It is currently Wed Oct 18, 2017 12:05 am

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 15 posts ] 
Author Message
 Post subject: Hukum tertentu mengenai diving
PostPosted: Tue Jun 14, 2011 2:55 pm 
Offline
User avatar

Joined: Sun Jun 27, 2010 8:31 am
Posts: 77
Location: Candidasa, Karangasem, Bali
Halo semuanya,

disini saya mau tanya, mungkin dr petua2 didunia selam yg sudah lama berkecimpung di dunia diving ada yg tau apakah di Indonesia ada hukum tertentu yg scra spesifik menyebutkan bhwa setiap diver harus mempunyai asuransi jiwa?

Krn setau saya di Spanyol, setiap diver wajib utk pnya asuransi. Kalo tdk pnya berarti diver tau resikonya dan akan menanggung resiko tsb sendiri. Nah, apakah di Indonesia ada hukum sprti itu?

Mohon info-nya. Trima kasih.

_________________
ORCA Dive Club will bring you to explore the amazing underwater world. Visit us on www.orca-diveclub-bali.com and our FB http://www.facebook.com/ORCA.DIVECLUB.BALI or like our fanpage http://www.facebook.com/pages/Orca-Dive ... 5917785446


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Hukum tertentu mengenai diving
PostPosted: Tue Jun 14, 2011 3:44 pm 
Offline
User avatar

Joined: Wed Jan 05, 2011 12:54 pm
Posts: 312
regina_klover wrote:
apakah di Indonesia ada hukum tertentu yg scra spesifik menyebutkan bhwa setiap diver harus mempunyai asuransi jiwa?


tidak ada mbak. pakar hukum kita, kakak randy, mungkin bisa membantu menambahkan secara detil :D

btw, mbak lisa, jika boleh tau dasar dari pertanyaan ini apa ya? apakah ada customer yang nanya atau hal lainnya?


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Tue Jun 14, 2011 4:02 pm 
Offline
User avatar

Joined: Sun Jun 27, 2010 8:31 am
Posts: 77
Location: Candidasa, Karangasem, Bali
Bukan, cm penasaran aja :)

Semoga pakar hukumnya, Randy, akan segera ikut berkomentar. Karna sy ada pertanyaan lg. Dengar2 di bali semua dive center yg ada wajib utk mjd anggota organisasi watersport tertentu ya? Apa bnr?

_________________
ORCA Dive Club will bring you to explore the amazing underwater world. Visit us on www.orca-diveclub-bali.com and our FB http://www.facebook.com/ORCA.DIVECLUB.BALI or like our fanpage http://www.facebook.com/pages/Orca-Dive ... 5917785446


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Tue Jun 14, 2011 7:49 pm 
Offline
User avatar

Joined: Wed Aug 19, 2009 9:18 am
Posts: 185
Untuk menyambut umpan lambung dari mas BotolKecap :D :

Mbak Regina, sepanjangan sepengetahuan saya sampai sekarang belum ada produk hukum yang secara khusus tentang aktivitas selam (diving), khususnya yang mensyaratkan setiap penyelam harus memiliki asuransi jiwa. Ada satu undang-undang yang sedikit menyinggung mengenai penyelaman yaitu Undang-undang No. 1 tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja, yang pada intinya menyatakan bahwa penyelaman merupakan salah satu aktivitas yang harus mematuhi UU Keselamatan Kerja. Tapi ketentuan inipun saya rasa lebih merujuk kepada kegiatan penyelaman komersial (commercial diving). Selain itu, mengingat UU ini juga umurnya sudah cukup tua, jadi perlu dikaji lagi apakah memang masih relevan dengan kondisi sekarang.

Mengenai hukum di Spanyol, saya sendiri memang belum pernah menyelam di Spanyol, sejauh ini cuma pernah nonton sepakbola Liga Spanyol. Tapi berdasarkan apa yang saya baca, hukum di Spanyol mengatur bahwa setiap orang yang melakukan aktivitas penyelaman di Spanyol haru memenuhi 3 ketentuan, yaitu:

1. Umur Minimum: hukum Spanyol menetapkan 16 tahun sebagai batas usia minimum untuk melakukan penyelaman. Tapi beberapa daerah di Spanyol juga mengeluarkan peraturan daerah yang menetapkan batasan umur lain.

2. Pernyataan Medis: ketentuan ini mensyaratkan seorang penyelam untuk memeriksakan kesehatannya setidak-tidaknya 2 tahun sekali. Ketentuan ini juga bisa dipenuhi dengan mengisi Medical Statement Form.

3. Memiliki Asuransi: sebagaimana yang Mbak Regina sebutkan, memang hukum di Spanyol mensyaratkan penyelam untuk memiliki asuransi yang juga mencakup resiko dalam aktivitas penyelaman. Hal ini nampaknya merupakan suatu keharusan, jadi apabila penyelam tersebut tidak memiliki asuransi, beberapa dive center siap memberikan referensi asuransi-asuransi dengan biaya premi yang cukup murah dengan perlindungan untuk resiko kegiatan penyelaman.

Nah kalau keharusan dive center di Bali untuk menjadi organisasi watersport tertentu, saya sendiri belum pernah mendengarnya, mungkin bisa ditanyakan kepada pihak2 yang punya atau pernah punya bisnis dive center di Bali. Kalaupun ada peraturan ini, saya rasa tujuannya lebih ke tertib administratif, mengingat kegiatan olahraga air di Bali yang sangat berkembang.

Regards,

_________________
Randy | Email: [email protected]


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Tue Jun 14, 2011 8:04 pm 
Offline
User avatar

Joined: Thu Jul 09, 2009 5:51 pm
Posts: 1571
Location: Jakarta
Beberapa negara memang sudah mewajibkan asuransi bagi penyelam dan dive professionals.

Agensi seperti PADI, NAUI dan SSI setahu saya juga secara ketat menerapkan perlunya third party liability insurance serta divers' insurance bagi dive professionalnya. Kalau tidak memiliki asuransi2 tersebut, maka teaching status dinon-aktifkan. Tapi hal ini hanya berlaku pada beberapa negara saja, dan untuk negara lain seperti Indonesia hanya pada taraf 'disarankan memiliki'.

Anyway, diver insurance itu nggak mahal lho... contohnya DAN Diver Insurance, yg paling basic + insurance coverage per tahun preminya hanya sekitar US$130 (kira2 Rp100rb per bulan).

Untuk info mengenai DAN, bisa browse ke http://www.danasiapacific.org dan kalau apply pakai referral code DS-0018.

Cheers,
rendra

_________________
BBeXplorers - Indonesia's Center for Diving Excellence | GUE Affiliate | We provide: Diver Training, EFR Training, Halcyon Dive Systems | Need info on joining DAN? E-mail me: rendra [at] banyubiru.org | Join our group on facebook: Banyu Biru Explorers


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Wed Jun 15, 2011 8:11 am 
Offline
User avatar

Joined: Sun Jun 27, 2010 8:31 am
Posts: 77
Location: Candidasa, Karangasem, Bali
Trima kasih Randy & Pak Rendra yyg sudah ikut berkomentar.

Jadi yg sy tangkap dsini, dibeberapa negara dan beberapa agensi sudah mewajibkan diver utk mempunyai asuransi jiwa, tp ini hanya untul dive profesionalnya saja. Lalu bagaimana dgn para diver yg menyelam hanya utk hobi saja? Masih dalam taraf 'disarankan memiliki' kah?

Karna sejauh yg sy tau asuransi di Indonesia blm begitu populer. Memang sebagian besar org sudah mulai sadar akan pentingnya asuransi jiwa. Tapi sebagian masyarakat kan msh beranggapan 'buat apa asuransi'? 'klo sakit ya sakit aja', klo kecelakaan sdh nasib' dan hal2 lain smcm itu. Kdg miris jg..tp mau gmn lg?

Nah, utk diver Indonesia, kbtlan sy tdk tau psti brp bnyk yg sudah mengasuransikan diri mrka. Sementara itu, sejauh yg sy tau, ketika seorg diver hendak melakukan penyelaman, mrka akan diwajibkan utk mengisi formulir yg wajib ditandatngani oleh diver dmna ddlmnya terdpt pernyataan bhwa 'saya sadar bahwa olahraga ini berbahaya dan beresiko tinggi, bahkan kematian', tdk jarang terdpt disclaimer ato pelepasan tanggungjwb, & jg diwajibkan utk menyertakan medical diving statement (yg mana msh bnyk dive center tdk memeriksanya). Kemarin sy tdk sengaja membaca artikel di internet ttg seorang reporter Trans7 yg meninggal saat diving krn asma. Tnyt instruktur tdk tau bhw reporter tsb mempunyai penyakit asma dan seharusnya berada dibawah pengawasan dokter utk menentukan apakah dia boleh melakukan aktivitas dibwah laut atau tdk. Tp instruktur tsb tdk meminta medical statement tsb. Jika sudah kejadian begini siapa yg salah?
Ada dive center yg sngat ketat dgn medical statement, tp tak jarang jika meminta diver menyertakan medical statement, diver tsb blg, 'ah..tdk usah, sy sehat kok'. Tp kl tjd apa2 dive center yg dsalahkan.

Beralih ke hal lain. Kmrn dc kami kedtgan bbrp org dr pemerintah. Dtengah2 pertemuan itu km 'dianjurkan dgn keras' utk mjd anggota suatu organisasi watersport tertentu. Tanpa penjelasan apa, mengapa & utk apa, manager kami hnya diminta utk menandatngani formulir (dlm bhs.indonesia). Sy yg wktu itu mendampingi tdk diberi kesempatan utk mencoba menerangkan kpd manager sy apa yg tertulis diformulir itu krn diberondong pertnyaan ini itu dr smua org pd wktu yg bersamaan. Manager sy pun menolak utk menandatangani formulir itu krn sblmnya sudah diperingatkan oleh pemilik dc lain yg jg mengalami hal yg sama. Kebetulan jg, beliau sudah kontak2 dgn bbrp dc lain baik yg sudah mjd anggota maupun yg jg menolak mjd anggota. Nah, apa yg sbnrnya terjadi dsni?

_________________
ORCA Dive Club will bring you to explore the amazing underwater world. Visit us on www.orca-diveclub-bali.com and our FB http://www.facebook.com/ORCA.DIVECLUB.BALI or like our fanpage http://www.facebook.com/pages/Orca-Dive ... 5917785446


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Wed Jun 15, 2011 9:27 am 
Offline
User avatar

Joined: Thu Jul 09, 2009 5:51 pm
Posts: 1571
Location: Jakarta
Mengenai asuransi sendiri, beberapa negara mewajibkan tidak hanya dive pro, namun juga semua diver utk memiliki insurance. Pada saat student diver dinyatakan lulus dan sertifikat akan di apply, maka saat itu juga diver insurance diapply.

Mengenai status "Fit to Dive", selain direct assessment oleh instruktur dan dive master, peserta diving diwajibkan untuk menandatangani liability release form yang antara lain secara indirectly menyatakan bahwa yang bersangkutan fit to dive dan bertanggungjawab atas tindakannya sendiri.

Disini, asesmen oleh instructor dan dive master sangat penting. Seorang instructor dan dive master yang profesional tidak akan ragu2 melarang seseorang untuk melakukan aktivitas diving jika dipandang ada kontraindikasi terhadap penyelaman. Misalnya, seorang diver datang ke dc utk ikut trip. Tapi saat itu sang diver diketahui sedang pilek (kan kelihatan tuh... srooot....sroooot)... dalam hal ini instructor atau DM WAJIB melarang ybs untuk mengikuti trip pada hari itu.

Kalau mengenai asosiasi di Bali saya kurang ngerti. Mungkin molamola bisa bantu jawab.

_________________
BBeXplorers - Indonesia's Center for Diving Excellence | GUE Affiliate | We provide: Diver Training, EFR Training, Halcyon Dive Systems | Need info on joining DAN? E-mail me: rendra [at] banyubiru.org | Join our group on facebook: Banyu Biru Explorers


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Wed Jun 15, 2011 6:32 pm 
Offline

Joined: Sat Mar 20, 2010 7:31 pm
Posts: 222
Location: Jakarta Selatan
regina_klover wrote:
Beralih ke hal lain. Kmrn dc kami kedtgan bbrp org dr pemerintah. Dtengah2 pertemuan itu km 'dianjurkan dgn keras' utk mjd anggota suatu organisasi watersport tertentu. Tanpa penjelasan apa, mengapa & utk apa, manager kami hnya diminta utk menandatngani formulir (dlm bhs.indonesia).


yg kayak begini harus dilawan !

... kalo perlu boikot organisasi tsb !

tolong postingin dong di sini nama organisasinya


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Wed Jun 15, 2011 7:05 pm 
Offline
User avatar

Joined: Fri Aug 25, 2006 10:33 am
Posts: 1564
hmm.. sepertinya oknum preman yah..

mana boleh maksa2 gitu.. tapi jadi pengen tau juga versi si oknum..

_________________
Hernando Alkausar
--
www.hamueco.com/diving
+62-812-218-NNDO


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Wed Jun 15, 2011 10:26 pm 
Offline
User avatar

Joined: Thu Mar 10, 2011 11:33 am
Posts: 91
membaca thread ini jadi bertanya,apakah kecelakaan diving tercover oleh asuransi ya?seingat saya dulu pernah baca2 sedikit polis prudentials,dan yg tertangkap oleh pikiran saya saat itu adalah tidak di cover
mungkin ada agen asuransi yg bisa menjelaskan?


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Wed Jun 15, 2011 10:49 pm 
Offline
User avatar

Joined: Thu Jul 09, 2009 5:51 pm
Posts: 1571
Location: Jakarta
saya kebetulan bukan agen asuransi, tapi agak tau soal asuransi...

yang pertama, harus dibedakan antara "Diving Injury Insurance" dengan "Scuba Diving Clause" pada pertanggungan asuransi jiwa.

Untuk perlindungan asuransi jiwa (misalnya Prud***** atau Manu*****) secara standar internasional polis pertanggungan akan memiliki syarat-syarat khusus mengenai pemegang polis (tertanggung), misalnya diantaranya:

1. smoking clause: apakah tertanggung dalam kategori seorang perokok?
2. dangerous activities clause: apakah tertanggung mengikuti satu atau beberapa jenis kegiatan yang dipandang berisiko tinggi seperti misalnya scuba diving, balap mobil, terjun payung, terbang layang dsb.

Pada polis pertanggungan seperti ini, seorang tertanggung atau pemegang polis akan dikecualikan pertanggungannya jika misalnya ternyata yang bersangkutan mengalami cidera atau kematian sebagai akibat dari kegiatan scuba diving yang dilakukannya JIKA YBS TIDAK MENYATAKAN atau TIDAK DECLARE kepada perusahaan asuransi bahwa ia mengikuti kegiatan scuba diving, misalnya. Artinya, jika misalnya anda memiliki polis asuransi jiwa, anda juga penyelam, dan kemudian mengalami kematian karena menyelam, sementara anda tidak pernah declare kepada perusahaan asuransi mengenai kegiatan anda menyelam, maka asuransi berhak menolak membayarkan asuransi kepada keluarga anda meskipun anda telah menabung preminya bertahun-tahun. Sayang kan? Mubazir jadinya. So, better mulai sekarang declare deh kalau memang punya asuransi jiwa. Declare ke perusahaan asuransi bahwa anda menyelam. Risiko bayar premi lebih tinggi ya memang harus dibayarkan, no choice.

Artinya, jika anda jelas2 menggemari kegiatan diving, maka sebaiknya mulai sekarang beritahukan atau declare kepada perusahaan asuransi jiwa anda mengenai keikutsertaan anda dalam kegiatan scuba diving. Apakah ada konsekuensinya? Jawabnya: ADA. Yaitu dalam bentuk penambahan premi untuk menutup klausal mengenai aktivitas berbahaya. Berapa besar penambahan preminya? Jawabnya: cukup besar.

Sebagai gambaran saja, polis asuransi jiwa yang saya ambil termasuk didalamnya pertanggungan dalam hal terjadi sesuatu pada diri saya yang disebabkan karena kegiatan saya menyelam. Besarnya premi yang saya bayarkan nyaris dua kali lipat daripada jika saya tidak menyelam. Namun demikian, dengan membayar konsekuensi ini, kita juga lebih tenang dalam artian bahwa polis asuransi kita tetap menerima klaim kita jika ternyata terjadi sesuatu yang dikarenakan oleh kegiatan kita menyelam.

Jadi kurang tepat jika dikatakan seorang penyelam tidak bisa ditanggung oleh asuransi. Yang benar adalah jika seorang penyelam ingin asuransi jiwa menanggung risikonya, maka sang tertanggung harus membayar premi tambahan risiko.

Selanjutnya mengenai "Diving Injury Insurance". Ini adalah hal yang berbeda, karena asuransi jenis ini KHUSUS menanggung biaya perawatan serta santunan kematian pada penyelam yang disebabkan oleh kegiatannya menyelam. Contohnya adalah opsi asuransi dari DAN (Divers Alert Network) ataupun PADI Insurance. Asuransi jenis ini bukan seperti asuransi jiwa, namun lebih mirip kepada asuransi kecelakaan yang preminya dibayarkan per tahun dengan masa pertanggungan juga per tahun. Jika dalam setahun masa pertanggungan tidak terjadi apa-apa, maka premi yang dibayarkan hangus atau tidak ada benefitnya untuk klaim.

Kelebihan dari Diving Injury Insurance seperti DAN adalah dimana asuransinya memang spesifik untuk penyelam dimana pertanggungan biaya perawatan termasuk mencakup evakuasi medis, perawatan hiperbarik (DCS) serta indikasi gejala lain yang berkaitan dengan penyelaman. Hal ini tidak terdapat pada jenis pertanggungan asuransi jiwa ataupun asuransi kesehatan pada umumnya.

Demikian, semoga bisa menjelaskan.

_________________
BBeXplorers - Indonesia's Center for Diving Excellence | GUE Affiliate | We provide: Diver Training, EFR Training, Halcyon Dive Systems | Need info on joining DAN? E-mail me: rendra [at] banyubiru.org | Join our group on facebook: Banyu Biru Explorers


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Tue Jun 21, 2011 7:31 am 
Offline
User avatar

Joined: Sun Jun 27, 2010 8:31 am
Posts: 77
Location: Candidasa, Karangasem, Bali
kalo sebut merek nggak enak, tp setau saya cm ada 1 organisasi disini.

kata p. rendra betul, iinstruktur & DM punya hak utk menilai & melarang seorang diver utk diving jika mrka menilai diver tsb tdk cukup fit utk diving, sperti misalnya ketika mrka flu. Tp bagaimana dgn penyakit2 dalam yg tdk bisa mrka ketahui dr luar sepertii asma? Tanpa ada keterangan tertulis atau info dari diver itu sendiri instruktur & DM seprofesional apapun pasti tdk akan bisa tau. Mrka kan cm instruktur bukan paranormal :D Karna itu, saya kira kesadaran dari para diver sendiri utk jujur & blak2an tentang medical records mrka jg sangat penting demi kebaikan bersama agar tdk terjadi peristiwa2 yg tdk diinginkan ketika diving.

_________________
ORCA Dive Club will bring you to explore the amazing underwater world. Visit us on www.orca-diveclub-bali.com and our FB http://www.facebook.com/ORCA.DIVECLUB.BALI or like our fanpage http://www.facebook.com/pages/Orca-Dive ... 5917785446


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Tue Jun 21, 2011 7:56 am 
Offline

Joined: Wed Jul 14, 2010 1:44 pm
Posts: 163
Location: Midden - Java
masalah asuransi, yang saya tanyakan, apakah untuk menuju dive site dilakukan dengan menggunakan (speed) boat / kapal / perahu ? jika iya, dan kalau dilihat sebagai alat transportasi, maka undang-undang pelayaran mewajibkan penyedia jasa tersebut untuk memberikan asuransi bagi ABK, dan penumpang, bahkan ada ancaman pidana bagi yang lalai melakukannya. pada undang-undang tersebut bahkan mengatur mengenai pekerjaan bawah air namun melihat definisinya, lebih ke arah commercial diving, dan aturan lebih lanjut, seperti kebanyakan undang-undang lain, akan diatur dalam peraturan pemerintah


Last edited by advseek on Wed Jun 22, 2011 7:36 am, edited 1 time in total.

Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Tue Jun 21, 2011 11:02 pm 
Offline

Joined: Sat Jun 11, 2011 1:44 pm
Posts: 20
wah lagi ngomongin asuransi, ikutan nimbrung ya sekalian tanya2
kalau buat olah raga selam sendiri asuransinya kayak gimana ya kalo boleh tau,maksudnya kecelakaan/penyakit atau gimana apalagi buat cuman selam rekreasional dan selalu menggunakan NDL kalau buat nyelamnya sendiri, kalau misalnya kena dekompresi berarti penyelamnya kan yg bandel atau mungkin khilaf karena keasikan di bawah,hehe kira2 suhu2 d sini ada yg bisa jelasin soalnya saya masih newbie banget soal diving dan juga semuanya kan mau nyelam aman dan asik


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Thu Jun 23, 2011 1:44 am 
Offline
User avatar

Joined: Thu Jul 09, 2009 5:51 pm
Posts: 1571
Location: Jakarta
Dear Hilman,

Menyelam dalam kisaran NDL tidak menjamin bahwa kita pasti aman dari risiko DCS. Ada banyak faktor yg mempengaruhi hal ini, misalnya:

- Kondisi tubuh diver
- Tingkat kesehatan dan kebugaran
- Dive profile
- Ascent rate
dll.

Asuransi khusus penyelam pada umumnya mengcover biaya perawatan yang timbul akibat DCS hingga misalnya cidera akibat mahluk laut berbahaya. Asuransi seperti DAN diver insurance juga mengcover biaya evakuasi untuk menyelamatkan si diver.

_________________
BBeXplorers - Indonesia's Center for Diving Excellence | GUE Affiliate | We provide: Diver Training, EFR Training, Halcyon Dive Systems | Need info on joining DAN? E-mail me: rendra [at] banyubiru.org | Join our group on facebook: Banyu Biru Explorers


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 15 posts ] 

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
cron