuransi, ini memang soal personal preference sih. Tapi sebetulnya juga asuransi ini nggak mahal2 amat alias sangat terjangkau. COntohnya asuransi DAN, hitung2 per bulan Rp100rb deh alias sekitar Rp1,2 juta aja per tahun, udah ke cover, udah in good shape alias tenang kita menyelam... :D

100rb perak/ bulan nothing lah dibandingkan biaya makan/minum habis diving :P

hehehe...

_________________
BBeXplorers - Indonesia's Center for Diving Excellence | GUE Affiliate | We provide: Diver Training, EFR Training, Halcyon Dive Systems | Need info on joining DAN? E-mail me: rendra [at] banyubiru.org | Join our group on facebook: Banyu Biru Explorers


Top
 Profile  
 
 Post subject: Jika Anda Punya Asuransi Jiwa
PostPosted: Sun Aug 28, 2011 1:11 am 
Offline
User avatar

Joined: Thu Jul 09, 2009 5:51 pm
Posts: 1571
Location: Jakarta
Jika anda sudah memiliki asuransi jiwa/ life insurance dan kebetulan anda juga senang menyelam, maka pastikan bahwa anda sudah declare ke perusahaan asuransi mengenai kegemaran anda menyelam.

Ini sangat penting!

Menyelam/ scuba diving adalah termasuk jenis kegiatan yang dimasukkan dalam kategori berisiko tinggi dan karenanya dijadikan exclusion (hal yang tidak ditanggung) dalam sebuah pertanggungan asuransi jiwa.

Jangan sampai tabungan asuransi anda jadi mubazir karena tidak declare soal kegemaran menyelam dan amit2 kebetulan terjadi insiden saat menyelam. Ahli waris kita gak akan dapat uang pertanggungan dari tabungan asuransi jiwa yang sudah kita bayarkan bertahun-tahun!

Lebih baik ngaku daripada bo'ong...

Di setiap perusahaan asuransi terdapat ahli di bidang underwriting/ penjaminan. Mereka akan menentukan besaran premi yang harus ditambahkan jika anda seorang penyelam, dengan mengukur besaran risiko yang mungkin terjadi.

Hasil dari perhitungan ini hasilnya bisa macam2, diantaranya:
1. Anda tetap ditanggung tanpa tambahan premi;
2. Anda tetap ditanggung dengan tambahan premi; atau
3. Anda ditolak untuk membeli polis asuransi jiwa yang diminta.

Skenario 1
Ini mungkin saja terjadi jika si loss adjuster/ underwriter melihat bahwa anda bukan penyelam yang cukup serius berdasarkan:
a. Frekuensi menyelam sangat jarang, mungkin hanya 1-2 x setahun;
b. Kedalaman menyelam nggak lewat 18 meter, tertib dan tekun :)
c. Jenjang sertifikasi anda memadai.

Saya bukan mau ngajarin, tapi kalau mau declare pakai model begini aja kalau memang dalam setahun paling diving cuma 10x, mudah2an nggak kena tambahan premi dan tetap aman (dengan segala risikonya yah)

Skenario 2
Contohnya saya, karena diving cukup sering (lebih dari 50x dalam setahun) dan nyilemnya cukup sering lewat dari 18 meter maka saya dikenakan premi tambahan yang cukup gede. Malahan premi tambahan gara2 nyilem ini besarnya lebih besar dari premi dasar polis asuransi jiwa saya :(

Tapi apa boleh buat, risikonya memang begitu sih... :)

Skenario 3
Penolakan oleh perusahaan asuransi untuk permohonan polis anda bisa aja terjadi kalau misalnya anda bukan penyelam yang bersertifikat (misalnya student diver), atau sekedar pernah ikut DSD (Discover Scuba Diving), tapi terus nekat menyelam.

Declare deh.... better safe than sorry. Yang jelas, harus declare kalau kita adalah diver. Pertanyaannya standard kok:
- berapa sering diving dalam setahun?
- menyelam untuk senang2 atau kerja?
- sudah berapa lama menyelam, punya sertifikat apa?
- berapa rata2 kedalaman yang dicapai saat menyelam?
- kapan terakhir menyelam?
- dst.

Katakanlah sejujurnya.... spt judul lagu.... :D

_________________
BBeXplorers - Indonesia's Center for Diving Excellence | GUE Affiliate | We provide: Diver Training, EFR Training, Halcyon Dive Systems | Need info on joining DAN? E-mail me: rendra [at] banyubiru.org | Join our group on facebook: Banyu Biru Explorers


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Sun Aug 28, 2011 2:02 am 
Offline

Joined: Sat Aug 20, 2011 5:18 pm
Posts: 360
oh ya?? 100rb/bulan?? kirain bakal 1jtan gt... wah, boleh dipertimbangkan nih... nanti klu sy ke jkt kita ketemuan deh skalian BnP biar lebih enak ngobrol ngalor ngidul nya.. hehehe...

om, frekuensi menyelam lebih dari 50x itu apa maksudnya 50x log?? apa 50 trip nih?? klu lebih dari 50 log itu termasuk sering, kayaknya lumayan banyak certified diver yg nyelam more than 50x, sekali trip aja klu 4D/3N atau 5D/3N bisa 10x dive minimal, klu pulangnya gak pake pesawat bahkan bisa hampir 15x dive.. klu LOB 11days bisa hampir 40x dive 1x trip..


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Sun Aug 28, 2011 9:03 am 
Offline
User avatar

Joined: Thu Jul 09, 2009 5:51 pm
Posts: 1571
Location: Jakarta
AKA wrote:
oh ya?? 100rb/bulan?? kirain bakal 1jtan gt... wah, boleh dipertimbangkan nih... nanti klu sy ke jkt kita ketemuan deh skalian BnP biar lebih enak ngobrol ngalor ngidul nya.. hehehe...

om, frekuensi menyelam lebih dari 50x itu apa maksudnya 50x log?? apa 50 trip nih?? klu lebih dari 50 log itu termasuk sering, kayaknya lumayan banyak certified diver yg nyelam more than 50x, sekali trip aja klu 4D/3N atau 5D/3N bisa 10x dive minimal, klu pulangnya gak pake pesawat bahkan bisa hampir 15x dive.. klu LOB 11days bisa hampir 40x dive 1x trip..


50x log. bukan trip :)

Artinya dalam seminggu satu kali menyelam/ 4 dive per bulan.

_________________
BBeXplorers - Indonesia's Center for Diving Excellence | GUE Affiliate | We provide: Diver Training, EFR Training, Halcyon Dive Systems | Need info on joining DAN? E-mail me: rendra [at] banyubiru.org | Join our group on facebook: Banyu Biru Explorers


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Mon Nov 28, 2011 4:08 pm 
Offline

Joined: Wed Feb 16, 2011 5:50 pm
Posts: 36
Kalau insurance untuk UW camera masih belum ada ya?


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 11 posts ] 

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 2 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to: