It is currently Thu Oct 19, 2017 4:17 pm

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 20 posts ]  Go to page 1, 2  Next
Author Message
 Post subject: Sanctum : Based on true story (movie)
PostPosted: Tue Mar 08, 2011 3:38 pm 
Offline

Joined: Sat Mar 20, 2010 7:31 pm
Posts: 222
Location: Jakarta Selatan
cave divers wajib nongton ... claustrophobic !

film-nya cukup menegangkan krn dr kisah nyata tp masih menyisakan pertanyaan bagian mana yg "diperbuas" (biasa dlm pelem2) ...


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Tue Mar 08, 2011 4:39 pm 
Offline
User avatar

Joined: Fri Aug 25, 2006 10:33 am
Posts: 1564
iya.. lagi nunggu2 nih..

_________________
Hernando Alkausar
--
www.hamueco.com/diving
+62-812-218-NNDO


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Wed Mar 09, 2011 8:45 pm 
Offline

Joined: Tue Mar 17, 2009 7:17 pm
Posts: 185
mantap filmnya saya ud ntn d dvd...:)


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Sanctum : Based on true story (movie)
PostPosted: Thu Mar 10, 2011 9:20 am 
Offline
User avatar

Joined: Mon Jun 14, 2010 9:24 am
Posts: 516
Location: jakarta
giriwil wrote:
cave divers wajib nongton ... claustrophobic !

film-nya cukup menegangkan krn dr kisah nyata tp masih menyisakan pertanyaan bagian mana yg "diperbuas" (biasa dlm pelem2) ...


waduch... claustrophobic.. ??!
cave diving, salah satu cita2 ane nih.. hehehe kalau pothole sudah pernah jadi pengen divingnya.. cuma yaaa itu ane claustrophibia.

gak usah masuk gua, asal udah gelap dikit and deep blue aja dateng tuh menyerang kepanikan... ??

gimana yaaaa cara ngatasinnya..?? Please helpppp...

Thanks before..
(sorry OOT, kalau salah psting bung mod tolong pindahin yaaa)

Ar


Top
 Profile  
 
 Post subject: Re: Sanctum : Based on true story (movie)
PostPosted: Fri Mar 11, 2011 8:18 am 
Offline
User avatar

Joined: Sat Mar 21, 2009 6:40 pm
Posts: 161
aria4m wrote:
giriwil wrote:
cave divers wajib nongton ... claustrophobic !

film-nya cukup menegangkan krn dr kisah nyata tp masih menyisakan pertanyaan bagian mana yg "diperbuas" (biasa dlm pelem2) ...


waduch... claustrophobic.. ??!
cave diving, salah satu cita2 ane nih.. hehehe kalau pothole sudah pernah jadi pengen divingnya.. cuma yaaa itu ane claustrophibia.

gak usah masuk gua, asal udah gelap dikit and deep blue aja dateng tuh menyerang kepanikan... ??

gimana yaaaa cara ngatasinnya..?? Please helpppp...

Thanks before..
(sorry OOT, kalau salah psting bung mod tolong pindahin yaaa)

Ar


sebelumnya maaf kalau OOT..

saya dulu juga phobia dengan laut.. jangankan laut dengan kolam renang aja takut.. selalu merasa ada sesuatu di dasar kolam.

nah cara ngilanginnya gak sengaja, berawal dari nganter istri yg pengen nyoba nyelam (cita2nya dari smp). waktu pertemuan yg ke 2. sy merasa kok kyknya menyenangkan yah..
pertemuan berikutnya sy nyoba tp dengan syarat minimal di temani 3 teman yg udah 'expert'
dan setelah 3x cemplung.. sekarang max saya di 42m. sendirian pula.

so kesimpulannya bro Ari, coba ngajak teman2 bareng2 masuk ke cave yang sama berulang2.. sambil mulai dikurangi jumlah buddy nya.. klw awalnya 20org ( banyak bener.. :D ) sisain 2 aja..
kenapa harus berualng kali di lokasi cave yg sama? tujuannya biar membiasakan diri dan merasa seperti dirumah sendiri sehingga makin terbiasa.. dan mulai deh jelajahi cave yg sama seorang diri..

setelah pindah lokasi cave.. udah terbiasa deh dengan 'rumah sendiri' kemaren..

hehehehe...

diatas itu adalah kisah nyata saya.. hahahaha

_________________
Frandi @ambon
27773E0C


'sambil menyelam minumnya tetap teh botol SoSro'


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Fri Mar 11, 2011 11:19 pm 
Offline

Joined: Sat Mar 20, 2010 7:31 pm
Posts: 222
Location: Jakarta Selatan
@ Oom Aria
kesan claustrophobianya muncul mungkin krn saya terlalu menghayati kali ya ... hahahaha ... coba kalo pelemnya fiksi ... mungkin lempeng2 aja :)

biar ga panikan? mmm ... belajar tenang kali ya ,,, hehehe

saya pernah solo free diving malam2 di depan KRI resort raja ampat
bener2 terpompa adrenalin saya, ada sedikit kecemasan, ... " once in a life time ..." kata saya dalam hati ...

Saat itu saya cuma berusaha tetap tenang - rileks dan sedikit previsualisasi ... & mencoba memikirkan bbrp solusi bila situasi yg tdk diharapkan muncul ...

akhirnya jeburrrrr ... bener2 gelap + dingin euy :)

but it was one of the best time in my life!

@ Oom Frandi
thx for sharing :)


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Sat Mar 19, 2011 3:24 am 
Offline
User avatar

Joined: Mon Sep 28, 2009 7:47 pm
Posts: 75
eksplorasinya keren sih,cuma jalan ceritanya heroik banget,jadi kesannya lebay..masa mati semua yang sisa cuma satu orang aja...

btw nonton film ini jadi pengen ambil kursus cave dive,biar lebih resmi belajar cave divenya..selama ini cuma blajar di internet buat nyoba nyelem di salah satu gua di jogja..blum kesampean sih nyelamnya,karena masih musim ujan...

ada info gak belajar cave dive di indonesia dimana??thanks.. :) :)


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Mon May 23, 2011 9:44 am 
Offline

Joined: Thu Apr 23, 2009 7:03 pm
Posts: 68
Baru nonton semalem di Blitz, wajib tonton buat diver nih. Pas adegan Victoria mau lewat di celah gua bawa rebreather terus nyangkut mode nafas saya langsung long-slow breathing, sampe bini saya bingung... :o .

Rada ngeh nonton ini gara2 sebelumnya dah pernah dipamerin film dokumenter tentang cave diving sama oom Rendra, jadi ngerti kalo harus pake bail-out tank, harus ada deco chamber (kalo di film deco chambernya canggih, kalo di dokumenternya oom Rendra pake gentong kayu). Terus jadi ngerti, kenapa selang first stage harus panjang banget, jadi kalo nyelip2 tangki bisa ditaruh di belakang. Nah di film ini, coba selain bawa rebreather juga bawa bail out tank dengan selang panjang kayaknya gak sampe kumulatif kemana2 masalahnya.

Terus teori octo dikalungin ada benernya, soalnya kalo buddy breathing, apalagi kalo si buddy lagi panik, memang yang pertama diembat ya regulator yang lagi dipake. Nah yang runyam itu kalo regulatornya cuma satu, di face mask rebreather....


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Mon May 23, 2011 2:42 pm 
Offline

Joined: Wed May 20, 2009 6:35 am
Posts: 57
iya, ruang chambernya yg keren
ceritanya lumayan ngeri jg ya, buat survive harus rela ngorbanin apa aja
drpd mati smua, mending mati 1
tp ujung2nya mati smua sisa 1

btw di akhir film ada adegan ngirup udara dari bubble2 yg nempel di dinding, beneran bisa ya itu? mantep bener..


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Mon May 23, 2011 7:32 pm 
Offline
User avatar

Joined: Thu Jul 09, 2009 5:51 pm
Posts: 1571
Location: Jakarta
gw udah nonton filmnya. Kesannya sih ceritanya standard banget, dan teknologinya juga nggak aneh-aneh. namun demikian, film ini patut diacungi jempol karena faktanya bahwa film ini bikin orang penasaran untuk tau mengenai diving, khususnya cave diving :D

Soal yang ditulisan mas Teguh, yang di video ekspedisi WKPP (GUE), gentong itu bukan deco chamber mas hehehehe.... itu hanya living station saja, untuk makan dan istirahat, karena mereka kan diving berjam-jam, bahkan berhari-hari.

Yang di film Sanctum, itu adalah 'soft' recompression chamber. Teknologinya memang sudah ada, namun sesuai peruntukkannya, maka chamber ini biasanya dipasang di kapal untuk pertolongan pertama.

Peralatan yang dipakai di Sanctum itu kalau gak salah RB MK-IV. Mereka sebetulnya (di film itu), pada bawa bail-out tank. Cuma waktu harus lewat celah itu bail-out tank malah didrop hehehe... kalau nggak di drop mungkin filmnya jadi gak seru kali (versi sutradaranya). Disinilah kontroversinya, di cave diving/ tec, harusnya jauh lebih konservatif, nggak coba-coba model begitu, ngeri banget hehehe....

@mas Madha, kalau mau belajar cave diving, rencananya nanti bulan Agustus kalau nggak salah akan ada GUE Fundamentals yang Tec oriented di Manado.

Di GUE, jenjang menuju cave diving secara berurutan sbb:
1. GUE Fundamentals - Tec
2. Tec 1
3. Tec 2
4. Cave 1
5. Cave 2

Jadi dimulainya dari GUE-Fundamentals dulu sebagai dasar, kemudian dilanjutkan ke jenjang2 berikutnya hingga Cave 2.

Masalahnya disini kita belum punya data cave yang diveable seperti di Mexico atau Amerika, China, Vietnam, Philippines. Jadi, kalau mau belajar ya harus siap investasi banyak termasuk untuk traveling ke luar negeri.

Sebagai ilustrasi, untuk menuju Tec 1 saja, biayanya sudah besar:
1. GUE Fundamentals sekitar $1200
2. GUE Tec 1 sekitar $1500
dan seterusnya.

Sampai sertifikasi Cave 2 mungkin kita harus spend sekitar 200 jutaan untuk course, logistics dan akomodasi :D

Belum lagi peralatan. Well, tec dive memang mahal, tapi kenikmatannya luar biasa.... exploring beyond the limits... :D

_________________
BBeXplorers - Indonesia's Center for Diving Excellence | GUE Affiliate | We provide: Diver Training, EFR Training, Halcyon Dive Systems | Need info on joining DAN? E-mail me: rendra [at] banyubiru.org | Join our group on facebook: Banyu Biru Explorers


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Mon May 23, 2011 7:57 pm 
Offline
User avatar

Joined: Wed Jan 05, 2011 12:54 pm
Posts: 312
oot, kenapa pula yang pake wetsuit sponsor SSI harus mokat duluan...wakakakak.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Mon May 23, 2011 9:23 pm 
Offline

Joined: Thu Apr 23, 2009 7:03 pm
Posts: 68
Oooo, itu gentong cuma buat istirahat toh .... :oops: . Iya sih, habis nonton film dokumenternya WKPP gua di film Sanctum sebenernya gak lebih serem. Yang special effectnya bagus paling cuma yang di St Jude cathedral.

Untuk gua, berarti gua2 di pantai selatan jawa itu gak ada yang dieksplorasi apa tembus sampai ke laut selatan apa enggak ya ?, jadi ingat tulisan2 tentang speleologi di majalah Intisari tahun 1980-an.

@BotolKecap : iya ya, itu dia pake baju SSI emang sengaja disponsorin atau emang adanya baju itu ya ?, masa belum2 dah mati, dah gitu matinya gara2 panik pula.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Mon May 23, 2011 10:01 pm 
Offline
User avatar

Joined: Wed Jan 05, 2011 12:54 pm
Posts: 312
kalo bener disponsorin, tim marketing SSInya kurang jeli milih tokoh om teguh. secara ngga langsung kan image agak terganggu, mengingat yg pake wetsuit SSI dari awal terlihat tidak fit dan panik pula matinya. ntar dikira, ohhh begini toh hasilnya kalo pake agensi SSI. semoga hal ini hanya kebetulan belaka.


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Mon May 23, 2011 10:34 pm 
Offline

Joined: Mon Sep 20, 2010 9:04 pm
Posts: 6
Keren setting nya, dan mungkin para suhu suhu diver disini bisa relate banget dengan sikon waktu dive-nya. Tapi rasanya acting orang2nya kurang greget, ga gt berasa emotion nya.. ato mgkn diver memang musti 'cool' gitu ya? :lol:

as for the kisah nyata..

Quote:
Sanctum is a fictional film that was inspired by Wight's near-death experience when he took an expedition of 15 divers into a remote underwater cave system. It was below Australia's Nullarbor Plain and it was there that a storm blocked up the cave entrance. Wight and the expedition waged a two-day battle for survival and eventually all 15 were rescued.


a more detailed report of the Nullarbor incident kalo ada yang penasaran

http://www.cavediving.com.au/cave-divin ... from-cave/


Top
 Profile  
 
 Post subject:
PostPosted: Tue May 24, 2011 7:34 am 
Offline
User avatar

Joined: Sat Mar 21, 2009 6:40 pm
Posts: 161
keren nih film.. dari atas liat mulut goanya merinding deh.. :oops:

sy kebetulan punya link donlod nya.. bisa di copas di sini gak yah? atau klw mau pm deh ntar aku copas kan...

+ indonesia subtitlenya

_________________
Frandi @ambon
27773E0C


'sambil menyelam minumnya tetap teh botol SoSro'


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 20 posts ]  Go to page 1, 2  Next

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to: